D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Sep 2019

16

WISATA KOREA UTARA: MONUMEN WAJIB YANG HARUS DIDATANGI SAAT KE KOREA UTARA

korea utara, kim il sung statue, wisata korea utara

Apa yang kepikiran kalo mendengar nama Korea Utara atau Democratic People Republic of Korea (DPR Korea)? Pasti bayangan  seram, menakutkan, pemimpin kejam, negara ga berkembang, cuma bagus di bagian depan, sampe ada vlogger yang asal ngejudge negara ini sebagai the most depressing country in the world. Aku ga tau dia ke bagian mana dari Korut sampe bisa punya gambaran seperti itu. Karena yang aku rasakan, totally different , dan ga ada depressing-depressingnya…

 

Negara ini sudah lama bikin penasaran. Pertama, karena keluarga suami pernah tinggal di sana 4 tahun, saat papa penempatan diplomat di Pyongyang. Pak suami yang masih 3 bulan saat itu, diboyong ikut ke DPR Korea. Mama mertua sering cerita momen-momen ketika mereka tinggal di sana. Mostly semuanya bikin happy, apalagi dengan embel-embel negara komunis, semua harga murah merata. Even menurut  mama, gaji papa bisa dibilang hanya sedikit terpakai dan banyak ditabung, saking murahnya kehidupan di sana .

 

Kedua, taukaaan aku tipe yang ga gampang percayaan ;p. Makin banyak orang cerita hal-hal menyedihkan dari DPR Korea, makin aku pengin melihat dan membuktikan secara langsung. Negara super tertutup, yang berani melawan Adidaya Amerika Serikat sampai akhirnya diembargo. Gimana ga penasaran coba 😉

 

Dan karenanyaaaa, saat  melihat Whatravel mengeluarkan trip ke North Korea, dengan iming-iming  promo DP Rp 500,000 pula, aku langsung menghubungi adminnya, dan ga pake pikir panjang membook trip ini :D. Dengan harga Rp 27,950,000, biayanya  udah termasuk visa China dan Korut, makan 3x, hotel, tiket wisata selama di Korut, transportasi dan airport transfer. Pesawatnya Thai Airways pula untuk rute Jakarta – Beijing PP. Sisanya ya harus pakai maskapai plat merah Korea Utara, Air Koryo. Yang belum include hanya tipping untuk guide dan driver, serta personal expenses dan trip di luar itinerary. Mungkin untuk beberapa orang harga segitu termasuk mahal. Tapi di sinilah kelebihan Whatravel, mereka punya sistem cicilan tanpa bunga . Jadi setiap bulan, hanya tinggal transfer sesuai plan yang disepakati, dan siap berangkat di hari H.. Liburan asik, tanpa riba ;).  Itu juga alasan utama kenapa aku memilih travel ini daripada travel lainnya yang juga menawarkan destinasi yang sama ;).

 

 

WISATA APA DI DPR KOREA??

Salah satu objek wisata yang pengin banget  aku lihat, itu monumen-monumen dan patungnya ,  yang banyak dibangun tiap sudut-sudut kota . Monumen dan patung North Korea bukan sembarang karya seni, tapi dibangun secara  megah, detil sekali, dengan banyak cerita sejarah di belakangnya.

 

Dan ini, beberapa monumen dan patung terkenal , yang ga seharusnya dilewatkan saat berkunjung ke Korea Utara 😉

 

 

KIM IL SUNG STATUE (MANSU HILL GRAND MONUMENT)

Belum ke Korut, kalo belum foto di depan patung 2 penguasa ini. Di awal, guide kita Giina, udah bilang begini, “Monumen ini bukan tempat wisata untuk turis. Ada banyak aturan yang harus diikuti untuk bisa mengunjungi tempat ini. Karena termasuk  tempat suci yang sangat dihormati oleh orang-orang  lokal. Kalau ingin kesini, biasanya pengunjung akan membeli bunga terlebih dahulu sebagai simbol penghormatan, lalu menundukkan badan untuk memberi hormat, baru setelah itu bisa foto-foto , dengan catatan tidak boleh gaya aneh-aneh, tangan harus di sisi kiri kanan ato ditangkupkan di depan. Dresscode harus rapi, kemeja, celana panjang, dan sepatu. Apa kalian keberatan untuk itu, terutama yang harus take a bow memberi penghormatan. Karena saya tidak akan membawa turis kesana kalo mereka tidak mau melakukan hal-hal di atas”

Foto grup. Baju formil, gaya ga macem-macem ;p

korea utara, kim il sung statue, wisata korea utara

Dan sejujurnya, aku ga akan keberatan memberi hormat untuk 2 patung ini, demi bisa foto-foto di tempat yang ga semua orang bisa datangi :D. Gilaaa cuy, kapan lagi yeee kaaan? Take a bow itu hanya gesture, tapi hatiku tetap loyal untuk Indonesia #eeaaaaa ;p

 

Patung 2 penguasa, Kim Il Sung dan Kim Jong Il, dibangun dengan tinggi 20 meter dan terbuat dari perunggu. Orang lokal rutin ke tempat ini untuk memberi penghormatan, meminta izin ketika akan melakukan sesuatu seperti menikah atau hal apapun. Mereka menganggab 2 patung tersebut  adalah ayah bangsa yang selama ini selalu mengayomi. Jadi sewajarnya mereka tetap meminta izin untuk hal-hal apapun.

 

Mohon jangan dijudge culture mereka, karena setiap bangsa, masyarakat, negara pasti punya kepercayaan masing-masing. Hormati dan biarkan mereka melakukan kebiasaannya.

 

Hal-hal yang harus diingat saat visit monumen ini:

  • Tidak boleh memakai pakaian non-formal seperti kaos, blue jeans, sendal , celana/rok pendek.

  • Tidak boleh sambil mengunyah makanan apalagi permen karet

  • Tidak boleh berpose aneh-aneh seperti duck face, sambil jongkok atau menunjukkan  gesture yang tidak hormat

  •  Jika datang berombongan, cukup beli 1 rangkaian bunga, berbaris 1 line, orang yang membawa bunga maju ke depan untuk meletakkan bunga di depan monumen, lalu semua memberikan hormat dengan menundukkan badan, dan setelah itu bisa mengambil foto.

  • Jangan ribut atau berteriak-teriak saat di sana.

  • Jangan memakai topi atau sunglasses

  • Jangan berlari-lari atau terlalu mendekati patung.

 

Patung 2 penguasa sebenarnya ada di setiap kota di Korut, tapi  yang terbesar memang  hanya  di Pyongyang ini .

 

 

MENARA JUCHE

Menara ini SELURUHNYA  terbuat dari batu granit sebanyak 25,550 buah, dengan tinggi  170 meter. Masuk ke dalam rekor monumen BATU tertinggi sedunia. Terletak di sisi Taedong river dan nama Juche melambangkan ideologi Juche yang dianut oleh warga  Korea Utara. Pengunjung boleh naik ke atas dengan lift, dan hanya membayar Eur 5. Saranku, mendingan naik dan melihat pemandangan kota Pyongyang dari ketinggian. Trust me, baguuus banget dilihat dari atas.

Menara Juche

korea utara, kim il sung statue, wisata korea utara

Bagi yang punya phobia dengan ketinggian, it’s ok hanya melihat-lihat di bawah. Bisa foto-foto dari depan menara, dan di bagian pintu masuk, terpajang beberapa plakat sekitar 82 negara  yang mensupport pembangunan tower Juche ini. Jangan kaget, kalo salah satunya dari Indonesia :D. Ga heran sih, karena zaman presiden Soekarno, Korea Utara termasuk salah satu sahabat baik Indonesia, bahkan hingga sekarang negara kita  masih menjalin hubungan diplomatik dengan negara ini.

 

Plakat granit, dari negara-negara yang mensupport Juche. Tebak yang mana dari Indonesia 😉

korea utara, kim il sung statue, wisata korea utara

Pemandangan dari atas Juche tower

korea utara, kim il sung statue, wisata korea utara korea utara, kim il sung statue, wisata korea utara korea utara, kim il sung statue, wisata korea utara

Terdapat patung 3 orang yang sedang mengenggam palu, kuas dan sabit persis di depan Juche Tower. Paham lah yaa, simbol negara komunis dengan palu yang  melambangkan karyawan, kuas menunjuk ke para cendekia, dan sabit/arit lambang untuk petani.

 

Bangunan tinggi di tengah pulau buatan, hotel Yonggakdo International, tempat kami stayed. Terlihat dari Juche Tower

korea utara, kim il sung statue, wisata korea utara

 

Di puncak menara Juche dibangun obor besi setinggi 20 meter yang akan bercahaya kala malam. Pemandangan malamnya cantik banget, apalagi terpantul di atas aliran sungai Taedong. Sama seperti monumen kebanyakan di Korut,  boleh berfoto di sini, tapi jangan dengan pose aneh-aneh atau sambil jongkok, duduk apalagi kayang, kalo ga pengen diciduk ;p.

 

Juche di waktu malam. Diambil dari kapal pesiar di hari terakhir kami di Korut

korea utara, kim il sung statue, wisata korea utara korea utara, kim il sung statue, wisata korea utara

 

 

MONUMEN  KOREAN WORKERS PARTY

Jangan baper kalo liat patung ini. Namanya aja negara yang menganut paham komunis sosialis, ya wajaaar kalo palu, arit dan kuas ada di mana-mana. Di monumen ini, kita bisa foto-foto asal lagi-lagi, sopan.

korea utara, kim il sung statue, wisata korea utara

Dibuka tahun 1995, dan dibangun atas perintah Kim Jong Il.  Tinggi monumen  50 meter dan terbuat dari granit serta perunggu. Aku sempet ditegur saat mencoba selfie, karena ternyata …. dilarang cuy ;p

 

MONUMEN REUNIFICATION

Monumen dengan lambang 2 wanita dari utara dan selatan, memakai gaun tradisional Korea, dan memegang simbol yang menggambarkan peta Korea. Hubungan Korsel dan Korut memang masih tidak baik. Tapi harapan untuk bersatu kembali, itu sudah lama ada, sejak dari zaman presiden Kim Il Sung. Karena itulah monumen Reunification ini dibangun. Guide kita , Giina, berharap suatu saat reunification antar 2 negara akan menjadi kenyataan, walo ntah kapan. Harapan yang kami aminkan bersama saat dia menjelaskan sejarah monumen ini.

 

Diambil dari tengah-tengah jalan ;p.

korea utara, kim il sung statue, wisata korea utara

 

TRIUMPH OF ARCH

Triumph of Arch tidak hanya ada di Paris, Kediri atau Vientienne Laos. Pyongyang juga ada menara yang sama :D. Dibangun tahun 1982 dan terbuat dari Granite putih. Pengunjung bisa foto di atasnya, dengan hanya membayar Eur 2. Awalnya kita dibawa ke suatu aula besar, dengan layar film di depan. Yang ternyata menayangkan film sejarah Korea :). Sayang filmnya ga terlalu jelas dan jujur agak bosenin. Baru setelah itu naik tangga beberapa tingkat supaya bisa melihat pemandangan scenic view dari atas. Not bad laaah… Yang asyiknya, si penjaga menara, mau diajakin foto bersama 😀

korea utara, kim il sung statue, wisata korea utara

korea utara, kim il sung statue, wisata korea utara

 

Foto bareng si penjaga dari atas Monumen

korea utara, kim il sung statue, wisata korea utara korea utara, kim il sung statue, wisata korea utara

Wisata di Democratic People Republic of  Korea tidak hanya patung dan monumen. Ini baru sebagian kecil tempat yang aku datangin selama 5 hari di sana :). Cerita-cerita  tentang culture mereka, festival, kuliner, orang-orang lokal yang kita temui, akomodasi, atau tempat wisata alam lainnya, akan diceritakan terpisah agar  ga bosen dan terlalu panjang ;p. . Pelan-pelan, supaya bisa menjadi RATJOEN untuk traveler lain, datang dan menikmati Korea Utara.. Tidak seseram yang dituliskan media, tidak seperti yang dijudge banyak orang. Negara ini cantik luar biasa, menarik walo tertutup dari dunia luar.

 

Salut untuk WHATRAVEL yang berhasil membuat itin wisata ke NORTH KOREA sesukses  ini, dengan diikuti 10 peserta gokil , yang 2 di antaranya bahkan sudah berumur. Kali pertama aku ikut travel tour, dan sepertinya akan kembali ikut untuk trip-trip tidak biasa  lainnya ;).

 

 

 

Contact person Whatravel: 082129632841

IG: @whatravel

 

 

 

106 tanggapan untuk “WISATA KOREA UTARA: MONUMEN WAJIB YANG HARUS DIDATANGI SAAT KE KOREA UTARA”

  1. Bang Day berkata:

    Mungkin kalo jadi warga sana baru ada depresingnya mba

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ntahlaah. tp yg pasti setiap ngobrol ama mereka, wrga lokal, mereka sih kliatannya happy mas 🙂

      • Bang Day berkata:

        Wah gitu yah. Beda banget ama yang kita baca diberita2 yah. Kesannya di sana gak bebas gitu

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          bertolak belakang mas :D.. memang ada banyak aturan yang embatasi, tapi apa bedanya ama singapur yang banyaaaak bgt denda untuk kesalahan apapun ;p

  2. Sandra Hamidah berkata:

    Cakep mba Fanny luar biasa sekaleee aku tunggu ya kisah selanjutnya muach!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahaha weekend besok aku post cerita baru… 😉 masih banyaaaak stok postingan beberpa bulan kedepan, saking banyaknya yg bisa diceritain dr korut 😉

  3. Reisha berkata:

    Waaah udah tayang tulisannya. Yang di patung 2 penguasa itu kerasa banget ya mbak foto di sana ada aturan ketatnya. Kelihatan resmi banget fotonya dibanding di lokasi lain, wkwk.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahaha beneeer mba.. di sana aturannya yg paling ketat.. makanya ga bisa sembarangan pose dan aturan berpakaiannya ;)..

  4. Hastira berkata:

    wow bangunannya megah ya, jd pingin ke sana

  5. Herva Yulyanti berkata:

    Oh baru tau ternyata keluarga suami mba Fan pernah tinggal di sana yah pantesan Mba Fan mencari pembuktian..dan baca ini aku jadi tahu oh tidak semenyeramkan yang aku fikirkan selama ini wkwkwk..

    Alhamdulilah juga ya tour travelnya bisa cicil TANPA RIBA jadi tertarik deh aku buat travel sama wharavel hahaha..

    Itu ada yang pake jas saking harus formalnya yah hahaha..setuju jangan judge culture bangsa lain mungkin memberi penghormatan dengan ritual seperti itu kalau di negara berflower pasti udah u knowlah 😀

    Dan patung 2 perempuan itu ya semoga yah Korut N Korsel bisa baikan lagi entah kapan tapi 😀

    seru ini aku jadi tahu juga di Korut ada Triumph of arch, btw itu patung palu arit duh ngeri yah kalau ada di +62 :p ditunggu ceritanya mba Fan makanan di sana, oleh-oleh, hotel pokonya ditunggu updatenya wkwkwk

    Tertanda Fans beratmu :*

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      wkwkwkwkwkw akoh tersanjungggg ;)..

      itu yg pake jas mas ariev mbaa… owner whatravel hahahaha… dia tuh yg ksh tau memang hrs formal pakaiannya…mas ariev beneran bgs bgt lah jd trip buddy kita.. semuanya diaturin, dan tau ga, aku jd ketagihan pake travel wkwkwkwkwkw.. soalnya trip2nya dia beda2 dan ga mainstream ;). makanya aku sukaaaaaaak pake travelnya

      naaah, patung 2 wanita itu sedih sih.. krn ntah kapan 2 korea bisa bersatu 🙁

  6. Didit berkata:

    Ternya Korut itu indah, aman dan nyaman 🙂

  7. Whatravel berkata:

    Terima kasih banyak kak Fanny atas ulasannya, ditulis dengan baik dan bikin yang baca berasa ikut tripnya😆

    Next jalan ke mana kita?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kalian RATJOEEEN ;P aku jadi ketagihan jalan pake travel wkwkwkwkkw. padahal selama ini slalu jalan sendiri ama suami hahahahaha.. kereen sih.. beneran ini aku lg mikirin trip apa lg yg jalan bareng whatravel 😀

  8. evrinasp berkata:

    Yeaaaay sudah baca sampai habis,sudah gak sabar nunggu cerita gimana kehidupan mereka sehari2, salut buat whattravel yg bisa ngebolehin nyicil buat ikut trip. Ternyata pemimpin Di Korut sangat dihormati ya, sampai mau nikah pun hormat dulu ke sosok patung mereka. Ya itulah culture, sepintas melihat dari foto2nya terlihat sepi ya mbak, tapi kotanya tertata rapih, jarang papan iklan juga ya kayanya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku jg ga liat papan iklan hahahaha… kalopun ada papan, itu semua ttg pemimpin mereka ;p.. sumpah kamu hrs dtg mba… korut cantiiik dan sangat menarik 🙂

    • rizka edmanda berkata:

      aku liat postingan IG mba Fanny dari kemarin penasaran lho sama wisata ke korea utara ini, tadinya aku membayangkan akan seram ternyata seru ya

      • Fanny Fristhika Nila berkata:

        bangetttt serunya mba ;).. samasekali ga ada seram2nya ini negara.. aku mau sih balik lagi kesana bareng keluarga 😉

  9. Matius Teguh Nugroho berkata:

    Waaa gercep nih mbak Fannyyy! Aku juga tertarik sama Korea Utara karena penasaran aja gitu sama negara-negara yang jarang dibahas. Diajak cobain naik subway-nya nggak, mbak?

    Jadi Korea Utara ini memang bukan tempatnya foto-foto atau bikin video aneh yaaa. Btw kenapa nggak ambil paket pas autumn aja mbak biar lebih cakep?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      diajaaaak dooong ;).. ntr aku cerita ttg metro mereka yaaa ;)..

      justru september itu waktu yg tepat krn di bulan itu ada mass games mas :).. dan itu ga setiap saat ada.. kdg2 ditampilin sesuai mood penguasanya hahahaha.. untungnya pas aku ksana, mass gamesnya adaaaa , kami semua happy luar biasa!!!

  10. lianny hendrawati berkata:

    Kali ini ikut travel tour ya Fan. Seneng juga ya kalo pembayarannya bisa dicicil tanpa bunga seperti ini. Pasti puas banget lima hari di sana, eh apa masih kurang? hahaha. Ditunggu postingan2 selanjutnyaaa.
    Bagus sekali pemandangan kota Pyongyang dilihat dari menara Juche ituuu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      mau ga mau harus pake tour mba ;p.. secaraa negaranya memang mewajibkan semua turis yg kesana hrs pake travel tour yg sudah mereka izinkan ;p. ga bisa kita sembarangan ksana gitu aja :D.. bisa ga pulang ntr hahaha

  11. Ria berkata:

    tanya, gak boleh pake jeans itu hanya saat mau berkunjung ke Kim Il Sung Statue? Kl ke tempat lain boleh kan?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      blue jeans yg dilarang keras di area manapun… kalo black jeans msh dimaafkan, krn dari jauh ga kliatan jeans.. intinya jeans itu terlarang mba.. tp kalo mau ttp pake, pilih yg hitam .. jgn yg kliatan kalo itu jeans

  12. Bara Anggara berkata:

    Asiiik, mimpi yg menjadi nyata..

    Kayanya ke korut ini emang bagusnya pake pemandu ya.. kebayang aja klo solo traveling tanpa pemandu, trs melakukan sesuati yg mnrt kita wajar tp ternyta dilarang dan ada aturan mainnya, bisa ga pulang T_T..

    Monumennya cakep2 bgt. Paling suka yg monumen mbak2 korut dan korsel dg harapan bisa berdamai lagi itu..

    -Traveler Paruh Waktu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ga bisa juga pergi sendiri hahahaha. ga diizinkan dan visanya ga bakal kluar mas ;p.

      jd memang harus pake travel ;).. udh ama whatravel aja… kereen sih mereka :D. patung fav ku jg 2 wanita itu. pas ngeliat doa dalam hati semoga suatu saat 2 korea beneran bisa bersatu 🙂

  13. Nasirullah Sitam berkata:

    Hahahaha, kayake Korea Utara memang menarik untuk dikunjungi, terlepas dari berita yang sering digembor-gemborkan media.

  14. Sulis berkata:

    Untuk tempat2 bersejarah, peraturannya ketat sekali ya mba. Sampe gaya fotopun diatur…

    Tapi dengan begitu, pengunjung malah jadi bisa hormat, nggak nyepelein cerita historis dibalik bangunan2 itu.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      bener mba… orang2 sana itu angat menghormati sejarah mereka.. dgn pemimpin mereka jg hormat… salut sih …apalagi dgn disiplin mereka yg kuat banget

  15. Heniajaa berkata:

    Hai mba…. Emg kl ga tau liat korut itu aja kaku” wajahnya gitu ngebayanginnya yaaa tentaranyaa…ternyata nggak sseserem yg dibayangin…foto”nya juga syantik” itu kok mirip monas dr jauh yakk…..penjaganya juga cewe cantik….. Slmt bersenang” mba fanny 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      sangaaaat jauh mba dr bayanganku selama ini :)… beneran ini negara bikin kangen lg utk didatangi … cewe2 nya cantik, makananya enak2, harga barang murah abiiis :).. ini negara yg bakal aku datangin lbh dr sekali sih

  16. Riza Alhusna berkata:

    Anda membuat saya sangat iri. Plis, jangan pajang poto banyak-banyak.

    *bobok celengan*

  17. Haryadi Yansyah | Omnduut berkata:

    Ketimbang Korea Selatan, aku lebih penasaran sama Korea Utara ini haha. Karena ya itu, masih jarang baca WNI berwisata ke sana. Ditunggu tulisan lainnya ya mbak.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      weekend bakal ada tulisan baru ;)… akupun setelah melihat korut ya mas, aku berani bilang korut jauuuuh lbh menarik drpd korsel 😉

  18. Akbar S. Yoga berkata:

    Whatravel bisa dibilang emang gila sih paket-paket turnya. Salah satu teman ada yang ikut ke Jepang waktu itu dan cerita puas banget. Sayangnya, saya baru bisa memperhatikan aja. Entah kapan bisa ikutan jalan-jalan. Hahaha.

    Baca cerita tentang Korea Utara kayaknya masih bisa dihitung jari sebelah tangan alias masih di bawah lima. Yang paling saya ingat itu liputannya Mas Yusi Avianto. Sekarang saya baru tau tentang foto di depan dua tokoh tersebut harus memakai pakaian resmi. Ribet juga ya buat orang kayak saya yang kalau jalan-jalan selalu bawa pakaian santai. Ehehe.

    Ya, semoga kedua negara itu bisa reunian dan izinnya jadi dipermudah. Selain biar tak ada peperangan atau konflik lagi, mungkin biar orang-orang yang pernah ke sana duluan saat banyak aturan jadi terasa punya pengalaman asyik dan seru. 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      naaah iya.. makanya aku ikutan trip ini krn aku tau blm banyak org2 INdonesia yg kesana ;D… rata2 masih takut.. padahaaal, setelah liat sendiri, ini negara super cantik, super bikin kangeen yog.. dan aku jd ketaghan pake whatravel hahahaha

  19. Ruli retno berkata:

    Mbakk, salah satu travel blogger favorit aku nih. Yang finally aku makin salut karena di tengah banyaknya penawaran tour, mbak masih memikirkan “tanpa riba” bagiku itu awsem bgt.. nanti bagi2 lagi info travel yg tanpa riba ya. Kalo bisa sih yg harganya lebih murah,wkwkwk…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahaha makasiiih loh mba.. kalo ttg riba, aku udh lama ga pgn lg terlibat di situ .. makanya mending nabung dulu baru jalan.. tp krn whatravel ksh kesempatan utk nyicil tanpa bunga, ya aku milih kesana jadinya 🙂

      so far yg aku tau baru whatravel mba, yg tanpa riba :). buka deh IG mereka.. malah ada umrohnya jg

  20. Nurul Sufitri berkata:

    Wah, mb Fanny dkk bisa fotoan tepat di epan 2 patung penguasa Korea ya. Di sana ternyata ada beberapa poin aturan2 yang ga boleh dilanggar. Jadi kayak formal banget posenya hehehe. Pakai kacamata hitam aja ga boeh ya. Pakaian yang dikenakan mesti formal juga ga boleh kaos apalgi beralaskan sandal jepit, iyalah jelek ya bagusan pakai sepatu 🙂 Oh ternyata papah mb pernah 4 tahun tinggal di Korea ya?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyaa mba, papa mertua m=pernah di korut dulu… dan beliau juga cerita kalo korut itu nyenengin.. makanya aku penasaran pgn ksana… apalagi cerita2 ttg korut yg kebanyakan serem .. kan jd mau buktiin 😉

      • Nurul Sufitri berkata:

        Triumph of Arch ada juga di Korea Utara ternyata ya, mb Fanny? Wah tampak menyeramkan ya hahaha cacuuut ah. Kesannya seperti tempat pemakanan, aslinya apa ya ini? Petugasnya mau juga diajak foto bareng hehehe. Btw seru juga ya fotoan di puncak menar Juche… pokoknya jangan ada moment terlewatkan ya 😀 Mantaafff pisan jalan2nya.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          adaaa mba ;p.. berarti skr cuma yg di paris yg aku blm liat secara langsung hahahaha…

          ga usah takut ama korut.. ini negara teraman , cantik, bersih dan orang2nya sangaaat ramah mba

  21. Ade UFi berkata:

    Wuih ketat banget ya aturan buat moto di 2 patung penguasa itu ya. Memang keliatan aneh buat yang ga biasa diatur dengan resmi gitu. Apalagi yg pecicilan alay ya.. xixixi..

    Walau terlihat kaku, keliatan tenang ya. Negara yg ga mudah di intervensi aturan lain karena kuat sama aturan sendiri.

    Jadi mau lihat whattravel deh krn bisa dicicil xixixi.. dan DP murah banget cuma 500rb

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hebaat sih negara ini.. mereka sangat kuat dgn doktrin JUCHE nya… di mana dibilang, bahwa nasib kita itu tergantung dari kita sendiri, bukan krn org lain. makanya mereka sangat mandiri mba.. ga mau tergantung walopun amerika mengembargo mereka

      whatravel kereeen!! ini bukan endorsement, krn semua biaya aku byar sendiri. tp krn travel ini beneran bagus, aku rela deh promosiinnya gratis hahahaha… liat aja IG nya mba… semua trip bisa dicicil kok

  22. Rudi Chandra berkata:

    Belum pernah kepikiran buat traveling ke negara ini.
    Ternyata objek-objek wisata bagus juga, walau ada banyak aturan sih.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kalo dibilang banyak aturan, sebenrnya singapura, jepang itu jg banyaak aturannya :).. tp orang2 biasa aja.. samaaa kayak korut. aturan mereka sbnrnya biasa, tp krn diputerbalikkan ama amerika, lgs terpengaruh deh orang2 yg blm kesana 🙂

  23. SUFYAN berkata:

    Wah jadi panasaran banget sama Korea Utara, sampai lihat ke youtube jalan jalannya di shooting diam diam sama teman youtuber..
    Saya tonton ulang. Siapa tahu suatu hari mau petualang ke sana…

    Setelah membaca artikel ini jadi nambah referensinya

  24. Jalan-Jalan KeNai berkata:

    Saya pun termausk yang berpikir kalau Korea Utara itu menyeramkan. Jadi punya sudut pandang lain setelah mengikuti cerita Mbak Fanny di medsos dan postingan ini. Dalam hati sempat berpikir, “Eyaaampuuun! Kok, kayaknya asik ya di sana.”

    Ya pastinya gak kepikiran juga saya tinggal di sana. Tetapi, memang ada beberapa poin yang bikin saya menarik. Salah satunya ketenangannya. Suak tuh pas Mbak Fanny posting yang di sana gak sibuk internetan. Jadi malah saling ngobrol. Duh, untuk saat ini, bisa saling berkomunikasi tanpa gangguan internet bisa jadi sesuatu yang langka

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      bener mba.. baru kali itu aku lepas bener2 dari internet.. dan ittu nyenengiiiin bangetttt… hidup tenang, ga pusing ama urusan apapun ;p.. pantesan orng2 di sana lebih happy 🙂

  25. Khairiah berkata:

    Wah ternyata korut tak seseram yg diberitakan

  26. Eryvia Maronie berkata:

    Cantik ternyata ya… Gak seseram yang dibayangkan.
    Kalo menurut saya sih mereka punya disiplin tinggi dan takut pada pemimpin negaranya. Itu mungkin yang dianggao sebagian orang sebagai sesuatu yang menyeramkan.

    Gak sabar tunggu lanjutan tulisannya, Fan.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Mungkin negara2 komunis itu memamng gitu ya mba… disiplinnya diterapin dari keciiil banget.. jdnya bener2 terbiasa… krn yg aku liat , luar biasa sih orang2nya.. tertib banget.. bikin acara selalu megah dan amazing hasilnya

  27. ursula meta rosarini berkata:

    Kalau denger cerita orang, Korut sama Korsel itu emang berbanding terbalik ya mbak, termasuk untuk urusan destinasi wisatanya. ternyata Korut juga nggak semengerikan yg kita bayangkan hehehe. Tp untuk tempat wisata emang kebanyakan monumen atau tempat wisata bersejarah gitu ya mbak?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kebanyakan memang gitu.. tp sbnrnya korut jg ada wisata alam mba.. sayangnya pas ke sana, kami ga dibawa ke wisata alam krn wktnya ga memungkinakna.. makanya next time aku pgn ikut ;g tp durasi lbh lama kalo bisa 😀

  28. Reyne Raea berkata:

    Akhirnyaaaa bisa baca ini hahahaha.

    Btw, ternyata emang negara komunis itu juga bagus ya, bikin semuanya jadi merata, nggak ada yang kaya dan miskin.

    Cuman orang kaya jadi kesal, yang miskin senang hahahaha.

    Saya jarang sih baca tentang Korut ini, mungkin karena image nya buruk di mata dunia ya, image pemimpinnya yang diktator, tapi ternyata pemimpinnya disayang banget ama rakyatnya ya.

    Seru mbaaa wisata arc nya, meski banyak aturan hahaha.
    Saya jadi mengerti mengapa ada vlogger yang mengatakan Korut sebagai negara yang bikin depressing.
    Ya iyalaahh, tahu sendiri kan vlogger zaman nao, kalau berekspresi pasti yang anti mainstream.

    Kebayang mereka ada di negara yang semuanya diatur kayak gitu, berasa masuk sekolah SD lagi kayaknya hahaha

    Gara-gara semangat traveling nya mba Fanny, saya jadi punya semangat dalam hati pengen traveling juga kek gini, melakukan hal-hal yang sebelumnya saya takuti, misal solo traveling pakai travel gini ya.

    Itu semacam pobhia saya seumur hidup, saya takut ke mana-mana sendirian, jadinya nggak pernah ke mana-mana deh hahahaha.

    Dan gara-gara baca ini, saya kok jadi mupeng ke Korut ketimbang ke Korsel yak? saking di Korsel terlalu sangat mainstream sekarang 😀

    Meskipun saya takut bepergian sendiri, tapi saya tuh paling suka sesuatu yang masih belum mainstream. Kayaknya saya baca tentang Korut ini ya di sini.

    Cuman pernah liat sekilas di TV tentang patung yang kudu dihormati itu.

    Duuhh mba fanny bikin mupeeengg 😀

    Menunggu yang lainnya mba, sempat liat sekilas di medsos mengenai kulturnya, makanannya juga. mba Fanny paling jago mah kalau menuliskan kuliner suatu daerah 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahaha makasiiiih rey :).. Akutu jg ga berani kok rey kalo hrs traveling solo.. makanya kalo suamiku ga bisa ikutan, aku pasti traveling ama temen ato pake travel gini.. pokoknya ga bakal mau sendirian..

      krn aku prnh ke korsel jg, aku bakal bilang korut jauuh lbh menarik dari korsel sih… dari segi budaya, kotanya, biaya hidup, kuliner, duuuuh enak dan bagus semua mbaaa,, kalo suka shopping juga bakal seneng di korut karena serba murah 😀

      aku aja masih kepingin bangetttt balik lg ke korut, bawa suami dan anak2

  29. Gilang berkata:

    Waw biaya hidup di Korut murah uehehe. Itu vlogger yang bilang begitu punya masalah apa sih dalam hidupnya huehehe. Apa jangan-jangan dia berbuat yang aneh-aneh pas ke sana *tuh kan jadi suudzon.
    Abis baca pengalaman tripnya mba ke Korut ini dari mulai di IG sampai ke sini ternyata Korut tak seseram kabar-kabar yang selama ini beredar ya. Kota juga bersih gitu, tertata. Cewek-ceweknya bening, glowing. Itu menara lebih cantik pas nyala di malam hari deh atasnya hehe. Tapi biaya tripnya hmmm, mahal yes. Harus nabung jauh-jauh hari atau pake sistem cicilan itu. Eh unik WHATRAVEL ada program cicilan buat wisata tanpa bunga pula 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      dari videonya aja, udah liatan dia ngelakuin hal2 yang dilarang kok mba.. ga respect aku ama vlogger model begini. lgs aku unfollow tuh orang -_-

      nah itu, mending pake sistem cicilannya aja.. jd berasa kayak nabung kan 😉

  30. Ifa berkata:

    Yaampun kak fanny aku amazed bgt sama korut ternyata bagus banget dan ga kaya yang selama ini digadang-gadang: menakutkan.

    Viewnya bagus-bagus banget dan banyak tempat yg bisa dieksplor ya kak. Paling suka patung reuninya kak gemes bgt.

    Note kalo ke sana harus sadar diri untuk ga alay foto2 ya kak. Even pose peace juga gabisa ya kak?

    Btw jd pengen kepoin whattravel. Kalo dipikir2 jd kaya nabung gitu ya?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ituu yg aku suka dr whatravel.. tanpa riba cicilannya, jd kita seperti nabung.. soalnya aku sering jg udah nabung sendiri, tp kemudian malah tertarik ama hal yg lain hahahaha.. kalo kayak ginikan mau ga mau pasti pergi ;p..

  31. Andiyani Achmad berkata:

    aman dan nyaman ya mba wisata ke Korea Utara, seperti yang diberitakan gak sih hehhhe.. tapi emang selempeng itu ya wisata di Korea Utara hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      sangaaat aman. mba.. ini negara di mana aku bisa ngerasa aman ninggalin barang ato jalan di manapun tanpa takut dijambret 😉

  32. Roosvansia berkata:

    Kerennnn mbanya bs ke Korut. Tp kalau diliat Korut kyk sedih gt ya. Warnanya banyak abu2. Flat. Monoton.

    Kebiasaan liat warna – warni akutuh mba wkwkkwkw.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      naaah iyaaa, untuk warna memang mereka monoton mba ;p… mungkin supaya seragam semua sih .. sama rasa, sama rata hahahaha

  33. Echi Mustika berkata:

    Seru banget ya mba jalan-jalannya, saya indonesia aja masih takut nyaaar apa lg sampai k negri orang

  34. Inna Riana berkata:

    waahh senengnyaa bisa liat korea utara. bayangan serem langsung ilang berkat baca postingan ini 😀

    mupeng banget euy pengen ke korea or kemanaa gitu wisata ke luar negeri pake travel. tapi lihat biayanya, kayaknya ga bakal diijinin ama suami. yg ada disuruh umroh lagi or nabung buat umroh sekeluarga 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku ama suami memang tergila2 traveling sih mba.. makanya buat kita berdua, traveling udh jd kebutuhan pokok, bukan tersier lagi .. :D. makanya suamiku jg ngizinin aja kalo aku mau trip sendiri ato bareng dia

  35. Leli berkata:

    Aku baru tau kalau whatravel bisa cicil kaya gitu. Tanpa riba. Tapi bisa sekalian nabung.

    Jujur. Kalau nabung sendiri, belum tentu kelakuan hahahhaa

    Btw monumen Menara Juche tinggi banget ya, jauh lebih tinggi daripada monas.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      naaah iyaaa, aku suka tuh sistem cicilan mereka mba.. aku skr malah udah nabung lg utk ikut trip selanjutnya hahahaha.. hrs dari skr, biar cicilannya masih murah 😀

  36. raf berkata:

    wow.. korut bener2 mengesankan ya kak. dari beberapa aturan di atas sepertinya bertentangan dengan kebiasaan ku kalau lagi jalan2 ke suatu tempat. hiihi. 🙂

  37. Ibadah Mimpi berkata:

    Wahhh wisata di Korea Utara rada-rada gregetan juga ya mbak. Kami juga punya impian untuk berkunjung dan berwisata ke negara tertutup satu ini…

  38. Meriska Putri berkata:

    Tak pikir mas Ariev diendorse sama Whattravel, ternyata ownernya. Percaya kalau mas Ariev, pengalaman travelingnya udah banyak.

    Kayaknya Korut ini cocok untuk yang suka liburan tenang dan gak berisik gitu. Kapan lagi ke kota moderen dengan gedung menjulang tinggi tapi gak crowded kayak di Korut.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      naaah iyaaa.. kotanya itu ga serame korsel pastinya… tp gedung2 tinggi tetep ada, dan ga sesuram yang kita kira … memang sih aura jadul berasa. tp kalo suasana kotanya bersih, nyaman, hijau, yang ada lupa kok ama suasana jadulnya

  39. Shovya berkata:

    Wauwww.. keren banget mbak, Korea Utara salah satu negara yg jadi favorit aku, mereka di embargo tapi masih bisa bertahan bahkan melawan kekuatan negara adidaya 😍 hebat sekali.. saat dilihat dari atas, pemandangannya bagus banget.. dan menurut aku negara ini perkembangan nya cukup bagus mengingat status dan kondisinya dpt itu. Ternyata jalan2 kesana ga seserem apa yg org lain bilang ya.. asal kita taat dan menghormati peraturan serta cultur mereka 😊 nice share mbak, mungkin akan banyak org yg berubah pandangan tentang Korut setelah membaca artikel ini, terlebih lagi dpt belajar budaya yg ada di Korea Utara 😊 semoga juga diberi kesempatan untuk mengunjungi negara ini seperti Mbak Fanny 😊

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aamiin…. akupun berharap banyak turis yang nantinya tertarik ke korea utara.. percaya deh, negara ini sangat aman, dan bener2 asik buat divisit..

      • Shovya berkata:

        Btw, gimana respon mereka dengan turis wanita yg berhijab mbak? Apa ada beda perlakuan atau biasa aja? Banyak temen yg bilang kalau di Korsel seperti itu (baru dengar, ga tau faktanya gimana 😅)

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          ga ada masalah mba.. ada 2 org yg pake jilbab di rombonganku.. dan dia aman2 aja… ga dpt masalah apapun di imigrasi

  40. nur rochma berkata:

    Ternyata Korut banyak tempat-tempat bagus, menarik wisatanya. Nggak seseram yang dibayangkan orang. Apalagi kalau para turis terkesan dengan negara ini. Tetap aman dan nyaman ya mbak Fanny.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ini negara yg aku rasain AMAT SANGAT AMAN mba ;p. aku ga takut untuk ninggalin apapun dalam bus, dan ga kuatir bakal dijambret kalo dijalan

  41. Mugniar berkata:

    Mbak Fanny kalo cerita selalu detail. 🙂

    Unik ya negaranya. Dengan aturan-aturan berfoto yang masih dipatuhi menunjukkan mereka negara yang bertatakrama. Dalam bayangan saya, menghadapi orang-orang secara personal pun mereka penuh tatakrama. Benar, ga, ya?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      sangaaat! mereka ini begitu menjunjung tinggi budayanya… disiplinnya luar biasa… contoh negara yang sebenernya sangat bertatakrama. bahasa yang dipakaipun masih formal dibandingkan orang korea selatan mba

  42. Ria berkata:

    Ohya Fanny, nanyaaa… selama di sana apa turis diperbolehkan jalan2 sendiri atau harus tetap dalam rombongan?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ga bisaaaa ;p.. samasekali ga boleh.. makanya dlm rombongan itu ada 2 guide.. yg 1 jalan di depan, yg 1 nya lg di belakang. dia memastikan g ada rombongan yg melipir diem2 ;p

  43. richotraveling berkata:

    Jadi berubah pandangan tentang Korut. Indah banget yah tata kotanya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      akupun, setelah melihat sendiri negara ini, langsuuuuung berubah pikiran dan anggapan .. negara ini cantik, maju, dan orang2nya sangat ramah… bikin betah sih, dan jujur aku mau bangetttt balik ksana

  44. indah nuria berkata:

    Monumennya banyaaak ya mba..khas negara sosialis niih, dan megah – megah lengkap dengan pimpinannya yaaa. Aku senang juga liat detailsnya. itu beneran ada dari Indonesia di plakatnya?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyeees…. negara sosialis komunis sepertinya memang begini ya mba.. banyak monumen dan patung lengkap ama si penguasa segala :).. Adaaaa plakat dari indonesia ;).. Dari AN NASUTION, wartawan indonesia 🙂

  45. Nita Lana Faera berkata:

    Wah ini dia ceritanya. Keren untuk mama mertua ya, Mba Fanny. Membesarkan anak bayi yang nggak cuma di tanah rantau biasa, tapi di negera yang mungkin cukup unik juga untuk orang kita. Dan ternyata murah2 ya di sana. Anyway untunglah diriku kalo foto ya cuma sekedar kenangan dengan background-nya aja, gak yang aneh2, haha… Jadi kalo ke sini mah gak perlu mati gaya. Iyess setuju lah, kalo misal kita datang ke suatu tempat atau acara yang kudu hormat pemimpian, patung, atau bendera, it’s just simbol atas tempat yang kita sedang pijak.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku jg seneeeeng pas tau gaya foto ga boleh aneh2 ;p hahahahah. mana bisa aku berpose yg aneh2 gitu bak foto model ;p

  46. Monda Siregar berkata:

    Dirimu emang nyari yang mendebarkan ya…
    walau aturannya banyak meski mau foto aja ya, akhirnya bisa lihat sisi baik dari negara ini ya..

  47. ericka berkata:

    Wow aku senang nih mbak bisa tahu budaya dan tradisi orang Korea Utara, terutama yang minta ijin sama pemimpinnya meski hanya sekedar lewat patung, betapa mereka sangat menghormati jasa leluhurnya! Topps Dah

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      bangeeeet! mereka sangat menghormati leluhur dan pemimpin. salut sih bagian yg itu mba.. pantes negaranya kuat dan berani walopun diembargo oleh amerika

  48. dudukpalingdepan berkata:

    Mbakkk, seru banget bacanya. Aku juga awalnya berpikir Korea Utara itu nyeremin soalnya baca-baca dari Media kayak gitu kan. Sampai-sampai aku pikir apa ada orang yang rela buang-buang uang wisata kesana? Ternyata diluar perkiraan ya. Banyak hal menarik disana. Aku akan baca semua artikel tentang Korut di blog mbak nih. Makasih udah sharing yaaa.

    Eh btw, mbak share foto di belakang tugu palu arit di FB nggak? Apa ada yang komentar nyelekit? Hihihihi

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku pajaaaang dong ;). kalo sampe ada yg komen julid, jd bisa segera aku delete dr fb ku hahahahaha…

      sebelum ke korut, aku jg mengira gitu mba. korut seram dll. tp ternyata bedaaaaa bgt ama yg prnh kita baca dr media. kliatan bgt memang ga seimbang apa yg ditulis, dan kenyataan

  49. Fionaz isza berkata:

    Jelas beda banget sama Korsel ya.. ditunggu cerita selanjutnya ya kak

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      bangettt sih… walopun korut masih kliatan lebih jadul, tapi untuk beberapa hal, seperti kebersihan, dan keramahan orang2nya, mereka jauuuh di atas korsel 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.