D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Apr 2012

WISATA KULINER JAWA TENGAHAN ^O^ 23 DESEMBER 2011

DAY 1

Solo = Wisata kuliner. Kayaknya ga pernah cukup 3 hari untuk mengeksplore kota cantik nan murah meriah ini. Selalu aja ada kuliner yang ga sempet dicicipin tiap kali balik ke sini.

Karena ada tambahan 1 hari libur setelah natal, kita decided to visit Solo by car. Berangkat Jumat malam, jam 21.30. Berharap kondisi jalan ga semacet pas lebaran kemarin, di mana kita terjebak 25 jam untuk menempuh Jakarta – Solo.

Ternyata kali ini, tidak selama itu. Tapi tetep aja kita butuh 18 jam dari yang normalnya hanya 13 jam. Nikmatin aja de 😉

Jam 8 pagi kita sampai di Pekalongan, cari restoran yang buka untuk sarapan pagi. Karena Pekalongan terkenal dengan SOTO TAUTO nya, so kita semangat nyari restoran yang menjual itu.

1 restoran yang keliatan ramee banget, langsung jadi inceran. Tapi pas mau parkir mobil, eh si penjaga langsung bilang, “maap Pak. Udah habis”. Wuaaahhhh.. Baru jam 8 pagi loh. Dari jam berapa bukanya ni resto ? Kita muter lagi dan bertekad harus nyobain Soto Tauto pokoknya. Ketekunan itu memang slalu berbuah manis . Ketemu lagi restoran yang rame dan juga ngejual Soto Tauto. Langsung mesen deh, komplit ama nasi & teh panas.
Soto Tauto
Dinamakan Tauto karena soto ini ada campuran tauco nya. Kuah nya asem-asem seger,agak kehitaman karena pake kluwak. Dagingnya juga ga pelit. Sambelnya pedes. Nambah lagi deh list restoran yang wajib disinggahin kalo lewat Pekalongan 😉

Melanjutkan perjalanan, di Semarang, hujan lebat turun gila-gilaan. Jalanan di depan jadi kabur yang membuat mobil-mobil harus memasang lampu sen & tidak bisa berjalan kencang. Air meluap deras dari parit-parit di kiri kanan jalan. Untungnya parit dan selokan itu bersih dari sampah-sampah, jadi aliran air tidak terhambat.

Menjelang siang, kita makan dulu di Salatiga, nyobain SOTO RUMPUT yang udah jadi langganan kita dari dulu. Soto biasa, dengan taburan daging, kuah jernih, tapi gurih banget, ama taugenya yang juga enak. Harga seporsi + nasi cuma RP 5,000. Duh kapan Jakarta pernah semurah ini ya. Yang bikin beda sebenernya, restoran ini mengundang sekumpulan penyanyi keroncong yang menyanyikan lagu-lagu tradisional Jawa secara live. Suara mereka bagus, dan samaskali tidak menganggu orang-orang yang makan di sana.
Soto Rumput
Dan akhirnya… Sampailah kita di Solo. Rumah papa mama ada di central Solo, daerah Kauman. Deket dari mana-mana. Dan jajanannya banyak banget. Dijamin seminggu di sini timbangan bisa naik drastis ;). Kita baru datang, belum-belum udah dijamu ama es krim durian murni ^o^ 1 gelasnya cuma RP 3rb doang. Hiks…hiks.. Ancurlah dietku nanti.. Udah murah, enak lagi ^o^
Es Durian
Rasa duriannya kerasa banget. Di tambah sedikit biji delima yang nge-pink itu, plus tape ijo.. Mmmm… Seger..

Trus mama udah nyiapin roti semir Merani, sate ayam, dan tengkleng.. Duhhh perut masih penuh, tapi icip-icip boleh lah ;p

Malamnya, kita makan di warung lesehan mba Endang. Jualannya Nasi Liwet, Pecel Tumpang Koyor, Ceker Ayam, dan Gudeg. Dari semua itu, aku penasaran ama NASI PECEL TUMPANG KOYOR nya. Pesen seporsi + SEMUR CEKER AYAM nya ;). Rasanyaaaa… Enakkkk ^o^. Pecel biasa plus dituangin koyor; bagian otot sapi yang mirip kikil. Lembut, gurih trus aku tambahin irisan cabe rawit supaya rasanya pedes-pedes seger 😉
Nasi Pecel Tumpang Koyor
Semur Cekernya juga enak. Kuahnya mirip kuah semur, encer tapi rasanya manteppp ;). Cekernya lembut, dagingnya bisa dengan mudah lepas dari tulangnya. Nilai nya 10 out of 10 deh ^o^ Dan yang makan di sini juga banyak. Daritadi mba Endangnya ga brenti ngelayanin pengunjung.
Semur Ceker
Kenyang dari sini, kita jalan-jalan bentar keliling Solo Baru. Tempat paling elit di Solo. Rumah-rumahnya mirip daerah Pondok Indah. Tapi kebanyakan kosong. Pemiliknya orang-orang Jakarta semua kali ya ;p Dan kabarnya rumah pak Harmoko, mentri penerangan jaman pak Harto dulu, habis dibakar massa di sini, saat kerusuhan 98 kemarin.

Puas jalan-jalan, kita mampir ke SHE-JACK Susu Segar. Tempat ini mah wajib didatangin tiap ke Solo. Barney bilang, ga ke Solo kalo ga mampir ke She-Jack ;p. Aku pesen susu segar + syrup (Susi=Susu Sirup) dan Owol-Owol keju coklat. Ini pisang bakar yang dituangi susu kental plus taburan keju dan coklat. Ueennnaakkkk..
She Jack
Susu She Jack
DAY 2.
Wooohooo..hari ini kita mau ke Tawangmangu dan Sarangan ^o^ Katanya 2 tempat ini sejuk, dan ada air terjun yang bagus di Tawangmangu, namanya Grojogan Sewu. Jalan ke sana ga begitu macet. Kira-kira 1.5 jam lah.. Dan udara nya kebetulan mendukung banget. Sejuk-sejuk mendung gitu ;p.

Sebelum naik ke atas, sarapan dulu dong, nyobain Kupat Tahu Malang nya yg kata Mama, enakk ^o^..Potongan tahu, lontong, mie, sedikit kacang dan telur dadar, disiram dengan kuah kecap, bener-bener menambah selera makanku.
Kupat Tahu Malang
Kenyang makan, kita lanjutin lagi perjalanan. Makin ke atas, hawanya makin dingin. Selesai urusan parkir, aku melihat banyak kuda-kuda yang ditawarin. Harganya beragam, mulai dari RP 100rb naik ampe air terjun, atau RP 30rb ampe pintu masuknya. Tergantung tingkat kepintaran negosiasi masing-masing orang. Wah dah lama ga naik kuda, kok kayaknya ni kuda oleng-oleng ya… Hahahaha… sebenernya perasaan ku aja si. Ngerasa kayak mau kejungkel ke depan tiap kudanya berderap sedikit. Trus, sempet-sempet nya kaki ku kram begitu turun dari kuda. Duuuhhh sakitnya ampun .. Keliatan banget ga pernah olahraga nih.. Di sini papa mama ga mau ikut turun. Katanya udah ga kuat naik turun ke bawah
Kuda Ke Grojoga Sewu
Tiket masuk ke airterjun RP 6,000 per orang. Khusus foreigner RP 19,000 per orang. Kalo si foreigner nitip beli ama orang lokal, ketahuan ga ya?

Ok, untuk sampai ke air terjun, kita harus menuruni tangga batu ke bawah. Kanan kirinya ada hutan kecil gitu. Tapi hati-hati, karena monyet-monyet di sana rada bandel. Suka ngambilin barang-barang kepunyaan turis. Jadi bagusan dipegang erat-erat  barang bawaannya.
Awalnya aku masih semangat. Tapi lama-kelamaan kok ga nyampe-nyampe ya? Tangganya ada lagi, ada lagi mulu… Untungnya nih… jalur masuk dan keluarnya dipisah. Kalo ga, pusing deh harus desak-desakan.

Dan begitu sampai di bawah, deru air terjun jelas terdengar. Ternyata, selain air terjun juga ada sarana outbond gitu, seperti flying fox, swimming pool, dan mini rafting. Beberapa kios yang menjual cendramata dan makanan berjejer rapi. Orang-orang bisa menyewa tikar untuk duduk-duduk dikawasan outbond.
Grojogan Sewu
Tapi frankly…. air terjunnya…. in my honest opinion, biasa aja ternyata. Jauhhh lebih bagus air terjun di Curug Cikaso Ujung Genteng . Ini alasannya: .

a. Walopun tempatnya indah, tapi I think, It’s so crowded inside. Terlalu rame… Aku ga bisa bener-bener nikmatin keindahan airterjunnya, karena orang lalu lalang di depan dan belakang

b. Air terjunnya hanya ada 1 dan sekedar turun ke bawah., lalu mengalir membentuk sungai-sungai kecil. That’s it. Kalo di Curug Cikaso, air nya terjun dari 3 tempat , dan membentuk danau kecil dengan airnya yang hijau jernih, baru mengalir ke bawah masuk ke sungai Cikaso. Indah….Bisa diliat di Blog ku yang sebelum ini.

c. Ga sebanding capek yang dirasain, dengan apa yang kita liat di bawah. Harus menuruni dan kemudian naik lagi 1250 anak tangga, dan kita hanya melihat 1 air terjun dengan banyak banget pengunjung….. Gosh…it’s totally not interesting at all. Setidaknya bagiku begitu. Sewaktu kita naik kembali ada palang hijau besar yang bertuliskan ‘Selamat anda telah turun dan menaiki 1250 anak tangga. Semoga tambah sehat dan sukses’
Pantes aja lama bener nyampenya..

BTW semua itu hanya pendapatku. Mungkin orang lain akan menganggab tempat ini bagus, silahkan…Selera orang kan beda-beda. Bisa jadi aku datang diwaktu yang salah. Kan lagi musim liburan, ga heran kalo visitorsnya banyak banget.

Sesampainya di atas, aku langsung membeli kipas tanpa nawar. Lagian cuma Rp 2,000, apa yang mau ditawar. Hawanya emang dingin, tapi bagi orang yang baru mendaki 1250 anak tangga, it was soooo hoottt and humid….

Ga nyangka ketemu papa mama lagi makan gorengan di warung. Duduk deh kita ikut makan & minum. Tempe mendoannya enak banget..Adonan tepungnya gurih dan tempenya lembut. Barang-barang souvenir yang dijual, lumayan murah. Aku beli hiasan lemari dari kaca-kaca gitu.. Harganya cuma RP 10,000 per 3 barang.. Trus batik daster untuk mamaku di Medan. Lumayannnn…ada juga yang dibawa pulang untuk kenang-kenangan dari Tawangmangu.

Then, perjalanan kita lanjut ke Sarangan. 15 KM dari Tawangmangu. Udah masuk daerah JawaTimur sih. Makin ke puncak Tawangmangu, udara makin dingin. Dan kabutnya turun.

Wuuaahhhhh aku paling suka suasana gunung saat kabut turun Seandainya ada rumah di daerah ini..#ngayal..
Udah ngebayangin pensiun bisa hidup tenang tanpa polusi kayak Jakarta. Sampai di Telaga Sarangan, asyyyiiikkk…udaranya masih dingin. Dan telaganya sendiri ternyata lumayan besar. Kita bisa sewa perahu boat dengan bayaran RP 40,000 per perahu atau RP 100,000 untuk 3x muterin danau. Murah kan…

Ada tulisan di pinggir danau, kalau kedalamannya sampai 1240 meter. Hahahaha… 1 KM lebih? Duh…jangan sampe tenggelam deh. Ga bisa berenang soalnya . Kita naik perahu ber4, ama drivernya. Minus mama, karena ga mau ikut.
Trus mulai keliling danau. Woohoooo…. seru…^o^ Danaunya lumayan besar, jadi 1 puteran udah puas banget..

Turun dari perahu, kita makan dulu lesehan di tikar. Dingin-dingin begini, enak kali ya makan bakso panas plus Wedang ronde. Murah banget, cuma RP 8,000 dan baksonya banyak. Rasanya sih biasa..tapi karena cuaca dingin dan emang laper, jadi terasa beda. Puas….puas…. Capek memang.. Tapi semua terbayar dengan keindahan alam Sarangan dan sejuknya Tawangmangu.
Sesampai di Solo,hari udah sore menjelang magrib. Mama mau mampir ke rumah Bude Pati, tapi karena orangnya lagi ga ada, mama ngusulin untuk nyoba SATE KERE YU REBI’, dulu sebelum pulang.

Hehehe.. penasaran kan?? Asal mulanya ni sate, dagingnya bukan daging ayam atau sapi biasa. Tapi dari jeroan-jeroan sapi seperti, limpa, paru, usus, ginjal, babat dan kawan-kawannya. Karena dulu itu jeroan lebih murah daripada daging sapi, of course yang beli kebanyakan orang-orang kalangan bawah. Makanya tercetus nama SATE KERE..
Sate Kere
Tapi itu dulu. Sekarang mah harganya sama aja dengan sate sapi biasa. Aku bukan pencinta jeroan. Tapi nyicipin makanan yang masih asing dan aneh, itu wajib buatku .Ternyata….enak loh…Yang bikin nagih itu bumbu kacangnya. Pedes, seger, dengan kacangnya yang masih crunchy. Mmmm..enak..enak. Jeroannya juga gede-gede dan ngenyangin banget. Jadi deh, malam itu kita ga makan lagi karena kekenyangan. Siap-siap tidur karena besok pagi berangkat lagi, back to Jakarta.

DAY 3.
Kita planning untuk pulang jam 10. Mengantisipasi macet karena besok udah harus kerja. Pagi jam 8 kita sarapan SOTO TRIWINDU, yang kata mama lumayan terkenal di Solo. Rame yang makan di sana. Jadi soal rasa, pasti udah terjamin.
Soto TRIWINDU
Sotonya tasty banget. Kuahnya seger, ditambahi jeruk nipis, trus sambel , wahhh… manteppp!!

Side dishnya ada paru, tempe goreng, kikil dan Lentho.
Lentho
Lentho ini agak keras di luar, tapi lembut di dalam. Ada campuran kelapa dan kacang. Tapiiiii…. berhubung aku ga suka kelapa, so…ga doyan ama Lentho nya

Kita lanjut beli oleh-oleh dulu untuk orang kantor dan rumah. Pertama ke pasar baru, beli snack ceker ayam buat bos ku di kantor, dan mba Nia di rumah.

Keluar dari kiosnya, mama pengen nyobain Es Dawet Selasih. Wajib coba katanya . Penasaran dong. Tapi karena baru makan soto, kita pesen 1 untuk ber2 aja deh. Dan rasanya…. bener lohhhh NIKMAT… Yang beli es dawetnya ga berenti-brenti dan mereka semua rela minumnya sambil berdiri. Semangkok nya cuma RP 5,000. Ada rasa manis, gurih dari cendolnya, dan rasa sedikit asin dari santan. Selasih bikin es dawetnya makin semriwing begitu diteguk. Dan kios bu Darmi ini juga pernah didatengin ama pak Bondan loh.

Selesai ngedawet, kita keluar. Kasian si Barney ama Papa ditinggal di mobil. Lanjut lagi ke TokO Orion untuk beli cemilan-cemilan kecil. Tadinya mau beli roti semir di sini. Untuk perbandingan aja, enakan mana roti semir Merani dan Orion. Tapi sayang, rotinya baru mulai dijual jam 2 siang. Ga bisa dong… Kompensasinya, cukup beli snack-snack kering seperti Rambut Nenek, Pie keju, dan cemilan-cemilan khas Solo yang aku ga begitu tau namanya.

Terakhir, baru deh kita mampir ke toko Merani yang famous banget dengan ROTI SEMIR nya. Sumpah, aku jatuh cinta ama roti ini. Lembut banget, trus bagian tengah roti diolesin krim yang tipis dan manis. Jadi bayangin aja, lembutnya roti, bercampur dengan wangi dan manisnya krim… Mmmmm… Aku nagih roti ini ^O^  .Untuk belinya lumayan susah. Keabisan muluuu.. Ini aja udah dipesenin ama Mama dari hari Jumat. 2 plastik untuk temen kantorku yang nitip, dan 1 nya lagi buatku. Nyesel banget mesen cuma segini. Next time ke Solo lagi, harus pesen yang banyak. Roti Semir ini bisa bertahan sampe 5 hari.
Soto Semir Merani
Perjalanan pulang lumayan lancar. Macetnya ga parah dan masih normal lah. Kita makan siang di Semarang. Seperti biasa sebelum nyampe di sana, kita googling dulu apa sih makanan terkenal di Semarang selain Lumpia dan Bandeng Prestonya itu

Dan pilihan jatuh ke NASI GORENG BABAT PAK KARMIN di daerah Gajahmada. Seporsinya RP 17,000. Lumayanlah, cuma pedesnya masih kurang. Padahal aku udah wanti-wanti bikinin yang pedes banget. Tetep aja masih belum buatku. Porsinya dan babatnya juga generous. Ga ngecewain makan di sini.
Nasi Goreng Babat Pak Karmin
Hmmm..bicara soal kuliner di Solo dan Jawa sekitarnya, aku memang perlu spare waktu yang lebih lama daripada cuma 3 hari doang. Terlalu banyak macem masakan khas masing-masing daerah. Dan yang pasti . next year, aku bakal luangin waktu untuk keliling Jawa ama si Barney, dan mencicipi makanannya 😉

6 tanggapan untuk “WISATA KULINER JAWA TENGAHAN ^O^ 23 DESEMBER 2011”

1. Fahmi berkata:

sumpah, kuliner jawa tengahnya bikin ngiler plus laper~~ kesalahan bacanya pas sebelum makan siang gini :p

2. Salim Sadja berkata:

Di Solo banyak menunya. setiap hari/3x makan bisa bda menu.

Mulai dari yg fresh seperti trancam, urap dan lainnya. sampe yg makanan yang sudah “busuk” seperti sambel tempe bosok, gatot dan lainnya.

“Sugeng Rawuh ing Kutha Solo”

3. Red Campred berkata:

es krim duriannya murah bangetttttt,,,,mau mau mau….beli di Solo sebelah mana tuhh kak???