D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Des 2021

03

JKTGO HALLOWEEN NIGHT: TROWONGAN CASABLANKA DRIVE THRU

JKTGO-REVIEW-TROWONGAN-CASABLANKA

JKTGO HALLOWEEN NIGHT: TROWONGAN CASABLANKA DRIVE THRU ~ Ada yang tahu sejarah terowongan Casablanca? Warga Jakarta aku yakin pasti tahu, salah satu tempat yang dipercaya seram, karena dulunya, sebelum dibangun jalan raya dengan terowongan seperti sekarang, itu tuh kuburan massal. Tapi dipindah, dan dibangunlah jalan raya :D. Mungkin karena sering terjadi kecelakaan dan menurut beberapa orang ada penampakan, lahir deh mitos-mitos yang menjadikan terowongan ini salah satu tempat angker di Jakarta 😀

 

Pandemi yang belum jelas kliatan kapan selesai, bikin aku terkadang  iseng nyariin wisata baru di sekitaran  ibukota. Tapi bosen juga kaan,  kalo cuma staycation. Makanya pas IG dari @jktgo mengadakan acara Halloween bertema DRIVE THRU TROWONGAN CASABLANKA, jiwa kepo tuh langsung naik, ngeliat hantu tapi sambil naik mobil?? Udah kayak pesen McD ya cyiiiin hahahaha…

 

Mungkin karena antusias pengunjung yang membludak,  cari tiketnya susah bangetttt,  sold out mulu. Mana cuma bisa dibeli online. Mereka ga mau menjual tiket on spot. Jadi kalo coba-coba datang dan beli tiket di tempat, jangan harap dilayani :p. Jadi tiap hari aku pantengin deh IG-nya supaya tahu kapan lagi tiket masuknya dibuka. Baru sekitar awal November, penjualan tiket untuk periode  8 – 21 November, kembali  dibuka melalui TravelokaXperience. Gerceeep dong langsung booked, dan mengincar tanggal 13 November buat kesana. Sayangnya, lagi-lagi sold out, gileee yeee, banyak juga penggemar wisata serem gini :p. Akhirnya setelah coba tanggal weekend yang masih available,  bisa deh  ngamanin tiket untuk 5 orang di tanggal 20 November. Iyeeees, aku ngajakin anak-anak, plus  asisten buat ikutan melihat ‘hantu’ :D.

 

JKTGO-REVIEW-TROWONGAN-CASABLANKA

 

Dari awal, supaya para krucils ga takut, udah diwanti-wanti kalo ini hanya hantu boongan. “Ga usah takut, apalagi minta turun. Karena percayalah, Mami ga bakalan mau puter balik hanya karena kalian takut” :p, sukses bikin mereka patuh :D.

 

 

LOKASI, HARGA TIKET  & JADWAL DRIVE THRU

Salah satu alasan aku ngebet bener mau ikutan, karena lokasi ga jauh dari rumah, di basement Mall Of Indonesia Kelapa Gading. Ntahlah kalo diadain di daerah Jakarta Selatan, mungkin masih mikir dulu karena macetnya.

 

Harga tiket yang hanya Rp50,000 per orang, juga masih terjangkau buat ngajakin keluarga serumah. Anak-anak tetep bayar full di harga yang sama ya…

 

Jadwal Drive thru hantu ini terbagi 2.

 

  • Jam pertama dibuka pukul 13.30, dengan last entry jam 16.00

  • Jam keduanya malam pukul 18.00, last entry jam 21.00

 

Sebenernya pengen banget yang malam, tapi karena nabrak dengan  waktu sholat magrib, ga deh, takutnya telat sampe disana, atau malah ga sempet solat. Jadi lebih milih yang siang aja.

 

 

SESAMPAINYA DI BASEMENT MOI

Ancer-ancer yang mereka pasang untuk nemuin lokasi jelas banget kok, karena dari awal masuk MOI udah dipasang. Secara area yang dipakai ga sama dengan parkiran mobil biasa. Wajar sih yaaa, biar jalurnya ga saling tabrakan ntar.

 

Pemeriksaan tiket dilakukan sampe 2x, untuk mastiin peserta yang ikut sesuai dengan  jumlah tiket.. Setelah itu, baru deh antri bareng mobil-mobil yang lain. Jadi ga ada ceritanya bisa langsung masuk sekaligus. Tetep harus satu-satu. Walaupun tiketku jam 13.30, kalo antriannya udah panjang, ya mau ga mau ikutan antri.  Kami sendiri datang lebih cepet, udah sejak pukul 13.00, tapi tetep aja baru bisa masuk ke dalam Trowongan Casablanka  pukul 14.00, padahal atraksi di dalam cuma 6 menitan doang, hahahaha.

 

Antrian mobilnya puanjaaaaang

JKTGO-REVIEW-TROWONGAN-CASABLANKA

 

 

 

ANEKA MURAL SEBELUM MASUK TROWONGAN CASABLANKA

Menariknya, sambil ngantri, pengunjung dimanjakan (eh termasuk dimanjakan atau ditakut-takuti yaa :p?) oleh aneka macam-macam mural seram di dinding basement. Serius sih, kalo seandainya ini basement biasa tanpa ada acara drive in hantu segala, aku rasa lebih milih naik kendaraan umum daripada markirin mobilku di sini hahahahaha. Bisa pingsan eykeeeh nyari mobil sambil ngeliatin gambar-gambar horor :p.

 

Ada yang mau parkir di basement yang penuh gambar horor gini ;p?

JKTGO-REVIEW-TROWONGAN-CASABLANKA JKTGO-REVIEW-TROWONGAN-CASABLANKA

 

Naaah, supaya ga bosen juga, si hantu udah mulai ‘menghibur’ sejak di sini. Kageeet akutu, lagi asyik-asyiknya duduk nyender, tiba-tiba pintu kebuka dan muka bertopeng Scream nongol aja di samping huaaaaaaa. Aku lupa ngunci pintu abis foto-foto di mural ternyataaa. :p. Duh  paling benci jujurnya ama tokoh psikopat dalam film Scream ini. Topengnya bikin jantungan -_-.

 

Bayangin tiba-tiba di samping kita ada topeng begini ;p

JKTGO-REVIEW-TROWONGAN-CASABLANKA

 

 

 

AKHIRNYA TIBA JUGA GILIRAN MASUK….

Saat mendekati giliran, si mas panitia menjelaskan dulu nih, etika selama di dalam. Apa aja yang bisa dan tidak boleh dilakukan. Trus pas  ngeliat ada 2 krucils di kursi belakang, dia nyaranin supaya kami menghidupkan lampu hazard, supaya hantu-hantu di dalam ga terlalu ganggu, karena itu tanda di dalam mobil ada anak-anak. Usulnya jelas aku tolak :D. Para krucils pun ga mau, lah ini bocah malah semangat banget pengen liat hantu kok hahahahha.

 

Bentar lagi giliran kamiiiii 😀

JKTGO-REVIEW-TROWONGAN-CASABLANKA

Itu mba Kunti udah mejeng aja di depan hahaha

JKTGO-REVIEW-TROWONGAN-CASABLANKA

 

 

 

SESERAM APA TROWONGAN CASABLANKA INI?

Aku cuma bisa bilang, mereka NIAT BANGET menyusun properti, menghias basement juga dalam hal make-up para hantu! Totalitas semuanya!

 

Beneran serem sih, dan ‘para hantu’ itu suka   banget nakutin dengan cara ngagetin, tiba-tiba muncul aja gitu di jendela mobil wkwkwkwkw. Bayangin aja, di dalam itu gelap bangetttt, trus ada seraut wajah nemplok di jendela, siapa coba yang ga kaget ;p?? Malah ada yang gelantungan di samping dan belakang mobil, trus ngetok-ngetok jendela, berusaha masuk hahahaha. Untungnya aku selalu kunci pintu sih :D. Sambil nempel, biasanya para dedemit ini melolong-lolong atau merintih sambil ngomong, ‘ikuuuuuut, aku ikuuuut’ . Atau, ‘buka tali pocongkuuuuu’

 

Sayangnya, atau mungkin untungnya, aku lupa bawa kacamata. Jadi wajah-wajah mereka ga terlalu jelas kalo dari jauh. Raka, asisten dan si bungsu yang cerita kalo muka hantunya serem-serem hahahaha.

 

Jadi selama kami di dalam, hantu-hantu yang muncul kayak pocong, sundel bolong, hantu anak kecil atau sejenisnya gitu, kuntilanak… Trus ada juga beberapa hantu lain yang  aku ga tahu namanya :p.

 

Kondisi di dalam beneran dibuat sangat gelap. Lampu mobil sebisa mungkin jangan pasang terlalu terang. Malah silau yang ada cuy. Ga bisa melihat ke depan ntar. Intinya, ini menghibur bangeeet sih :D. Buat yang penakut aku yakin bakal teriak-teriak, tapi bagi yang pemberani, pasti suka ngeliatin make-up para hantunya.

 

 Oh iyaaa, bagi yang punya indera keenam alias sixth sense, bakal bisa melihat juga hantu-hantu asli berkeliaran hahahahaha. Tapi bedanya, mereka mah cendrung diam, ga mendekat. Yang heboh itu justru si hantu palsulaaah :p.

 

 

SUARA JERITAN DI 93.00 FM

Supaya suasana horor makin dapet, pas mau masuk, staff bakal nyuruh pengunjung memutar radio di jaringan 93.00 . Itu khusus hanya bisa dibuka di terowongan saja. Pas diputar, kedengeranlah suara lolongan makhluk ntah apa, ditambah musik seram bikin suasana makin mencekam.   Aku saranin mending puter aja, biar lebih menghayati wkwwkwkwk ;p

 

 

TROWONGAN CASABLANKA DIPERPANJANG SAMPAI 12 DESEMBER 2021

Peminat yang ga berkurang, membuat acara ini terus diextend sampai 12 Desember. Malah kabar baiknya, bagi yang ga bisa bawa mobil, disediakan shuttle khusus berupa odong-odong.  Ini makin asyiiiik cuy, karena odong-odong kan ga pake kaca tuh, makin HAWT aku yakin si hantu berpesta nakut-nakutin yang masuk ;p. Bisa-bisa nempel terus mereka hahahahaha.  Buruan aja book tiketnya . Link ada di IG @jktgo ya….

 

Bisa naik odong-odong Thomas ngeliat hantu hahahaha

JKTGO-REVIEW-TROWONGAN-CASABLANKA

 

 

 

ATURAN-ATURAN YANG HARUS DIPATUHI

Ada beberapa hal yang memang dilarang selama mengikuti wisata ini. Beberapa aku rangkum di sini.

  • Harus jago naik mobil :p. Namanya aja Drive thru cyiiiin. Kalo ga bisa naik, mending pilih yang pakai odong-odong aja.

  • Driver jangan kagetan! Ga lucukan kalau saking kagetnya trus malah nekan gas, bukannya rem ;p.

  • Anak-anak boleh aja ikutan, tapi kalo sampe nangis-nangis di dalam,  no turning back yaaa. Jadi mohon dikondisikan :D.  Anakku sih justru senang ikutan begini.

  • Klakson 3x sebelum masuk. Ngerti sih harus klakson supaya kalo sampe ada mobil di depan, bisa tahu. Tapi kenapa harus 3x, masih jadi misteri buatku ;p

  • Yang paling penting, GA BOLEH AMBIL FOTO ATAU VIDEO SELAMA DI DALAM!! Kecuali video reaksi orang-orang yang ikutan, tapi bukan hantunya. Dan aku nemu beberapa teman ada yang masih nekad aja tetep videoin dan disebar di medsos. Biar dianggab NAKAL mungkin. Padahal yang dilakuin itu merusak kesenangan orang-orang yang belum ikutan, jadi kena spoiler kan.  Foto-foto/video di LUAR TROWONGAN boleh, tapi di DALAM, samasekali terlarang.

 

 

 

Jadi gimanaaaa, para penggemar wisata hantu, extreme, horor, you name it, tertarik ikutan???? Cuuuuus, mumpung masih buka 😉

251 tanggapan untuk “JKTGO HALLOWEEN NIGHT: TROWONGAN CASABLANKA DRIVE THRU”

  1. Diani Sekaring Sejati berkata:

    Ngantrinya lumayan juga 1 jam buat atraksi 6 menit, kayak antri Dufan 😀 aku yang penakut ini kayanya ga bakal sanggup ikut beginian, dulu waktu jurit malem aja aku teriaknya paling kenceng dan udah mau pingsan, ngeribetin orang lain banget dahh hahhaa. Oya drivernya juga gak boleh kagetan yaa, bayanginlah kalau drivernya itu aku lalu langsung histeris pas hantunya muncul 😀

    Duh sudah kuduga di dalam juga ada makhluk gaib beneran.. kayaknya emang aku ga bakal berani ke sini :))

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah kalo takut, mending rame2 mba. Ini enaknya kalo dlm mobil bisa sembunyi lah dibalik badan temen. Anakku sampe nutupin mukanya pake selimut kalo hantu2nya udh muncul. Tapi si bungsu malah semangat 😅😅.

  2. Sulis berkata:

    Aku takut liat ginian…bisa kebelet pipis tiba2 ntar. Pernah di karanganyar ada wisata model gini, tapi masuk ke gua

    Aku cuma jalan berapa meter…trus dengerin musik, ada lolongan serigala…lari balik lagi, nggak jadi😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha aku justru paling semangat mba 🤣. Bisa paling depan kalo ada wisata begini lagi hahahah. Masih ada ga Yaa wisata hantu yg dikarang anyar itu 😄. Mau ikutan

  3. Ursula Meta Rosarini berkata:

    Ahh Mba Fanny ini menarik banget sumpah, aku termasuk yg suka banget masuk rumah hantu kalau ada festival di mal2 gitu, tp syaratnya aku ga mau masuk sama orang yg penakut, ntr mreka triak2 dan itu hantu2 kesenengan, aku ga pernah triak kalau masuk rumah hantu, biar mreka ga kesenengan hahahha.

    Aku pengen bgt nih cuss tp ga punya mobil hahaha, kalau mau naik odong2 kasian si bayi, kalau cuma aku sama suami doang sih oke lah, pasti lebih seru naik odong2, bisa2 itu hantu nempel ampe pintu keluar wkwkwk.

    Aku ga punya sixth sense mba, tp seriusan, waktu jaman kuliah dulu aku masuk rumah hantu di salah satu mal di Purwokerto, aku masuk cuma berdua, aku liat ada hantu diem duduk dekat keranda arah pintu keluar, tapi temanku ga lihat, kami sampe debat dan ngitungin apa aja yg diliat dan dimana, emang bener, cuma itu hantu deket keranda yang ga diliat sama temanku, hantu2 yg lainnya klop sama2 kami lihat liat hahha.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku juga udah ngebayangin ini Bantu2 makin girang kali ya gangguin yg naik odong2 ,secara terbuka kan 🤣. Makin nempel mereka sampe kluar hahahahahah. Trus pesertanya pada histeris 🤣.

      Itu sereeem amat mbaaaaa . Mau bilang bukan hantu tp temen kok ga ngeliat yaaa. Aku sih jangan deh bisa melihat gini. Ga kuat mba. Liat hantu palsu ajalah 😄

  4. Jane Reggievia berkata:

    Baca laporannya Mba Fanny aja aku udah merinding disko, wkwkwk. Mana keren banget lagi mereka suruh pasang radio khusus yang didengar di dalam terowongan. Jadi inget waktu SMP-SMA, aku suka banget nyetel radio di malam hari sampai ketiduran. Sialnya, kalau subuh kebangun tuh radio punya segmen horor, alhasil aku kebangun sambil denger begituan ((begituan)) langsung trauma wkwkwk

    Soal bisa “lihat” hantu beneran, aku sekilas nonton testimoni pengunjung di Jktgo yang memang bisa “lihat” begituan, katanya banyak tapi iya “kalem*. Gila sih aku kayaknya gak kuat wkwkwk

    Tapi seruuuu. Mana anak-anak ikutan masuk astagaa. Kalian ini dari kecil udah dilatih sama mama biar kuat jalan-jalan ke mana pun yak 🤣

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah pastinya Jane, biar mereka bisa setrong dan ntr bisa diajakin yg extreme2 tiap traveling 🤣🤣.

      Aku tauuuuu radio yg suka siarin segmen horor. Zaman sekolah aku juga sering kaget pas kebangun ada acara gitu. Suara ngikik ATO apalah , bikin merinding aja 🤣🤣.

      Hayuuuk lah coba Jane Drive thru ini. Pake yg odong2 bisa makin ajojing mungkin tuh hantu 🤣🤣

  5. Nasirullah Sitam berkata:

    Idenya menarik ini, jadi selama pandemi masih bisa jalan dan berlangsung. Kebayang kalau kagetan dan di kendaraan ahahhahahah

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Awalnya aku emoh ikutan Halloween lagi pandemi. Tapi pas tahu Drive thru lhs semangat mas. Kan belum ada ceritanya pake mobil giniii 🤣

      • Nasirullah Sitam berkata:

        Hahahah, tetap aja riuh pas di dalam, mbak. Kepikiran kalau kaget dan teriak kencang. Sampingnya ikutan teriak bukan takut tapi kaget dengar teriakan kita hahahah

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Naah ituuu, serunya kalo ngajakin temen yg juga penakut, dia heboh jerit2, akunya jerit Krn kaget denger dia jerit 🤣🤣

  6. CREAMENO berkata:

    OMOOO, SERU BANGET mba Fanny 😍

    Saya tuh penakut, jadi kalau diajak ke tempat beginian sering berpikir, keingat juga jaman kecil pernah masuk rumah hantu yang di Taman Safari, ya ampun langsung kena mimpi buruk. Jadi kapok deh 😂

    Eh tapi berhubung hantu Korea dan hantu Indonesia itu beda jenisnya, kadang ada rasa ingin ajak si kesayangan experience lihat hantu Indonesia. Mungkin jika acaranya di Bali, saya akan coba booking terus nggak kasih tau si kesayangan kami akan pergi ke mana, biar kagetnya maksimal 😆 Wk.

    Thank you for sharing your experience, mbaaa 🥳

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Wkwkwkwkkw aku bayangin loh mba, muka si kesayangan pas tau diajak ke rumah hantu begini 🤣🤣. Duuh jangan sampe salah injak gas dan rem, ATO kalo rumah hantu biasa, bisa di tempel2 Ama hantunya 😅. Naah iyaaa hany Indonesia kan beda ya Ama hantu sana. Kali aja LBH serem dan bikin merinding 🤣. Walo kata bbrp orang asing, mereka ga takut kalo liat pocong, malah lucu 😅.

      Semoga sih acara ini bisa lanjut ke Bali juga 😄😄

  7. Evi berkata:

    Menurutku yang takut pada hantu, terowongan Casablanca, enggak banget deh. Kayak orang cari kerjaan hahahaha… Tapi aku menikmati tulisan Mbak Fan ini. Detail banget sampai-sampai serasa ikutan dalam terowongan yang gelap, terus tiba-tiba muncul hantu dari samping atau atas mobil hahahaha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha kalo penakut memang pasti serem mba. Apalagi itu hantu ya inisiatif banget buka pintu 🤣🤣. Tapi serunya Krn dlm mobil kan bisa sembunyi di badan temennya hahahaha

  8. Satria Salju berkata:

    Menarik mural atau lukisan hantu serta lainnya, Meski semuanya hanya berlokasi di Basemant Mall tetapi punya kesan tempat angkernya ada.😊😊

    Padahal tempat aslinya sekarang tidak terlalu seram yaa. Terkecuali dulu awal casablsnca belum dibangun jalan tol. Atau belum ada terowongan tol, kesan angkernya sangat berasa banget jika tinggal dikawasan tersebut.😊

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Oh jadi lebih serem zaman dulunya yaaa. Makanya pas skr ini aku lewat situ kayak biasa aja 🤣. ATO aku kurang malam lewatnya kali Yaa 😅

  9. Satria Salju berkata:

    Menarik memang mural serta lukisan berserta gambar seram lainnya. Yang mengkisahkan tentang terowongan Cassablanca.

    Meski cuma berada di Basement Mall namun karena malam hari jadi aura mistisnya terkesan ada. Meski datang siang haripun tetap sama.😊

    Meski pada aslinya terowongan Cassablanca sekarang ini tidak seseram yang dibayangkan. Meski dulunya memang tempat tersebut punya sejarah angker yang begitu luar biasa.😊

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku malah ga pernah aneh2 kalo lewat di Trowongan yg aslinya mas. Tp katanya seremnya kalo malam buta gitu kan Yaa 😄. Ntahlah… Aku LBH serem kalo liat menara Saidah yg Deket situ malah.

  10. Agus berkata:

    Wah, bacanya jam 10 malam, jadinya malah takut aku mbak.😱

    Ternyata acara Halloween ada juga di Indonesia ya, tepatnya di Jakarta, kirain aku cuma di luar negeri saja kayak Amerika.

    Kalo buat yang pemberani kayak mbak Fanny dan anak-anak malah senang ya ada acara beginian, tapi kalo aku mungkin baru mau masuk terowongan langsung putar balik.😂😂😂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Piyeee toh mas, kamu sering bikin cerita hantu, malah takut Ama begini 🤣🤣. Aku pikir kamu bakal berani loh hahahaha.

      .ga bisa puter balik kalo udh masuk 😅. Jadi harus lanjutin sampe selesai hahahah

      • Agus berkata:

        Kan cerita sama ngalamin langsung beda mbak.😂

        Sttt, bahkan sampai sekarang aku belum pernah masuk ke rumah hantu di pasar malam.🤣

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Kalo yg pasar malam aku juga belum pernah mas. Sebenernya aku malah jarang bangr masuk ke rumah hantu yg kayak Dufan dll yaaa. Ntah kenapa kalo kesitu malah males. Yg Drive thru ini aku mau Krn naik mobil 😄. Jadi ngerasa aman aja

  11. ariefpokto berkata:

    Duh sejujurnya Mbak Fanny, wisata horror dan sebagainya bukan favoritku, udah biasa liat horror sehari-hari. tapi salut sama kreativitasnya. Beneran bisa melihat peluang di kala pandemi. Selain menghibur juga menghasilkan cuan. Beneran jagoan deh ngidenya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku juga salut mas Ama orang2 yg kreatif gini. Adaaa aja ya idenya. Simple, tapi ga kepikir Ama org lain 😄👍🏿. Hebat sih, dan bisa dibuat menarik banget

  12. Roem Widianto berkata:

    Tadi gak sengaja lihat status FB Mbak Fanny tentang ini, dan aku langsung cus main ke blog dong, Mbak 🤭

    Ngomong-ngomong, ini unik banget. Wisata hantu-hantuan tapi drive thru. Bener kata Mbak Fanny, sekarang bukan cuma makanan yang bisa dibeli pakai drive thru, beli hantuphn juga bisa pakai drive thru. Tapi hantunya gak dibawa pulang kan, Mbak? Wkwkwkw. 🤣🤣🤣

    Itu si krucil berani banget. Aku masuk rumah hantu yang hantunya cuma berupa patung atau manekin aja gak berani. Lha ini hantunya orang yang bisa gerak dan nakut-nakutinnya lebih nyata gitu. Kalau aku sih kayaknya beneran gak berani. Hehehe.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha akupun takut kalo masuk rumah hantu yg kayak di themepark Roem. Tapi ini Krn di mobil mikirnya aman aja, Krn toh pintu ditutup 😄. Makanya LBH berani berasanya.

      Anak2 juga kalo diajak ke rumah hantu yg themepark, mungkin ga mau kali. Bisa histeris ntr di dalam hahahaha

  13. Siti nurjanah berkata:

    Oh..ini kegiatannya di basement moi aku mengira sebelumnya beneran cassablanca (tapi rada mustshil ya..aktivitas jalan dsitu kan lumayan padat)
    Aku pernah dengar sebelumnya ada yg ambulance drive thru. Tp ga tau di mana

    Oh iya yg klakson 3x aku pernah denger sih agak terkait sama mitos di terowongan cassablanca aslinya pernah nonton di liputan acara misteri

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Langsung kemacetan terjadi dari Utara ke Selatan mbaaa 🤣🤣🤣, kalo diadain di terowongan casablanka beneran hahahahah

  14. Avizena zen berkata:

    Akhirnya selesai baca karena penasaran wkwkkw.

    Sama kayak mb Eno, saya jg penakut. Walau misal dibayar utk masuk ginian ya ogah.

    Fylly ama adeknya keren ya berani banget.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku latih supaya berani dulu mba 😄. Kan ntr jadi temen maminya main yg ekstreme2 hahahaha

  15. Fira berkata:

    Baca pengalaman mba Fanny seru banget ya 😊. Tapi aku yang penakut gini, ngga bakal berani nyobain wisata kaya gini meskipun tiket tergolong murah meriah. Aku udah kagetan, penakut, suka jerit2..yang ada di dalam ntar pingsan hahaha.

    Tapi idenya menarik bangettt ya mba, ada wisata horor drive thru begini. Bisa buat pilihan kalau bosen ngemall lagi ngemall lagi.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah yg ikutan bareng mba, histeris juga, tapi Krn kaget denger jeritan mba Fira yaaa 🤣😅. Tapi itu jadi seru sih mba, jadi suasana horornya makin dapet hahahah

  16. Andy berkata:

    Wah jadi ngeri, emang sih terowongan Casablanca terkenal dengan ke angkeran nya, sampe di buat film layar lebar ya kak. Sebenarnya sudah jarang ada wisata hantu seperti ini, dulu di kampung ku ada yang nama nya pasar malam dan disitu ada yang namanya rumah hantu sama seperti hal nya memasuki wahana lainnya dengan membeli tiket, tapi sekarang sudah tidak ada lagi.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaa aku sering tuh denger kalo di pasar malam ada rumah hantu biasanya. Tapi malah yg begitu aku blm pernah masuk mas hahahahha. Biasa LBH serem loh. Ini aku mau masuk, Krn kan pake mobil, LBH terlindung hahahahah

    • Ariefpokto berkata:

      Kalau drive through gini sopirnya mesti tabah Dan ga kagetan ya. Soalnya kalau latah atau penakut bisa salah pijek rem sama gas

  17. Bang Day berkata:

    Keren jg konsepnya dgn drive thru ya cmn ya seperti kata mb Nila, jgn sampe drivernya kagetan bisa numbuk mobil depan hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bukan nabrak mobil depan mas. Kalo itu ga bakal ketemu, Krn semua mobil 1-1 yg masuk. Mobil di depan udh kluar, baru kita boleh masuk. Yg ditakutin nabrak si hantu ato properti 🤣

  18. Nur Asiyah berkata:

    Duh, kalau aku mundur alon aja wes. Soalnya aku penakut. Yang ada malah ngerepotin orang yang bareng aku, hehe. Tapi nuansa horror kyak gitu memang banyak peminatnya lo. Apalagi ini inovasi menarik, bisa drive thru. Keren.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beneeer mba. Masih banyak soalnya penyuka wisata serem begini. Biar kata banyak yg ngaku penakut, tapi tetep aja diajak mau ikutan hahahaha. Makanya wisata horor masih laku di sini

      • Nur Asiyah berkata:

        Kalau saya asli penakut kak. Nonton di YT macam jurnalisa atau nadia amora aja masih suka skip-skip. Apalagi kalau model begitu. Mending turun mobil dari awal, enggak ikut masuk, hehe.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Aku Krn sukaaaa mba Ama segala sesuatu yg ga biasa 😁. Jadi makin serem, aku pasti ikutan wkwkwkwk

  19. Tika berkata:

    Hahaha ini mah rumah hantu ala pandemi, segala drive thru. Tapi keren banget sih totalitasnya, salut ide sama eksekusinya. Halloween night jadi inget lagunya jkt48

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyeees ide dan semuanya keren sih. Salut, dan acaranya bikin antusias pengunjung juga rameee 😄👍🏿

    • Sandra Hamidah berkata:

      Aduh mba Fanny kalo nulis suka lucu deh tapi jujur aku merem aja di rumah hantu trans studio lol apalagi ini odong2 ya ampuuuun mending naik bandros aja keliling Bandung hehehe

      • Fanny Fristhika Nila berkata:

        Wkwkwkwk yg naik odong2 aku juga males mba. Pasti dicolek2 atao dikagetin dari jarak Deket 🤣. Beneer dah, mnding naik Bandros 😄

  20. tukang jalan jajan berkata:

    seru banget ya kak, adrenalin seperti membara dan siap untuk membakar semangat menembus terowongan kasablanca. semoga ngga ada lagi deh yang spoiler. merugikan yang punya hajat dan orang yang belum dateng!

  21. Dawiah berkata:

    Ampuuun mbak Fanny!
    Saya tidak mau ikut. Walaupun saya berani dan yakin kalau itu hanya hantu-hantuan tetapi takut saja dengan jantung saya. Kalau tiba-tiba muncul di tempat gelap dan teriak-teriak bisa-bisa jantungku copot karena kaget, bukan takut loh. hahaha tetep.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha iya sih mba, ini cendrung ngagetin soalnya, kalo takut akupun ga takut. Tapi kaget iya 😅. Cuma memang disitu serunya hahahaha. Udah lama sih ga ketemu yg ekstreme gini 🤣

      • Dawiah berkata:

        Nah itu dia maksudnya, kaget.
        Kalau dulu sih waktu seumuran mbak Fanny saya masih berani menantang diri, misalnya nonton film horor atau ke tempat-tempat “menakutkan” seperti di Terowongan Casablanka ini.
        Tapi seiring dengan bertambahnya usia, rasa takut dengan jantung yg berdetak keras itu semakin perlu dijaga.
        Mungkin faktor U kali ya. Semakin tua semakin takut mati karena sadar diri dengan dosa-dosa masa lalu, hahaha.

        Btw, saya suka dengan tulisan ini serasa mengalami sendiri dan ikut merasakan sensasi kagetnya.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Hahahahah, memang jangan dipaksain mba 😁. Kita yg paling tahu kondisi tubuh sendiri. Akupun kalo seandainya jantung ga kuat, udah pasti ga bakal mau main begini 😄. Konyol yg ada kalo sampe kenapa2. Tengkiuuu mba dawiah, bikin makin semangat nulis trus nih 😘

  22. Sabda Awal berkata:

    si krucil-krucil semangat, malah berani banget. diminta pasang lampu hazard tapi mbak tolak karena melihat krucil siap nih buat uji nyali, wuahahah… untuk antrian lumayan juga ya, 1 jam-an, sementara durasi twerowongan cuma 6 menit.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beneran kayak antri Dufan deh 😁. Lama di antri hahahaha. Iyaaa anak2 ini udh ketularan emaknya sih mas, suka yg serem2 dan ekstreme 🤣

  23. thya berkata:

    yeaaayyy, akhirnya baca review ini juga setelah dibuat pinisirin sama postingan2 mba fanny di IG. ku sedih ternyata gak bisa beli tiket on the spot yaaa? huhu..

    Kebayang banget sih serunya kayak apa disana. Tapi big no sih aku kalo disuruh naik odong2, pasti jail-jail banget hantunya. wkwkwk..

    Btw, aku kok malah ngebayangi kalo drivernya kagetan ya? wkwkwk.. bukannya ngerem malah ngegas, kejungkel dah setannya.. wkwkwk..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Makanya para setan ga pernah muncul dr depan mba. Mungkin udah diwanti2 bahayanya juga, takut drivernya kagetan, trus hantunya ketabrak 😄. Mereka si hantu selalu muncul di samping

  24. Mita berkata:

    Ini tuh seliweran terus di feed aku, penasaran sih, tapi sekarang aku tuh mulai cemen, Kak. Dulu anteng banget nonton horor sekarang kayak gampang kagetan jadi gak kuat kayaknya kalo ditakut2in wkwkwkwk. Pengalamannya seru sih, terus konsep Drive Thru rumah hantu gini seru, Kak.

    Ta-tapi, Kak, di sana hantu2an semua kan? Gak ada hantu beneran yang ikut nampakin diri? #eh

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Wkwkwkwkw yg beneran aku ga bakal bisa liat mba 🤣. Jgn sampe dah numpang juga di mobil 😅.

      Msh mending nih kalo Drive thru gini, jadi g serem2 amat Krn hantunya di luar 😁. Ikutan begini sbnrnya aku LBH ke kagetan sih drpd takut.

  25. Marfa berkata:

    ya ampun aku baca blogpostnya Mba Fanny aja sereem wkwkkw harus ramai nih di mobil kalau misal mau ke siniii wkwk abisannya aku lebih suka kagetaan dari pada takutnyaa XD

    ini yg punya indra keenam sopo, Mbak Fan kaaah? wkwkkw. Ngakak pas baca yg heboh hantu palsunya, lah iya siiih wkwkw. Beneran niat yah, ada serta saluran radio khususnya 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Asistenku bisa mba 🤣. Iya samaaa, aku juga lebih ke kaget drpd takut. Mungkin Krn dr awal aku udh tau ini palsu 😄, jadi ga takut. Tapi kaget Krn mereka muncul mendadak hahahah

  26. Si Bayuu berkata:

    Nahh iya,, awalnya aku smpet bertanya2 kalau ini nih nyetir sndiri atau disetirin.. secara kalau nyetir sndiri terus kaget ehh tau2 injek gas kan nggak lucu ya.. wkwk 🤣

    Btw, meskipun nggk ada gambar.. aku tetep seru bacanya. Gaya penulisan Mba Fanny bikin aku ngebayangin banget di kaca ada yg nempel 😂 auto teriak kayanya aku.. wkwkw.

    Secara orangnya kagetan..

    Ahh jadi pengen.. tapi sepertinya nggk bakalan dpet kesempatan buat ikutan acaranya.. hehe.

    Btw para krucil beranian ihh. Hebattt… kalau naik odong2 pasti lebih seru lagi 😆 disergap langsung sama huntunya.. 😅

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo yg oding2 kayaknya aku ga mau sih. Yg pertama itu penumpang lain pasti heboh jejeritan, dan itu bikin aku pusing 🤣🤣. Kecuali yg ikutan dalam 1 odong2 semua dikenal tak 😄. Trus si hantunya pasti nempel ga brenti hahahaha.

      Seru sih bay. Sayang kalian bertiga ga bisa ikutan ini. 😁. Tapi memang kalo ada temen yg patahan, ato penakut ini LBH seru, denger jeritan dia 😄

  27. Jalan-Jalan KeNai berkata:

    Kayaknya baru di postingan Mbak Fani deh saya baca himbauan supaya driver jangan kagetan. Karena di IG, saya suka lihat banyak netizen yang bertanya ttg ini. Tapi, kayaknya saya belum menemukan jawaban. Padahal penting banget sih ini. Karena memang bisa berbahaya kalau kagetan.

    Saya pribadi cukup baca di sini aja, deh. Gak bakal berani. Meskipun kalau pakai mobil sendiri bisa kunci pitu, tutup jendela, dan tutup mata pakai selimut. Pakai mobil aja gak berani, apalagi naim odong-odong. Kayaknya saya bisa pingsan hahaha!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Mobilnya iu masuk 1-1 sbnrnya. Pas aku masuk aja, di depan itu udah ga ada mobil yg tadinya di depanku. Jadi memang ga bakal nabrak mobil depan sih. Tapi ditakutin nabrak properti 🤣🤣. Ato amit2 nbrak hantunya 😅. Makanya ttp ga bisa kagetan dan skill refleks hrs kuat

  28. lendyagassi berkata:

    Hadjuuh, kak Fan…
    Aku paling jiper sama hantu-hantuan begini. Kaya pas mau main satu wahana yang dinaikin…terus diturunin dengan cepet di Ancol itu, kak Fan..

    Itu harus masuk dan ditakut-takutin dulu. Dan yang sebel, pas masuk di wahana itu, suamiku gak mau ikut. AKhirnya aku kenalan sama orang dan minta bareng.

    Sungguhan yaa..mekapnya ini menyeramkan.
    Mana suaranya juga…

    **kalo cuma nonton film horor, kuat akutu..
    Apalagi Terowongan Casablanca ada true story-nya juga yaa..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Permainan space shot ato histeria di Dufan yaaaa hahahaha. Tapi aku mah suka semua permainan yg ekstreme termasuk yg horor mba 🤣. Rasanya lgs adrenalin terpacu . Trus semangat lgs berasa 😄. Yg tadinya jenuh, jadi seger lagi pikiran hahahaha. Makanya yg begini obatku banget selama pandemi ga bisa traveling jauh.

  29. Ranny berkata:

    Aku salut nih makin kreatif ya bikin event ginian 😀 sebagai bukan pecinta horor, aku cukup membaca tulisanmu Fan dan udah bisa membayangkan hihihi 6 menit saja tapi udah dikagetin gitu biar nggak takut hantu tapi bagiku cukup bikin takut juga.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Anakku yg pertama lebih penakut drpd adeknya, jadi kebanyakan di mobil akhirnya dia milih nutupin mukanya pake selimut biar ga ngeliat hantu2nya ran 🤣. Ga kebawa mimpi dia bilang hahahah

  30. Mugniar berkata:

    Yaah padahal pengen lihat foto di dalam terowongan hihi.
    Terus anak2 Mbak Fanny bilang apa ttg terowongan Casablanka?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ga boleh mba. Tp Krn acara ini udah selesai, kalo mau liat hantunya, bisa cek di IG jktgo 😘

  31. Eka Murti berkata:

    Ini sebenarnya kayak rumah hantu versi Drive thru yak, kalau naik mobil sendirian lumayan ngeri pas gelap…

    Padahal ya aku biasa lewat terowongan Casablanca tengah malam pun sendirian biasa aja lho ga ada yg aneh2.. hehehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Itulaah, aku juga sering dulu lewat Itu jembatan, Alhamdulillah ga pernah liat penampakan juga mba 😄

  32. Resky berkata:

    Eh keren banget baru tau kalau ada yang kayak gini, tapi sayang jauh dari kota aku hahahah
    Hebat banget anaknya engga penakut, kalau anakku kebiasaan dilihatin langsung malemnya malah nangis nangis pas tidur 🤦

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hihihi anak2 malah penasaran mungkin Krn udah terbiasa ngeliatin maminya nonton horor dan segala macam mba 😄. Malah penasaran mereka jadinya.

  33. Resky berkata:

    Baru tau kalau ada yang kayak gini, tapi sayang jauh dari kota aku hahahah
    Hebat banget anaknya engga penakut, kalau anakku kebiasaan dilihatin langsung malemnya malah nangis nangis pas tidur 🤦

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Tapi pada akhirnya si Kaka nutupin muka pake selimut sih, supaya ga kebawa mimpi dia bilang 😁

  34. Zam berkata:

    ku penasaran, itu nyetirnya di kecepatan berapa? gas bentar berenti, gas berenti, kayak pas macet gitu?

    ide untuk muter radio di 93.00 FM ini brilian sekali, bisa menambah mencekam suasana

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya mas, apalagi kalo muncul si hantu, sengaja dipelanin Ama suamiku 😁😄. Biar kami bisa liat bentuknya gimana hahahahhaha. Ga bisa ngebut yg pasti, lah wong gelap bangettttt hahahah

  35. Ria berkata:

    hoahahahha, aku inget ada kerabat dari luar Jakarta yang minta dianterin ke terowongan Casablanca & jelas ditolak mentah2… Satu, skrg mah udah rame kaleee… dua, maap2 aja bela2in malem2 ke terowongan nunggu setan… mending nunggu tukang sate…
    Aku sebenarnya mupeng sih ke sini, tp gak ada temennya… dan ogah ah jerit2an sm orang2 gak dikenal di odong2… Gak nyangka serame itu orang hobi ditakut2in smp sold out terus tiketnya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ohh kalo disuruh ke trowongannya beneran aku juga emoh, hanya utk nungguin mba wkwkwkwkwkwk, kecuali lewat doang yaaa 🤣. Naah ituuu, aku ga mau yg odong2 selain males hantunya nempel2, aku juga ga mau gabung ama org lain yg aku ga kenal. Lagi pandemi gini🤣. Makanya LBH aman mobil deh

  36. Kestrel berkata:

    Trowongan Casablanka is tooo scary for me. They have painted the “hantu” very realistic. I am surprised that Halloween is celebrated in Indonesia but why not, it has become an international festival. Halloween is not a big thing here at all

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      It’s true … There are quite many international events which are celebrated in Indonesia too, including this Halloween 😁. Me personally hanya ingin ikut merasakan vibe nya. Seruuu sih 😄

  37. herva yulyanti berkata:

    idenya creative banget ya mba Fan, dan aku mendingan naik mobil sendiri daripada naik odong2 amit2 nanti yang asli ngikut juga wkwkkwih seremmm..

    tapi dengan harga 50k masih terjangkau ya mba bisa seseruan bareng2 kayaknya lebih seru sama temeen2 pastinya beda reaksinya kalau sama keluarga

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaa mba, sayangnya temen2ku selain gavada yg berani, sekalinya ada yg berani, tapi orangnya udah ga di Jakarta 🤣. Jadi mau ga mau Ama kluarga sampe anak2 aku tarikin ikut😄

  38. Reffi berkata:

    Yang kutakutin bukan hantu palsunya, tapi para hantu asli yang mendekat walau diem aja wkwk Sebagai manusia yang kadang ketemu versi beneran, kayanya perlu siap lahir batin sebelum masuk 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naah ituuuu, yg bisa melihat begini, rata2 yg ditakutin yg asli. Kalo yg palsu mah heboh doang bawaannya hahahah

  39. Akarui Cha berkata:

    Kayaknya diminta klakson 3 kali buat ijin lewat deh Mba. Kan katanya tuh kalo lewat tempat yang banyak dedemit nakalnya (mitosnya sih ini) harus klakson 3 kali.

    Yaaahhh ternyata di MOI. Kirain di Jaksel huhu.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Semoga tahun depan diadain di Jaksel Yaa 😁. Sesekali diadain di Utara , biar LBH Deket Ama aku yg di timur ini. Sejak pindah ke timur, berkurang jauh ini acara kulineran dan seseruanku 😄. Dulu pas masih kos di Jaksel, LBH seru memang. LBH banyaj hiburan

  40. Rudi Apriadi berkata:

    Berarti yg muncul kek hantu-hantu di parkiran dong ya, soalnya pake mobil kan menelusuri rumah hantunya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hantu di parkiran yg Scream itu? LBH serem mas. LBH banyak lagi yg di dalam. Cuma ga boleh difoto aja

  41. Mei Daema berkata:

    wah saya baru tahu mba Fan kalau di terowongan Casablanca ada ini, seru banget ya buat pecinta horor ini bisa datang ke sini, aman ya bawa anak-anak juga mba Fan? btw masih affordable lah ya harganya 50k, wajib cobain ke sana, eh PPKM begini dibuka juga kah mba Fan?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Amaaan mba, apalagi kan di mobil. Sampe 12 Dec kemarin trakhir. Mereka bilang bakal bikin yg lebih seru THN depannya 😄

  42. Syarifani berkata:

    Aku sempet lihat IG Storynya di IG mba Fanny.
    Rame banget antrian mobilnya, banyak pecinta horror yang kangen masuk rumah hantu sepertinya. Wkwk
    Makin seru naik odong-odong perlu dicoba lagi tuh mba Fan sensasinya, siapa tahu si hantu ikutan naik odong-odong juga. Lebih seru lagi masuk di terowongan cassablanca aslinya, kaya di filmnya.
    Jadi kangen masuk rumah hantu, terus milih jalan keluar sebelah mana. Kalau salah bakal ketemu para hantuu.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku ga mau naik yg odong2 ya karena itu mba, malas dicolek2 si hantu 🤣🤣. LBH scary ituuu. Mending mobil aja deh, biar lebih aman hahahaha.

      Ga nyangka yaaa yg suka wisata horor gitu ruameeee, Ampe sold out Mulu. Memang ini orang2 , ngakunya penakut, tapi ttp aja didatangin hahahaha

  43. Khanif berkata:

    karna aku ga orang jkt jadi ga tau sejarah trowongan casablanca :D.. oh jadi dulunya kuburan ya, agak serem sih paati emang 😀

    wkwkwk kalo hantu2an gini sih gak takut, karna pada dasarnya udah tau kalo itu boongan 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaa dulunya kuburan massal nif 😁. Tapi kalo lewat di Trowongan yg asli aku mah biasa aja yaaa, ga pernah Nemu yg aneh2 😄. Atau mungkin Krn aku ga bisa ngeliat kali Yaa 😁

  44. dea merina berkata:

    tiwas aku sudah menanti foto penampakan di dalam mbak Faaannn ternyata emang gaboleh moto yaaa

    btw awalnya aku kira ditakut2in di area yang terang2 itu sih
    makanya tadi jadi bingung, “lha kalo terang gini apa serunya?”
    eeeh nggak tahunya ada area tersendiriii haha

    kalo aku sih…nggak tertarik karena takutt haha
    meski tahu itu bohongan aduh males deh daripada-daripada yakan 🤣
    tapi kayaknya ini emang nuiat banget ya kalo diliat dari dekornyaa
    dan nggak kebayang kalo naik odong-odong malah disebelahin dan dipegang-pegang sama mbak kunti dkk
    duuhh udah nangeesss aku kayaknyaaa :’

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha makanya aku ga mau naik yg odong2 mba. Mobil aja lebih aman 😄.

      Tapi karena acaranya udah selesai, di Ig jktgo udah mulai dinampakin hantu2nya mba, bisa dilihat di sana 😘. Seruuuu sih ini. Aku berharap THN depan mereka bisa bikin yg lebih seru lagi 😄

  45. fajar herlambang berkata:

    hem, bisa jadi inspirasi ni untuk tempat tempat seram di pulau belitung, wisata horor

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hayuuuk bikin mas 😁. Seruu tuh kalo di sana ada acara wisata horor gini :D. Orang2 Indonesia ini walo kadang penakut, tapi masih penasaran Ama hantu2an 🤣

      • fajar herlambang berkata:

        Iya sih mbak. Walau takut tapi rasa penasaran mengalahkan segalanya. Mental wakanda.
        Semoga aj ad yg mau buka tempat kayak itu disini mbak.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Aaamiiin, biar ada wisata yg lain di sana mas 😅. Naah ituuu, aku kalo udah penasaran, LGS semangat mau nyobain 😁

  46. Nurul Sufitri berkata:

    Wah, kudu klakson 3x masih jadi misteri hihihi 🙂 Seru amat anak2 mbak Fanny, malah udah niat kayaknya berani hahaha 🙂 Sayang banget mbak kelupaan bawa kacamata jadi ga jeas deh lihat hantu2nya. Salut sama event beginian, Halloween night trowongan casablanka drive thru bakalan kapan lagi diadakan nih? Aku ga tau loh, kudet bener wkwkwkwkw. Kapan2 colek aku dong kalau ada lagi yach.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Udah berakhir 12 Des kemarin, tapi mereka bilang bakal bikin yg lebih seru tahun depan 😄. Aku pasti mau ikut lagiiiii kalo memang LBH seru hahaha.

      • Nurul Sufitri berkata:

        Kira2 tahun ini bakalan diadain lagi ga yach? Kepengen ikutan juga sih. Bisa teriak rame2 sama anak2 hahahah 😀 Relaksasi… Bisa bobo nyenyak ga ya pas pulang? Keingetan setan2nya wkwkwkwk 🙂

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Skr sedang ada di Jogja mba. Jadi memang pindah2 kota..kalo kebetulan di Jogja, mendinga dicobain di sana 😉

  47. Andrie k berkata:

    Wahh hantu aslinya gak ada yang ikut berpartisipasi yaa, apa mungkin shift hantu boongannya udah penuh jadi hantu aslinya gak kebagian tempat buat nakut-nakutin.. Tapi sayangnya cuma mobil aja yaa, belum bisa motor ataupun ada yang pengen uji nyali jalan kaki berduaan sama doi menantang wkwk..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yg asli kali aja udah nyelinap duduk di mobil mas 🤣🤣. Bagi yg bisa melihat, hahahaha.

      Eh baguus tuh idenya, harusnya bisa jalan kaki, pasti LBH serem auranya hahahaha

  48. ghina berkata:

    mba fan, OMG itu pas pintu kebuka si hantu ngapain mbak? nakutin doank apa teriak-teriak gitu mbak?

    nggak kebayang sih itu spot jantungnya kek apa, ya ampun aku ini agak penakut belakangan ini, bahkan sama cerita dari novel aja kebayang-bayang mulu suka kebawa mimpi

    tapi terheran-heran juga ya, kayak gitu yang cuma 6 menit doank aja tiketnya sold mulu yaa. Ada aja kreativitas dari jktgo ini. keren keren

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo yg pas buka pintu, nakutin doang mba, berdiri, tapi liat topengnya yg meringis gitu kan serem yaaa 🤣🤣.

      Ada beberapa yg teriak2, tapi Krn ga bisa buka pintu, jadi ga terlalu takut kaminya hahahaha

      Kreatif memang, dan sampe hari trakhir laku keras ini 😁. Berharap tahun depan konsepnya lebih seru.

  49. Rudi Chandra berkata:

    Baru pernah masuk rumah hantu doang sih, dan itu bukan pengalaman yang menyenangkan, karena ditabrak pengunjung yang kabur dari pocong, padahal saya lagi ngobrol ama suster ngesot.

    Tapi lebih seru pake mobil gini sih, nggak bakal ada insiden kayak gitu.

  50. Reyne Raea berkata:

    Saya taunya Casablanka itu film kayaknya Mba, wakakakak.
    Untuk yang horor-horor gini, terakhir kali masuk, 12 tahun lalu, sebelom punya anak 😀
    Setelah punya anak, ogah!
    Jangankan hantu-hantu, yang wahana middle extreem aja nggak mau.
    Udah ga mampu jantungnya takut liat hantu wakakak.

    Yang penting rame-rame sih ya, apalagi di mobil, kayaknya masih bisa diatasi, kalau takut kan tinggal tutup mata ya 😀

    Yang serem tuh kalau kita jalan, udah takut masih kudu jalan cari jalan, luar biasaaa pengen ompol hahahaha.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ada sih filmnya memang 😄. Walo aku ga pernah nonton juga.

      Naaah kalo naik mobil gini sebenernya sih lebih ga serem, Krn toh kita bisa tutup mata, apalagi kalo bukan drivernya 🤣. Sementara yg masuk jalan kaki, baru deh diganggu abis biasanya 😄. Aku sekali yg rumah hantu begitu, tapi sereeeeem. Jadi males aja kalo hantunya pada cupu 😄

  51. Khairunnisa Ast berkata:

    Saya baca artikelnya doang. Meski diberi kesempatan, sepertinya saya pilih ogah. Nonton di layar aja saya takut, apalagi cuma terhalang kaca mobil. Ngga deh.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha, tapi enaknya kalo naik mobil, bisa tutup mata mba. Kalo yg jalan kaki masuk ke dalam, dikejar2 ntr 🤣

  52. Ulfah Aulia berkata:

    Ngebayanginnya aja pasti seram banget nih mba, tapi bagus loh drive thru mba biar gak terlalu dekat sama hantunya gitu… Aku pernah loh ikut masuk rumah hantu juga mba, benar2 ketakutan pas masuk aja ada udah lihat mereka bergantungan dan ngagetin kmi, trus di samping kiri kanan ada mereka plus suara” gitu bikin merinding… Tapi cukup sekali mencobanya mba, abis itu aku gak berani lagi… Etapi kalau ada yg drive thru gini aku nau coba deh, seru kayaknya nih,ya mba, hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Makanyaaa, yg ini LBH aman mbaaa 🤣🤣. Kalo takut ya tinggal kunci pintu trus tutup mata. Kalo yg beneran masuk ke dalam, kan kdg ditempel2, dicolek, dikejar 🤣🤣. LBH serem itu sih 😅

  53. Vicky Cahyagi berkata:

    Wah saya belum pernah ke sana. Inovasi konsep wahana horor di era pandemi. Bisa jadi ini nanti akan ada yang meniru di kota lain. Prokes pun lebih bisa dikendalikan. Lalu suara mencekam bisa dibantu suara radio mobil. Thx review-nya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beneer mas. Justru Krn bisa naik mobil sendiri, aku mau ikutan ini. Jadi ga harus nyentuh2 hantunya. Lagi pandemi gini kan LBH riskan kalo terlalu Deket Ama si hantu 🤣

  54. Farah Salsabila berkata:

    kak fannnn 😆, aku rasa entahlah mau ke tempat ini atau nggak 😆
    tapi baca reviewnya kok malah jadi lucu ya tempat nya 😆

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Uniiiiik kaaan. baru kali ini far rumah hantu pake sistem naik mobil hahahah. Kalo pasangan suka yg serem2, ajakin kesini aja 😄

  55. Rahman Kamal berkata:

    Seems like seru banget nih, gk kebayang pengalaman horor tapi dikemas dalam bentuk drive thru, thrill but fun banget pasti

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bangeeet mas. Seruuuu Krn unik. Baru kali ini kan rumah hantu bisa naik mobil. Konsepnya keren 😄

  56. Rahman berkata:

    Memarik sekali, tpi lumayan tuh 50 rn cuma dapet 6 menit doang

  57. Syifana Priliana berkata:

    Omaayygaadd Kak Fanny, itu serius para krucils Kak Fanny gak ada takutnya sama sekali??? 🤣🤣🤣 Gilee daahh berani bangett… 😫

    Dulu pas masi kecil aja pernah tuh nonton film tali pocong perawan, keingetnya sampek gede hahaha 😫 dan kalo drive thru gitu aku baru pertama denger hahaha 🤣 apalagi wisata horor kek gini, bbbeuhhh 🤣

    Kayaknya aku sih ga bakalan mau ya naik odong-odong, bisa” copot jantungku hahahah 🤣🤣🤣

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha biar aku latih dari sekarang mbaaa, jadi ntr bisa nemenin emaknya naik yg LBH ekstreme, kayak rollercoaster dan bungy jumping 🤣.

      Aku juga emooooh naik odong2, soalnya sereeem kalo sampe si hantu semangat banget nakutinnya hahahah

  58. Liii berkata:

    Wahhh Kak Fanny masuk ke sini!! Wkwkwk. Aku sering lihat tapi maaf kami anaknya penakut dan kagetan jadi nggak berani masuk ke dalam 🤣 Si Prikitiew nggak mau karena lebih takut reflek kaget dan injak gas, jadi menurut dia bahaya kalau ingin masuk ke dalam 😂. Kalau disuruh naik odong-odongnya, fix aku juga nggak mau karena nanti bisa dipegang-pegang 🤣. Kalau dipikir-pikir kayaknya anak-anak Kak Fanny jauh lebih pemberani daripada aku 🤣. Di dalam terowongan waktu masuk ke wahana itu ada mobil lain di depan atau sendiri-sendiri masuknya, Kak?
    Btw, kayaknya harus klakson 3x itu lebih karena legenda Terowongan Casablanka yang katanya kalau klakson 3x di dalam terowongan bisa manggil hantunya. Jadi mungkin biar feelnya lebih dapat aja? Wkwk

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yailaaaah supaya hantunya muncul yaaa, kirain supaya hantunya minggiiiir 🤣🤣🤣🤣. Langsung ketempelan kurasa si velove 😄

      Masuknya 1-1 Li. Jadiiii mobil ku baru bisa masuk kalo yg di depan udah kluar. mungkin supaya ga nabrak sih Yaa, takutnya yg dibelakang panik, treus ngegas 🤣.

      Iyaa sih, aku juga ga saranin kalo pada kagetan. Krn pasti refleks ntr. Bahaya… Cuma bagi temen2ku yg suka begini, wajib sih, unik dan beda soalnyaaa 😅. Kapan lagi Yee kaaaan bisa liat hantu sambil naik mobil hahahahah. Udah kayak di taman safari , bedanya ini genderuwo dkk, bukan singa harimau 😄

  59. Rere Anngraini berkata:

    ih asik banget ini mbak, jadi keinget pengalaman pertama ke puri hantu, di mana di situ tuh naik kereta gitu jadi pengalamannya mirip sama naik mobil, agak ribet kalo jalan terus nyenter-nyenter tiba tiba dikagetin 😀 sayang banget yahh adanya cuma di MOI aja, siapa tau next year bakal ada event serupa di kota lain, kayanya asik banget.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Puri hantu diadainnya di mana mba? Kok kyaknya seruuu 😁. Aku tuh selalu sukaaa wisata unik, apalagi seram beginiiuu. Bikin naikin adrenalin, jadi ga bosen 🤣

  60. Yonal Regen berkata:

    Ngomongin terowongan casablanca jadi inget dulu waktu ngerjain proyek Oakwood apartment di mega kuningan. Waktu belum ngerti itu terkenal seram, kaya aneh maen ke depan ambasador jam 11an malam tapi koq sepi banget, eh baru di kasih tau temen kalau emang wilayah itu adalah ‘Jakarta Sepi’ karena jarangnya yang berani lewat ke terowongan casablanca nya. Serasa aneh gitu, ada wilayah jakarta yang jam 11 udah sepi

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku malah tiap lewat di Trowongan itu walopun malam, biasa aja mas. Malah kadang lupa yg dilewatin tempat angker hahahaha

      Mungkin bagi yg bisa melihat, baru berasa auranya beda yaaa

      • Indah ND berkata:

        Wah, seru banget mbak. Kayaknya anak2ku bakal suka. Tapi suamiku nggak hahaha. Jadi ga bakalan ikut kalau ada acara begituan. Baca cerita mbak sudah cukup mwnghibur banget.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Apalagi kalo suami yg ngemudiin mobil ya mba, bisa kaget2 liatnya hahahha. Makanya memang harus mastiin dia ga kagetan dan ga takut 😄. Semoga tahun depan ada lagi dengan konsep beda mba 🙂

  61. Ririn Wandes Melalak Cantik berkata:

    Mural-muralnya pun sudah cukup menyeramkan kakak,bagiku yang memang tidak berani lihat beginian lumayan horor lah. Dulu tuh jaman masih SMA sempat ada filmnya juga yang berjudul Terowongan Casablanca ini. Diajakin teman nontoh tentu gak berani,cuma lihat review singkat doank udah gak mau nonton. Tetapi mode drive thru gini kayaknya seru ya,kalo takut tutup mata atau kalo duduk di bangku belakang langsung sembunyi aja ke bawah,ahahhah

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Eh iyaaa ada film nya dulu. Tapi kalo horor Indonesia aku males nonton Rin, yg udah2 lebih banyak pamer body drpd seremnya 🤣🤣🤣. Kan males yeee.

      Makanya aku lebih suka datangin wahananya gini ajalah. Lebih berasa feel seremnya 😄

  62. Retnawati Mohd Yusof berkata:

    aduhhhh Fan… kalo kakak mau pengsan ni! hahahah..
    sedangkan rumah hantu pun seriau mau masuk, inikan pula tgk hantu drive thru :p
    mau gugur jantungku kalo hantu main sergah2 gitu..

    tapi anak-anak kamu memang berani ya! salute sama mereka 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha yg drive thru gini msh mending kak. Pintu bisa ditutup, tak payah pegang mereka 🤣. Daripada rumah hantu di themepark, lebih berdebar jantung. Belum kalo mereka Jakut nakutin depan mata hahahaha

  63. ainun berkata:

    aku ngebayangin nonton ini sama temen temen aku, yang ada ketawa ngakak tapi takut
    kadang aku nya diem,ehh temenku rame, jadinya aku ketawa-tawa bukannya takut

    ini seruuu, berarti hantunya waktu itu buka pintu sendiri, iseng gitu ya, kalau pas ga dikunci otomatis kaget, kalau kekunci masih aman jantung.
    asli niat banget ini, asli seru juga, sampe hantunya niat ngikutin mobil dari sisi samping atau belakang

    6 menit termasuk cepet ga ya, soalnya kalau masuk ke rumah hantu, meskipun bentar keliatannya, tapi rasanya kok lama mau nyampe pintu keluar hahaha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Udah pas waktunya mba. Apalagi jalannya kan juga ga bisa ngebut. Prop yang dipake juga niat bangettt bikin suasana makin serem.

      Aku lebih suka Drive thru gini sih. Soalnya ga usah bersentuhan Ama si hantu iseng 🤣

  64. Cipu berkata:

    Wah ini kok seru ya, hahahah. Idenya kreatif dan sepertinya banyak yang ikutan. Temanya lokal dan dieksekusi secara profesional. Boleh kalau ada info tahun depan lagi mbak

  65. Noa berkata:

    Uwoo keren banget kak! Kok bisa nemu aja acara-acara yang kreatif semacam ini. Biasanya carinya dimana ya?
    Bagus menghibur sekali pasti.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Dari IG mba. Biasanya yg masuk ke Explorer. Atau kadang suamiku yg sering nemuin 🤣. Trus forward ke aku. Tapi kalo yg Drive thru hantu ini aku taunya dari IG sih memang

  66. Azhafizah Md Nor berkata:

    Casablanca pernah dengar tapi tak tahu detailsnya. Baru tahu tempatnya seram begini. Pertama kali jugak tengok drive thru tempat seram. Ambient dia pun dah menyeramkan apatah lagi masuk dalam terowong tu. Nai kenderaan pun rasa takut meninggi.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha kalo Trowongan Casablanca yang sebenar, masih jauh lagi akak. Tapi tak lah seseram yg dibasement nih. Biasa je sebenarnya. Tapi Taulah orang2, kadang exaggerating lah 🤣

  67. ella berkata:

    gila sih ini mbak, keren banget konsep dan idenya ya. aku jadi ikutan membayangkan kondisi di dalam mobil saat masuk teromwongan. hihihi
    terniat banget nyusun poperti dan makeup ala2 hantu ya. coba di Semarang ada. aku pengeeeen, uhuhu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Itulah mba. Kreatif sih ini anak2 mudanya yg bikin 😄❤️. Aku aja seneng. Berharap sih tahun depan mereka bikin lagi yg lebih extreme 😄

  68. Agustina Purwantini berkata:

    Hahahaha ini manusia klo bikin hiburan ada2 aja deh. BTW apa pun yg palsu memang lebih heboh daripada ug asli. Cewek jejadian pun lebih heboh ketimbang cewek asli kan?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Dan hantunya ini pun kebanyakan banci mbaaa hahahahha. Pantesan kan jadi heboooh 🤣🤣. Aku liat dari Ig penyelenggaranya pas penutupan

  69. Shovya berkata:

    Wkwkwk ngakak bacanya mbak.. aduh, rasanya udah lama sekali di tempatku ada wisata horror, itupun cuma rumah2an hantu kecil doang wkwkw Timpang banget hiburan disini (ngenesss).

    Bayangin wajah seram tiba2 nemplok di jendela aja aku ngakak 🤣🤣🤣 ya ampun, tp sama sih, aku juga kurang suka sama topeng Scream psikopat itu, serem, karena dia manusia hahaha

    Krucils berani juga ya, di briefing dulu sebelum masuk, good job 😆

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaaa kaaan, kayak jantungan pas liat di kaca jendela ada muka seram gitu 🤣🤣. Bener2 deh itu topeng, legend bangettt .

      Ntar kalo ke Jakarta datangin sebanyak mungkin tempat2 unik begini mba 😅. Cuma ga enaknya, saking JKT luas banget, dan muaceeett jadi jarak antara 1 tempat ke tempat lain aja kdg butuh seharian. Makanya aku juga males kalo udh main ke tempat2 daerah selatan. Jauh bgt dr rumahku 😄

  70. Mutiara berkata:

    Keliatannya kayak seru banget gitu ya. Menarikk. Selama kuliah dan sering jalan2 di Jakarta, belum pernah ikut yang begituan. Sayang bangettt sekarang udah ga di sana, jadi cuma bisa liat dari video atau tulisan orang 😂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Acaranya juga sebenetar mba, skr udh ga main 😄. Tunggu Halloween berikutnyam aku berharap bisa lebih seraaam hahahaha

      • Mutiara berkata:

        Waah sudah kembali ke postingan ini lagi. Sepertinya sudah lama ga nulis ya mba? Atau udah ada postingan baru tapi saya nya yg ga ngeh ya? Semoga sehat selalu mbaa sekeluarga, biar bisa ikutan Drive thru hantu lagi taun ini ehehehe

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Waaah mba ga scrolling sampe bawah Yaa? 😁. Home blog ini menampilkan 2 kotak, yg 1 khusus traveling, yg 1 lagi khusus kuliner. Yg kuliner paling bawah. Hrs scroll sampe ke bawah.

          Kebetulan Krn lagi pandemi, aku ga banyak bahan traveling, makanya LBH update di kuliner. 😘.

  71. adhi hermawan berkata:

    Aku tuh pengen banget kesini, sumpah penasaran banget sama tempatnya..

  72. Rivai Hidayat berkata:

    anak-anak kalau diajak ginian bukannya takut, tapi malah seneng sekali. Sangat bersemangat..hahhaha

    Aku pengen ketawa mbak fany, udah niat masuk terowongan, eeh ternyata lupa bawa kacamata. Akhirnya terlihat kurang jelas. Kalau aku yang ketinggalan kacamata, pasti bakal ga menikmati sekali T_T

    Mungkin orang jakarta juga malas keluar kota, yaudah cari hiburan yang ada di dalam kota aja. Dan ternyata ada wisata baru yang cukup menantang dan bikin penasaran. Acara kayak gini membuat para cosplayer untuk berkegiatan lagi 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Itulah mas, aku memang ga suka pake kacamata. Makanya jrg aku pake 🤣🤣. Tapi skr di tiap ruangan dan tas, aku tinggalin tuh 1 kacamata. Jadi ga ada cerita ketinggalan lagi wkwkwkwk.

  73. Hendra Suhendra berkata:

    Super kreatif yang ngadain hiburan menyeramkan dan seru ini. Padahal cuma di basement, tapi disulap jadi arena rumah hantu, hehehe. Peminatnya membludak banget ya. Mayan buat hiburan warga DKI dan sekitarnya. Antrinya lumayan juga ya, tapi karena penasaran, jadinya ya dijabanin bae. Nggak seru nggak boleh ambil foto atau video. Padahal foto atau videonya kan buat koleksi pribadi. Candid aja pake pen camera, hahahhahaha…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sbnrnya sayang memang kalo ga bisa difoto. Tapi ngerti sih Krn takutnya kalo udh spoiler gitu, malah ga ada yg mau masuk lagi mas 😄

  74. riza firli berkata:

    waduh aku paling takut ini klo kecil ke rumah rumah hantu wahana hantu
    🙂

    asli terowongan casblanca jadi teringat waktu aku sma di daerah casblanca sma 79

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sering lewatin trowongannya dong mas 😄. Beneran serem ga? Kdg penasaran Ama yg bisa melihat hal2 begitu, apa bener seseram yg diceritain

  75. Amanda berkata:

    yaaah aku penasaran padahal pengen liat di dalem kayak gimana, sayang banget nggak boleh difotoin..
    emang ya terowongan casablanca itu epic banget hhhh.. tp seumur2 aku blm pernah lewat situ, atau pernah lewat cma nggak ngeh, maklum warga planet lain 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo mau liat bisa dari Ig mereka di jktgo nda. Di sana udh dipajang hantu2nya. Krn acaranya juga udah selesai kan 😄

  76. Dodo berkata:

    Saya melihat tempat ini, waktu itu di Instagram dan Twitter juga. Banyak orang (khususnya yang berdomisili di Jabodetabek) membuat story lagi di ini.. Keren yaaak tempat nya ternyata

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Not bad do. Seru sih. Daaaaan skr wahana ini sedang main di Surabaya 😄. Gantian kotanya ..

  77. inia berkata:

    saya paling kepo beginian tapi sisi lain juga takut kebanyakn nonton film dan nyimak cerita orang, jadi kebayangin misalnya itu ada salah atu yang asli tapi lucu juga ya kalau ada odong-odong terus setel lagu anak2 jadi gak serem deh keliling lihat mereka hihi

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Boro2 pake lagu anak2 mba 🤣🤣. Mereka kreatif nih, beneran pake suara2 serem radionya. Saluuut . Btw skr acaranya pindah ke Surabaya aku baca. JD kalo sedang di Surabaya, bisa banget dicoba 😉

  78. inia berkata:

    saya paling kepo beginian tapi sisi lain juga takut efek kebanyakn nonton film plus nyimak cerita horor mateman, jadi kebayangin misalnya itu ada salah satu yang real tapi lucu juga ya kalau ada odong-odong terus setel lagu anak2 jadi gak serem deh keliling lihat mereka hihi

  79. zefy berkata:

    wah kalau aku kayaknya ga cocok ikut yang ginian hahaa, ngeri euy, takut kebayang2 ntr pas bangun malam

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Wkwkwkwk memang ga semua orang pasti suka rumah hantu mba. Bisa Terbayang2 kalo memang takut 🤣

  80. Inez berkata:

    Anjirrr aku ga berani wkwkkw.

  81. kartika berkata:

    ya ampunnn serunya yaa… ada2 aja idenya wisata semasa covid ini. keren jktgo!!
    meksipun kita tahu itu pasti boongan tapi kalau pengunjung terkesan berarti keren banget atuh lah atraksi dan konsepnya.

    aku juga sebel banget lo mbak, sama orang2 yang nggak taat peraturan, macam sudah dilarang foto2 atau vidio-in eh malah dilanggar. Itu kan nggak menghargai ya, tolong lah sama2 saling menghargai gitu, jangan semaunya sendiri *eh kok malah emosi. Gmes aja gitu, kalau kayak beginian aja kudu ditegor.

    btw, aku penasaran kenapa mbak Fanny menyebut soal sixth sense dan hantu yang asli malah diem aja??!! mbak Fanny termasuk yang punya ya.. serius… justru paragraf satu ini sih yg langsung bikin aku super deg2an 😛

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Krn asistenku bisa ngeliat mbaaaa hahahahahaha. Makanya tau 🤣. Aku sendiri Alhamdulillah ga bisa, jangan sampe, bisa pingsan mungkin 🤣😅.

      Naaah iyaaa, mbok ya hargai gitu loh. Dilarang kan Krn ada alasannya . Jgn sampe JD spoiler lah. Mungkin kalo mau di posting, ntr pas acaranya udh selesai. Kayak skr kan udh ga ada tuh , bolehlah kalo mau posting video dan foto hantu nya. Tapi jgn pas msh mulai acara.

      Aku dulu pernah nakal begti, tapi blm sadar waktu itu, kalo skr mah, ikut aturan aja lah

  82. Nyi Penengah Dewanti berkata:

    Unik sih konsepnya. Udah lama banget enggak negunjungin yang seperti ini. Terahir ke rumah hantu hanya waktu kecil aja. Ini kalau datangnya habis maghib kayaknya makin serem deh.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Pasti lebih seru kalo pas yg malam. Tapi Krn males mikirin magrib nya ntr gimana, ya udahlah mba, cari yg siang. Sama2 gelap pas di Trowongan kok 🙂

  83. Anggita R. K. Wardani berkata:

    Kayaknya seru ya mba, cuma akutuh kagetan parah. Sukanya horor, tapi kagetan wkwkwk
    Semoga ada di Surabaya ya, biar aku bisa coba dan

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Eh di Surabaya sedang main mbaaaa. Aku lupa tuh Ampe kapan. Krn wktu itu JKTGO pernah nulis bakal main di surabaya

  84. mrhanafi berkata:

    Jenis-jenis yang seram begini memamg saya kurang gemar

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hihihihi, tapi memang yg begini ga untuk semua orang sih mas. Aku sendiri kalo disuruh DTG ke rumah hantu yg biasa juga males. Krn jarak Ama hantunya JD Deket banget 😅

  85. Supriyadi berkata:

    Untungnya ga bawa kacamatan ya kak? hehe jadi ga bisa ngeliat jelas para hantu yang seram beraksi. Btw, hantu aslinya nongol beneran ga ya?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahaha iya nih mas. Aku ga bisa liat makhluk halus begini, tp asistenku yg bisa 😁. Yg asli malah diem aja mas. Yg palsu ini heboh sendiri wkwkwk

  86. Haryadi Yansyah | Omnduut berkata:

    Haha kayaknya emang lagi hits ini. Aku rasanya liat temenku juga nyobain mendatangi hantu-hantuan ini hwhw. Aku jadi keinget dulu pas masih kecil masuk rumah hantu di pasar malam. Hantunya suka iseng nyolek-nyolek, nah ini kalau sekarang bisa jadi pelecehan juga ya apalagi kalo yang dicolek cewek.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      sekarang sedang main di surabay mas :D. ga tau deh ntr kota mana lagi :D. aku lebih suka yg drive thru, jadi ga kuatir ditempelin ama si hantu hahahaha

  87. Boghaisan berkata:

    Aku mah penakut mba, ga berani masuk ke sini, tapi aku seneng bacanya jadi bisa ngerasain auranya ..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahah iya mba .. tapi sebenernya ini kalo naik mobil gini justru asik, Krn hantunya ga bisa nempel2. Kan di luar mobil. LBH serem yg wahana rumah hantu 🤣. Bisa kejar2an Ama si hantu hahaha

  88. Dinilint berkata:

    Mbak, aku bacanya ikutan deg2an. Ahahahaha.
    Pake nggak sengaja dengerin musik yang suka nongol di film horor.
    Pada dasarnya aku emang nggak suka yang horor2 sih.
    Ini ide bikin Terowongan Casablanca menarik bener

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Moga2 ntr abis Surabaya, mereka ke Semarang deh 🤣. Tapi asik kok mba, apalagi kalo rame2. Heboh ituuu

  89. Pak Eko berkata:

    Wow..keren banget ini. Baru tahu kalau ada wahana Horror dan menghibur kayak gini. jadi pengin ke sono. Terima kasih infonya ya Mbak. salam sehat

  90. Hastira berkata:

    waduh kalau aku kayaknya ogah ini mah. rumah hantu, istana hantu yang ada baik di mall atau di tempat wisata , gak pernah aku mau. Mungkin dulu aku sering ditakuti oleh pembantuku

  91. Monica berkata:

    Wah, seru bangettt deh kelihatannya. Penasaran dan pengen nyobain juga walaupun saya tipe orang yang penakut dan udah pasti ga bisa tidur kalo lihat yang serem-serem😆😆

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahah tapi kalo naik mobil ga serem2 amat mba. Krn kan terlindublng dlm mobil hahaha. Kalo rumah hantu, baru tuh. Bisa dikejar2 Ama hantunya 🤣

  92. Khonsa Kholila berkata:

    Palsu tapi tetep serem bener yah ini, dari awal baca langsung deg-degan haha, mana bacanya malem gini, langsung nengok belakang deh haha

  93. mrhanafi berkata:

    saya memang kurang bernminat untuk menonton filem seram begini

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ini bukan film. Ini semacam wahana , hanya 6 menit di dalam . Tapi memang kalo ga suka yg serem2, pasti takut kesini :p

  94. Nona berkata:

    Wahhhh.. syeram banget kelihatannya… My sister and me pun suka tengok dan masuk rumah hantu masa kecik… dah besar ni, rasa membazir nak masuk.. tapi. rindu jugak..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha tapi yang inikan cara baru kak, pakai mobil masuk ke dalam 😄. Kalau rumah hantu yg kita harus jalan kaki Kat dalam, sayapun takut juga. Terkadang si hantu suka colek2 bikin makin seram 🤣

  95. Mardiah berkata:

    Temenku juga ngajakin ke siniiii tapi belum kesampean coba. Semoga next bisa, lumayan buat uji nyaliii! haha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sekarang yg di Jakarta udh ga ada mba. Mereka lagi main di Surabaya nih. Temanya beda lagi hantunya 😅. Seru tuh kalo liat IG nya.

  96. Justin Larissa berkata:

    Mba Fanny aku juga sempet nyobain ini wakakakak iya bener NIAT BANGET. Dandanan hantunya all out, asli serem banget. Aku ke sana sama temen-temen naik taksi, jadi udah keliatan banget dari luar kan kita pada teriak di dalem, jadi hantunya makin makin semangat ngedor ngedor jendela. Udah gitu pintu depan sempet belom kekunci wakakakak. Aku appreciate sih JKTGO bikin acara ginian. Ini pelepas dahaga di tengan ke-suntukkan Jakarta.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Eh maksudnya si taxi dibayar masuk ikutan begini mba? Hahahahaha saluuut supirnya mau Yaa 🤣🤣.. berarti dia udah diksh tau dulu harus nganterin kalian liat hantu ?

      • Justin Larissa berkata:

        Iya abang taksinya kita bayarin sekalian. Terus entah kenapa takdir banget itu si Pak Taksi lawak banget ya Allah. Jadi di sana tuh nangis campur ngakak sama tingkah si Pak Taksinya. Celetukannya sumpak ngakakable. Kita gak briefing apa apa sih tapi dia improvisasi sendiri. Orang kan kalo udah masuk ke ‘ruangan hantu’ itu kan, kita minta buruan maju maju maju sampe ngamuk ngamuk, eh dia ngegasnya pelan pelan banget malah berenti dulu wakakakaka. Ngawur si bapaaakk

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Wkwkwkwkwkwk gokiiiiil, seruuuu amat kalian. Untung si bapak berani Yaa. Kalo tau dia disuruh masuk ke rumah hantu , mana hantunya totalitas, kan takutnya kabur 🤣🤣. Kereeen si bapak 😄👍

  97. kotanopan.com berkata:

    wkwkw,,, apa benar om, ada hantu betulanya tapi diem2 aja, yg ribut ,alah hantu palsunya? jadi penasaran saiya sama hantunya…….

  98. Priant Taruh berkata:

    Kirain salah lihat, seremnya foto ke dua hehe..

  99. enny dudukpalingdepan berkata:

    Pas ngescroll auto istighfar 🙁 soalnya saya penakut. Jadi boro-boro mau bayar untuk hiburan serem ini. Dibayar juga nggak mau wkwkwkw (lagian siapa yang mau bayarin). Tapi memang kan orang beda-beda, buat penguji adrenalin ini bisa seru banget 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah aku Krn kangen Ama segala sesuatu yg naikin adrenalin mba. Udh lama nih ga main yg uji nyali hahahaha

  100. Eni Martini berkata:

    Aduh, gak deh aku bakal ga bisa tidur itu pulangnya kebayang wajah seram meski hanya make up ya. Apalagi aku bisa ngerasain kalau ada mahluk lain huwaaaaa

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Wkwkwkwkwj mba bisa panas dingin kayaknya kalo main kesini 🤣.

      Eh tapi kayaknya lebih seru yg di Surabaya nih. Mereka kan udh ga main di JKT, dan pindah ke Surabaya. Di sana pake tema. Desa penari. Jadi aku ngebayangin pasti jauh lebih seru drpd yg di JKT 😀

  101. lianny berkata:

    Aduuh sereeem, meskipun tau itu hantu boongan tetap aja aku nggak bakal berani ke sini, bisa kaget2an terus malem tidur ngimpi-ngimpi dikejar hantu hahahaha.
    Itu anak-anakmu pada pemberani semua ya Fan, hebat! Kalau yang penakut sepertiku pasti sudah teriak-teriak dalam mobil dan tutup mata aja deh * lha rugi dong udah bayar tiket 50 rb ya hahaha.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah mereka memang penasaran tipenya mba 🤣. Takut juga, tapi mungkin Krn naik mobil jadi ga seseram kalo jalan kaki 😄

  102. Jeni Karay berkata:

    Waaah ini yang sempat viral masuk fyp bolak balik nih, kita yang djayapura juga ikut menikmati ekspresi visitor yang ketakutan sampai ada yang pingsan

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yg paling seru di Surabaya mba. Tapi kayaknya udah berakhir juga. LBH greget hantunya Krn dibikin tema , dusun penari 😁. Kalo di JKT ga ada temanya. Mungkin Krn masih pertama yaaa.

      Baru tahu aku ada yg pingsan 😶..

  103. Kkh berkata:

    Tadinya mau nyari info wisata,lalu nemu web ini yang pembahasannya mudah dimengerti dan yang paling penting gampang membuat orang jadi tertarik, baru kali ini nemu blog yang rapih dan bagus gak ada iklan lagi,makasih atas infonya mba

  104. mrhanafi berkata:

    taubat saya tidak mahu masuk ….seram sungguh

  105. uci berkata:

    huhuhu,aku ga berani kak kalau langsung, aku baca tulisanmu aja merinding, mkch sharingnya kak

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sama2 mba Uci 😄. Memang ga semua orang suka masuk ke wahana begini kok. 😁

  106. Aul Howler berkata:

    Serem bangeeettt

    Kalo aku pasti jejeritan deh

    Anaknya penakut bangettt

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha tapi sbnrnya itu serunya Aul… Bisa jejeritan , berasa beban ikutan lepas 🤣🤣

  107. Nunung berkata:

    Ya Allah selain wisata adrenalin, Mbak fani jg suka wisata serem kayak gini ternyataa…

    Kalau aku mah takuuuuut. Eh trnyata yang minat wisata serem banyak juga ya sampai tiketnya pada sold semua

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha banyaaaaaak mbaa yg suka adrenalin rush giniii 😄. Krn memang hidup itu biar seru sesekali ngerasain yg bikin sport jantung 🤣

  108. Rani R Tyas berkata:

    Biasanya yang model ginian, banyak yg suka ikutan, Mbak Fanny ((katanya)). Terus kan.. terus kan.. Mbak Fanny curang nih, gak pake kacamata! Wkwkk

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha ada untungnya mbaaa, jadi gaa jelas itu penampakan 🤣🤣🤣.

  109. mrhanafi berkata:

    tak best la kalau anak-anak kecil juga kena bayaran yang sama seperti oramg dewasa ..

    susah nak dapat penjimat atau save bajet

  110. Molly berkata:

    seruu banget, jadi ini namanya terowongan casablangka, ya fantastic banget sampe dibuat ginian. Molly sering lewat sih secara kalo ke jakarta kan seringnya ngider dari satu mall ke mall. nah di daerah sini itu banyak banget mall favorit. nanti kalo ke jkt lagi, sempetin ke sini. tapi ogah ikutan kayaknya, soalnya penakut cynn..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yg di Jakarta udah ga ada mba. Soalnya ini ganti2 lokasinya. trakhir dia sedang ada di Jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.