D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Mar 2017

19

DARI SENANG, SAMPAI MENANGIS SAAT MENGUNJUNGI 3 MUSEUM INI DI JEPANG

museum bom atom

Sebagai negara yang terkenal maju,  masyarakat cerdas, Jepang kabarnya juga punya banyak museum yang keren, inovatif, interaktif,  dan samasekali ga ngebosenin, bahkan untuk orang  yang pada dasarnya ga suka museum.  Pantes aja,  pas kita datang ke beberapa museum di sana, pengunjungnya selalu ramai, dan kebanyakan anak sekolahan yang masih pakai seragam.  Alih-alih  terlihat bosan dan terpaksa,  anak-anak ini malah kliatan antusias melihat dan membaca  barang-barang yang dipajang.  Gitu dong yang namanya museum .  Bisa menarik minat banyak orang  untuk datang dan belajar lewat tempat-tempat seperti ini.

Museum  Nature and Science

Tempat paling pertama yang kita datangi di hari kedua tiba di Tokyo,  adalah museum ini,  Nature and science.  Lokasinya di Ueno park.  Dari stasiun Tokyo,  tinggal lanjut aja naik kereta yang mengarah ke Ueno.  Di sana,  ada sekitar 5 museum dengan jarak yang ga terlalu jauh, semuanya bisa didatangi hanya dengan berjalan  kaki.  Tapi karena keterbatasan waktu,  hanya museum ini yang bisa kita nikmati.

MUSEUM SCIENCE AND NATURE JEPANG

Di dalam,  para penggila binatang purba Dinosaurus, bakal dimanjakan dengan aneka real scale fossil  dari banyak jenis dinosaurus. Kalo pengen melihat lebih detil bagian-bagian Dino dari samping, atas, bawah, ada semacam alat untuk kita memutar kerangkanya, sehingga bisa terlihat semua. Keren!

museum nature and science

Lalu bagi yang penasaran  bagian tubuh hewan, seperti ususnya ikan paus akan berbentuk seperti apa kalo dipanjangkan, di sini kita bisa melihatnya. Juga ada ruangan, di mana aku sempet melihat hewan-hewan yang bertubuh sangaaat kecil , hingga harus diliat dengan alat khusus.

museum nature and science

usus ikan paus dan sapi dalam kondisi dipanjangkan

museum nature and scienc museum nature and science

Tapi dari semua , favoritku tetap Theater 360. Cakeeep nih theater. Jadi di sana, kita  bakal menonton 2 film di ruangan tertutup. Sesuai namanya 360, layar di theater ini tidak hanya di depan,  tapi juga di belakang,  kiri , kanan daaaan, bawah dari pengunjung.  Dengan kata lain kita seolah terjun di dalam film, merasakan langsung kehidupan di bawah laut, dan bagaimana bumi bergerak di antara planet-planet lainnya.  Seruuu banget! Filmnya ini bakal diganti setiap bulan, supaya ga bosan. Kemarin 2 film yang kita nonton tentang The Evolution of Earth & The Ocean Food Chain.  Semua yang menonton rata-rata anak sekolah,  cuma kita aja yang turis asing di sana :). Salut 2 jempol  ama negara ini yang berhasil membuat museum jadi tempat belajar yang betul-betul  menyenangkan.

 

 Tiket masuk: ¥620

Lokasi: dekat taman Ueno

 

Museum Fujiko F Fujio

Kalo yang ini,  museum kesayangan Fylly.  Dari awal dia pengen banget ke Jepang, hanya karena aku janjiin bisa ketemu dengan Doraemon :D.  Museumnya sih bagus ya.  Pertama datang, kita bakal masuk ke ruangan di mana tidak boleh mengambil gambar apapun.  Isinya sih hanya karya-karya Fujiko F Fujio,  hasil coretan tangannya,  ruangan kerja yang dibikin persis seperti asli. Baru setelah keluar dari sana,  kita bebas memotret apapun. Apalagi di bagian luar, banyak banget  spot foto kece  yang bikin orang dewasa sekalipunpun langsung pengen narsis 😀

spot foto lucuk di Museum Fujiko F Fujio 😉

museum doraemon museum doraemon museum doraemon museum doraemon

Kalo laper,  bisa mampir ke kafe shop, yang menjual aneka makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Kemarin sih aku cuma pesen coklat panas (¥ 620) yang enaaak! Whipped creamnya terasa dingin, tapi anget saat menyeruput  coklatnya. Untuk rasa manis juga pas!  Trus beli juga sekotak dorayaki (¥ 1380 isi 6) yang ternyata rasanya biasa aja yaa..  :p Isian dalamnya kacang merah.  Ini beli karena penasaran doang sih, kalo balik lagi kesana udah  ga pengen nyoba :p

Coklat anget enaaak 😉

museum doraemon museum doraemon

Dorayaki fav Doraemon

museum doraemon

Tapi yang bikin salut banget ama museum ini,  saat suamiku minta 1 ruangan kosong karena dia mau sholat.  Kita sempet susah menjelaskan karena staff nya kebanyakan ga mengerti bahasa Inggris.  Tapi saat managernya turun tangan,  baru dia ngeh dan akhirnya menyediakan 1 ruangan bersih di dekat dapur untuk kita bisa sholat.  Respect,  karena mereka mau usaha untuk menyediakan.

 

 

Tiket masuk dewasa: Yen 1000 (Tiket hanya bisa dibeli di mesin Lappy di Lawson. Minta tolong aja ke staff di sana kalo bingung membeli tiketnya)

Tiket masuk anak 4 tahun ke atas: Yen 500

Cara menuju kesana: Naik kereta turun di Stasiun Noborito. Lalu naik bus yang bergambar Doraemon/kartun. Itu udah pasti ke arah sana.

Bus ini yang menuju ke museum Fujiko F Fujio

museum doraemon

 

Museum Bom Atom Hiroshima

INI!  Museum yang dari awal emang udah jadi bucket listku.  Dari dulu obsesiku itu bisa melihat museum-museum yang punya latar belakang sejarah kelam.  Beberapa udah berhasil diliat, seperti museum killing field Choeung Ek dan S21 di Kamboja, museum forensik Siriraj di Bangkok,  museum Jendral  Nasution,  museum Ahmad Yani dan lubang buaya.  Makanya pas berhasil melihat museum bom atom di Hiroshima,  aku luarbiasa excited! Next target selanjutnya museum kamp konsentrasi Auschwitz di Polandia :D.

museum bom atom hiroshima

 

Ga susah menuju museum bom atom ini.  Dari Osaka, kita langsung menuju Hiroshima menggunakan JR Pass sehingga biayanya gratis. Sampai di stasiun Hiroshima,  lanjut naik trem yang akan berhenti persis di depan bangunan yang sempat dibom dulunya. Biaya naik trem ¥530 per orang.

 

 Bangunan ini yang pertama kita liat.  Sengaja tidak dihancurkan ato direnovasi,  sebagai pengingat bagaimana perang nuklir bisa menyebabkan kehancuran sedemikian parah,  bahkan radiasinya terbawa sampai sepuluh tahun kedepan.

Bangunan yang tidak hancur seluruhnya saat dibom

museum bom atommuseum bom atom hiroshima

 

 Aku melangkah ke arah sungai.  Konon katanya,  beberapa saat setelah  bom dijatuhkan,  orang-orang yang masih hidup  banyak berlari ke sungai ini untuk menyelamatkan diri.  Tapi percuma karena sebenernya radiasi nuklir bisa menembus air sekalipun.

sungai yang menjadi tempat berlindung orang-orang

museum fujiko f fujio

 

Beberapa monumen sempet dilewati saat menuju museum.  Semuanya merupakan penghormatan untuk para korban.

museum bom atom hiroshimamuseum bom atom hiroshimamuseum bom atom hiroshima

 

 Setelah membayar tiket yang sangat murah,  ¥ 50 , kita diarahkan untuk mengambil audio guide yang ternyata juga tersedia dalam bahasa Indonesia.

Fylly serius mendengarkan audio guide

museum bom atom hiroshima

 

 Ruangan pertama yang kita masuki,  cukup membuat napas tercekat.  Gumpalan asap tebal yang seperti wedhus gembel saat bom dijatuhkan,  membuat kita susah membayangkan seperti apa chaosnya saat itu :(. Bom Atom meledak pada jam 8.15 pagi. Kekuatan ledakannya menghancurkan  semua bangunan sampai radius 2KM!!  Airmata susah aku tahan saat melihat replika patung para korban dengan kulit yang MELELEH! Efek dari panas yang ditimbulkan.  Bayangkan 4000 derajat CELCIUS! Ditambah audio guide yang memperdengarkan suara para korban  meminta tolong,  kesakitan teramat sangat dan sekarat.  Di sini,  aku ga bisa menahan air mata lebih lama…

Patung para korban yang kulitnya MELELEH 🙁

museum bom atom hiroshima

Lalu,  display selanjutnya kita disuguhkan baju-baju dan pakaian para korban yang kumal,  robek dan beberapa dengan bercak-bercak kecoklatan darah yang mengering.  Sediih melihatnya.

museum bom atom hiroshima

 

 Itu belum seberapa..  Ada kotak makan yang isinya menghitam jadi arang.  Dari penjelasan di kaca,  kotak makan ini milik seorang anak 1 smp,  Shigeru Orimen,  yang menjadi korban ledakan.  Kotak makannya ditemukan berada di bawah badannya dan dalam kondisi hangus 🙁

museum bom atom hiroshima

 

 Lalu ada potongan kulit dan kuku dari anak lain yang menjadi korban.  Ibunya memberikan ke pihak museum karena papa dari si anak ternyata juga menjadi korban saat ledakan.  Bisa kebayangkan sedihnya keluarga yang kehilangan anggota keluarga yang lain.  Saat ledakan,  banyak di antara mereka yang sebenernya ga mengerti apa yang tengah terjadi,  mereka korban dari apa..Kenapa ada bom yang dijatuhkan ke negara mereka…

Potongan kulit dan kuku dari salah seorang korban

museum bom atom hiroshima

 

 Efek dari radiasi bom atom, tidak berhenti saat itu.  Tapi bisa saja terbawa sampai 10 tahun kemudian.  Seperti yang dialami Sadako.  Setelah 10 tahun dia positif terkena Leukimia karena efek radiasi yang ditimbulkan. Sadako sempet bertahan,  dan membuat banyak sekali bangau dari kertas origami, yang menurut mitos akan menyembuhkan orang yang sakit kalo bisa membuatnya 1000 pieces. Sayangnya Sadako harus menyerah karena penyakitnya dan meninggal tanggal 25 Oktober 1955.

museum bom atom hiroshimamuseum bom atom hiroshima

museum bom atom hiroshima

Bangau kertas yang dibuat oleh Sadako

museum bom atom hiroshima

Noda Black rain di dinding rumah. Hujan radiasi yang bisa menyebabkan efek samping berbahaya kalo terkena

museum bom atommuseum bom atom

 

 Ada korban lain yang ditayangkan dalam bentuk film singkat.  Aku lupa namanya.  Tapi ditulis dia juga korban dari radiasi nuklir.  Terlahir dengan cacat bawaan yang membuatnya tidak mampu berkembang dan tetap seperti anak kecil walo umurnya sudah dewasa. Ibu yang merawatnya sedari kecil,  lalu ketika beliau meninggal digantikan oleh sang ayah yang terus mengasuh layaknya menjaga seorang bayi.  Ketika ayahpun harus  meninggal, tugas ini turun ke kakak.  Dan ntah siapa yang akan menjaganya kalo suatu saat nanti si kakak ikut meninggal :(. Yang melihat video ini susah untuk ga meneteskan airmata.

 

Efek lain dari radiasi nuklir, Lidah berlubang, dan kehilangan rambut

museum bom atom

 

Saat keluar dari museum,  butuh waktu untuk bisa menghilangkan kilasan-kilasan gambar menyedihkan yang barusan aku lihat.  Ga kebayang sehancur apa Hiroshima 72 tahun yang lalu. Tapi setidaknya,  dari salah satu plakat yang aku baca,  perang di masa lalu tidak akan membuat Jepang menjadi  negara pendendam.  Biarlah perang yang sudah terjadi sebagai pengingat ke semua dunia,  apa akibatnya kalo nuklir dijadikan senjata.

museum bom atom hiroshima

Museum ini sangat aku rekomendasikan untuk semua orang yang haus akan  sejarah,  atopun orang-orang yang hanya ingin tau semengerikan apa saat bom atom dijatuhkan di Hiroshima…

Beberapa foto yang diambil oleh seorang fotographer saat kejadian

museum bom atommuseum bom atom hiroshima

Bom yang meluluhkantakkan Hiroshima

bom atom

Bom atom ini meledak saat masih diudara. dan langsung menghancurkan radius 2 KM

museum bom atom

74 tanggapan untuk “DARI SENANG, SAMPAI MENANGIS SAAT MENGUNJUNGI 3 MUSEUM INI DI JEPANG”

  1. sulis mengatakan:

    Klo bawa anak..kayaknya paling seru yang museum doraemon itu ya mbak.. Coklatnyajuga lucu..☺ yang museum terakhir, kesannya angker..ngeri klo aku mbak..

    Seandainya di Ind museum bisa dibuat menyenangkan n tidak membosankan, pasti rame yaa

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kliatan angker ya mbaaa… mungkin kalo org yg bisa ngeliat makhluk halus, banyak bgt kali penampakan di sana :(..

  2. nur rochma mengatakan:

    Museum-museumnya detail banget ya. Itu usus ikan paus gak bikin geli?

    Andaikan museum2 di Indonesia dibuat menarik. Terutama untuk anak-anak. Sehingga nggak nolak kalau diajak berkunjung ke museum.Toh, mereka bisa belajar dari koleksi2nya.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hihihihi geliii mba.. awalnya aku ga tau itu usus… pas tau jd geli2 gimana ;p..

      iya ya mba… andai aja museum di indo dibikin menarik begini, pasti rame siswa2 yg dtg… ini di jepang itu, para siswanya dtg masih pada pake seragam loh.. dan mereka kliatan bner2 seneng di museumnya…

  3. Citra Permata Dewi mengatakan:

    Ikut sedih, baca tulisan mbak tentang korban bom nuklir. Seingat saya, waktu acara peringatan hari pengeboman yg ditayangkan di tv, mereka para korban bom dan keturunannya itu didiskriminasi. Tapi aku lupa2 ingat diskriminasinya semacam apa? kalau tdk salah, tentang pekerjaan dan pernikahan

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      waaah aku g tau kalo soal diskriminasinya mba :O .. masa sih… kan para korban dan keluarganya ini ga bersalah yaaa.. soalnya sampe dibangun monumen dan museum, aku anggabnya pemerintah sangat care ama semua korban ini …

  4. Uwien Budi mengatakan:

    Jadi kebayang gimana ngerinya saat itu.

  5. Prima Hapsari mengatakan:

    Wah, penasaran banget Ama teater 360,pasti seru banget yaaaaa, itu boot si kecil unyu banget sih mbak

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa yg teater bagus deh… kita disana ga duduk, tapi semuanya berdiri mba… jd di bawah kaki jelas banget layarnya kliatan… kita seolah tenggelam juga masuk ke lautnyaa :D…

  6. Dita Indrihapsari mengatakan:

    Aaaah aku baca ini sama liat fotonya aja udah berkaca2 mbaa, gimana kalo liat langsung ke museum Hiroshima itu ya, pasti nangis kejer.. 🙁 Salutnya mereka gak jd bangsa pendendam, ya perang gak ada manfaatnya juga malah jd tragedi.. Sediiih.. Boo kalo diajak ke Museum Science itu pasti happy bgt liat fosil dinosaurus, dia lg sukaaa bgt Dino nih skrg hehe.. Itu yg di museum Fujiko Fujio lucuuu bgt c mba Faaan, banyak spot foto2nya.. 😀 Fylly seneng bgt dong ya ke sana..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa, jepang sadar, jd negara pendendam g bakal ada gunanya.. cuma ngabisin uang, rakyat juga yg menderita… makanya mrk lgs bangkit dan bisa jd negara hebat skr..

      yg museum nature and science memang keren deh.. aku ngerti skr kenapa banyak siswa di sana yg hobinya malah ke museum ;p.. aku jg seneng kalo museum di indo sekeren ini mba..

  7. Gustyanita Pratiwi mengatakan:

    Kyaaaaa bersih dan terawat biangetttt,
    Berarti di sana banyak pelajar yang pake baju sailor dunk mb fan hihi, aku suka sih liatin seragamnya ciwi2 siswa sana, kawaiii

    Hmmm aku dari sekian yang disebut di atas, penasaran ama yang fujiko fujio museum, pengen pepotoan ama diorama rumahnya nobita, lebih tepatnya kamar yang bentuknya ada pintu gesernya gitu, ada ga mb ? Dari kecil aku punya kepengenan punya kamar kek gitu tapi ga kesampaian wkwkwkkw…
    Berarti di sana ada manga yang khusus huruf kanji dong ya, dulu pernah dibawain kakak ipar oleh2 komik jepang aslinyang guruf kanji, tapi cuma bisa takliatin aja soalnya ga ngerti bacanya gimana hahahah

    Wah teathre 360 ini berarti kursinya muter dunk

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      seragam anak2 di jepang kyknya tiap musim beda kali yaa.. soalnya kmrn krn winter baju mereka lbh tertutup, pake syal, tp aku salutnya banyak yg roknya ttp pendek ;p.. hebaaat, kuat dingin…

      kalo fujiko museum ini aku ga terllau explore di dalam nit.. lbh seneng yg di luar.. tp memang ada kok komik2 dora yg huruf kanji.. ga aku liat krn percuma g bisa bacanya wkwkwkw

      yg tater 360 ga duduk nit.. jd semua pengunjung berdiri.. makanya kita ngerasa beneran masuk ke dalam film… sampe di bawah kaki kita ada layarnya juga…

  8. Yessi Greena mengatakan:

    Hiks…kayanya aku gak bakal berani deh masuk Museum Bom Atom
    Pasti kebayang terus

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      pasti sih mba.. tp di situ kita jg jd aware, gimana dulu jepang bisa sangat terpuruk, tp hebatnya cepet bangkit dan jd salah satu negara yg hebat skr :).. kenapa kita g bisa begitu yaa..

  9. yuni mengatakan:

    Waaaaaah asyik bisa masuk ke pintu doraemon. mana baling2 bambunya shaaay…..hihihi

  10. Hanifa Setiatmadji mengatakan:

    Jepaaaaaaaaaaaang! Aku pernah bikin survey kecil-kecilan tentang museum-museum di sana dan…….. oh my God, I can’t wait to get there sooner! Semoga suatu hari ada rejeki buat ke sana bareng keluarga. Amiiin :’)

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aaamiin…. pasti bisa mba ;).. museum2 di sana super keren lah.. kalo aku punya waktu lbh banyak, aku bkl jelajah banyak museum2 di jepang…

  11. Astin Astanti mengatakan:

    Mbak museum pertama menambah ilmu pengetahuan dan banyak spot kece, lah museum yang terakhir, duh pasti nangis lah, wong ngebacanya saja bikin merinding sedih

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mbaaa… yg pertama itu bagus banget… pantesan aja banyak anak sekolah yg jd pengunjungnya.. kereeen! dibikin menarik dan enak utk belajar.. aku mah kalo jd student bakal seneng bgt ke museum kayak begitu…

      nah yg terakhir memang deh, sedih banget :(.. aku kalo ke jepang lg mau ke nagasaki mba.. liat museum 1nya yg di sana.. kan itu kota yg di bom juga ama sekutu

  12. jefferson mengatakan:

    wih wih wih, perjalanan edukatif di negri orang yang sungguh menyenangkan. Paling keren sih emang wisata sejarah di museum hiroshima itu ya. keren banget rasanya bisa ada di hiroshima, tempat yang menjadi saksi sejarah kelam. hmm… jadi ngiri deh :”)

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku penasaran ama nagasaki skr jev.. 🙂 pgn tau sehancur apa kotanya pas dibom dulu :).. apa sama parahnya dengan hiroshima ato ga.. 🙁

  13. kania mengatakan:

    wah ada pintu kemana saja 😀
    Museum disana muurah ga mba tiket masuknya? kalo di kita kan biasanya murah tiket masuknya

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo aku bilang sih termasuk murah mba… yg paling murah yg museum bom atom ini… yg doraemon lumayan agak mahal 🙂 tp msh terjangkau lah

  14. Ami Hamni mengatakan:

    btw itu usus ikan pasusnya ngeri banget mba, diawetin gitu 🙁

  15. Nasirullah Sitam mengatakan:

    Kalau dilihat kok tidak ramai banget ya. Apa memang lokasinya luas hehehehhe. Kalau di Indonesia yang ramai nanti pintu itu. Cuma buat selfie

  16. artadhitive mengatakan:

    Aduh aku suka banget sama jepang nih!
    Tapi belum kesampaian mau kesana!… pengen baget deh sekali2 kejepang buat liat sakuranya!…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      jepang ngangenin ;).. dijamin deh pasti slalu pgn balik lg kesana kalo udh negrasain sekali 🙂

  17. April Hamsa mengatakan:

    Saya aja yang cuma pernah bikin tulisan ttg museum ini aja nangis, apa lagi ke sana langsung ya mbak T.T
    Terima kasih ceritanya, moga saya jg bisa ke sana suatu saat nanti aamiin

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      dijamin nangis kalo datang kesana mba… foto2 yg dipajang, apalagi dengerin audio guidenya, itu nguras emosi banget.. 🙁 sedih lah…

  18. Nusantara Adhiyaksa mengatakan:

    Maka dari itu jangan sampai menyalah gunakan Kemajuan Teknologi, meskipun harus terus mengembangkan Ilmu dan Pengetahuan.
    Semoga saya bisa ganti main Ke Jepang …. Amin

  19. Rach Alida Bahaweres mengatakan:

    Mba Fanny, liat museum ala ala Doraemon bikin pengen banget pose lucu. Seru kiat pose mba Fanny. Tapi liat museum Hiroshima jadi sedih ya membayangkan luka akibat bom itu. Terima kasih sudah berbagi 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku mah cuma niruin pose patungnya mbak , ama pose nobita kalo sembunyi di gorong2 hihihihihi ;p.

      iya mba, yg museum bom atom itu sedih banget 🙁 aku msh keinget jelas gmn seramnya saat kejadian dr foto2 di museum…penjelasannya detil banget

  20. nia nastiti mengatakan:

    Pas banget aku baru baca buku Hiroshima, aku kayaknya nggak berani ke museum ini. Nangis2 entar, huhu

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo nangis kayaknya pasti mba :(… aku aja nangis kok… tapiii, ini rekomen juga supaya kita bisa tau dgn jelas gimana kondisi jepang dulu waktu bom atom ini meledak di sana… bisa belajar dr sini, terbukti jepang cepet bgt bangkitnya sampe akhirnya bisa jd negara semaju skr

  21. Ahmad mengatakan:

    wah .. pasti seru bgt ni bisa ke museum ini yang ada di jepang

  22. Noni Rosliyani mengatakan:

    Sedih ya.. Aku penasaran pengin lihat langsung Museum Bom Atom. Semoga segera kesampaian juga main ke sana. Anw, enggak ke Museum Conan juga? Kalo baca-baca review-nya kayaknya seru juga… 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      harus kesana kalo nanti ke hiroshima mba :).. eh aku malah ga tau ttg museum cona itu loooh :(… kurang research nih… kalo tau aku bkl datangin mba..

  23. Mama Keizha mengatakan:

    Duh serem dan tragis ya efek bom atomnya, gak kebayang gimana saat itu, penuh jeritan dan tangisan. Rakyat yg gak tau apa2 jadi korban.. Tapi kalo gak ada kejadian itu, Indonesia mungkin blm merdeka mak :))

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ntahlah ya mbaa.. aku memang ikut marah pas baca penderitaan orang2 indonesia yg dijajah dulu… tapi juga ga setuju waktu tau kekejaman sekutu membantai jepang.. apalagi yg kena rakyat sipil :(.. perang memang ga ada gunanya ya mba :(.. ga abis pikir ama negara2 yg masih aja berperang tanpa mikirin rakyatnya 🙁

  24. Munasya mengatakan:

    Jepang adalah salah satu destinasi impian saya, kalau museum Ayoto Gosho (Komik Detektif Conan) ada gak za?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aiiiih, aku kurang research nih…. ada ya museum ayoto gosho???? aduuuh, aku ga tau… jd ga kesana mba…. hrs balik lg k jepang berarti

  25. Andi Nugraha mengatakan:

    Aku suka yang museum bom atomnya. Serasa gimana gitu, keliatannya bagus dan asik kalau mengabadikan foto disitu. Aku suka kalau main-main ke museum soalnya.. Bisa bermain sembari belajar 🙂

    Semoga bisa ke Jepang, seperti Fanny.. aamiin.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Aamiin.. pasti bisaa mas.. ikut ngedoain deh 🙂

      aku jg seneng kalo bisa foto2 di museum.. tp kalo di hiroshima kemarin, palingan aku fotonya pas di luar… di dlm museum terlalu sedih utk foto :(..

  26. Isnaini S Ibiz mengatakan:

    Mbak… Aku merinding pas baca bagian yang museum bom atom hiroshima. Begitu dahsyatnya efeknya, bahkan sampai 10 tahun setelahnya. :'(

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa, segitu seramnya nuklir itu mba… pantesan aja dilarang keras oleh PBB utk dipakai saat perang.. efeknya luar biasa mengerikan 🙁

  27. mei wulandari mengatakan:

    Gara2 status mb Fanny yg waktu lalu, aku jadi tau cerita sadako yg sesungguhnya
    ya ampun selama ini salah kaprah wkwkwkwk
    Oh ya mba, museum science selintas mirip museum serangga di TMII, apa cuma perasaanku ya? hadewww

    Mb Fanny difoto mirip sama Chelsea Islan ikh 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku blm prnh ke museum serangga tmii mba.. ntr ya aku datangin deh kalo sempet,… pgn tau mirip ato ga ;)..

      kamu ngguyu toh… chelsea islan diliat dr sedotan yak ;p wkwkwkw…

  28. Arni mengatakan:

    Museum yang terakhir nggilani banget
    Kayaknya aku gak bakal kuat deh klo kesana
    Liat efek perang dan bom atom, duh ini karena keserakahan manusia
    Semoga tak ada lagi yang seperti ini

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bener mba… krn keserakahan manusia yg membuat perang begini… 🙁 yg jd korban ttp orang2 sipil yg ga berdosa…

  29. Syunamom mengatakan:

    Membaca sekilas tentang museum bom atom Hiroshima membuatku tersentuh sekaligus bergidik, mengharukan dan kejam. Aaah, semoga nanti punya kesempatan kesini juga.

  30. lia lathifa mengatakan:

    baca dari atas takjub seperti dlm negeri kartun, makin lama makin takjub alias terkejut akibat bom yg fenomenal itu, hiks.. mgkn itu juga yg membuat Jepang bisa move on ya mbak

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mba..dari kejadian itu jepang bisa move on cepet… 72 thn dan mereka lgs melesat maju banget ngalahin kita.. hebat memang mereka 🙂

  31. lindaleenk mengatakan:

    Dorayaki doraemonnnnn :3
    AAKkk langsung pingin epaspor kalau liat foto Jepang :))

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaaa, ayo bikin mbak ;).. eh tp bikin visa biasanya jg ga susah kok.. jepang bnr2 mempermudah para turis.. syarat visanya aja ga bikin repot

  32. lianny hendrawati mengatakan:

    Haduuuh ngeri itu museum yang di korban ledakan bom huhuhu.
    Paling menarik yang museum kedua, anak-anak juga suka doraemon. Kapan hari waktu ada stand doraemon digelar di mall surabaya, kami sempatkan melihat juga. Tapi sayangnya lupa beli makanan dan minuman ala doraemon itu, keburu-buru mau ke tempat lain waktu itu.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      tapi museum bom atom itu yg paling berkesan bgt buatku mba… aku jd penasaran pgn ke nagasaki juga utk liat museum yg di sana…

      museum doraemon emg jempol deh.. bikin happy bgt di sana ;p

  33. Ratna Dewi mengatakan:

    Aaakkk mupeng banget liat jalan-jalannya, apalagi di museum Fujiko F Fujio. Mau pintu kemana sajanya, hihihi.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hihihihi, kalo tuh pintu beneran ada yaa mbaa ;p.. duuuh aku udh jalan2 tiap hari deh 😀

  34. Anita Makarame mengatakan:

    Keren ya, Mbak di Jepang. Beberapa sudah welcome sama kita umat muslim. Salut sama managernya yang mau menyediakan tempat solat.

    Soal museum bom hiroshima-nagasaki, hmm di satu sisi kasihan ya lihat warganya yang mungkin tidak tahu apa-apa mengalami kejadian kayak gitu. Bahkan efeknya pun bertahun-tahun kan itu ya, tidak aman ditinggali.Tapi, kalau dibandingkan dengan kekejaman Jepang di Indonesia saat napak tilas Goa Jepang atau yang lain. Ada rasa syukur juga ada kejadian itu, pasukan Jepang langsung menyerah dan kemerdekaan tercapai. Cuma saja, pasti ada rakyat sipil yang jadi korban 🙁

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itulah mba… perang itu ga ada manfaat apa2… ga ada yg menang, ga ada yg kalah.. semua jd korban di sini :(.. yg diuntungin mungkin hanya orang2 yg mengatur agar perang itu terjadi :(, sementara dia ga bakal ngerasain efek lgs perangnya

  35. Anis Hidayah mengatakan:

    Bagus-bagus ya mbak Fanny museum yang ada di Jepang itu,,, selama ini tahunya hanya museum loveland, itupun pernah berkomentar disalah satu teman blogger,, hahahaa pissss,,, 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha kalo yg loveland aku malah ga ksampaian mas.. lah bawa anak kcil begini -__- .. ntr ah, aku msh ada rencana balik ke jepang , mau ke museum2 yg lbh unik lg ntr 😀

  36. khairulleon mengatakan:

    Museum di Jepang Rapih dan tertata ya,
    jadi banyak yang berkunjung deh.
    Berbeda dengan museum di Indonesia terkadang banyak yang kurang terawat.
    makanya sedikit banget peminat wisatawan yang berkunjung ke museum di Indonesia.
    semoga Kita bisa mencontoh negara Jepang 🙂
    Ah aku juga ingin ke Jepang 🙁

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      setuju! museum jepang bener2 terawat dan detail banget… jd pngunjung jg seeng kesana.. trs ga mahal lagi… kalo diindo, murah2 memang, tp masih kurang menarik… ga informatif penjelasannya, trs kdgpun ga ada guidenya yg bisa jelasin.. kalopun ada suka dataar bangt cara jelasinnya.. kan jd bosen ya mas

  37. Ucig mengatakan:

    Sedih ya mba yg histori nya ttg korban2 😥
    Aku penasaran mau megang pintu ajaibnya mba fan

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bener mba…. susah utk ga nangis di museum bom atom :(..

      kalo museum doraemon sih pasti happy aja bawaannya ;p..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.