D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Okt 2019

13

MERASAKAN AIR KORYO, MASKAPAI DENGAN RATING BINTANG 1, BERANI???

air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo

Salah satu yang bikin aku sangaaaat penasaran untuk ke Korea Utara, sebenernya karena maskapai mereka yang diberi bintang 1 versi Skytrax. Taukaaan,  perusahaan Inggris yang tugasnya mereview maskapai dan bandara di seluruh dunia, dan memberikan rating berdasarkan poin-poin yang mereka tentukan.. Jadi bisa dibilang , kalo suatu maskapai mendapat rating bintang 5, seperti Etihad dan Emirates, dipastikan dan dijamin penumpang akan selalu merasa aman dan nyaman saat terbang dengan maskapai tersebut.

 

AIR KORYO

air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo

Lalu gimana kalo rating yang diberikan cuma 1, seperti Air Koryo??? OMG, jujur yaaa aku langsung ngebayangin bakal terbang dengan pesawat uzur yang mungkin kerangkanya udah pada keropos wkwkwkwkwk, separah itu bayanganku. Sempet sih, jadi ragu mau ambil trip Korea Utara, tapiii, setelah aku coba cari tahu kenapa Air Koryo dikasih peringkat serendah itu, ternyata karena websitenya ga bisa diakses untuk pemesanan online, tidak ada miles yang bisa ditukarkan dan makanannya yang menurut survey ‘menyedihkan’ hihihi.. Jadi aku putusin tetep jadi ikutan tur kalo penyebabnya bukan karena masalah teknis yang bisa membahayakan penumpang, yo wiiis lah yaaaa :p. Bismillah aja

 

Muka masih tegang di pesawat, belum nyampe soalnya ;p

air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo

Peraturan wajib untuk  ke Korea Utara, semua turis harus  masuk melalui China, yang artinya udah pasti transit di sana. Transportasinya sendiri boleh milih naik pesawat ato kereta api.. Dari awal memilih Whatravel, aku udah tau kalo rombongan kami bakal naik pesawat kesana. Langsung ngerasa ga sabar pengen tau seperti apa pengalaman naik bersama Air Koryo.  Apa segitu buruknya hingga harus menyandang status bintang 1??

 

 

Saat Check-In di Bandara Beijing

Aku membawa 2 koper ukuran kabin saat ke Korut kemarin. Alasannya, karena bagasi yang diizinkan oleh Air Koryo hanya 23 kg, sementara pesawat Thai Airways yang membawa kami dari Jakarta – Beijing PP, boleh sampai 30 KG untuk bagasi. Kan pusiiiing mikirinnya.. Lah aku yang hobi shopping dan suka bawa printilan segala macem di koper, kalo exceed piyeee ;p.. Makanya kenapa aku membawa 2 koper kabin, karena aku yakin sepenuh-penuhnya itu koper, ga akan mungkin exceed dari 23 kg, kecuali aku nambahin batu bata ke dalamnya ;p

 

Saat Check in di kaunter Air Koryo, rada kaget waktu tau semua penumpang harus check-in 1-1 dengan koper masing-masing.. Biasakan kalo ikut tour travel, koper udah diurus oleh travel dan beratnya dihitung secara keseluruhan.. Jadi kalopun ada koper yang exceed, bisa ketutupan dari berat koper yang masih ringan. Naaah, Air Koryo ga mau pake cara begitu cuy ;p. Mau ga mau, satu persatu dari kita harus maju membawa koper yang bakal masuk bagasi.

Saat check in di Beijing International airport, counter AIR KORYO

air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo

Setelah koper ditimbang, itu nantinya harus masuk ke dalam scanning untuk mencek apa di dalam ada barang-barang berbahaya. Masih normal lah yaaa, karena maskapai lainpun seperti itu. Yang ga normalnya, itu scanning machine mereka ternyata super duper sensitive seperti pemimpin negaranya yang ga bisa disalahin sedikitpun ;p. Dan kalo sampe mesinnya mendetect ada barang aneh yang ga sesuai dengan database di system, alamat alarmnya bakal berdering nyaring, dan petugas akan menyuruh si pemilik koper membuka kembali dan mengambil barang yang dicurigai itu ;p. Lah masalahnya, barang yang kita anggab biasa dan ga pernah kena masalah kalo naik maskapai lain, bisa jadi pemicu alarmnya berbunyi. Bayangin aja alat pengeriting rambut temenku yang bentuknya silinder panjang disuruh keluarin dan ditanya detil itu apa. Mungkin mereka curiga itu dildo wkwkwkwkwkwk. Trus batre A3 pun disuruh keluarin karena dianggab berbahaya ;p.. Yang paling parah, souvenir gantungan kunci bentuk sempoa dan magnet kulkas hasil belanja di Beijing, juga sempet bikin alarm maskapai ini jerat jerit kecentilan hahahahah… Petugasnya sampe nanya tentang magnet kulkas, dan dia coba nempelin di mejanya yang terbuat dari kayu.. GA BAKALAN NEMPEL JONG UN ;p.. Temenku jelasin kalo itu nempelnya di besi.. Soooo, mungkin pelajaran kedepannya, siapin waktu yang cukup untuk check in menggunakan maskapai ini, karena serius check innya aja butuh waktu lumayan lama :D.

Tante Yetty dan pak dokter yang baik hati ;p

air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo

 

 

Boarding Time

Legaaa rasanya saat udah mau boarding.. Kami berbaris rapi, lalu melihat pramugarinya yang  ternyata memang cantik, tinggi dan lebih menarik  daripada pramugari maskapai Korea Selatan yang pernah aku naikin. Mereka ramah, murah senyum, tapi bisa sangat tegas kalo tahu ada penumpang yang mencoba mengambil foto mereka, karena itu dilarang. Masuk ke area dalam pesawat, aku ga melihat sesutu yang aneh ato jelek, sama aja kayak pesawat dengan seat 3-3 yang lain. Hanya saja harus diakui kain kursinya sudah agak pudar, tapi secara keseluruhan, bersih, ac nya dingin dan itu  cukup  buatku.

Bagian dalam pesawat yang diambil diam-diam 😀

air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo

 

 

Pramugari Air Koryo

Warna seragam mereka biru donker, dengan atasan blazer dan baju terusan pendek yang ketat. Blazer akan dilepas saat pesawat sudah berada di ketinggian yang aman. Jadilah mereka hanya menggunakan dress tanpa lengan yang pendek. Padahal harusnya dengan penampilan menggoda begini, maskapai ini bisa setidaknya mencapai bintang 6 #eh ;p. Yang aku denger, seragam pendek terbuka seperti di foto adalah pilihan presiden mereka.. Huiiibatttt, sampe urusan baju pramugari juga diatur cong hahahahah..

 

Seragam para pramugari, muka sengaja aku blur :D. Tx to mas Arievrahman yang berhasil ambil fotonya

air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo

Trip buddy kami, mas Arievrahman yang akhirnya mencoba memotret si mbak pramugari, walo hanya terlihat dari belakang.

 

Awal penerbangan, seperti pramugari maskapai lain, mereka memperagakan cara menggunakan alat-alat keselamatan. Yang unik, cara tangannya bergerak itu sangat gemulai, dan seperti menari! Sayangnya aku ga berani untuk memvideokan karena takut ditegur. Suka deh melihat gerakan-gerakan mereka.

 

Koran The Pyongyang Times juga dibagikan saat terbang, walopuuuun tidak untuk semua penumpang ;p. Isi koran ini tentang kegiatan sang Presiden Kim Jong Un saat bermain-main dengan rudalnya ;p. Oh iya, yang menerima koran dengan photo si penguasa terpajang di depan, jangan coba-coba melipat di bagian wajah, menjadikan korannya kipas, bungkus pisang goreng, alas duduk untuk piknik apalagi pake digambarin jadi badut Joker segala. Beuuughhh, nasib lu selesai saat itu kalo ketahuan cuy ;p. Itu koran harus dilipat di lipatan yang bener, simpen sepenuh hati, dipigura kalo bisa, seperti yang dilakukan mas Arievrahman yang beruntung mendapatkan koran ini wkwkwkwk. Kalo ga yakin bisa menjaga korannya, mending  ga usah minta ke pramugari ;p.

 

The Pyongyang Times kepunyaan mas Arievrahman ;p

air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo

 

Flight Entertainment

Salah satu poin maskapai Air Koryo mendapat rating rendah, karena tidak adanya hiburan di pesawat ini. Tapi jangan sediiih kalian, sebagai gantinya, ada beberapa monitor digantung di atas yang menayangkan film sejarah tentang Korea Utara ;p. Ntah itu festival Korea Utara, atopun tempat-tempat wisata bersejarah yang bisa didatangi :D. Kapan lagi coba ngerasain maskapai paling unik dengan hiburannya yang berani tampil beda ;p. Sambil wisata kalian bisa belajar sejarah.

air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo

 

Makanan di Pesawat Benar Menyedihkan?

Aku ga tau menyedihkan yang dimaksud Skytrax maksudnya apa.. Pada saat pergi, semua penumpang mendapat sekotak sandwich isi 3, dan minuman yang menurut mereka juice.. Tapi aku icip sih lebih ke soda anggur. Nah sandwichnya sendiri bukannya ga enak.. Rasanya lumayan kok. Setidaknya bisa mengganjal perut selama 2.5 jam penerbangan.

Dapet sandwich pas pergi (Beijing-Pyongyang)

air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo

Lalu saat pulang, makanannya berupa Chicken burger. Ukurannya memang ga seperti burger sekelas Carl’s Jr ato Flip, tapi beneran lumayan dari segi rasa..

Chicken Burger pas pulang

air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo

 

 

Kartu Kedatangan dan Bea Cukai

Baru kali ini aku mengisi kartu kedatangan dan mendeclare barang bawaan dengan benar, saking takutnya kena sanksi ama petugas di bandara ;p.. Untuk kartu kedatangan isinya lebih detil sampe ditanya pihak yang mengundang kesana siapa.

 

Yang lebih unik, barang yang harus dideclare termasuk di antaranya telur dan buah. Temenku yang tadi bawa telur rebus sisa sarapan di hotel Beijing langsung mentick telur yang dibawa, dan aku yang kebetulan bawa 1 plum doang, juga ikutan mendeclare ;p. Abisnya, ga ada bayangan sedikitpun tentang negara inikan.. Lah pas Check in di Beijing aja semua isi koper diperiksa detil byangettt, mungkin aja tas-tas kami diperiksa lebih detil lagi sesampai Pyongyang. Daripada pulang tinggal nama dianggab ga patuh, mending cara aman tho ;p.

 

Welcome To Pyongyang Airport

Susah menggambarkan apa yang aku rasain saat landing. Pemandangan kota Pyongyang yang sangat hijau dan cantik dari atas, lagsung bikin ga sabar untuk eksplor kotanya. Tapi sebelumnya kami harus melewati imigrasi yang mungkin bisa lebih galak daripada imigrasi di negara lain. Ternyataaaa, aku beruntung dapat staff wanita yang langsung SENYUM saat aku memberikan pasport. Dia hanya menanyakan nama lengkap, dan tujuanku ke Pyongyang untuk apa. Done.. Pasport aman tidak dichop.

Pyongyang Airport

air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo

Tapi saat bagasi sudah dicollect semua, muncul another drama pemeriksaan kedua hahaha. Ternyata koper dan hp kembali diperiksa dan jika ada yang membawa buku, ato kitab suci,  itu siap-siap harus disita sih ;p. Kasian trip buddy kami, yang harus menjelaskan buku motivasi yang dia bawa ;p. Intinya, para staff pemerintah ini melarang turis membawa buku-buku propaganda Amerika terhadap Korut ato hal-hal berbau agama karena mereka ga mau warga negaranya ada yang terkonstaminasi dengan segala hal di luar yang tertutup bagi mereka. Agama itu tidak diakui di Korut, karena itu kitab suci terlarang dibawa. Guide lokal kami bahkan sampe bilang gini saat menjelaskan apa yang tidak boleh dilakukan di Korea Utara, yang mana salah satunya, “jangan menyebarkan agama yang kalian anut, apapun agama kalian, please do in the private area”. Serius dia bilang begitu loh 😀

 

Akhirnya punya visa Korea Utara ^o^

air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo

 

Setelah semua clear, aku sempatin memandang bandara mereka yang kecil tapi sangaaaat mengkilap dan bersih di segala sudut. Ga ngerti lagi gimana cara jenitornya bekerja sampe bisa semengkilap ini ;p.

 

 

Bagian dalam airport yang super kinclong. Photo taken by pak Dokter Herman Angran

air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo air koryo, wisata ke korea utara, whatravel tour recommended, review air koryo

 

So, setelah merasakan semuanya, apa Air Koryo berhak mendapatkan rating bintang 1 itu? Hmmm… kalo memang karena masalah miles, website yang tidak bisa diakses secara online dan masalah makanan, aku terpaksa membenarkan, walopun makanan mereka tidak menyedihkan itu. Tapiiiiii seharusnya POINT Service masuk ke dalam pertimbangan, karena service dari para pramugarinya patut diacungin jempol. Mereka ramah, mudah tersenyum, bisa berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris dan penampilannya berhak dikasih nilai yang lebih baik 😀 . Pesawatnya sendiri walo tua, tapi sangaaaat terawat laik terbang, daaan, bagian kakinya lega loooh. Selain Economy Class, pesawat ini juga ada Business class, yang tempat duduknya jelas lebih nyaman dan besar. Tidak sebagus di pesawat modern, tapi keliatan bedanya dari seat ekonomi.

 

Bagi kalian yang tergila-gila dengan pesawat, cobalah setidaknya sekali seumur hidup, merasakan naik maskapai Air Koryo dan buktikan sendiri apa dia berhak untuk diberi rating serendah itu .. Jangan lupa, pilih travelnya WHATRAVEL yang udah terbukti bisa memberangkatkan peserta ke negara unik seperti KORUT 😉

 

IG WHATRAVEL: @WHATRAVEL

Contact Number: 082129632841

 

 

CERITA LAIN TENTANG KORUT:

  1. Monumen yang wajib didatangi saat di Korea Utara
  2. Melihat harta karun di International Friendship Exhibition

 

 

104 tanggapan untuk “MERASAKAN AIR KORYO, MASKAPAI DENGAN RATING BINTANG 1, BERANI???”

  1. lendyagasshi berkata:

    Aku suka banget banget banget tulisannya kak…
    Berasa ikutan traveling ke Korut.
    Hawanya beda yaa…kalau ke sana.
    Meski kondisi politiknya begitu dengan kepribadian mereka, aku salut.
    Korea Utara berani tampil beda.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku jg saluuut ama keberaniannya .. berani diembargo, berani dimusuhin negara2 adikuasa :D.. apalagi setelah melihat lgs negaranya.. yg ternyata bedaaa bgt dr apa yg diceritakan

  2. Ria berkata:

    kl gak boleh bawa kitab suci (ya gw gak pernah juga sik) trus kl pake atribut keagamaan kyk kalung salib gitu dilarang juga kah?

  3. Nasirullah Sitam berkata:

    Bayangin kalau ikut trip ke sini, niat mau motret & merekam jadi mikir berkali-kali. Takut salah dan yang lainnya ahahhahah

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kita sampe banyak minta izin loh ama lokal guide pas mau foto2 ato bikin video mas ;p. saking takut slaah

  4. Heniajaa berkata:

    Wah segitu ketatnya ya aturan di sana… Smpe bw buku aja dan buah juga oleh”tempelan kulkas ja di cek segitunya.. Q geli pas magnetnya ditempelin di kayu… Mungkin ga da kulkas wk wk… Sama ngelipat koran yg ada gbr pemimpin nya aja kudu ati” jgn smpe ketekuk dibagian yg ada gbr dia… Tp begitulah namanya aturan tiap maskapai / negara beda” kita yg kudu matuhin biar aman…dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung… Pernah dnger gak pepatah lama tu mbak..

    .

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      pernaaah dong ;).. malah lokal guide yg org korut sempet ngomong, “when you’re in North korea, please do what the north koreans do”

  5. leli berkata:

    Waw aku bacanya sambil deg-deg an kirain ada apa ya sampe di rate bintang 1. Ternyata malah menemukan bahwa pramugari air kroyo cantik, serta bandara disana yang kinclong.

    bener juga. Mana lagi yang bisa bawa tour trip ke korea utara selain whatravel. keren yaaa.
    unik destinasinya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      bangeeet ;).. whatravel kereeen bisa bawa peserta ke negara yg reputasinya aja udh serem utk ditembus 😀

  6. Faisol Abrori berkata:

    Whaks…. Seriusan ke Korut, wah aku tegang tegang gimana gitu baca artikel ini, wkwkwkwk… Seru tapi ya, salam kenal mbak..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hai mas ;)… korut tidak semenyeramkan itu loh ;).. negaranya cantik, orang2nya sangat ramah ke turis.. kamu hrs datang 😉

  7. Yuli Aenuropiq berkata:

    wahh keren yahh bandaranya, galpoknya sama makanan rotinya mba…ehehe

  8. Sumayyah Tsabitah berkata:

    Mbakk seru banget tulisannya baru dr naik pesawat menuju korutnya.. Apalagi jalan2 disananya yaa..

    Btw itu visanya ga boleh pake kerudung mbak? Pas jalan2 disana juga ga boleh?

  9. Haryadi Yansyah | Omnduut berkata:

    Aku baca tulisan ini aja ngerasa degdegan loh hahaha. Bener-bener kalau belum pernah ke sana kayaknya horor. Tapi kalo udah ngerasain sendiri kayaknya gak begitu juga ya mbak 🙂

    Salu, sampe baju FA aja presiden ikutan “mikir” ya hwhw. Dan, aku jadi penasaran banget, pengen nyobain terbang pake maskapai ini.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kamu harus ikutan trip ke korut ini mas ;).. pengalaman paling berharga bisa dtg ke negara paling misterius dan tertutup sdunia 😀

  10. nur rochma berkata:

    Kalau belum pernah ke Korut kudu nyari info banyak2 biar selamat sampai pulang. Sampai foto pramugari saja dilarang.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyeees, ikutin aja apa aturan di negara itu.. jgn sampe kita malah melanggar yg paling fatal.. turis amerika yg kmrn ditangkap dan meninggal itu krn dia ngelakuin kesalahn fatal bgt… mencuri barang propaganda di hotel.. yakaliiiii barang yg suci begitu dicuri .. bodo banget sih itu

  11. ratutips.com berkata:

    hehhehe emang kadang kasian juga ya ratingnya ampe bintang 1 padahal baik2 aja.. kalau setiap kekurangan memang selalu ada di setiap maskapai ya kak.. cuma mungkin ada beberapa kekurangan yang tidak bisa ditelorin.. yang penting walau bintang 1 perjalanan selamat ya kak hee

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      paling penting itu ;p. rating boleh rendah, asal jgn krn masalah safety penumpang ;p. kalo itu baru serem

  12. Gilang berkata:

    Mba,kalau aku ketawa di sini aman kan ya huehehe. Humorku sungguh receh, langsung terhibur sejak menemukan kalimat: ngebayangin bakal terbang dengan pesawat uzur yang kerangkanya udah pada keropos hahaha. Seriusan ini blogpost mengedukasi soal pesawat Air Koryo tapi sungguh menghibur. Seneng banget aku ngikutin cerita mba tentang traveling ke Korut. Dan yang alarm bunyi nyaring gegara gantungan kunci bentuk sempoa itu sungguh menggelitik. Ditambah di sini dilengkapi magnet kulkas yang dicobain ditempel di kayu sama petugasnya wkwkwk. Yang namanya magnet mana ada yang nempel sama kayu yak hahaha.
    Inshaallah kalau ada rezekinya aku pengen nyobain juga nih ke Korut pake Whatravel :))

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      haruus mba ;).. dijamiin ga nyesel dan pasti seneeeeeng ama negara korut ini. service dari whatravel juga jempolan ;).. beneran happy deh aku bisa kenal mereka

  13. Cindy Vania berkata:

    Seru banget pengalaman naik Air Koryo nya. Aku belum lama liat reviewnya di yutub, kocak bgt sih yg ekonomi dan bisnis itu bedanya ga jauh.
    Mana yg bisnis ga bisa pesen makan minum seenaknya 😆

    Menyenangkan yaa pengalaman ke Korea Utaranya mba

  14. roosvansia berkata:

    Menurut aku pesawatnya ngga jelek kok. Apa karena bandingannya dengan pesawat kelas dunia x ya. Btw pramugarinya kece hihihihi, pakai dress tanpa lengan gitu kyknya memudahkan mereka bergerak. Tapi apa mereka ngga kedinginan ya. Tapi udh biasa juga x ya hiihihi. Ak tunggu cerita berikutnyaaaaa.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      emang ga jelek mba… masih sangat layaaak kok utk terbang ;).. bener2 terawat… kyknya orang2 sini memang sangat mentingin maintenance sih.. toh mereka sadar susah membeli pesawat2 baru dari boing dan airbus. palingan cuma pesawat2 rusia ;p.. jd apa yg ada yaa dijaga

  15. Damar Aisyah berkata:

    Wee, ini jalan-jalan bareng Mas Ariev itu to? AKu sempat baca postingan Mas Ariev, dan langsung penasaran kayak apa situasi di Korut. Maaf, aku ngebayanginnya yang enggak-enggak, Mbak. Suwer, kekeke.
    Btw, ternyata nggak separah yang dibayangkan ya. Udah dibela-belain tegang gitu wajahnya, kekeke, galfok aku lihat fotonya. Apalagi seragam pramugarinya. Hebat tenan Pak Presiden Korut itu. Jangan-jangan beliau sekolah mode.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      wkwkwkwk bisaa jadiiii. jgn2 sbenernya dia sempet jd designer baju yaak ;p.. segala2nya diatur.. waktunya cukup banyak berarti 😀

  16. Nurul Sufitri berkata:

    Wow….jadi seperti ituuu rasanya naik Air Koryo? Hihihihi… ya sih peraturannya super duper ketaats melebihi rok mini ketatnya waakakakakka 😀 Ratingnya 1 tapi kalau kubaca cerita mb Fanny, seru juga ya. Eh penumpang disuruh belajar sejarah pula hihihi. 2,5 jam lumayan ya tapi makanan dan minumannya kurang nendang kayaknya. Lah jadi kalau kita mau bawa Al Qur’an ga bisa toh, mbak? Itu gimana yak?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ga bisa mba.. bakalan disita dan dibuang.. mending bawa aplikasi alquran yg bisa didownload… kalo dlm bentuk buku haram hukumnya 😀

  17. thya berkata:

    naik maskapai air koryo itu memang udah pilihan dari tour travel nya ya mba?
    kalo aku kayaknya bakal deg2an kalo tau itu maskapai bintang 1..
    awalnya ku kira, dapet peringkat bintang 1 gara2 sering kecelakaan dll.. ngeri banget bayanginnya.. haha.. eh, ternyata bukan yaa.. cuma karena website ga bisa di akses dll aja.

    btw, presidennya iseng banget.. seragam pramugari dia yg atur.. haha.. biar seger kalo naik pesawat kali yaa.. hehehe 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      itu mah peraturan dari negaranya mba.. bukan dr travel yg dipake… Korut mengizinkan turis datang kesana, tp harus naik maskapai mereka .. ga ada nego2 naik maskapai lain ;p.

  18. Rudi Chandra berkata:

    Pengalaman yang keren mbak.
    Walau banyak adegan lucu yang terjadi di dalamnya. 😀

  19. deddyhuang.com berkata:

    seru!

    selama ini korea utara kan tertutup dari media, sekarang perlahan-lahan udah mulai ada titik cerah. keren euy mas Ariev bisa tembus ke sana.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      mas ariev memang kewreeeeeen ;).. ga kapok deh mas ikutan whatravel… jempoool. dan aku jd nagiih ikutan trip mereka

  20. Eryvia Maronie berkata:

    Pengalaman yang berharga banget nih, Fan. Pramugarinya sexyyy, hihi.

    Dan ternyata seketat itu ya soal agama di sana. Namanya juga negara komunis, ya gak ada agamanya. Sedih akutu….

  21. Rizka Edmanda berkata:

    Sebegitunya ya negara komunis sampe seragam pramugari diatur tapi unik juga hehe, btw kalau dari review mba Fanny kayaknya pesawatnya ga jelek jelek amat interiornya cukup oke dibanding pesawat singa 🤣

  22. ursula meta rosarini berkata:

    Wah kasian juga ya kenapa ratingnya sejelek itu, padahal fasilitas dan pelayanan air koryo ga sejelek itu. Aku salfok sama curlier & magnet kulkas yg dianggap barang berbahaya, segitu konyolnya ya hahahaha, lucu tp bikin kesel

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      wkwkwkw aku rasa mereka belum pernah melihat alat pengeriting rambut dan magnet kulkas.. tp anehnya ada loooh magnet dijual di sana.. walopun modelnya jadul abiiis ;p

  23. Reyne Raea berkata:

    qiqiqiqiqiq, liat foto-fotonya, kayaknya masih kebawa aura tegang tuh 😀

    Btw sama nih kita mba, saya juga paling detail kalau menyangkut hal-hal yang memang sudah diharuskan demikian.

    Entahlah mau ngomong apa lagi mengenai negara yang ‘aneh’ ini, tapi memang mereka hidup sesuai apa yang mereka butuhkan ya, makanya nggak mau memaksakan diri jadi kayak yang lain, misal bangun bandara besar nan canggih, pesawat yang mewah dan sebagainya.

    Padahal, kalau baca-baca dari 2 postingan sebelumnya, seharusnya sih bisa saja mereka lakukan ya.
    Bahkan maskapainya saja diberi rating bintang 1, mereka semacam nggak peduli hahaha.

    kalau saya memang hal yang paling utama itu pelayanan yang ramah.
    Itu bener-bener menjadikan hal yang utama.

    Perasaan, dari kemaren saya baca, orang-orang sana itu amat sangat ramah ya 🙂

    Btw, gara-gara 3 postingan mba Fanny, saya jadi tergiur pengen ikutan ke sana, maybe someday.
    ye kan, yang mainstream udah nggak menarik lagi rasanya, saking sering didatangin orang, dipamerin, dan banyak yang membagikan, tapi traveling antimainstream gini, jarang banget dilakukan orang-orang 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      naaah iyaaa. hebatnya negara ini, mereka cuma fokus sama hal2 yg mereka butuhkan.. apa susahnya sih bikin pesawat yg canggih, sedangkan utk bikin nuklir aja itu keciiil buat mereka :D.

      salut sih yaaa. dan akupun takjub krn orang2 di sana sangat ramah.. bener2 beda jauuh dr anggapan ku semula mba.. aku awalnya jg ngira mereka ini kejam dan angkuh seperti pemimpinnya :D.. ternyata ga samasekali

      • Reyne Raea berkata:

        Justru karena mereka patuh ama pemimpinnya, jadinya hidupnya lebih ringan ya, kuncinya patuh, maka hidup bakal baik-baik saja hahaha.
        Karenanya, beban mereka lebih ringan, dan bisa lebih ramah, ga maramara kayak mostly orang di negara tercinta ini, hahahahaha

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          beneeeeeer… idup mah simple aja sbnrnya ya rei. patuuuh, udah cukup. ga usah neko2 demo segala nuntut aneh2 hahaha..

          kan lbh enak hidup tentrem tooh kayak gini :D. #trusakudibullymassal #dikirapembelakomunis hahahaha

  24. Justin Larissa berkata:

    SERU BANGET! Aku bacanya degdegan tapi ya lucu juga sih. Aku pikir pas di pesawat, jadi ajang cuci otak hahahaha. Ternyata dicuci beneran tapi pakai sejarah Korea, nice sih. Mba Fanny, dari segala barang yg bikin mesin scan itu kecentilan, apa ada yg disita sama petugas?

  25. Firsty Ukhti Molyndi berkata:

    wahh mbak kerenn.. pesawatnya canggih bgt. tp aku takut ke korut. seremm

  26. alfan ismail berkata:

    horor nggaksih naik ini, kaya gak di updateteknologinya

  27. Swastikha berkata:

    Aku kalau bepergian ke luar negeri area imigrasi yang paling aku takuti walaupun sebenarnya belum pernah ada masalah (jangan sampai dah).

    Seru baca ceritanya mba fani soal korut. Bikin penasaran

  28. febridwicahya berkata:

    Ajegileeeee, ke KORUT dooooong wwgwgwgw naik maskapai rating bintang satu juga dong. Sungguh berani sekali travelingmu mbaaaa 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      adrenalinku udh lama ga dipompa feb ;p.. pergi ke korut itu supaya dapat suntikan adrenalin lagi hahahaha

  29. Hastira berkata:

    makasih infonya, siapa tahu aku bisa naik pesaawat ini juga

  30. Ibadah Mimpi berkata:

    Wahhh gokil. Korea Utara memang menjadi salah satu negara yang membuat kami penasaran pengen traveling kesana.
    Gak nyangka aja mbak. Keren bisa kesana…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kalian hrs kesana sih ;).. seriuuus itu pengalaman berharga banget. bisa melihat lgs negara yg sering diceritakan jelek, tp kenyataannya, cantik, ramah dan hebat2 kotanya

  31. Brillianty berkata:

    wow.. ternyata beneran ada ya orang indonesia yang travelling ke korea utara, bener-bener uji nyali banget ini. hebat euy. aku bacanya sambil deg-degan, takut2 ada cerita yang tidak mengenakan.

  32. Didit berkata:

    Keren ceritanya mbak. Sya jd pngen jg nyobain.

  33. Herva Yulyanti berkata:

    Baca dari awal sampe abis geleng-geleng kepala mba Fan wkwkwk..itu dari mulai magnet kulkas doang ditempel ke kayu mmm nganu kok pandai keblinger 😀

    Baru tahu eta seragam pramugari oge diatur yah sampe koran aduh kebayang aku takut ceroboh robekin dikit tuh koran duh ngeri 😀

    Saking tertutupnya yah kitab suci aja ga boleh berarti Sun Go Kong dan kawanannya ga ke KORUT pastinya karena ga bakalan nemu kitab suci halah hahaha…

    mantab mba Fan semoga aku juga bisa rasain nih air koryo

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      wkwkwkwkwk percumaaa yaaa son go kong ke sini ;p.. yg ada mereka disuruh pecahin batu2 kali utk bahan bangunan hahaha

  34. Monda Siregar berkata:

    status bintang 1 itu yang bikin deg2an ya…
    untung sih minusnya bukan di keselamatan ya, cuma karena standar internasional aja yang membuat nilai kurang
    tapi ya banyak aturan itu juga sih yang bikin nambah deg2an

  35. Sulis berkata:

    Oh, kitab suci pun ga boleh masuk mba? Lha agama orang2 Korea Utara itu apa to mba? Atheis kah? Ketat banget ya aturannya..di semua lini.. aku penasaran sama orang2 di sana? Kalo mereka hormat sama penguasa gitu, karena terpaksa atau karena ikhlas ya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      agamanya atheis mba.. mereka ga beragama di sana.. ntahlah mereka takut ato ikhlas memuja penguasanya.. yg pasti, kalo ditanya sih mereka lgs memuja2 gitu.. ga ada alasan sedikitpun kalo penguasanya kejam ato diktator, malah menyalahkan org yg dihukum krn tidak patuh

      • Ratutips.com berkata:

        Kalau denger masalah agama serem juga ya ka fanny dengernya.. kita mah ckup diam saja ya kak.. menghargai agama d setiap bangsa

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          iyaaaa, kalo udh urusan kepercayaan org lain, aku mah ga mau ikut campur campur. hormatin aja prinsipku :). ga akan selesai2 kalo udh urusan agama yg paling bener

  36. Buleipotan berkata:

    Habis!
    Bule baca sampai habis saking penasaran dengan aturan mereka di bandara.
    Trnyata seketat itu. Bikin ngeri bawaanya. wkwkwkwk

    kasihan mereka gak dikasih kesempatan untuk menganut kepercayaan, padahal itu Hak Asasi Manusia paling dasar.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyaaa kasian soal agama itu.. walo begitu ada sih tempat ibadah kuil utk budha, cuma yg aku tahu, siapa yg memeluk agama, kehilangan hak lainnya mba.. lupa deh hak apa yg hilang..

  37. Riza Alhusna berkata:

    Pramugarinya roknya pendek bangettt, wkwkwkwk

    Pengen gw pangku deh rasanya

    Wkwkwkwk

    Lu mah mbak, dibilangin jangan pajang poto banyak-banyak masih aja bandel.

    Huft

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      huuush.. mau disuruh mecahin batu seumur idup ya di sana :p. kita kan ga tau, jangan2 pramugarinya selir si anu :p wkwkwkw

  38. Yoga Akbar S. berkata:

    Jadi kalau enggak ketahuan motret tuh sah-sah aja, ya? Tinggal kita aja yang menerapkan etika buat bikin blur wajahnya? Ehehe.

    Kemungkinan terburuk seandainya ketahuan tuh apa, Mbak?

    Ketat juga itu peraturan soal koran yang ada tampang pemimpinnya. Apa kabar saya yang sering bungkus paket gitu menggunakan koran karena lebih hemat daripada beli kertas kado? Bakal ketangkep duluan. Wuahaha.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahah kalo ketahuaaan, itu disuruh apus mas :p. blm sejahat itu jg sih mereka , sampe ditangkap segala :p. tp kalo yg ttg koran, itu memang hrs hati2. krn pernah ada turis yg ga sengaja nyimpen bendera mereka doang di bawah tas, yg ditinggal dlm bus wisata, itu ditegur keras. trutama guide nya yg kena ..

  39. Astriatrianjani berkata:

    Saya fokus ke bandaranya yang memang bersih banget. Dan kelihatannya nyaman buat santai-santai he..he…😁

    Liburannya mbak fanny anti mainstream ya, bisa sampai ke korea utara yang terkenal sama nuklirnya.
    Padahal kebanyakan orang pilihnya korea selatan yang banayak artis kpopnya…..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      mungkin krn aku ga suka kpok, ga suka drakor. pernah sih ke korsel, tapi ya ituuuu, ga berkesan :p. jauuuuh lbh bgs korut kemana2 mba :D.

  40. Alid Abdul berkata:

    Uda sering lihat vlog tentang Air Koryo. Klo menurutku dia dapat bintang satu ya karena enggak banyak yang naik dan gak banyak rutenya. Lah wong cuma ke Tiongkok doang. Klo urusan yang lain-lain udah setara low carrier deh menurutku.

    Airportnya bersih kinclong ya karena emang penumpang nggak ada yang bersliweran. Pernah lihat vlog yang yang gambarin airportnya kek kuburan, masuk ke business lounge juga dia doang yang masuk.

    Yang lebay memang media sih. Aku sih suatu saat pengen naik, cuma duitnya mending buat trip yang lain dulu ehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahaha iya juga sih mas. rute pesawatnya cm tiongkok doang :p. mungkin ntr di tambah rusia kali yaaa. secara kereta api moskow pyongyang udh mulai jalan nih :D.

      aku sih secara pribadi ga masalah ama semua kekurangan air koryo . selagi masalahnya bukan keamanan aja deh. kalo cm miles, halaaah garuda dan yg lainnya aja ga pernah aku kumpulin wkwkwkwk

  41. Shovya berkata:

    Daebakk.. 😮 Ilmu pengetahuan baru.. walaupun belum pernah naik, tapi bisa membayangkan nya berkat sharing nya mbak Fanny 😍 sepenasaran itu dengan negara ini. Sambil terbang sambil nonton film sejarah juga.. pokok nya negara ini unik banget.. thanks for share mbak Fanny 😘

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      makaasiiih mba udh mampir dan baca :D. aku seneng kalo tulisanku bisa jd bayangan utk orang2 yg membaca.. walopun blm ikutan naik, tp setidaknya udh ada bayangan dulu akan seperti apa 🙂

  42. malesmandi berkata:

    kayaknya lebih serem naik singa sih mba dududu…

  43. wisnutri berkata:

    Ya Allah, sampai se-ketat itu peraturannya. Tapi pas dibagiin koran itu, apa ya dijelasin sama petugasnya mbak (yang masalah nggak boleh dilipet-lipet dan sebagainya itu)? Secara, misal para turis nggak sengaja dan belum tau ada aturan macam itu, ngeri juga sih, harus ditahan sama pemerintah Korea Utara.

    Geli pas baca tempelan magnet kulkas harud ditempelin di meja kayu. Yakali, sampai lebaran gajah juga nggak bisa nempel itu pak xD

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      gaa, mereka ga ksh tau kalo koran ga bisa dilipet :p. dianggab udh tau kali yaa. ato mungkin kalo terlihat mereka, ya diksh tau dulu, sebagai pendatang baru, mungkiiin loh yaaaa :p

  44. lianny hendrawati berkata:

    Pemeriksaan di bandara ketat sekali ya, hp juga diperiksa? wow.
    Pakaian pramugarinya sexi hehehe.
    Naik pesawat itu yg penting faktor amannya ya, kalo masalah makanan dll bisa jadi nomor sekian deh. Yang penting bisa aman, mendarat lancar selamat.
    Sepertinya aku sudah komen di postingan ini, tapi kok nggak ada ya, eh apa memang belum ya? *lupaa 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      adaaa mbaaa krn semua komen di moderasi :P. harusnya masuk kok :D.

      nah iyaaa buatku itu yg ptg aman. Mau ga ada poin miles kek, makanannya ga enak, bodoamat lah. jauh lbh bgs ini drpd maskapai singa hahah

  45. Nita tiwi berkata:

    Aku senyum pas pengandaian haruse pas blazer dilepas, dapat bintang 6 hahahhaga

    Seru…tapi bener ey ketat banget dari a_z nya ya mb, makanya kita orang ngikut ajalah biar selamat karena lain ladang lain belalang lain lubuk lain ikannya hahahha
    Jadi tetep ikutin aturan2 mereka

    Pun demikian dg moda pesawarnya y

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      betuuuuul sekali ;). pokoknya di manapun kita berada, ikutiiin aja deh apapun aturannya. biar aman dan nyamaaaan ya nit 😀

  46. Jhon simpel berkata:

    Wah.. blog wisata traveling ternyata, suka travelling ya.., oya.. memang nya gak di larang kalau meliput atau menulis tentang korut….

  47. Nining berkata:

    mbaca cerita mbak Fannu dari awal sampe akhir aku degdegan asli, sampe gak ngeh kalo ceritanya udah kelar. Sampe gk oercaya udah kelar aku cek sekrol2 hahahaha. Foto mas ariev dkk asli bisa setegang itu apa gmn sih mbak?

    Masuk ke sana meski bagus ke mana2 dari Korut tapi kalo deg2an gak ayem kok ya piyeeee gitu ya mbak? *halah belum ngerasain sendiri wes komen wae* :))))

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      itu mah foto ariev dan dkk sengaja memang sok tegang hahahahah. aslinya abis foto mereka ketawa2 mba ;p. kamu memang harus ngerasain sendiri, biar bisa liat kalo korut itu asyik dan cantik bangetttt 😀

  48. Matius Teguh Nugroho berkata:

    Jadi minimal jangan bintang 1 banget lah ya, bintang 2 atau 3 gitu kek. Nah, soal keramahan North Koreans ini yang menurutku menarik dan mindblowing. Untungnya flight nggak sampe 3 jam, jadi masih bisa bertahan tanpa in-flight entertainment. Tinggal buka Netflix, wkwkwk.

    Mungkin Skytrax nggak cuma menilai rasa, tapi juga porsi dan packaging, dan menurut mereka makanan Air Koryo menyedihkan.

    Bandaranya bersih karena rajin dibersihin tapi customer sedikit hehe 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      nah iyaaaa, minimal 3 kek, soalnya ga sejelek itu jg pesawatnyaaa hahahah….aku masih berharap korut ini bisa terbuka nantinya, ato bergabung dgn korsel, walo masih mimpi banget.. ga kebayang 2 negara hebat, kalo bersatu ;)..

      iya siih, bisa jd krn ga banyak turis, jd airportnya lbh sering kinclong ;p

  49. Justin Larissa berkata:

    Ceritamu lawak banget mba belakangan ini, khususnya soal Korut. Cerita Air Koryo ini menarik banget, apalagi film sejarah asli kocak banget hahahaha! Mba pas transit Beijing, berarti pake ada visa Cina ya? Atau VoA? Soalnya kan ganti maskapai, keluar imigrasi gak ya?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha, aku pun ga nyangka kalo trip korut ini bakal amat sangat memorable :D. Pake visa lagi mba ;). dan itu udah include ama biaya trip. dapet yg multiple pula visa chinanya 😉

  50. Fionaz isza berkata:

    Kok aku jadi mupeng pengen masukin Korut dalam list liburan jadinya.
    Gak bisa bayangin kak, pas menginjakkan kaki di Korut kayak ngeri-ngeri sedap gitu..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.