D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Sep 2016

04

NGIDAM NASI KRAWU ENAK DI JAKARTA? NYARI DI MANAAAA…

nasi krawu

Tau nasi Krawu? Makanan khas Gresik, yang walo penampakannya sederhana banget, tapi rasanya bisa luar biasa ;). Kalo buatku sih, nasi ini susah dilupain gitu aja, karena  sambel terasinya  yang lumayan  pedes menyengat!

Pertamakali dulu nyobain, jujurnya  sempet underestimate.. Udahlah bentuk kurang menarik, dibungkus kertas pula, makin  ga gitu napsu pas buka bungkusannya, dan hanya melihat nasi  berantakan , dikasih  serundeng serta suwiran daging.. Kata tanteku yang baru pulang dari Gresik, cara makannya diaduk semua, biar tercampur merata. Aku ikutin dong apa yang disaranin… Dan suapan pertama,  beuuh.. langsung berasa lidah kayak disengat ;p.. Ternyata seuprit saus yang berwarna gelap, yang nyempil di antara nasi, itu  sambel yang rasanya nampol di mulut!! :D.. Kenapa ga bilang dari awal  kalo nasi ini pedes sik ;p.. Aku mah slalu doyan semua makanan pedes, ga peduli gimana bentuknya 😀 hihihihi

Dari situlah, awal bisa tergila-gila dengan nasi Krawu.. Malah pas kelilling Jawa 2013 lalu, disempetin singgah di Gresik, hanya untuk  puas-puasin makan Krawu di tempat asalnya ;p .. Pernah juga nih, girang banget pas nemu salah satu food court dan restoran terkenal di Jakarta, menyediakan menu nasi  ini, tapi langsung kecewa pas makan.. Rasanya beda bok, plus sambel yang samasekali ga pedes -__-

 

Baca: Nasi Krawu bu Rika, Gresik

 

Tapi kali ini, kerinduan  makan nasi Krawu yang otentik, terpuaskan sejak tau di Mayestik ada yang menjual dan bahkan pemiliknya orang asli Surabaya! Yang bikin tambah happy, nasi Krawunya  dijual juga secara online, bisa dicek dari  IG nya di makrawu.mayestik.

Akhirnya ada nasi krawu enak di jakarta ^o^

nasi krawu

Saking penasaran pengen ngerasain lagi nasi Krawu asli dengan serundeng dan sambal  yang pedes, langsunglah aku pesen via gojek untuk di anter ke rumah.. Ternyata tempat pembuatannya di Pondok Kopi, jadi ga jauh-jauh amat ke Rawamangun :D.. Sebungkusnya  Rp 25,000,  tapi porsinya pas kok…  Untuk packaging bisa milih, mau yang divacuum supaya lebih awet, ato dibungkus daun pisang. Aku milih yang bungkus dong, supaya pas dimakan, masih kecium wangi-wangi daunnya ;)..

Jangan liat penampakan, tapi rasanyaaa ..yahuud 😉

nasi krawu

Seporsi Nasi Krawu  terdiri dari nasi putih pulen yang gurih banget, dengan topping  serundeng 3 warna, suwiran empal, paru goreng dan pastinya sambel terasi  pedaas   yang  bikin rasanya berkali-kali lebih enaaak ^o^.  Parunya digoreng sedikit kering jadi masih berasa a bit cruncy pas digigit.. Biasanya sih, aku sengaja angetin lagi di rice cooker, biar anget dan bau daunnya lebih terasa 😀

nasi krawu

Jadiiii, buat orang Jakarta yang suka banget nasi Krawu nih, kayak aku :D, ato orang Gresik yang sedang merantau di ibukota, pada kangen ama masakan khas daerahnya mungkin, bisa cobain nasi Krawu Mayestik ini.. Serius, ini enak dan sama dengan rasa nasi Krawu yang pernah aku coba di Gresik dulu ;)..

*Bukan postingan berbayar.. Review berdasarkan pengalaman  mesan dan ngerasain langsung 😉

 

 Kontak untuk order:

WA/SMS (Jakarta) : 081905433780/081311564129

(Bogor): 087872006708

(Surabaya): 082231222776

106 tanggapan untuk “NGIDAM NASI KRAWU ENAK DI JAKARTA? NYARI DI MANAAAA…”

  1. MeriskaPW mengatakan:

    Ternyata mbak Fany tau nasi krawu juga 😀

    Aku kalo makan gak mau pake sambelnya, gak kuat pedes.. haha, baru tau kalau nasi krawu itu pake paru juga.. biasanya beli cuma suwir, tempe oreg, sama serundeng doank isinya. Di sini harganya cuma 8ribu aja, surga banget deh, 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, kalo di gresik asli bukannya ada jeroannya mba.. aku liat ada jeroan soalnya… kalo makanan pedes dibela2in deh hrs beli;p .. iya di gresik mah jauh lbh murah lg yaaa… tp gpp di jkt rada mahal asal kangen bisa terobati 😀

  2. nitalanaf mengatakan:

    Saya baru dengar ini nasi krawu, hehe… Ini kalau gojekan berarti dari pondok kopi ya, mba? Lebih dekat kalau dari rumah saya.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya kalo gojekan dr pondok kopi… lebih deket ya mbak ? ihhh enaknya :)..aku k rawamangun msh 30rb onkirnya

  3. lianny hendrawati mengatakan:

    Wuah postingan ikan tadi sudah bikin ngiler, nasi krawu ini tambah bikin ngiler lagi glek.
    Nasi krawu ini nggak ada sayurnya ya Fan? Aku pernah beli nasi krawu itu malah mirip urap-urap. Yang ini enak banget keliatannya.
    Keren juga bisa pesan online, aku barusan intip-intip IG nya, bikin tambah ngiler 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ga ada kalo yg ini mbak ;).. yg d gresik dulu juga g ada deh.. tp aku g tau ya kalo makan lgs di tempat mungkin disediain urap.. soalnya aku lalu bawa pulang, ga prnh ada urapnya

  4. Ranny mengatakan:

    Huaaaaaa aku jadi laper…
    Aku suka banget coba kuliner kayak gini, Fan. Asli penasaran dengan nasi krawu, sepertinya enak banget ya..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku sih suka krn pedes ;p… bisa pesen kemana aja kok ini, krn ada yg divacuum ran.. jd bisa utk pengiriman jauh

  5. rita dewi mengatakan:

    Suka banget nasi pake serundeng. Btw… lauknya boleh diganti gak sih?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hihihihi, kalo di gresik asli, lauknya itu ada jeroan segala… nah, aku ga tau deh yg di mayestik ini.. kyknya sih g ada ya mbak… palingan lauk yg ga disuka itu yg di sisihin 🙂

  6. Molly mengatakan:

    Kayaknya enak nih, aku penasaran sama rasanya mba. Di Medan ngga ada :(. Tapi tingkat pedasnya segimana ya? Kurang kuat kalo pedesnya gilak. Hehehe :D.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      enaaaak mbak ;).. walo penampilan gitu… agak2 mirip nasi gurih medan serundengnya… kalo ga mw pedes bgt, sambelnya aja dikurangin ;).. eh dia bisa sampe ke medan loh pengiriman.. krn ada yg divacuuum supaya awet 😉

  7. Hastira mengatakan:

    belum pernah nyoba nasi krawu

  8. Rotun DF mengatakan:

    Toosss, sesama penyuka makanan pedas. Apa aja yang pedes langsung embat, wkwkwk.
    Baru tau nasi krawu. Ini mirip sama nasi mogana kalau di Kebumen. Sama nggak ya?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha blm nyobain nasi mogana mbak :D.. kapan2 kalo ke kebumen aku pasti cobain deh.. ;).. pedes kan ya? pasti suka kalo gitu ;p

  9. Efi Fitriyyah mengatakan:

    Tampaknya yummy, nih Mbak. Huaah sayang di Bandung kayaknya belum ada, eh apa akunya belum nemu kali ya. Paling enak tuh makan nasinya masih panas dan serundengnya diaduk. Nampol dah.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      mungkin di bandung ada…tp ga tau deh rasanya bisa sama kyk yg di gresik ato ga :D… kalo penjualnya org sana mungkin bisa sama mbak.. jgn kyk yg di jkt dulu, rasanya beda banget… udh disesuaikan ama lidah jkt yg ga terlalu suka pedes kali.. giliran yg krawu mayestik ini, enaaak. persis sama 😉

  10. Nasirullah Sitam mengatakan:

    Tertipu sama bungkus daunnya. Ternyata pas dibuka kok bawaannya laper ahahhahah

  11. Marita Ningtyas mengatakan:

    Hmmm kayanya yummy banget deh.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bangeeeet ;).. aku mw pesen lg mbak… seneng deh di jkt udh ada yg jual dan enak.. kmrn kan nemu di resto gitu, ga kayak asli rasanya

  12. winny mengatakan:

    dulu pernah makan kak di Gresik ternyata ada juga di Jakarta ya

  13. Aku juga suka nasi krawu mbak 😀 Masih di desa, banyak yang jual

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo di desa nya mah, pasti bnyk ya mbak… di jkt mah susah… untung ada nasi krawu ini.. agak mahal tp gpp, drpd hrs ke gresik ;p

  14. Helena mengatakan:

    Wah ada yang jual nasi krawu di Jakarta? Mau deh coba. Selama ini nunggu kiriman dari rumah aja *saya asli Gresik lho

  15. Kang Nurul Iman mengatakan:

    Wadaw ngidamnya okeh juga bu tapi kalau kejauhan mah ya harus bersabar ya bu, hehehe.

  16. Elisabeth Murni mengatakan:

    Saya malah belum pernah nyobain nasi krawu. udah mentok ni nasi kucing sama nasi gudeg ahahaha. dari tampilannya terlihat yummy ya.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      enaaak mbak… kalo kamu di gresik wajib coba banget deh ;).. ga lengkap gitu ke grsik tp ga makan nasi krawu 😉

  17. dede mengatakan:

    wah belum pernah nih makan nasi krawu… 🙁 kapan2 harus nyoba dah..*kapanmudik yaaa

  18. khalida mengatakan:

    Aku juga pencinta makanan pedes, dan belom tau nih ada nasi krawu. Pengen cobaaaa…ngiler pake banget nih jadinya hihihii… *elap2 mulutr*

  19. Lusi mengatakan:

    Aaaaak paru gorengnyaaa…. paru gorengnyaaa… aku fans berat paru goreng. Looove it.

  20. Imron Fhatoni mengatakan:

    Sebelumnya salam kenal mba, kunjungan pertama disitus ini salam sahabat

  21. Grace Melia mengatakan:

    Aku baru kali ini tau ada yang namanya Nasi Krawu. Ilmu perkulineranku cethek banget yak. Bahahaha. Kayaknya lezatos 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      enaaaaak ges ;).. kalo suka pedes sih wajib coba bangetttt ;).. kalo lg di jkt ayo pesen dari wa nya, dianterin pake gojek

  22. Isnaini S Ibiz mengatakan:

    Aku juga suka pedes mbak. Pingin ngerasain nasi krawu nih. Tapi cuman nelen ludah dulu. 😀

  23. @dodon_jerry mengatakan:

    waduh, kok sedep banget penampangannya. dulu wktu di Malang hampir setiap minggu makan beginian. semenjak pindah ke Pontianak ngga pernah nemu lagi. jadi laper euyyyyy!!

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa, nasi krawu ini memang jarang ada selain di kota asalnya ya mas… di jktpun aku nemu menu ini jaraaaaaang bgt.. untung aja akhirnya nemu 1 yg enak 😉

  24. Ida Tahmidah mengatakan:

    Jadi pengen nyoba etapi pengen yg pakai daun…. susah belinya ..kejauhan hihi…Bandung ada ga ya…

  25. Khoirur Rohmah mengatakan:

    Makanan kesukaan ini mbak. Trradisional, tapi enak dan tetap ngehits menurutku. hhee
    Klo di desaku masih dicampur sama sayuran mbak.. hhee

  26. diarysivika mengatakan:

    wah mbak kenal juga nasi krawu 😀 kirain orang luar Jatim tidak familiar dengan menu ini. Kalo di Surabaya harganya masih Rp 15.000,-an itu sudah dapat daging empal melimpah

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ihhh tau dong ;).. saudaraku banyak yg tinggal di surabaya dan gresik mbak.. makany kalo mrk dtg k jkt, srg dibawain

  27. nur rochma mengatakan:

    Nasi krawu ini kesukaan keluargaku. Rasanya enak, gurih, pedes (sambelnya). Sayangnya di kotaku yang cuma sekitar dua jam ke Gresik, gak ada yang jual seenak disana.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      enak ya mbak :).. aku jg jd sukaaa bgt ama nasi krawu stlh tau pedes gitu… 2 jam masih bisa dibilang deket… :D.. makanya seneng di jkt udh ada jual nasi krawu yg enak

  28. zata ligouw mengatakan:

    wah, oke juga nih buat referensi kalo lagi bikin acara.., makasih yaaa…

  29. Lia Harahap mengatakan:

    Saya gak kuat sama makanan pedes, Mbak. Lebih tepatnya perutnya yang gak kuat. Soalnya biasanya mulut seneng-seneng aja sama makanan yang kayak begini (walaupun minumnya bisa sampe segalon sih ehehehehe)

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ga semua org memang tahan pedes :).. anakku jg nih, sama ga kuat pedes samasekali :D.. susah aku kalo mau ajakin dia makan yg pedes2..apalagi makanan dr sumatra kan pedes semua rata2..

  30. D Sukmana Adi mengatakan:

    tadinya aku kira ini nasi kuciang kak, seperti yang dijual di kota solo-jogja, eh ternyata beda, cuma sama bungkus saja :))

  31. Sri Wahyuni mengatakan:

    Hampir sama dengan nasi jinggo khas Bali mba, cuma gak ada empal ato parunya, melainkan sate lilit, yang rasanya juga nendang…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      nasi jinggo aku blm pernah nyoba mbak :). ntr deh mau cari juga..ato kalo ke bali pasti aku buru tuh makanan tradisional gitu

  32. CatatanRia mengatakan:

    dibandung ada juga enggak ya, jd kabitha euy lihatnya

  33. Beby mengatakan:

    Iss keknya enak, Kaaaak.. Ngiler aku! 😀

  34. Yoga Akbar S mengatakan:

    Saya baru tau di Mayestik ada beginian. Ahaha. XD
    Kurang banyak kulineran di Jakarta nih Yoga. Payah. Kalo saya juga lebih suka dibungkus daun. Ada rasa yang beda gitu deh. 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      tapi jujurnya yg di mayestik aku ga tau tempatnya Yog? lbh milih pesen dr WA nya aja ;p jauuuh kalo hrs ke mayestik

  35. Ipeh Alena mengatakan:

    Di Bekasi ada juga waktu itu yang jual Nasi Krawu, sayangnya sekarang udah ga buka lagi warungnya. Pas liat gambarnya, saya merasa bersalah sama perut saya yang kemudian keroncongan.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      yaaaa sayang banget udh tutup ….. nasi krawu itu termasuk yg paling aku suka utk traditional food :)..

  36. nova violita mengatakan:

    belum pernah makan nasi krawu… pake serunedeng gitu ya.., kayanya lezat..semoga suatu saat perlu nyobain..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      enaaaak mbak ;).. cobain deh kalo ke gresik, ato kalo di jkt ya mesen langsung aja ;).dianter pake gojek

  37. Zizy Damanik mengatakan:

    Tampaknya lezat. Paling suka deh dengan makanan khas Indonesia yang dibungkus2 begitu. Pasti khas, dan lezat.

  38. ulu mengatakan:

    waduuuh nampak enak, mba. cuma templatenya udah pedes yah, saya gak suka pedes soalnya. kaalo beli pecel, bumbunya juga sering tuh udah pedes. pedes kayaknya udah jadi template makanan negara ini hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Hahahaha, kalo yg ga suka pedes memang jgn pesen.. eh tapi, yg ini kan sambelnya bisa minta dipisah mbak ;).. jd ga kecampur ama nasi ntr

  39. Yasinta Astuti mengatakan:

    Aku belum pernah coba. Duh kan jadi laper dini hari baca ini.

  40. Titin Nurjanah mengatakan:

    liat gambarnya aja pengin amakan aku mbak, bikin laperrrrr, di jogja ada ngga ya yang jual…. jadi pengin aku…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      waah, kalo jogja aku g tau mbak :D.. tp kalo ada, takut rasanya ga sama ama aslinya… :D.. jogja cendrung manis kan ya makanannyaa.. grseik cendrung pedes.. takutnya sambelnya dibikin ga begitu pedes 😀

  41. cumilebay.com mengatakan:

    Kamu kejammmmmmm … aku kan kangen makan sego krawu
    Ini kalo di gresik, sebungkus nya 18 rebu #JadiKangenKampungHalaman

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      pesaaaaaan kalo kangeen ;p.. pake gojek ajaah :D.. aku jg kangen k gresik lagi.. makanannya memang enak2 ^o^

  42. Gustyanita mengatakan:

    Waduhhhh clegukkk banget hihi
    Aku langsung ngebayangin essense terasi kecampur srundengnya, makprul bareng nasi yg diaduk, buuuhh mantab

  43. evylia hardy mengatakan:

    Nyiapin minum dulu deh kalo aku ngadepin yang pedes2 … ga terlalu jago pedes nih
    Tapi kalo bisa request dipisah sambelnya boleh juga dicoba

  44. avizena mengatakan:

    nasinya enakk
    ga kebayang deh kalau masak sendiri hihihi
    beli ajaa

  45. Deddy Huang mengatakan:

    Porsinya mungil, mungkin aku perlu makan 2 atau 3 bungkus 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mas.. agak kecil sih.. kalo aku tergantung, pas lg laper berat makannya bisa 2 ;p.. tp kalo untuk sarapan doang, cukuplah 😀

  46. Fahmi Anhar mengatakan:

    nasi krawu ini sepertinya enak ya, anget2, pulen, wangi daun pisang, sambal mak nyoss ditabur serundeng. tapi kalau 25 ribu seporsi overpriced nggak sih mbak untuk ukuran jakarta? secara kayanya cuma sitik porsine yo kalau di foto hehe. tapi gpp, yang penting nggak ngidam lagi 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      overpriced lah ;p.. tapi gimana lg mas, drpd aku hrs ke gresik ;p hihihihi… padahl di gresik mah hrgnya palingan cuma 10-16 rb… malah ada yg 8 rb dkt rumah tanteku… -__-

  47. satriabajahitam.com mengatakan:

    Makanan yang dibungkus daun pisang kayaknya selalu nikmat, deh. He he.

  48. @deravee mengatakan:

    Noted mak…buat referensi makan klo main ke sana-sana hihi

  49. Keke Naima mengatakan:

    saya juga termasuk yang paling suka kalau makan itu dicampur semua. Termasuk kalau makan bubur. Saya aduk semua baru makan. Kayaknya kalau makan nasi krawu juga begitu 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Aku makanan tertentu aja mbak :D.. kalo krawu, bubur ayam, iya pasti aku campur.. tp kalo kayak warteg yg menunya banyak, ato nasi padang, itu aku ga doyan dicampur ;p..

  50. Emakmbolang mengatakan:

    Aku di Gresik hampir 3 hari masti makan kerawu, kebenaran ini makan favourite si kecil.
    Biar lebih nabok, makannya memang dengan alas daun pisang. Di Gresik sni kebanayakan penjual nasi krawu menyajualnya beralaskan daun pisang.

    Trus sambalnya bukan sambal terasi, tapi sambal petis mbak. Sambal petis yang dibikin padat dan pedessssssssss

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      nah ituuu mba…aku sbrnnya suka yg pake sambel petis tuh… nampol bener pedesnyaa :D.. beneran ih pengen banget ke gresik lagiii…

  51. Hendi Setiyanto mengatakan:

    sebagai mantan pecinta pedas, kalau lihat yang pedas-pedas cuma bisa ngiler doang karena perut sudah renta menerima serangan cabe wkwkwkw

  52. kebijakan moneter mengatakan:

    Rasa sebanding dengan harganya, aku doyan banget. nggak nyesel deh,,,

  53. Levina Mandalagiri mengatakan:

    Eeeuh, Mbak Fannyyy…makanannya enak banget kayaknya. Bisaan aja nyarinya. Btw, aku nyari yang hotel di thailand lucu itu di postingan mana yak…ubek ubek..perasaan pernah baca di sini.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      adaa mba… nama hotelnya RED ROSE ;).. di search aja, ntr keluar.. ada di hotel review..

      Aku memang hobinya nyari makanan unik2 dari IG ;p.. hihihihi..kalo dapet yg enak, syukur, kalo ga, ya gpp..setidaknya jd tau, dan ga pesen lagi 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.