D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jan 2024

23

MUTIARA KARIPAP PENANG, RELA JALAN KAKI DEMI INI

MUTIARA KARIPAP PENANG, RELA JALAN KAKI DEMI INI ~ Kalau kemarin aku cerita tentang Keropok Lekor di Penang, satu lagi kuliner yang  dulunya jajanan favoritku zaman kuliah juga, itu KARIPAP, alias pastel-nya Malaysia. 😁.

 

Baca: Berburu Keropok Lekor di Penang

 

 

Ini ibarat kembar identik, tapi beda jeroan 🀭.

 

Di Indonesia disebut pastel, tapi biasanya isian dalam berupa kentang, wortel, dan bihun.

 

Sementara Karipap Malaysia, isinya kari 😍! Asal kata dari Curry Puff.  Ntah itu kari daging, kari tuna, kari ayam, pokoknya kari , dan itu ENAAAAK beiiiib 😍😍😍🀀. Mana gedeee lagi.

 

Makanya, kesempatan balik Penang, aku manfaatin untuk cari KARIPAP favoritku dulu 😁

 

 

 

LAGI-LAGI TEMPAT JUALANNYA BERUBAH 🀣

 

20 tahun berlalu, ternyata karipap kesayangan zaman kuliah udah ga jualan πŸ˜‚. Ntah aku salah tempat, atau memang si pakcik dan istri udah ga jualan di tempat yang sama.

 

Sedih sih awalnya, tapiiiii bukan Fanny kalo menyerah 🀣.

 

Langsung browsing demi cari karipap terenak di Penang πŸ˜‚πŸ˜‚. Dan referensi mbah Gugel nyaranin…

 

 

 

MUTIARA KARIPAP, THE BEST KARIPAP IN PENANG TOWN

 

OMG, senaaaaaang lah pastinyaaa 😍, happy sangaaat, dan ternyata lokasi tak jauh dari hotel Neo+ tempat kami menginap di Komtar. Hanya sekitar 1 km saja jalan kaki. Buatku yang terbiasa briskwalk lebih dari 3km, jarak segitu ga ada artinya πŸ˜„. Tapi masalah utama, puanaaaaas, beiiiib 🀣. Matahari Penang ga kasih ampun kalo udah bersinar.

 

Gmaps ternyata ga salah kasih arahan, seller karipap yang aku mau, ternyata ada dan jualan πŸŽ‰.

 

Tempatnya semacam foodcourt kecil, tapi tak banyak penjual. Mutiara karipap ini menempati tempat paling depan, dan antrian paling panjang. Berarti pasti sedaaap 🀀🀀🀀

 

cemilan goreng khas malaysia

jual karipap enak di penang

 

 

Ini harga karipap yang dijual. Isiannya ada macam-macam, tapi karena Raka sedang ga kepengin makan gorengan, terpaksa aku hanya pesan 2 rasa, daripada mubazir 🀣.

 

karipap paling enak di penang

 

 

Rasa ayam, dan rasa daging. Nyesel juga ga pesen rasa Udang πŸ˜„.

 

Pakciknya ramaaaaah sangaaaat. Begitu tahu kami orang Indonesia, dia langsung menghampiri meja tempat kami duduk. Ajak ngobrol, Indonesia di mananya, bagaimana rasa karipap dia, tahu darimana mutiara karipap, terakhir dia kasih ekstra acar bawang, padahal aku samasekali tak suka bawang 🀣.

 

karipap paling enak di penang

 

 

Pakcik: ‘awak harus makan pakai onion ini lah. Lebih sedaap. Try .. pasti sedap’.

 

Me: ‘tak bisa pakcik. Saya tak suka bawang. Tak tertelan lah..’

 

Pakcik: ‘Awak cuba duluuuu, sedap ini. Inilah yang bikin karipap pakcik disukai banyak orang’ .🀣

 

Maksa banget si pakcik pokoknya πŸ˜‚. Akhirnya yang makan bawang si Raka wkwkwkwkkw. Aku keukeuh tak nak, daripada muntah di tempat kan 🀣

 

gorengan paling enak di penang

rekomendasi karipap enak di penang

 

 

Terakhir pas pulang, dia tanya sekali lagi, bagaimana rasa karipap dia πŸ˜„, yang aku jawab, ‘karipap pakcik the best sangaaat!!! Tak usah makan pakai bawang, sudah paaaaaling sedaaaap πŸ˜πŸ‘πŸ‘’

 

Si pakcikΒ  tertawa saja dengarnya πŸ˜„

 

 

 

RASA MUTIARA KARIPAP, PENANG

 

Aku ga bohong waktu bilang karipap ini enak banget! Karena memang begitu yang kami rasa. Terlepas Raka cuma icipin sedikit, tapi dia bilang oke.

 

Dihidangkan masih panas berasap, isian karinya medok, dengan potongan ayam dan daging berukuran besar,Β  juga banyak. Trus kulit pastry karipapnya gurih dan gariiing pas digigit. Belum lagi pinggiran karipap yang berulir. Itu the best part, selalu aku makan di akhir πŸ˜„.

 

memang sedaaap!!

karipap paling enak di penang

 

 

 

 

SUMMARY

 

Yang penasaran rasa karipap seperti apa, kalau ke Malaysia atau Penang khususnya, boleh banget cobain Mutiara Karipap.

 

Terlebih kalian yang memang menyukai pastel dan kari. Karena gabungan keduanya, menjadikan cemilan ini susah untuk dilupakan πŸ‘β€οΈ

 

 

 

Alamat mutiara karipap:

Tapak Penjaja Sementara.

Jl Larut.

10450.

Georgetown.

Penang-Malaysia

120 tanggapan untuk “MUTIARA KARIPAP PENANG, RELA JALAN KAKI DEMI INI”

  1. Agus berkata:

    Jadi namanya karipap dari kata curry puff ya. Emang mirip sih.

    Memang mirip pastel ya karipap, cuma isi nya beda. Kalo disini wortel sama sayuran, disana ada rasa ayam, daging, sama udang.

    Alhamdulillah ketemu penjual ramah.πŸ˜€

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Di melayukan namanya mas πŸ˜„.

      Seller di sini mostly memang ramah2. Jadi kita sebagai pembeli pun seneng belinya.

      Apalagi ini rasanya memang enak. Aku lagi cari karipap di jakarta tp blm Nemu yg pas

    • Nona Sani berkata:

      Woww..Menarik!! Kalau datang Penang, nak try lah…Save info dulu 🫢

  2. Djangkaru Bumi berkata:

    Sepintas memang tak jauh beda dengan pastel indonesia ya
    wah kalau saya suka yang daging aja dah
    Acar bawangnya kurang banyak tu hehe
    saya suka dengan acar bawang, walau nanti mulut jadi bahu hehe
    Salut dengan penjualnya, super ramah

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bentuknya memang mirip mas, isi dalamnya aja yg beda. Tapi sama enak dengan pastel juga πŸ˜„. Mungkin yg karipap ini LBH cocok untuk yg suka pedas.

    • Yessi rulianis berkata:

      Di Indonesia jg udh banyak org yg jual karipap. Aku pernah beli mulanya penasaran mirip pastel cm agak besar dikit isinya jg macam2. Harganya pun lbh mahal dr pasti. Soal rasa pasti berbeda karipap atau pastel. Tp dua2nya kesukaanku

      • Fanny Fristhika Nila berkata:

        Aku belum liat di sekitar Rawamangun mba..palingan online. Tp yg online aku belum cobain, jadi ga berani bilang dulu rasanya otentik atau ga.

  3. Khanif berkata:

    kalo di indonesia gw suka banget nih mbak, biasanya tiap pagi pas di jkt banyak yang jualan kayak pastel gitukan :D, tapi beda ya sama karipap, kayaknya isianya bermacem-macem dah, jadi rasanya berfariasi hehehe πŸ˜€

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beda Ama pastel kita nif. Ini kari beneran dalamnya 😁. Dan kari khas Sumatera atau Malaysia pula yg strong rempah. Berhubung lidahku memang sumatera, jadi cocok bgt Ama rasanya πŸ˜„

      • sulis berkata:

        Toss mba, nggak suka bawang merah juga klo mentah. Tapi klo dah digoreng, mau..πŸ˜€

        Nah, bau durian…dihidungku jadi kayak bau bawang merah.. makanya aku nggak doyan durian.

        Mm..karipap..pernah denger nama makanan ini di upin + ipin. Tp blm pernah nyicip. Semoga, suatu hari bisa nyicip langsung di negaranya…kayak mb Fanny

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Ya kaaaan. Bawang merah mentah itu anehhh bgt rasanya. Aku ga sukaaa 🀣🀣. Bisa mual2 makan begitu. Tapi kalo digiling atau udh halus, atau digoreng, aku mau makannya. Udh ga langu

  4. Omnduut berkata:

    Bentuknya pun mirip sama samosa tapi secara isian beda. Aku gak begitu suka bawang juga, tapi masih bisa aku telan mentah (apalagi kl diiris tipis) jadi penasaran apakah rasanya akan berubah jadi lebih menggoyang lidah/nggak hahaha.

    Tapi ya mesti cobanya tanpa bawang dulu, sebelum lidah “terkontaminasi”

    Aku kalau balik Penang lagi akan cari karipap ini.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku ga bisa mas 🀣🀣. Kalo bawangnya udh digoreng, atau dihaluskan, intinya bukan mentah, aku bisa makan tapi kalo mentah begini, Mon maap lah πŸ˜‚. Baru kecium baunya aja udh nak munmun πŸ˜„. Aku prefer makan ini pake cabe rawit drpd bawang 😁

  5. Avi berkata:

    Malam2 baca ini jadi pengen, wkwkkw. Ini rasa kari dalam karipap-nya pedes apa gak, Kak?
    Aku juga ga doyan gadoin bawang gituuu (masih mending kalo bawang goreng).

    Oh ya kalo di sini karipapnya punya layer yg banyak (di kulitnya). Ternyata karipap Malaysia bentukannya persis pastel ya tapi ukurannya gedee banget. Harganya juga termasuk murah.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Agak pedes memang mba. Jadi mungkin LBH cocok untuk orang yg suka pedes. Walopun beberapa seller ada jual yg tak pedas juga. Malah ada jual yg tak pakai inti . Mereka sebut karipap oksigen πŸ˜‚.

  6. zaty rose berkata:

    karipap tak pernah mengecewakan haahhaha. alaa sis tak suka bawang ya? enak sangat kalau makan sekali dengan bawang siss ! zaty kalau makan karipap mesti kena ada bawang tu ! πŸ‘»

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahahah tak sukaaaaa 🀣. Kalo bawangnya dah dimasak, saya mau makan. Tapi mentah, jangan harap lah πŸ˜„

  7. Miss Mirror berkata:

    Fanny, sedap kelihatannya karipap Pakcik itu. I love karipap. Tapi sejak saya di Aussie dan sering disuguhi pastel sama teman2 Indo, saya juga suka banget pastel, teman sy bikin intinya telur. Kalau ke rumah teman ketika winter dan dia goreng panas2.. aduh sedapnya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naah iyaaa, kalo pastel sering isian telur juga. makan pakai cabe rawit hijau kak, beuuugh meletup di mulut Krn pedas 🀣🀣.

      Tapi memang Indonesian suka makan gorengan gurih pakai cabe rawit atau Chili padi.

  8. eryka berkata:

    mbaaa itu kok ada yang rasa “oblong” itu apa mba?? hehehe
    semacam pastel yaaa…jadi banyangin pastel anget..enak lah pasti yaa apalagi rasanya kari makin mantap pasti, aku juga suka pastel soalnya,,dan bener pinggirannya itu yang paling terakhir karena krenyes2 enak aja gitu hehe…btw aku juga gak suka acar bawang sekata orang2 bilang enak klo gak tertarik coba ya gak dicoba hehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo penjelasan dari teman saya yg orang Malaysia, oblong itu macam bentuk saja yg agak beda. Mungkin karipapnya lebih panjang. Kalo diksh spesial oblong, berarti bisa jadi bentuk LBH besar dan diksh telur spesialnya 😁. Nantilah nak coba juga yg oblong πŸ˜„

  9. Furisukabo berkata:

    Astagaaa ternyata gagara curry puff eh karena melayu jadi karipap hihih lucu ugaa! macam sandwich sama orang Jepang disebutnya sandoichi hahaha
    BTW namanya Mutiara Karipap (Chai Leng Park) bukan sih kak? aku cek google maps untuk alamat jl. larut itu ga ada. Sudah pindah kah?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ada 2 tempat mba. Yg nama China itu ntah msh buka atau ga. Tp yg di jl larut ini, masih buka. Depannya hotel, tapi aku lupa hotel apa. Pokoknya ga jauh lah dr komtar ini.

  10. Nur berkata:

    Wah, memang specialty kedainya, karipap belaka, pelbagai flavour. Menarik betul, Fanny. Sudah lebih kurang murtabak pula, sebab diberi acar bawang tu. πŸ˜€

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo yg spesial karipap, memang confirm dah pasti enak πŸ˜„πŸ‘. Krn cuma itu jualannya

      • Kartika berkata:

        Kalo aku yg dikasi acar bawang, pasti aku kesenengan banget mba hahaha, pecinta bawang ngacung πŸ˜†πŸ€€

        Kebayang sih enaknya. Isiannya kari yg medok, dibungkus sama pastry yang renyah, beuh mantap kali ya mba.. tapi aku nggak liat ada rawit ya mbaa.. atau mereka pakai saos cocolan? Jd kepo nih hahaha

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Mereka ga biasa makan rawit mba. Itu pasti dimasak dulu. Kalo makan mentah kayak kita, Malaysia ga pernah 🀣

  11. Nik Sukacita berkata:

    Lapaarrrr melihat fotonya2nya dan itu aku senyum2 mesem dong baca, 20 tahun sudah berubah ha ha ha sekangen itu yaa sama makanan zaman kuliah.

  12. ~uncle gedek! berkata:

    Kalau uncle ni makan setengah pun dah kenyang… Setengah lagi buat dinner pulak! Jimat!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Betuuuuul uncle . Sbnrnya makan 1 pun dah kenyaaang. Saya habiskan ini dah susah payah. Gara2 suami tak nak makan πŸ˜‚πŸ˜…

  13. Phebie berkata:

    Memang kelihatan khas banget ya. Mengingatkan pada yang mirip-mirip di Indonesia.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Krn sbnrnya banyak kuliner Malaysia Indonesia ini yg memang mirip. Terkadang hanya beda nama saja πŸ˜„

  14. Imawati Annisa berkata:

    Mbak, 20 taun ya wajar kali ya kalo udah pindah tempat. Wkwk. Enak yaa kayaknya, kulitnya kriuk-kriuk gitu nggak sih? Kenyang juga ngemil kayak gitu tapi isinya ayam, daging atau udang. Hihi..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahahah iya Mbaaa. Aku cuma berharap masih ada, tapi memang ga mungkin. Apalagi dulu sellernya aja dah tua. Apalagi 20 tahun kemudian πŸ˜‚πŸ˜‚.

      Kenyaaang bangeeet. Makan 2 aja udh begah 🀣

  15. Sabrina berkata:

    dulu pas awal bolak balik ek Malaysia temans aya yang orang Malaysia suka bawain Karipap ini, sayangnya saya tetep nyebutnya pastel. Jadi rasa asing istilah Karipap ini. Pas 2018 hampir tiap minggu bolak balik Indonesia Malaysia gara-gara penelitian di perbatasan, menjadi ga asing istilah Karipap ini, sering dibawain sama ibu angkat saya di sana, lama-lama menjadi enak juga dan berhabat di lidah saya yang picky eater. Kalau ke Penang nyobain yang direkomendasiin mba Fan, save dulu tempatnya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Dulu pun aku msh sering nyebutnya pastel mba 🀣. Krn kita udah terbiasa dengan sebutan itu kan. Tapi lama2 toh jadi terbiasa juga karipap πŸ˜„. Memang unik sih namanya.

      Dan Krn lidahku sumatera banget, jadi ngerasain kari yg rempah ya kuat begini LGS cocok

  16. mrhanafi berkata:

    Tempat saya banyak orang jual karipap termasuk karipap oksigen

    namun karipap mutiara ini nampak special banget. gede dan pasti nyaman kan

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Saya masih ketawa kalo dengar karipap oksigen 🀣. Berarti ga ada isinya ya bang?

      Mutiara karipap ini memang sedaplah. Saya sukaaa sangat 😍😍😍

  17. Lala berkata:

    Aku auto penasaran pakw banget. Bayangin pastel diisi kari 🀩 makan pas masih anget-anget, yaampun nikmat sekalii untung baca artikel ini enggak sambil ngiler πŸ˜†.

    Noted banget nih, kucatat Mutiara Karipap mesti dicobain kalau pas jalan-jalan ke Penang.

    20 tahun berlalu dan mba masih bersemangat cari Karipap, keren banget saluttt dan bersyukur google ngarahin ke Mutiara Karipap super enak.
    Nostalgia dengan Karipap pun terobati, liburan hepi deh..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yg ini harus coba sih πŸ˜„πŸ˜πŸ˜. Memang enaak mba. Ga rugilah jalan jauh panas2 kesini 🀣.

      Dan ternyata kata temen saya, sempet viral pas awal muncul. Tapi Krn rasanya memang sedap, tetep aja rame yg beli

  18. Faizal R berkata:

    Kedai yang mbak pergi ini agak jauh dari rumah tapi nampaknya ada satu cawangan lagi di Chai Leng Park (mainland), itu lebih dekat. Mengkin boleh ke sana nanti.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Oh ada 2 berarti ya bang? Saya yg Deket komtar ini saja, Krn kemarin hotel di daerah situ πŸ˜„

  19. Utami berkata:

    Wah ini nih yang harus aku catat… seringkali bingung mau nyemil apa kuatir rasanya ajaib… hahaha…
    kalau kari aku syukaaak…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Enaaak kok kalo karipap mereka. Rata2 memang isinya kari. Walopun terkadang bedanya, ada yg isian banyak, ada yg sedikiit πŸ˜„.

  20. Rivai Hidayat berkata:

    Aku baca percakapan bahasa melayu pakai nada upin-ipin..hahahaa

    Kalau di kalimantan namanya jalangkote. Isinya seringnya bihun. Kalau di semarang paling bagus isiannya wortel, telur atau telur puyuh. Belum pernah ketemu yang isi daging.

    Kalo dilihat karipap-nya digoreng kering. Jadi berasa kriuknya.

    Emang pas di sana berapa derajat mbak fany…? Khan sudah terbiasa dengan panasnya jakarta. Terkadang semarang lebih panas..wkwkwk

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bedaaaa mas panasnya Penang dan jakarta. Panas Penang itu humidity nya tinggiiii. Jakarta ga.

      Jadi kalo keluar sebentar aja, dengan panas yg sama, di Penang bakal cepet basah keringetan. Di jakarta panas, tapi kering. Kita keringetan palingan setelah Bbrp lama kluar .

      Sama kayak Medan, Sibolga, humidity nya tinggi banget. Mungkin Krn area pesisir yaaa. Lebih lembab jadinya.

      Jalangkote aku pernah coba..soalnya kalo restoran Makasar rame di sini, jadi dah terbiasa Ama kuliner kuenya juga πŸ˜„

  21. ainun berkata:

    Pastel dengan pilihan isian yang buanyak banget, kalau di Indo palingan isiannya daging ayam sama wortel, kadang satu tempat dengan tempat lainnya isiannya bisa beda
    Terus itu beneran ada isian daging rusa mbak?
    woww diluar expetasi aku juga, ada pastel isian rusa.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku tuh kayaknya pas mesen ga liat menu, saking kangennya cuma Ama yg ayam dan daging. Pas liat menu baru sadar ada udang, ada rusa pula 🀣🀣🀣🀣. Tau gitu kan aku pesan yg ituuuuu hahahahahhaah

  22. Kuliner Asyik berkata:

    Ooh karipap tu curry puff. Yaa kebayang lah lezatnya daging apapun dibumbu kari dibalut kulit pastel garing Sedapnyaa. Btw makanan gini tahan berapa lama ya? Paling sehari mungkin yaa

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ga tahan lama memang mba πŸ˜‚. Kecuali beli yg Frozen, ntr digoreng lagi. Tapi seller yg ini tak jual versi frozennya.

  23. Kakmim berkata:

    karipap sekarang pun dah viral di jepun garaΒ² filme mechamato yg ditayangkan di sana…hehehe… kalau sy suka bangat karipap inti kari kentang

  24. lendyagassi berkata:

    Karipap tuh kalau di Indonesia kaya risoles segitiga gitu ya, ka Fann?
    Ngliatnya bikin ngiler bangeeeett~
    Kalo ka Fan bilang “Enak banget” aku percaya 100%, heheh..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beda Ama risol. Kulitnya aja beda banget mba. Risol kan lembuuut kulitnya, kayak kulit serabi. Kalo ini kayak kulit croissant. Berlapis2. Isiannya ya kari.

  25. Dawiah berkata:

    Di Sulawesi Barat ada juga Karipap, bentuknya sama. Entah rasanya sama atau tidak.
    Nah, isiannya itu yg beda banget.
    Suku Mandar di SulBar itu ngakunya karipap adalah makanan khasnya, mungkin juga tapi pasti dengan rasa yg jauh berbeda karena isiannya adalah ikan tuna atau ikan cakalang, ciri khas daerah yg terkenal dengan ikan cakalangnya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo isiannya beda pasti mba. Yg di sana bukan kari kan? Seingetku bukan, aku pernah coba kok. Yg di sini memang kari yg dibuat kental lalu jadi isi karipap 😁.

      Tapi apapun isiannya, aku suka kok. Yg versi indonesia, ataupun yg Malaysia.

  26. anies berkata:

    ini karipap viral fanny!
    boleh ketibas (ketiak basah) tunggu nak dapat karipap kat sini masa mula2 viral dulu…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahahah ketibas 🀣🀣🀣🀣. Baru denger pula istilah iniii πŸ˜‚.

      Untung saya datang tak seberapa panjang antrian. Tp memang sedap lah πŸ‘

  27. anies berkata:

    sama laa saya
    tak amakn bawang jeruk tu kalau pair dengan roti murtabak daging/ayam
    kalau dengan karipap ni pun memang tak makan laa saya
    stail kelantan tu kalau tak silap maka jeruk bawang tu…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Saya tak nak makan bawang mentah dengan apapun kaaaak 🀣🀣🀣. Kalo digoreng, dimasak, atau giling halus sebagai bumbu saya masih mau. Tapi mentah, memang tak suka. Dibuat acar pun msh ada rasa mentahnya πŸ˜…

      Kalo Indonesian biasanya makan gorengan seperti ini pakai cabe rawit , digigit. Chili padi kalo di Malaysia

  28. anies berkata:

    kat melaka ada karipap telur
    saiznya sebesar tapak tangan
    inti penuh
    harga RM3.50 sebiji
    kalau datang ketika ramadan
    belum jam 6 petang sudah habis…

  29. NA berkata:

    Wah rupanya dimakan karipap dengan jeruk bawang. Siap dipotong 4 karipapnya mesti besar juga. Kombinasi masam, pedas, masin, garing.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Besaaar memang kak πŸ˜„. Saya dah sampai begah nak habiskan 🀣. Tapi memang sedaaaap semuanya. Kecuali bawang, sampai kapanpun tak akan saya makan πŸ˜‚

  30. Agus berkata:

    Berarti karipap juga ada di jakarta ya. Berarti sudah go internasional dong.

    Pedagang memang harus ramah, soalnya kalo judes orang pasti kapok kesitu lagi.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bedaaa mas. Kalo di Indonesia mah namanya pastel . Tapi isiannya beda bangeeet. Krn di Indonesia bukan kari isi nya.

      Cuma di Malaysia yg kari.

      Makanya aku blm Nemu yg jual karipap kari di jakarta

  31. Heni berkata:

    memang mirip pastel ya mbk…Di Manado juga ada pastel yang isi ikan tuna,kalo gak salah namanya Panada,

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Oh iyaa. Panada aku juga suka. Tapi kulit panada dari adonan roti. Sementara karipap dari adonan pastry 😁

  32. Citu berkata:

    Me dio hambre, se ven muy ricas. Te mando un beso.

  33. LadyBird berkata:

    rindunya penang, rindu semua makanan penang….

  34. Ezna berkata:

    Sukanya karipap terutamanya ketika makan panas2…..kalau kakak ke Penang boleh singgah sini. Hahah kakak yang orang Malaysia pun belum singgah sini. TQ review ya Fanny.

  35. AZIAN BT KHALIL berkata:

    kahkahkah…benarr…bawang bikin spoiled kalau tergigit.

  36. Amie berkata:

    Biasanya murtabak yang dimakan bersama bawang jeruk.
    Karipap dimakan bersama bawang ini macam baru pula saya dengar.
    Kalau saya makan karipap, susah betul mahu makan bahagian tepinya yang diklim itu kalau ketebalan. Saya makan kulit dan isinya saja…tapi kalau tepinya lembut dan senang dikunyah, saya makan keseluruhan karipapnya. Karipap yang masih panas tentu lebih enak sebab tepinya crispy ya Fanny.
    Sekarang ini macam-macamlah inti karipap. Selain ayam dan daging, ada karipap inti ikan sardin dalam tin ditambah dengan kentang.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ohh saya pikir memang kebiasaan di sini makannya pakai acar bawang kak Amie. Ternyata ga yaa. Spesial dari uncle itu berarti πŸ˜„.

      Naah iyaa, kalo kulit pinggirnya terlalu tebal , tak sedap. Tapi yg ini crunchy sekali, pas tebalnya. Jadi pasti saya habiskan semua 🀣

  37. Warisan Petani berkata:

    Kat tempat wak dipanggil kueh epok-epok

  38. Nurzarini Ismail berkata:

    Oh, baru tau kalau di Indo karipap dipanggil pastel..lagi isi bihun ya? Unik..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Isi bihun, atau sayuran, atau kentang, atau telur kak :D. Tapi ga ada yg isi kari. Makanya saya suka karipap

  39. anamizu berkata:

    waduhhhhhh rindu Penang & makanannya yang enak! hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Samaaaaaa πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜„. Tiap ingat penang, yg teringat hanya kulinernya saja

  40. Titik Asa berkata:

    Awalnya bingung, apa itu karipap? Oh ternyata kalau disini pastel ya Mbak.
    Lihat fotonya sepertinya karipap digoreng kering bagitu, jadi pastilah kriuk-kriuk saat digigit.

    Ah jadi pengen makan pastel ini mah…

    Salam,

  41. diah berkata:

    saya tak tahu karipap kena makan dengan bawang. selalu murtabak je

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha saya memang tak tahu. Saya pikir ini kebiasaan di Malaysia, makan karipap dengan bawang 🀣

  42. Lantana Magenta Hermosa berkata:

    Kelihatannya saja udah enak…yum…yum…
    Pas baca judulnya, karipap…terus lihat fotonya, oohh, ternyata bener, curry puff

  43. Nursini Rais berkata:

    Setahun lalu di sini juga ada jual karipaf. Produk mantan TKI Maysia. Tapi bunda gak nyoba. Karena tampilannya kayak pastel, dikira rasanya gak jauh dari pastel. Mungkin karena kurang laris, sekarang dia cabut dari pasaran.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Issssh enaak itu bunda atau mungkin Orang2 sana ga terlalu suka isian kari kali yaa? Mungkin setelah tahu isinya kari, jadi kurang cocok. Krn memang kari itu ga semua suka sih

  44. abam kie berkata:

    sudah naik harga karipap itu. rm1 sebiji. mahal pun x apa janji sedapkan?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Pastilah naik abam…πŸ˜„ Tapi ini pun masih worth it sangat. Apalagi rasa memang sedap πŸ‘

  45. LadyBird berkata:

    besarnye karipapnya sis.. sangat besaq

  46. Naia Djunaedi berkata:

    Selalu ya, kalo review makanan bikin orang ikutan pengen cobaaaa.. wkwkwkw. Btw kenapa gak coba yang rusa, mbak? Itu yang di menu memang ada semua kah?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naah itu Mbaaa, aku langsung main pesen yg dulu sering aku coba pas kuliah. Ga liat menu. Menunya baru kliatan pas mau bayar hahahahhaha.

  47. wak Lat berkata:

    harga karipapnya gak la mahal banget kan mbak.,

    karipap kalo di Batam dan Johor dipanggil Epok-epok., wkwkw

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Masih wajar sih Wak kalo aku bilang. Soalnya di jakarta Hrg pastel yg premium mahal, bisa 10rb per piece 🀣

  48. Mbul berkata:

    Owalaaaaaa karipap tuh curry puff wkwkwk…biar gampang pelafalan ala orang lokal kali yaps…pastel ginian aku suka sih…kulit luarnya dah kelihatan crispy sangat…warna menarik hati…isian ala ala makanan india atau middle east ya…karipapnya gemuk gemuk…

    dan satu lagi point plus camilan bakal dijenang pembelinya…yaitu keramah tamahan

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahah iyaaa, aku juga pas tau karipap singkatan curry puff langsung ketawa. Dimelayukan sekali yaa πŸ˜„

      Enaak kok ini. Krn karinya masih cendrung ke kari sumatera atau Melayu bukan kari India. Jadi kurasa banyak yg suka

  49. Seri Kandi Tanah Jauhar berkata:

    Banyak kali sudah ku ke Penang, ga pernah cari karipap. Biasanya cuma makan nasi kandar atau mee sotong. Lain kali kena cari karipap mutiara ini nampaknya, macam murtabak utara jugak ya, makan dengan bawang.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naah saya tak tahu kebiasaan orang Penang makan karipap. Karena dulu saya beli karipap, tak pernah minta bawang 🀣. Jadi kalo si uncle kasih, saya pikir memang seperti itu kebiasaan makan karipap di sini πŸ˜„

  50. Nurul Mutiara R.A berkata:

    Ternyata beda ya mbak isi paster di Indonesia sama Malaysia yang isinya kari. ya mungkinkah karena terpengaruh dengan masakan India. Di sana banyak orang Indianya kan ya?

    Ini kalau dijual di tempatku kayaknya bakal jadi makanan yang layak dicoba sih

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya bisa jadi Krn itu juga mba. Tapi kari nya lebih cendrung kari Melayu atau sumatera sih. Bukan India.

      Dan yg jual kebanyakan juga Melayu.

      Kalo suka kari, pasti suka karipap ini

  51. RAWIWA berkata:

    Ini lah pertama kali dengar Karipap Mutiara. Viral rupanya.
    Mungkin namanya diambil sempena Penang, Pulau Mutiara.
    Karipapnya punya pelbagai inti. Menarik untuk dicuba nanti.
    Pertama kali juga tau karipap dimakan dengan acar bawang.. dah macam makan murtabak. Itu mungkin kelainan yang cuba ditonjolkan oleh penjual.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Eh saya baru tahu penang itu pulau mutiara πŸ˜„.

      Sedaaap karipap ini. Ada banyak rasa pun. Saya regret tak lihat ada isi daging rusa. Nak coba juga padahal. Baru tahu setelah dah pulang, liat2 fotonya 🀣

  52. Reyne+Raea berkata:

    Awalnya merasa kok isinya kari, kek mana itu rasanya?
    Soalnya saya terbiasanya makan pastel itu ala sulawesi yang namanya jalangkote
    Dulu tante saja jualan, isinya tuh kalau ga salah ubi jalar, mie sama apa ya? beda sama pastel.
    tapi enak banget kalau dimakan sama air cabe.
    Nah itu tuh rasanya kan lebih sederhana, ga kebayang dah makan pastel isinya yang pekat kek kari πŸ˜€
    Tapi seperti biasa, kalau Mba Fanny ngereview makanan mah, bikin penasaran dan ngiler πŸ˜€
    Cuman keknya kalau saya nyoba, wajib pakai acar bawang πŸ˜€
    Buat netralisir rasanya tuh enak Mba

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Jalangkote aku pernah coba, krn dulu mama lama tinggal di makasar. Jadi terkadang suka bikin di rumah. Sukaaa sih, aku mah asalkan rasanya gurih, pasti doyan Rey πŸ˜„

      Masalahnya memang aku ga bisa makan bawang mentah. Jadinya tertarik blasss ama acarnya. Krn bawang masih langu banget. Kec bawangnya ditumis, dimasak atau diblender halus, baru mau makan

  53. BorneoCerdas.com berkata:

    Dari dulu sangat penasaran dengan rasa karipap….

  54. mamatisya berkata:

    jauh fanny makan karipap

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha namanya saja rinduuuu. Dan kebetulan sedang di penang, cari lah karipap penang πŸ˜„

  55. Cuya berkata:

    Tadi ayah Cuya baru je tanya ada tak orang jual Karipap inti kaya yg kelapa tu xD
    Yang bukan-bukan saja perisa dia mau.. hahaha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha eh tapi boleh juga sbnrnya. Coba kalo ada yg jual. Sayang aku suka inti kelapa. Tapi memang orang2 tua dulu suka sangat. Mama saya pun suka

  56. Nurul Sufitri berkata:

    Ngebayangin karipap mutiara pakcik ini kres kres kres renyah banget ya gariiiing, kelihatan dari fotonya. Oh, mbak Fanny ga suka bawang? Ih, padahal enak loh acar tuh nyegerin hehehe. Ini pastel ala Penang laris banget ya antreannya mayan banyak. Isiannya pasti enak, gurih. Kudu langsung disantap pas diangkat dari wajan nih.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ga sukaaa mba 🀣🀣. Acar cabe, timun, wortel, aku mau. Tapi bawang skip 🀣🀣

      Pokoknya kalo ke kenang, cobain deh makan karipap di sana πŸ˜„πŸ‘πŸ‘πŸ‘. Manteeep

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archives

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archives

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.