D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Sep 2014

27

MENU WAJIB KALO KE JOGJA, IGA SAPI BALI ;)

iga sapi bali

Sebelumnya udah pernah sih nyobain Iga Sapi Bali, yang terletak di jalan Umbul Permai ini. Tapi udah lama bangetttt, dan karena saat itu belum hobi nge-blog, jadi terlupakanlah kenikmatan  iga empuk dengan bumbu khas Balinya yang ajib-ajib enyaak. Makanya, begitu ada kesempatan main lagi ke Jogja, aku langsung ngajakin si Barney, Mama, Papa, adek-adekku dan Om  Tante untuk makan di sana.

Karena saat itu masih dalam suasana lebaran, jarak Solo Jogja yang biasanya hanya 2 jam, berubah drastis menjadi 4.5 jam :D. Gila aja, perutku udah keroncongan super duper ngadepin macet plus lampu merah di sepanjang jalan Solo-Jogja yang ga brenti-brenti. Amit-amit deh ah, padahal jalannya  lurus-lurus doang. Tapi positifnya,  kita jadi bisa  berenti sebentar untuk nyobain ES DAWET PANDAWA PAK BAGONG di pinggiran jalan menuju Jogja.

Sesampainya di lokasi, tempat ini mulai penuh dengan orang-orang yang juga berniat sama kayak kita. Dinner dengan menu Iga Spesial yang bumbunya meresap banget sampe ke serat daging terdalam, menghasilkan tekstur daging empuk hingga ga perlu bersusah-susah saat mengiris dengan pisau.

Seporsi iga sapi cukup besar menurutku. Bumbu Bali yang berasa pedas gurih, merata diolesi di permukaan iga. Disajikan bersama  kuah sop berempah sebagai pelengkap. Kalo ngerasa masih kurang,  silahkan memesan nasi yang porsinya lumayan banyak sepiring. Aku aja ampe bagi 2 ama suami.

iga sapi bali iga sapi bali

Minumannya, seperti biasa aku yang hobi nyobain segala sesuatu yang baru dan aneh, langsung tertarik dengan Es Daluman, yang katanya andalan di restoran ini. Semacam es cincau hijau yang dihidangkan dengan gula aren, dan santan dari kelapa bakar. Pantesan pas minum seteguk, ada rasa-rasa kayak gosong ato kebakar gitu. Trus kurang manis, juga ada rasa a bit sour yang ga tau darimana asalnya. Sorry to say, aku jadi males ngabisin. Tapi minuman lain yang kita pesan enak-enak. Jus alpukat, timun dan wedang ronde termasuk  di antara menu yang aku order.

Es Daluman

es dalumanDSC05566

Selain menu iga sapi, kita sekeluarga  juga  memesan menu lain seperti  Kangkung Plecing, yang sumpah rasanya maknyoooosss banget di mulut. Kangkungnya masih seger, kries-kries saat dikunyah, bumbu khas Balinya , pedas di lidah. Cocok banget  dimakan bareng dengan nasi panas.

kangkung plecing

Dari buku menu yang kubaca , pengunjung juga bisa memilih makanan lain seperti Urutan (Sosis Bali), Sate Sapi, Iga Penyet, Sop Iga dan menu-menu standard lain bagi yang kurang menyukai iga. Tapi aku memang ga niat nyobain itu, karena toh menu utama di sini ya Iga Sapi Balinya toh 🙂

Layout   restoran ini disusun sedemikian rupa sehingga tetap terlihat  luas dan adem. Sebagian kursinya diletakkan di luar berhadapan dengan persawahan. Kalo kebetulan datang pas siang hari, mungkin lebih enak duduk di sana sambil ngeliat hamparan padi yang hijau.

restoran iga sapi bali

1 yang aku kurang seneng, tempat ini  belum bisa menerima kartu debit atopun kredit. Only cash. Jadi repot kalo kemana-mana harus bawa uang tunai.

Dari segi harga sih,  aku bilang murah ya. Dengan porsi gede begitu, seporsi iga bakarnya hanya Rp 52,000. Total yang aku bayar untuk 8 orang plus minuman, hanya abis Rp 550,000.

Jadi bolehlah yang kangen iga bakar khas Bali dan kebetulan lagi di Jogja, ayo  mampir ke tempat ini 🙂

Alamat: Jalan Umbul Permai, Sleman Yogyakarta

10 tanggapan untuk “MENU WAJIB KALO KE JOGJA, IGA SAPI BALI ;)”

  1. alvi kamal mengatakan:

    Lumayan harganya.. gak mahal juga apalagi pasti terjamin rasanya karena di review oleh kak fanny… hahaha tapi itu plecing kankung sama iga nya menggoda… tapi aku kurang tertarik sama es daluman

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Aww.. tengkiu Alvi 😀

      plecing kangkungnya yg aku paling doyan… ennnakkk..itu kangkungnya gede2 kayak kangkung lombok

  2. Sharon Loh mengatakan:

    WAHHHHH iga nya menggiurkan banget!!!!! Kalo ke Jogja, aku mau cobain! ^^

  3. The Travelling 3o mengatakan:

    Wah enak bangat!! Terima kasih atas infonya.

    Jemput ke travel blog kami 🙂

    http://www.thetravelling3o.com

  4. Beby mengatakan:

    Iga Bali emang kering gitu ya, Kak? Empuk ngga sih?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Itu ga kering Beb… malah moist..dan empuk bangettt..

      • Beby mengatakan:

        Waduh. Mata ku nambah min nya deh keknya. Wkwkwk.. 😀

        Btw.. Di Medan ada resto steak baru loh.. Nunggu duit jajan turun baru bisa nyobain 😛

        • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

          apa namanyaaa ^o^?? Lama kalipun aku ke Medan -__- . kmrn itu msh kurang banyak kuliner medan yg udh sempet dicicip dan review 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.