D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Mei 2019

26

MANGUT MANYUNG BU FAT, PEDASNYA MANTAAAP MENJURA ;)

review mangut manyung enak di jakarta, mangut manyung bu fat cempaka putih

Sebenernya sudah beberapa kali mendengar dan membaca review tentang kuliner mangut,  yang  terutama banyak  ditemukan di daerah Semarang sana, dan di Bantul Yogyakarta. Hanya saja yang aku tahu, ikan yang biasa dipakai itu pari atau lele. Mangut sendiri menurut mbah Gugel,  semacam kuliner gulai pedas bernuansa Jawa.. Agak bingung yeee, membayangkan nuansa Jawa apa yang dimaksud ;p .

 

Penasaran sih pengen coba, dengan embel-embel pedas, trus melihat banyak video orang-orang yang sedang memakan ini dengan keringat mengucur tanda kepedasan, tapi ga pengen lidah berhenti mencecap kenikmatan, siapa coba yang ga ngiler melihatnya :p. Apa daya, Semarang dan Yogja lumayan jauh dari Jakarta. Walaupun udah kepikiran tuh, bakal mampir pas mudik lebaran tahun ini. Mumpung ke Solo yaa kaan, melewati Semarang, trus ga jauh juga dari Yogyakarta 🙂 . Harus sabar aja nunggu sampe mudik :p

 

Tapi…. pepatah yang bilang  orang sabar disayang Tuhan, sepertinya berpihak ke aku :D. Ga harus menunggu mudik, tetiba aja sedang jalan ke kawasan Cempaka Putih, kok ya ngeliat ada restoran baru, dengan tulisan KEPALA MANYUNG BU FAT, CABANG SEMARANG.

review mangut manyung enak di jakarta, mangut manyung bu fat cempaka putih

Bagian dalam restoran, difoto dari luar

review mangut manyung enak di jakarta, mangut manyung bu fat cempaka putih

Uwoooooooh, berdua suami langsung berhenti dan mutusin makan di sana :p. Kesampaian juga bisa ngerasain mangut :D. Sesuai namanya, untuk menu mangut di sini, yang dipakai itu kepala ikan manyung. Ini pertamakali aku mendengar nama ikan Manyung 😀 Langsung kepo browsing internet kayak apa penampilan si ikan :D.

 

 

Gimana bagian dalam restonya?

Ini restoran masih baru, karena aku lumayan sering main ke Cempaka Putih dan belum pernah ngeliat tempat ini sebelumnya. Bagian dalamnya sih gede. Bisa muat banyak pengunjung. Untuk parkirnya  aja kali yaaa, yang agak terbatas. Tapi okelaaah, tukang parkir di sana pasti ngebantuin untuk nyari slot kosong. Pas masuk ke dalam, aroma pertama yang kecium itu bau ikan bangettt. Mungkin niiih, bagi yang ga suka aroma ikan dengan sedikit hanyir, bisa pusing sih. Tapi lama kelamaan, baunya ilang, karena idung mulai terbiasa kali yaaa.

review mangut manyung enak di jakarta, mangut manyung bu fat cempaka putih

 

Aneka menu manyung yang tersedia

 

Cara memesan makan di sini, tinggal pilih aja deretan menu yang tersusun di pojokan kiri restoran. Kali ini,  ga pake lama berfikir mau makan apa, aku dan suami udah pasti memilih mangut manyung untuk menu utama. Sebagai tambahan, kupesan  lagi  mangut pari, tumis pete dan jamur plus nasi putih 1 :D. Pilihan lainnya masih banyak, cuma karena kami hanya berdua, ga berani juga pesen macem-macem, takut mubazir ga kemakan 😀 .

Kepala manyung, besar, penuh dengan bumbu pedas

review mangut manyung enak di jakarta, mangut manyung bu fat cempaka putih

Sempet sih  pengen  memesan sambel, tapi kok yaaa kata mba kasir, ini rasa gulainya  udah pedeeees, tanpa harus ditambahin sambel :o. Ya ga jadiiii , takut sakit peruuut hahahaha..

review mangut manyung enak di jakarta, mangut manyung bu fat cempaka putih

review mangut manyung enak di jakarta, mangut manyung bu fat cempaka putih

Seporsi kepala manyung, ternyata gueeedeeeee. Disiram dengan kuah santan yang panas menggelora, plus aneka rawit ginak ginuk yang bikin mataku berbinar :p. Duuuh aroma yang menguar dari kuah mangutnya aja udah bikiiin lapeeeer cyyyyyn :D. Gurih-gurih ahooy…

Kuah mangut yang gurih pedas

review mangut manyung enak di jakarta, mangut manyung bu fat cempaka putih

Daaan, setelah membayar lebih dahulu  semua menu di kasir, ga sabar rasanya untuk mengganyang si kepala ikan dan daging parinya.

review mangut manyung enak di jakarta, mangut manyung bu fat cempaka putih review mangut manyung enak di jakarta, mangut manyung bu fat cempaka putih

Seruput kuahnya dulu, sluurp.., langsung bikin lidah melejit merasakan nikmat santan yang pedas, panas dan gurih!! Kepala ikannya lembuut, dan itu bumbu yaaa, diolesin merata di kepala Manyung , endeeeus meresap sampai ke dalam-dalam. Jadi pas di hisep, berasa puaaaas banget ;).

 

Yang terpenting, ga amiis sih.. Aku rada cerewet soal ikan ,  amis dikit, langsung  ga napsu :p. Nah mangut manyung ini, lebih dominan bau daging ikan yang diasapi. Memang begitu ciri khas mangut Semarang.

Untuk  mangut pari pesananku,  ga kalah enak ama kepala manyung. Daging pari itu nikmaaat tiada tara. Dagingnya lembut, apalagi tulangnya jenis lunak. Kalo orang Sumatra , ikan pari biasanya di bakar, dan baru kali ini aku ngerasain dimasak mangut. Bau asapnya tercium kuat, tidak mengganggu samasekali , tetep bikin ketagihan seperti si kepala manyung.

mangut pari kesukaan ^o^

review mangut manyung enak di jakarta, mangut manyung bu fat cempaka putih

Naaaah, makannya jadi dobel  nikmat, dengan tumis jamur dan pete yang gemuk-gemuk hahahaha.. Sumpah ini jamur dan pete bikin rasa mangutnya jadi makin rame. Petenya  itu yaaa, diliat gede, tapi ga terlalu bau kalo kubilang. Eenaak dua jempoool 😉

review mangut manyung enak di jakarta, mangut manyung bu fat cempaka putih

 

Jadi berapa harganyaaaa??

 

Aku udah nyiapin mental pas bayar, bakal mendengar harga fantastis :p. Secara ngerti banget, kepala ikan itu ga murah. Di restoran  Padang ,  gulai kepala ikan bisa ratusan ribu. Tapi ternyataaaa, di luar dugaan, total makanan kami berdua, yang terdiri dari seporsi kepala manyung, nasi 1 (pak suami cuma pengen ngeganyang kepala manyung) , mangut pari, pete dan jamur, 1 es teh dan 1 aqua,  cuma ditebus seharga Rp192,000 sajaaaaahhhhh … OMG,  aku happy sekaliiii :D. Yang paling mahal tetep si kepala manyung yang ngabisin Rp100,000 sendiri :p. Mangut parinya cuma Rp37,000 cuy.

 

Dengan rasa pedes mantap, gurih pula, ga bakal kapoook sih untuk makan di Mangut Manyung Bu Fat ini :D. Ga jauh-jauh amat dari rumah pula ;). Walo jujur aja, tetep pengen banget bisa menikmati mangut manyung  di tempat aslinya di Semarang :D..

 

 

Ada kekurangannya ga sih?
Kalo aroma hanyir yang tercium di awal jadi masalah, ya berarti itu sih kekurangannya.. Tapi melihat para tamu yang tetap rame makan di sana, ga berhenti-henti masuk, aku rasa mereka ga terganggu samasekali dengan baunya :D.

 

 

ALAMAT MANGUT MANYUNG BU FAT 

Jl.Cempaka Putih no 19

130 tanggapan untuk “MANGUT MANYUNG BU FAT, PEDASNYA MANTAAAP MENJURA ;)”

  1. Handy berkata:

    Wah ada restoran ikan baru lagi nih di Jakarta, pingin ajak keluarga makan di sana.. Tapi di sana ada ikan yang lain gk mbak selain manyung dan pari?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      sepertinya sih ada mas… kalo ga salah ada muajer ato ayam juga.. tp aku memang ga pgn pilih yg itu :D. kan jagoannya mangut manyung 😀

  2. Rach Alida berkata:

    Aku pernah mba makan mangut mayung bu Fat ini pas mrreka kayak bikin aneka kuliner khas. Dan aku nyesel cuma beli satu. ENak mba meurutku. Apalagi kalau pedas dan makan ama nasi panas. OMG enaknya kebangetaan

  3. dita berkata:

    wah, baru tau ada cabangnya di cempaka putih.
    sebagai orang semarang aku nggak asing lagi sama warung bu fat. cabangnya ada di deket rumah malah, tinggal ngesot aja. tapi menurutku ada yang lebih enak dan lebih murah dari bu fat, kalo di semarang. warungnya kaki lima buruk rupa banget, tapi mangutnya rasanya tiada tara, yang beli orang-orang bermobil mewah, termasuk langganan mendiang pak bondan maknyus, namanya warung makan ibu anna di maerokoco.
    kalo di bu fat mangutnya ada taste manisnya, kalo di bu anna nggak ada manis-manisnya. aku siih lebih suka yang bu anna, cuma jauh dari rumah. hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      naaaah ituuuuuuu… makanya aku pgn bgt cobain mangut2 lain kalo ke semarang mbaaa…. iiihhh kalo aku sedang di sana, ksih tau di mana mangut bu anna itu yaaak :D, penasaran kan jadinyaaaa

  4. Heniajaa berkata:

    Wiw mantabb banget mba gulai mangut ikannya
    .sy pwenah sih makan ini mantabb bgt deh.. Emg biasanya yg di masak aih kebanyakan kwpala ikan yg ukuran gede
    .jadi makin wnak di seruput gt apalgi kuahnya santan dan pedes.. Jd ngiler… Sabarrr btr lg dh mo bukaa beduggg

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      beneeeer. ini kuahnya enak banget diseruput mba :p. apalagi kalo pedeeees, beuuuh jd pgn lg aku 🙂

  5. ratutips.com berkata:

    hihi kalau harus datang ke semarang kejauhan ya kak fanny..

    wah mayan juga sih yaa kalau ada anyir gtu mengganggu pas lagi makan.. tapi overall mungkin bau anyir ilang dengan rasanya yang enak y kak

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iya mbaaa.. masih awal2 sih yaaa. jd pasti kecium aromanya… tp setelah terbiasa, hilang dgn sendirinya kok 😀

  6. ursula meta rosarini berkata:

    Ternyata pilihan menunya banyak ya mbak, aku sering nih lewat depan restoran ini tp belum nyobain, next time kalau lewat mampir ahh, apalagi suamiku suka bngt yg pedes2

  7. dekcrayon tata berkata:

    ampuun baca ini pas puasa gini langsung ngeces iler dan perut krucuk-krucuk. apalagi ada tumis pete kesukaan. kalo mangut pari belum pernah nyoba. bayangin masakan berkuah pedas plus masih panas-panas disruput kok kayaknya enak banget ya mbak. tapi porsi gede seperti itu gak bakal habis kalo aku makan sendiri.

  8. Nasirullah Sitam berkata:

    Manyung emang menggiurkan bagi pecinta kuliner ikan ahahhhaha. Kalau lihat harganya kok menurutku murah ya haahhah

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      naaah yaaa. untuk harga jakarta, segitu mah murah bangetttt. makanya aku lgs seneng pas bayar mas :D… tp jd pensaran pgn coba mangut2 yg lain kalo ke magelang ato jogja nanti

  9. Kang Nata berkata:

    Lihat gambar gambar kulinernya…..saya cuma mao bilang…… ” ini gueee bangetz’ Mbak” , sampe2 produksi air liur saya jadi membanyak gara gara lihat kontent ini.:) , Manyung BU Fat…emang hebyattttt….!!!

    Nama Bu Fat ini saya sering dengan loh…..tapi merek apa yah….? ahhhh…lupakan sajalah… 🙂 yang kudu diingat adalah aneka kuliner diatas. 🙂 karena hampir menggoda puasa saya, hahahha….. 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahah, hayuuuuk aku ajakin makan di sini ntr ;).. dijamin kamu bakal nagih dan namboh2 makannyaaaa ;p.

  10. Aul Howler berkata:

    Sempat merinding liat cabe-cabenya lalu ngiler liat lauk pauk dan… PETE NYA!
    Hahahahha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      toooossss.. akupun lgs ngiler banget itu gara2 liat peteee hahahahaha…. makanan terenak itu mah 😉

  11. Sulis berkata:

    Aku penasaran sama ikan manyung. Blm pernah makan mb. Btw, tubuhnya juga dimasak kan ya mba…? Klo di magelang (dkt2 borobudur) ada yang terkenal namanya mangut Beong.
    Blm pernah nyoba juga.
    Prnahnya mangut lele doang..😁

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      naaaah ituuu.. aku ga iat badannya mba hahahaha… harusnya dimsak jg kali yaaaa. krn badan yg aku pesen ikan pari 😀

  12. Ria Bilqis berkata:

    Sebagai orang Sumatera yang doyan ikan ikanan, termasuk kepala ikan. Aku jadi tergoda untuk mencoba

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      wajiiiib :D.. kalo ke semarang ato cobain yg di cempaka putih ini :D.. enaaak banget kok mba ;).

  13. Hastira berkata:

    makasih reviewnya

  14. berbagifun berkata:

    weee ikan manyung… aku pernah nyobain mangut yang lele
    itu Bu Fat singkatan dari Fatimah atau karena ibunya “Fat”gendut ya? heuheuheu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hihihihihi, apapun laaah, mau fat(gemuk) ato fat yang lain, yg ptg rasa mangut manyungnya enaaaaak 😉

  15. maschun sofwan berkata:

    wah mantap menunya, bisa jadi referensi nich untuk bukber

  16. Bety Kristianto berkata:

    Duh mbaaaa.. aku lebih ngiler liat petenya ketimbang mangutnya hahahaha… mantab jiwa itu, sluurp yummy.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahhahaha akupun lgs ngiler pas liat petenya ndut2 begituuuu. ijo banget lagi :D. enaaak mbaaa

  17. Monda Siregar berkata:

    haduuh… jadi penasaran seblah mana sih?
    di Cempaka Putih Raya dekat Dwima? karena makanan di situ enak2 sih..

    mangut itu gulai nuansa Jawa .., nggak ada rasa aneka asam2 spt gulai medan ya?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      beneeeer mba. deket dwima msh trus lagiii… di sebelah kirinya. kalo tau soto betawi dudung roxy, itukan di kanan. mangutnya msh di depan tp seb kiri

  18. Enny berkata:

    Sebagai orang sumatera saya asing dengan menu mangut manyung ini. Tapi pas baca jadi penasaran. Siapa tahu suatu hari nanti dikasih kesempatan untuk nyobain. 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      akupun org sumatra mba.. biasanya nyobain kukiner bersantan tp pedes, kali ini santanya ga kentel tp ttp pedes. jd bisa masuk lah ke seleraku ;). enaak kok ini 😀

  19. Nurul Sufitri berkata:

    Duuuuuh mbak Fanny bahagia bener ya akhirnya bisa ngerasain mangut ini yang ga amis. Ternyata ikan manyung ya? Wiiih aku aja baru denger nama ikan beginian hihihihi. Jengkol, pete, sambalnya gilaaaaaaa bikin lidah bergoyang! Secara aku pan urang Sunda jadi kalau lihat gambar makanan yang menggugah selera kayak gini jadi kepengen juga hahahaha. Bagus ya restorannya. Kupikir ala kaki lima nih. Kokinya hebat kalau masak ikan ga bau amis. Aku jarang sih makan kepala ikan. Kalau lewatin Cempaka Putih, boleh juga mampir ah 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      naaah iyaaaa. pas liat petenya, aku lgs pengeeen mbaaa hahahha.. pecinta pete banget . apalagi kalo udh ama sambel pedes 😀

      cobain deh resto ini kalo mampir ke daerah cemput 😉

      • Nurul Sufitri berkata:

        AKu belum juga melewati Cempaka Putih hahaha. Jadi terbayang nikmatnya aneka sajian manyung Bu Fat ini. Jengklnya ga sekalian, mbak Fanny? ekekekeke…. Ini kayak makanan ala sunda di warung nasi Ampera gitu ya. Prasmanan enak bebas liat, ambil. Kalau mau bisa dipanasin lagi.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          naah nth napa ya mba, kalo jengkol aku ga terlalu doyan hahaha.. masih lbh suka pete kemana2 :D. prnh sih makan jengkol yg enak. tp keserjngannya dpt yg ga enak. jd males nyicipin kalo namanya jengkol :p

          • Nurul Sufitri berkata:

            Lah aku lebih demen jengkol daripada pete hahahah 🙂 Cukuplah makan 5 kancing aja. Mamhku bilang, makan 1 atau 100 sama aja bau2 jengkol juga wakakakak..makan mentimun tuh kuncinya biar ga bau2 amat. Btw tahun 1969 dulu kuliner ini eksis ya…pasti luar biasa perjuangan usahanya.

          • Fanny Fristhika Nila berkata:

            aku malah blm prnh coba restoran asliny di semarang mba. tp kalo menurt temenku yg org semarang memang terkenal dan enaaaaak.

  20. Akbar S. Yoga berkata:

    Ini yang deket WS itu bukan sih, Mbak? Tiga hari lalu habis lewat situ. Sebulan lalu malah makan di WS-nya sama temen. Enggak engeh udah buka apa belum waktu itu.

    Yang bikin enggak suka atau malas makan ikan itu emang bau amisnya, sih. Terus duri. Sejauh ini kayaknya cuma lele yang pengecualian. Saya entah kenapa sering iri sama orang yang bisa makan kepala (khususnya ikan) dengan lahap. Saya enggak pernah bisa makannya. Udah mau coba, tapi langsung enggak tega gitu melihat matanya. Ayam aja cuma berani sebates leher. Aneh banget. Hahaha.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      yog, WS apa yaaak hahahaha.. ga ngeh aku :p. ini deket warung upnormal, tp masih trus lagi. di sebelah kiri jalan ntr ;).

      eh btw, aku jg ga bisa makan kepala ikan :p. itu mah pak suami yg jago. akupun geliii soalnya hahahahah… yg kepala mangut ini, aku lbh mesen ikan parinya, trus pas nyobain kepala , suami yg misah2in bagian dagingnya hahahha.. aku ga jago ngisepin kepala gt. geliiii

      • Akbar S. Yoga berkata:

        Waroeng Steak, Mbak. Saya lupa juga, sih, lokasinya. Tapi seinget saya kayak ngelewatin.

        Ohaha. Kirain suka juga. Berarti yang doyan emang suaminya?

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          aku malah ga ngeh ada warung steak di deket mangut ini yog. beda lokasi kali yaaa :D.

          ga doyaaan aku kalo hrs isepin kepala ikan :p. pak suami doang itu yg suka. akunya mah lbh milih makanin dagingnya yg udh dia pisah2in dr kepala hahahah

  21. Eryvia Maronie berkata:

    Saya baru tau nih ada yang namanya Ikan Manyung.
    Btw tampak dari depan restonya keren banget ya. Kayak cafe gitu, padahal rumah makan ikan.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyaaaa, ga mirip resto ikan memang mba :p walopun kalo pas masuk lgs kecium aroma ikan sih :D. aku aja kalo ga nyobain resto ini, ga bakal tau ada ikan namanya manyung :p

  22. vanisa berkata:

    yaampuun mbaaak, sambal dan bumbunyaa menggoda bangeeeeet. pantesan aja yak meski keringat mengucur gak bisa brenti 😛

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      beneeeeeer. rasanya ith nagihin mba :p. ga bisa berhenti ngunyah apalagi kalo ketemu kuah pedesnya itu 😀

  23. Ratna Kirana berkata:

    Hmm kayaknya enak banget nih masakannya. Aku belum pernah makan ini, mungkin ini saatnya nyobain kali yah heheeh.. Menarique sekali sampe ngiler hehehee..

  24. lendyagasshi berkata:

    Aku baru tahu mangut ini setelah nyobain di tempat makan juga loo..
    Tapi karena tempat makannya bukan khusus seafood, jadi kurang nendang ((perasaanku))

    Bener deeh…
    Harus makan mangutnya di Semarang langsung. aww

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyaaaa, aku udah niat kalo bisa ke semarang, bakal nyobain restoran mangut terkenal di sana, kalo perlu sampe magelang. denger2 di sana lbh banyak rumah makan yg menjual mangut

  25. Roosvansia berkata:

    Setujuuuuu mba. Ngga amis n ikannya baru. Klo ga baru kt bisa sakit perut sampe rmh. Sedih wkwkwkwk. Btw aku ngiler *padahal br makan bzzzz

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      naaah iyaa, ikan kalo ga baru, pas dimasak juga berasa ga enaknya. aku pemilih bangett kalo soal seafood ..soalnya pernah keracunan ikan tongkol yg bikin kulit merah semuka-muka 🙁

  26. Reyne Raea berkata:

    Cuman mau bilang

    SAYA NGILER SAMPAI MAU NETES-NETES!!

    huhuhu, mba fanny..
    Saya bayangin aja belum liat fotonya udah ngiler.
    Saya ngidam banget ikan asap yang di masak gulai gini, dulu mertua saya pernah bikin, ga tau itu namanya mangut atau bukan.
    Tapi yang jelas enak banget rasanya karena pedas juga kayaknya.

    Saya sampai nanya suami saya, apa tuh mangut, ternyata emang enak mah ikan itu, kami pernah makan tapi di goreng sih, dijadiin penyetan.
    Duhhh ngileeerrrr bayanginnya.

    Biasanya tuh di jual di pasar Kenjeran Surabaya banyak.
    Dagingnya di potong2 trus di asap.
    Nanti bisa digoreng, dan jadi penyetan.

    Apalagi kalau dimasak ala gulai pedas gitu ya, mana kepalanya juga.

    Saya mah pecinta ikan banget mba, apalagi ikan laut. rasanya semua ikan laut itu enak banget.
    eh asal bukan Lele sih, saya kurang doyan lele.
    Terlebih sekarang, sama pak suami suka beli lele, ditaruh di kolam2 ikan kecil depan rumah, trus jadi makanan kucing.
    makin eneg deh saya ama lele, berasa makan makanan meong hahahahahaha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      wkwkwkwkwkk, tooosss kita. aku kurang suka ama lele juga. soalnya inget dia hidup di lumpur hahahahha. jd geli. apalagi yg rasa lumpurnya kerasa.

      duuuh di semarang kayaknya ikan asap dimasak manyung ini banyaaak deh. dan aku udh niat rey, kalo ke semarang mau mampir nyobain mangut2nya :D. temen kantor pernah beli ikan asapnya thok, dan muraaaaah banget.

      dimasak gini juga ama dia. :D.

      surabaya kebanyakan di penyet yaaa. blm prnh rasain tuh aku. tp kalo inget sambal surabaya kebanyakan pedes, harusnya bisa cocok ama lidahku 😉

  27. Bang Doel berkata:

    Kalau di Indramayu ada yang disebut pindang gombyang yang terbuat dari kepala ikan manyung… rasanya gurih dan cenderung pedas. Kayaknya ada kemiripan sama mangut ya, secara saya belum nyoba mangut sih.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kalo pindang pake santan jg ga mas? tp kalo rasanya gurih dan pedees, sepertinya aku bakal suka jg sih 😀

  28. Dian Restu Agustina berkata:

    Biasanya makan mangut lele..kalau mangut manyung belom pernah keknya
    Dan itu petenya sungguh menggoda
    Kebayang aku bakal nambah nasi kalau makan ini hihihi

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hhahahahaha, bangetttt.. aku aja pgn nambah itu mah ;).. kuahnya pedes guriiih, petenya digigit bikin nagih mba.. ga terlalu bau ;D

  29. nurul.potret berkata:

    Gua bacanya sambil ngiler… haduwh..

  30. Nita gembul blog berkata:

    Peteeeeeeeee, mauk

    Klo mangut dulu mbah putriku juara bikin mangut malah sempet bikin kede yang ada menu mangutnya. Cuma mangutnya mangut leele
    Klo mayung aku blom pernah coba

    Tapi kliatannya sih sedeeppp….

    Sama aku klo ikan uga strict banget, kudu beneran mateng dan jand sampe ketemu amis, klo masi amis mah yudadabubay

    Paling pilihannya klo ikan mauku digoreng garing klo ga ya kuah santenan gini

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      tooosssss…. ikan aku lbh suka di bikin oedes santan gini, ato goteng kering supaya g amis. kalo masih amis, udh deeh, ga bakal aku sentuh ahhahaha. makanya kalo sop ikan aku males nit biasanya msh amiiis bgt.

      uwaahhhhh aku kalo ke jogja pgnnya cobain mangut lele yg terkenal di sana tuh.katanya pedeees bgt. sampe pernah di review ama vlogger bule

  31. Lusi berkata:

    Sedap betul. Manyung memang khas pantura. Teman2ku sering cerita tapi aku sendiri belum penah mencicipi padahal sering ke Semarang. Thanks infonya.

  32. Ririn Wandes berkata:

    Saat melihat harganya masih terjangkau yah,kak apalagi itu kepala ikan menggoda sekali. Nanti kalo ke Jakarta boleh juga nyobain nih atau ke Semarang sekalian.hehehhe. Tapi pedasnya itu kubisa tak tahan nih kalo makan banyak,hehehe. Pete nya itu menggoda juga untuk para penggemar pete, aku sih kurang suka tapi boleh juga nanti dikunyah sambil makan ikan nya,hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kamu kasih tauuuuu kalo ke jkt. aku ajakin makan di sana ntr ;). ini ga jauh dr rumahku rin. jd gampang kalo ksana

  33. ratutips.com berkata:

    beuh liat parinya bikin merem melek nih.. apalagi liat petenya aduhai indahnya warnanya pasti saama dengan rasanya.. enak enak…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      wkwkwkwkwkk petenya ginuk2 menggemaskaaan yaaaa. aku sukaaa rasanya, krn ga terlalu bau mbaa :p

  34. Aul Howler berkata:

    Yummy

    OMG pete is loveee

  35. lianny hendrawati berkata:

    Baru tau tentangikan manyung, langsung deh searching ‘ikan mayung’ di google haha.
    Mangut manyung Bu Fat Semarang rupanya cukup terkenal ya. Cabangnya aja udah enak pasti lebih maknyuss makan di tempat aslinya.
    Mangut yang biasa kumakan itu mangut ikan pari, beneran cocok banget deh dimakan dengan pete, biasanya suka dimasak bareng ikannya. Ini petenya gendut2 amat yak 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      naaah iyaaa, kalo mangut ikan pari itu aku lbh sukanrasanya. krn daging pari lbh enaaaaak, apalagi tulangnya lunak. pgn ngerasain lgs yg di kota asalnya nih mba

  36. Justin Larissa berkata:

    Catet nih, Cempaka Putih! Harus coba! Soalnya pas aku makan mangut lele yg di Jogja, aku suka bangeeett meski sampe keringetan nangis nangis kepedesan hahahaha. Ini malah ada petenya segala, terlalu menggoda gak boleh dibiarkan begitu saja!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      harus didatangiiiiin ! :D. kalondr segi ikan, aku lbh suka rasa ikan manyung dan pari drpd lele mba. dagingnya lbh tebel :D. ketagihan pasti yg ini 😉

  37. adi pradana berkata:

    Sambelnya menggoda…. sikaaaaat…..

  38. Tia berkata:

    mangut manyung, sungguh asing banget di telinga ku mbaa..
    baru tau aku ada makanan kayak begini, padahal ku orang jawa tapi nda tau.. hihi..

    ngeliat foto-foto dan baca ulasan mba fanny membuat ku berkali-kali menelan ludah. duh, ngiler mbaa pengen nyoba juga.

    selain di cempaka putih, di jakarta ada lagi gak ya yg jual mangut manyung ini?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      cuma di cemput mbaa :D… aku blm nemu cabangnya yg lain.. tp ga tau deh kalo ada restoran manyung yg lainnya yaaa 😀

  39. Nita Lana Faera berkata:

    Gulai Jawa emang agak beda sih bumbunya, karena pakai asam jawa juga mungkin. Pingin deh nyobain mangut ini, karena gulai ikan pastinya enak banget. Segede gitu dan digulai, iya harganya pun menyesuaikan ya, haha… Diriku pun baru tau ikan minyung ini.

  40. Herva Yulyanti berkata:

    Baru tahu mba ada mangut manyung wkwkwk..dan ikan manyung :p tapi liat penampakannya enak yah. Aku juga paling rewel sama bau anyir jadi kalau beli di luar ikan2an kalau udah bau amis wes ga akan aku balik2 lagi :p

    dari sekian menu aku salfoknya sama tumis jamur pete gemuk wkwkk kok ngiler yah beneran pengen..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hihihihi, awal masuk restonya aja yg sempet kecium bau ikan mbaaa.. tp lama2 baunya jd biasa dan ga mengganggu lagi.. beneran enaaak deh ini… pedes gurihnya itu bikin nagiiih 😀

  41. evrinasp berkata:

    Sepertinya saya gak sanggup melihat pedasnya mbak, perut gak kuat, saya orang Semarang (Kabupaten sih) tapi kok gak tau ya Ada kuliner mangut, mama juga gak cerita Ada kuliner khas itu, baru tau dari tulisan mbak fanny ini

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      waaahhhh kalo ke semarangnya hrs coba yg asli mba ;)… aku aja udh niat kalo ke semarang mau cobain tempat aslinyaaa. kata temenku beneran enak juga yg di semarang 🙂

  42. Jalan-Jalan KeNai berkata:

    Waaaa! Ini mah kayaknya memang wajib banget dikunjungi. Apalagi kami sekeluarga memang lebih suka ikan daripada ayam. Pedas pula! Wajib didatangi lah ini!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      wajiiiib mbaaa… ini beneraaan enaaaak bangetttt :D. aku aja pgn ksana lgi… bersyukur ga jauh dr rawamangun 😉

  43. ellafitria berkata:

    Baca postingan ini pas jam makan siang. Duh ya kebanyang mangut pedas manis gurih.. Ngileeer

  44. Adi Pradana berkata:

    Paling enak nih, mangut. blm pernah nyobain kalo mangut manyung. Di Jogja ada g ya, coba hunting ah

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kalo ke jogja nanti aku udh niat tuh mau cobain olahan mangut di sana. dgr2 kan yg di jogja juga pedeees ;D. kesukaanku banget itu

  45. Shovya berkata:

    31 tahun hidup belum pernah makan yang namanya mangut 😀 di Banjarmasin ada sih yang jual mangut tapi mungkin kurang populer di kalangan orang Banjar.. tapi pengen nyoba juga, pasti enak ikan pakai kuah banyak rempah itu.

    Terus ikan pari nya juga bikin ngiler mbak 😀 disini belum ada yang jual olahan ikan pari 🙁

    Tapi yang paling menarik perhatian itu si pete sama jamurnya, jadi terinspirasi pengen nyoba wkwk pete mah is the best dah XD

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku aja nyesel baru cobain mangut skr iniii hahahaha. ga nyangka rasanya enak bangetttt. dan beneran jd pgn cobain di kota asalnya mba :D.

      tp memang petenya itu paling juaraaa dibanding semuaaaa 😀

  46. Anton Ciptady berkata:

    Suwerrrr…..belum pernah nyoba ini. Dan ngilerrr deh baca ni postingan,,,,,wajib coba kayanya nih….

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      haruuus mas. kalo penyuka ikan, dan pedas, wajiiib lah dtg kesini. manaa muraaah pula harganya. uas, trus kenyang makannya

  47. Sandra Hamidah berkata:

    Wah mba Fan, aku baru tau ada kuliner dengan nama unik kayak gitu. Belum pernah liat dan coba soalnya tapi aku pengen meski suami ga doyan ikan haha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kalo ke jkt ato ke semarang sekalian, wajib dimampirin mba ;). beneran enaaak deh ini.. pedeesnya nampol bangettt :D. aku aja yg ga doyan kepala ikan, bisa suka 🙂

  48. Meriska Putri berkata:

    Kapan hari baru nonton ulang videonya Nex Carlos lagi makan di Bu Fat Semarang, eh sekarang baca reviewnya mbak Fanny. Jadi ngiler pengen nyobain juga tapi takut kepedesan secara aku cemen banget soal makanan pedes, heuheu.

    Di sini ikan pari nyebutnya iwak pe, di deket rumah ada yang jual dan pedes juga. Ntar beli ini dulu lah untuk mengobati kengileranku 😀

  49. Andrie Kristianto berkata:

    Wahhh penyajiannya masih terkesan tradisional yaaa, kalo kek gini ak suka banget sih.. apalgi makanannya juga enak suasanya enakm jadi pengen langsung cuss kesini

  50. Yasinta Astuti berkata:

    Aku nelen – nelen liur baca ini. Ahh mbak tanggung jawab aku jadi mau haha, aku pertama tau rasa mangut pari itu langsung jatuh cinta. Sayang di Bandung tempatnya udah tutup, kapan-kapan explore kuliner di Bandung dong mba, yang aku bisa ikutan juga gicu hihi

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ntr kalo aku ke bandung lg, aku kabarin yaaaak :D.udh lama nih memang ga ke bandung. trakhir ksana tp bareng kantor. jd ga bisa bebas jugaa

  51. Erlina berkata:

    Kayanya enak banget ini mb..
    Sy dulu pas domisili di jkt maennya jarang ke cempaka putih. Coz sy tinggal di mampang…

  52. Nanik Nara berkata:

    Lihat foto pertama, langsung tergoda dengan petenya.
    Iya lho, selama ini saya tahunya mangut lele, ini ada mangut manyung, langsung ikutan cari gambar manyung juga di google.

    Semoga suatu saat kesampaian ya mbak, menikmati mangut di Semarang atau Jogja

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iya mbaaa, udh aku msukin list segala kalo ke jogja ato semarang, wajiblah aku bakal coba mangut2 nya di sana :D. apalagi katanya lbh pedeees 😀

  53. febridwicahya berkata:

    Sayaaaaaa pernah lewat mangut mayung gitu sih, tapi ngga tau ena tidaknya, sejauh ini belum pernah memakani mangut mayung, pernahnya mangut lele wgwgw

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahhahaha cobain yg manyung feb.. enaaak :D. pedesnya itu nampol.. tp yg pari jugamanteeep. krn tulang ikan parikan lbh lunak

  54. tas rajut jogja berkata:

    pengen nyobaiin,, bikin ngiler banget

  55. Rohyati Sofjan berkata:

    Saya suka masakan kuah santan yang pedas, tapi baru tahu mangut itu apa. Sebelumnya pernah baca tulisan mangut di YouTue tapi gak tertarik karena gak paham, hi hi. Sekarang setelah baca ulasan Mbak Fanny jadi penasaran. Pengen nonton YouTube tentang mangut itu. Sayang di sini belun tahu apakah ada restoran yang sediakan mangut. Ada banyak restoran di dekat Balubur Limbangan Garut kayak Racik Desa, Rumah Makan Cibiuk, Saung Panyawahan, dan lainnya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      akupun tau mangut manyung setelah nemu resto ini mba… awalnya sempet diksh tau, tp krn ga ada bayangan, jd kok ga terlalu ngiler dengernya ;p. ternyata pas dicoba sendiri, beneran enaaaak 😉

  56. Bang Day berkata:

    Foto2nya bikin auto lapar nih.
    Waktu diklat di YK pernah diajak teman menikmati ini, tapi tempatnya kulinernya di dalam kampung gitu. Herannya pengunjungnya ramai dan pada bermobil. Bingung aja gmn mereka bisa nemuin tempatnya hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      restoran kalo udh enak, mau nyempil kemanapun pasti dapet ditemuin mas :D.. akupun rela nyari yg begitu kok.. thanks to google maps yg banyak bantuin 😀

  57. Ikrom berkata:

    meski aku penyintas GERD tapi ga bisa nahan sensasi santan dan pedesnya deh
    duh ikan parinya itu keliatan enak

    mudah juga mbak ah pengen coba

  58. Rudi Chandra berkata:

    Kalo kepala ikan mayung, udah cukup sering makan sih di sini, tapi ya gulai santan biasa.
    Mungkin ntar nyobain juga yang dimasak mangut gitu, tapi harus ke Jawa dulu deh.

  59. mutimimut berkata:

    Aku malah gak suka kepala ikan, tapi kalau liat menu di restonya ternyata sedia ayam juga ya. Kayaknya kapan-kapan pengen nyobain juga nih

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku jg sbnrnya ga doyan kepala ikan mba. tp aku suka ikan pari. makanya aku kesana cm milih ikan pari pake kuah si mangut :p

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.