D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Sep 2015

05

SOP SIPIROK VS SOP TULANG LANGSA (KULINER MEDAN PART 1)

Kalo ada yang bertanya tentang Medan, apa sih yang paling disuka tiap kali datang ke sana? Jawabanku udah pasti, makanannya  enak-enak ^o^!! Ga pernah bosen nyobain kuliner-kuliner baru atopun yang udah pernah dicicip sebelumnya. Dua minggu di Medan dalam rangka mudik kali ini, jelas ga kusia-siakan dengan nyobain banyak makanan  beraneka ragam yang mostly belum pernah dicoba ;). Ini, HANYA 2 di antara 22 kuliner yang sempet kita coba selama di sana 😉

Sop Sipirok

 Orang Medan asli, pasti tau rumah makan yang memang khusus menghidangkan sop ala daerah Sipirok. Menu favoritnya konon sop tulang sumsum yang dijamin udah pasti abis lewat dari jam 2 siang. Padahal tempat ini  baru buka jam 12 :D.  Karena belum pernah ke sana sebelumnya, aku keukeuh mau datang dan nyobain sop tulangnya yang melegenda. Sayangnya, sop tulang habis saat itu. Yang tersisa hanya sop daging dan lauk daging bakar balado yang juga sama favoritnya. Okelah.. daripada ga nyicipin apa-apa :D. Saat kita tiba, pelayannya langsung sigap melayani tamu. Pesanan kitapun cepet terhidang, membuat nilai plus dari segi pelayanan. Tempatnya sendiri ga gede-gede banget. Hanya semacam hall dengan meja dan kursi sederhana. Orang-orang di sini terbiasa datang hanya untuk makan, lalu kembali ke tempat kerjanya. Sehingga tamu lain yang masih mengantri ga perlu menunggu terlalu lama.

Tempatnya gede dan luas , plus, selaluuu rameee -__-

DSC_0622 sop sipirok

 Sop daging (Rp 22,000) datang dengan penampilan yang jujur aja tidak terlalu menggugah selera. Tapi aku masih berharap rasanya mungkin jauh lebih enak dibanding penampakan yang biasa. Menyeruput kuahnya, dan…. KECEWA dengan rasa yang sumpah keasinan -__-. Dagingnya memang lembut, tapi rasa sopnya sendiri terlalu asin. Yang menurutku paling enak, cuma daging bakar balado,  dengan potongan bawang yang diiris, berpadu sambal dengan rasa asam pedes dan  segar. Cobain, nasi panas dengan lauk daging yang diiris tipis dan dituangi sambal bawang merah tadi. Sop daging keasinan langsung terlupakan ;p

Sop Daging yang asinnya kebangetan -__-

sop daging sipirok

Daging bakar, cuma ini yang enak!

daging bakar rm sipirok

Sop Langsa

 Kecewa dengan rasa sop Sipirok yang ternyata so-so, sorenya kembali kita berburu sop tulang sumsum yang juga ada di Medan. Sop tulang Langsa namanya. Sesuai nama, sop ini awalnya didirikan di Langsa, Aceh Timur, tapi lalu  bermunculan beberapa cabang yang denger-denger sih ga semuanya  asli dari sop Langsa di Aceh sono. Apapun, yang namanya sop, apalagi tulang sumsum, wajib dicoba untuk tau rasanya ;). Tempatnya ga segede sop Sipirok. Tapi terasa lebih terang dan nyaman. Orang-orang yang makan juga ga terlalu rame,  bisa jadi karena saat kita kesana udah lewat dari jam makan siang.

DSC_0639 sop tulang langsa

Otak-otak untuk makanan pembuka

otak-otak sop tulang langsa

Harga menu yang terjangkau

menu sop tulang langsa

 Seporsi sop tulang sumsum plus daging seharga Rp 47,000, jadi pilihan. Memang lebih mahal, tapi ternyata porsinya juga jauuuh lebih gede dan looks yummy kali ini ;). Dari rasa kuah aja, udah beda banget ama yang sebelumnya..Yang ini, dijamin gurih, ga keasinan dan mantep!! Apalagi  ditambah perasan jeruk nipis dan sambal merah, beuuhh… seporsi kayaknya kurang… Potongan daging lumayan banyak, dan yang paling diincer dari semuanya, jelas tulang sumsum besar dengan isian sumsum yang puaaaas banget disedot !! ^o^ Laper lagi nulisin review bgini -__-..

Seporsi sop tulang sumsum!! Liat sumsumnya ituuuh!

DSC_0629 sop tulang sumsum langsa

Kaki yang sexy dan berdaging ;D

sop tulang sumsum

Jadi udah jelas ya, kalo ada yang bakal aku datangin lagi next ke Medan, itu udah jelas Sop tulang sumsum Langsa :D.. Lebih JUARA !

Lokasi Sop Tulang Sumsum Langsa: Persis di sebelah Mie Aceh titi bobrok 😉 Semua orang Medan pasti tau kalo yang 1 itu ;D

57 tanggapan untuk “SOP SIPIROK VS SOP TULANG LANGSA (KULINER MEDAN PART 1)”

  1. aku suka banget sama sop sumsum tulang maakk! Cuman bedanya kalo aku makannya gak di Medan aja kali yah hehehe :DD

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahaha…di mana biasanya mba?? kalo di jkt kali aja bisa aku datangin juga..kejauhan ini medan kalo tiap kgn sumsum hrs kesana ;p

  2. Hastira berkata:

    itu sum-sum nya mantap habis

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      banget mba ;).. aku suka bgt makan di sana… btw mba tira, itu link blog mu jgn digabung “dan” nya..aku jd ga bisa buka…pilih salah 1 aja mba… 🙂

  3. Eksa Studio's berkata:

    Waduh,, Pagi pagi belum sarapan bacanya kuliner 😀
    Tanggung jawab kak saya jadi laper,, hati hati nanti kalau rese..

  4. Indah Primadona berkata:

    belom pernah makan sop sumsum aku, bolehlah dicoba kalo nanti kesana 🙂

  5. berbagifun.com berkata:

    sumpah, pengen banget sop tulang sumsum… Belum pernah makan ituu..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hayolahhh… cobain kalo ke medan 😉 Lokasimu di mana mas? kali aja di sana ada yg jual juga…tp di jkt sendiri ya, aku blm nemu sop tulang sumsum yg seenak ini..rata2 hambar -__-

  6. evrinasp berkata:

    wah kuliner berdaging seperti ini kesukaan suami saya sama bapak saya nih mbak, apalagi kalau dijadikan sop, ternyata sumsum langsanya ya yang lebih juara

  7. Rullah berkata:

    Kalo di Jogja aku paling diajak teman-teman untuk makan di Warung Medan, nikmat juga 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      wuaaahhhhh di mana warung medan di jogja?? ga prnh dtg aku mas… kali aja bisa jd referensi pas aku ke jogja ntr

  8. Ria berkata:

    Huaaaa, sup tulang sumsum di gambar2 paling bawah itu sukses bikin aku ngecesss… Medan memang top markotop soal makanan ^_^

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      itulah diaa…. makanya aku slalu nambah berat kalo balik ke medan ;p hahaha…ini baru 2 cerita loh, masih ada bnyk lg yg blm keposting ;p

  9. Dewi Rieka berkata:

    duhh mantap bener itu sop sumsumnya yaaa sayang lagi no meat huhuhu…slurpp…

  10. awen berkata:

    kalau susm-sum itu rasanya gimana sih mba?
    emang bner enak gitu, gx sebel?

  11. Beautyasti1 berkata:

    sop tulang laksa nya menggairahkan mba.. hehehe.. aku suka banget sama sop kaki sexy itu, apalagi sum sum nya.. hhmmm… enakk.. kuahnya segar.. btw aku selama ini cuma dengar nama sop sipirok, ooh ternyata seperti ini ya. thank you info nikmatnya :))

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      langsa mba, bukan laksa ;p Iya ini menunya memang menggairahkan seperti bntuk kakinya ;p hahaha… kamu hrs coba kalo ke medan mba asti

  12. ani berkata:

    enak sekali itu sumsum kenyal kenyal gurih he he

  13. Goiq berkata:

    aaaahh aku suka itu sop iga dan sop sumsum… untung di jakarta aku udah punya langganan menu ini yang menurutku enak

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      di manaa?????? aku pgn kesana dan nyobain jg..drpd ngiler jauh2 ke medan ;p

      • Goiq berkata:

        di dekat RSPP mbak. Namanya Sop Pak Tardja. Tipsnya kalau mo makan sumsum jangan full mbak, campur saja sama iga karena kadang udah ngga ada daging di bagian tulangnya.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          coba ah aku kesana kapan2… kyknya aku inget ini prnh kamu review ya mas… btw, aku tuh justru ga suka loh makan daging yg nempel di tulang kaki… keras soalnya… cm suka sumsumnya aja.. makanya kalo pgn dagingnya aku pesen terpisah 😉

  14. Titis Ayuningsih berkata:

    MasyaAllah, siang-siang gini main kesini ada sop tulang aaaaaaaaaakh…sangat menggoda mbak’e

  15. Yoga Akbar S berkata:

    Mungkin yang bikin itu ngebet nikah, Mbak. Makanya keasinan. Eh tapi, kalo dianya udah nikah? Masa nikah dua kali. Huwahaha.

    Orang-orang kok pada doyan. Gue nggak suka sama sekali. Bingung jadinya sama selera gue. 🙁

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ntahlah… tapi aku males komplain bginian… Yg pasti sih, kalo udh ga suka ama suatu tempat nth krn servisnya, rasa makanan ato barang yang dijual, jangan harap aku bakal dtg lagi kesana 😀

  16. nuzulul berkata:

    sop tulang….wouw, saya amat suka. 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      samaaaa ^o^.. akupun paling suka nyeruput sumsum dari tulang kakinya itu ;p.. ga bakal berhenti nyedot sebelum abis ;p

  17. Kresnoadi DH berkata:

    Anjirr emang kelihatan sih itu sop sumsumnya lebih maknyus. Muahahaha. Pagi2 lagigue baca beginiaan. \:9/

  18. Eksa Studio's berkata:

    Wow,,, mantep bener gan 😀
    ini pagi pagi belum sarapan lihat ky gini jadi bunyi nih perut.. Jhaha

  19. @dodon_jerry berkata:

    keduanya terlihat sama sama enak dan bikin ngiler. seandainya ada disini pasti ngga boleh dilewatkan buat icip-icip nih

  20. cumilebay.com berkata:

    Ah sipirok juara, aku makan sambel teri nya endes banget

  21. evisrirezeki berkata:

    Mau nyobain sop tulang langsa *slurup*

  22. Emakmbolang berkata:

    Subhanallah, enak enak kulinernya mbak. Itu mau nyedot sumsum sampe habis. Seger pasti rasanya, ya

  23. dweedy berkata:

    Sop Langsa mirip-mirip dengan Konro dari Makassar ya ^^

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      rasanya sih jauuh beda mba :D.. konro bumbunya lbh rempah bgt, kalo sop langsa, lbh light 😉 konro ga ada sumsum juga kan..

  24. dian suaanti berkata:

    Minta info alamatnya masing” dong…posisi ak lg dimedan…mau icip”…hehe…yg suka msk tv yg mana ya…ak suka liat ditv tp ga pernah tau alamat jelasnya dimana.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      yaaa..telat bacanya… aku malah g tau ini pernah masuk tv ;p.. tp pribadi lbh suka yg sop tulang langsa.. ini pinggir jalan kok mbak.. gampang ditemuin.. orang Medan asli pasti tau, ato bisa digoogle :).. aku sendiri diajak ama adekku yang lbh tau jalan..

  25. Keke Naima berkata:

    Lihat sumsum nya jadi bikin saya pengen langsung pergi ke pasar besok hahaha. Saya suka banget ma sumsum

  26. mantep atuh, liat nya aja udah ngiler apalgi nyicipinnya :v

  27. Makanan kalau udah keasinan udah susah diapa-apain, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.