D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Okt 2022

08

13 REKOMENDASI KULINER MEDAN YANG PATUT DICOBA! GA LAGI BINGUNG MAKAN APA KALAU KE SANA..

warmindo paling enak di medan

Secara darah, keluargaku memang Batak.ย  Kampung sebenernya Sibolga, tapi papa lebih memilih untuk tinggal di Medan, dan karena itu membeli rumah di sana saat mendekati pensiun.

 

Walau begitu, bisa dibilang aku hampir ga pernah ngerasain tinggal lama di Medan ๐Ÿ˜. Besar dan sekolah di Aceh, kuliah di Penang, trus begitu tamat, langsung terbang ke Jakarta untuk kerja. Eh malah ketemu jodoh, dan akhirnya menetap. Jadi buatku, Medan itu bukan tempat tinggal, tapi kota yang sesekali aku datangin buat liburan ๐Ÿ˜„. Wajar aja ga begitu tahu tempat-tempat dan jalannya.

 

Juni-Juli 2022 yang lalu, setelah akhirnya 4 tahun belum mudik ke Medan gara-gara pandemi, akhirnyaaaa yaaa, kami bisa pulang juga ๐Ÿ’ƒโค. Bahagiaย  ketemu ortu lagi, dan pastinya wiskul di Medan ๐Ÿ˜๐Ÿ˜.

 

Sebenernya sudah banyak kulinerย  Medan yang pernah aku coba dan review di Dcatqueen. Jadi kesempatan mudik kemarin, langsung niat untuk nyobain kuliner lain yang belum pernah dicoba, ataupun saking sukanya aku coba ulang ๐Ÿ˜Ž.

 

BACA: Aneka Rekomendasi Kuliner Enak di Medan

 

Jadi, bagi yang bingung mau makan apa kalo ke Medan, beberapa pilihan kuliner di bawah, mungkin bisa jadi referensi โ˜บ. Inget aja, makanan di Medan itu hanya 2 jenis, enak, dan enak byangeettttt ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜Ž.

 

 

ANEKA KULINER MEDAN YANG PERLU DICOBA

1. Burung Goreng di Foodcourt PTPN2 Tanjung Morawa

Ini, kuliner pertama yang kami santap begitu landing KualaNamu. Karena hari itu Jumat, papa mau jumatan dulu. Jadinya beliau mendrop kami di semacam foodcourt yang lokasinya ga jauh dari bandara. Kalo dari KualaNamu menuju Medan,ย  posisi foodcourtย  ada di sebelah kiri jalan.

 

rekomendasi kuliner medan yang murah dan enak

 

Namanya aja foodcourt, ada banyak jenis menu yang dijual. Awal-awal ga expect tinggi sih. Jarangkan foodcourt makanannya istimewa. Ternyata, salah besar! Burung puyuh goreng yang kami pesan, melebihi ekspektasi rasanya ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‹.ย  Walo size kecil, tapi daging empuuuk dan tebel. Bumbu meresap, dan sambel yang disajikan, puedeees nikmat !โคโค. Beberapa menu lain seperti gulai kambing, rendang jengkol, dan sayur ubi tumbuk juga wajib dicoba. Harga masih terjangkaulah. Jujur lupa, tapi aku ingat ga menguras banyak kok.

 

๐Ÿ‘‰Foodcourt PTPN2 Tj Morawa (dekat bandara Kuala Namu)

 

 

2. Warung Soto Nenek Farah

Kalo yang ini, kebetulan lokasi dekeeeet banget ama rumah, tinggal ngesot kalau mau beli ๐Ÿ˜…. Jualannya buka dari pagi, dengan menu andalan soto,ย  lontong Medan dan nasi gurih ๐Ÿ˜‹.

 

rekomendasi kuliner medan yang murah dan enak

 

 

Seporsi lontong Medan dengan kuah kental gurih, sambal pedas, bihun, tauco dan serundeng juga keripik kentang, bikin ketagihan dan ga pernah bosan!

 

Cobain juga nasi gurih khas Medan, dengan 2 jenis sambal, saus kacang dan sambel merah, juga irisan cabe tauco ๐Ÿ˜‹. Jangan lupa pake aneka gorengan yang masih kriuk dan panas. Ini cepeeet banget abis. Lah pembeli kalo datang pada ngeborong banyak, baru juga diangkat dari penggorengan ๐Ÿ˜‚. Ya ampuuun masih kebayang enaknya pas nulis ini ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜Œ

 

nasi gurih dan lontong medan enak di kawasan medan johor

 

 

๐Ÿ‘‰Warung Soto Nenek Farah

Komp pertokoan Dparis no 7. Jl Ekasurya, Medan Johor. Medan

 

 

3. Sate Padang Afrizal Amir

Kalo yang ini mah ibarat tempat wajib suami yang harus selalu disungkemin ๐Ÿ˜‚. Dia pecinta berat sate Padang. Kalo menurut mama mertua, pas hamil dulu ngidamnya dari awal ampe lahiran cuma sate Padang. Makanya si suamik ga pernah bosen dikasih makan ini ๐Ÿ˜….

 

Ada banyak sate Padang enak di Medan. Tapi favorit kami berdua,ย  Sate Padang simpang waspada, dan Afrizal Amir.

 

Aneka menu di sate padang afrizal amir, medan

rekomendasi sate padang enak di medan

 

 

Uniknya, mereka juga menjual sate Padang dari daging kambing dan ayam. Sesuatu yang aku belum pernah temuin di Jakarta ๐Ÿ˜„.

 

Potongan daging besar, kuah sedaaap dan pedas. Cobain kalo suka sate Padang ๐Ÿ‘โค. Kesukaanku, jelas yang jeroan, ga sehat, tapi enak ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜†

 

sate padang paling enak di medan

 

 

๐Ÿ‘‰Sate Padang Afrizal Amir

Jl Brigjend Katamso no 150B. Medan Maimun. Medan

 

 

4. Lontong Malam Kak Umi

Kalo suami wajib mampir ke Afrizal Amir, aku sendiriย  ย harus (setidaknya sekali),ย  makan di Lontong malam Kak Umi. Deket rumah juga, masih daerah Medan Johor.

 

lontong medan paling enak di medan johor

 

 

Sebenernya sama enak ama lontongnya nenek Farah. Bedanya, kuah lebih encer, tapi teteeeeup gurih dan pedeees. Aku bisa seruput kuahnya sampe titik darah penghabisan wkwkwkwk ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚. Pilihan topping juga variatif, ada daging rendang, telur atau ayam goreng.

 

Yang atas lontong pesanan para dewasa. yang bawah untuk anak-anak tanpa sambal

rekomendasi lontong medan paling enak di medan

 

Wajiiib wajiiib banget cobain ini!!

 

๐Ÿ‘‰Lontong Malam Kak Umi

Jl KaryaWisata. Gedung Johor. Medan

 

 

5. Kafe Croissant Paling Hits di Medan, T1311

Agak susah mau ngucapin namanya. Aku sendiri nyebutnya thirteen eleven, tau deh bener atau ga ๐Ÿ˜….

 

Yang pasti kafe ini terkenaaaal seantero jagad karena croissantnya yang uenaaaak paraaaah ๐Ÿ˜‹โค. Tapiiii aku sendiri belum pernah berhasil cobain, karenaaaaa selalu keabisaaaaan wkwkwkwkwkwkw. Kalo ke Medan lagi, aku tongkrongin dari awal buka, biar bisa borong ๐Ÿ˜‚.

 

kafe unik dan nyaman untuk nongkrong lama di medan

 

Pas kesana kebetulan janjian juga ama temen sekolah dan blogger kondang mas @Ariazhari, yang dulu suka nulis pengalamannya ke Iran.

 

Kami ngobrol ga terlalu lama, dan pesan beberapa makanan, kayak baked salmon (Rp150k +), Portugese style baked chicken (Rp70k +), iced coffee latte (Rp22k +), juice 1311 special (Rp22k +) dan Choco mania (Rp32k +).ย  Rasanya manteeep, salmon ga overcooked, juicy, dan veggies sebagai pendamping juga segar. Aneka kopi-kopinya juga oke loh. Jadi boleh banget kafe ini dimasukin dalam list kalian kalo pengen sekedar nongkrong cantik.

 

rekomendasi kafe tempat nongkrong dan kopi yang enak

 

 

๐Ÿ‘‰Cafe 1311

Jl Gandhi no 129F. Sei Rengas. Medan Area. Medan

 

 

6. Pos Kupi

Tau kafe ini kebetulan juga. Daerahnya masih di Medan Johor. Tempat sangatย  luaaaaaas, dan buka 24 jam. Sesuai nama, yang dijual aneka makanan Aceh dan kopinya yang khas itu.

 

Aku dan suami makan di sini sekitar jam 1 pagi. Padahal niatnya cuma mau ngopi, eh tapi kok tertarik pesen makanan ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜†.

 

kafe 24 jam di medan

 

Jadilah es teh tarik, teh tarik hangat, kerang rebus, mie Aceh goreng nyemek pake daging, dan nasi goreng udang cabe rawit jadi bahan dosa dan penghancur diet kami ๐Ÿ˜….

 

Surprisingly, SEMUA MENU yang kami pesan UENAAAAK โค. Kerang rebusnya tebel,ย  saus cocolanย  seger dan pedas, persiiisย  banget kayak rasa kerang rebus yang aku coba di Aceh.

 

Teh tariknya jangan ditanya, ga terlalu manis, creamy, pas!

 

Saat mencicipi Mie Aceh goreng nyemek, di situ mulut auto senyum lebar, saking puas dengan rasanyaaa yang sangat berempah, gurih dan spicy! Iniiii baru mie Aceh ๐Ÿ˜๐Ÿ’—.

 

MIE ACEH TERENAK!!

MIE ACEH PALING ENAK DI MEDAN

 

 

Terakhir nasi goreng udang cabe rawit yang sempet kami underestimate saat melihat platingnya yang B aja, ternyata mantep racikannya! Harus coba! Untuk harga, sangat murah. Semua makanan dan minuman hanyaย  total Rp 102,500.

 

Bentuknya memang biasa, tapi rasanya ternyata luar biasa !

rekomendasi nasi goreng enak di medan

 

 

๐Ÿ‘‰Pos Kupi

Jl karya wisata no 56. Medan Johor. Medan

 

 

7. Rumah Makan Hj Uti

Bagi penyuka Sop, rasanya harus sih nyobain aneka Sop yang dijual rumah makan kecil sederhana ini. Tempat boleh sempitย  dan panas, tapi rasa makanan, jadi langganan para dokter yang kerja di RS dekat warung ๐Ÿ‘โค! Letaknya searah ama bandara Kuala Namu, sama-sama di pinggir jalan kayak foodcourtย  PTPN2 yang aku bahas sebelumnya.

 

rekomendasi sup enak di medan

 

 

Kalo kesini, jangan coba-coba datangย  terlalu sore,ย  karena dijamin sudah banyak yang habis ๐Ÿ˜„. Kami memesan :

โ€ขsup ayam 1

โ€ขsup daging 5

โ€ขbeberapa jenis jus buah asli

โ€ขperkedel

โ€ขKerupuk

 

Seporsinya banyak, dengan isian kentang, wortel, daun sup dan bawang goreng melimpah, menambah aroma wangi. Kuah guriiiih tapi dengan sedikit hint manis. Bagi yang ga suka ada rasa manis di sup, bisa tambahin sambel cabe rawit ke dalam kuah. Pedesnya nampol sekali. Kelebihan lain,ย  potongan daging atau suwiran ayam ga pelit alias buanyaak. Buatku, harus membayar Rp400ribu untuk total 6 porsi sup, nasi, jus juga perkedel, samasekali tidak rugi.

 

rekomendasi sup ayam dan daging yang enak di medan

 

 

Hanya saja kalo mau tau kekurangannya, tempat ini hanya warung biasa, yang lumayan panas, dan penjualnya jutek ๐Ÿ˜‚. Dari awal kami datang sampe pulang, itu muka yaa dipasang dalamย  cemberut mode on ๐Ÿ˜…

 

๐Ÿ‘‰Rumah Makan Hj Uty

Jl Medan – Tj Morawa

 

 

8. Green Kupi

Saingan Pos Kupi kurasa ๐Ÿ˜‚. Nama mirip, mana lokasinya deketan pula. Kami kan jadi penasaran mau tau enak yang mana ๐Ÿ˜†

 

kafe 24 jam di medan

 

 

Kesana pagi-pagi, sekalian sarapan,ย  jadi masih sepii banget.ย  Tempat iniย  rame saat malam, sama-sama 24 jam bukanya. Hanya memesan sanger Milo dan es teh tarik, lontong sayur Aceh , dan nasi gurih dendeng manis.

 

kafe 24 jam di medan

 

 

Susah cuy, memilih mana yang enak. Karena menu yang kami coba ini, juga sedaaap semua โค๐Ÿ˜Ž. Cobain ajalah 2-2 nya…

 

๐Ÿ‘‰Green Kupi

Jl Karya Jaya. Gedung Johor. Medan

 

 

9. Warung Ikan Bakar Halimah

Nah, penyuka ikan bakar, wajiiib cobain aneka menu ikan di sini ๐Ÿ˜‹๐Ÿ‘. Tau tempat ini dari anak buahnya pak suami, yang ternyata blogger jugaaaa, mas Sani yang punya akunย  IG @kakilasak ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ˜. Dunia sempiiit sangat ternyata.

 

rekomendasi warung seafood enak dan murah di medan

 

 

Kami kesana pas jam makan siang, sekalian Raka mau traktir makan anggota teamnya di Medan ini. Mas Sani udah bilang, ini tempat ruameee sangat, terlebih jam makan. Tempatnya memanjang, agak tertutup yang bikin sedikit pengap. Kalo duduk deket bakaran, ya wassalam aja ketempelan bau asap ๐Ÿ˜†.

 

warung makan ikan bakar enak di medan

 

Ikan yang kami pesan jenis gurame 2 ekor besar. Cukup bangeeet buat berempat. Trus aku icipin sate kerang dan gorengan yang langsung dikasih begitu ada pembeli datang.

 

Nasinya pakai urap dan sambel yang pedes. Aku jadi maklum kenapa tempat ini terkenal, karena ikan bakarnya sendiri seuenaaak ituuu gees ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜. Daging tebeeel, ga amis, lembuuut dan bumbu meresap.

 

Sate kerang dan gorengan juga bikin mulut susah brenti ngunyah ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜….ย  Bolehlah diicip sambil menunggu ikannya Mateng.

 

rekomendasi seafood enak di medan

 

 

๐Ÿ‘‰Warung Ikan Bakar Halimah

Jl Bima Sakti no 11. Medan

 

 

10. Lontong Bang Iwan

Karena kami berdua fans berat lontong Medan, jadi kayaknya nyobain aneka lontong Medan malah jadi kegiatan favorit ๐Ÿ˜„. Ada yang nyaranin untuk makan di lontong Bang Iwan. Penasaran, kami pun datang kesana.

 

lontong medan favorit di medan

 

 

Seporsi lumayan banyak, ada lontong, keripik kentang, kacang, bihun, kuah sayur labu dan rendang. Jujur takjub melihat kuahnya yang merah, tapi ternyata ga terlalu pedas ๐Ÿ˜….

 

Cuma kalo disuruh milih, lebih suka lontong nek Farah atau kak umi sih. Lontong Bang Iwan ini kekurangannya ga pake tauco, padahal itu ciri khas lontong Medan, dan kuahnya buatku asiiiin ๐Ÿ˜ƒ. Anehnya, Pak suami doyan bangetttt dan langsung menobatkan lontong Bang Iwan sebagai favoritnya ๐Ÿ˜….

 

๐Ÿ‘‰Lontong Bang Iwan

Jl karya wisata . Gedung Johor. Medan

 

 

11. Macehat

Ini salah satu tempat ngopi jadul yang masih bertahan hingga kini. Pembelinya kebanyakan orang tua Tionghoa yang mungkin sudah jadi pelanggan tetap berpuluh tahun lamanya.

 

Waktu kami datang, terpaksa waiting list sebentar karena memang tempatnya full! Dan setelah dapat, aku lebih memilih makan di dalam karena cuaca yang lumayan hot di luar.

 

kafe kopi jadul di medan

kafe kopi jadul di medan

 

 

Kami memesan:

โ€ขespresso peaberry

โ€ขmocha lava jelly

โ€ขavocado coffee float

โ€ขpao goreng isi keladi manis

 

Mocha lava dan avocado floatnya manteeep. Tapi espressonya buatku paiiit bangett wkwkwkwkwk. Maaapkeuuun aku bukan pecinta kopi pait ๐Ÿ‘ป.

 

Pao gorengnya, wajiiib coba kalo kesini. Lembuuuut, isian keladi pas dan rasa juga ga terlalu manis. Cocooook untuk teman kopi.

 

kopi enak dan murah di medan

 

 

๐Ÿ‘‰Macehat

Jl Karo no 20. Medan

 

 

12. Warkop Agem Senyum

Kalo ada yang nanya, mana tempat makan yang jangan pernah diskip di antara banyak rekomendasi ini??? Aku bakal bilang WARKOP AGEM SENYUM adalah yang TERBHAIIIIQ ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ˜โค.

 

warung indomie paling enak di medan

 

 

Menunya itu Indomie doang, tapiiiii racikannya LUAR BIASAAAAAA DOOONG ๐Ÿ‘๐Ÿ‘โค!! Aku ngiler lagi ngebayangin ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Bener-bener yaaa, Indomie itu penyatu masyarakat Indonesia hahahha.

 

Ga pernahย  nemu Indomie seenak itu di warmindo Jakarta!

 

Tempat ini ga pernah sepi. Rata-rata orang memesan Indomie nyemek danย  telur setengah matang. Kalo pesananku, telurnya skip, ga sanggup nelan kuning telur yang masih encer begitu wkwkwkwk.

 

mie yang menjadi favorit banyak pembeli!

warmindo paling enak di medan

 

 

Bumbunya jelaaas diracik ulang, tidak hanya mengandalkan bumbu instan Indomie. Aku melihat pas Abang koki mengaduk semua mie dalam penggorengan besar, dia memasukkan semacam pasta coklatย  kemerahan ke dalam masakannya. Yakin banget, itu bumbu rahasia mereka ๐Ÿ˜Ž.

 

abang koki yang meracik indomie biasa menjadi LUAR BIASA ENAK!! Ciee tau aja mau di foto ;p

warung indomie paling laris di medan

 

 

Kalo ga inget diet, mungkin aku bisa menghabiskan 2 mangkuk Indomie nyemek di sini ๐Ÿ˜‚

 

๐Ÿ‘‰Warkop Agem Senyum

Jl h.misbah no14 . Medan Maimun. Medan

 

 

13. Nasi Simpang Lembu

Ini kuliner terakhir yang kami coba sebelum pulang danย  berangkat ke bandara. Teman pak suami yang nganjurin makan di sini. Karena namanyaย  relate dengan lembu, aku pikir bakal berbau-bau daging. Tapi ternyata lauk andalannya, IKAN PARI!

 

kuliner rumahan enak di medan

 

 

Sangat simpel, hanya nasi, kentang, sayur nangka dan tauco. Trus gulai ikan parinya dianter dengan piring terpisah.

 

Size ikan pas, ga gede banget, tapi juga ga kecil. Kuahnya asin buatku yang udah lama ngurangin garam. Tapi saat dicampur ke nasi, jadi pas kok. Cuma aku prefer untuk ga mencampur kuahnya, kalo aku loh yaa…

 

menu rumahan enak dan murah di medan

warung makan enak dan murah yang menyajikan lauk rumahan

 

 

Dibilang istimewa ya ga. Tapi masakan di sini, ditambah penjualnya yang sudah tua, ramah, suka cerita, dan tempatnya yang jelas vintage (sudah 3 generasi btw), bakal ingetin kalian dengan comfort food makanan rumah. Yang pasti, kami berdua pulang dengan perut ga terlalu begah, tapi hati happy โค

 

๐Ÿ‘‰Nasi Simpang Lembu

Jl singa no 250. Pandau hulu I. Medan kota. Medan.

 

 

 

Gimana, ga bingung lagikan kalo ke Medan nanti โ˜บ. Yang pasti, walopun belum bisa menganggap kota ini seperti rumah, tapi aku selalu senang tiap kali balik kesana. Mungkin harusnya begitu, jadi selalu ada yang ditunggu saat berkesempatan kembali lagi…..

 

 

 

124 tanggapan untuk “13 REKOMENDASI KULINER MEDAN YANG PATUT DICOBA! GA LAGI BINGUNG MAKAN APA KALAU KE SANA..”

  1. ainun berkata:

    kayaknya yang wajib dan wajib dicoba karena penasaran, lontong medan. Lontong medan ini udah kayak trademarknya Medan gitu ya
    terus sate padang aku belum pernah cobain deh kayaknya, perlu dicoba juga ini.
    Warkop Agem, mienya bener bener bikin penasaran, pantesan ga pernah sepi, lah wong punya tambbahan bumbu rahasia ya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Lontong Medan, Ama nasi gurih nya wajiiiib sih mba. Memang beda penjual, beda rasa, tapi biasanya ttp enak. ๐Ÿ˜„.

      Cuuuusss lah ke Medan. Wiskul aja fokusnya ntr hahahaha

      Kalo si agem senyum, itu juga wajib coba. Ya ampuuuuun gagal dietki selama di sana , dah laaah ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ.. itu mie nyemek nya bener2 bikin ga bisa lupa ๐Ÿ˜‚

    • Liswanti berkata:

      Aku belum pernah ke Medan, tapi kulinernya.pernah nyobain juga. Karena dulu dimasakin temen mba.

      Banyak kuliner yang bisa dicobain disana ya.

      • Fanny Fristhika Nila berkata:

        Macem2 jenisnya mba. Apalagi di Medan itu banyak ras bercampur, ada India, Chinese dan Melayu. Kulinernya jadi beraneka ragam

  2. Yonal Regen berkata:

    Jadi pengen jalan-jalan ke Medan.. wisata kulinernya beragam banget.
    Jadi inget, dulu waktu jadi perantau di ibukota, punya langganan warung nasi Batak yang beda banget rasanya dari warung-warung nasi yang pernah dicoba, suka sekalian ngobrol sama ompung borunya tentang keluargnya di Medan

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Waaah warung Batak mas? Aku ga berani makan di warung Batak selama di JKT, kuatir ga halal ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Blm Nemu yg halal soalnya hahahah. Dulu mas coba di daerah mana?

  3. Sibayukun berkata:

    Namanya juga rekomendasi ya,,, sudah pasti bacanya bikin auto ngiler.. ๐Ÿคค Ya ampunn mba.. dari 13 makanan di atas. yang paling bikin ngeces itu Mie nyemek Warmindonya itu.. sebagai pecinta indomie yang paling susah kabur dari mereka. Asli aku ngilerr banget, Apalagi Mba Fan bilang rasanya LUAAAARRR BIASAAAAA.. cusss besok Medan. wkwkw ๐Ÿ˜Ž

    Yakin sih Mba Fan pas buat artikel ini pasti terngiler-ngiler ngebayangin rasa semua makanannya.. hahah

    Btw, Mba Fan Medan sama Deli Serdang itu beda Kota kan ya??

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bayuuuuuu kalo ke Medan kabarin, ntr aku kirimin kue2 dari toko bakery keluargaku dan burger dari cafe adekku ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

      Naah yg agem senyum, wajib laaah bay, sumpah seriuuuus itu ga tertandingi rasanyaaaa ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Duuuh aku mau lagiiii jadinyaaa…. Kalo kata suami, telur setengah Mateng nya uenaaak banget, rugi Krn aku ga doyan. Ya abis gimana, emang ga suka kuning encer begitu wkwkwkwk

      Deli Serdang Ama Medan memang beda. Naah rumahku itu berbatasan Ama Medan. Masih masuk ke Deli Serdang, tapi di sebrang rumahku, itu Medan ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Makanya aku kalo kirim barang, LBH suka kirim ke toko. Krn Medan lokasinya. Kalo ke rumah onkirnya beda Krn dia ga masuk Medan lagi, padahal cuma bbrp langkah aja ke batas Medan hahahaha

  4. Jagawana Kimi berkata:

    Makasih, Mbaaak… Aku simpan ini rekomendasinya. Mana tahu nanti ada kesempatan buat ke Medan kan. Entah kapan, tapi diaminkan saja dulu. ๐Ÿ˜€

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aaamiiin…. Semoga nanti bisa ke Medan mba Kimi ๐Ÿ˜˜. Medan itu cocoknya memang utk kuliner aja kok. Tempat wisatanya juga jauh, dan luar kota kebanyakan

    • Pipit ZL berkata:

      Kakak ipar saya tiap pagi jualan lontong Medan, enak banget lho, bisa jadi rekomendasi juga. Dulu sih rumahnya di Padang Bulan, dalam gang. Sekarang katanya pindah.

      • Fanny Fristhika Nila berkata:

        Uwaaaaah di mana mbaaa. Kalo lontong Medan di Medan mah, udah pasti ENAAAK memang. Btw Padang bulan tempat sekolahku dulu. Aku dulu di Al-Azhar Medan. Nama tempat makan lontong medannya apa mba, kalo aku mudik, aku datangin juga ๐Ÿ˜˜

  5. rivai hidayat berkata:

    kemarin baru nonton film ngeri-ngeri sedap, kemudian baca tulisan mbak fanny. Harapannya sih ada mie gomak. scroll sampai bawah ternyata tidak ada. Ga ada rekomendasi ttg mie gomak mbak fanny…?

    Mungkin yang punya green kupi dan pos kupi itu masih saudara atau kongsian. Makanya mereka ga khawatir dengan persaingan antar warkop. Tapi aku suka lihat tradisi atau kebiasaan ngopi orang aceh dan medan. Warkop sederhana malah lebih ramai dibandingkan kafe dan semakin malam malah semakin ramai.

    Aku juga termasuk tim yang biasa menghabiskan kuah masakan mbak fanny. Pokoknya piring harus bersih tanpa sisa, termasuk kuahnya..wkwkwk

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Karena mie gomak, udah pernah aku bahas di tulisan2 lama ttg kuliner Medan mas ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Makanya aku ga tulis lagi di sini. Ada kok di Medan yg enak. Cuma memang pas liburan kemarin, aku juga LBH kangen Ama lontong Medan sih ๐Ÿ˜…

      Bisa jadi sih mereka sodaraan Yaa, atau 1 owner sbnrnya ๐Ÿคฃ. Konsepnya sama plek2 sih hahahah

  6. Sugi Siswiyanti berkata:

    Ya ampuun, ceglak-cegluk aja nih tiap baca 1 tempat trus lanjut ke tempat lain. Apalagi bagian kuliner Acehnya. Secara saya doyan banget kuliner Aceh. Kapan ya bisa ke Medan? Soalnya ngga punya keluarga juga di sana.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ada banyak blogger Medan juga mba di sana, bisa lah ketemuan ntr kalo ke Medan ๐Ÿ˜„. Medan juga ramah turis kok. Tapi kalo angkutan umum memang agak bingungin. Kalo sedang ga bawa mobil sendiri, aku LBH suka gocar kemana2๐Ÿ˜„

      • Khanif berkata:

        kok aku kepingin yang mie aceh itu ya mbak, beberapa kali pernah nyobain tapi yang versi instan indomie ๐Ÿคฃ, pengen nyobain rasa aslinya kayak gimana ๐Ÿ˜

        btw itu rekomendasi makan segitu banyak nya, mbak fanny pas nyobain makanya gak sehari full kan mbak ๐Ÿ˜‚

  7. Suciarti Wahyuningtyas berkata:

    ya ampuuunnnnn… banyak ini rekomendasinya dan betuk nanti kalau pas ada kesempatan ke Medan jadi gak bingung lagi mau cari rekomendasi kuliner khas Medan. Aku itu ke Medan 2x karena ada acara keluarga suamiku, tapi gak pernah jajan kuliner begini malahan. Diajak sama saudara di Medan malah ke resto di Mall gitu.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Berarti ntr bakal datang lagi mbaaa ๐Ÿ˜„. Nanti cobain deh makanan2 wajib coba nya kalo di sana. Saking banyaknya kadang bingung mau makan yg mana dulu

  8. Khanif berkata:

    kok aku kepingin yang mie aceh itu ya mbak, beberapa kali pernah nyobain tapi yang versi instan indomie ๐Ÿคฃ, pengen nyobain rasa aslinya kayak gimana ๐Ÿ˜

    btw itu rekomendasi makan segitu banyak nya, mbak fanny pas nyobain makanya gak sehari full kan mbak ๐Ÿ˜‚

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ga bisa disamain kalo perbandingannya Indomie mie Aceh nif ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Langit dan bumi rasanya ๐Ÿคฃ.

      Aslinya itu rempah banget, tapi ENAAAK. Cuma kalo di JKT sendiri aku blm Nemu yg bener2 enak kayak aslinya ๐Ÿ˜‘

      Ga laaah, aku cobain selama aku di Medan. 1-1 . Itupun ga tiap hari. Kan aku agak lama pas di Medan kemarin

  9. mrhanafi berkata:

    Penang yang awak kata itu di Malaysia ya..

    kalau betul memang awak boleh juga berbahasa Malaysia dengan baik hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaaaa bang… Saya kuliah di Penang 4 tahun berdua dengan adik saya ๐Ÿ˜„. Dulu lebih lancar cakap Melayu, kalo sekarang dah agak kurang Krn tak pernah cakap lagi. Tapi saya masih ngerti kalo teman Malaysia cakap ๐Ÿ˜„

      • mrhanafi berkata:

        wah kalau begitu cerita wajib selalu datang ke blog saya…sebab saya guna bahasa Malaysia hehehe

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Itulah bang, karena saya rindu pakai dan dengar bahasa Melayu. Dulu teman Melayu saya tak banyak, lebih banyak international students dari berbagai negara. Jadi saya belajar bahasa Melayu dari temen yang memang Melayu lah. Dulu lancar cakap, kakao sekarang karena udah jarang pakai, tak lancar lagi, tapi masih paham tiap kali nonton film Malaysia di Netflix ๐Ÿ˜

  10. NA berkata:

    Longing Kak Umi nampak menggiurkan.
    Nampaknya dcatqueen kena selalu tulang ke Medan untuk rasa mi Indomie yang sedap.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ๐Ÿ˜‚ beneeeer kak na. Kalau saja tiket ke Medan dari Jakarta tak terlalu mahal, dah sering kali saya balik ke Medan mungkin ๐Ÿ˜„. Hanya untuk kulineran ๐Ÿ˜

  11. NA berkata:

    Lontong Kak Umi nampak menggiurkan.
    Nampaknya dcatqueen kena selalu tulang ke Medan untuk rasa mi Indomie yang sedap.

  12. Sandra Hamidah berkata:

    Baca ini auto pagi2 kok jadi laper lagi mba, kayaknya semua menu diatas bisa dimakan ama sayah hahaha klo suami rada2 pilihan org nya jadi kadang suka bingung klo cari tempat makan lol. Semoga bisa ke Medan suatu hari nanti soalnya belum pernah kesana heheh

  13. Nasirullah+Sitam berkata:

    Kalau kata kawanku, misalnya aku ke Medan kudu menikmati suasana kedai kopinya dan roti bakar di kedai tersebut hahahahahha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ohhh beneeeer. Itu jugaaa hrs coba mas. Aku juga suka sebenernya ke kafe2, tapi kadang banyak yg tempatnya jauh dr rumahku. Jadi pas pulang kemarin cuma bisa Icip2 yg Deket rumah aja, pos kupi Ama green kupi.

  14. Nursini+Rais berkata:

    Kalau di Medan yang ngetop sate Padang Afrizal Amir. Di Kerinci/Sungai Penuh sini sate Amir. Tapi semenjak Pak Amirnya tiada, warung satenya sudah mulai redup. Kini dikelola oleh anak2nya. Di segi rasa memang tak berubah. Tapi penampilan tempatnya agak kusam. Kurang sesuai lagi dengan zaman. Khususnya selera kaula muda. Saingan menjamur di setip sudut kota.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha, kalo buatkl suamiku dan aku juga sih , yg penting buat kami rasa Bun… Mau tempatnya ga hype atau vintage banget, ga masalah ๐Ÿ˜. Tapi memang kalo anak zaman skr, yg penting cakep buat foto Yaa ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚

  15. Retnawati+Mohd+Yusof berkata:

    Wah pelbagai kedai makan ada di sana.. Kalau berpeluang jejak ke medan, pasti akan ku coba list di atas hehe

  16. Ekopriantoblog.id berkata:

    Ngomong ngomong soal burung puyuh goreng,,,dibandung sini juga ada,,,awalnya mikir mikir juga mau beli karena ukurannya kecil hhi…tapi penasaran juga akhirnya beli…dan ternyata enak banget…sekarang tiap lewat sudah jadi semacam kewajiban untuk selalu beli…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beneeeer mas. Awalnya kan mikir Yaa, kecil amat nih burung ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Apalagi di JKT harganya perporsi 1 ekor. Tapi di Medan ini per porsi 5 ekor. Jadi sbnrnya lebih worth it di beli ๐Ÿ˜‚

  17. Akbar S. Yoga berkata:

    Saya juga baru tahu ada sate Padang dengan daging ayam dan kambing. Selama ini tahunya mah daging sapi aja, makanya kurang sreg. Siapa tahu nanti bisa nemu juga yang daging ayam. Haha.

    Mie Aceh goreng nyemek tuh kalau di warung langganan saya biasanya disebut mi tumis. Andai aja belum makan, mungkin habis baca ini bakal langsung beli. Apalagi juga habis hujan. Pesan yang pedas bakal mantap. XD

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaaa mie Aceh nyemek biasa disebut tumis memang ๐Ÿ˜.

      Oh kamu ga suka daging Yaa? Naah cocok kalo gitu makan yg sate Padang Ayam. Aku pribadi kalo sate padang ttp lebih suka sapi. Kalo ayam cendrung sukanya pake bumbu kacang ๐Ÿ˜„

  18. Hicha Aquino berkata:

    Lontong Bang Iwan yang di Johor sama yang di sebelah SMA 1 itu sama nggak ya, Kak?
    Pas googling2 gitu, direkomendasiin Lontong Kak Lin, tapi terus sama supir ojol (atau sama teman ya *malah lupa XD*) rekomendasiin Lontong Bang Iwan, katanya Lontong Kak Lin udah berubah rasanya. Terus dia nambahin kalau Bang Iwan ini suaminya Kak Lin dan Kak Lin udah meninggal gegara Covid. Random bener aku bisa tau beginian wkwk.

    Direkomendasiin juga Agem Senyum, tapi entah kenapa seminggu di sana nggak pengen makan indomi. Padahal ini ngeliat foto di postingan kak Fanny, ngiler juga aku wkwkwk

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Neeeeesy, iyaaa bang Iwan ini mantan suaminya ada ๐Ÿ˜„. Kamu tau juga Yaa hahahahha.

      Adekku sih ga suka ya lontong kak lin, Krn katanya cendrung agak manis. Ga gurih kayak kak umi atau nenek Farah. Kayaknya sih selera yaaa.

      Waah aku baru tau kak lin udah meninggal ๐Ÿ˜”. Tempatnya agak jauh sih, makanya aku jarang bisa cobain yg kak lin ini.

      Agem senyum wajib kalo ntr ke Medan lagi ๐Ÿ˜„. Ini udh masuk ke list kuliner wajib yg ga boleh lupa aku datangin ๐Ÿ˜„

  19. abam kie berkata:

    sudah lama tidak merasa masakan Indonesia especially nasi padang. pernah ke sumatera barat tp belum sampai di Medan.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sumantera baratpun enak2 kulinernya bang. Saya sukaaa, tapi memang kuliner Sumatra nih agak mirip, dan menggunakan rempah yg sama. Makanya lebih cocok di lidah saya drpd kuliner Jawa

  20. muti berkata:

    Wah enak-enak semua kelihatannya,masakan melayu memang TOP, aku mau dong diajak wisata kulineran hehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kuliner Melayu istimewanya karena banyak pakai rempah ya mba , ๐Ÿ˜. Kapan2 kita ketemuan deh, ntr puas2in kuliner bareng aku ๐Ÿ˜‰

  21. Avizena+Zen berkata:

    lapaar Kak help, wkwkkwk
    Mie aceh uwoow kalo bikin sendiri capek mah mana bumbu dan rempahnya banyak. Mending beli xixixiix.

    Penasaran ama lontong medan dan sangernya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku ga mau bikin sendiri mba, mana rempahnya banyaak trus kdg pake rempah yg susah nemuin di Jawa ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Makanya rasa jarang bisa enak kalo mie Aceh di luar Sumatra. Bedaaa bgt Ama yg rasa aslinya.

  22. Nurul+Sufitri berkata:

    Mie Aceh nyemek, Lontong Malam, sate padang, duh semuanya enak2 menggugah selera banget deh. Bisa jadi kalau suatu hari aku traveling ke Medan, baca ulasan mbak Fanny ini, aku jadi bingung mau wiskul duluan di mana hahaha ๐Ÿ˜€ Rata2 bumbunya istimewa ga, ga dikurangi bumbu aslinya kayaknya ya mbak? Meskipun sekarang segala bahan masakan banyak yang naik harganya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaa mba, ikutin rekomendasiku aja ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜. Itu udah aku cobain semua kok. Beberapa memang di area Medan Johor, tapi sbnrnya Medan mah ga jauh2 amat ke tempat 1 dengan yg lain. Beda Ama JKT yg dari Jaksel ke Jaktim bisa stress wkwkwkwkw

      • Nurul+Sufitri berkata:

        Berareti cafe T1311 ini yang paling nyaman tempatnya ya di antara semua yang mbak Fanny sebut di atas? Luas, adem, dan cocok buat makan bareng keluarga atau bererot ajak semua hihihi. Kalau warkop Agem Senyum itu seru juga ya. Kita bisa nikmati mie2an, kopi2, ngeteh dan menu2 santai sehari2. Siap2 naik BB soalnya kardo semua wakakakakak ๐Ÿ˜€

        • Nurul+Sufitri berkata:

          Typo: karbo.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Kalo yg paling nyaman, iyaa ๐Ÿ˜. Krn cafe kekinian kan. Tapi aku pribadi yg paling suka Yaa agem senyum hahahahah. Ga terlupakan rasa indominya mbaaa ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ‘

          • Nurul+Sufitri berkata:

            Aku baru satu kali makan burung puyuh goreng. Melihat foto di sini kayaknya enak banget, dogoreng garing gitu dengan samal dan nasinya yang panas eeeaaa. Perut meronta2 minta diisi deh. Kalau sate Padang, suami dan anak2 yang doyan,. Yang di kedai Amir ini sepertinya istimewa ya. Iya sih jeroan, makanya aku ga mau wkwkwkwk. Di Medan ada yang jual sate Padang dengan daging sapi riil ga sih Hihihihi….

          • Fanny Fristhika Nila berkata:

            Ada banget mbaaa. Tergantung selera aja. Mau yg daging thok, atau campur jeroan. Atau mau yg ayam. Di sini mah ada semua, LBH komplit drpd sate Padang Jakarta

  23. herva yulyanti berkata:

    aku baru tahu lontong medan pake tauco gimana ya rasanya soalnya aku ga terlalu suka sama Tauco mba wkwk..dulu ke Medan cuman makan soto aja wkwk

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Isssh jgn salah mba. Tauco Medan bedaaa rasanyaaa ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ‘. Aku udh cobain macam2 tauco, tapi memang tauco Medan itu gurih. Sbnrnya tauco yg dipake di lontong ini ga banyak kok mba. Krn fungsinya lebih ke sambel.njadi irisan cabe rawitnya yg rame. Tauconya berfungsi UTK kasih rasa gurih. Bukan yg mendominasi kok.

  24. Reyne Raea berkata:

    Ya ampyuuuunnnn, buanyaaakknyaaahhhh hahahahaha.
    Ini mah beneran rekomendasi yang sesungguhnya ya.
    Dan memang merepresentatif kata-kata, kuliner Medan itu, cuman ada 2 pilihan, enak dan enak banget ๐Ÿ˜€

    Btw, jujur ya, saya kirain semua orang Medan itu adalah Batak, hahaha.
    Dan saya juga kira, di Medan itu mostly non muslim kayak Manado dan sekitarnya itu, ternyata enggak ya.
    Jadi bebas wiskul macem-macem.

    Saya jadi ngiler dengan indomienya Mba, penasaran juga, mereka kasih bumbu apa ya, liat fotonya aja, itu karakteristik indomie yang enyak ๐Ÿ˜€

    Yang saya suka, Mba Fanny nggak cuman kasih rekomendasi makanan yang harganya uwow, dan modern gitu, ternyata bahkan di warung-warung yang sederhana juga banyak yang enak ya.

    Saya lalu berpikir, di Surabaya, warung makan yang enak di mana ya?
    Keknya nggak ada wakakakak.
    Makanya Medan wiskulnya dibilang enak dan enak banget, ternyata banyak yang enak dan enak banget itu.

    Yang ikan parinya itu menggoda banget Mba dagingnya tebel banget, saya paling suka makan ikan yang dagingnya banyak gitu, makanya suka cakalang atau tuna ๐Ÿ˜€

    Kalau lontongnya, jujur saya kurang doyan makan lontong sih, tapi liat rekomendasi ini, kok ya ngiler ya.
    Ini beneran deh, kalau liburan lama di Medan, auto melebar wakakakak

    Oh iya hampir lupa, sama mie aceh itu Mba, kayaknya kok enyak banget, saya bahkan lebih ngiler liat mie aceh ketimbang indomie, hahahaha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha banyaaak yg menyangka gitu kok Rey. Dikirain Medan itu identik Batak, dan mostly non muslim. Mungkin benar kebanyakan non muslim, tapi kuliner halalnya banyaaak banget juga. Jadi ga susah sih cari makan. Aku cuma ga berani kalo kulineran nya ke China town. Soalnya udah pasti ratq2 ga halal.

      Untungnya aku ada adek sih Yaa, yg memang stay di Medan. Jadi tau banget tempat mana yg bisa aku datangin, mana yg jangan ๐Ÿ˜„.

      Kalo makanan2 mahal atau yg restorannya bagus di Medan, aku ga gitu tertarik, Krn di JKT banyak ๐Ÿ˜„. Jadi kalo ke Medan pastinya LBH suka nyobain yg khas di sana. Sesekali bolehlah DTG ke restorannya atau kafe. Kayak yg T1311. Tapi itu juga Krn mau ketemuan Ama blogger mas Ari ๐Ÿ˜‚. Kalo ga, mungkin ga bakal kesitu aku hahahah.

      Samaaaa kita, aku pun sukaaa bgt ikan yg tebel2 dagingnya. Memang lebih enak dan biasanya ga amis, ya kaaan ๐Ÿ˜

      Isssh padahal aku berharap kamu tulis aneka kuliner enak di Surabaya loh Rey. Tahn depan aku mau kesna soalnya ๐Ÿ˜„. Ketemuaaan yuuuk. Blm tau bulan apa sih. Ama temenku yg kemarin ke Jogja

      • Reyne+Raea berkata:

        Keknya saya lebih baik kulineran di Medan ketimbang di Surabaya Mba, karena makanannya mostly makanan Jowo, jadinya ya gitu itu, enak tapi nggak terlalu menggugah rasa khususnya orang luar Jawa.

        Makan makanan di atas itu, beneran liat aja sedapnya kerasa di hati Mba, bumbunya itu khas banget, bikin kita kalau makan tuh sulit berhenti ๐Ÿ˜€

        Kalau di Jawa, seenak apapun makanannya, seporsi udah cukup banget ๐Ÿ˜€

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Bedanya kuliner Jawa dan Sumatera itu di rempah sih Yaa.. soalnya kalo Jawa timuran, pedes juga, tapi ga terlalu rempah kayak sumatera. Kamu bisa jadi suka yg sumatera punya, karena daerah Sulawesi juga cendrung rempah kan makanannya, jadi lidah bisa cocok ๐Ÿ˜„.

          Kalo aku memang yg penting pedes aja hahahahah. Makanya makanan Jatim aku lebih pas drpd yg lain Rey ๐Ÿ˜…

  25. momtraveler berkata:

    mbak baca postinganmu ni aku jadi pengen nangis deh. jadi kangen medan mbak aku kalo pulang ke aceh pasti menyempakan beberapa hari kulineran di medan dan auto menggendut. lha pie enak2 semua kuliner medan, apalagi menu yg bumbuny khas2 india arab gitu aku sukaaaa…
    lontong kak umi aku pernah enyaaaakk bangeet

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yaaaa kaaaan. Kuliner Medan, Aceh, Padang, Palembang, lampung , itu aku suka2 bangeeeeeet mbaaaa. Kalo kota lainnya di Sumatra belum coba, jadi baru bisa bilang 5 kota itu.

      Ga ada yg ga enak. Makanya paling seneeeeng kalo ada kesempatan pulang ke Sumatra. Malah aku pengennya kliling Sumatra naik mobil, biar puas kulineran dari ujung ke ujung ๐Ÿ˜„

  26. Yuni Bint Saniro berkata:

    Aku ingat pernah dibawain tauco sama temenku yang mudik ke Medan. Tapi aku nggak bisa mengolahnya. Akhirnya itu tauco cuma ngendon aja di kulkas. Nungguin temen yang dari Medan lain masakin. Hehehe

    Tapi, emang kelihatan banget. Kuliner Medan tuh enak-enak.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku yg orang Medan aja ga bisa ngolahnya mbaaa, harus nunggu mama ke Medan wkwkwkwk. Emang dasarnya aku ga bisa masak kayanya ๐Ÿคฃ.

      Naah beneeer, kuliner Medan atau kuliner Sumatra lah, ratq2 semua enaaaak enak. Itu yg bikin aku ga pernah bosen kesana

  27. Lisdha www.daily-wife.com berkata:

    Rrrrrrr….membaca satu per satu tapi kok sepertinya aku belum pernah menginjak satu pun wkwkwkwk. Terlalu gak gaul apa…hahaha. Dulu aku ga pala suka lontong Medan. Tapi ketika di Mks nemu warung lontong sayur, langsung berasa nostalgia. Tapi dua kali coba lontong sayur di sini di tempat yg berbeda, tetap nggak sama dg rasa Medan. Ya iyalaaah..uda beda tempat biasanya sudah penyesuaian selera.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Pasti udh beda ya mbaa. Lah aku aja sudaaah cari kuliner Medan yg identik kayak di sana di JKT sini. Ttp aja ga bisa sama 100%.

      Makanya kalo udah kesana, aku pasti puas2in makan lontong Medan dan semua fav ๐Ÿ˜„.

      Mungkin mba blm pernah cobain yg di atas Krn beberapa lokasinya Medan Johor sih. Agak jauh dr tempat mba sih Yaa? Kmrn mudik aku ga lama di Medan, dan banyakan di rumah. Makanya mostly daerah Medan Johor ๐Ÿ˜‚

  28. Devina Genesia berkata:

    Ngiler deh liat indomie nyemek nyaaa. Menariiik dan kelihatan enak bangeeet mbaaa. Btw banyaak juga makanan yang di cobaaa. Ikan bakarnyaa jugaa enaak tuuh, lontongnya jugaa enaaak. Jadi lapaar baca postingan ini mbaa hhha..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Pokoknya kalo ke Medan, dan suka Indomie, JANGAN PERNAH GA DATANG ke agem senyum Dev ๐Ÿคฃโค๏ธโค๏ธ. Itu wajiiib laaah pokoknya. Ya tuhaaan aku pengen lagi indomienyaaa hahahahha.

  29. Nik Sukacita berkata:

    Medan memang selalu menawarkan rasa yang tidak bisa ditolak dan tulisanmu mba ya Tuhan bikin ngeces, untung aja tidak lagi puasa kalau ga bisa batal ini wkwkwkwwk

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha, hayuuuuk mba nik, ke Medan lagi. Cobain aneka kulinernya. Jgn terlalu bentar kalo kesini yaaa ๐Ÿ˜„

  30. Tukang Jalan Jajan berkata:

    Dari kemaren kepengen banget makan lontong sayur ama sate padang. Ngebacain artikel ini semakin mengguncangkan produksi air liur. sungguh sedap dan menggoda iman banget sih ini. duhhh besok kudu nyari euy!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Wkwkwkwjwk selalu suka baca komen mas dodon. Bikin ngiler lagi aja Ama kuliner2 ini ๐Ÿ˜‚. Kalo ga jauh mah, udah aku cari mas. Cuuuuus lah cari sate Padang di ponti. Ntr aku masukin list juga utk dicoba ๐Ÿ˜˜

  31. Kuliner Asyik berkata:

    Aduh rekomendasinya bikin pengen pergi ke kampung mba Fanny.. Lontong malam itu menggiurkan deh penampakannya. Horas!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Wajiiiiiiib memang mbaaa ๐Ÿ˜„๐Ÿคญ. Pokoknya kalo ke Medan lontong nya harus cobaaaa ๐Ÿ˜˜. Baru mudian kalo suka Indomie agem senyum deh, serius indomienya bedaaa

  32. Eni Martini berkata:

    Jujurly, aku pusiiing mb kalau baca blogmu yang kuliner, pusing menahan ludahku yang berasa asin sendiri wkwkwkkw.Asli , terlihat enak dan meracuni untk harus mencobanya. Kalau jauh begini kan gaswat wkwkwk, mie aceh itu kalau pas cocok di lidah, gilak juara banget.Aku sampai susah berhenti buat makan sekaligus sama acara bawangnya, kacangnya, hadeeeewwwwww..besok harus beli nih, nyari di sekitar jagakarsa ah

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Betooooooil mbaaa. Mie Aceh kalo udah Nemu yg enak, beuuugh susah lepaaaas hahahahah. Dan di Jaksel yg cocok Ama seleraku baru yg Seulawah Benhil. Yg di Jagakarsa aku belum pernah coba. Jadi blm bisa bilang. Dulu Deket kos ku di Setiabudi ada juga. Tapi ga yakin deh masih jualan

  33. Wida berkata:

    Auto ngiler mbak, enak-enak semua penampakannya. Aku penggemar lontong medan disini, soalnya lontongnya pasti pakai dibuat dengan daun dan tekturnya lembut.

    Kesimpulannya tetep indomie seleraku hihihi

  34. auqri berkata:

    Wahhh asik nih banyak list yang bisa dikunjungin kalau nanti berwisata di medan, aku paling suka warteg-wartegnya itu sih.. Apalagi kalau buta map kayak saya gini bisa membantu banget kalau mau kulineran..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naaah iya mas… Bisa pake referensiku ini kalo ntr bingung mau makan apa di Medan ๐Ÿ˜„. Soalnya memang buanyaaak bgt jenis kulinernya ๐Ÿ˜

  35. Kyndaerim berkata:

    Aaww.. Medaaan.. Memang yg bikin kangen kulinernya sih. Sate Padang Afrizal Amir udah jadi kuliner wajib sih kalo aku mudik. Nggak lawan!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaaaa kaaaaan samaa kita mbaaaa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜„. Ama sate Padang simpang waspada, pernah coba gaaa. Enak jugaa.

  36. Nur+Asiyah berkata:

    Kenapa kalau rival kebanyakan deketan ya, kayak Pos Kupi sama Green Kupi ini, hehe. Padahal udah penasaran enak yang mana, ternyata harus coba sendiri ya biar benar-benar yakin. Semoga bisa liburan ke Medan nanti.

  37. DiCapriadi berkata:

    Makasih informasi rekomendasi kuliner di Medan, next kalau ke Medan udah ga perlu bingung lagi mau makan dimana ya

  38. Ria berkata:

    dari semuanya, yg aku pernah pergi cuma Macehat doang… wkwkwkwkw…. Kl sm mama, bisa2 ia bakal kepingin yang sate padang sama lontong malam… Kl aku tertariknya sih yg ngadem ya, yg T1311 ^_^

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha macehat memang legend mbaaa ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

      Naah T1311 wajib siiiih. Itu memang asik kafenya. Aku betah juga kesana. Makanya enak, dan masih penasaran aja si croissant ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚

  39. DiCapriadi berkata:

    Mantep, makasih banyak rekomendasi kuliner di Medan nya. Jadi ga bingung lagi nanti kalau pas main ke Medan.

  40. lendyagassi berkata:

    Enak luar biasaaa..
    Kuliner Medan emang never failed yaa, kak Fan.. Apalagi penyuka makanan dengan bumbu ‘berani’.

    Itu tempat makan yang nyediain mie goreng doank ituuu…paling wajib dicoba.
    Hhhee… soalnya aku suka mie. mie. mie.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Cucoooook berartiii harus cobain agem senyum kalo ke Medan mba Len ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„. Dijamin ketagihaaaaan. Enaak banget bumbu mie nyaa hahahah

  41. Jiah Al Jafara berkata:

    Belum kepikiran buat ke Medan, tapi makasih rekomendasi tempat makannya. Itu yang jual Indomie, kayanya yang bikin enak tuh Mas Kokinya deh. Cakep, hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naaah samaaa pikiran kita ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Aku pun pas ngeliat, langsung mikir, cakep juga yg masak hahahaha

  42. Hastira berkata:

    Saya penasaran lontong medan asli medan. Pernah nyoba di bandung. Biasanya kalau bukan yang asli dari medan agak berbeda rasanya. Semoga bisa main ke sana dan merasakan lontong medan

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku aja blm Nemu yg 100% identik Ama lontong Medan di Jakarta mba. Biasanya adaaa aja bedanya. Palingan cuma mendekati. Makanya kalo pulang ke Medan aku pasti puas2in

  43. Rani R Tyas berkata:

    Daerah Sumatra tuh terkenal sama wisata kulinernya ya Mbak, tapi buat sebagaian orang Jawa kadang kaget sama rasa yang biasanya. Tapi aku sih suka sama dendeng yang dari Medan.. hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Suamiku kan solo ya mba, dia awal2 tuh kaget Ama masakan Tapanuli, Krn semuanya serba rempah2 ๐Ÿ˜‚. Apalagi pas disuguhin gulai udang tapi pake daging durian dicampur kedalam. Awalnya ga suka, lama2 dia bisa trima. Malah beberapa kuliner Medan, jadi fav nya juga ๐Ÿ˜…. Harus oelan2 sih, buat orang yg memang lidahnya cendrung ga terlalu rempah. Krn semua makanan sumatera pasti banyak rempah , beda Ama Jawa yg simple dan bening. Tapi aku suka juga makanan Jawa. Pada dasarnya aku suka nyobain semua jenis makanan mba ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„

  44. Dedew berkata:

    Ya ampun semua makanan dan minumannya bikin ngiler Mbak, jadi pengen kulineran ke Medan, belum pernah aku main ke Medan semoga nanti ada rezeki bisa berkunjung ke sana ya…kangen banget pasti ya empat tahun baru bisa mudik..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo ke medan, tujuan utama wiskul aja mba, biar puaaas ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Krn memang seenak itu sih makanannya. Aku ga pernah ngerasa puas kulineran kalo udh ke Medan

  45. Azhafizah berkata:

    Akhirnya dapat pulang ke kampung juga selepas bertahun lamanya tak balik. Nanti kembali ke Penang boleh jalan jalan cari makan di sini pula. Sate dan lontong makanan kegemaran. Tapi rupa lontong disana sedikit berbeza.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Insyaallah tahn depan, nak ajak anak2 ke Penang , lihat college mamanya ๐Ÿ˜„. Dah rinduuuu sangat kat Penang lah. Rindu juga dengan kuliner nya

  46. Peri Kecil Lia berkata:

    Asik banget udah direkapin list makanan di Medan oleh Kak Fanny ๐Ÿ˜†. Terima kasih banyak untuk rekomendasinya, Kak!!
    Yang paling aku incar adalah lontong medan dan croissantnya wkwk. Aku tipe orang yang selalu pengin cobain makanan khas suatu daerah di daerah asalnya langsung. Pengin bandingin gitu lebih enak yang ada di asal atau yang udah dibawa ke Jakarta ๐Ÿคฃ. Kalau croissant, karena aku suka banget sama croissant, aku langsung ngiler dan penasaran pengin cobain croissant yang Kakak sebut ๐Ÿคฃ. Semoga next kalau Kak Fanny ke Medan, bisa kesampaian coba croissantnya yaa! Hahaha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku pun lebih suka nyobain makanan daerah di tempat asal Li. Krn pasti bedaaaa. Makanan Aceh dan Medan itu susah diduplikat sama Persis, Krn ada bahan2 yg sudah didapat. Jadi rasanya ga akan bisa sama. Makanya aku lebih suka nyobain di tempat asalnya

      Iya nih, kalo ntr ke Medan mau ngajakin si adek makan di t1311 ๐Ÿคฃ. Harus dpt croissantnya hahahah

  47. Rudi Chandra berkata:

    Saya yang 6 tahun pernah tinggal di Medan kok malah belum pernah nyobain satupun kuliner di atas ya?

    Nyoba kuliner yang sejenis pernah sih, kayak mie aceh, lontong medan, soto medan, tapi tempatnya berbeda.

    Kayaknya pas pulang kampung ntar, harus nyobain lagi kuliner di sana deh.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Haiyaaaa, harus cobaaain pas pulang mas ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Tapi kalo lontong Medan dan nasi gurih mah, tempat mana aja pasti ada di Medan. Setidaknya cobain yg agem senyum lah ๐Ÿ˜„

  48. Nita Lana Faera berkata:

    Lontong Medan ini terkenal sama gulai tauconya ya. Bahkan tauco yg enak pun, dulu ibu di pasar elok juga rekomendasikan tauco medan. Sate padang di sini pun juga ada yg sate ayam. Di Jakarta kita hampir gak pernah nemu ya, haha… Biasanya biar harga jualnya lebih murah. Mie aceh kebayang bumbu karinya yg bener2 ori ini. Oh jadi Mba Fanny memang lebih dibesarkan dan mengenal Aceh ya. Asyik, Mba. Jadi banyak mengenal daerah2 termasuk ibukota Jakarta ๐Ÿ˜€

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beneeer mba nit. Kata mama juga tauco enak itu dari Medan. Makanya dulu pas di Aceh selalu nyetok banyak tauco tiap ke Medan. Tapi skr sih Krn udh di sana, kapan aja bisa beli ๐Ÿ˜‚.

      Oh jadi supaya harganya lebih murah yaaa. Dan sbnrnya utk alternatif orang yg ga bisa makan daging kali Yaa. Ada temenku suka sate Padang, tapi selalu bikin sendiri pake ayam. Krn dia ga bisa makan daging merah. Mungkin hrs makan di Medan atau Padang sekalian ๐Ÿ˜„

      Jujurnya iyaa, aku lebih tau aceh drpd medan. Krn lebih lama di sana. Medan itu cuma 6 bulan pas SMU. Pindah pas pertengahan masuk. JD aku ga inget blas jalan2nya

  49. Kangg Mas Joe berkata:

    Dicatet dulu deh, ini. Nampaknnya sedap-sedap makanannya. Walaupun ga tau kapan mau ke Medannya, heheh

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Semoga nanti bisa ke Medan juga Do ๐Ÿ˜Š. Banyak tempat wisatanya dan surga kuliner kalo di sana

  50. Ade UFi berkata:

    Ternyata emang kalau hamil tuh ngaruh banget ya sama selera makan anak. Anak ketigaku nih hobi banget sama makanan manis dan gurih. Paling suka kalau makan nasi menunya santan. Soalnya waktu hamil saya juga suka banget sama semua makanan gurih bersantan. Macam mamer mba Fany yg suka sate padang ya.. Hahaha..

    Saya keknya mau cobain semua deh kalu ke Medan. Terutama yg lontong malam. Saya pikir itu bukanya malam, krn namanya lontong malam. Ternyata nama doang ya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku dulu juga mikirnya masa sih gitu. Tapi adek yg ketiga sukaaaaa bgt nasi goreng. Pas hamil dia mama memang doyannya masak nasi goreng dan nonton Unyil. Trus suka dengan tokoh Melani di Unyil. Jadilah si adek matanya sipit dan sukanya nasgor wkwkwkwjwk. Yg mata sipit becandain kami aja sih. Ga mungkin dr Unyil lah ๐Ÿ˜„. Palingan juga salah satu nenek moyang ada yg mata sipit makanya si adek sipit sendiri ๐Ÿ˜

      Duluuu katanya buka memang malam , pas awal berdiri. Tapi skr udh buka tiap saat mba

  51. Furisukabo berkata:

    Kak ga makan mie gomak? Gagara nonton Missing Home, aku jadi kepo sama rasanya mie gomak wkwkw

    Doohhh semua makanan yang direkomendasiin kakak bikin ngiler dah! Untung aku baca sambil sarapan jadi ga ngeces banget ini wkwkw Kayanya wajib nih cobain lontong medan yak. Aku pun pecinta lontong kak hehehe

    Warung kopi di sana luasss amat yak. Mungkin emang jadi tempat nongkrong lama-lama gitu kali ya kak?

    Aahh kapan ya aku bisa ke Medan haha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Krn aku udah pernah makan mie gomak mbaaa sebelumnya ๐Ÿ˜‚. Pas datang yg THN berapa. Dan ibu penjualnya ntah kenapa ga Nemu kemarin. Eh tapi mama ada masakin ๐Ÿ˜„. Cuma Krn itu masakan mama, ya ga aku masukin ke sini hahahaha. Mie gomak itu sama kayak mie Aceh. Kalo yg masak pinter dan jago enak. Tapi kalo skillnya B aja, rasanya pun B aja ๐Ÿคฃ.

      Krn minum kopi itu udah kayak tradisi di Aceh mba. Tiap saat mereka minum kopi. Bahas apapun banyak di kedai kopi. Makanya dibuat luas dan rata2 24 jam ๐Ÿ˜

  52. Bang Day berkata:

    Saya pernah 2 kali ke Medan mb. Tapi diajak tuan rumah malah menikmati mie Aceh. Saya harus gmn dong:)

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Jiaaah sayang banget ga ketemu aku ๐Ÿคฃ. Semoga kalo ke Medan lagi, aku juga lagi di sana mas, ntr aku ajakin kuliner ๐Ÿ˜„

  53. Nidy berkata:

    Sumur-umur belum pernah loh aku ke Medan. Tapi udah diniatin kalau ke Medan harus kulineran. Untuung aku udah baca blog post yang ini, jadi nggak bakal buta-buta banget kalau nanti kulineran ke Medan.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha cuuus ke Medan mba. Tapi ntr wiskulan aja yg banyak. Tempat wisata Medan agak jauh2 soalnya, yg berbau alam Yaa.

  54. Mbul Kecil berkata:

    Ya Alloh kemlecer paraaaah…Aku pengen nyobain gorengannya nenek farah abis baca deskribsiannya mba fan ahhahahahha….tetus yang warmindo adem senyum ealaaaa ga tahan kukihat telurnya masih nyempluk dan mienya keliatan kenyal enak gitu.

    Tadi aku mikir keladi tuh apa ya…apa semacam umbi umbian…isian pao goreng. Tapi dari semuanya aku lebih suka yang khasnya sana yang noncafe…lebih kerasa rasa lokalnya kalau kubilang…

    terus sayur ubi tumbuk pak suamiku dah pernah bikin ditambahin leunca ma dia…enak juga hahahha…aku beloman pernah kalau ke medannya langsung. Tapi hubby dah bolak balik karema masih ada kerjaan juga di sana walau PP doang trus cuma ceritain makanan makanan enaknya Medan…trus ku muoeng pengen ke medan ugha hihi

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Uwoooow ke Medan PP? Capek banget ya nit ๐Ÿ˜…. Next time, ikutan ajaaa, nginep 2 malam setidaknya biar bisa jalan2 wiskul nit ๐Ÿ˜„. Medan bakal puyeng sih kulinernya. Pada enak2 hahahaha.

      Aku malah blm coba bikin sendiri daun ubi tumbuk. Si mba asisten blm bisa. Jadi kalo kangen ini, palingan pas sedang di rumah mama ๐Ÿ˜.

  55. Heni berkata:

    Wuiih kalo liat menu”nya kayaknya endul ” ya..sy belom pernah nyobain makanan Sumatra kyk Aceh,Medan..palingan masakan Padang๐Ÿ˜ karena ada di mana”padahal sy jg orang Sumatra tepatnya Lampung,kebanyakan nyicip nmakanan dri daerah Jawa aja,liat kopinya jadi langsung ngiler,karena sy jg suka kopi,biasanya sih kopi item gtu bukan kopi kekinian mbk,palingan sesekali aja.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku blm bisa mbaa kalo kopi item, nah pas ke macehat itu, aku cobain deh, sekedar mau menikmati aja, kok ya temen2 yg pecinta kopi nikmat banget kayaknya. Ternyata ttp ga ngaruh, yg ada ga ketelen tuh kopi wkwkwkwkwkwk.

      Lampung aku memang belum pernah kesana, tapi bbrp Minggu lalu suami ke Lampung bisnis trip, dan aku nitip pempek Lampung yg selalu aku sukaaa ๐Ÿคฃ. Pokoknya tiap ada temen ke Lampung aku pasti nitip pempek Lampung. ENAAAK soalnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.