D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jan 2023

18

MUSEUM 9/11 MEMORIAL NEW YORK, SERANGAN BIADAB YANG MENGUBAH ATURAN PENERBANGAN DUNIA

museum yang wajib didatangi saat ke new york

MUSEUM 9/11 MEMORIAL NEW YORK, SERANGAN BIADAB YANG MENGUBAH ATURAN PENERBANGAN DUNIA ~ Waktu akhirnya mutusin ke Amerika sebagai ganti trip Iran yang ga jelas kapan berangkat, aku tuh udah mikir tempat apa yang bakal, kudu, harus, wajiiiib aku datangin. Ga lain ga bukan Museum 9/11 memorial di NYC.

 

Yang kenal banget aku, udah paham, museum dengan latar belakang tragis gini, selalu jadi my favorite dibanding museum biasa. Makanya museum yang masuk bucket listku itu rata-rata pasti serem ceritanya 😁. Liat aja nih,

 

•Museum bom atom Hiroshima ✅ . Aku malah datangin sampe 2x.
•Museum bom atom Nagasaki ✅
•Museum S21 tuol sleng dan killing field Pnom Penh ✅
•Museum perdamain Chiran Kamikaze, Kagoshima
•Museum 9/11 New York ✅
•Museum Nazi Auschwitz – Birkenau

 

Dari 6 list, sisa 2 yang belum kesampaian 😄. Nabung dulu pelan-pelan, biar bisa beneran didatangin 😄

 

 

NAIK BUS HOP-ON HOP-OFF SEHARIAN DI NEW YORK CITY

 

Enaknya kalo ikut Whatravel, free timenya itu banyaaak. Buatku yang memang suka eksplor sendiri, jadi lebih bebas. Apalagi itin yang dibuat travel terkadang ga sesuai preference-ku. Jadi begitu tahu jadwal Whatravel untuk 1 Januari kosong, aku langsung nyeret pak suami untuk main ke museum 😂.

 

Dia nolak tuh awalnya, karena mikir ngapain sih liat museum serem 😅. Belum tahu aja… vibenya itu beda visit museum dengan background bloody history dibanding museum biasa. Aku suka ngantuk kalo main ke museum biasa, yang cuma  memamerkan seni, budaya dkk 😂.

 

Sempet bingung awalnya cari lokasi museum ini. Ternyata kalo naik bus Hop on Hop Off, turun di Battery park. Dari situ jalan kaki deh ke tujuan. Ngecek Gmaps ga jauh-jauh amat soalnya. Lagian cuaca sejuk. Enaak lah buat jalan.

 

Menuju museum 9/11

Museum yang paling menarik di usa

 

Tapi karena salah masukin titik, lokasi pertama malah diarahin ke Museum Tribute, ini masih agak jauh dari WTC.

 

Sebenernya penasaran mau liat dalamnya juga, tapi karena takut waktu ga cukup, kami ga masuk ke Tribute Museum dan cari lagi museum yang utama, 9/11 memorial.

 

Alhamdulilah ketemuuuu 😄😄.

 

 

HARGA TIKET MUSEUM 9/11 MEMORIAL NYC

 

Tiket bisa dibeli on spot atau online. Bahkan di beberapa OTA kayak Klook dan Traveloka juga ada sih. Kalo udah beli dari sana, tinggal tukar di loketnya.

 

tempat untuk membeli dan menukar tiket museum 9/11

museum wajib datang jika ke new york

 

 

Harga tiket masuk beda-beda, tergantung umur dan status pelajar atau bukan.

 

Tiket dewasa (18-64 tahun) USD 29
Tiket anak-anak (7-12 tahun) USD 17
Tiket kisaran usia (13-17 tahun) USD 23
Tiket untuk senior (65 ke atas) USD 23
Tiket anak di bawah 6 tahun free.
*Harga as per 1 Jan 2023

 

Trus, jam buka museum 9/11 memorial:
Rabu – Senin: jam 10 pagi – 5 sore.
Dengan kata lain Selasa tutup yaaa

 

Antri masuk ke museum 9/11

museum unik dan menarik di new york

 

 

Naah tapi kalo cuma mau lihat kolam besar tempat di mana dulu 2 bangunan kembar berdiri sebelum ditabrak pesawat, itu free sih, dan bisa diliat tiap hari, karena lokasinya di luar, dan bebas diakses siapapun.

 

 

MELIHAT BAGIAN DALAM MUSEUM 9/11 MEMORIAL

 

Urusan tiket selesai, yang pertama dilewatin tentunya pemeriksaan keamanan. Ga nyangka sih ketat bangetttt. Udah kayak pemeriksaan di bandara. Dipikir-pikir ya wajar. Museum ini didirikan karena kebrutalan teroris yang berhasil menyusup masuk dalam pesawat akibat security checking yang belum terlalu detil dulu.

 

Semua pengunjung wajib buka jaket, ikat pinggang, dan segala yang berbau logam dari tubuh, juga meletakkan semua bawaan kayak laptop, hp dalam keranjang khusus. Trus ada pemeriksaan X-ray juga untuk melihat apa di badan kita disusupi senjata atau tidak.

 

Proses ini selesai, langsuuung deh tour de museum mulaaai 😍

 

 

LANTAI 2 ATRIUM TERRACE/AUDITORIUM

 

Begitu masuk, kami naik ke lantai 2 dulu. Pertama mau pipis, udah kebelet 🤣, kedua mau beli minum karena hauuus bok, jalan kaki dari wall street ke sini 😂😂. Ntar aku ceritain terpisah kenapa kami berenti di Wallstreet demi foto Ama si Charging Bull 😄

 

Di lantai ini ada kafe dan auditorium untuk menonton cuplikan singkat saat pesawat ditabrak kan ke gedung kembar WTC, juga interview dengan George W Bush, presiden yang saat itu berkuasa, termasuk interview dengan para key decision makers.

 

Ga lama sih ini, palingan 10-15 menit. Jujurnya, aku ga bisa nikmatin karena ga bawa kacamata, jadi cuma bisa denger suara yang diinterview 😔. Maklum, nih mata minus parah tapi nakal aja tetap ga mau pake kacamata, selama masih ada Raka yang membimbing wkwkwkwkw.

 

Kafenya sendiri kecil, cuma jual Snack, kopi dan beberapa minuman. Harga muahaaaal 🤣🤣🤣. Air mineral yang aku beli harganya USD3.5, termahal sih, mungkin karena packagingnya juga yang ramah lingkungan.

 

mineral water mahal yang dijual museum 9/11 😀

museum dengan kafe di dalamnya

 

 

Ada yang nanya, kok ga bawa tumbler dan isi dari keran? Hmm, udah pernah aku tulis sebelumnya, aku ga biasa dan belum mau minum langsung begitu 🤣🤣. Biarin deh mahal, yang penting tenang diminum 😄.

 

Selama ini, walaupun traveling ke negara-negara yang air kerannya bisa diminum langsung, sekali pun aku ga pernah mau. Mendingan beli mineral water botolan di luar. Masalah nyaman dan ga aja sih.

 

 

LANTAI 1 CONCOURSE LOBBY, & THE RAMP

 

Selesai nonton dan minum di kafe, selanjutnya turun lagi ke bawah. Sempet melihat ada antrian panjang, dan ternyata mereka pada mau menyewa audio tours. Berhubung aku ga tertarik sewa guide dalam bentuk orang 😄, jadi mikirnya mendingan sewa audio aja, yang sama-sama bisa menjelaskan tempat atau barang-barang memorial ini.

 

Sewanya memang ga murah, USD10 per device. Jadinya kami cuma sewa 1 untuk dipakai gantian. Lagian toh Raka juga ga tertarik ngedengerin penjelasan sampai detil begitu. Beda dengan aku 😄

 

Yang pertama kami lihat saat menyusuri THE RAMP atau pameran perkenalan, ada sebuah lukisan besar dengan gambar gedung kembar yang masih berdiri. Lukisan yang dibuat dari Brooklyn bridge, terlihat megah dan rasanya seperti ga mungkin akan hancur begitu saja 😭. Dari sini, perasaan udah mulai ga enak, sedih iya, marah iya…

 

lukisan Menara kembar sebelum terjadi serangan

museum menarik dengan latar tragedi

 

 

Lalu ada papan penjelasan singkat tentang kejadian yang berlangsung 22 tahun lalu. Kalo dipikir-pikir, saat kejadian ini terjadi aku masih kuliah di Banda Aceh, sebelum akhirnya ke Penang. Tapi jujur waktu itu ga terlalu ngikutin beritanya, karena kesibukan dengan tugas-tugas mahasiswa.

 

museum memorial di new york

 

 

Lalu ada kilasan foto-foto dari para saksi mata yang melihat langsung ketika gedung megah dihadapan mereka tertabrak oleh pesawat. Wajah-wajah kaget, ga percaya, nangis, semua menimbulkan emosi campur aduk di aku 😔. Ga kebayang bakal seseram apa saat melihat langsung kejadiannya.

 

Semakin jauh masuk ke dalam museum, benda-benda yang diperlihatkan semakin mengiris hati. Ada semacam dedication pedestal yang tidak rusak dari serangan. Pedestal yang terbuat dari stainless ini tadinya terpasang di kawasan plaza saat pembangunannya selesai, bersamaan dengan upacara potong pita yang dilakukan tanggal 4 April 1973.

 

pedestal yang tadinya terletak di depan plaza

museum dengan barang peninggalan terbanyak

tempat wajib untuk dikunjungi jika ke new york

 

 

Paling banyak itu potongan-potongan besi dari reruntuhan gedung yang hancur. Sampe ga abis pikir aku tuh, besi sekuat, setebal dan sebesar itu bisa runtuh hancur sampai rata dengan tanah, berarti sekuat apa efek tabrakannya, dan sepanas apa kobaran api yang membakar 😭.

 

Pas aku pegang, besi ini tebal, dan keras. Bayangin panasnya sampai bisa bengkok seperti ini 😭

Museum di Amerika dengan koleksi terlengkap

 

 

Selanjutnya ada 2 lukisan yang lumayan nyesek pas dilihat. Lukisan before kejadian, dan after saat keduanya terbakar. Sediiih banget.

 

Hanya melihat lukisan ini, dan sedihnya langsung terasa 😔

Lukisan yang menggambarkan tragedy

 

 

  • Lebih miris lagi, ketika melihat banyak flyers dari korban yang masih hilang, ntah karena mayatnya terlalu rusak hingga tidak bisa dikenali, atau memang hancur tertimpa bangunan.

 

Banyak keluarga yang kehilangan family members, membuat selebaran berisi info orang hilang, yang mereka taro dibanyak tempat, berharap ada seseorang di luar sana yang mengetahui kabar dari orang-orang yang mereka cintai 😭. Jujur, di sini tuh bener-bener nahan air mata 😢.. Kebayang aja seorang ibu yang mencari anaknya, kata-kata yang ditulis di atas selebaran, menggambarkan betapa mereka putus asa untuk bisa menemukan anak, suami, istri, atau saudara yang masih hilang.

 

Serangan teroris yang paling mematikan

Korban terbanyak dari serangan teroris

 

 

 

THE SURVIVORS’ STAIRS

 

Tangga yang dianggap berjasa menyelamatkan para orang-orang dari reruntuhan gedung. Tangga ini terletak paling utara dari gedung WTC plaza. Berjasa besar karena banyak yang selamat ketika lari melalui tangga ini, tanpa terkena reruntuhan karena bagian atasnya terlindungi dari semacam atap yang menjorok keluar.

 

The survivors’ stairs yang menyelamatkan banyak nyawa

Survivors stairs yang menyelamatkan banyak nyawa

Barang peninggalan dalam museum di amerika

 

 

Aku attach beberapa peninggalan barang yang memang boleh difoto pengunjung. Karena setelah ruangan ini, kamar selanjutnya dilarang untuk memotret apapun barang-barang yang dipajang.

 

Museum wajib datang di Amerika serikat

 

Para petugas pemadam kebakaran hampir seluruhnya meninggal saat peristiwa serangan. Mereka gugur ketika berusaha menyelamatkan korban yang terperangkap dalam gedung 😭

Koleksi lengkap museum di Amerika serikat

 

Menara komunikasi yang hancur dari menara utara wtc

Museum menarik dan menyedihkan di Amerika serikat

 

Mesin elevator dari gedung kembar

Tempat rekomendasi buat dikunjungi bersama keluarga saat liburan ke usa

Tempat liburan di Amerika yang menarik

 

Museum dengan koleksi lengkap di usa

 

The slurry wall

Kemana jika liburan ke amerika

Rekomendasi tempat untuk dikunjungi jika ke amerika

Tempat wajib di Amerika serikat yang cocok buat keluarga

Barang peninggalan museum di Amerika serikat

 

 

 

EXHIBITIONS AND EDUCATION CENTER

 

Tempat di mana kamera samasekali dilarang. Mau hp atau apapun. Sayang sih, padahal di sini tuh barang memorialnya semakin bikin nyesek untuk dilihat.

 

Contohnya peninggalan para korban seperti sepatu hak tinggi, tas, kartu tanda pengenal staff yang bekerja di gedung, juga ada baju seorang pemadam kebakaran yang tewas ketika menyelamatkan para korban. Padahal baju itu pakaian khusus yang bisa menahan panasnya api sampai suhu tertentu.

 

Juga potongan-potongan pesawat terbang yang dijatuhkan ke atas gedung, seperti bagian jendela, sayap dll.

 

Ditemukan juga boarding pass salah satu teroris yang agak gosong, atas nama Mohand Al Shehri, yang membajak flight 175.

 

Lebih bikin nangis, pas liat foto-foto kluarga korban yang memegang foto saudara, suami, istri, adik ataupun teman mereka yang masih missing 😔

 

 

TRAGEDI PEMBAJAKAN PESAWAT 9/11

 

Pagi itu, tidak ada yang menyangka kalo 3 bandara tersibuk Amerika, telah disusupi 19 teroris, berniat untuk membajak 4 pesawat komersil yang nantinya akan dijatuhkan ke beberapa gedung penting bagi negara adidaya ini.

 

1. American Airlines 11
Tepat pukul 07.59 pesawat American Airlines flight number 11 lepas landas dari bandara Logan Boston menuju LA. Di dalamnya ada 5 pembajak pesawat yang nantinya mengambil alih penerbangan untuk ditabrak ke lantai 93 – 99 Gedung WTC Utara, tepat pukul 8.46 pagi.

 

Pemimpin teroris bernama Mohamed Atta asal Mesir, dipercaya sebagai anggota Al Qaeda pimpinan Osama Bin Laden.

 

Saat pesawat dijatuhkan di gedung WTC menara Utara, presiden Bush tentu saja segera diberitahu, tapi saat itu oleh penasihatnya, hanya dikatakan ini kecelakaan biasa, yang jujurnya membuat tenang para orang yang bekerja di gedung sebelah , WTC menara Selatan. Sedetikpun mereka tidak terpikir bahwa beberapa menit lagi, giliran gedung mereka yang akan dimusnahkan 😭.

 

2. United Airlines 175
Namun ternyata, pukul 09.03, sebuah pesawat UNITED AIRLINES flight number 175, muncul dari langit, dan berbelok menuju gedung menara Selatan, lantai 77-85. Tabrakan yang terjadi menimbulkan ledakan besar.

Museum paling menarik di new York city

 

Ada seorang penyintas (survivor) yang menceritakan bagaimana saat dia melihat dengan mata kepalanya sendiri pesawat American Airlines 11 mendekat ke gedung Menara Utara. Sangat dekat, bahkan dia bisa melihat bagian kokpit. Tubuhnya seperti dipaku, kaku tak bisa bergerak, berpikir nyawanya akan lenyap sesaat lagi. Tapi kemudian pesawat itu menabrak gedung sebelah.

 

Penyintas tersebut segera lari ke bawah melalui tangga darurat. Dia sendiri bekerja di lantai 99 menara Selatan. Tanpa henti berlari ke bawah, dan ketika berada di lantai 72 atau 75 mungkin, ia dan orang-orang yang ikut menyelamatkan diri, merasakan goncangan sangat keras, sampai membuat banyak orang terjatuh dari tangga. Mereka mengira gedung menara Utara runtuh menimpa menara Selatan. Padahal di saat itu pesawat kedua sudah menabrak lantai 77-85 😭

 

Di gedung pertama menara Utara, banyak korban di lantai teratas tidak bisa menyelamatkan diri, terjebak, karena tangga yang tidak bisa diakses.

 

Di beberapa tempat suhu mencapai 1000 derajat Celcius,orang-orang yang sangat desperate bahkan memilih terjun dan tewas dari gedung setinggi 300 meter kebawah.

 

Tidak lama setelah pesawat kedua dibajak, maskapai mengambil tindakan untuk mencancel seluruh penerbangan American Airlines dan United Airlines saat itu.

 

Sayangnya, salah satu pesawat UNITED airlines flight number 93, terlanjur diambil alih oleh teroris akibat ketidakjelasan informasi, dan membuat pilot tetap menjalankan pesawat.

 

3. American Airlines 77
Pukul 08.20, pesawat ketiga American Airlines flight number 77, ikutan dibajak dan menabrak sisi barat Pentagon pada pukul 09.37.

 

Korban meninggal dalam pesawat 64 orang, dan 125 orang staff Pentagon tewas.

 

George W Bush menganggap, serangan pertama bisa dianggap kecelakaan, tapi yang kedua adalah serangan, dan tabrakan ketiga merupakan deklarasi perang!

 

4. United Airlines 93
Pukul 08.42 flight number 93, lepas landas dari Bandara Internasional Newark. Salah seorang staff air traffic control sebenarnya sudah mengingatkan UA93 untuk berhati-hati karena dua pesawat menabrak WTC. Tapi saat pilot meminta konfirmasi, responnya sangat terlambat. Pesawat itu tetap terbang dan terlanjur diambil alih.

 

UA 93 tadinya akan dijatuhkan di US Capitol Building, tempat para petinggi negara, semacam DPR nya Indonesia, tapi gagal, karena ada perlawanan dari para pilot dan penumpang. Mereka berhasil melumpuhkan penjahat, tapi pesawat tetap jatuh di lapangan terbuka, daerah Pennsylvania pukul 10.03. Tidak ada yang selamat.. semua crew dan penumpang dianggab sebagai pahlawan 😭.

 

 

PESAN SUARA YANG MEREMAS HATI

 

Di ruangan lain dari exhibition, pengunjung bisa mendengar banyak rekaman suara korban yang sempat menelpon keluarga, ketika semuanya sadar teroris membajak pesawat yang dinaiki.

 

Mendengar suara orang-orang itu, rasanya hati ikut diremas, seperti kebayang bahwa sesaat lagi orang yang kita cintai akan pergi 😭.

 

Dalam suara itu, mereka terdengar pasrah, hanya menyatakan betapa mereka mencintai keluarga yang akan ditinggalkan.

 

SUARA PEMBAJAK YANG MEMBANGKITKAN EMOSI

 

Berbeda dengan suara korban yang sudah pasrah akan nasib mereka, pengunjung juga bisa mendengar suara pembajak yang tertangkap alat perekam.

 

Salah seorang penjahat, Mohammad Atta, sempat melakukan kesalahan. Niat hati ingin berkomunikasi dengan penumpang di kabin, tapi malah ketekan tombol untuk bicara dengan air traffic controller. Dari sanalah ketahuan kalau pesawat dibajak.

 

Dan suara si penjahat kedengaran jelas di rekaman. Jujur ya, emosiiii banget dengernya 🤬. Ga kebayang kalo keluarga korban yang mendengar. Di rekaman itu, dia memerintahkan para korban untuk tidak macam-macam. Diem saja, jangan bikin kebodohan.

 

Tentang para penjahat, foto mereka juga dipajang di ruangan museum. Beberapa ada yang masih remaja kalo diliat dari wajah. Kok bisa yaa sampai segitunya dicuci otak.

 

Wajah para penjahat yang mengira perbuatannya mulia 💩

Teroris pelaku serangan paling merusak

 

 

Sejujurnya aku muak melihat wajah-wajah tolol yang gampang sekali dihasut seperti mereka, merasa mengerti agama padahal nol besar, yang merasa sudah melakukan hal mulia dan memperoleh surga, #preeet… 🤬. Beberapa dari mereka terdengar meneriakkan Allahuakbar saat menabrakkan pesawat. Jijik rasanya mendengar nama suci Allah disebut dari mulut orang-orang biadab seperti itu.

 

Mereka semua tertangkap CCTV sebenarnya di bandara. Tapi saat diperiksa tak ada satupun yang kedapatan menyimpan senjata api, karena senjata yang mereka pakai untuk membunuh beberapa penumpang dan crew pesawat, adalah pisau.

 

Loh pisau kok bisa lolos? Sebelum kejadian 9/11 pisau boleh dibawa masuk ke dalam kabin asal tidak lebih dari 4 inch panjangnya 😣

 

Sejak kejadian ini, banyak banget hal-hal berubah dalam dunia penerbangan. Ofkors menjadi lebih strict. Tidak ada lagi senjata dalam bentuk apapun diperbolehkan dalam kabin, tidak ada cairan lebih dari 100ml boleh dibawa kecuali masuk dalam bagasi.

 

 

KOLAM KEMBAR DI BEKAS 2 MENARA PERNAH BERDIRI

 

Menara kembar yang rata dengan tanah, tidak dibangun kembali, melainkan dibuat 2 kolam air terjun seluas gedungnya yang pernah berdiri. Di sisi kolam itu, terukir nama semua korban.

 

Menara kembar kini menjadi kolam kembar

Tempat wajib dikunjungi di new york

Spot wisata menarik di new york

museum yang wajib didatangi saat ke new york

 

Gedung WTC sendiri dibangun jauuuh lebih besar daripada gedung lama, hanya saja tidak lagi kembar.

 

Gedung WTC sekarang. Tinggi banget sampe puncaknya ga terlihat 😄

Gedung pencakar langit WTC new York

 

 

Sedih saat membaca salah satu korban bahkan ada yang sedang hamil, tertulis di pinggirnya, Sylvia San Pio Resta and her unborn child.

 

Kolam kembar ini gratis didatangi setiap hari, karena memang terletak di bagian luar WTC.

 

Di dekat kolam , ada bangunan unik yang aku kira kantor, tapi ternyata mall yang lumayan besar dalamnya. Kami sempat kesana untuk mencari toilet saat itu.

 

Kirain kantor apaan, ternyata mall 🤣. Mirip kepala Bezita yaaa

Bangunan unik di WTC new york

 

 

 

SUMMARY

 

Dari yang aku baca, para teroris merencanakan secara matang untuk menabrak beberapa gedung yang mereka anggap sebagai simbol Amerika.

 

WTC Menara Utara dan Selatan melambangkan kekuatan ekonomi Amerika.

 

Pentagon mewakili kekuatan militer negara Paman Sam

 

Sementara Gedung Capitol yang gagal ditabrak, adalah tempat para petinggi negara adidaya. Jadi kalo semuanya berhasil dihancurkan, tentunya akan menebarkan fear kepada masyarakat luas.

 

Serangan ini yang akhirnya menyebabkan Amerika serikat menyerang Afghanistan pada tahun 2001, dan Irak 2003 sebagai alasan untuk melawan teror.

 

Di akhir kunjungan, bisa menuliskan kesan kita terhadap museum ini

Museum menarik di USA new york

 

Bagi teman-teman yang suka mengunjungi museum, apalagi yang bertema sejarah tragis seperti 9/11 museum ini, percaya deh, sangat amat worth it didatangi 👍. Aku saja menghabiskan 3 jam lebih untuk membaca detil-detil kejadian , dan masih tidak cukup. Terlalu banyak, terlalu miris semuanya 😔…..

 

 

76 tanggapan untuk “MUSEUM 9/11 MEMORIAL NEW YORK, SERANGAN BIADAB YANG MENGUBAH ATURAN PENERBANGAN DUNIA”

  1. Michael Hadjoh berkata:

    Salah satu wish list museum nih…Jadi kepo, tulis kesannya apa, mbak? 😀 #netijenkepo

  2. Aul Howler berkata:

    Wow keren banget sampai dibuatkan museum khusus terkait peristiwa tsb
    Aku pernah denger berita dan artikelnya, tapi nggak tau kalau separah ini efeknya hiks

    P.S.
    Sesungguhnya nggak ada agama yang menyuruh untuk menyakiti manusia lain, apalagi membunuh

    Agama mengajarkan untuk toleransi, saling mencintai, saling melindungi dan saling membantu

    They obviously not human
    They are evil in human body

    Syukurlah nggak semua orang jg yang mikir kalau semua muslim itu teroris
    Sedih banget banyak yg mikir gitu :'(

    Syukurlah orang2 banyak yang mengerti bahwa oknum tetap oknum
    Dan para teroris ini adalah oknum tolol yang menyia-nyiakan hidupnya dan hidup orang lain untuk kesesatan yang ia yakini

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku ga bisa lebih setuju lagi dengan mas aul 👍👍👍. Yes mereka hanya evil dalam tubuh manusia. Pikirannya picik, bodoh, dan terlalu gampang dicuci otak oleh pemimpinnya . Kalo mati begitu bisa dengan mudah masuk surga, kenapa si pemimpin ga lakuin sendiri. Memang tolol orang2 yg begini.

  3. Rach Alida berkata:

    Pelaku pelakunya bahkan dpajang ya fotonya. Semoga jadi pembelajar dan nggak terjadi lagi. Kasian korbannya. Aku termasuk penggemar ke museum museum. Semoga berkesempatan kesini.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aamiin, semoga mba dan banyak temen blogger juga bisa DTG langsung ke museum ini. Menarik kok, worth it banget dengan tiket masuknya

  4. ranabalci berkata:

    udah ikutin di stories..kebayang sih, kalau ga salah ingat setelah peristiwa ini berdekatan ada jg bom di kuningan jakarta, liat muka2 para teroris ini bikin muak, lbh muak lagi kalau ada yang ‘membenarkan tindakan mereka atas nama agama–lupa ttg kemanusiaan, orang2 yg tdk bersalah menjadi korban doktrin sesat mereka-apa surga semudah itu untuk mereka– Kalau panasnya bs nyampe 1000c gitu, mungkin korban2 yg hilang itu dlm kondisi mengenaskan sulit dikenali..duh kl diposisi keluarga mereka jd ingatan kelam, memang lbh menarik museum kyk gini dibanding melototin barang2 seni

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Eh bom yg Kuningan aku ga denger beritanya mba. Deketan jaraknya Ama 9/11 attack Yaa? Yg aku tau bom di Kuningan tp THN 2008 sekitar itu, soalnya aku udh kerja di JKT dan salah satu korbannya nasabah premierku.

      Kalo ada bom lain di Kuningan 2001, aku ga baca berarti .

      Bener, mereka iblis banget sih. Aku ga bilang Amerika itu baik. Tapi bukan begitu caranya kalo memang benci dengan tindakan2 Amerika. Sama aja mereka busuknya berarti

  5. Jaey Borneo berkata:

    Gedung yg sekuat itu tapi bisa hancur di tabrak pesawat kemungkinan pesawatnya bawa bom mgkn ya mbak?

    Pas turun tangga dan lantainya 78 itu berasa banget sedihnya, kita bisa ngerasain, duh masih jauh kebawah, bakal sempat ga ya kebawah, mati gue. Begitu juga yg di pesawat berasa sedihnya karena tau sebentar lagi ajal akan datang.

    Entah bagaimana hati teroris melihat itu, kemungkinan tdk semua terorisnya tertangkap, dan masih banyak lagi tersisa yg menyaksikan kejadian itu, semoga mereka yg tersisa itu tobat.

    Jadi WTC baru itu isinya museum kah mbak?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Dulu ada yg bilang di gedungnya itu udah ditanam bom , ada yg bilang Amerika sbnrnya juga terlibat. Aku ga tau mana yg bener mas.

      Tapi kalo pesawatnya sendiri, dipastikan ga ada bom. Menurut penyelidikan begitu. Tabrakannya yg terlalu hebat, dan gedung terbakar perlahan, yg bikin bangunan roboh.

      Cuma tuhan yg tahu lah.

      Aku aja ga kebayang hrs turun tangga dari lt 99 ke bawah 😭. Kdg berkantor di gedung yg setinggi juga bukan hal yang enak Yaa. Trutama kalo ada kejadian begini

      WTC yg baru ttp perkantoran mas. Isi dlmnya ada kantor ada restoran.

      Museumnya dibangun di sebelah WTC yg baru. Bukan dlm WTC baru

  6. Momtraveler berkata:

    Aku membayangkan suasana di dalam kaya museum tsunami di banda Aceh mbak. Suasananya gelap trs suara deburan ombak bikin merinding pol. Sama x ya di museum ni paati suram dan pasti bikin patah hati bgt. Semoga ga ada kejadian kek begini lagi yq

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaaa samaaaaa 😭😱. Auranya mencekao, Krn ga terang juga. Belum lagi liat video2 yg ditampilin. Ga ada suara sih, tp Krn banyak barang peninggalan, jadi udh kebayang seremnya kayak apa

  7. Heni berkata:

    Apapun alasannya apalagi mengatas namakan agama untuk tujuan gak bener dengan menghilangkan ratusan bahkan ribuan nyawa,rasanya patut di kutuk..saya mah kalo baca ini yg keinget itu si Osama Bin Laden mbak betapa kejem nya 😡..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bener Mbaaa. Aku juga ga bisa trima alasan hanya ingin balas dendam THD Amerika. Itu sama aja mereka juga busuk. Apalagi pake bawa agama. Kesel banget bacanya

  8. Ria berkata:

    Aku udah kerja pas tragedi ini terjadi. Sampai beli majalah yg mengulas kejadiannya. Yang aku ga bisa lupa foto2 para pekerja yg melompat dr gedung tinggi. Dan smp skrg mrk gak pernah ditemukan. It’s really a very sad day. Dan gak nyangka sdh 22 thn berlalu. Tp kelg yg ditinggalkan pasti gak akan pernah lupa.
    Thank youu udah sharing foto2 di dalam museum. Mungkin area yg gak boleh difoto, krn dianggap ada byk brg2 pribadi para korban dan bs membuat kelg mereka sedih ya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya mba, ada banyak barang2 korban. Makanya ga bisa diperlihatkan. Belum lagi video saat tabrakan , testimoni dari korban selamat. Ruangan exhibition itu yg paling sedih isinya. Aku ga kebayang sih kalo sampe kluarga korban datang melihat 🙁

  9. Yoga Akbar S. berkata:

    Saya belum pernah ke museum yang tragedi-tragedi begitu, tapi seandainya pergi pasti suka juga membaca informasi yang tertera.

    Emang aneh sih meneriakkan nama Tuhan untuk membunuh.

    Ya ampun, ternyata itu mal. Haha. Penting banget dibangun mal. XD

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku pengen tahu, apa mereka pikir Tuhan bangga dengan yg mereka lakuin. 🤬. Kemana otaknya pas belajar agama. Bingung kok gampang banget dicuci otak

  10. Khanif berkata:

    untuk mengunjungi museum ini cuma tiga jam sepertinya memang msh kurang ya mbak, bahkan lima jam mungkin masih, banyak yang harus di explore dalemanya, apalagi kalo baca-baca sejarah kejadianya itu gak sebentar kan 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bener nif. Ada banyak penjelasan, dan barang peninggalan di dalam. Jadi jujur butuh waktu lama kalo mau tau semuanya

  11. Nursini+Rais berkata:

    Duh …, dikira serangan 11 September tsb cuman menghancurkan menara kembar wtc saja. Ternyata lebih dari satu gedung. terima kasih telah berbagi informasi, ananda Fanny.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      4 target, tapi 3 yg berhasil ditabrak bunda. Sediih banget pas kesini. Ga kebayang kenapa manusia bisa sekejam itu. Kalo alasannya Krn Amerika juga sama monsternya, tapi aku ttp ga bisa trima kalo membunuh orang yg ga berdosa hanya Krn benci terhadap 1 golongannya.

  12. sulis berkata:

    Kejamnya para teroris! pas pengeboman ini aku inget dulu..rame di Tv. Blm jaman medsos sih..jadi info ya cuma dr tayangan tv/koran saja. Habis itu pernah liat filmnya.. (lupa judulnya).
    Asyik mb fan kunjungan di museumnya.. tapi klo aku suka ngeri. Kadang klo ke museum yang backgroundnya cerita sedih gitu auranya kayak mencekam dan membuat bulu kuduk berdiri….

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Semoga jangan ada lagi peristiwa begini. Aku dengerin kesaksian orang2 yg melihat langsung pas pesawat ditabrakkan ke gedung aja merinding mba. ga kebayang kalo ngalamin itu, dan harus lari turun tangga sampe ke bawah. Dari lt 99 😭.

  13. sulis berkata:

    Kejamnya para teroris! pas pengeboman ini aku inget dulu..rame di Tv. Blm jaman medsos sih..jadi info ya cuma dr tayangan tv/koran saja. Habis itu pernah liat filmnya.. (lupa judulnya).
    Asyik mb fan kunjungan di museumnya.. tapi klo aku suka ngeri. Kadang klo ke museum yang backgroundnya cerita sedih gitu auranya kayak mencekam dan membuat bulu kuduk berdiri..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku ga tega liat filmnya mba aku ga nonton makanya. Museumnya aja bikin mo nangis, apalagi nonton filmnya, bisa sesenggukan aku 😭.

  14. adi berkata:

    Mantab sekali ulasannya. Generasi kita yang menjadi ‘saksi’ gegernya 9/11 pasti akan merawat ingatan mengenai kejadian tersebut, tetapi bagaimana dengan generasi sesudah kita yang mana bisa sekali mengalami pembelokan? Untuk itu penting terus merawat ingatan secara kolektif, salah satunya dengan museum.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beneer mas. Salutnya dengan Amerika, mereka menjadikan ini sebagai museum utk pembelajaran bagi generasi mudanya. Krn ga bisa dipungkiri pasti banyak yg udh lupa ttg kejadian itu.

  15. Peri Kecil Lia berkata:

    Yaampun, miris banget lihatnya, Kak 🙁 bahkan lihat tiang besar yang ketekuk gitu aja udah bikin hati mengkerut saking kebayang betapa chaosnya saat itu 🙁
    Aku benar-benar mengapresiasi banget sama pemerintah US karena membuat museum seperti ini dan para korbanpun juga diapresiasi nama-namanya di area kolam.
    Jujur, aku juga suka ke museum seperti ini, meski miris tapi banyak banget insight yang bisa didapat. Denger suara terakhir dari para korban pasti bikin mewek 🙁 duh, kenapa sih para teroris kok tega banget ya 😭

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku juga ga paham dengan pikiran orang2 yg bisa sebodoh ini dicuci otak. Gimana caranya mereka sampe bisa percaya dan mau aja ngelakuin yg disuruh yaaa. Bingung loh Li … Segitu gampangnya disuruh utk membunuh banyak orang, dan mereka mati sekalian. Pemimpinnya antara luar biasa hebat dalam mempengaruhi, atau mereka yg luar biasa bodoh untuk percaya

  16. Nurul+Sufitri berkata:

    Ngos-ngosan sedih bacanya 🙁 Memang peristiwa naas ini membuat syok dan kalang-kabut manusia di muka bumi yang peduli sesama. Membayangkan kedua gedung yang begitu kokoh dan canggih ternyata bisa juga dibabat habis oleh pesawat2 itu hiks 🙁 Ada foto tangga yang orang-orang coba menyelamatkan diri. Berbagai benda porak-poranda, level panas yang membuat korban terjun bebas dan semacamnya duuuh iya miris banget. Berkunjung ke museum memang menyenangkan. Yang ini beda, bukan menampilkan adat istiadat dan budaya ya. Museum 9/11 Memorial Park patut didatangi nih kalau kapan2 bisa main ke Amerika. TFS mbak Fanny 😀 Keren!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Terkadang museum yg punya latar belakang berdarah seperti ini, lebih bisa menimbulkan empati mba. Krn kita jadi tau seperti apa kejahatan orang lain terhadap sesama manusia. Ga abis pikir… Kok bisa Setega itu.dan setolol itu dicuci otak Ama pemimpinnya yg aku yakin ga peduli agama. Kalo dia mengerti agam, dia paham isinya, dia ga mungkin melakukan ini

  17. Yonal Regen berkata:

    Aku baca sambil lihat foto-fotonyanya merinding banget
    Mudah-mudahan tidak ada lagi kasus serupa terjadi dan kita ada dalam kondisi aman dan damai, berdampingan dalam perbedaan agama, kultur, ras dan apapun yang sebenarnya tidak krusial untuk diperdebatkan, semoga juga makin banyak para pemuda yang mempelajari agama secara lurus dan tidak mudah dicuci otaknya oleh paham-paham yang akhirnya hanya merusak nama agama sendiri

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beneer mas yonal. Itulah pentingnya belajar agama dari guru yg benar. Bukan cuma ustad yg bisa ngaji dikit, pinter ngomong, langsung dipercaya ustad real. Padahal yg diajarin ajaran sesat. Sedih sih kalo ada orang2 yg masih aja bisa dicuci otak begini. Cuma dijanjiin surga yg ga jelas kok ya mau membunuh sesama

  18. NA berkata:

    Sedih baca.
    Terperinci dcatqueen cotlretkan. Terasa seperti berada di sana juga.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ada beberapa spot yang saya rasa susah nak tahan air mata. Trutama ketika melihat barang2 peninggalan korban dan mendengar suara mereka 🙁

  19. mrhanafi berkata:

    satu kisah yang amat tragis dan catatan memori yang cukup sadis.

    ramai mereka yang terkorban angkara perasaan dan fkiran yang salah..

    mengapa orang awam yang menjadi mangsa…mereka juga cinta kedamaian dan benci keganasan

    moga tidak berlaku lagi pada masa hadapan

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      amiin bang. Jangan ada lagi peristiwa macam nih. Mereka yang bertikai tak kenapa2, tapi banyak korban tak bersalah kasiannya. Jadi pembelajaran lah buat semua. Masa2 gelap di mana muslim jadi terimbas dan susah nak kemana2

  20. Rivai Hidayat berkata:

    Aku dulu mengira hanya ada dua pesawat yang dibajak dan ditabrakan ke gedung oleh teroris. Ternyata ada 4 pesawat. Sejak kejadian ini gerakan teror semakin masif do berbagai negara. Termasuk indonesia.

    Gatau mau nulis komentar apa mbak. Turut bersedih dan mengutuk apa yang terjadi. Mungkin kejadian sdah berlangsung lebih dari 20 th yg lalu. Tapi trauma bakal berlangsung lebih lama. Tidak hanya warga us, tpi jga warga negara lainnya.

    Aku merasakan kesedihan serupa ketika datang ke museum tsunami. Ga bisa bayangin gimana perasaan mereka yang ditinggal oleh sanak keluarganya 🙁

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Itulah kenapa aku tetap suka datang ke museum2 yang punya cerita tragis. Ada banyak pembelajaran di dalamnya. Walk sedih, kadang bikin nangis dan merinding, tapi setidaknya terasa sekali efek dari peristiwa itu. Dan semoga aja bisa jadi pembelajaran.

  21. Jiah Al Jafara berkata:

    Aku belum pernah ke museum yang ada kejadian tragis kaya gini. Pasti syok banget ya mereka kena bajak pesawat, yang digedung pun ditabrak. Btw, aku juga gak ngerti tuh pikiran teroris. Kebanyakan dicuci kayanya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Itu contoh dari orang2 bodoh yang terlalu gampang diperalat mba. Dan kebanyakan dari mereka juga miskin. Diiming2in hidup bahagia di surga dikeliling bidadari langsung korslet otaknya

  22. Dedew berkata:

    Baca artikelnya saja sudah nyesek, kebayang nyeseknya masuk ke museum ini dan merasakan atmosfernya betapa kejamnya terorisme merenggut masa depan banyak orang..huhu nangis banget ya Allah..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bangeeet mba. Aku susah nahan air mata di sini. Apalagi kalo udh liat video yang diputar. Denger suara para korban dan saksi.. itu rasanya mencekam banget 🙁

  23. ainun berkata:

    kalau aku masuk sini udah pasti ga bisa banyak ngomong saking tercengangnya, liat poto potonya aja udah ngebayangin flasback kejadian itu
    besi setebel itu bisa bengkok, ckckck, ga bisa bayangin dahsyatnya
    terus orang-orang berlarian turun tangga dan ekskalator yang “berjasa” yaampunn gimana nggak panik mereka

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Itulah ga enaknya kalo kantor dapat paling atas 😢. Aku ga kebayang sih mba, dari lt 99 turun ke bawah. Butuh berapa lama coba. Apalagi kalo sampe terjadi chaos. Kan tangga emergency itu sempit

  24. lendyagassi berkata:

    Merinding banget, kak Fan..
    Aku jadi mengulang video kejadian itu via youtube dan bagaimana hebohnya pada zaman tersebut. Selain dampak pasca penyerangan ini, aku jadi sedih sekali bahwa ada banyak sekali korban dari masyarakat yang gak ada kepentingannya dengan politik ikut berjatuhan.

    Sebegitu besarnya niat jihad mereka yang menyalah artikan dengan menjadi penghancur peradaban berikutnya bagi umat Muslim di Afghanistan dan Iran.
    Sampai sekarang pun, masih kuat sekali organisasi ini kabarnya.
    Karena masih banyak orang Indonesia yang hijrah ke Afganistan untuk menimba ilmu di sana.

    Semoga Allah berikan perlindungan agar kita semua bisa hidup damai berdampingan.

    Aku seneng banget diajakin jalan-jalan kak Fan ke National September 11 Memorial & Museum.
    Jadi tahu dalemnya dan semua aktivitasnya yang sangat meninggalkan trauma bagi warga Amerika.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bener mba. Gara2 ulah mereka, jadi membuka peluang ke US utk menyerang Afghan dan Iraq. Terlalu banyak rumor juga ttg kejadian ini. Ntahlah mana yg benar. Kasiannya memang hanya ke korban yg samasekali ga tahu menahu Ama urusan politik. Apalagi kalo sampe ada anak2 🙁

  25. Kuliner Asyik berkata:

    Seru banget bacanya kayak ngerasa ada di sana dan merinding sendiri. Memang museum tragis gini menarik n bikin penasaran ya buat tau semua detilnya.. Sampe 3 jam aja belum cukup ya kak Fan.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Lebih mba, apalagi kalo mau bacain semua detilnyam kalo cuma sekedar liat2 sepintas doang mah, setengah jam juga cukup. Tapi ga seru lah gitu 😀

  26. wak Lat berkata:

    terimakasih mbak kerana bisa kami menonton didalam museum 9/11 new york ini yg mana kami ga tau kapan bisa kesini melihat dgn mata kami sendiri., terimakasih sekali lagi ya., aminn

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sama2 Wak ☺️. Saya suka sharing cerita begini supaya teman2 pun tahu ada apa di sana

  27. jalanseru berkata:

    Banyak konspirasi dari kejadian ini, namun semoga para korban di ampuni dosa2nya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beneer, terlalu banyak konspirasi dan rumor. Ntah mana yg benar. Tapi saya hanya menyesali banyak korban tak bersalah jadi mangsa mereka 🙁

  28. Endah April berkata:

    Ya ampun mba Fanny, pingin nangis baca tulisan ini. Aku keinget dengan film dokumenter yang aku tonton Maret tahun lalu. T_____T

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Film nya justru aku ga mau loh mba. Soalnya apasti lebih serem. Dan Krn aku sering terbang, itu bikin aku jadi takut.

  29. Reyne+Raea berkata:

    Hiks campur aduk bacanya Mba, ada ngakaknya, ada sedihnya, ada kesalnya.
    Tapi saya pengen komentarin foto tulisan di paling atas.

    Sepertinya wajib diubah itu, kata siapa Al Qaeda itu Islam?
    Gara-gara tulisan seperti itu, kasian umat islam di Amerika dan Eropa selalu saja mendapatkan diskriminasi yang nggak kalah bikin kesal juga kalau baca atau liat cerita mereka.

    Di sisi lain, melihat museum ini, ada sedikit pemahaman di hati kalau mereka wajar bersikap demikian, tapi di sisi lain, siapa yang salah, siapa yang kena?

    Belum lagi dulu kalau mengingat serangan balasan Amerika ke Irak dan Afganistan dulu.

    Ini sama rasanya kek liat museum Bom Atom di Jepang, kesal banget sama orang-orang yang nggak bertanggung jawab, yang bikin orang lain jadi merasakan dampak perbuatannya.

    Dan baru terjawab mengapa banyak orang di Amerika benci banget sama Islam, mau Islam pegimana pun, lah di situ ditulis Islamist, meskipun ada keterangan extrem hiks.

    Ah bikin campur aduk dah emang mengunjungi museum kek gini.

    Tapi sudahlahhh…

    Akoh mau bahas tulisan seluruhnya.

    Pertamaaa, kita sama Mba Faaannn, akoh sukaaaa banget mengunjungi sesuatu yang ada sejarahnya, apalagi yang tragis, entah mengapa, yang tragis itu selalu mengena banget di hati, pelajarannya selalu lebih tertanam.

    Dan bener banget, saya malasssssss banget kunjungi museum yang isinya seni dan budaya, saya kadang banyak tertegun di depan sebuah karya misal lukisan, dan bertanya dalam hati,
    “Sebenarnya orang yang lukis ini ngapain sih? coret-coret trus dijual mahal banget? wakakakkaakak!”

    Tapi, kalau mengunjungi museum yang sejarahnya kayak peperangan gitu, rasanya semangat banget, sampai film dan buku-buku sejarah kek gini selalu menarik saya nikmati, apalagi berkunjung langsung.

    Anyway, akoh nunggu museum Nazi Mbaaaa *kompor wakakakakakakak.

    Tengkiuuuu banget Mba Fanny udah menuliskan hal-hal detail tentang museum-museum dunia yang impian banget buat saya sebenarnya, cuman terlalu wao juga buat dikunjungi wakakakaka
    Tapi karena Mba Fanny rajin nulis, dan akoh suka gaya tulisannya juga, jadinya saya banyak tahu bahkan berasa ikutan ke museum-museum keren kek gini.

    Tapi Mba, yang tidak saya mengerti, bisa-bisanyaaaaaa Mba Fanny minus tapi nggak pakai kacamata oiii wakakakakak.

    Saya tuh bakalan merasa nyesal banget, kalau ke tempat favorit, tapi nggak bawa kacamata atau pake softlens, jadi nggak jelas kan liatnya 😀

    Oh ya, saya dulu sempat liat juga berita ini meski nggak detail, dan juga nonton beberapa film yang membahas tentang kejadian ini.

    Tapi saya baru ngeh dong, kalau bangunannya emang beneran rata dengan tanah ya?
    2 bangunan super besar gitu bisa rata dengan tanah, nggak kebayang sih bagaimana bencinya masyarakat sana kepada Islam meskipun mereka mungkin sadar nggak semua Islam kek gitu, tapi ya dengan ejadian kek gini kan ye.

    Btw lagi, padahal ada jeda 2 jam ya sejak tabrakan pertama, setidaknya kalau bergerak cepat, korban di bangunan satunya bisa diselamatkan separuh kali ya.

    Sayang sadarya telat banget, dan beneran sih, gara-gara kejadian ini, bandara jadi super ketat sekarang ya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku juga setuju Rey. Ga pantes teroris begini dibilang Islam, Krn ajaran mereka aja menyimpang sangat. Jijik jadinya kalo mereka berani2 bawa Islam dalam hal ini. Ntah kitab mana yg mereka baca sampe menghalalkan cara begini utk balas dendam . Apa ga mikir ada anak2 yg menjadi korban, wanita , orang tua dll. Nabi aja ga pernah seperti itu kepada musuhnya.

      Hahahahah kita samaaaa. Aku tuh kalo udh masuk ke museum seni, bingung bagusnya di mana. Apalagi kalo abstrak wkwkwkwkwk. Ga ngerti lagi kenapa itu dibilang Nyeni 🤣. Kalo lukisannya kayak real, bolehlaaah, malah kagum kok pinter amat bikinnya 😅.

      Doakan Yaa aku bisa segera ke museum Nazi hahahahah

      Soalnya aku tuh ngerasa muka aneh banget kalo pake kacamata. Itu alasan utama kenapa aku males pake. Punya tp habya dibawa kalo ke bioskop 🤣🤣🤣. Supaya bisa baca teks dan liat muka pemain hahahaha.

      Pesawatnya ditabrakin ke gedung pertama dan kedua hanya beda Bbrp menit Rey. Tapiiii setelah ditabrakkan. Butuh sekitar 2 jam untuk gedung runtuh rata dengan tanah

  30. anies berkata:

    jujur cakap, saya susah nak percaya tentang tragedi ini. ia sesuatu yang telah dirancang. tapi mereka meng’kambing hitamkan’ orang Muslim…

    btw, muzium ini bagus untuk tambah pengetahuan. cuma tiketnya tu…. waduhhh mahal betul! hahaha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Saya banyak dengar ttg rumor2 kejadian ini. Ada yang bilang ini perbuatan US juga, ada yang bilang Al Qaeda itupun bonekanya US. Ntahlah mana yg benar kak. Saya cuma kasihan dengan para korban yg ga berdosa 😢

  31. anies berkata:

    nanti boleh tak share entry tentang bus hop on hop off tu?

    saya pernah naik ketika di paris dulu. jadi ingin tahu bas HOHO ni di NY 😉

  32. Abby Onety berkata:

    Luar biasa kisah perjalanannya. Tulisan ini banyak mengedukasi sekaligus membuat penasaran akan jejak travelingx.

    Duh kebayang gimn paniknya orang2 yang ada di pesawat saat tau klo pesawatnya akan dibajak. Benar2 mengiris hati saat penumpang sempat nelpon keluarga untuk sapaa terakhir pertanda ucapan selamat tinggal.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ga kebayang sedihnya mba. Dan ga kebayang juga keluarga di rumah yg mendapat pesan seperti itu :(.

      Sediih banget masuk museum ini. Semoga jgn ada lagi kejadian begini

  33. Mas Maol berkata:

    Merinding guys bacanya, kaya kebawa kesuasana hehe

  34. Dawiah berkata:

    Kenapa saat baca ini perasaan saya campur aduk yah?
    Kesal, sedih dan marah juga. Bisa-bisanya mereka menjual agama demi ambisi yang tidak jelas begitu. Pemuda wajib datang ke museum ini Mbak biar mereka belajar dan mengambil hikmahnya bahwa agama Islam itu tidak pernah mengajarkan atau mendoktrin orang untuk membunuh. Terima kasih yah mbak, tulisan ini akan saya teruskan ke anak-anak muda di sekelilingku agar bisa mengasah kepekaan perasaan mereka.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Itulaah mba. Terkadang orang2 yg gampang sekali dicuci otak ini memang orang2 ga berpendidikan dan miskin. Jadi gampang aja percaya Ama orang2 yg bilang mati dengan cara gitu syahid. Mau kasian, tapi tololnya kebangetan

  35. Naia Djunaedi berkata:

    di manapun pasti ada oknum2 agama seperti ini, miris. Gimana kalo seandainya korban-korban ini bagian dari keluarga mereka sendiri?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yang penting pelakunya udah ikutan mati kok. Biarin aja langsung pertanggungjawaban perbuatannya di atas sana

  36. Erni berkata:

    Subhanallahu…. kerennnnn

  37. Djangkaru Bumi berkata:

    Saya bacanya ikut terbawa emosi
    peristiwa yang super heboh kala itu
    saya juga masih ingat berita berita di koran mau pun ditelevisi
    Wah kalau saya kesana, dijamin keder nih
    itu harga tiket tak ada perbedaan antara orang amrik dan wisatawan luar negeri ya
    kalau di tempat saya kan ada, harga tiket untuk bule lebih mahal
    Saya kalau wisata lebih suka beli minuman kemasan, jarang bawa dari rumah, ya biar ada perputaran roda ekonomi.
    photo-photonya menarik semuanya.
    Walau ada tempat dilarang untuk memotret

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sama semua harga tiketnya mas 😄. Mau foreign atau lokal, tak Ado perbedaan. Beda umur aja pokoknya 😂.

      Saya juga kebawa emosi selama di dalam. Sediiiih banget liatnya lagi. Apalagi pas denger suara2 mereka

  38. Andina berkata:

    Sejujurnya aku ngga tahu sampai ada museum dari tragedi ini. Tentu sedih mendengar ada banyak korban, sayang ya yang dikambinghitamkan agama yang yang justru mengajarkan perdamaian.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Itulah mba. Ntah apa yang ada dalam pikiran orang2 itu. Tega sekali membunuh orang2 ga berdosa dan membuat nama Islam jadi lebih jelek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.