D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Mar 2024

19

TRIP SATU HARI DI AZERBAIJAN: MENGUNJUNGI MESJID BIBI HEYBAT

TRIP SATU HARI DI AZERBAIJAN: MENGUNJUNGI MESJID BIBI HEYBAT ~ 4 malam di Baku, Azerbaizan, kami sama sekali ga bikin fixed ITIN. Niatnya memang “liat ajaΒ  angin ntar membawa kami kemana 🀣“. Haseeek πŸ˜„

 

Tapi pas sedang ngubek-ngubek old city, ada cowo ganteng nawarin paket trip, yang bisa pilih sendiri mau berapa hari, atau mungkin beberapa jam.Β  Awalnya kami cuma terima dulu brosur yang dia kasih . Ga mau diiyain sebelum discuss bareng.

 

 

Baca: Menjelajah Kota Tua Baku, Bagai Terlempar ke Abad Lalu.

 

 

Trus sambil menikmati seteko black tea panas yang diicip-icip bareng manisan buah, baru deh mulai merhatiin paketan open tur di brosur.

 

 

Baca: Tradisi Minum Teh Dengan Manisan Buah di Azerbaijan

 

 

Mau ambil paket 2 malam jelas ga mungkin, karena waktu kami terbatas. Tertarik dengan one day trip yang mengeksplor tempat-tempat utama Azerbaijan, yang memang sudah kami cari tahu, tapi masih bingung kesananya naik apa. Soalnya agak jauh dari Baku, pinggiran kota gitu.

 

Setelah itung-itungan, pada setuju untuk ambil paket 1 hari, yang bisa mengunjungi beberapa tempat di bawah ini. Harganya juga ga mahal, cuma AZN 100 per orang (AZN 1 = USD 0.59 = IDR 9300 ). Udah sekalian transportasi dan makan siang. Worth it siiih. Ga pusing lagi mikirin naik bus apa kesananya, makluuum kami 3 ladies yang ga mau repot, pokoknya trip harus nyaman tapi murah 🀣. Banyak maunyaaa πŸ˜…

 

Tempat yang bakal divisit:

1. Mesjid Bibi-heybat

2. Qobustan Petroglyphs site

3. Mud volcanoes

4. Yanardagh

5. Temple of fire (Ateshgah Fire Temple)

 

 

Jadilah sehabis minum teh, kami langsung nemuin agen travel si mas ganteng yang langsung ditemani Kina πŸ˜„. Deal harga di kantor mereka yang masih berada di kawasan old City.

 

WISATA SEHARI DI AZERBAIJAN

 

 

 

MEETING POIN JAM 8.30 PAGI

 

Sebenernya dari travel memang menjanjikanΒ  bakal jemput ke hotel tempat menginap, masalahnya kami stay di apartemen, dan bukan hotel. Jadi janjian meeting poin di hotel terdekat yang ternyata cuma 3 menit jalan kaki dari apartemen πŸ˜…. Udah bela-belain bangun pagi biar ga telat, karena liat gmap butuh 10 menit menuju hotel tempat meet up, taunya ada jalan pintas yang benar-benar menghemat waktu 🀣.

 

hotel tempat meeting poin, deket ama apartemen

wisata mesjid azerbaijan

wisata sehari di azerbaijan kemana saja

 

 

Kami peserta pertama yang dijemput, langsung milih tempat duduk paling depan. Mobilnya besar, cukup untuk banyak peserta, tapi yang ikut hanya 7 orang. Asiiik dong, ga rame πŸ˜‚.

 

 

 

MESJID BIBI-HEYBAT

 

Destinasi pertama, mobil meluncur ke Mesjid Bibi-Heybat .Β  Ada yang tahu kalo Azerbaizan penganut Islam Syiah TERTUA di dunia? Yang terbesar di Iran, tapi Azerbaizan yang tertua. Mesjid yang kami datangi ini adalah mesjid Syiah, Bibi-heybat.

 

 

bibi heybat mosque, persis pinggir jalan

mesjid yang ada di azerbaijan

 

 

 

DISAMBUT ANGIN SUPER KENCANG 😁

 

Saat datang, gilaaaa anginnya, ga main-main sih 🀣. Kueenceeeeeeng bangeettttttt. Dan dingin. Bisa jadi karena lokasi yang tepat di pinggir jalan , berdekatan dengan laut. Jadi angin super duper kuat di sini.

 

mesjid bibi heybat dekat sekali dengan kilang minyak dan laut, sehingga anginnya super kuat

negara azerbaijan terkenal dengan sebutan apa

 

 

Itu saking kuatnya, mau ngomong aja susah, rambut ga usah tanyalah, dah berantakan kemana-mana, yang pake jilbab, dah mencang-mencong bentuknya🀣.

 

Trus saat jalan, badan itu oleng karena terdorong angin! Ini tur yang bener-bener ngabisin energi sih, dan bikin males foto, karena muka udah ga karuan🀣

 

 

 

SEJARAH MESJID BIBI HEYBAT

 

Balik lagi ke cerita sejarah Bibi-Heybat. Bibi artinya Aunty. Sama kayak bahasa Indonesia pengertiannya. Mesjid ini dibangun abad 13, tapi dihancurkan oleh Stalin saat komunis berkuasa tahun 1936. Lalu dibangun kembali tahun 1997.

 

Awalnya , di abad 13, OKUMA HANIM melarikan diri dari Baghdad ke Azerbaizan, ditemani oleh pengikut setianya, bernama Heybat. Yaaa, jadi nama mesjid Bibi Heybat diambil dari nama orang yang sudah setia mengikuti Okuma kemana-mana. Sebagai rasa cinta dan sayangnya terhadap orang yang dia anggab aunty nya sendiri.

 

Ruangan sholat di dalam dipisah antara lelaki dan perempuan, yang ruangan perempuan tidak boleh dimasuki samasekali oleh lelaki. Jadi tempat yang aku foto ini daerah sholat laki-laki.

 

area sholat laki-laki

wisata religi di azerbaijan

 

 

Oh ya, aku ga akan menulis konsep dasar agama Syi’ah, itu di luar kuasa ilmuku samasekali untuk menjelaskan. Takut salah danΒ  tidak mau menyinggungΒ  penganut kepercayaan Syi’ah. Hanya yang diceritakan dan apa yang aku lihat, yang bakal ditulis di sini.

 

Yang pasti kiblat mereka masih menghadap Ka’bah, nabi terakhir mereka tetap nabi Muhammad SAW, Alquran mereka sama 30 juz, 114 surah dan diawali Al Fatihah, karena aku cek langsung dari Alquran yang tersedia di rak.

 

agama bangsa azerbaijan

 

bagian langit-langit dalam mesjid

interior mesjid di azerbaijan

 

 

Sedikit berbeda mungkin saat sholat. Mereka menggenggam batu yang disebut turbah, yang ditempelkan ke forehead atau jidat di saat sujud. Ini yang jadi pembeda dengan Islam biasa.

 

mesjid syiah di azerbaijan

batu yang digunakan untuk sholat kaum syiah

 

 

Batu turbah terbuat dari tanah liat yang dipadatkan. Tujuan ditempel ke jidat, karena mereka hanya mengikuti apa yang dilakukan oleh nabi Muhammad SAW, sujud di atas tanah. Karena itu dibuatlah batu yang terbuat dari tanah liat.

 

 

 

MAKAM DI DALAM MESJID BIBI HEYBAT

 

Saat masuk ke dalam mesjid, kami langsung melihat suatu kotak persegi tinggi, yang dihiasi banyak bebatuan warna warni, terlihat mewah, yang ternyata di dalamnya ada 4 makam. Okuma Hanim dan Bibi Heybat pastinya dikuburkanΒ  bersebelahan, dan 2 makam lagi aku lupa siapa namanya.

 

begitu masuk, langsung ketemu makam

mesjid apa yang ada di azerbaijan

 

 

Penganut Syi’ah ramai datang dan berdoa di depan makam ini. Aku melihat bahkan sampai ada yang menangis.

 

di dalam kotak ini terdapat makam 4 orang

makam di dalam mesjid bibi heybat

 

keliatan ga makamnya? yang dikasih tanda panah itu 4 gundukanΒ  makam

makam siapa dalam mesjid bibi heybat

 

 

 

 

STALIN MENGHANCURKAN TEMPAT IBADAH DI AZERBAIZAN

 

Menurut cerita guide, saat dulu Stalin menghancurkan banyak tempat ibadah , termasuk mesjid,Β  ga mudah samasekali mendestroy Bibi Heybat karena konstruksi mesjid yang begitu kuat, butuh beberapa kali ledakan untuk bisa menghancurkan mesjid ini sampai rata.

 

Sayangnya kami ga bisa sholat di sini, karena keterbatasan waktu dan yang muslim hanya kami bertiga,Β  belum masuk waktu Zuhur juga sih beib πŸ˜…. Ga mungkin kan maksa guide nunggu Zuhur baru berangkat ke destinasi berikut 🀣. #dikeplak

 

lokasi mesjid bibi heybat

 

 

Kluar dari mesjid, agaaaain yaaaa, anginnya ga sopaaan, semakin kencang, udah kayak mau terbang dibuat 🀣.

 

Di kondisi seperti ini, usahakan merunduk, supaya ga semakin terdorong oleh angin. Dan pliiiiiiiis, pakai baju winter yangΒ  proper . Walaupun suhu tidak sampai minus, tapi angin sekencang ini membuat winter feels colder! Itulah kenapa Azerbaizan selain dikenal sebagai Land of Fire, dia juga terkenal dengan sebutan City of Wind.

 

Kami balik ke mobil van, untuk menuju destinasi berikut, Qobustan Petroglyphs Site.

 

balik ke mobil van sewaan kami

wisata sehari di baku azerbaijan

 

 

 

Ps: bukan cuma kami yang terdorong angin, lah mobil van aja goyang saking kuatnya wind power. Pantesan driver di sini ga pernah ngebut, walopun jalanan kosong. Karena bahaya membawa kendaraan terlalu kenceng di saat angin sangat kuat.

 

Sekian dulu cerita one-day-tour Azerbaizan ke mesjid Bibi Heybat. Aku stop di sini supaya ga kepanjangan. Destinasi berikutnya, bakal ditulis Minggu depan 😘. Daaaah….πŸ‘‹

 

 

131 tanggapan untuk “TRIP SATU HARI DI AZERBAIJAN: MENGUNJUNGI MESJID BIBI HEYBAT”

  1. nurul rahma berkata:

    mbaaa, klo masjid syiah gitu apa juga memperbolehkan penganut sunni utk sholat di sana ya?
    tapi kyknya ok ok aja ya.
    aku penasaran ke negara unik kyk gini sih…karena cerita mba Fanny emang selalu bikin mupeng maksimal πŸ˜†πŸ˜πŸ’―

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Boleh aja mba. Palingan kita ga pakai batunya itu. Krn toh kiblat mereka ke Kakbah kok. Ga ada masalah jadinya

  2. Citu berkata:

    Es un bello lugar. Te mando un beso.

  3. adynura berkata:

    Waaah, seruu!
    Berkat tulisan ini aku jadi tahu kalo azerbaizan islamnya syiah, serius baru tahu banget…

    trus kok bisa ya kata ‘bibi’nya punya makna yg sama kayak di Indonesia, padahal tadinya kukira kayak di arab, habibi yg artinya sayang. heuheuheuuu…

    itu kalo maen layangan disono pasti cepet naeknya ya, anginnya kan kenceng, hehehe….

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Cepet naik atau langsung putus benangnya dy 🀣🀣🀣🀣. Gila sih winter di sana parahnya Krn ada angiiiin. Kalo cuma dingin doang ga masalah. Angin ini bikin suhu makin kayak lebih beku soalnya.

      Tapi aku ngeliat yaa di sana itu Islam nya juga udh kayak turki, sekuler gitu. Aku bahkan ga ada denger suara azan samasekali. Dan mesjid susah bgt.

  4. eryka berkata:

    Saking kenceng anginnya ya mbaaa sampe mobil aja juga jalan pelan2..kenapa di Azerbaijan anginnya bisa sekenceng itu ya mba?? kan klo disini sedeket2 nya dengan pantai gak segede itu ya anginnya πŸ™‚
    ternyata arti bibi di sini dan disana sama..jgn2 kita mengambil kata2 dari sana hehe
    masjidnya gede juga ya mba…berarti di sana semua penganut syiah atau sudah bercampur mba?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ga semua Syi’ah mba. Tp mayoritas itu.

      Ntahlah kalo soal anginnya. Pasti ada berhubungan Ama kontur negaranya. Aku sendiri juga bingung kenapa anginnya sekencang itu 🀣🀣. Kalo udh bertiup , trutama sore, siap2 aja pakai jaket lebih tebal.

      • Vicky Cahyagi berkata:

        Kali ini wisata religi, masjid di sana memiliki Arsitektur yang khas, megah, dan tinggi. Thx infonya

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Kebetulan di one day tour nya ada mesjid sebagai objek wisata mas. Ya udhlah, sekalian aku mau tau ttg mesjid Syiah juga

    • mulan berkata:

      Thanks for sharing Fanny. Banyak dan bagus semua info nya. Ohh Azerbaijan dikenali City of Wind. Bagus Fanny sempat meneliti naskah Al Quran di sana. Masjid nya cantik unik.

      • Fanny Fristhika Nila berkata:

        Sama2 kak Mulan. Awalnya Krn saya bingung kenapa Syi’ah dimusuhi. Kayak kejadian di Iraq. Berbeda menurut saya sah sah aja, asalkan basic ajaran sama. Krn itu bagi saya kaum Syi’ah ttp muslim. Just respect them. Sama aja kayak di Indonesia ada banyak aliran Islam. Toh ttp diterima kan.

  5. Nik Sukacita berkata:

    Cowok ganteng menawarkan paket tripnya yuhuuuu dan lihat2 bangunannya itu ganteng banget yaa, mungkin seperti yang menawarkan paketnya ya ha ha ha ha

  6. afzan berkata:

    bila dapat baca dan tengok gambar,dapat la juga merasa berjalan-jalan ke sana juga…

  7. Avi berkata:

    Wahh tekanan anginnya berapa yaa kalau diukur? Hebat bener sampai mobil aja bisa kalah. Supirnya kudu pinter nih bawa mobilnya.

    Masjidnya cakepp amat baik bagian luar maupun dalamnya. Moga suatu saat bisa ngajak Saladin ke sana.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah ntahlah mba. Tapi memang kuat bangeeeet. Trutama sore, Lebih kenceng lagi. Butuh jaket lebih tebel kalo udah jelang sore. Aku sok2an ga mau pake gloves, yg ada ga kuat malah

  8. Khanif berkata:

    sampai goyangin mobil berarti anginya kenceng banget ya mbak, bisa terbang kebawa angin kali kalo gw disitu :D…

    pantesan gada foto-foto karna muka udah berantakan duluan kena angin πŸ˜€

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha aku aja jalannya udh kedorong2 nif. Ga bisa lurus lagi. Krn sekuat itu dorongannya. Makanya kami udh serem aja tiap kali berasa mobil agak oleng 🀣. Pantesan ga ada yg ngebut

  9. Ratna Dewi Shovya berkata:

    Aaaaa.. Lama banget ga jalan-jalan ke blog Mbak Fanny 😭 entah kenapa beberapa waktu ini pikiranku sangat mudah ke distract untuk melakukan sesuatu, seperti ga terarah, hiks.

    Kembali baca petualangan Mbak ditiap negara rasanya bantu refresh pikiran kembali deh. Wah, kali ini Azerbaijan, ya? Kalau ga salah masih masuk Asia kan ya Mbak?

    Ini wisata sejarah yang seru sih, unik, apalagi aku suka melihat desain bangunan2nya disini ❀ berasa cuci mata online

    Penasaran, apakah Mbak Fanny juga sempat menikmati kuliner disini?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku ga tau dia masuk Asia atau eropa. Yg pasti disebut negara Kaukasus barengan dengan Armenia dan Georgia. Tapi dari muka2 orangnya rada eropa sih drpd asia 😁.

      Kuliner pasti Doong, tapi selama puasa aku fokus Ama wisatanya dulu mba, baru ntr kulinernya πŸ˜„

  10. Nurul Mutiara R.A berkata:

    Artistik banget mbak dekorasi masjidnya. Aku suka banget ngelihatnya. Pengen suatu saat juga punya kesempatan ke Azerbaijan. Ini negara jarang banget loh ada yang nulis. Lebih banyak yg ulas soal Asia Timur hehe
    Biaya untuk tour juga cukup terjangkau ya mbak Fany.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Itulah kenapa aku LBH suka ke negara yg antimainstream mba. Biar beda dr yg lain πŸ˜πŸ˜„. Cuma ga enaknya biasanya tiket pesawat ke negara begini JD LBH mahal 🀣

  11. Jalan2Liburan berkata:

    Aku juga keliling Baku pake tur beli di old Town Fan, tp masjid ini malah ga ada di daftar πŸ™
    Ke Sheki dan Xinalig baru deh naik angkot dan urus sendiri…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Eh naik angkot apa nih mba πŸ˜…??? Aku ga liat ada angkot gitu di sana πŸ˜…. Urus sendiri tur nya?

      • Jalan2Liburan berkata:

        Bus antar kota gt maksudnya Fan kl yg ke Sheki, direct aja gitu dr baku kesana. Kl ke Xinalig baru naik shared taxi ke salah satu kota gede deket sana terus dijemput kudu pake jeep ke atas gunung , semua komunikasi dibantuin Host aku di Baku secara lost in translation hihihi

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Gilaaaa, dulu itu agak effort juga ke Azerbaijan ini ya mba. Pas aku datang open tripnya udh banyak dan mudah krn semua sediain transportasi. Saluut lah ama mba yg dari dulu udh eksplor negara ini πŸ‘πŸ˜„

  12. Ezna berkata:

    Masjidnya cantik. Ya cara solat syiah ni memang lain sikit dari yang biasa. Makamnya diletakkan di dalam kawasan kotak ni nampak unik sebab banyak batu warna-warni.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sayangnya ga terlalu keliatan, Krn lubang2 nya kecil πŸ˜…. Tapi saya pun sukaaaa design mesjid ini. Apalagi saat dengar dia kokoh sangat sampai butuh ledakan berkali2 saat dihancurkan

  13. Heni berkata:

    Kalo aku perhatiin apa emang jalan setapak atau lorong di sana itu kayak dari batu-batuan alam gitu ya mbk…estetik..masjid bibi heybat kalo di lihat dari jalan cakep bangunannya, jadi tau kalau mereka solat menggunakan kepingan tanah liat yg fungsinya buat sujud bisa nyentuh tanah ya maksudnya… dimana-mana yg namanya penjajah itu jahaaat banget!!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaaaa, di sini banyak yg jalannya pake batu2an gitu mba. Suka deh Krn LBH estetik juga terlihat.

      Bener. Maksud mereka pakai batu, ya supaya meniru cara nabi Muhammad yg sholat di atas tanah. Jadi batu tanah liat itu simbol nya.

      Stalin gila sih memang. Dulu itu Sovyet melarang kebebasan beragama Krn komunis kan. Makanya banyak tempat ibadah dihancurkan waktu itu

  14. Endah April berkata:

    Mba Faaan aku baru tau kalau jalan di tempat berangin itu badan harus nunduk. Thank you infonya, wkwk. Ditunggu cerita destinasi berikutnya. <3

  15. mrhanafi berkata:

    Saya baca dengan teliti dan tertarik dengan cara syiah solat..

    saya pun tidak mahu berkata lebih kerana kurang ilmu tentang mereka..

    apa-apapun tempat tersebut super cantik dan bersih banget kan

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Benar bang. Sesuatu yg kita tak paham, sudahlah tak usah dibahas. Buat saya selagi mereka tak merugikan, basic Islamnya pun sama, mereka muslim berarti.

  16. MZ berkata:

    gambar semua cantik2.dan paling best cuaca sejukkkk…sbb sekarang cuaca kat msia sangat2 lah panassss

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Itulah kenapa saya LBH suka traveling saat winter kak. Ga akan mau waktu summer 🀣🀣🀣. Jakarta pun panas, dah cukuplah berpanas2 di sini πŸ˜…

  17. Lala berkata:

    One day tour di Azerbaizan nya sangat menarik banget mba, perjalanan yang awalnya mau di bikin slow travelling, bikin jadi ketemu bule yang nawarin paketan tour yaa. Titik point buat otw tour depan hotel nya cakep banget..salfok aku liat nya.
    Beneran negara berangin banget yaa, sampe mobil aja di buat bergerak-gerak.. Jadi nge bayangin kalau bawa payung bisa jadi kita terbang pake payung πŸ˜†πŸ˜†.

    Suka sekali sama kemegahan dan kekokohan masjid Bibi Heybat, kalau pas waktu sholat makin komplit lagi yah pengalaman di masjid tersebut..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Rusak langsung mba kalo pake payung 🀣🀣🀣. Ketarik itu paying aku yakin. Pantesan aja jrg juga Orang2 sana sedia payung sih hahahahaha. Udh kebayang bakal patah atau lepas πŸ˜…

      Aku juga kagum dengan mesjid ini. Beneran cantik dan kaya sejarah ❀️

  18. Lala berkata:

    One day tour di Azerbaizan nya sangat menarik banget mba, perjalanan yang awalnya mau di bikin slow travelling, bikin jadi ketemu bule yang nawarin paketan tour yaa. Titik point buat otw tour depan hotel nya cakep banget..salfok aku liat nya.
    Beneran negara berangin banget yaa, sampe mobil aja di buat bergerak-gerak.. Jadi nge bayangin kalau bawa payung bisa jadi kita terbang pake payung πŸ˜†πŸ˜†.

    Suka sekali sama kemegahan dan kekokohan masjid Bibi Heybat, kalau pas waktu sholat makin komplit lagi yah pengalaman di masjid tersebut..
    Azerbaizan seindah itu, bahkan di area Baku nya pun bikin betah ya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Makanya aku belum mau ke Armenia, Krn nanti ga bisa masuk azerbaizan. Mau datang lagi kesana , puas2in liat kota lain, baru setelah itu visit Armenia

  19. Lala berkata:

    One day tour di Azerbaizan nya sangat menarik banget mba, perjalanan yang awalnya mau di bikin slow travelling, bikin jadi ketemu bule yang nawarin paketan tour yaa. Titik point buat otw tour depan hotel nya cakep banget 🀩🀩..salfok aku liat nya.
    Beneran negara berangin banget yaa, sampe mobil aja di buat bergerak-gerak.. Jadi nge bayangin kalau bawa payung bisa jadi kita terbang pake payung πŸ˜†πŸ˜†.

    Suka sekali sama kemegahan dan kekokohan masjid Bibi Heybat, kalau pas waktu sholat makin komplit lagi yah pengalaman di masjid tersebut..
    Azerbaizan seindah itu, bahkan di area Baku nya pun bikin betah ya.

  20. rivai hidayat berkata:

    Aku malah kagum sama guide-nya yang mampu pickup tamu secara random untuk menawarkan jasa open trip mereka. Kalau soal harga terhitung terjangkau. Kita ga perlu repot-repot mempersiapkan segala sesuatunya. Kita terima beres. Destinasi yang dikunjungi juga banyak. Ayo tulis semua, aku penasaran dengan destinasi yang dikunjungi.

    Aku ga nyangka kalau ternyata ini azerbaijan itu penganut syiah tertua. Aku kira di Iran. Sangat disayangkan kalau stalin mencoba menghapus peradaban yang ada. Aku jadi ingat di bukunya agustinus wibwo juga dituliskan kalau di afghanistan pernah jadi pusat persebaran agama buddha. Kemudian patung-patung buddha dihancurkan oleh taliban. Hal ini sangat disayangkan sih.

    Setuju mbak fanny, ga perlu bahas tentang agama islam syiah. Lebih bagus fokus dengan apa yang dilihat ketika berkunjung di sana. Itu kena angin kenceng bikin hidung sempet meler ga mbak…?wkwkwk

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bukan mampet lagi mas. Udah ingusan semua kami di sana saking dinginnya hahahahahha.

      Naah iyaa, di sana mereka malah jemput bola. Ga cuma nunggu tamu. Kayaknya memang Krn banyak bgt travel yg sediain open trip begitu. JD hrs dr merekanya yg gerak. Dan pinter carinya di old city. Krn memang turis pasti kesana 🀣..dan muka kami paling beda, asia sendiri πŸ˜„. Langsung JD inceran mereka 😁

  21. Yonal Regen berkata:

    Selalu seru baca pengalaman Mbak Fanny jalan-jalan kemanapun. Bikin jiwa meronta-ronta pengen ikut.. hahaha.
    Baru tau kalau Azebaijan ini penganut Islam Syi’ah tertua, taunya Iran doang, ternyata memang masih ada hubungan dalam sejarahnya, ya, termasuk dengan masjid Bibi Heybat.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Akujuga baru tahu setelah sampai di sana mas πŸ˜„. Sebelumnya tau kalo Azerbaizan muslim dominant. Tp ga tau kalo mereka Syiah.

  22. Tukang Jalan Jajan berkata:

    keuntungan kalau ikutan paket tour bakalan lebih mudh untuk datang ke tempat tempat yang biasa dikunjungi tanpa ribet urusi ini itu apalagi kalau memang kita dibatasi waktu yang tak panjang, Jadi bakalan lebih nyaman dalam menikmati wisata

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bener mas. LBH enak pakai tur begini kalo ngetrip. Tp yg open trip aja. Jadi ada waktunya kita jalan sendiri juga.

  23. Ria berkata:

    angin kencang begitu, untung mobilnya gak terbang ya… TP worth it banget ya ke mesjid ini, kubahnya di atasnya indah dan megah. Makam yang ada di dalamnya juga terlihat mewah. Eh, tp makamnya ini ikut hancur kah saat pemerintahan Stalin?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo aku ga salah ya mba, saat dihancurkan Stalin, kuburan ini lokasinya blm disini. Baru dipindahkan setelah dibangun kembali. Itu kalo ga salah yaa. Guide ada jelasin, tp kayaknya aku ga terlalu nyimak bagian ini 🀣

  24. Ruli retno berkata:

    Bagus ya mesjidnya, cuma aku agak takut kalo ada yg syiah begitu. Aku sempat nyimak di igs mbak fanny nih tentang mesjid ini. Unik ya ada batu buat jidat ini

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kenapa takut mba? Aku makanya agak heran kenapa Syiah ini dimusuhi. Buatku selama ajaran basic nya ga menyimpang, mereka ttp muslim sih. Kecuali kalo menyimpang yaa. Masalah sujud di batu, buatku cuma beda yg bukan significant.

      Lebih Krn mereka mau sholat dengan cara nabi Muhammad, di atas tanah. Tp Krn ga mungkin mesjidnya beralaskan tanah, jadi dipakai batu tanah liat. Padahal sbnrnya nabi memang pernah sujud di atas tanah, tp juga pernah di atas kain.

  25. ainun berkata:

    turbahnya disediain di masjidnya ya mbak? berarti jamaah yang mau sholat bisa pinjam dari yang sudah disediakan itu?
    dari luar nampak bangunannya megah, dari dalem, kubahnya lebih mewah lagi
    serunya kalau ikutan trip yang kayak gini, kadang ada destinasi yang mungkin sebelumnya nggak terpikirkan mau kesana, jadi dari sini pengunjung sekaligus bisa belajar sejarah juga. Apalagi kalau harga tripnya terjangkau, aku juga ga nolak πŸ˜€

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya mba. Turbahnya ada disediain di mesjid. Jadi bagi yg ga bawa, bisa pinjem yg mesjid ini, nanti ditaro balik.

      Makanya aku LBH suka open trip gini. JD book nya pas udh sampe sana. Lengkap Ama guide. Supaya ga bingung ttg sejarahnya

  26. Mbul berkata:

    Memang kelihatan banget so windy…berangin kenceng Azerbaijan ya Mba Fan..kelihatan dari warna langitnya yang biru gloomy…

    oiya masjid Bibi heybatnya berarsitektur cantik…bagian langit langit, dinding, dan kubah detail….dan sajadahnya kelihatan nyaman…

    Baru tahu batu itu terbuat dari tanah liat…dan di dalam ada makamnya pula…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sengaja makamnya di taro di Azerbaijan, walopun mereka bukan orang sini . Soalnya kalo dikembalikan ke Iraq takutnya malah dirusak mba. Mengingat mereka benci Ama Syi’ah.

    • Keza felice berkata:

      Aaaah masyaallah ga bisa berkata2 lagi. Biasanya emang terpukau sama cerita traveling kak Fany, tapi ini sampek lupa narik napas. Kebawa alur dan suasana. Apalagi ada footnya lengkap

      Azarbaijan ini populer waktu aku masih SD. Gak nyangka ya ternyata seindah ini

      Penasaran sama batu yang dbuat dri tanah itu. Keren banget bentuknya .. gak terburai pula.

      Aku awalnya mahamin makamnya tp beneran tampak loh gundukan

      Btw kak, dri dlu banget penasaran kakak traveling pake dana pribadi kah? Atau ada sponsor hihi soalnya keknya jarang banget ada di indo gtu

      • Fanny Fristhika Nila berkata:

        Pake sponsoooor doooong, duit pak suami yg selalu bersedia bayarin istrinya ini traveling biar ga stress πŸ˜„πŸ€­πŸ˜. Thanks to him. Paling sabar, paling ngerti kalo traveling adalah passionku. Makanya dia ga keberatan utk bayarin asalkan tahu aku pergi dengan siapa. Biasa juga dia yg nemenin, tp terkadang ga bisa Krn urusan kantor. Yg penting aku ada temennya saat traveling.

        Aku ga trima sponsor berbayar kecuali suami tersayang 🀭. Kalo pake sponsor, ntr nulisnya diatur. Dan ga mungkin ke tempat2 antimainstream begini 🀭

  27. Dailyrella berkata:

    Bibi Heybat, kalau Paman Keyren gitu? ahahaha..
    Ya ampun, ngga pernah kepikiran Azerbaijan itu sebagai destinasi wisata maapkan dakuuu yang kudet nggak pernah kemana-mana. Keren bangeettt ternyata ya, dan peradaban Islam di sini banyak jejaknya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahhaha sukaaa nih Ama jokes mu mba 🀣🀣🀣🀣🀣.

      Aku pun jadi mudah inget mesjid ini Krn namanya unik dan gampang diinget jadi nya πŸ˜„

      • Lendyagassi berkata:

        Wkwk..kumenemukan komen Rella dimaarii..
        Jokes anda mantul sekalii… wkwkw..
        Ka Fan kalau travellijmng, biar galupa ama penjelasan guidenya, kudu ditulis di HP kah? Atau nanti aja pake kata kuncinyang diinget?

        Maaf, teknis banget.
        Sukaaaa sama detailing perjalanan ka Fanny.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Kadang aku rekam mba, atau kdg aku tulis 🀣. Tergantung moodku lagi enak yg mana hahahahah.

          Tapi memang kalo penjelasannya panjaaaang, prefer rekam sih. Aku dengerin lagi pas mau bikin story atau nulis di blog.

  28. Dedew berkata:

    Ya ampun cantiknya masjidnya yaa, unik pula kebiasaan salatnya nempelin batu. Pasti happy banget pas bingung gimana mau eksplorasi kota eh ada yang nawarin one day trip rezeki yaa

  29. Miss Mirror berkata:

    Satu ilmu baru untuk saya tentang negara ini.
    1). Penganut Syiah tertua.
    2). Bibi – Makcik (in Malay).

  30. lendyagassi berkata:

    Aku juga takut ngomongin Syiah, karena di Bandung lumayan kuat juga.
    Dan semoga hanya Allah dan hambaNya yang mengetahui apa yang baik dan benar menurut mereka.

    Ka Fann, apakah Masjid Bibi Heybat ini boleh digunakan sholat untuk seluruh ummat muslim yang datang kan yaa.. Kalau semisal bukan Syiah pun, tetap boleh kan yaa..?

    Memandang arsitektur masjid di Azerbaizan dengan takjub.
    MashaAllaa..
    Allahu Akbar.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sepupuku beberapa Syi’ah juga. Makanya aku masih biasa aja dengan aliran ini. Selagi ajarannya masih sama seperti basic Islam, buatku mereka ttp muslim.

      Indonesia sendiri juga banyak aliran macem2 kan. Agak heran aja kenapa yg Syi’ah dimusuhi.

      Boleh mba, boleh kok sholat sana. Kiblat mereka toh menghadap Ka’bah . Sama aja kayak kita πŸ˜„

  31. Ujie Othman berkata:

    Kalau sampai bercakap pun susah, itu memang sangat kuat anginnya. Mujur saja Fanny tak terbang dibawa angin 🀣

    Fanny orang yang teliti, siap di check Quran Syiah. Bagus begitu, boleh berkongsi ‘hasil siasatan’ di sini.

    Tak terbayang bagaimana harus sujud atas batu kecil. Tak rasa sakit dahinya? πŸ€”

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Krn saya mau tahu apa beda ajaran mereka kak. Kenapa Orang2 sepertinya memusuhi banget Syiah ini. Krn bagi saya selama mereka muslim, fine aja. Aliran beda, ya namanya beda tempat beda lokasi. Di Indonesia aja ada banyak aliran Islam . Tapi toh mereka ttp muslim kan.

      Kecualiii mereka meyakini ada nabi trakhir lain selain Muhammad, baruuu saya anggap itu bukan Islam.

      Tak sakit kok. Krn batunya diletak di bawah saat sujud, lalu tempel sedikit di dahi. Jadi bukan ditekan sangat. 😁

  32. Hikmah Khaerunnisa berkata:

    Masya Allah indah sekali masjidnya, mba fanny sedang traveling di bulan puasa ini kah? kereenn

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ini awal Januari kemarin mba. Kalo sedang ngetrip aku ga mungkin nulis blog . Pasti nunggu pulang dulu 🀭😁

  33. Keza felice berkata:

    Ternyata aku komen di balasan kak mbul🀣😭kupikir udh bener kolomnya, ternyata salah

  34. Djangkaru Bumi berkata:

    Wah ternyata ada jalan pintas, itulah repotnya jika hanya melihat google map hehehe
    sejarahnya lumayan panjang juga ya
    soal syiah, wah boleh juga tu untuk dibahas.
    Jarang lo, masjid syaih buat distinasi wisata
    Anginnya tak kebayang betapa kuatnya tu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Mesjid ini dijadikan tempat wisata Krn memang tertua mas umurnya. Jadi sering didatangi turis.

      Aku ga berani bahas syiahnya. Bukan kapasitas ku, jadi ga pengen membahas yg bukan hal yg aku kuasai πŸ™‚

      • Nia Haryanto berkata:

        Terlepas dari aliran syiahnya, masjidnya cukup unik ya. Karena lingkunganku gak ada yang syiah, aku baru denger dengan adanya masjid ini. Yang aku tahu, masjid syiah yang banyak dikunjungi itu ya yang di Iran itu. Seruuu ih traveling ke Ajerbaizan.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Iyaaa selama ini aku juga mikirnya kalo udah nyebut Syiah, ya berarti Iran. Tp ternyata yg tertua malah dh Azerbaijan mba. Baru tau banget

  35. Herva Yulyanti berkata:

    Mba nih aku jadi tahu ada negara Azerbaijan wkwkwk sumpah geografi aku minus banget..namanya susah yess
    btw cerita batu turbah jadi pernah baca komenan netizen yang pas umroh ada penganut syiah lagi solat nah batu turbahnya itu ketendang sma anaknya *aku ngakak*

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya mereka wajib pakai batu itu sholatnya Krn memang menganggap sholat baru sah, kalo sujud di atas tanah. Makanya batu itu sebagai simbol tanah.

  36. Vicky Cahyagi berkata:

    Luar biasa, kali ini wisata religi. Masjid di sana memiliki Arsitektur yang khas, megah, dan tinggi

  37. rezkypratama berkata:

    luar negeri itu masjidnya beda banget ya,
    ngeliatnya aja megah banget

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sebenernya sih, kalo dibandingin Istiqlal, jauuuuuuuh lebih besar dan megah Istiqlal mas 😁. Ini ga ada apa2nya, ga terlalu gede soalnya

  38. Kang Nata berkata:

    Lagi seru – serunya, eee malah di stop dan bersambung ,hehe….

    Penasaran dng trip selanjutnya.

  39. kotanopan.com berkata:

    destinasi yang cukup jarang dibahas, biasanya harga tiket pesawat agak lumayan mahal kalau ke tempat ini. hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Betuuul 🀣. Trip kami ke sini tuh, yg paliiiing mahal memang tiket mas 🀣. Mana ga bisa di-sharing kayak biaya hotel hahahahah. Itu ga enaknya kalo ke tempat antimainstream. Jrg promo tiketnya

  40. mamatisya berkata:

    cantik masjidnya..oh ada 4 makam di dalamnya…angin kencang seronok tu…tkde la panas cuacanya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha memang sedang winter juga kak. Tapi masalahnya kalo winter begini berangin, yg ada makin beku terasa 🀣

  41. Faizal R berkata:

    Ah terasa sampai ke sini kuat anginnya. Cantik sekali masjidnya, antara senibina yang cantik ialah di negara2 bekas soviet. Mereka spend on detailing bagi bangunannya. Pembetulan sedikit berkenaan batu yang digunakan orang syiah, ia adalah tanah dari Karbala. Tempat yang dianggap suci oleh mereka. Dah bagi Islam kita boleh sahaja sujud di mana2 tempat yang bersih dan agak rata.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beneeer. Di Negara2 eks Sovyet, semua bangunannya memang detil sekali. Saya sukaaa. Dan semuanya megah.

      Oh ic… Jadi semua batu turbah mereka terbuat dari tanah Karbala ya bang?

      Itulaah, dalam Islam yg biasa kita anut, ga ada masalah sujud di tanah ataupun sajadah. Krn nabi Muhammad pun pernah melakukan di 2-2 tempat itu kan. Inilah yg JD pembeda dengan kaum Syi’ah.

  42. inia berkata:

    tempatnya cakep banget dan bersih, sumpah jadi penasaran banget sama negara ini kebetulan baru beli buku tentang traveler ke negara ini cuma belum sempat baca jadi makin kepo deh apalagi penampakan gedung dan masjidnya yang antik gemerlap menyala cuma kelihat agak spi ya, mbak harus selipin video pls untuk selnjutnya..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo video liat aja di stories mba. Aku ga bakal upload video di blog πŸ˜„. Itu hanya utk FB dan IG

  43. Jaey Borneo berkata:

    Haha dari awal sdh berantem sama angin, ga kebayang orang disana pas lagi jalan mgkn kaya org mabok semua, sempoyongan, bisa2 tabrakan sesama pejalan kaki, hbs tabrakan trs saling jatuh cinta 🀣

    Bibi Heybat, Bibinya Hebat, hihi.. kokoh mesjidnya πŸ‘

    Itu aku baru tau, itu rupanya yg disebut sebagai syiah, sholat menempelkan turbah ke kening. Di Indo sini ada syiah gak ya? Syiah di Indo pake turbah juga ga kira2?

    Menarik, senang melihat berbagai macam budaya dan sejarah πŸ‘πŸ‘

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah iya mas. Kalo anginnya lagi kuat, ampuuuun deh mau jalan aja. Napas juga susah Ama tiupan anginnya 🀣.

      Ada, di Indonesia ada penganut Syi’ah. Krn salah satunya sepupuku. Waktu itu sempat ditentang Ama keluarga besar kami, tapi ya gimana yaa. Namanya keyakinan . Dan sama kok, mereka memang wajib pakai turbah itu kalo sholat. Dianggab ga sah kalo ga pake

  44. NA berkata:

    Makamnya berwarna-warni.
    Hati-hati supaya tidak terbang ditiup angin

  45. anies berkata:

    ooo kiranya shiah dah bertapak terlebih dahulu di azerbaijan sebelum di iran ya?

  46. anies berkata:

    tengok batu turbah tu terus teringat… ada someone tanya. kalau bawa balik malaysia, agak2 boleh lepas imigresen tak?
    haahhaa…
    i have no idea…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah tak masalah, tapi tak mungkinlah ambil dari mesjid ini 🀣🀣. Mungkin beli saja 😁

  47. anies berkata:

    yang cover merah tu al-quran ya?

  48. anies berkata:

    nampaknya budaya meratap menangis depan makam tu, berlaku di seluruh dunia ya…

  49. ~uncle gedek! berkata:

    Sesuai sekali dengan nama “Kota Angin” kan?

  50. Reyne+Raea berkata:

    Ya amppuuunnn, bagus bangeeettttt masjidnya, terserah itu masjidnya Syiah atau apa, jujur itu bagus bangeeettt.
    Nggak tahu kenapa, saya paling suka liat masjid yang besar dan arsitekturnya luar biasa.
    Btw, ini sebelum berangkat Mba Fanny udah riset semua tempatnya ya. bisa aja nemu tempat traveling sekeren ini, mana detail pulak tujuannya, jadi saya bisa ikut menikmati meski hanya lewat tulisan.
    Sayang ya nggak bisa numpang shalat di sana, padahal pengalaman asyik banget tuh kalau bisa mampir shalat di masjid sekeren itu.
    Kok diriku jadi ikut jatuh cinta sama negara ini πŸ˜€

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku baru tahu tempat wisata ini pas memang booked open trip di sana Rey. Dari awal ga mau bikin itin ke negara2 kemarin. Mau santai aja jalannya πŸ˜„. Kebetulan dapat tur yg bagus, dan banyak datangi n tempat wisata kerennya.

      Aku baru tahu Azerbaijan penganut Syiah aja pas dj sana, sebelumnya ga tau samasekali

  51. Amie berkata:

    Oh, namanya batu turbah.
    Sewaktu mengerjakan umrah, banyak kali Kak Amie lihat samada di sebelah kiri atau di sebelah kanan sewaktu solat ada wanita yang solat dengan meletakkan batu ini di atas sejadah.
    Samalah dengan Kak Amie, tak berani ulas lebih lanjut tentang penganut Syiah ini sebab Kak Amie kurang berilmu. Kak Amie hanya membaca dan mencari info untuk pengetahuan sahaja.
    Masjidnya cantik!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Tuh kan, mereka pun umroh atau haji ke mekkah juga. Krn itu bagi saya muslim syiah ttp islam. Walo aliran agak beda. Di Indonesia pun ada banyak aliran islam. Tapi selagi tak menyimpang sangat dari basic, mereka tetap islam. Krn ada bbrp yg anggab mereka ini sesat

  52. Azhafizah berkata:

    Cantik dan unik seni binaan luaran dan dalaman Masjid ni. Seronok kan bila group travel ni tak ramai.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ihh bener kak. Jadi guide pun bisa fokus dengan semua peserta. Kalo ramai tak best, pening juga krn ada banyak kepala yang diperhatikan

  53. Nur berkata:

    Senang juga ada tuor guide, jadi tak perlu risau akan transport dan penerangan tentang sesuatu tempat. Bestnya, kalau angin kuat. Mesti kena pegang tudung, takut terbang. πŸ˜€

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      betul kak. itu kenapa saya suka open trip krn biasanya selalu ada guide juga yg menemani dan menjelaskan sejarah tempat yg divisit. kalo tak, bingung yg ada

  54. Nur berkata:

    *typo. tour

  55. Uniek Kaswarganti berkata:

    Luar biasa ya kekuatan anginnya. Kebayang dong klo ke sana, udah kecekik2 ya benerin jilbab melulu hehehe… Indah luar biasa nih masjidnya. Suka yang pas foto bagian kubah itu, istimewa banget desainnya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaaaaa, aku sampe sesak napas kalo udh ketemu angin kencangnya hahahahaha. jilbab sih ga pake, tapi rambut dah kemana2 mba ;p

  56. Justin Larissa berkata:

    Aku pernah diceritain sama Pak Oyong kalau orang syiah sujudnya dikasih batu tanah liat. Aku pikir, β€œKok gak sakit jidatnya ya?” Ternyata batunya udah dibentuk kayak bakpia gitu ya.

    Masjid Bibi-Heybat dari luar estetik sekali dengan warna earthy tone gitu. Biasanya masjid warna warni atau putih gak sih. Mungkin tipikal masjid syiah?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      sebelumnya aku juga bingung bayangin batu yg dimaksud mba. ternyata setelah liat sendiri, ohhh jadi paham. ternyata udah dibentuk bulat. dan juga hanya menyentuh jidat sih, jadi ga bakal sakit juga.

      bisa jadi yaaa tipikal mesjidnya begini, tapi jujur di azerbaijan aku tuh cuma lihat 1 mesjid iniiii hahahahaha. ntah kemana mesjid yg lain walo mereka mayoritas muslim πŸ˜€

  57. Mummy Ayu berkata:

    subhanallah..cantik binaan masjid tu

  58. Matius Teguh Nugroho berkata:

    Menarik juga berkunjung ke Masjid Syiah karena nggak familiar di Indonesia, mbak.
    Walaupun biasanya aku suka naik transportasi umum, tapi ada beberapa kondisi di mana aku tetep butuh tur, misalnya saat di tempat yang nggak semua destinasi wisatanya mudah dijangkau angkutan umum. Pas ke Bangkok pernah ikut tur, pas di Phuket pernah sewa taksi + driver. Fleksibel aja, sih.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      jujurnya malah syiah agak dianaktirikan di sini mas. sepupuku ada yg syiah juga. ntah kenapa mereka dianggab beda dan bertentangan oleh beberapa orang.. aku sendri tetap anggap mereka muslim.. lah wong kiblat sholat masih kakbah, naik haji masih ke mekkah dan madinah, kitab suci sama2 alquran.

      naah betul, aku juga fleksibel.. sesekali kalo memang perlu ambil tur, apalagi transportasi susah, ya sudah ambil aja πŸ˜€

  59. Nurul Sufitri berkata:

    Wow, tur seharian di City of Wind ini berkesan banget ya. Tawaran si ganteng boleh juga nih, bisa dapat beberapa tempat dalam sehari. Masjib Bibi Heybat ini memukau amat. Iya ya konstrusi bangunannya begitu kokoh sampai dahulu ketika dirobohkan Stalin aja ga semudah itu. Oh, anginnya super kencang ya, mobil aja kayak mau ekangkat hihihi apalagi rambut dan hijab bisa berantakan wkwkwkwkw. Coba bisa sholat di sana yaaaa, sayang waktunya belum masuk hiks πŸ™

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahha susah menolak tawarannya ya mba ;p.

      kereen memang mesjid ini, walo ga besar tapi kokoh dan sejarahnya menarik. hebat juga sampe harus diledakin berkali saking kuatnya ;p

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archives

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archives

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.