D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jul 2016

24

LIBUR BARENG KELUARGA DI SAMOSIR VILLA RESORT

Parapat, kota yang selalu aku lewatin saat akan mudik  ke Sibolga.   Salah satu destinasi wajib bagi para wisatawan yang ingin ke Sumatra. Tak jarang turis lokal maupun luar menjadikan Parapat sebagai sasaran utama untuk berlibur, apalagi di sinilah, Danau Toba yang merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia berada, dengan Pulau Samosir tepat di tengah-tengahnya. Walau kawasan Parapat terbilang kecil, namun potensi jumlah pengunjungnya jarang sekali berkurang.

Baca: Ayo Visit Tarutung

Bicara tentang objek wisata di Parapat, ada banyak banget yang bisa dikunjungi selain danau Toba tentunya, apalagi bagi yang doyan makan, di sini ada berbagai macam kuliner yang selalu menjadi daya tarik para wisatawan. Meskipun harus sedikit berhati-hati ya bagi yang muslim untuk mencari makanan halal.

 

Baca: Wisata Ke Berastagi

 Nggak sedikit penginapan di Parapat , baik itu  hotel atau vila, mulai dari yang berkelas melati hingga berbintang tinggi, dari vila yang murah hingga mahal, semua ada  di kawasan ini. Dan catatan aja, kalo udah liburan panjang, Parapat akan dipenuhi oleh para turis, baik lokal dan asing, terutama wisatawan yang berniat menuju Pulau Samosir.

 

Meski terbilang sering ke Parapat, tapi jujurnya aku hanya sekali menginap di sana, itupun saat study tour SMU dulu. Jika sedang mudik  bareng keluarga, biasanya sih kita hanya duduk untuk beristirahat sebentar, sambil menikmati cemilan kecil di salah satu restoran yang menghadap ke arah danau, untuk selanjutnya meneruskan perjalanan menuju Sibolga. Tapi ntah kenapa saat sedang melihat foto-foto liburan di Danau Toba, terbersit keinginan untuk sesekali menginap di salah satu hotel di Parapat. 

 

Satu hotel yang menarik perhatian, karena berlokasi tepat di pinggir danau, terkenal dengan nama Samosir Villa Resort, berbintang tiga, dan lumayan populer di kalangan wisatawan, apalagi review yang aku baca dari situs Traveloka lumayan memuaskan dan harganyapun cukup terjangkau.. Deluxe roomnya aja nih, di bulan Oktober yang aku pilih, hanya kisaran Rp 600,000, dan paling mahal untuk Family room , yang dipatok harga Rp 1,550,000 tapi bisa menampung 4 orang. Lumayan dong ya kalo bisa sharing ;).

Samosir Villa Resort. Pic taken from Traveloka.com
30000001000325455_dh

Yang bikin aku pengin banget nginep di sini, itu karena  kolam renangnya, berwarna biru banget kalo dilihat dari foto ;). Trus sambil berenang bisa kliatan jelas pemandangan Danau Toba, juga jejeran pegunungan. Yang ga bisa berenangpun, udah puaslah duduk-duduk di kursi santainya sambil menikmati pemandangan cakep kayak begitu ^o^. Dan terakhir kali ke Parapat, udara di sana lumayan sejuk loh, cocok untuk orang kayak aku yang ga suka kena panas ;p  

Pic Taken from Traveloka.com
samosir villa resort

Udah ngebayangin aja nih, sambil berenang, trus pesan makanan dan minuman dari restoran hotel yang katanya sih ga mahal-mahal amat dibanding makanan yang dijual di luaran. Jadi buat yang  ga pengin keluar dari hotel, bisa sekalian aja makan siang dan malam di sini. Asyik banget pasti makan dengan bonus suguhan danau Toba di depan mata, yang super duper indah.. Kayaknya, makanan apapun bakal terasa jauh lebih lezat yaa 😀 

Restoran menghadap danau. Pic taken from Traveloka.com
restoran samosir villa resort

Belum lagi momen kebersamaan keluarga sambil makan  hidangan ikan bakar khas Parapat. Beuuuh, aku pernah nyobain di salah satu warungnya, dan memang enak! Itu cuma makan di warung biasa, bayangin kalo makannya di restoran hotel sambil melihat ke arah danau sambil mendengarkan  suara air yang bikin relax. Ditambah iringan musik khas daerah, bisa-bisa para pengunjung langsung betah berlama-lama di ruangan ini. Dari beberapa foto yang aku lihat, eksterior restorannya terbuat dari kayu yang bentuknya terlihat natural. Dikelilingi tanaman-tanaman, menambah kesan cantik hotel ini.

 

Kalo penampakan soal kamar sih, kayaknya  standar aja, nggak ada arsitektur yang unik-unik gitu. Tapi keliatan kok masih nyaman untuk istirahat. Dari reviewnya, kamar mandi juga bersih, meskipun terkadang airnya kecil, tapi di pagi hari sudah kembali seperti semula. Yang penting mah untukku bersih aja deh 😀 

Pic taken from Traveloka.com
kamar di samosir villa resort

Kamar Mandi di Samosir Villa Resort. Pic taken from Traveloka.com

kamar mandi

Trus trus… yang menarik lain dari foto-foto hotelnya, di depan kamar juga ada tempat duduk untuk ngobrol santai. Kebayang kan malam-malam  duduk di situ, ngobrol bareng keluarga/teman sambil minum teh/kopi dan ngemil-ngemil manis, bisa-bisa lupa pulang ini! ^o^.

 

Ada beberapa sih penginapan di Tuktuk Samosir yang berada di tengah danau , tapi keliatannya Samosir Villa Resort  yang terbaik kalo baca dari reviewnya. Termasuk service dari para staff yang ditulis ramah melayani tamu.

 

Dan supaya ga lupa, kalo balik dari Samosir, beli oleh-oleh khasnya juga, kayak ikan Pora-pora, yang rasanya enaaak bingiiittts ;). Ikannya kecil, paling enak di goreng kering dan bisa dimakan semuanya dari kepala sampe ekor, mirip-mirip ikan bilis gitu. Trus ada juga kacang garing khas Parapat yang rasanya beda ama kacang-kacang lain. Kacang parapat ini digoreng dengan pasir ;). Cobain deh! Tiap kali singgah di Parapat, kita sekeluarga selalu beli kacang ini, enak untuk dikunyah selama perjalanan panjang ke Sibolga.

 

Okelah, jadi sepertinya fix, aku pengen nginep di Samosir Villa resort,  kalo cuti nanti. Ga sabar mau kesana bareng keluarga, terutama si baby yang masih belum pernah ngeliat kampung halaman emaknya :D.. Ada suatu tradisi di keluargaku, belum sah disebut anak Batak, kalo belum diceburin di danau Toba 😀

Alamat: 

SAMOSIR VILLA RESORT

Jalan Lingkar tuktuk siadong, Simanindo

Kabupaten Samosir, Sumatera Utara

89 tanggapan untuk “LIBUR BARENG KELUARGA DI SAMOSIR VILLA RESORT”

  1. evylia hardy berkata:

    Aku ada tante di Delitua, adik ayahku ini beberapa kali undang kami berlibur ke danau Toba & sekitarnya. Sayangnya kami belum bisa ke sana. Kalo sudah klop waktunya, udah ada bekal info resort ini 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku aja srg kangen mbak ama danau toba.. pokoknya thn dpn pas mudik ke sibolga lagi, harus deh nginep semalam di samosir ;).. mau nyobain sesekali

  2. Mugniar berkata:

    Penasaran dengan ikan pora-pora. Cuaca di Parapat, gimana, Mbak?

  3. asyik banget kak, semoga bisa berkunjung kesana,.belum pernah ke Parapat :’D

  4. Hastira berkata:

    mauuuuuu, kapan ya bisa ke sana

  5. Lia Harahap berkata:

    Baru tau Mbak orang Batak hehehe.

    Terakhir aku ke Prapat pas kelas 3 SD. Dan Danau Toba meninggalkan kesan, karena pernah kejepit pintu disitu sampe heboh cari klinik. Hahahaha.

    Sekarang hotelnya bagus yaa.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyaaa aku org batak juga mbak ;).. cuma krn nikah ama org solo, trs merantau pula ke jakarta hampir 10 thn, jadinya jrg2 deh bisa balik,. 2 thn sekali biasanya mbak.. tapi kalo ke parapat jarang nginep sih, cuma ngelewatin aja..

  6. Ranny berkata:

    Fan, sorry baru bisa be-we hiks

    Kalo ini akoooh bangeeet… 😀 favorit banget nginap di tempat kayak gitu. Pemadangan keceh, ada kolam renang, harga juga terjangkau. Restorannya menghadap danau toba, o em ji romantis bangeeeet! apalagi kalau malam hari yaaa..
    Ukuran kamar juga oke ya, Fan..

    Semoga one day bisa ke Medan dan ke tempat ini ^^

    Happy monday, Fan :*

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      itu diaaa ran.. aku udh bilang ama suami, mudik thn dpn, kita hrs nginep minimal sehari di samosir ;p .. sebagai org batak malu nih ga prnh nyemplung ke danau toba ;p

  7. Lusi berkata:

    Aku baru sekali ke Parapat, road trip dari Pekanbaru. Sampai sana udang mau tengah malam. Udah booking hotel ternyata letaknya diatas bukit & serem. Trus ngacir cari lagi, untung masih ada kamar di Inna Parapat, dipinggir danau ada pasir putihnya, bisa mandi di danau hahahaa… Ke Samosirnya nyewa speed dari hotel.Ikan pora2 itu crispy ya. Pengin kesana lagi, kayaknya ini referensi yg bagus, ada kolam renangnya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku srg kalo parapat, tapi ya ituu, ga pernah nginep kecuali study tour… ;p. mudik thn depan ke sibolga lagi nih mbak, pokoknya harus nginep deh ntr.. kebayang beenang dan makan sambil dikelilingi danau gitu 😀

  8. wah kayanya sejuk banget ya dengan nuansa yang eksotis serasa di manja kan oleh keindahan yang ada

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iya mas ;).. ngebayangin berenang dan makan dikelilingin danau toba, duuuh, betah deh lama2 😉

  9. MAS DARSONO berkata:

    Saya harus kesini…pokoknya saya harus kesini!!!!!!!!
    plis some body,,, I need a holiday!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  10. hahaha baby nya mau diceburin ke danau toba?
    Pemandangannya indah banget, ngebayangin makan sambil melihat danau, pasti betah di situ.
    Pengin melihat langsung danau Toba 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahaha, biar sesuai adat mbak ;.. harus nyentuh air danau toba dulu dia biar sah jd anak batak ;p hihihihi…

  11. Yessi berkata:

    Hai, Parapat 🙂
    Aku terakhir kali ke Parapat waktu masih SMA
    Jadi rindulah…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku sih rutin sebenrnya, selalu pas mudik pasti lewatin parapat.. tapi ya itu, jarang nginep :D.. mkanya next pokoknya harus nginep ^o^

  12. alvi kamal berkata:

    Adem kelihatannya… bagus sekali resortnya

  13. Klo resort aku pesti ceki ceki kamar mandinya
    Paling seneng klo pas dapet bathub..
    Duuhhh aku malah ngebayangin ikan pora pora digoreng kering kriuk uhuh

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      yg bath tub mah kesenangan ankku NIt ;p.. lgs ga disuruh2 mandi kalo liat bath tub ;p.. aku malah takut loh, soalnya inget film hantu thailand yg hantunya muncul dr bath tub wkwkwkwkw ;p

      iakn pora2 itu enaaaak! cobain deh kalo ke parapat 😉

  14. rahmiaziza berkata:

    Hotelnya instagramable banget ya mbaak. Moga2 ada rejeki ke sana 🙂

  15. Lidha Maul berkata:

    eh bersih euy yang ini, asal gak apek aja.
    So, baby siap2 ya..emakmu bakal nyelupin di danau toba 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyaaa moga2 ga apek ya mbak :D.. tapi ini trmasuk hotel yg terbaik di samosir, jd kemungkinan memang bersih dan ga apek :D..

      iya nih, si baby hrs dicelup2 dikit ke danau toba ntr ;p

  16. Salman Faris berkata:

    samosir yang deket danau toba itu kan Mba? hehehe pengen banget ke sana, dan Villanya bagus banget Mba

  17. Aku belum pernah ke danau Toba, mba. DUa kali ke Medan eeh tapi belum kesampean juga

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      itu artinya kamu harus balik lg mbak ;).. cuma memang danau toba itu ada bagian2 yg pinggirannya kotor, bnyk sampah.. tapi ada juga yg ga.. nah pinter2nya kita deh milih penginapan yg bgs pemandangan dan kebersihannya 😉

  18. Roosvansia berkata:

    Klo di Danau Toba bawanya telur bebek rebus jd oleh – oleh hihihihi sama kerajinan tangan khas Batak. Cobain juga Naniura, ikan mas yang direndem pake jeruk nipis, ngga dimasak. Jadi rasanya mirip sushi. Masih banyakkkkkk makanan lainnya yg super enakkkkk, tapiiii ngga boleh dimakan sama mba Fanny hihihi.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha, aku seafood aja deh 😀 penasaran nih ama ikan mas yg direndam jeruk nipis… hmmmm…. agak ngeri sbnrnya.. walopun aku suka bgt ama sashimi salmon, tp ga prnh aja makan ikam mas mentah :D. tp bolehlah dicoba ntr 😀

  19. Dulu banget bapakku pernah bertugas di Sibolga, trus aq sama adik pernah liburan ke sana. Tempatnya indah banget, trus kita nginep juga di salah satu hotel di danau toba, sayangnya hotelnya jelek banget. Feeling jelek dari awal krn kita di minta ktp dan ditahan pihak hotel. Lain kali memang kudu cari review bagus dulu dari internet 😀 .

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      memang rada susah nyari pnginapan yg bgsan di samosir mbak… temenku ada yg berhantu malah.. dia digangguin 2 malam nginep di sana.. serem bgt deh.. yg pertama seolah ditindih gitu.. trs pindah kamar hari kedua.. eh yg gila aja, kamarnya itu di belakang ada kuburan… trs malamnya lbh horor dr malam pertama… aku merinding pas temenku cerita.. ga bakal deh nginep di sana.. kalo mau tau nama hotelnya, japri aja ya 😀

  20. warnie berkata:

    dari fotonya bikin enggak mau pulang kayaknya mbak

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyaa kaaan ;)… duuuh kebayang asyiknya gmn ya buka jendela kmar dgn pemandangan danau cakep bgini stiap bangun pagi 😉

  21. Aireni Biroe berkata:

    Kalimat terakhirnya itu, lho, Mbak. Lanjutkan! #eh

  22. Anisa AE berkata:

    Wiiih ajakin ajakin ajakiiin. 😀

  23. Pritahw berkata:

    wow, seneng baca dan lihat fotonya,kayaknya memang cozy banget yah mb, noted ah kl aku berkesempatan kesana^^

  24. Pritahw berkata:

    wah, noted banget nih mbak kl nanti punya kesempatan ke Samosir, blm pernah nih. Cuma ada temen disana. thanks ya sharingnya mbak

  25. MeriskaPW berkata:

    Pernah baca review hotel ini di traveling cow kayaknya.. bagus ya mbak, langsung ngadep ke danau toba..

    Kalo ke Samosir lg, cerita soal padang rumput yg kayak di luar negeri gitu donk mbak.. pernah liat di TV acaranya raymond tungka.. gila, keren banget samosir..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      waaah aku malah blm prnh ke padang rumput itu :D… nambah lg berarti yg harus didatangin pas ke samosir nanti :D.. tx infonya mbak…

  26. backpackmini berkata:

    Tuktuk paling oke buat main2 ke Danau Toba..Kemarin nginep di Samosir Cottage nya sih (masih saudaraan sama samosir villa resort) dan worth it! Nyantai2 di kolam sambil nengok pemandangan danau duh mantep!

  27. di Parapat banyak sebenernya hotel ya, tapi berasa udah kuno gitu, jarang ada yang baru sih, ya. tapi pengin banget balik ke Parapat dan Samosir, tempat favoritku nih!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyaa..rata2 hotel lama sih Ki… akupun udh lamaaa bgt ga ke samosirnya.. kalo danau toba doang mah slalu lewat tiap mudik..

  28. Keke Naima berkata:

    iya, cakep itu view kolam renangnya, ya 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      bener mbaa.. sampe udh niat bgt nih pas mudik thn depan ke medan mau mampir kesana ah ;). Gagal nih sebagai org batak ga pernah nginep di samosir ;p.. eh sekali ding, tp itu kan barengan temen2 smu dulu, ga masuk itungan lah ;p

  29. Belliani berkata:

    Hi Fanny.. Samosir villa resort ini seperti menyatu sama alam ya. Pemandangannya itu loh bagus banget. Ngomong-ngomong soal kacang yang di goreng sama pasir, aku teringat sama makananan yang pernah di kasih oleh tanteku. Makanannya juga di goreng sama pasir, hanya aja aku lupa.. Maklum udah lama banget…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iya mbaaa, kyk nyatu gitu nyaa… dari kolamnya aja bisa ngeliat lgs ke danau.. asyik bgt kan ^o^.. yg aku tau makanan yg digoreng pasir ini cuma kacang itu aja mbak 😀 ga begitu tau makanan khas sana juga

  30. Marita Ningtyas berkata:

    Huhu, aku kok ngiler ya mbak lihat postingan2 mbak… 🙂 Jadi pengen traveling 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hayuuuuk mbak.. sumpah traveling itu beneran bikin ketagihan :D.. aku stress kalo dalam setahun itu ga ada pergi2… pgnnya sih tiap bulan, apa daya cuti ga cukup ;p..

  31. Marita Ningtyas berkata:

    wah seru ya mbak.. jadi pengen jalan2 kalau lihat postingan mbak Fanny nih 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      tapi aku sendiri blm prnh k villa di samosir ini.. gagal jd org batak :D… pokoknya jd bertekad kalo mudik lagi, hrs bisa nginep di samosir 😀

  32. Yasinta Astuti berkata:

    Waah ini bikin niat traveling semakin kuat.
    Kolam renangnya dan suasananya kece banget mbak.. Rindu jalan-jalan >.<
    Btw saya pengen juga nih liat danau toba, apalagi sekarang udah masuk 10 top destinasi, pasti banyak dikunjungi yaa
    Semoga punya cukup dana dan waktu dan kesempatan bisa ke sana 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      pasti bisaaa ;).. tiap aku k danau toba sih, memang slalu rame mbak, tp mnrtku ga sampe yg padat bgt wisatawannya.. jd masih enaklah dinikmati.. apalagi saking gedenya, danau toba kan bisa diliat dr 3 kota.. jd kalo di parapat padat, liat dr kota lainnya, berastagi misalnya 😉

  33. suasana Danau Toba selalu ngangenin,,, kapan yak bisa kesan lagi… besok2 ajakin yak mba

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahaha, saya jg blm tau kpn bisa mudik lagi :D.. planningnya april, tp nth lah bisa terlaksana ato ga..liat kerjaan kantor 😀

  34. OYONG ILHAM berkata:

    asyik liburan ke sumatera utara

  35. Luthfan berkata:

    Jadi pengen liburan ke sana juga kayanya asik banget

  36. riskyabadi berkata:

    wah kayaknya enak tuh liburan bersama keluarga, tapi kapan ya

  37. Dewi Nielsen berkata:

    Lah mbak Fan, dirimu pernah kesini? aslinya mana toh? aku dl kerja di seberangnya Ajibata..di Puskesmas..jadi suka melipir ke Samosir trus nginap pernah juga disini sama teman kantor..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku tuh batak mbak.. sukunya sih sibolga, tapi aku udah lama merantau ke jakarta :D.. kalo ke danau toba ya selalu ngelewatin pas mudik ke sibolga dari medan 🙂

  38. nitalanaf berkata:

    Haaa… mesti diceburin ke Danau Toba ???

  39. yonathansj berkata:

    wah pemandangannya indah banget! bener-bener manjain mata banget hahaha. makasih sarannya, mba!

    btw saya baru bikin artikel mengenai mengapa mencatat itu penting banget. do check it out if u dont mind! 🙂

  40. andyhardiyanti berkata:

    Wuihh..lansekap kolam renangnya cantik sekali mbak. Bisa betah renang deh tuh…Kapan yaa bisa main ke sana~

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku aja pgn bgt bisa kesana mba… kalo mudik ke sibolga lagi, wajib bgt nyempetin semalam nginep deh 😉

  41. pokoknya berkata:

    Pokoknya top deh tempatnya… wkwkwk suatu nikmat yang ada di dunia

  42. Omsehat berkata:

    Tempatnya indah banget, Serasa berada di Bali

  43. Dian Radiata berkata:

    Ya Allah.. Asik banget sih viewnya. Bisa berenang-renang cantik dengan view Danau Toba.

  44. Zizy Damanik berkata:

    Ahhh Danau Toba memang memiliki aura keindahan magis yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata dan foto saja. Memang harus ke sana dan menikmati semua elemennya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      bener mba…ini agustus bsk aku mw ksana.. 🙂 tp spertinya g bisa nginep di penginapan sana sih.. cuma mau liat danau tobanya aja ;p.. g pernah bosen kesana

  45. dapurmodifikasi berkata:

    Ada rekomendasi paket tour ke toba gak mbak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.