D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jun 2015

29

MIE KOCOK MEDAN UTI ITI…NYASAR YANG MEMBAWA BERKAH

Bagi orang Sumatra, terutama di Medan, mie  kocok itu satu menu kuliner yang udah ga  asing lagi. Ada banyak penjual yang menjajakannya. Hanya tinggal memilih mana yang rasanya lebih enak. Agak susah menemukan mie kocok Medan di Jakarta. Sembilan tahun tinggal di sini, baru minggu kemarin aku tau ada yang menjual, itupun jauhnya ga tanggung-tanggung, Depok ! ;D. Jelas perjuangan banget menuju ke sana untuk aku yang bertempat tinggal  di Rawamangun. Ketemunyapun ga sengaja. Kita kebetulan nyasar pas mau melayat ke rumah teman yang memang tinggal di daerah Depok.

 Mie kocok berbeda dengan mie-mie rebus yang biasa. Kuahnya kental karena campuran maizena dengan rasa kaldu udang yang kuat.

  Mie kocok Medan Uti Iti, menyajikan mie kocok dengan rasa yang hampir mendekati  dengan mie kocok yang biasa aku makan di Aceh dan Medan dulu. Ga heran, mungkin karena sang koki , kak Retna, memang berasal dari sana. Merantau ke Jakarta, sempet bekerja kantoran, dan akhirnya memutuskan untuk berwiraswasta  setelah kelahiran anak kedua, dengan membuka warung mie kocok.

pd uti iti4pd uti iti5

 Ga perlu menunggu terlalu lama, semangkuk  mie kocok panas dengan wangi semerbak, benar-benar  membuat kita ga sabar untuk menyantap. Porsinya pas, dan yang paling penting, topping banyak berupa suwiran daging, potongan udang, kentang, tomat , tauge dan irisan kol. Sepertinya, harga Rp 15,000 untuk porsi yang generous begini, bisa dibilang murah banget 😀

Seporsi mie kocok Medan

pd uti iti7

 Aku menyeruput kuahnya yang ga terlalu kental. Sedikit kurang asin memang, tapi toh di meja disediakan garam bagi pembeli  yang lebih menyukai rasa asin. Kesukaanku dari dulu, selalu menambahkan perasan jeruk nipis supaya rasanya asam segar ;).

 Selain mie kocok Medan, warung kecil ini juga menjual chicken wings dengan rasa madu dan manis pedas.. Dua-duanya enak, ditambah gorengan kentang yang renyah dan gurih. Chicken wingsnya masih panas, karena baru dipanggang. Bumbu yang meresap, menjadikan dagingnya samasekali ga hambar. Tersedia juga  aneka pudding dan jus yang super  fresh!

Chicken wings 😉

pd uti iti2Aneka Puding enak

pd uti iti6

Mix fruit juice, Buah naga, strawberry, jambu dan tomat 😉

pd uti iti1

 Mengobrol  dengan  Retna, pemilik sekaligus koki, dia mengakui kalo mie kocok ini sudah dimodifikasi agar sesuai dengan lidah orang sini. Seperti kuah yang sengaja ga terlalu kental, karena  pelanggannya lebih menyukai tekstur kuah yang sedikit encer.  Asiknya nih, Retna mau menampung saran-saran dari kita agar rasa makanannya bisa lebih enak ke depan.. Aku hanya menyarankan supaya rasa kaldu udangnya ditambah, karena jujur aja rasanya agak hambar, dan sambel yang dibuat lebih pedas :D. Untuk lidahku yang menyukai cita rasa pedas, sambel di sana masih kurang menggigit 😉

 Apapun, warung mie kocok ini lumayan mengobati kangen akan mie kocok Medan yang selalu jadi langgananku.   Warung ini toh baru dibuka. Aku yakin, segala kekurangannya masih bisa diperbaiki. 1-1 nya kendala, cuma tempatnya yang terlalu jauh dari Rawamangun ;p.  Udah pasti pak suami bakal ngomel-ngomel berat kalo diajak makan kesana terlalu sering ;p..

Alamat Mie Kocok Medan Uti Iti:

Dalam pondok makan abang none.

Jalan Keadilan rt 04/08 (arah rawa denok).Pancoran Mas, Depok

42 tanggapan untuk “MIE KOCOK MEDAN UTI ITI…NYASAR YANG MEMBAWA BERKAH”

  1. Hastira berkata:

    memang kuliner indoneisa itu beragam, di cirebon ada kuliner yang dikenal dg mie koclok

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      wahhh blm prnh coba aku… cirebon itu jrg aku singgahin mba.. biasanya lwt aja kalo lg mw ke solo.. ntr ah, pas mudik ksana lagi

  2. Hastira berkata:

    kalau di cirebon ada kuliner yang dikenal dg mie koclok

  3. prananingrum berkata:

    mbak jepretannya bagus…kyknya enak banget ya jadi ngiler nih

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      makasih mbaa ^o^… kalo rumahmu seputaran depok, boleh lah dicari…tp jujur ya, aku sndiri udh lupa lokasinya hahahaa… ingetanku ttg arah emg super duper jelek

  4. mawi wijna berkata:

    Sebentar mbak saya garuk-garuk kepala dulu. Mie kocok itu asalnya dari Medan toh? Saya pikir malah Bandung karena dulu pas di Bandung ada banyak yg jual mie kocok dan yg jual bukan logatnya Sunda. Jadi aku pikir…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahaha…mie kocok bandung ada lagi… medan dan aceh pun ada ;).. tp beda rasa kayaknya… mungkin krn lama di aceh, ya aku lebih suka mie kocok aceh dan medan 😀

  5. El Nurien berkata:

    Ga nyesel nyasar, ya Mbak..

  6. Daridan berkata:

    entah kenapa setelah baca ini aku malah kepengen bisnis kuliner mba hihihi xD

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kalo kamu bisa masak, silahkan mba .. aku sih udh pasti ga laku kalo buka bginian ;p… mnding jd pencicip ajalah 😀

  7. khairiah berkata:

    Wah jd ingin mie kocok medan, dulu dekat rumahku ada yg jual

  8. Emakmbolang berkata:

    Mie kocok ini memang terkenal ya mbak, nggak afdol rasanya datag ke Medan tanpa mencicip Mie kocok. Itu Mix fruit enak nggak ya…. apa rasanya nggak aneh mbak?

  9. Keke Naima berkata:

    saya kirain mie kocok cuma di kuliner Jawa Barat. Ternyata di Medan pun ada yang namanya mie kocok. Saya baru tau dan berbeda denan mie kocok Bandung, ya 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      beda mbaaa… kalo yg di bandung ga gitu kental deh.. trs ada bakso ya kalo ga salah… kalo aceh dan medan, kuahnya kental, dan dari kaldu udang… :)..biasanya ga pake bakso

  10. cumilebay.com berkata:

    Lho mie kocok itu bukan dari bandung yaaa???
    atau ada persamaan gituuu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      di medan dan aceh juga adaaaaa ;p beda sih jenisnya mas… mie kocok bandung kuahnya g kental kan…kalo medan ama aceh lbh kental..

  11. Nathalia DP berkata:

    baru tau ada mie kocok medan… jd penasaran pgn nyobain… slama ini taunya mie kocok bandung aja 🙂

  12. Lukman Fitrianto berkata:

    Aku tunggu waktu saat itu, dimana Kamu akan mengajakku ketempat ini lagi,
    hahaha

  13. Beby berkata:

    Iss Kak, aku kira uda di Medan! -_-

    Mie kocok sama mie rebus itu sama ngga sih? Kok dari tampilannya sama. Bahahah.. 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      beluuummm ^o^… yg ini mungkin krn udh dimodif beb…krn org jkt itu ga suka kalo kuahnya kekentelan.. jd dibikin agak encer

  14. irmasenja berkata:

    waduuhhh,…gak pas nih bw jam segini ke sini, banyak makanan yg menggugah selera :)))

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahaha… soalnya aku doyan makan ;p.. makanya semua makanan yg prnh dicoba aku dokumentasiin di sini 😀

  15. ditutupnya dengan jus warna ungu, seger bingiit

  16. Lah, ini kok murah banget? Cuma 15 rebu! Huwahahaha. Harganya sesuai, rasanya mantap! Tapi gue waktu itu pernah beli juga deket Bintaro, Mbak. Lupa di sebelah mananya, rasanya enak, tapi harganya malah 12.000. 😀

    Mix fruit juice itu enak, ya? Gue kok malah nggak pernah nyoba minuman yang di-mix gitu. Payah dah gue. -__-

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ah, beda 3 rb doang Yog ;p…

      Mix fruit itu enak.. alu selalu suka kalo buah2an di campur git… rasanya jd kaya ;)..nano2 gitu deh :D..Tapi beneran, enak kok

      • Hahaha, iya, beda 3 ribu. 🙂
        Terus pernah makan di eatneat itu mahal banget, Mbak. Cuma sedikit, rasa biasa aja masa bisa sampe 30. -__-

        Oke deh, kapan-kapan harus cobain mix fruit. 🙂

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          eatneat mah komersil…kan taxnya tinggi ;p.. makanya serba mahal.. akupun blm ada nemu makanan yg bnr2 enak di sana -__-

  17. febridwicahya berkata:

    Mbak, aku baca postingan ini pukul 11.37, pas puasa mendekati masa laper-lapernya -_- tanggung jawab mbak, tanggung jawab 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      wkwkwkwkwk….. ntr ya, kalo aku k jogja, si bebi jg udh di sana, aku traktir kalian berdua 😉

  18. bunda raka-alya berkata:

    Oh…ini beda ya mbak dari mie yang dari bandung itu… Dulu pernah pas ke cimahi tempat kakak, katanya ada mie khas di sana…mi kocok…apa koclok ya…. Katanya pke tauge gitu…. Blm sempat nyobain, dah keburu pulang ke jogja… Btw, kuah udang dicampur ke mie..nggak amis ya mb??

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ga mba…kaldu udangnya malah gurih… beda loh ama mi kocok bandung 😉 memang hrs cobain yg khas medan ato aceh..tp memang susah sih nemu yg enak.. apalagi d jkt ini

  19. lalank berkata:

    Waaaaa yummy banget tuh kayanya. Apalagi saya pecinta mie juga 🙂

  20. Irwin Andriyanto berkata:

    Sekarang ada mie kocok murah…. tapi dalam bentuk mie instant

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.