D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Okt 2022

26

LIBURAN SINGKAT DI TAKENGON? 5 OBJEK WISATA TAKENGON INI BISA JADI PILIHAN

wisata alam di takengon

LIBURAN SINGKAT DI TAKENGON? 5 OBJEK WISATA TAKENGON INI BISA JADI PILIHAN ~ Takengon, salah satu kota di Aceh Tengah yang merupakan dataran tinggi. Jangan heran kalau udara di sana memang lebih sejuk daripada kota-kota lain di Aceh. Bisa dibilang, ini salah satu alasan utama kenapa aku sukaaa kebangetan dengan Takengon 😍

 

Saat memutuskan road trip ke kota ini, udah wanti-wanti suami untuk mampir ke  beberapa tempat wisata yang wajib disamperin. Sayangnya, tetep ada aja spot yang ga mungkin divisit karena keterbatasan waktu 😔. Kami hanya punya 3 hari 2 malam untuk menjelajah kota sejuk tanah Gayo.

 

Jadi kalau kalian bingung mau kemana saat di Takengon, beberapa tempat wisata yang aku datangin di bawah, bisa loh jadi referensi ;).

 

 

RUTE MENUJU TAKENGON

Start pertama kami berangkat dari Medan. Awalnya mau langsung ke Takengon, trus baru ntar pulangnya mampir ke Komplek Arun, Lhokseumawe, tempat di mana aku pernah tinggal 18 tahun lamanya. Tapi setelah cek rute di gmaps, keliatannya lebih make sense  kalo mampir dulu di Arun, dan baru besoknya lanjut Takengon. Pak suami juga ga terlalu capek jadinya 😝

 

Jadi rute kami saat itu, Medan – Arun Lhokseumawe – Takengon.

 

Nah, dari Lhokseumawe sendiri, ada 2 jalur menuju Takengon, jalur cepat dan jalur lebih lama.

 

Rute tercepat menuju Takengon dari Lhokseumawe, bisa via Simpang KKA. Hanya memakan waktu 2-2.5jam. Tapi inget yaa, kalo lewat jalan ini sebisa mungkin pagi atau siang. Pokoknya sampe Takengon harus masih terang.

 

Karena jalanannya ga terlalu bagus, banyak lubang, tikungan di mana-mana, sempit, kanan kiri kebanyakan masih hutan. Saat kami kesana, ada bagian jalan dengan lubang besar di tengah. Pas melihat, langsung shock, dan sempet mikir, gila sih kalo sampe kecelakaan. Bakal parah. Eh kejadian doooong, pas balik dari Takengon ke Lhokseumawe, jalanan macet parah, ternyata ada mobil Avanza nyungsep dengan posisi vertikal ke dalam lubang!! Dipastikan mobilnya jatuh saat malam, dan driver pasti ga melihat lubang segede kawah gitu di tengah jalan 🙁

 

Jalanannya memang sepi, tapi aspal kebanyakan rusak, dan berkelok nanjak

rute tercepat menuju takengon dari lhokseumawe

 

 

Mungkiiiin saat ini sudah diperbaiki. Tapi taulah sendiriiii, kadang aku ga yakin perbaikan jalan begini cepat kalo di Indonesia 😖. Untuk amannya, kalo ke Takengon lewat simpang KKA, harus waktu matahari masih bersinar.

 

Cumaaaaa, kalau kalian punya banyak waktu, dan ga masalah traveling santai, bisa sih lewat rute lebih aman tapi jauh lebih lama durasinya . Melalui Bireun, dan akan makan waktu 4 jam kurleb. Jalanan bagus, halus, view juga cakep.

 

 

ISTIRAHAT DAN SHOLAT DI KOTA BENER MERIAH

Kami putusin lewat simpang KKA supaya ga wasting time. Berangkat siang dari Arun Lhokseumawe, dan istirahat di kota Bener Meriah. Sukaaa ih namanya 😎. Serasa memasuki kota yang bakal bikin hidup kita meriah 😚.

 

Kota ini sudah dekat dengan Takengon, udaranya juga sudah mulai dingin. Ada mesjid di mana kami bisa sholat dulu, dan airnya duingiiiiiin kayak es ❤.

 

kota dingin di aceh tengah selain takengon

 

 

Pas memasuki kota ini, pak suami sampe ngomong, ‘kotanya asik bangetttt. Kita beli rumah sini aja apa?’ 😂😂. Dia kira beli rumah bayarnya pake daon apa 😜😂… Aku mah mau aja kalo duitnya ada wkwkwkwk.

 

 

WISATA YANG BISA DILAKUKAN DI TAKENGON DALAM 3 HARI 2 MALAM

Sampai di Takengon, udara dingin mulai menerpa. Di kejauhan, danau Lut Tawar, kebanggaan kota Takengon mulai terlihat.

 

Ada banyak yang bisa dilakukan kalo sedang liburan ke Takengon. Sayangnya waktu kami yang hanya 2 malam, ga memungkinkan untuk mendatangi semua tempat. Setidaknya beberapa tempat di bawah bisalah untuk muasin hati sebagai bukti sudah pernah berkunjung ke Takengon 😝.

 

1. KELILING DANAU LUT TAWAR

Danau cantik ini terbentuk dari letusan gunung api. Dinamakan Lut Tawar, Lut berarti laut. Karena ada ombak-ombak kecil bagai di laut yang menerpa pinggiran danau.

 

Tawar artinya hambar, ga asin, yang mengindikasikan air danau ini memang tidak asin seperti air laut.

.

Kalo bisa, cari penginapan yang dekat ama tasik, jadi gampang kalo mau jalan kaki melihat keindahan danau dari tepi. Penginapan kami sendiri, yang bakal aku tulis terpisah, lokasinya dekeeeet banget ke sini.

 

Pinggiran danau lut tawar

wisata alam di takengon

 

Saat pagi, aku dan suami olahraga, trus ga sengaja  malah nemu spot cantik dengan jembatan yang mengarah ke danau.

 

Spot wisata menuju danau yang ga sengaja ketemu pas olahraga pagi

wisata alam yang menarik di takengon

spot foto menarik di takengon

 

 

Bagi yang mau keliling melihat telaga lebih ke tengah, disediakan kapal. Kami naik dari teluk Mandele. Biaya naik kapal murah kok, hanya Rp20k per orang. Tapi kapalnya pelaaaaan, agak bosenin jujur aja 😂. Mungkin tujuannya supaya bisa menikmati view keliling danau yang cantik. Sayangnya kabut sempet turun beberapa kali.

 

Naik kapal keliling danau

objek wisata air di takengon

tarif wisata air di takengon

 

 

Bakal sukaaa sih dengan  pemandangan sekeliling  yang dilewati. Aku kebayang tinggal di rumah pinggir danau begitu. Sempet ngeliat  rumah dengan garasi, tapi alih-alih mobil, isi garasinya Speedboat, kok kereeen hahahahaha.

 

Pengen punya rumah beginiiiii 😀

danau yang berada di takengon

 

 

 

2. MASUK KE GOA PUTRI PUKES

Puas main dari danau Lut Tawar, coba  eksplor beberapa goa yang ada. Ada banyak macam wisata goa di Takengon ini, tapi kami memilih melihat Goa Putri Pukes.

 

wisata goa di takengon

objek wisata goa di takengon

 

 

 

Suatu tempat wisata ga lengkap kalo ga ada cerita mitos dan legenda 😁. Di goa pukes terkenal akan cerita seorang putri yang berubah jadi batu. Kalo denger cerita dari guidenya, si putri suatu hari bepergian bareng suami. Nah sebelum pergi ibu sang putri wanti-wanti supaya anaknya jangan melihat ke belakang selama perjalanan. Ga jelas juga kenapa ga boleh ngeliat, namanya aja legenda yeee kaaan 😂. Tapi si putri yang penasaran kenapa ga boleh, malah menoleh ke belakang pas sedang istirahat dalam goa. Jadi batu deh, gara-gara melanggar nasihat ortu 😅. Jangan tanya suaminya, ntahlah dia gimana pas istrinya membatu😜.

 

Awalnya, aku bingung ngeliat batu yang dianggab jelmaan si putri. Ga ada mirip-miripnya cuuuuy 😂. Tapi ditunjukin si guide yang mana bagian kepala, bahu, tangan dan perut. Menurut cerita lagi, duluuuu, ini batu miriiiiiip banget dengan manusia bentuknya.  Karena tetesan air terus menerus yang masih berlangsung sampai sekarang, akhirnya jadi melebar dan membesar, sampe bentuknya jadi ga mirip orang, boro-boro berbentuk putri 😂.

 

Pas denger penjelasan guide, ingin rasanya kuteriak, ‘itu namanya stalaktit, Maliiiih’ 👻😜😒.

 

Udah dikasih tau si guide, tetep aja aku ga bisa bayangin batu ini berbentuk putri ;p

wisata alam di takengon yang wajib didatangi

legenda goa di takengon

 

 

Bagian dalam goa ga luas, selain batu si putri, ada juga semacam sumur yang hanya berair 6 bulan sekali atau setahun sekali. Kebetulan saat kami datang sedang kering, jadi dasarnya keliatan. Ga terlalu dalam tapi lebaaaaaaar diameternya.

 

Sumur yang kebetulan sedang kering saat kami datang

objek wisata unik di takengon

 

 

Lalu ada patung batu yang awalnya aku kira si putri, ternyata hanya patung biasa yang dipakai sebagai berhala zaman dulu.

 

Terakhir pernah ditemukan tulang belulang wanita di dalam goa, diperkirakan hidup 3000 tahun yang lalu. Huufft … Tulangnya sih aku yakin ada, tapi kok meragukan tahunnya itu loh 😁. Mengingat stalaktit aja dianggab sebagai jelmaan putri 😅. Jadi info yang aku dapet bisa dibilang meragukan semua 😆. Wkwkwkwk

 

Oke siih main ke goa ini. Menghibur kok. Kekurangannya palingan, pintu masuk dan keluar sama, jadi desak-desakan banget pas papasan dengan pengunjung lain.

 

Tiket masuknya ga mahal, cuma Rp10k per orang,  kalo ga salah inget.

 

 

3. MELIHAT TAKENGON DARI KETINGGIAN BUR TELEGE

Wisata selanjutnya, JANGAN PERNAH KALIAN SKIP! Karena dari sini, view Takengon yang katanya bak pemandangan kota Swiss bisa terlihat 😍. Bur Telege berada diketinggian 1250 meter dari permukaan laut. Jangan tanya hawanya, dingiiiin.

 

Ini kebetulan dekeeet banget dari penginapan kami. Hanya saja masih harus naiiiik lagi ke atas.

 

wisata alam melihat takengon dari ketinggian

 

 

Suhunya sumpah sejuuuuk, enak banget, aku sampe kepikiran, iya deh beli rumah aja di siniii 😂😎.

 

Setelah markirin mobil, ternyata masih lanjuuuut lagi naik ke atas dengan jalan kaki. Tiket masuknya Rp10k per orang.

 

Jalanan lumayan nanjak, dan panjaaaang. Butuh waktu kurleb 15-20 menitan sampai ke puncak. Agak ngos-ngosan, mungkin karena ga terbiasa juga dengan ketinggiannya 😆

 

Aslinya ini beneran nanjaaaak jalanannya ;p

wisata yang bisa didatangi di takengon untuk 3 hari 2 malam

 

 

Sampai di atas, ga nyesel laah woy capek-capek naik. Memang canteeeeeek viewnyaaa Danau lut tawar dilihat dari atas 😍❤. Ada perkampungan di satu sisi, dan danau biru di sisi satunya.

 

takengon dari atas bur telege

objek wisata alam di takengon objek wisata di takengon wisata alam di takengon

 

 

Banyak spot untuk berfoto juga. Pokoknya, ngabisin waktu berjam-jam di sini ga bakal bikin bosen.

 

wisata dengan banyak spot foto di takengon

danau cantik di takengon

 

Happy saat mama senang diajak kesini

where to go in takengon

 

 

Ga usah kuatir kalo laper, ada beberapa penjual makanan di sana.

 

 

4. MINUM KOPI DI GALERI KOPI

Takengon itu terkenal karena kopi Gayo. Iyeees, kota ini penghasil salah satu kopi terbaik Indonesia. Ada banyak tempat ngopi yang sangat rekomen, bahkan sekedar ngopi di pinggir jalan pun udah nikmaaat. Mau rasanya datangin semua, tapi mengingat waktu, hanya Galeri Kopi yang bisa kami visit.

 

Tempatnya unik, karena berkesan seperti kebun kopi. Memang kebun kopi sih, hanya saja di tengah-tengahnya dibangun pondok-pondok dan dudukan buat pengunjung minum kopi dan ngemil santai.

 

kopi enak di takengon

tempat minum kopi dan membeli kopi gayo di takengon

 

 

Kami sempat nanya ke barista, apa kopi yang sangat dia rekomendasikan. Untuk yang ga biasa minum kopi, mendingan pesan Moctail Coffee.

 

Paduan antara kopi, jeruk, soda dan racikan rahasia dari barista 😎. Dia ga mau bilang apaan, tapi pastinya halal  hahahahaha. Yo wislaaah, kami pesen Moctail Coffee dan sepiring pisang goreng. Detail rasa ntar ditulis barengan ama kuliner Takengon yang lain yaa 😘.

 

kopi gayo paling enak di takengon

 

 

In summary tempat ini asyik bangettt. Kata temenku hati-hati banyak nyamuk. Tapi karena kami datang masih agak siangan, jadi ga diganggu serangga apapun sih. Yang datang menjelang malam, mungkin perlu bawa autan.

 

Kekurangan tempat, ga ada, tapi jujur rutenya susaaaaah dicari, walo pake gmaps 😂. Beberapa kali looh kami disesatin Mbah Gugel selama di Takengon.

 

Dibawa masuk ntah kemana-mana, ujungnya ga nemu, dan tetep harus nanya orang lewat.

 

 

5. BELI ANEKA KOPI GAYO UNTUK OLEH-OLEH

Ke Takengon ga beli kopi, itu bagai ke Jakarta tapi ga pernah lewat Monas 😜.

 

Walo pun mungkin kalian ga suka ngopi, tapi bisalaaah beli kopi Gayo untuk oleh-oleh teman dan keluarga. Karena kopi mereka, beneran mantaaap!

 

Ada banyak toko yang menjual, termasuk Galeri Kopi kemarin juga jual bijian dan bubuk kopi. Tapi kami lebih banyak beli di toko ini.

 

Tempat kami membeli oleh-oleh kopi gayo

dimana membeli kopi gayo enak di takengon

toko kopi gayo paling rekomen di takengon

 

 

Variannya macam-macam, harga tergantung jenis yaaa. Pas masuk ke dalam, wangi kopi langsung semerbaaaak menguar❤. Uenaaak bangettt, ngaruh ke mood  dan bikin betah. Siap-siap kalap lah beli kopi di dalam 😁.

 

Tempat ini juga menerima jasa menggiling kopi

toko kopi gayo enak di takengon tempat giling kopi di takengon

 

 

 

Itu tadi beberapa tempat yang sempat kami datangi selama di Takengon. Ga banyak, karena hanya punya waktu 2 malam. Gagal visit Pantan Terong, Bur Lancuk Lereng dan nyobain arung jeram.

 

Pastinya, next, kami mau stay lebih lama supaya bisa eksplor lebih banyak lagi tempat-tempat wisata di sana. Pecinta tempat dingin, wajib siiih main kesini 😍

 

Aneka spot foto di Bur Telege takengon

objek wisata alam takengon objek wisata takengon yang cocok buat keluarga

 

 

 

118 tanggapan untuk “LIBURAN SINGKAT DI TAKENGON? 5 OBJEK WISATA TAKENGON INI BISA JADI PILIHAN”

  1. Rivai Hidayat berkata:

    Rasanya kalau ada kesempatan, pengen balik lagi ke takengon. Pas kesana urusan kerjaan, jadi belum puas.

    Pertama ke takengon lewat jalur bireun, kmudian simpang KKA. Pas lewat simpang KKA udah kesorean, dan hujan. Jalannya sangat sepi dan berkelok-kelok. Tapi pemandangannya bagus banget.

    Semua wilayah takengon pusatnya di danau lut tawar. Bahkan kalau ada hotel bertingkat, pemandangannya danau bakal terlihat.

    Mitos-legenda adalah cara termudah orang-orang dulu untuk menjelaskan sesuatu. Dan hal ini masih sering digunakan. Lebih mudah dibandingkan menjelaskan secara ilmu pengetahuan.
    Mbak fanny suka susur goa..? Coba datang ke goa buniayu, sukabumi. Nnti mbak fanny bakal beneran diajak untuk susur goa, lengkap dengan sepatu boat, helm, senter, dan pakaian khususnya. Tenang aja, gada cerita mitos atau legendanya kok..heheheh

    Ditunggu lanjutan cerita takengonnya 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naaah iyaa mas. Kadang memang legenda2 begini jadi penarik wisatawan sih. Apalagi kalo udh rada serem2 😅.

      Aku sukaaaa susur gua. Walopun kadang masih milih2. Kalo yg terlalu gelap, terlalu masuk ke dalam, aku agak mikir dulu mas. Ntah kenapa takut aja, terlebih yaaa aku kuatir ulaaar 🤣🤣🤣. Sering baca cerita, gua2 banyak ditempati ular. Tapi harusnya kalo gua yg memang dijadiin objek wisata, aman kali Yaa. Kan udh banyak orang kluar masuk

      Enaak banget kalo baca pengalaman mas Rivai ke kota2 di Indonesia , walopun kebanyakan tugas. Tapi aku seneng aja. Mungkin Krn PD dasarnya aku suka traveling. Jadi kemana aja pasti happy 😄

      • Nurul Mutiara R.A berkata:

        Jujur, aku baru pertama ngerti ada nama tempat Takengon. Pas baca awal2 aku gak ngeh kalau ada di Gayo. Pantes ada oleh2 Kopi Gayo.

        Well, jadi ikutan seneng bisa lihat sisi lain Aceh gak sekadar dari Kopi Gayo. Tapi juga tempat2 wisatanya. Asyikk bener kayaknya kalau bisa ajak keluarga traveling ke Takengon hehe

        Tapi, kudu nabung dulu of course 😀

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Selama ini yg lebih terkenal memang nama Gayo nya mba, Takengon ya jarang disebut 😁. Aku sendiri tahu ya Krn lama tinggal di Aceh. Makanya udh familier Ama kota2 di Aceh sini

  2. Akarui Cha berkata:

    Akhirnya tayang juga ini cerita perjalanannya Mba yang kapan hari sempat kulirik-lirik di IGs. Huwaaa kapanlah yaaa aku bisa ngerasain main ke Takengon juga. Tapi kayaknya harus bawa kendaraan sendiri ya kalo jalan-jalan ke sana biar puas.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bisa sewa kok mba. Banyak penyewaan mobil juga, jadi gampaaaangm soalnya memang kalo kendaraan umumnya susah 😂. Jadi sebaiknya bawa kendaraan atau sewa

  3. Avizena+Zen berkata:

    Kak Fanny keliatan imuut banget, jadi kayak kakak-adek ama Fylly.

    Takengon beneran bagus ya dan sejuk, asri, bisa ngadem plus refreshing ke sana. Cocok buat second honeymoon, ehh.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha makasih loh mba Vin 😄😘.

      Takengon cantiiik memang. Apalagi bagi yg ga kuat panas, kota ini paling cocok. Udahlah adem, ga terlalu gede, makanan enak dan viewnya bikin kangen

  4. Jiah Al Jafara berkata:

    Asyik banget ya perjalanan ke Aceh-nya. Pemandangannya juga manjain mata. Btw soal Goa, lucu juga Mas Guide-nya. Dulu sekali pernah ke Goa yang ada di Jogja, untung dikasihtahunya tetap stalaktit, stalagmit bukan putri yang terkutuk

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Wkwkwkwk naah itu kan masuk akal ya mba 😂😂. Tapi GPP sih, legenda kayak gini seru kok utk penarik turis 😁. Dan buat dongeng ke anak2 juga

  5. Nur+Asiyah berkata:

    Ya ampun maafkan aku yang awalnya enggak tahu Takengon itu di mana. Wisata di sana seger banget ya. Pemandangan dari foto aja udah cakep, apalagi kalau langsung ke sana beneran. Semoga bisa berkunjung.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      GPP mba, wajar kalo Takengon kurang terdengar, Krn memang jarang orang kesana. Tapi ini salah satu kota di Aceh yg paling cantik sih. Dan ga panas.

  6. Sains Box berkata:

    Wah semuanya serba unik dan menarik ya… lengkap bgt ulasannya…
    Yg bikin penasaran batu jelmaan putri itu… apa gak ada ilmuwan yg memeriksa kebenarannya? Hehe…

  7. Tukang Jalan Jajan berkata:

    Semuanya kudu dimasukkan kedalam list supaya kalau ada masa ke Takengon bisa dikunjungi semuanya. Ternyata banyak juga lokasi bagus yang sayang banget untuk dilewati, keseruan yang haqiqi sih ini

  8. Ivayana berkata:

    Duh mainku kurang jauh nih Mba, sampai baru tau ada kpta takengon 😆
    Pengen bgt bisa ke aceh krna dsana dah nerapin full syariat islam. Belum lgi moctail Coffee nya yg bikin penasaran

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Tapi senengnya, walo syariat Islam, mereka ga ya ketat bgt buat pendatang. Dan masih sopan gitu mba. Memang harusnya begitu. Makanya Aceh selalu jadi kita fav ku, apalagi aku lama di sana.

      Kota Takengon memang jrg dibahas sih Yaa, padahal ini kota paling asyik buatku. Trutama Krn hawanya sejuk

  9. Yuni Bint Saniro berkata:

    Ternyata Takengon emang sekeren itu. 2 malam saja ada 5 objek wisata. Yakin masih banyak lagi yang lainnya ya, Kak. Kudu spend time berapa lama nih.

    Gokil banget ya legenda putri yang membatu itu. Hehehehe…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Masih banyaaak yg lain mba. Aku kurang banget nih cuma 2 malam liburannya. Next mau LBH lama lagi, masih banyak yg belum sempet kami datangin 😄

  10. Khanif berkata:

    bagus-bagus tempatnya, aku juga pecinta dingin loh, semisal disuruh milih ke tempat dingin atau ke tempat panas, pasti milih yg dingin, meski aslinya gampang masuk angin 😂

    pernah sih dulu wisata ke goa di jawa barat, agak takut sebenernya, bayanginya kalo semisal goanya runtuh dan dan kejebak di dalam goa, sesak banget gak sih, takuut 😁, tapi disitu untungnya goanya lumayan luas yaa, ada mitos dan legendanya juga, dan kalo di lihat dari foto memang gak ada mirip-miripnya sama sosok pitri pukas ?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naaah ituuuu nif. Aku pun takutnya runtuh hahahahah. Trus ada ular. Makanya selama ini walopun aku suka gua, tapi milih2 mau masuk yg mana. Kalo feeling ga enak, udahlah mending skip aja 😂

  11. Reyne+Raea berkata:

    Akhirnyaaaa ada penjelasan lebih lengkap dalam bentuk tulisan, saya kemaren cuman intip di story, kok mupeng.

    Btw ngakak dulu sama si batu dikatakan jelmaan putri, padahal bentuknya aja kek batu biasa, nggak ada sama-samanya sedikitpun dengan manusia, hehehe.

    Dan jalanannya, itu kayaknya pernah dilalui presiden ya? atau pejabat?
    Karena karakteristik jalanan di Indonesia itu, yang penting mulus dengan cepat, soalnya presiden mau lewat hahaha.

    Alhasil, berasa cuman ditempelin aspal, kena hujan dikit, kacau deh jadi bolong.
    Lubangnya serem pula ya apalagi di tengah jalan, dan yang lewat malam-malam, ngebut karena sepi, bablas deh di lubang jalan

    Itu danaunya cantik pakai banget Mba, ini keren banget sih, dingin dan ada pemandangan air, nggak kayak di laut, biarpun cantik tapi fanaaasssshhh hahahaha

    Pemandangan di daratan tinggi Bur Telege juga cantik banget Mba, ada semuanya pula, ada rumah-rumah penduduk, ada danau, duh viewnya memanjakan mata banget.

    Terus kopinya, itu pas banget dah, dingin-dingin minuk kopi, mana kopi Aceh itu luar biasa ampuhnya, saya dulu pernah dikasih oleh-oleh sama atasan dari Aceh, kopi Aceh, sekali minum jantung berdebar kencang kek jatuh cinta wakakakaka

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Setahuku yaaa presiden yang pernah ke Takengon itu pak Jokowi Rey. Tapiii harusnya beliau naik pesawat, Krn di Takengon ada bandara 😂. Ga mungkin dia naik mobil wkwkwkwk.

      Memang dasar jalannya ancur aja dah ini. Serem bangetttt. Aku pas liat Avanza nya vertikal gitu dalam lubang, langsung mikir penumpang dan supir apa kabar. Gila sereeem. Kalo ga dibenerin, kelewatan sih Pemdanya.

      Makanya aku suka wisata ke tempat yg ada danau. Krn pasti sejuuuuk . Ga mungkin ga. Beda memang Ama pantai 😅.

      Bur telege itu padahal belum yg tertinggi loh. Kami ga sempet ke Bur yg lebih tinggi lagi. Waktunya ga cukup. Dan katanya saking curam, mobil yg CC kecil ga disaranin naik. Takut ga kuat.

      Kopi Aceh itu memang beda. Aku dari dulu suka kopi, tapi bukan pecinta kopi yg ngerti detil..cuma memang pas nyobain kopi Aceh, beuuugh, langsung sukaaa. Pernah dibikinin es kopi tanpa krim dan susu, kok enak. Padahal biasanya kopi hitam aku ga mau dingin, hrs panas. Tapi yg Aceh punya ini manteeeeep 👍

  12. Dewi+Elsawati berkata:

    Kalo wisata ke tempat yang udaranya dingin biasanya aku pakai baju berlapis-lapis hihihi
    Takengon indah banget pemandangan gunungnya jadi pengen kesana

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha aku kebalikan mba. Malah seneng bgt kalo dingiiiin 🤣. Cuma kalo udh suhu winter, ya tetep berlapis2 bajunya 😄. Takengon cakeeep, kalo suka view gunung dan danau gini, wajib kesana mba

  13. Ekopriantoblog.id berkata:

    Iya sih…batu yang dianggap jelmaan putri itu menurut saya jauh sekali dari bentuk seorang putri…tapi batu yang dianggap berhala itu ada sedikit mirip manusia..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naah iyaa, aku pikir yg berhala itu yg jelmaan putri 🤣🤣. Ternyata bukaaan. Jadi penasaran pas batu si putri masih langsing bentuknya 😅

  14. Sandra Hamidah berkata:

    Mba aku suka kotanya Takengon kayak ciwidey ya dan bener meriah namanya lucu heheu, pengen juga jalan2 kesana kayaknya adem dan view nya cakep apalagi rumah yg garasi nYa speedboat, kayak di Kanada yah heheu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naaah hawanya Takengon memang ga jauh beda Ama Ciwidey, malah harusnya lebih dingin sih mba. Malam aja bisa drop ke 15 – 10 dercel.

      Tapi kalo ga salah di Bandung ada tempat yg bisa melihat dari ketinggian kan. Itu miriplah Ama bur telege ini. Cuma bedanya ga ada view danau 😊

  15. Rani R Tyas berkata:

    Mbaaaak.. astaga pengen ngakak mulu yang bagian baca di dalam goa Putri.. ya kali Mbak, guidenya harus dipinjemin pintu doraemon biar tahu ceritanya yang bener dulu biar gak malu-maluin pas cerita.. hahaha.. tapi menghibur lah ya si emasnya, wkwkkk..

    btw aku beberapa kali ke Jakarta emang ngak pernah lihat monas.. hahahhaahahhaa.. jadi kayaknya kalau ke Takengon, udah pasti aku mungkin gak bakal beli kopi :p

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Memang menghibuuuur sangat guidenya di goa itu 🤣. Mana mukanya pas jelasin serius selalu hahahaha.

      Tapi GPP sih, wajar juga kalo legenda2 begini selalu jadi pemikat dikalangan wisatawan.

      Hahahaha tapi setidaknya kalo ke Takengon wajib ke danau lut tawar ya mbaa 😂. Kalo kopi memang ga semua orang suka sih.

      Eh dipikir2 aku belasan tahun di Jakarta, juga belum pernah naik ke Monas hahahahha. Cuma olahrga di depannya doang, tapi masuk ke atas belum 🤣🤣

    • Reyne+Raea berkata:

      Lah ini kebalik, saya pertama kali ke Jakarta, yang dicari masjid istiglal dan monas, emang mamak rey nornor wakakakakaka

      • Fanny Fristhika Nila berkata:

        Temenku yg orang Malaysia, pas ke JKT juga mintanya Istiqlal dan Monas 🤣. Padahal sblm dia DTG, boro2 aku pernah kesana hwkwkwkwkwkw

  16. wakLat berkata:

    wak kok penasaran jugak mahu ke acheh utk tgk museum tsunami sejak sekian lama.. huhuhu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo museum tsunami masih jauuuuh lagi Wak 😅. Dari Lhokseumawe aja masih 6-7 jam by car. Dari Takengon 4 jam kurang lebih. Itu di Banda Aceh soalnya, ibukota Aceh. Tapi memang wajiiiib lah didatangin. Sediiih sangat masuk kesana.

  17. www.shoyumi.com berkata:

    lengkap banget jalan jalannya
    aku juga suka banget sama kopi gayo, wah enaknya bisa langsung dari sumbernya, spill berapa range harganya dungs hihihi
    aku belum pernah main main ke daerah Takengon, tapi suka banget sama pemandangannya apalagi danaunya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beda2 mba, tergantung jenis kopi dan beratnya. Tapi kalo yg 100 gr starting dari 30rb lah. Ada juga yg mahalan. Aku sendiri ga ngerti kopi, tapi doyan..makanya kemarin belinya kota2 yg berat 500 gr paling banyak 😁. Buat temen2 yg suka kopi

  18. Nurul+Sufitri berkata:

    Waaaaaaaah, keren iniii wisata mbak Fanny dan keluarga ke Takengon 🙂 Eh, aku baru ngeh Takengon itu di Aceh. Kok kayak nama ala Jepang yach hihihi. Itu Danau Kut Tawar cantik banget. Ada rumah2 warga dengan perahunya sebagai alat transportasi harian ya. Dari fotonya kelihatan ombaknya cukup kencang. Nah, yang Goa Putri Pukes, asyik yach… legendanyaaaa 😀 Ngeri juga ya si putri malah melihat ke belakang padahal dilarang hhmm… Aku seneng wistaa ke gua macam gini. Bur Telege tampak indaaah sekali pemandangannya. Kayak di luar negeri ya mbak.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Mba Nurul kalo suka hawa dingin, dan mau ke Aceh, mendingan Takengon deh. Cantiiiik mba 👍. Udaranya sejuk, view cakep, wisata banyak, dan makanan enak2. Ntr aku bahas terpisah kulinernya. Penginapan juga lengkap dr yg mahal sampe yg homestay. Apalagi kalo suka kopi, puas di siniii 😄

      • Nurul Sufitri berkata:

        Iya mbak semoga suatu hari nanti kesampaian main ke Aceh, aamiin. Itu beneran tarof naik perahunya cuma 20K per orang? Sayang ya kabut lagi turun jadi pemandangannya ketutupan deh. AKu demen ngelilingin danau pakai perahu. Oh ya, aku udah baca kuliner Takengon, enak2 semua ya pedas2 bumbunya melimpah ruah. Emang begitu ya semua masakan di sana? Mantap deh.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Iya mba, cuma 20k per orang. Agak lumayan lama pula. Tapi ya itu lambat banget hahahahaha. Jadi agak bosen aja sih. Beda Ama yg di sibolga . Ngebut wkwkwkwkw 🤣.

  19. Tika berkata:

    Legenda emang bikin ngakak, jadi inget gimana ceritanya air kencing bisa jadi bayi wkwk.
    Eniwei, bagus banget pemandangannya, kapan ya aku bisa ke Sumatera

  20. Satria Mwb berkata:

    Woow! Menakjubkan, dulu sebelum tsunami aku pernah ke Aceh mbak bahkan sampai Banda Aceh. Cuma sayangnya cuma berkutak-kutik disitu2 saja. Karena waktu untuk berkeliling juga mepet pada waktu itu.😁😁

    Melihat gambar2 diatas jadi kepengen ke TAKENGON dan beberapa tempat lainnya yang tak jauh dari TAKENGON.

    Dan hal lainnya yang menarik dari TAKENGON kita serasa berada bukan di Indonesia. Wuueeheee!!😁😁 Iyalah orang di Aceh.🤣🤣🤣

    Itu seorang putri yang jadi batu ada sejarahnya memang mbak Fan? Meski bentuknya lebih mirip kaya punggung burung unta atau burung merak, apa mungkin dulunya putri merak.😁😁 yang pasti setiap daerah punya legenda tersendiri akan sebuah kejadian masa lalu.

    Mungkin yang membuat sejuk TAKENGON karena ada danau Lut Tawar yang luas serta dikelilingi bukit dan hutan2 yang masih alami jadi apapun musimmya jika di TAKENGON pasti serasa sejuk terus.😁😁

    Dan yang bikin saya sedikit tertawa atau baru sadar ternyata BENAR MERIAH itu nama kota toh.😁😁 Meski dibalik memang tetap saja selalu bikin Meriah? 😁😁 MERIAH BENAR… BENAR MERIAH.😂😂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Waaah harus ke Aceh lagi mas, puasin di Takengon deh. Sumpaaaah betaaah bangeeet. Sejuknya itu loh. Enakeuuuun ❤️❤️. Aku beneran mau sih kalo suami KPR beli rumah di sana wkwkwkwkwkwk

      😂😂😂 Naaah lebih cocok ya kalo putri merak hahahah. Kocak sih cara si guide jelasin kemarin itu. Muka dia serius banget pula. Gimana aku ga mau ketawa. Tapi seru kalo denger cerita mitos2 gini. Daya tarik suatu tempat memang.

      Kayaknya kalo diperhatiin daerah yg ada danaunya itu memang selalu sejuk Yaa. Apalagi yg terjadi Krn letusan gunung api. Masih ada sisa2 gunung, jadi lokasinya kayak lembah. Makanya dingiiiin

  21. Azhafizah berkata:

    Menarik sangat tempatnya dekat dengan alam dan boleh ambil tahu kisah lama disebaliknya. Tempat bergambar dan tempat tinjaun dari bukit tu hotspot wajib bergambar ya 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sebenernya ada yg lebih tinggi lagi kak. Tapi tak sempat waktu nya. Jadi cukup puas di bur telege ini. Itupun dah cantiiik. Kalo ke Aceh, rekomen sangat utk visit Takengon

  22. Nasirullah+Sitam berkata:

    Menarik mbak, karena semuanya memang butuh storytelling untuk membangkitkan ketertarikan seseorang agar mengunjungi destinasi wisata

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Harapanku orang2 makin banyak tahu ttg Takengon dan mau visit kesana. Krn memang ini bedaa banget Ama kota2 lain di Aceh 👍

  23. NA berkata:

    Very mesmerizing.
    Oh so bad I don’t drink coffee anymore. Otherwise I will enjoy coffee here.

  24. Peri Kecil Lia berkata:

    Wkwk kalau dikasih uang 1M dari langit, langsung dibeli yak itu rumah di deket danau Lut 🤣. Ngebayanginnya aja udah asik, Kakkk, bangun tidur disuguhin pemandangan indah danau Lut, terus sore-sore ngopi atau ngeteh di dermaga depan rumah sambil memandang danau dan sunset, apalagi suhu udaranya dingin, mantep banget bikin betah 🤣. Nggak heran kalau paksu pengin beli rumah di sana 🤣
    Dan bisa-bisanya paksu nemu spot foto di dermaga yang cantik 🤣. Asli, dermaganya aesthetic banget, Kak Fanny wkwk

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Pokoknya kalo si Raka mau ambil KPR beli rumah di sana, aku LGS TTD hahahahahha. Selama ini aku ga mau soalnya 🤣🤣. Males ngutang.

      Tapi beneran sih, bayangin bangun tidur, view danau trus jalan2 pake boat, ya Allah Swiss banget ga sih wkwkwkwjw

  25. Dewangga Solo berkata:

    Nah, setuju ini kak… “Ke Takengon ga beli kopi,…” kek ada yang kurang… Meski saya belum pernah ke sana langsung, tapi minimal udah nyicipi kopinya, hehe…

    Apalagi ngopi sambil nyantai lihat pemandangan di Bur Telege Takengon… (mencoba membayangkan)

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Weeees, langsung ga mau pulang mas 🤣🤣. Terlalu cantik itu, ngopi sambil liat view dr atas bur telege 😄

  26. mrhanafi berkata:

    cantik banget tempat nie…kalau ada peluang mahu saya dan famili berlibur Takengon

  27. ursula meta rosarini berkata:

    AKu udah mikir keras gimana ceritanya itu patung jelmaan dr putri, ga ada mirip2nya mbak, HAHAHHA.

    Kalau ke Aceh ga ngopi emang ga afdol, soalnya di sana salah satu penghasil kopi yg terkenal, emang wajib bgt ngopi ya mbak.

    Udara dingin kaya begitu pasti suamiku suka banget, tapi aku beseran, kalau udara dingin cape bolak balik ke toiletnya wkwkwk

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Makanya, aku sampe usaha keras mengerahkan imajinasi demi melihat sosok putri 🤣🤣. Tapi dari sisi manapun ga berhasil mba 😂.

      Hahahah ini Takengon memang sejuk sih. Tapi jadinya nyaman ga pusing kepala Krn kepanasan 😁. Kamarnya aja dingin walontanpa AC 😄

  28. Nursini+Rais berkata:

    Mendengar nama Takengon sering. Tapi baru tahu objek wisatanya. Ada danau Lut Tawar, Goa Putri Pukes dan yang lainnya. Tulisan begini sangat dibutuhkan untuk mengenal destinasi wisata negeri tercinta ini. Terima kasih telah berbagi informasi ananda Fanny. Maaf lama tak berkunjung.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Tak apaaa Bundaa 😘. Naah iyaa Takengon itu jarang ada yg tahu. Ratw2 orang tahunya Banda aceh.atau Sabang. Padahl ada kota dingin di Aceh yg mungkin lebih cocok utk orang yg ga kuat panas

  29. Retnawati+Mohd+Yusof berkata:

    Tempat ini di acheh atau part of medan? Tak pernah dengar lagi nama takengon.. First time ni hehe.. Area2 jalan kampung ya gitu?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ini part of Aceh kak ret. Karena dataran tinggi, jadi sejuuuk sangat, beda dengan kota Aceh lainnya. The best sih, apalagi kalo tak kuat panas, Takengon cocok di visit.

  30. Uni Dzalika berkata:

    Menarik sekali, jadi pengin mengunjungi semua tempat wisata yang disebutkan ini. Rasanya cocok banget buat teman liburan bareng keluarga yaaa

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Takengon cocok buat liburan Ama pasangan, ataupun kluarga dengan anak mba. Wisatanya banyaak soalnya, dan rata2 ramah anak kok

  31. Syarifani berkata:

    Jadi Takengon ini masuk dataran tinggi deket Lhoksumawe ya mba?
    Ternyata sampai sekarang jalanan darat di Sumatera masih banyak yang bolong-bolong.
    Bahaya lewat sana pas malem bisa kena lubang kaya mobil Avanza.
    Nama kotanya lucu Bener Meriah, berarti kotanya sering ramai sampai malam gitu ya mba?
    Yang putri berubah jadi batu miripan yang berhala itu. Hihi
    Yang toko roti punya keluarga di Lhoksumawe juga ya mba?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya mba, ga jauh2 amat dr Lhokseumawe, 2 jam lah kalo lewat simpang KKA yaaa. Malah lebih jauh ke Banda Aceh.

      Krn ini dataran tinggi JD memang ga mirip kayak kota lain di Aceh. Paling aku suka ya Takengon. Sayangnya aku ga jelajah kota bener meriah, cuma lewat 🤣. Pengen tau juga beneran meriah ga Yaa 😄

      Kalo bakery shops keluarga di Medan mba, semua cabangnya. Ga ada di kota lain 😁

  32. Rudi Chandra berkata:

    Dulu pas masih di Medan udah bikin rencana buat ke Takengon, tapi sampe meninggalkan kota Medan, rencananya nggak pernah terealisasi, padahal banyak tempat menarik di Takengon, terutama Danau Laut Tawarnya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bangeeeet. Aku aja baru 2x kesana mas. Yg pertama masih kecil bangettt. Jadi ga inget. Yg kedua ini baru terasa asyiknya. Mau banget sih balik lagi

  33. citra berkata:

    aku belum pernah ke aceh dan selalu penasaran dengan pulau rubi ya kalau ga salah, tempat wisata di sana kece-kece juga ya kak

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo pulau rubi jauh lagi mbaaa. Udh daerah Sabang itu. Ujung barat 😂. Takengon mah bisa dibilang di tengah2 , sama sekali bukan daerah pantai

  34. Pipit ZL berkata:

    Beuh, cakep banget sih! Ini mah destinasi wisata wajib. Btw, kapan ya bisa ke sana 😭

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aaamiiin semoga bisa mba ntr ke Takengon 😊. Kota paling cantik di Aceh sih. Paling seneng kesini aku, Krn sejuknya tadi

  35. kestrel berkata:

    Oh my goodness, what a fabulous place. Great scenery and so many things to do. Looks like the drive there was winding and lots of storm clouds. But you did get good weather and not thunderstorms during your trip. The “gua” was interesting especially the “batu macam puteri.” We have such natural sculptures in our caves too and sometimes i must stretch my imagination to really see the “batu gajah, penyu, orang dan lain lian!!!”

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah so true kak. Sometimes I’ve to throw all my imagination just to see what ppl see 🤣. But it doesn’t work on this sculpture of Putri pukes 😂.

      If someday you visit Aceh, just make sure to include Takengon in your ITIN. This city is soooo amazing. Good foods, kind local ppl, and lovely view. Oh just forgot the weather 😄. So cool. Especially at night.

  36. herva yulyanti berkata:

    Mba..hiburanku pas baca yang putri batu itu kok ngakak yah, iya sih itu stalaktit lagi ceritanya juga nanggung banget nengok ke belakang liatin apa coba tau2 jadi batu udah gitu punten itu batunya ya ga berbentuk wkkwk.
    Kukira baca Takengon ini nama kota di LN taunya di Aceh, rasanya ingin sangat ke Aceh setelah liat dan baca pengalaman Mba, Indonesia luas yah dan indah. Aceh pun belum kujamah smg ada kesempatan nih bisa keliling Indonesia aamiin

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku aja mau ketawa pas denger penjelasan si babang guide mbaa 🤣. Kocak cara dia jelasin, Krn mukanya serius 😂. Tapi seru sih kalo denger mitos2 begini yaaa. Salah satu penarik wisatawan. Mau bener atau ga, ttp aja banyak yg suka 😄

      Kalo ke Aceh, Takengon pasti salah satu kota yg aku rekomenin bangettt. Cantiiik dan dingin. Bedaa Ama kota2 lain mba

  37. ranabalci berkata:

    ahh viewnya beneran cakep dr atas, kalau ini lokasinya deket jakarta, pasti la abis diburu pengunjung buat foto menuhin feed ig, btw nescafe disini ngeluarin variann kopi dari sumatera cuma ga tau sumatera mana…, penasaran dgn kopi gayo, waktu suami diajak nyicip kopi luwak asli dr temen, suaminya bilang pas kopinya udah abis,jelasin proses kopi luwak itu gmn–dia pucat–:V nah untuk jalan, duh jangan kan aceh, cukup main ke daeah kabupaten bogor yang ga jauh dr ibukota saja, jalanan berlubang,cepet rusak, banyak heheh, keingetan mudik terakhir, baru nyampe: ada kemacetan-di area cisauk, katanya lg pengecoran jalan, padahal mudik 2.5 bulan, sampai mau berangkat ke bandara lg pulang, proyek jalannya blm selesai-.-” Btw jadi penasaran si..gara2 kemarin bahas canabis sm netijen, konon katanya di aceh dulu, bhn bumbu masakan suka make ganja juga ya.., apa skrg udah ditinggalkan, msh ada ga kuliner sana yg make:D

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Uwahahahahaha tapi kan ENAAAK si luwak. Yg penting enak 🤣🤣. Memang hrsnya jgn dikshbtau di awal ya mba. Biar tahu rasanya dulu. Ntr kalo Diksh tau proses yg ada ga mau cobain 😂

      Naah ituuuu. Pusing aku Ama pekerjaan perbaikan jalan, dari zaman dulu Ampe skr kok Yaa ga pernah beres. Tipe2 orang yg sengaja perbaikan dilakuin asal2an, biar dpt projek lagi. Kalo mental masih gini, mau sampe kapanpun susah maju Indonesia.

      Kalo masalah cannabis, asal tahu carinya dimana, masih ada bangetttt tempat makan yg pake itu mba 😄😄😄. Tapi aku juga ga berani sebar2 info begitu hahahaha. Ada temen yg pernah makan kuliner pakai bumbu ganja, fly langsung setelahnya hahahaha

  38. Fitri Apriyani berkata:

    Kebetulan, hampir tia hari aku ngopi pake kopi Gayo mbak di rumah 😀

    Sebagai pecinta kopi, aku pengen banget ke coffee store-nya mbak. Kayaknya kalau ke sana, aku dan suami bakal kalap beli2 kopinya hehe.

    Pemandangannya juga bagus banget ya Takengon ini. Bener2 wisata favorit aku sih, soalnya suka yg dingin2 hehe.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Harus datang suatu saat nanti ke Takengon mba. Ini beneran beda Ama kota2 Aceh yg lain. Even makanannya beda. Kopinya juga ENAAAK. Pasti puas kalo mba pilih aneka kopi nya. Baru masuk tokonya aja, udh seneeeeeng Krn aroma kopi ❤️❤️

  39. Nita Lana Faera berkata:

    Di Aamiin-kan aja doa Mas Raka. Mana tau nanti kebeli rumah di sana. View-nya macam di Solok ini, danau dan pegunungan, plus dingin. Tentang legenda putri jadi batu itu, akibat malas olahraga itu, batunya jadi melar, haha… Senang lihat liburan rame2 gini, Mba. Mba Fanny mamanya masih terlihat muda ya. Btw pas lihat Mba Fanny pakai hijab, oh iya lagi di Aceh ya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aaamiiin 😄. Berharap bisa ah punya rumah di sana.

      Naah iyaa Solok katanya dingin yaaa. Aku pernah denger tuh, tapi blm pernah ke sana. Pengen banget mba ke Sumbar lagi, tapi ntr mau eksplor kota2 yg lain. Ga Bukittinggi atau Padang lagi. 😁

  40. rezkyra berkata:

    pertama baca takengon udah kayak kota di korea aja ya
    baru tau kalau itu di aceh
    saya ini sampai sekarang belum pernah ke sumatera ini,
    kalau ada waktu aceh dan beberapa tempat wisata di sumatera layak dicoba

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aceh harus masuk sih, cantik2 tempatnya. Tapi memang karena aku suka dingin, favoritku itu Takengon. Kalo kota lainnya panaaas 😂😂. Tapi kalo suka pantai, mas hrs ke Sabang.

  41. Ucig berkata:

    mba Fan, masya Allah syantik banget itu aku pangling nyari2 yg mana mba Fan
    LOL banget yg cerita putri jadi batu, yaampun ada2 aja, aku juga bayanginnya mbuuuh nggak terbayang dah ituuh.
    Hua Aceh ya, punya sahabat orang Aceh tapi tinggal di Bogor sini. Kata dia di Aceh tuh mobilnya mewah2 yaa heheu, nggak macet, itu cerita waktu dulu. Kalau sekarang gimana mba? oia cerita macet di atas karena kecelakaan yaaa…
    Btw Aceh kudu banget disinggahi ya mba, duh nabung duluuu karena lumayan klo ber 5 kaan mba

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha, iya nih, aku pake jilbab di sana karena kota syariah kan 😅.

      Kalo mobilnya bagus2, menurutku sih sama aja kayak Jakarta mba. Mobil dari brand mewah sampe biasa ada di sana. Dulu memang berseliweran banyak, Krn pas tsunami rame kan NGO asing kesana, dan pernah denger ada pasar mobil bekas dari negeri sebrang yg dijual , tapi ga boleh kluar Aceh. Hanya utk Aceh aja. Gabtau deh itu msh ada atau ga yaaa. Pas sesudah tsunami soalnya aku denger begitu

  42. mrhanafi berkata:

    wah cantik cantik sungguh tempat ini..

    kalau ada kesempatan ingin juga saya pergi ke sana

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya bang, kalo ada rezeki bolehlah ke Aceh Takengon nih. Cantiiik dan sejuk. Tak sama kayak Aceh yg biasa

  43. abam kie berkata:

    saya kepingin melawat ke Indonenesia lagi. Cuma pernah ke Sumatera Barat aje dulu..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo ada rezeki coba DTG ke Aceh bang. Takengon kalo mau yg sejuk. Kalo sukanya pantai, ke Sabang lah 😁

  44. Nursini+Rais berkata:

    Rupanya di sana cuacanya dingin ya, ananda. Kayak di Kerinci sini. Kalau lagi musim panas, malamnya dingin sampai 16°.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Waaah kalo gitu kerinci bisa aku masukin dalam bucket list bun. Soalnya sukaaa bgt Ama tempat sejuk. Buatku, asalkan sejuk, aku bisa nikmatin suasananya

  45. Istiana Sutanti berkata:

    aaakkk.. pemandangannya bagus bangeeett di Bur Telegee, ya ampun baca ini jadi pengen ngajak suami ke Aceh, ahaha

    anw, yang goa, kalau tydack ada cerita yang meragukan kayak gituu gak akan jadi tempat wisata atuuh, ahahahahaha. lumayan ya, walaupun ceritanya gak masuk akal untuk kita, tempatnya bisa mendatangkan pendapatan daerah.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Padahal bur telege itu blm puncak yg tertinggi mba. Masih ada lagi Bur yg lebih tinggi. Tapi kami ga sempet kesana Krn ga ada waktu. Itu lebih cantik lagi mba , namanya bur pantan terong.

      Harus deh kesini. Kalo mba suka kota yg sejuk, Takengon mendingan. Apalagi kopinya manteeep. Kan penghasil kopi Gayo soalnya. Tapi kalo sukanya pantai, ya bagusnya sabang. Atau kalo mau city tour, Banda Aceh, bisa liat museum tsunami

      • Lisdha www.daily-wife.com berkata:

        Pas lihat batu putrinya, aku kok jadi kepikiran kalo liatnya mungkin harus kayak lihat stereogram itu lho wkwkwkkw … yg ada mata jd juling tp batunya teuteup gitu ya mbak 😀

        Pemandangannya cantiiik…ah sayang sekali dulu ga pernah ke Aceh. Aku baru skali smp daerah Aceh itupun Kutacane yg masih rasa Sumut dibandingkan Aceh ya kan hehehe..

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Tauuu stereogram 🤣🤣. Itu dulu aku sukaaa banget mbaaa. Awalnya pas belum ngerti sampe pusing mau liat. Tapi begitu tau teknik liatnya, langsung ketagihan hahahaha.

          Iyaa Kutacane msh Sumut banget 😄. Sayang belum sempet mba. Semoga ntr dpt kesempatan lagi. At least ke langsa deh. Ada tempat makan sup enak di sana

  46. Supriyadi berkata:

    Waw ternyata Takengon itu dataran tinggi ya kak. Saya pernah punya sahabat waktu SMP, berasala dari Aceh Tankengon 2010 yang lalu. Dan senangnya bisa mendapatkan gambaran Takengon yang cantik, layaknya Swiss. Bw, moctail coffenya seertinya menarik untuk dicoba

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya mas, itu dataran tinggi, jadi sejuuuk banget. Makanya sebagai orang yg ga kuat panas, aku paling suka dengan Takengon utk liburan di Aceh 😄. Cantiiik banget kotanya, dan orang2nya juga cakep2 😄👍

  47. Bang Day berkata:

    Batu putrinya tetap hidup seperti manusia. Kan kita makin lama makin melebar hingga akhirnya tak berbentuk karena obesitas 🙂

  48. Justiii justiii berkata:

    Akuuu??? Akuuu…ngacung, pecinta tempat wisata dingin…hihihi…

    Takengon yang jalanan menuju sana paa mba fanny bilang hutan aku berasa kayak langsung kebayang di depan mata masyaaa…apalagi ke sana lebih baik pas matahari masih bersinar…berarti kalau uda wayah surup dipastikan akan gelap banget

    Kopi mocktailnya gelasnya unyu…tapi meski kecil jujur aku ga bisa ngopi..kalau ada campuran jeruknya sepertinya lumayan juga tuh buat yang ga terlalu bisa ngopi yang pure

    terus patung putrinya jadi bikin penasaran…malah jadi keinget legenda malin kundang…dan ya karena efek tetesan air terus menerus lama kelamaan jadi ga menyerupai manusia ya..tapi yang bikin kaget justru penemuan tulang belulangnya ^^

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Lampu di sepanjang jalan kesana blm ada nit. Sbnrnya ga masalah selama jalanan bagus . Tapi ini lubang2 nya gede dan berbahaya semua. Jadi memang ga disaranin kesana saat malam. Takut ga kliatan lubang aja. Tau2 mobil udah melesek ke lubang 😅.

      Kopinya kamu bisa suka mungkin. Krn udah dicampur macam2 ,jadi ga kopi2 amat. Tapi ttp enak dan seger. Aku sih sukaa 😄👍.

      Naah iyaa, legenda2 gini sbnrnya asik sih Yaa. Apalagi bisa utk ceritain ke anak juga. Tapi kalo mitosnya agak menyimpang jadi lucu aja 🤣

  49. Astria Tri anjani berkata:

    Dari tadi salah terus baca takengon jadi tikungan😭
    Selama ini nggak pernah kebayang aceh ada tempat wisatanya, ternyata banyak ya mbak fanny. He.. He…
    Saya kalau dengerin penjelasan tentang putri pukes tadi pasti juga ikutan ketawa😅. Karena emang bentuk batunya nggak mirip manusia samsek ya…
    Tapi dari semua tempat wisata di atas, kayaknya saya suka yang bur telege mbak. Hawanya pasti dingin. Lebih suka yang dingin daripada yang panas dan pemandangannya bagus banget. Jadi inget waktu liburan ke paralayang di malang. Pemandangan kota di bawahnya kelihatan semua.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Biasa itu mba, temen2ku yg baru denger nama kota Takengon, juga suka kebalik jadi tekongan 🤣🤣🤣. Agak belibet memang.

      Aceh itu gede bangetttt. Yg aku datangin ini Aceh tengah. Masih ada lagi Aceh Utara, timur, barat, dan selatan 😄. Beda2 lagi wisatanya, belum lagi Sabang yg paling ujung.

  50. Marina - The Spice To My Travel berkata:

    Tangengooon mau kesanaaaa~ dari dulu aku cuman dapet cerita sama foto-foto Takengon aja tapi belum kesampaian untuk kesana.. maklum dulu roomateku ketika kuliah itu orang asli Takengon jadi sering diceritaain pemandangan disana yang katanya kaya Dieng kalau di jawa. Kebanyang banget waktu mbak Fanny bilang sejuk, alamnya masih bagus dan yang pasti danaunya juga kelihatan seger itu. Suami sama anaknya temenku sering banget nyemplung main air di danaunya itu haha.
    Btw untuk goanya, aku ngakak sih baca sarkasme mbak Fanny wkwk 🤣

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Uwaaah aku ga berani berenang di danaunya, takut tenggelam hahahahha. Ga jago berenang mba 🤣. Apalagi kadang, di setiap danau begini ada ajaaa legendanya. Termasuk danau lut tawar. Pas aku denger, udah cukup bikin ga mau berenang pokoknya hahahah

      Harus kesini nanti mba. Pasti sukaaa Ama kotanya

  51. Penghuni 60 berkata:

    wah, bnr kata suami mbak, asik tuh kalo punya rumah disitu.

  52. Leyla Imtichanah berkata:

    Kapan ya aku bisa liburan ke luar Pulau Jawa. Asyik banget itu masuk ke dalam goa. Semoga nanti bisa traveling jauh kayak mbak Fanny.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aamiin mba. Semoga ntr bisa semakin jauuh jalan2nya. Aku Krn kampung memang di Sumatra sih, jadi kalo udah mudik, sekalian aja mampir ke kota2 di dekatnya 😄

  53. Yudichu berkata:

    Penasaran banget wisata alam gini, kangen.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hayuuuj datang ke Takengon mas. Dijamin betah sih Ama view kotanya dan trmpat2 wisata di sana. Apalagi cuacanya adem

  54. Heni berkata:

    Aku liat wkwkk puanjang banget komen”nya..itu patung / batu putri lebih mirip kayak liat gajah ato badak dri penampakan belakang mbk🤣🙏,tpi ya namanya sejarah kita gak bisa lupakan begitu saja.apalagi tiap daerah punya ke khas an masing”..sy inget jmn SD nonton film si unyil..ada cerita batu belah batu betangkup dari Aceh..ya gtu mirip” si putri di kutuk dan masuk /terjepit kedalam batu tapi bukan menjadi batu kyk si putri di atas tadi 😁

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Legenda seperti ini yg seneng itu anak2 sebenrnya, kan dulu zaman kita kecil, juga suka Yaa dengerin legenda dari berbagai daerah 😂. Tapi pas udah gede gini, baru deh logika kepake, dan langsung kepikiran ilmiahnya 😄.

      Aku mau sampe nungging juga ga ngeliat bentuk putri samasekali mbaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.