D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Des 2018

24

WISKUL SAMBIL IBADAH, COBAIN 5 KULINER ARAB INI

makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, kebab arab di mekkah

Saat di tanah suci kemarin, aku udah ngebayangin bakal bisa nyicipin beberapa kuliner khas Arab yang aku suka. Di Jakarta sendiri ada beberapa restoran Arab yang menjadi favoritku sekeluarga, seperti Aljazeerah di Pramuka. Itu enaaaaak banget! Tapikan…merasakan makanan lokal di negara asalnya, ga akan sama seperti yang dicoba di negara lain. Penasaran, apa rasanya bakal sama yahud seperti yang di Jakarta ;).

 

Ini, 5 makanan yang aku dan suami coba saat sedang tidak beribadah di tanah suci.

 

1. ALBaik Chicken

 

Siapa coba yang ga kenal ayam Al Baik. Rasa-rasanya kalo ke Arab, pasti ditanya, udah nyobain AlBaik belum??? Beberapa kali aku melihat  IG temen-temen yang sedang umroh, saat mereka memposting tengah makan di AlBaik. Kayaknya enaaaak gitu. Dan semua review bilang, amat sangat recommended! Jadi diputuskan, ga mungkin melewatkan Al Baik saat ke Arab Saudi.  Kami menemukan salah satu kounternya di salah satu Mall di Mekkah, dekeet  dengan Masjidil Haram. Tapi baru tau, cabang yang di Mekkah ini hanya menyajikan Burger dan Nugget, bukan potongan ayam seperti dadanya ato paha. Ga masalah buatku, karena toh aku selalu menyukai nugget ;).

Restoran ALBAIK. Antriannya dipisah antara laki-laki dan perempuan

makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, albaik chicken arab di mekkah makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, albaik chicken arab di mekkah

Paket yang suami pilih, lumayan besar.  Seporsinya menghabiskan SAR 15 (SAR 1 = Rp 3900),  terdiri dari 10 potong nugget,  kentang,  roti burger polos,  saus garlic dan sambel sachetan. Hmmm, masih panas, dan aroma gurih langsung menguar dari dalam kotak. Saat dicoba,  duuuh pantes aja banyak yang merekomendasikan ayam ini.  Rasanya top tenan ;p, jempolan,  lembut,  ga berminyak,  rempahnya berasa sampe ke daging,  bukan cuma di permukaan.  Coba cocol dengan saus  garlic, lalu dimix sedikit sambal, beeuuh makin mantep!

makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, albaik chicken arab di mekkah makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, albaik chicken arab di mekkah makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, albaik chicken arab di mekkah

Menurut teman yang udah sering bolak balik umroh, Al Baik yang menyajikan potongan ayam layaknya KFC, ada di cabang Madinah. Waktu itu udah niat sih ama suami, kalo memang ketemu, ya bakal kita coba saat di Madinah.

makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, albaik chicken arab di mekkah

2. Ayam Goreng Broast Alfarooj

Bisa dibilang ini tiruannya Al Baik ;p. Ada banyak ayam goreng model KW begini, yang penampakan dan logonya rada mirip ama Albaik. Orang Arab  sepertinya memang doyaaan sekali makanan seperti ini ;D. Soalnya ada banyak di mana-mana dengan nama berbeda.

makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, albaik chicken arab di mekkah

Salah satu yang kita icipin, yaa Broast Alfarooj ini. Lokasinya ga jauh ama Masjidil Haram. Jadi ceritanya abis sholat Zuhur di mesjid, suami ngajakin makan di sini. Pesenlah paket yang isinya 4 ayam goreng, roti, kentang , saus garlic, sambel sachetan, dan Jus Jeruk Murni! Beneran diperes saat dipesen. Harga sepaket ini lebih murah daripada Al Baik, hanya SAR 13.

makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, albaik chicken arab di mekkah

Jus Jeruknya, yang diperas saat kita pesan

makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, albaik chicken arab di mekkah

Soal rasa, menurutku sih yaaaa, miriiiip ama Al Baik. Sama aja. Bumbu ayamnya juga masuk ke daging, kentang gorengnya enak , crunchy tapi less oily. Malaaah kalo mau jujur, yang Broast Alfarooj ini unggul di sambel sachetnya ;p.. Lebih enak cuuuy hahahaha. Rada mirip ama sambal di Indonesia. Jus jeruknya juaraaaak! Ga terlalu dingin, manis asemnya pas banget. Aku yang sedang batuk jadi ga kuatir bakal makin parah.  Jadi kalo disuruh pilih, AlBaik atau  Al Farooj,  aku sih lebih milih yang terakhir ;p.  Yang penting rasa toh 🙂

 

3. Kebab tanpa nama

Ga lengkap kalo ke Arab tapi ga nyobain kebab ;). Nah, aku baru sempet nyobain pas sedang di Jeddah, tepatnya di daerah Corniche. Di sini ada banyaaak restoran Indonesia, terutama yang  menjual bakso. Tapi ogah banget nyobain itu, secara di Indo pasti lebih tasty dan murah ;p.

 

Kebabnya dijual gerobakan, tapi disediakan tempat duduk bagi yang mau makan on spot. Seporsi hanya SAR 5. Cumaaa, porsinya kecil bok ;p. Kirain bakal ngikutin porsi makan para Arabian yang cendrung gede. Telanjur mesen 1, suami bilang dicoba dulu. Kalo enak, ya pesen lagi. Bentuknya sih sama aja yaa kayak kebab lain. Roti  digulung, lalu isiannya pakai kentang, daging sapi dan ayam, juga aneka sayur. Kentangnya ditumbuk alus, dan menggoyang lidah  banget! Sayang, krim yang dipakai terlalu asam untuk lidahku.  Agak mengganggu jadinya ;p . Seperti  rasa asam tabasco.

Maapkeeun penampilan kebab yang udah amburadul karena gulungan rotinya kita buka wkwkwkw

makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, kebab arab di mekkah makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, kebab arab di mekkah

4. Bofiya Al Khaleej

Saat di Madinah, kita sempet jalan-jalan cari sarapan karena bosan dengan menu yang disediakan travel umroh. Mampirlah ke warung kecil dekat mesjid Nabawi, yang aku ragu antara menjual menu Arab atau Turki. Karena di sekitarnya ada banyak restoran Turki. Penjualnya samasekali ga mirip  Arab, cendrung seperti Chinese dengan mata sipit dan kulit putih kemerahan. Ternyata dia imigran dari Afghanistan , tapi bisa sedikit bicara Indonesia.

makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, kebab arab di mekkah

Pilihan menu langsung keliatan di papan yang sengaja terpajang bagian depan. Beberapa aku familier ama namanya, tapi ada 1 menu yang belum pernah aku coba samasekali, Filfilah Dish. Kebiasaan nih dari dulu, justru menu yang unik dan belum pernah dicoba gini yang lebih menarik perhatian ;p. Tapi sebelumnya nanya juga kok ke babang Afghan, Filfilah dish itu terbuat dari apa. Eh doi malah bingung jelasinnya ;p. Dia ga tau istilahnya dalam bahasa Indonesia, dan Inggris. Hanya tau bahasa Arabnya. Lah piyeee, akukan ga ngerti Arabic ;p.

makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, kebab arab di mekkah

Yo wislaah, tetep dipesen ;p. Jadi rada gambling gitu , secara ga tau itu apaan. Porsinya gedee banget. ada 8 bulatan ntah apa namanya, ditambah kentang goreng, roti nan, saus yoghurt plus sambal. Dalam bayanganku, 8 bulatan itu terbuat dari daging yang gurih dan lembut ;D. Apa bener begitu????

makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, kebab arab di mekkah

Pas dicoba,  ya elaaah Bang,  ini JAGUNG  atuh wkwkwkwkw… Buyar sudah impian daging nan empuk.  Haisshhh kenyataannya makanan ini kering,  agak keras,  trus kecampur pula ama saus putih yoghurt dan sambal merahnya  yang huaaseeeem byangeeet…  Hadeuuuh kacau sarapan kita hahahaha..  Kentang goreng doang yang enak. Dan untuk  ganjal laper kita cemilin roti nan nya..Biasa juga  sih rasanya.  Beda ama roti Nan India yang cendrung lembut,  moist dan gurih.  Intinya,  aku nyeseeel  terpaksa harus membuang sisa  makanannya karena sumpah memang ga kemakan 🙁

Bagian dalamnya yang kering dan asem  karena kena sambal merah 🙁

makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, kebab arab di mekkah

Tetep foto-foto sambil makan hahahahaha

makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, kebab arab di mekkah makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, kebab arab di mekkah

5. Es Krim Arab

Banyak teman bilang, es krim di Arab itu wajib dicoba. Kebanyakan malah bikin ketagihan. Baru di Madinah aku dan suami sempet nyobain es krim.  Dan ternyata ini serius uenaaak paraaah!!  Cuma SAR 4 ,  es krimnya dimix dengan beberapa rasa.  Ada rasa susu,  semangka,  mangga,  dan pisang. Kalo ga inget sedang batuk, mungkin aku bakal berkali-kali beli es krim selesai sholat di mesjid ;p.  Jadi saranku,  kalo ke Arab, wajib, kudu, harus,  cobain eskrim-eskrimnya ;).

eskrim di arab, makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, kebab arab di mekkah eskrim di arab, makan apa di arab, mencoba kuliner arab di tanahsuci, kuliner arab di mekkah, kebab arab di mekkah

 

Itu sih , makanan yang sempet kami berdua rasain saat umroh kemarin. Ga terlalu mengecewakanlah ;D.  Apalagi harga di Arab ini cendrung murah-murah yang bikin suka kalap kalo ga bisa nahan napsu :p. Yang gini niiiih, yang bikin aku kepengin balik lagi ke Tanah Suci 😉

108 tanggapan untuk “WISKUL SAMBIL IBADAH, COBAIN 5 KULINER ARAB INI”

  1. Swastikha berkata:

    Aku bosan rempah di sana juga tapi anehnya pas balik indo yang kebayang sup lentil india. Gimana coba?

    Es krim di sana enak-enak, emang bikin nagih

  2. Emakmbolang. Com berkata:

    Itu sadar jagung ala Arab mungkin ya, tapi mbayangin saosnya asem dan tiba bah yoghurt…. Hmmmmm

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hihihih, keras gitu olahannya yaaa. keriiing pula… makin ga masuk pas dicocol sausnya wkwkwkwk.. ini yg paling absurd rasanya dibanding kuliner lain sih mba

  3. Meriska Putri berkata:

    Itu Al Baik n Al Faroojnya murah banget, padahal isinya banyak. Al Baik sampe ada jasa titip segala, harga per porsinya begitu di Indonesia jadi mahal.

    Kalau para orang tua ke Arab, pertama yang dicari malah ada gak makanan Indonesia. Takut makanan Arab gak cocok sama lidah. Beda emang sama yang suka kulineran, hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ahahahaha, aku malah ga doyan makanan indonesia kalo sdg traveling.. toh di rumah slalu makan itu ;p.. makanya pas wkt makan, aku ama suami lbh suka nyelinap jajan keluar mba

  4. Ina berkata:

    Es krim sama Albaik itu juaraaa

  5. Sandra Hamidah berkata:

    Woaa pas bagian jagung kayak double carbo ya mba, duh jadi laper dan semoga bisa umroh sama kelurga juga, aamiin tfs mba say

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aamiiin… semoga nanti bisa kesana juga ya mba… di sana mah double karbo gini banyaaak. yg aku heran sayuran itu dikit banget mba… kering jadinya makanan

  6. Dita Arina Astrianda berkata:

    wih enak2 juga cuma yang apa itu tadi sampe cuma kemakan kentangnya aja hahaha ya gimana kalo gak cocok sama lidah memang susah

  7. Antung apriana berkata:

    Saya dulu pas umroh sempat ngerasain ayam goreng al baik sama kebab aja, mbak.lucunya pas beli kebab yang jual pakai sambal. Abc. Heu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hihihihi di beberapa tempat kau jg dikasih sambel abc.. tp ada juga yg pake sambel khas mereka dan rasanya mostly ga masuk di aku hahahaha

  8. Reyne Raea (Rey) berkata:

    wwkwkwkwkwk, ngakak saya mba….
    Itu jagungnya pakai jagung yang keras kayaknya ya, bukan jagung muda, enakan dadar jagung dong ya hahaha.
    Tapi untung juga dipesan, jadi gak penasaran kebawa mimpi.
    Kami-kami yang baca juga akhirnya tau mba, besok2 kalau ke tanah suci bakalan menghindari beli dadar jagung keras itu hahahaha

    Tapi beneran ya, hampir semua orang ke Tanah Suci pasti makan Al Baik Chicken, tapi kalau ada yang lebih murah tapi rasanya sama, ya mending yang murah aja haha

    Btw asyik banget ya mba, udahlah di Arab panasnya minta ampun, es krimnya enak pula, saya bakalan bolak balik beli es krim entar hahaha

    Semoga di segerakan bisa ikutan mba Fanny ke tanah suci, udah punya beberapa referensi gegara baca postingan di sini 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahah jagung muda kurasa ga ada di sana ;p. naaah itu mba, walopun ga tau apa2 ttg makanan ini sblmnya, aku ttp penasaran… dan ttp mau dicoba walopun zonk akhirnya… tp at least udh nyoba kan 😉

      akupun awalnya krn banyak banget baca ttg temen2 yg makan di albaik makanya penasaran… tp memang enak sih, wajib lah dicoba kalo ksana 😀

      dan eskrimnya ttp yg paling juara dari semuaaa 😀

      • Reyne Raea (Rey) berkata:

        betapa beruntungnya pembaca blog ini, jadi tau semuanya gegara udah di cobain ama mba Fanny dan nulisnya pun detail semua hahaha
        Kalau saya sebenarnya suka nyobain juga, suami yang males, takut mahal trus ga enak, soalnya biasanya saya ngoceh mulu kalau gak enak hahaha

        Ayo mbaaa, tulis kuliner2 dalam negeri lebih banyak, biar jadi referensi saya hahaha
        Kalau luar negeri kan jarang2 bisa kami incip 😀

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          hahahahaha, siiiip… kuliner dalam negri pasti kok ttp aku tulis mba… kalo cerita yg jepang ini udah abis, balik lg cerita kuliner dalam negri ;p.. aku ama suami justru suka coba2.. walopun ujung2nya ga enak, aku mah ga masalah,, yg ptg udh ga penasaran lagi 😀

  9. farida berkata:

    wow, ternyata harganya murah2 ya. kalo albaik setauku udah ada gerainya di jakarta. lupa sebelah mana 😛

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      waaah di mana mba… ntr aku cari juga deh… cab lgs dr arab? dulu pernah dgr, tapi ternyata bukan cab langsung, hanya nama sama

  10. Rohyati Sofjan berkata:

    Jadi pengen coba makanannya. Soal saus Arab yang asam, barangkali itu khas mereka. Yah, selera berdasarkan lidah.
    Roti nan yang beda rasa dan tekstur itu apakah karena beda bahan dan cara bikin? Entahlah. Saya belum pernah coba kebab, di sini juga ada yang jual kebab namun isdiannya pasti beda, pun dari segi rasa.
    Es krimnya bikin saya pengen coba juga, ha ha. Suka bnaget.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iya mba… orang arab ini kan seneng yoghurt, kyk org turki… jadi sausnya sering asam juga, krn terbuat dr yoghurt..

      utk yg roti nan, aku yakin bahannya beda sih… yg india aku seneng krn lbh lembut dan suka ditambahin keju supaya gurih.. kalo yg arab, nan nya keriiiing. agak susah ngunyahnya kalo aku hahahaha

  11. Sulis berkata:

    Yang burger….langsung ke inget sama mister burger aku mba…mirip yaa!

  12. Rach Alida berkata:

    Kuliner makanan arab yang Albaik dan ice cream tuh enak enak banget . Tapi pas umroh aku ga terlalu jajan nih karena makanan yang disediakan enak enak dan banyak. Btw, umrah aku sama keluarga foto2 hilang semua. Hanya tersisa yang di grup keluarga dan i8tu hanya seberapa. SMoga kita bisa balik lagi ya mba

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aamiiin..akupun pgn balik lg… sebenernya makanan yg diksh travel banyak dan enak mba.. tp indonesia banget.. sementara aku seneng eksplor makanan asli suatu negara… makanya aku ttp lbh milih jajan di luar juga 😀

  13. Baru tahu ada Babang Afghan yang sipit begitu…#eh
    Kok jadi bingung pertama, Jadi menu ayam benerannya enggak ada ya..cuma ayam olahan. Baiklah kalau enak boleh lah
    Terus itu es krimnya begitu menggoda. Noted! Selama di sana harus jadi menu wajib nih kayaknya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      al baik itu menu ayam yg beneran ada nya di madinah mba :D.. kalo di mekkah cuma ada yg nugget :). tp nuggetnya enak jugaaa. aku justru seneng nugget drpd ayam begitu hihihi.. tp kalo eskrim, itu enak semua kayaknya di arab ;p

  14. Nasirullah Sitam berkata:

    Kalau di sana mungkin yang pertama kulibas itu Kebabnya hahahahahahah.

  15. ophi ziadah berkata:

    waah aku nemu kebab yang aselik enak banget di deket masjid nabawi gak jauh dr tempat kau nginep waktu itu mbaa….aslik enak di antara yg lainnya

    cuma sempet photo judul tokonya euy…
    al baik fenomenal banget yaa…

  16. Nurul Sufitri berkata:

    Waaah.. mbak Fanny selamat yaaa alhamdulillaah udah umroh. Semoga aku bisa nyusul suatu hari nanti aamiin. Aku nih bacanya berkali2 lho. Ngebayangin rasa dan kenikmatan makan ayam goreng, nugget, es krim dll duuuhh lezat bwner. Porsinya lumayan besar ya, cocok deh buat akuh hahaha. Oooh sip2 jadi wajib coba es krimnya yaaaa.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      stiap beli mkaanan apapun di arab, pasti gede2 porsinya ;p.. kecuali yg kebab itu aja :D.. jd puaaaas mba. yg makan dikit pun bisa hemat krn bisa sharing ;D

      • Nurul Sufitri berkata:

        Apalagi liat jus jeruknya yang asli perasan jeruk ya hhhhmmmm… segar. Kata suamiku yang udah pernah umroh bareng kakaknya, menikmati es krim di Arab itu wow banget. Kayak salju di tenggorokan hahahha. Ayam KW selain al baik juga enak katanya ya. Menang di sausnya bener kata mb Fanny.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          enaaak kok kulineran di arab itu ;). kecuali beberapa yg ga cocok ama aku, tp itupun bukan kuliner arab sbnrnya.. tp turki. kmrn aku nyesel sih ga bawa cash terlalu banyak.. jd ga puas eksplor makananny hahahahah

  17. Eka ulia berkata:

    Aaaaarrrghhh saya ngecessss padahal baru sampai menu yang fertama…hayyahhh…tapi menu bulat2jagungnya di pict keliatan enak banget yah!? Es krimmm..itu es krim 😝

  18. Edwina berkata:

    Wah, Al Baik ini populer sekali ya bahkan ada yang jual jastipnya di Tokopedia. Insya allah jika ada rezeki umrah, pastinya pengen cobain makanan-makanan ini.

  19. Tia berkata:

    wah banyak menu-menu kayak mcd kfc juga ya disana. enak dong ya bisa cucok sama lidah indonesahhh. hehe.
    oya mba itu beneran enak aljazeerah yang di pramuka? tempatnya yg ketutup banget itu kan ya, jd sungkan kalo mau masuk. hehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      seriuuus, resto arab yg aljazeerah itu enaaak mba.. walo tertutup, tapi dalamnyaa gueedeeee :D.. dan nyaman kok. ada uga cab nya di cikini, tp lbh nyaman yg pramuka.. cobain deh

  20. kresnoadi DH berkata:

    Awal ngira itu tempe lho, ternyata nugget yang di AlBaik. Hahaha. Seru banget sih bisa sempetin kulineran di sana. Eh, itu kebabnya dia agak basah ya. Jadi kulit luarnya nggak digoreng lagi sampe kering kayak di babarafiahmad. :p

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      wkwkwkwk mirip tempe yaa :D.. G ada nemu tempe aku selama di sana… orang2 arab ini ga doyan kayaknya ;p.. lbh seneng yg asem2, gorengan dan kering. aku kurang banget makan sayur selama di sana -_-

  21. Lusi berkata:

    Waduuuh yummy banget ya. Aku suka makanan Arab karena waktu kecil tinggal di Pekalongan yg kampung Arabnya cukup besar.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      makanan arab memang banyak di indonesia yaaa. di jkt pun aku hobi dgn resto2 arab ini, krn kebanyakan mkanan mereka memang sesuai ma lidah indonesia 🙂

  22. Lia Harahap berkata:

    Aku makan Al Baik tapi dibungkus buat pulang. Soalnya waktu itu udah mau ke bandara. Pas buka itu paha ayam gedeeee benerrr hahahaha. Akhirnya aku gak makan, karena udah bingung mau makannya sambil jalan gitu.

    Kalau kebab tanpa nama itu aku juga coba di Madinnah. Emang kecil yaaa. Tapi nikmat hehehe.

    Nah kalau aku pengen makan es krim di tengah padang gurun gituuu. Liat orang-orang di IG pada makan es krim. Aku malah makannya pas di Mekkah atau Jeddah gitu pas mau pulang.

    Tapi ya, selama di tanah Arab aku Alhamdulillah banget gak rewel mulutnya. Biasanya suka resek semua gak selera. Jadi seneng mulut dan perut aman-aman aja hehehe.

    Postingan ini bikin aku baper pengen kesana lagi….. 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      al baik yg ada pahanya, berarti kamu coba yg di madinah ya mba? yg di mekkah nugget semua soalnya…

      kalo kebab tanpa nama yg aku coba di jeddah :D.. di madinah aku ga ada nyobain kebab.. tp memang enak sih kebab mereka walopun kecil 😀

      waaah aku ga ke daerah gurunnya… jd ga nyobain es krim di sana, ada yaaa… kalo lidahku kebetulan memang suka semua jenis kuliner hihihihi… jd kalo traveling kemanapun, aku tetp lebih suka nyobain kulinernya khasnya..

  23. sabda awal berkata:

    disana ga ada nasi ya mbak, semua karbo pakai kentang atau roti….

    saya sebagai penggemar ayam “kfc” kayaknya kalau kesana bakalan nyoba albaik juga, ehh tapi penasaran kok sausnya asam ya di 2 menu yg dicoba? apa orang sana suka yg asam ya?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      jaraaaang banget nasi :)… mereka lbh seneng roti ato nan ato kentang utk makan ayam begini… nasi ada, tp biasanya nasi khas india yg panjang2 gitu.. dan dimasak dgn olahan arab :).. kyknya mereka memang seneng asam mas… sausnya dari yoghurt gitu, makanya asam

  24. herva yulyanti berkata:

    dan aku ngakak yang Filfilah Dish gemas pengen bilang ini corn bang 😀 sayang deh sarapanya kebuang ya mba Fan makanya aku paling ga suka kalau pesen si abang yang jual ga bisa jelasin ini terbuat dari apa pasti tydack selidah sama aku 😀

    Dan yang Al Farooj jadi pengen cobain mba FAn semoga bisa kesana dan kulineran hehhe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      cuma aku tipe yg penasaran mba ;p.. makanya walo si abang ga bisa jelasin, tp aku penasaran itu apa.. drpd ga bisa tidur kan yaaa wkwkwkwkw. jd ttep coba walopun zonk. setidaknya udah tau rasany hihihi

  25. Dudukpalingdepan berkata:

    Biasanya orang-orang bahas kuliner arab kayak daging kambing atau kebab, saya baru tahu es krimnya juga enak. Semoga one day ada rejeki beribadah dan jalan-jalan kesana juga ^_^

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      isssh akupun ngebayangin di arab bannyakan kebab. tapiii ternyata banyak juga kuliner2 lainnya mba 🙂

  26. Nita Lana Faera berkata:

    Nganuuu Mba, itu bulatan bakwan jagung, hahah… Enak juga ya, Mba Fanny. Ketika lagi nggak ibadah bisa sekalian wiskul juga. Saya penasaran dg es krimnya, macam gelato ya buah2an gitu. Moga suatu saat nanti saya bisa review makanan2 ini 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyaaa mirip gelato2 gitu mba… rasanya enak2.. rasa buahnya berasaaa banget. aku paling seneng yg rasa semangka :D.

      kalo yg ‘bakwan jagung palsu’ itu, isssh sudahlaah.. sial itu hahahaha… mana lumayan mahal harganya wkwkwkwk

  27. prananingrum berkata:

    wah,asyik mbak fani jalan2nya….sayang aku ga diajak

  28. Elly Nurul berkata:

    Kebab… burger… kentang.. semua makanan kesukaan aku ka.. Alhamdulilla ya.. ibadah lancar karena support makanannya mudah diterima dengan perut, kebayang dong kalo ibadah justru perut lapar karena makanannya ngga bisa diterima oleh perut kita.. Bismilla semoga tahun ini bisa beribadah ke tanah suci.. aamiin

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku tipe yg memang suka nyobain makanan baru dimanapun mba :D… mungkin krn aku suka jalan2 yaaa.. jd memang seneng aja nyicipin kuliner2 khas dari negara2 yg aku datangin… dan syukurnya lidahku gampang dipuasin ;p

  29. Eryvia Maronie berkata:

    Aduduh.. Langsung ngeces baca itu yang jus langsung diperas waktu dipesan. Segernyaaa..
    Jus-jus di Arab emang terkenal karena banyak buah segar di sana.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyaaa, jeruk perasnya enaaaak banget. manis asam san segernya bisa pas gitu :). mungkin buah2nya dari thaif juga 😀

  30. Rachmanita berkata:

    Makanan fast food emang jadi pilihan buat dimanapun ya..termasuk ke tanah suci..aku pengen banget es krimnya..hihi..sama pengen kesana amien

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      fast food yg di tanah suci ini beda rasanya ama fast food yg lebih terkenal itu :). lbh berempah mba :D. ga pake nasi juga, tp roti gantinya

  31. Ririn Wandes berkata:

    Weleh mbak, semua menggoda kuliner Arab nya yah. Aku paling tergoda melihat ice cream nya tuh. Semoga suatu saat bisa sampai ke Arab juga nih.

  32. roosvansia berkata:

    Haiyah, kenapa dia campur sausnya ya. Kan ngga semua orang akan suka yg asem – asem. Coba klo ada sekat di wadahnya lagi ya mba hihihih. Aku kok jadi penasaran sama Albaik huhuhu, ah tapi gimana cara nyobainnya juga ya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      wkwkwkwk, itulaaah.. dia kira semua org bisa nyicipin saus asamnya… ;p itu bener2 bikiin rasa masakannya failed ;p… agak susah sih ama yg al baik ini.. mau dititip tp kok yaa kebayang ga seger lg ntr sampe Indo nya 😀

  33. Andiyani Achmad berkata:

    Seneng banget ya bisa icip2 kuliner khas Arab di tempatnya langsung. MasyaAllah.. semoga ku ada rejeki usia dan kesempatan bisa ke sana juga 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aaamiin… semoga bisa kesana juga mba… selalu kangenin memang tanah suci ini.. aku aja udh pgn dtg lagi kesana

  34. Sara Neyrhiza berkata:

    jadi inget salah satu kawan. Setelah mereka umroh, balik balik bikin kedai fried chicken namanya albaik juga..haha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      naaah, aku ga tau tuh albaik2 yg ada di indonesia ini, sbnrnya asli frnachise ato sekedar nama sama yaa ??

  35. ifa musyrifah berkata:

    Waduuuh baca ini jam segini aku jadi lafeeerrr bgttt. makasih kak fanny bisa jadi referensiku pas ke mekkah. Aamiin

  36. Liswanti berkata:

    Samaan mba kalau di Jakarta kuliner arab yang aku suka Aljazeerah Pramuka. Pasti beda ya kalau kulineran di negara aslnya. Aku ngiler lihat makanannya mba, itu es krimnya pastti seger banget.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyaaa enak kan yaa yg aljazeerah itu ;)… diliat tempatnya kecil dari luar ternyata luas banget.. selalu suka makan timur tengah di sana

  37. Sandra Nova berkata:

    Ayam al baik itu terkenal banget kyknya, sampe aku pernah nemu yang jualan online hahahaha, asli niat XD itu perkedel jagung zonk banget ya fan 😀 ampun deh, pas diawak aku kira juga macam perkedel daging atau apa gitu, pas baca laaah jagung hahahah.
    Eskrim itu kayaknya guilty pleasure dimanapun, aku blm pernah nemu eskrim yang ngga enak hahaha, bahkan di Hanoi pun eskrimnya enyak2 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iya nih, al baik terkenal di mana2… sampe aku ga tau mana yg asli mana yg palsu wkwkwkwkw…

      kalo perkedel nya, duuuh itu asli ga etelan san.. kalo kesana jgn dipesen ;p… ga kuat rasanya ama sausnya yg asem byangetttt ;p

      nah, kalo eskrim baru deh mantaaap!!

  38. alfan ismail berkata:

    pastinya halalan tayyiban hehehehe

  39. Akbar S. Yoga berkata:

    Boleh juga cara memiripkan logo produk itu. Kalau dari jauh kan calon pembeli bakal mengira itu Albaik.

    Selama ini belum pernah makan kebab yang pakai kentang. Sekalipun itu ditumbuk, pasti cukup bikin kenyang.

    Kalau lihat bentuk es krimnya, saya jadi inget cerita temen yang di Turki. Pas penjual menyajikan es krimnya tuh sering mengerjai pembelinya. Mengeluarkan trik kecepatan tangan, semacam buat pertunjukan kecil. Haha.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      naaah iyaaa. apalagi tulisannya kebanyakan arab ;p. kalo ga teliti aku juga nyaris terkecoh sih… aku pikir albaik trnyata bukan :D..

      hihihi es krim turki memang rata2 suka jahil yaaa.. kalo yg ini untungnya ga ;p.. lebih cocok untuk anak2 sih sebenernya yg begitu2 itu ;p

  40. Larasati Neisia berkata:

    Emang Arab ini juara banget kulinernya, aku suka makanan orang Arab. Walopun fast food aku ngiler banget lihat penampakannya yang berbeda dari di Indo. Btw, di sini juga kan ada resto fast food Labaik Fried Chicken, ini KW-annya dari Al Baik yang di Arab juga kali yah. 😂

    Alhamdulillah Mba Fanny mupeng semoga aku bisa segera Umroh juga ya. Aamiin.

  41. hahhaha lebih enak dadar jagung di indonesia ya Fan?
    Wuah es krimnyaa, keliatan lembut banget. Es krim rasa semangka, gimana ya rasanya? Unik 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      jauuuuh mba rasanya ;p… tp kalo eskrim beneran enaaaak banget… rasa semangka beneran … dlm bntuk es krim 🙂

  42. dita berkata:

    masyaallah…
    jadi kangen sama albaik.
    antriannya ngeri bingits kalo pas bubaran shalat 🙁

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahaha, beneeeeer.. untung sih pas aku dtg ga terlalu panjang… eh giliran udh dpt makan, udh panjang aja itu antrian ;p

  43. Eri Udiyawati berkata:

    Ice Cream Arab, gimana ya rasanya? Saya belum pernah makan soalnya. Kalau kebab kebetulan di daerah kami juga ada yang jualan, ya meskipun bisa dikatakan jauh dari kata mirip dari yang aslinya, hahaha. Tapi lumanyan

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      rasa es krim di sana itu buah2an yg aku coba.. nah, buahnya itu berasaaa banget mba.. tp ada campuran susunya juga.. enaklah pokoknya ;).

  44. Kartikanofi berkata:

    Menurutku kebab paling enak di Jeddah, Mbak. Itu bener bener bikin ketagihan.
    Kalau es krim nggak nemu di Madinah 🙁 , tapi di Mekkah tiap abis ashar selalu beli es krim.

  45. Amanda ratih berkata:

    Waktu ibuku pulang umroh kemarin, beliau cerita kalau abis beli Ayam di Al-Baik katanya enak, tapi nyebelin bngt aku nggak dibeliin huhuhu.. dia cma inget adek2 aja. Byuh..
    Btw di KL juga ada resto Al-Baik yg jual nasi kari, gtu2 dah.. kupikir ini cabang yg d Arab 😁

  46. Rahman kamal berkata:

    ulalalala,,, kok kayaknya menggoyang lidah ya makanannya? jadi pengen kak 🙂

  47. Icha Amalia berkata:

    yang es krim arab itu aku setuju! dulu pas umroh aku juga beli es krim di toko dekat masjidil haram.
    enak banget tapi pas pulang dari sana malah batuk hahaha XD

  48. Alfan ismail berkata:

    Saya ga bisa hayangin kalo menunya tulisanya arab gundul semua

  49. Yosa Irfiana berkata:

    Mupeng es krimnya mbaaak. Iya pasti pada bilang es krim arab mak nyuus…

  50. Meylisa Agustina berkata:

    Wahh saya penasaran sama es krimnya lho mbakk 🙁 kalau ayam al-baik itu katanya sih sudah bisa pre-oreder di Tokopedia. saya sampe penasaran emang seenak itukah ayamnya? ternyata saya lebih minat buat cobain shawarma/kebab2 itu hihihihi lagi ngumpulin uang buat umroh juga sih mbak, semoga segera tercapai… aamiiin

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hmmmmm dibilang enak banget sampe mau nambah2, ga juga sih mba ;p… akau malah lbh suka ayam yg bukan al baik ;p. tp wajib dicoba aja kalo sdg umroh ;).. aaamiiin semoga bisa cept berangkat yaaaa

  51. NUR ROSYID berkata:

    mantap menu daging semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.