D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jun 2022

18

KULINER BALI: MENCICIPI NASI TEMPONG INDRA

rekomendasi-nasi-tempong-di-bali

KULINER BALI: MENCICIPI NASI TEMPONG INDRA ~ Kalau datang ke Bali, mungkin pernah denger kuliner yang namanya NASI TEMPONG. Beberapa kali outing ke sana bareng kantor, temenku yang kebetulan orang Bali ga pernah absen untuk makan di salah satu depot nasi tempong favoritnya . Sayang waktu itu ga pernah bisa ikutan, secara tiap outing selalu dapat jatah flight trakhir . Nasib orang yang megang kunci kantor dan aktifin alarm . Nyampe Bali selalu di atas jam 12 malam, jadi ya udah males nyobain makan apapun .

 

 

Naah, Maret kemarin pas ke tanah Dewata buat ngerayain anniversary bareng hubby, kami udah niat bakal cobain NASI TEMPONG INDRA. Salah satu yang terkenal, tapi aku ga berani bilang yang terenak, secara baru nyobain 1 tempat ini doang kan.

 

 

Tempat makan nasi tempong indra yang luas dan nyaman, lokasi Kuta
alamat-nasi-tempong-di-bali-yang-palling-rame

Ceritanya, puas main Reverse Bungy 5GX di Legian, Raka kan sempet jackpot, jadi udah pasti kami butuh isi ulang energi . Untungnya saat Googling, nasi tempong Indra masih buka, padahal udah jam 9 malam loh. Soalnya di Google saat itu, tertulis jam 8 sudah akan tutup, secara pas kami datang banyak rumah makan belum kembali normal jam bukanya. Begitu tau masih buka, langsung deh buru-buru kesana karena mikirnya bentar lagi tutup.

 

 

LOKASI NASI TEMPONG INDRA

Beralamat di jl Dewi Sri No99x. Kuta – Bali. Setelah angka COVID semakin melandai, jam bukanya di google sudah kembali seperti dulu, buka jam 09.00WITA – 23.30 WITA.

Saat kami datang di Maret, dengan jam tutup masih pukul 8 malam, ternyata masih ruameeee sangaaaaaaat yang makan. Senengnya, tempat duduk masih tersedia walaopun cukup crowded. Terbantu sih dari tempatnya yang memang luas.

 

 

Karena luas, walaupun rame jadi ga berasa sumpek
nasi-tempong-adalah

Pegawainya langsung datang, membawakan buku menu. Aku sempet nanya, Tempong itu apa maksudnya. Kalo menurut si mbak, Nasi Tempong itu maksudnya Nasi Pedas. Karena nanti lauk yang disajikan bakal ditemani Ama sepiring keciiiil sambel yang katanyaaa siiiih pedes . Katanyaaaa loh ..

 

 

MENU YANG KAMI PESAN DI NASI TEMPONG INDRA

Aku memesan nasi tempong gurame goreng + teh manis anget.

Pak suami lebih milih Nasi Tempong Udang plus Es campur.

Lumayan lama sih nunggunya. Karena rame kali yaaaa. Es campur Raka malah datang duluan. Ini mah mirip patbingso nya Korea, alias es serut menggunung gitu . Di dalamnya ada cincau dan potongan aneka macam buah. Rasanya enak sesuai dugaan, ga terlalu manis, pas. Ga bikin giung.

 

es campur pesanan pak suami, segeeer
es-campur-enak-di-bali

SAAT MENU MAKANAN TIBA….

Langsung happy liatnyaaaaa !! Karena ikan gurame goreng yang aku pesan ternyata gedeeee, bisa banget buat 3 orang.

 

 

ikan guramenya gede banget ternyata wkwkwkw
ikan-gurame-goreng-yang-enak-di-bali
Nih bandingkan dengan tanganku :D. tau segede ini mending buat berdua ;p
menu-ikan-goreng-gurame-yang-enak-dan-krispy

Sebagai side dish, ada lalapan timun, labu Siam dan terong rebus. Sambel ditaro dalam piring keciiiil. Sampe bingung, cukup ga yaa buat ikan segede gaban.

nasi tempong polos tanpa lauk
nasi-tempong-vegan-di-bali

Pas daging ikan dipotong, beuuugh, tebeeel, aroma goreng ikan yang gurih langsung menguar. Ga amis samasekali. Crispy kulit luarnya, tapi lembuuut dagingnya.

Trus aku cocol deh ke sambel, yang jujurnya langsung bikin ilfil dikit . Asiiiiiin cuuuuy. Sumpah bingung, kok asinnya kuat banget. Pedesnya berasa, tapi asinnya dominan. Jadi agak kecewa apalagi plang di depan ditulis super pedes, yang mana kenyataan nya, soooowryyyy, buat lidahku yang suka banget pedes, ini mah masih normal.

 

 

2 porsi nasi tempong indra, yummy…. terlepas dari sambelnya yang kacau
rekomendasi-nasi-tempong-di-bali

Sama kayak pesanan Raka dengan lauk udang goreng. Udang digoreng Krispy tapi masih juicy dagingnya, ga overcooked . Tapi lagi-lagi, sambelnya ga kuat banget karena asinnya itu. Memang selalu asin begini, atau aja yang sial chef-nya melamun pas bikin pesanan kami ? Jadi ga pas juga buat lalapan. Susah payah deh nelan labu Siam tanpa sambal.

 

 

nasi tempong indra pesanan raka dengan udang goreng
udang-goreng-enak-dan-krispy

BERAPA HARGA MAKANAN DI NASI TEMPONG INDRA?

Untuk 2 porsi nasi tempong lauk ikan gurame dan udang, lalu es buah dan 1 minuman biasa, hanya ngabisin Rp186,000. Muraah sih sebenernya . Mengingat ikan gurame ya segede ituuuuu.

 

 

SUMMARY

Bagi yang suka makanan asin dan pedes, makan di sini pasti cocok. Tapi bagi yang ga terlalu suka asin, aku sendiri agak mikir dulu kalo mau balik lagi :D.

4 tanggapan untuk “KULINER BALI: MENCICIPI NASI TEMPONG INDRA”

  1. Nurul Rahma berkata:

    Waduh, klo yg punya DarTing bahayaaaa nih 😆 apa better bilang dulu “SaMbelnya gosah pake garam yaakkk” pas mau pesen yaaa

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo dr awal aku tau bakal asin, aku pasti minta begitu mbaa 🤣🤣. Tapi memang ga bakal nyangka kalo sambelnya asin pedes. bisa jadi sih aku aja yg sial dapet yg salah 😄

  2. Reyne Raea berkata:

    wkwkwkwkww, yang bikin sambal mungkin lagi jatuh cinta Mba, makanya sambalnya asin.
    Coba gitu pas dia marah sambil bikin sambal, dijamin sambalnya pedes gila, wakakakaka.
    Saya suka asin sih Mba, tapi kalau asinnya sampai kerasa pahit, duh nggak deh, mending sekalian ikan asin 😀

    Tapi nih, kalau liat serame itu, bisa jadi mungkin pas bikin sambal itu, kebanyakan garam, biasanya enak dan pedes, makanya banyak yang datang ke situ.
    Apalagi emang lauknya enak sih, terutama ikannya nggak amis, karena seringnya tuh, kalau makan ikan air tawar gitu, dapat bonus agak amis hahaha.

    Mana saya nggak suka amisnya ikan tawar, mending ikan laut 😀

    Oh ya tempatnya juga asyik tuh Mba, luas dan udaranya lebih bebas, jadi nggak was-was di masa banyak virus kek gini 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku rasa aku sedang sial sih memang Rey 😄. Soalnya kalo tanya temen2 yg udah icipin harusbya ga asin 🤣. Ntr lah kapan2 cobain nasi tempong yg lain kalo ke Bali, trus baru cobain yg Indra ini lagi. Jadi ada perbandingan.

      Aku kebalik malah lebih suka ikan air tawar 🤣. Tapi ga semua juga sih. Tertentu aja . Cuma ikan laut pun asal cocok Ama cara masak, aku masih oke makannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.