D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Agu 2015

16

AYO WISATA KE BERASTAGI …

Ada banyak banget tempat-tempat wisata di Berastagi.. Secara ya, kota yang terkenal karena hawanya yang sejuk ini memang dijadikan tempat wisata ala Puncak bagi warga sekitar. Sebut saja resort Simaleum, Miki Holiday theme park, Bukit Batu, ato hanya sekedar duduk-duduk menikmati hawa dingin sambil makan jagung bakar ato pancake strawberry, itupun sama nikmatnya 😉

 Wisata kali ini, aku hanya ingin mendatangi 3 tempat yang lokasinya ga terletak pas di Berastagi, hanya saja untuk ke sana, kita tetap harus melewati kota ini; Air Terjun Sipiso-Piso, Danau Toba dari sisi desa Tongging, dan Vihara Lumbini.

  1.  Air terjun Sipiso-Piso dan Danau Toba dari sisi Desa Tongging

2 objek wisata ini bisa didatangin sekalian, karena letak yang  benar-benar  berdekatan dan berhadapan 😉 . Air terjun Sipiso-Piso masuk ke dalam list air terjun tertinggi se-Indonesia no 4. Dengan tinggi  120m ke bawah, memancarkan debit air yang deras dari dalam sungai bawah tanah. Pemandangan sekitarnya luar biasa indah! Bukit hijau yang menyejukkan mata, hawa sejuk dingin, ditambah  kesan magis saat melihat air terjun gagah menghunjam ke bawah. Yang asiknya dari Sipiso-Piso, air terjunnya sendiri udah kliatan pada saat kita datang. Jadi bagi orang tua ato siapapun yang mungkin kakinya udah ga kuat dengan medan trekking ke bawah, ga perlu repot-repot turun hanya untuk melihat air terjun. Cukup dari pelataran, dan kitapun bisa melihat sampai ke bawah.

  1. DSC_0417

DSC_0485 AIR TERJUN SIPISO-PISO

Tapi kalo mau tetap turun? Bisaaaa… Sudah disediakan jalur khusus berupa tangga untuk mempermudah pengunjung turun agar bisa melihat air terjun dengan lebih jelas. Jaraknya kurleb 3km dengan 1000an anak tangga. Asik kok begitu sampai. Deruman air yang menghempas ke batu-batu di bawah terasa memekakkan telinga.. Fylly yang ikut turun  sampai ke dasar lumayan ketakutan dengan suara gemuruhnya. 😀 BTW, anakku sempet dijadiin bisik-bisik ama beberapa pengunjung yang ikut turun. Beberapa yang kita dengar, “Eh, adek nih aja kuat lah turun ampe bawah. Masa kita ga kuat woy”, ada lagi yang ngomong, “Bencong kali ko ga mau sampe bawah. Liatlah adek kecil tuh, kuat jalannya”. Hahahahaha….mereka ga tau kalo Fylly sesekali digendong papinya pas turun ;p

Menuju ke Bawah Air Terjun

DSC_0448 DSC_0436 menuju ke bawah air terjun sipiso-piso

 Fasilitas yang ada di bawah, walo ga begitu lengkap dan bersih, tapi okelah disediakan toilet ala kadarnya bagi orang-orang yang mungkin mau membuang hajat, juga ada pondok-pondok istirahat dan penjual pop mie serta makanan kecil.

Toilet sederhana. Air di sini super duper dinggiiinnn !!

jamban sipiso-piso

pemandangan hijau sekitar sipiso-piso

DSC_0494 DSC_0491

 Selain Sipiso-Piso, dari desa Tongging kita juga bisa melihat danau Toba. Tau kan kalo danau toba itu saking gedenya bisa diliat dari 3 kota di Indonesia? Parapat, Tongging dan Balige. Aku udah biasa melihat danau Toba dari Parapat ato Balige, karena 2 kota ini memang slalu dilalui tiap kali  kita mudik ke Sibolga. Karena itu, saat di Medan, semua sepakat untuk melihat sisi lain danau Toba dari desa Tongging, yang ternyata, sama spektakulernya dari 2 tempat sebelumnya. Betah banget hanya melihat danau raksasa yang terbentuk puluhan ribu tahun lalu membentang cantik dan menjadi daya tarik wisata di desa ini.

danau toba

Danau Toba terlihat jelas saat turun ke bawah air terjun sipiso-piso

danau toba

 Ga usah repot mencari lokasi 2 tempat wisata yang dimaksud, karena letak keduanya tepat berhadap-hadapan ;). Hanya saja hati2 saat datang ke sana, karena jalanan menuju desa Tongging lumayan sempit, dan berkelok-kelok. Sementara dari arah sebaliknya kendaraan lain sebangsa truk melaju kencang seolah-olah  jalan milik mereka -__-.. Waktu kita balik ke Medan aja, kecelakaan maut baru terjadi antara Truk dan Avanza yang menyebabkan 2 orang meninggal di tempat.  Salah satunya anak kecil. Serem…  :(. So, hati-hati kalo ke sana.

Fylly dan Nenek ^o^

DSC_0472

Makan siang yang kita bawa, nasi Padang. Rasanya jadi luar biasa karena dimakan di tengah alam begini 😉

nasi padang ummi berastagi

DSC_0471 DSC_0504

  1. Vihara Lumbini Berastagi

Vihara ini denger-denger kepunyaan orang Singapur, ntah itu bener ato ga, yang jelas keberadaannya di sini menambah lagi objek wisata religi yang bisa dikunjungi. Bangunannya besar,  berwarna kuning emas, mengingatkan akan Vihara emas di Myanmar sana. Sayangnyaaaa, kita datang di saat yang ga pas. Abu vulkanik gunung Sinabung sedang giat-giatnya mengeluarkan hujan abu yg menyebar ke seluruh wilayah Berastagi.. Akibatnya, vihara ditutup untuk umum -__-.

Vihara ditutup 🙁

DSC_0685 DSC_0687

Hujan Abunya bikin mata gampang kelilipan …

DSC_0692

Kebun sayur di depan vihara

DSC_0696

 Untungnya, walo ditutup, kita masih diizinin foto-foto  dari balik pintu gerbang yang terkunci. Ga mau rugi dong 😉 Udah jauh-jauh datang, ambil 1-2 foto cukuplah untuk bukti pernah ke sana :D. Next time, berarti memang masih harus balik lagi 😉

84 tanggapan untuk “AYO WISATA KE BERASTAGI …”

  1. ani berkata:

    indah sekali tuh air terjun tinggi sekali

  2. Inddaaaaaah bangett
    Aku rindu tempatw hijau kayak gini

  3. Rizka berkata:

    Aku pernah ke Brastagi sekitar 15 tahunan yang lalu
    Cantik pemandangannya
    Tapi sayang aku belum pernah liat vihara yang warna kuning
    hiks

  4. Samudra berkata:

    Wah gila ya keren banget berastagi. Dari dulu pengen ke Danau toba tapi belum kesampean… huhuhu

  5. mawi wijna berkata:

    Yeeey~ Aku udah merasakan turun ke Sipiso-piso 😀
    Kayaknya serem gitu ya tangganya, tapi setelah dijalani ternyata nggak semenyeramkan yg dibayangkan dan nggak capek juga (sok kuat :p). Tapi sekarang kok di sepanjang tangga jadi banyak warung dengan tenda biru itu ya? Apa pas musim liburan ya mbak?

    Eh iya, yang jelas nyari masjid di daerah sana susah! >.<

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      skr banyak tenda2 gitu mas… kayaknya udh makin terkenal sih tempatnya :D.. Tangganya mah mirip2 grojogan sewu kan ;p.. jaraknyapun samalah :D..

  6. Irwin Andriyanto berkata:

    mau liburan ke situ sambil nengok temen lama di berastagi tapi kondisinya kurang mendukung efek erupsi… semoga erupsi nya bisa berhenti selamanya #amin

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      semoga mas… kemarin kita jg lewatin tenda pengungsi, kasian juga ih liatnya… moga2 mereka bisa cepet balik ke rumahnya…

  7. Keke Naima berkata:

    tapi Sinabung kan terus-terusan erupsi. Viharanya bisa sering tutup, dong?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      erupsinya setahun belakangan ini mba… dulu2 sih dia ga srg begini :D… padahal pas aku k air terjun sipiso2 itu lg ga erupsi… cm karena kita udh kecapean, males singgah… jdlah bbrp hari kmudian dtg lagi..eh malah sial -__-

  8. dansapar berkata:

    air terjunnya keren deh tapi klo turun 3km trus naik 3km jadi 6km dong
    gempor deh kakinya
    hahahahha *aki aki ini*

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo begitu kamu ga bisa ke air terjun 1 nya lg, yg di sibolangit itu, air terjun 2 warna ;p,, medannya bukan utk aki-aki hahaha ;p

  9. ipah kholipah berkata:

    keren banget tempt wisata nya mba 🙂 vihara nya keren tapi sayang udah tutup ya mba ..

  10. Fahmi berkata:

    cuma 1000 anak tangga kan buat ke dekat air terjun sipiso-piso? Okey, kuat lah 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ah, kamu pasi kuat lah…. cobain yang di sibolangit dulu :D… air terjun 2 warna ;)..Itu baru penentu kuat ato ga hahahah ;p

  11. Yoga Akbar S berkata:

    Wihhh, keren banget itu Air Terjun Sipiso dari kejauhan udah kelihatan. Jalurnya juga udah dikasih kayak pager gitu, ya. Beberapa curug di daerah Bogor masih kanan kiri jurang, belum ada pager pembatasnya. Bikin ngeri. 🙁

    Viharanya kuning-kuning keemasan. Aaaaakkkkkk Instagram-able banget. XD
    Sayangnya, karena ada abu vulkanik jadi nggak bisa masuk. 🙁

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Harus diakuin air terjun sipiso2 ini udh dibikin jadi gampang untuk didatangi Yog ;).. Kebanyakan air terjun mah masih perawan bgt alamnya ;p

      Kalo balik ke medan hrs dtg lagi ah k viharanya… moga2 ga pas sinabung lg erupsi lg.. debunya parah bgt… sakit mata dibikin

  12. meidi berkata:

    Kak, berastagi bukannya agak deket sama sinabung ya? *agak buta peta* heheheheh seingetku kmrn sempt kabut gitu soalnya

    Eh iya katanya ada yg kawah putih itu aduuuhh aku lupa namanyaa apaan raja tinggi itu ahahahahah *asal*

  13. meidi berkata:

    Kak komen aku yg sebelumnya diapus aja *hahahahah ga fokus akibat layar hp retak nih*

    Baru ngeh bagian lumbhininya kelewat :)) ternyata kamu emg udah cerita kalo deket Sinabung yah :)) :)) *self toyor*

    Eh tapi aku masih penasaran sama tempat wisata yg kawah putih itu, apaa deh namanya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya deket sinabung :D… makanya lumbini kita lg sial aja g bisa masuk… untung pas ke sipiso2 lg aman2 aja ^o^…

      Pernah dgr tuh mel yg kyk kawah putih… tp kmrn kita ga kesana juga… ga kepikiran ;p. lah pemandian air panasnya aja ga didatangin juga

  14. Beautyasti1 berkata:

    Vihara nya seperti thailand gitu ya makk.. Btw aku belum pernah ke berastagi, yang aku tau hanya sirup khas brastagi aja yang lumayan mahal ya per.botol nya dibanding sirop lain, tapi enaakk luaarr biasaaa…

    http://beautyasti1.blogspot.com

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahaha…iya sirupya enaakkk ^o^.. tapi kemarin aku males beli… berat2in koper ;p.. lagian udh bosen minum begitu kalo di medan ;p

  15. Malini berkata:

    Foto yg paling bawah mirip di Thailand

  16. Adie Riyanto berkata:

    Waaaah, kayaknya kalo ke Toba emang wajib mampir di bagian yang deket Sipiso-piso ini. Aku dulu juga di sini mbak awalnya. Yang belum pernah ke vihara itu. Waktu itu belum hits seperti sekarang. Sayang ya itu pas tutup gara2 Sinabung. Lihat foto2 temen di blog mereka, dalemnya bagus banget kayak pagoda2 di Thailand. 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iya nih…untungnya ga gitu jauh dari rumah kalo ntr mudik lagi ke medan :).. Masih bisalah di kunjungin balik 😀

  17. Eka Fikry berkata:

    Aku sering mendengar cerita soal Berastagi..ternyata memang indah ya. Terpesona deh lihat gambar gambarnya, hehehe

  18. cputriarty berkata:

    salahs satu kekayaan tanah air (air terjun Brastagi) yang patut dibanggakan 🙂 Aku bangga jadi Indonesia 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      bnyk bgt ya sbnrnya wisata alam di Indonesia ini..tapi sayangnya bnyk jg yg akses kesananya itu masih susaaahhh…bikin bnyk org males utk dtg melihat

  19. Fandhy berkata:

    Liatin indahnya air terjun di berastagi jadi ingat, kapan terakhir kali aku refreshing ke alam. Aku memang butuh piknik

  20. @nurulrahma berkata:

    Yuk mareee kita ke Berastagi 🙂

    Elok niaaaan 🙂

  21. cumilebay.com berkata:

    Minggu kemarin aku baru dari berastagi belanja buah hahaha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hihihihi…aku justru ga beli buah apapun di sana ;p.. rugii… eh tapi kamu ke tempat gajah2 itu..aku malah ga -__-

  22. adelina berkata:

    belum pernah kesana saya..indah juga pemandangannya mbak.

  23. Ria berkata:

    Berastagi itu enaaak, hawanya dingiiin… Maunya makan melulu… hahahahha

  24. Molly berkata:

    Ke Brastagi dan Simalem emang gak pernah ngebosenin.. hihi. Sayang aja erupsi Sinabung bikin kita kurang nyaman mau wisata ke Brastagi.

  25. Erick berkata:

    itu nasbung nya menggoda bgt… yummy

  26. Noe berkata:

    Pernah jln2 3hr di Medan Danau Toba, sempet mampir ke sipiso piso juga…tp berastagi lewat doang. Heuheuu…

  27. bersapedahan berkata:

    brastagi … destinasi impian saya
    banyak tempat yang bikin wow ….

  28. Hendi berkata:

    hahaha itu kenapa toiletnya mesti difoto ya? kearifan lokal banget hehe

  29. Rani R Tyas berkata:

    Ya kali bisa kesampaian jalan-jalan ke Sumatra bisa jadi referensi ini

  30. Revorma berkata:

    Air terjunnya tinggi banget, berapa meter itu tingginya mbak?

  31. Wooclip berkata:

    keren bgt tempatnya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      setuju ;)… mana sejuk pula..sayang bgt pas aku ksana gunung sinabung lg ga bersahabat 🙁

  32. abang Macan berkata:

    bisa bermalam gak disana yah? kalau misal pengen ngemah

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      berastagi bagian mananya mas? kemarin sih kalo di bagian air terjun aku ga ada ngeliat org kemping ;p

  33. adams aljawiyu berkata:

    wuihh….
    keren banget ya tempatnya…
    kayaknya bakalan cocok nih buat destinasy sama istri…
    salam kenal mba…

  34. hendrat berkata:

    keren destinasinya,, tapi mahal juga ya kalo mau ke kamar mandi 😀 3000

  35. yuzarsif berkata:

    Bagus banget air terjunnya. Jadi pengen jalan-jalan ke Brastagi

  36. Arifudin berkata:

    Terimakasih infonya,,itu tujuan wisata saya selanjutnya…

  37. pastiguna berkata:

    berastani memang luar biasa air terjunnya

  38. contoh cerpen berkata:

    Itu air terjun nya tinggi banget, Berapa meter ya kira” ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.