D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Nov 2014

30

SANTAP MALAM ELEGANT DI SEKAR KEDHATON RESTO

Dari beberapa restoran tempat kita makan selama di Yogya, restoran ini paling berkesan. Bukan hanya tempatnya yang unik, bercirikhas Jawa kental, tapi juga bangunan yang besar dan luas, parkiran lega yang bisa menampung banyak bus pariwisata, dan yang pasti, makanannya enak 😉

sekar kedhaton

Bangunan utama restoran ini berwarna putih, megah. Beberapa tamu terlihat memilih makan di kawasan outdoor sambil mendengarkan  gamelan dan sinden membawakan lagu-lagu khas Jawa. Beberapa staff dari restoran banyak terlihat di luar, menyambut tamu-tamu sambil tersenyum ramah. Salah seorang di antaranya langsung membawa kita ke sayap kiri bangunan, karena memang HSBC  sudah membooking tempat ini beberapa hari sebelumnya. Naik ke lantai 1, lagi-lagi seorang wanita cantik  penerima tamu yang menggunakan kebaya modern, datang menyambut.  Kita dibawa masuk ke dalam ruangan luas yang didominasi warna hijau dan kuning emas, untuk tempat kita makan malam bersama.  Menurutku  sih, ruangannya terlalu luas, tapi sebenernya bikin kita lega karena ga usah kuatir tamu-tamu  akan terganggu  dengan suara rombongan besar yang berisik.

DSC05969 sekar kedhaton

Makanan disajikan secara prasmanan. Seperti biasa, supaya ga ribet dan bingung, menu untuk kita udah dipilihin ama PIC acara. Sup jagung, sayur daun ubi dengan cabe rawit, ayam dimasak bumbu putih, gulai daging, sambal terasi, gurame asam manis dan buah-buahan.

Sebagai makanan pembuka, sup jagungnya   aku paling suka. Kental, dengan pipilan jagung manis yang ditaro terpisah dalam piring berbeda untuk nantinya dituangi kuah kental sup, lalu ditaburin roti tawar panggang. Gurih dan creamy ^o^. Disajikan masih dalam kondisi panas, bikin perut yang keroncongan, apalagi karena sebelumnya makan sedikit di NIELASARI RESTO, jadi tenang dan anget.

DSC05945 sup jagung sekar kedhaton

Nah, untuk makanan utamanya, sebenarnya bisa dibilang enak sih. Apalagi ini makanan rumahan khas Indonesia bangettt. Tapi tetep ada 1 menu yang aku ga begitu doyan. Gulai dagingnya aneh. Bedalah ama gulai daging khas Sumatra yang kaya bumbu dan rempah. Gulai daging ala Sekar Kedhaton ini, ga pedes samasekali, dan ga berasa gulai  walo tampilannya gulai abis. Ga ngerti aku bumbu apa yang dimasukin jadi aneh gini rasanya…:( Tapi bisa jadi lidahku aja yang ga cocok ama menu yang ini, karena beberapa temen lain yang ditanya sih, pada suka ama rasanya.

gulai daging sekar kedhaton

Padahal other main courses kayak daun ubi dengan cabe rawit plus sambel terasi, mantep broh! Pedeesss! Sayur daun ubinya juga enak, apalagi dimakan bareng cabe rawit yang banyak dicampur ke dalam kuah sayur, beeuhhh, bikin ga  berenti nyuap ;). Dan  sebagai orang Batak, sayur ini juga ngingetin aku ama gulai daun ubi yang sering dimasak mama di Medan.

DSC05948 sayur daun ubi dan sambal terasi

Ayam masak  bumbu putih, jadi penyeimbang rasa pedes. Kuah santan yang gurih, ayam yang lembut dan tomat hijau kecilnya menambah rasa asam segar.

ayam masak bumbu putih sekar kedhaton

Terakhir, gurame asam manis yang juga lumayan tasty. Fillet gurame ini digoreng tepung , daging ikannya berasa lembut, komposisi tepungnya pas, crunchy dan ga ada bau amis. Saus asam manisnya pun yummy. Karena diletakkan dalam piring terpisah, jadi gurame filletnya masih tetep crispy saat dimakan.

DSC05952 gurame asam manis sekar kedhaton

Ah, puas bangetlah  makan di sini. Selesai makan, anak-anak langsung pada semangat nyari spot foto untuk narsis bareng ;p Ruangannya yang luas, dengan pilar hijau dan ukiran emas, lantai dengan tegel model lama, tapi tetap menyuguhkan suasana royal Jawa yang terlihat anggun. Sumpah tempatnya terlalu bagus untuk disia-siakan tanpa foto ;).

DSC05963 sekar kedhaton

So, kalo ada yang mau ke Yogya, dan pengen makan di tempat tradisional nan elegant, cobain deh makan di SEKAR KEDHATON ini 😉

 

Alamat: Jl Tegal Gendu no 28. Kotagede-Yogyakarta

Telp: (62)(274) 386868

7 tanggapan untuk “SANTAP MALAM ELEGANT DI SEKAR KEDHATON RESTO”

  1. Beby berkata:

    Iss. Mau sup jagungnya lah, Kaaak.. Hahah.. 😀

    Itu makanan rumahan tapi kalok puas gitu ya jadi pengen balik lagi.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Tp yg ini rada mahal memang beb :p Es teh aja 26 rb wkwkwkwkw…untung kita gratis dibayarin kantor 😀

      • Beby berkata:

        Uwow. Teh yang dipakek dari mana ya, sampek harganya segitu? Bahahah.. 😀

        Alhamdulillah kalok gratis, Kak.. Kalok enggak kan, sayang jugak duitnya. Eh. 😛

  2. Ranny berkata:

    Haish jadi laper lihatnyaaa >.< mahal pasti yaa mbak 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ga tau mba kalo harga 😀 kan kita gratisan dr kantor ;p.. Tapi temenku pesen teh manis hrgnya 26rb.. 😀

  3. alvi kamal berkata:

    Wow… tempat maknnya elegan banget bahkan suasananya bagus sekali.. trua review makananya aja udah memuaskan jadi tertarik sama guramenya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.