D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Okt 2017

30

WISATA KULINER PALEMBANG PART 3 (TAMAT)

mie celor palembang

Dua tulisanku sebelumnya, bercerita tentang aneka pempek , martabak HAR, Laksan dan pindang di Palembang. Masih ada satu lagi kuliner khas, yang juga rasanya ga sah ke kota sungai Musi , kalo ga mencoba ini, Mie Celor ;).

 

Ga ngerti juga kenapa namanya Celor, yang awal-awal denger dulu, aku pikir artinya ‘telor’ ;p #Tebakansotoy  #Lupakan. Nah, berhubung aku tipe orang yang suka ngebanding-bandingin, kita sengaja tuh datang ke Mie celor di dua tempat, supaya bisa tau mana yang paling enak :D. Hari pertama, nyobain  Mie Celor HM Syafei 26 Ilir, trus besoknya ke Mie Celor Poligon yang agak jauh dari pusat kota.

 

Baca:  Wisata Kuliner Palembang part 2, Martabak HAR, Laksan dan Aneka Pindang

 

 

Mie celor HM Syafei 26 Ilir

Mie celor HM Syafei ini deket banget ama Kampung Pempek yang sepanjang gangnya pempek semua itu.. Jadi kalo makan mie celor di sana, sekalian aja untuk nyobain pempek murahnya. Jadi saranku, bener-bener kosongin perut supaya puas mengganyang seporsi mie celor, lalu dilanjutkan aneka pempek murah yang ada di kanan kiri sepanjang jalan .

review mie celor hm syafei

 

Baca: Wisata Kuliner Palembang part 1, Aneka Pempek Enak di Palembang

 

Setelah dilihat, mie celor itu rada miripan  ama mie kocok Medan ya. Kuahnya sama-sama kental, gurih, disajikan dengan  mie, yang ditaburi tauge, seledri , bawang goreng, dan ditutup dengan potongan telur rebus. Rasanya? Buatku ini enaaaak!! Apalagi kalo dimakan dengan kerupuk Palembang yang juga disediin di setiap meja. Seporsi yang mengenyangkan ini juga ga terlalu mahal. Hanya Rp 15,000 ! Dan mie celor bagianku ludes ga bersisa sampai  titik kuah penghabisan ;p

mie celor hm syafei palembang

Tempatnya lebih luas kalo yang hm syafei, memanjang ke belakang

mie celor enak

Mie Celor Poligon

Keesokan hari, sepupu Raka ngajakin mencoba mie celor  lain, yang katanyaaaa nih, lebih terkenal dan lebih enak daripada mie celor HM Syafei sebelumnya. Aku langsung ngebayangin, yang kemarin aja udah enak parah begitu, mau seperti apa lagi rasa yang Poligon ini 😀

 

Lokasinya bisa dibilang jauh dari pusat kota, agak ke pinggiran tepatnya. Dari segi tempat sih lebih kecil, tapi harganya 2 ribu lebih mahal daripada yang HM Syafei  :D..

mie celor poligon palembang

mie celor poligon palembang

Semangkuk penuh mie celor panas, disajikan di depan kita. Wanginya menguar kemana-mana, dan aku jadi tau  kenapa mie ini sedikit lebih mahal, karena ada irisan udang yang ditaburkan sebagai topping, membuat rasa jadi lebih nendang daripada yang HM Syafei :D. Kuahnya maksimal  gurih, dengan mie lembut dan irisan telur yang diiris rapi memakai seutas benang. Aku nagiiih! Banget!! Kalo ke Palembang lagi, rasa-rasanya mie Celor Poligon ini yang bakal aku datangin balik :D.

mie celor poligon palembang

Abis makan mie celor, lalu sruput es kacang dingin 😉

es kacang poligon

Tapi semuanya balik ke selera yaaa ;). Namanya lidah ga ada yang sama… Mungkin yang penasaran dengan rasa Mie Celor sebenar, bisa mengikuti caraku. Cobain 2-2nya, lalu bandingkan sendiri 😀

62 tanggapan untuk “WISATA KULINER PALEMBANG PART 3 (TAMAT)”

  1. Wow telornya diiris rapi dengan seutas benang?
    #fixed deh makin tergoda bust ngetrip ke palembsng, gegara postingan berserimu mb fan aaaaaaaargh hahaha
    Takirain kushnya miripan mie aceh karena kentel or malah mirip laksa dingapur, ternyata mirip mie medan ya ^^
    Yg versi poligon sepertinya lebih nendang euy

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      nit, aku aja pgn banget bisa balik lg k palembang,. sumpah makanannya itu enak2 byangettt.. ini aja aku blm puas krn blm semuanya yg dicoba 😀

  2. MeriskaPW mengatakan:

    Dari penampakannya aja, keliatan lebih menggoda yang Poligon mbak. Kayak lebih rapi gitu platingnya *anaknya visual banget* 😀

  3. Hastira mengatakan:

    wah mie celr ya, ah kalau ke sana lagi beli mie celor ini

  4. jefferson mengatakan:

    mie celor memang paling menyenangkan, disamping pempek 🙂
    tekstut dan bumbunya itu loh… hmmmm khas banget. Dulu pernah dijadiin mie instan, terus sekarang udah gak ada, padahal rasanya sama teksturnya enak banget, hahahaha.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ihhhh aku malah ga tau pernah dijadiin mie instan… yg merk mana? ini mie emang enak banget yaaa

  5. muslimin11 mengatakan:

    nanti kapan-kapan mampir kesini. biar tau kenikmatannya.bisa ajak temen-temen ni, lagi pula harganya cukup terjangan dikalangan anak-anak remaja

  6. Herva Yulyanti mengatakan:

    Eah mba Fan, apakah ku mesti ke Palembang cuman mau makan sepiring mie celor ini?hahaha keliatan dari foto sih emang kuahnya kental yah penasaran ni belum pernah cobain samsek. Idenya oke juga y mba datang ke dua tempat bisa bandingin ternyata yang POligon lebih maknyos harganya 17rb lbh mahal tapi bikin ketagihan sih nda masalah y mba 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo mau coba yg ori dan enak, kyknya memang hrs ke palembang mba hahahahah… eh tp kalo di jkt aku bisa ksh tau resto palembang yg enak, termasuk dia jual mie celor… 😉 kalo di bandung aku ga tau

  7. Anis Hidayah mengatakan:

    Selain mie celor ini mirip sama mie kocok medan, menurutku juga miripan sama mie jawa lho mbak,,, Kira-kira rasanya gimana ya? enakan mana ya? ah musti nyoba nieh kalau ke Palembang, soalnya kan dekat tanah kelahiranku di Lampung,,,, 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      mas, kamu harus ke palembang deh… kamu pasti bakal bikin postingannya lbh lengkap dr aku… dan jauuh lbh banyak aku yakin 😀

  8. Dila Augusty mengatakan:

    Itu dikasih nama Poligon, apa pemiliknya suka nyepeda yah… Hihihi

    Itu es kacangnya menggoda amat siy malam-malam begini

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahah, aku curiganya diksh nama poligon krn di sana itu deket ama perkebunan karet mba.. bau karetnya sumpah deh nyengat bangettttt. taukan baunya karet kayak jalan di medan mau ke luar kota itu mba ;p.

  9. Edwina mengatakan:

    Thanks buat sharing, mbak. One day ke Palembang, post ini jadi contekan wisata kuliner, hehehe.

  10. Nah aku sendiri baru tahu yang Mie Celor Poligon. Mesti coba ntar kalo lewat. Yang jual mie celor banyak, biasanya kalah di kuah. Cuma kalo di sini dibilangnya kuahnya gurih, wajib dicoba dan bandingkan sendiri nanti 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      uwaaahhhh kamu belum tau poligon?? kamu coba dulu deh :D.. kalo ama orang palembang asli, aku ga berani jamin ini yg paling enak.. secara baru cobain 2 mie celor hahahahah… tapi buatku, yg poligon smentara ini paling enak sih 😀

  11. ria mengatakan:

    jd gak jelas ya kenapa namanya mie celor? hahahaha… yg terakhir dgn topping udang lbh menariiiikk

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa, emg lbh enak yg terahir juga mba.. wajib cobalah itu kalo ke palembang :D.. ntr yoo, aku tanya ama temen yg org palembang, apa artinya celor hahahaha

  12. Akbar S. Yoga mengatakan:

    Sekilas kayak Mie Aceh. Pas lihat dengan jelas, kuahnya aja beda warna gitu. Haha.
    Kayaknya belum pernah coba Mie Celor. Kalau Mie Kocok pernah deh beberapa kali di Eat n Eat. Sayang, makanan di mal itu entah kenapa kurang greget daripada yang di pinggir jalan. Ehe.

    Baca ini mendadak pengin makan mi. Dan ujungnya palingan mi instan. 🙁

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beda banget kalo disamain ama mie aceh yog :D.. yg ini ga ada pedes2nya.. gurih enak gitu… duuuh kalo makanan mall emg sudahlah… mahal doang itu mah ;p

  13. Liswanti mengatakan:

    Penasaran sama rasa mie celor, aku belom pernah. Kalau pemoekkan sering banget

  14. Anindita Ayu mengatakan:

    Es kacang dinginnya menggiurkan banget mbak.. Ah, kapan ya balik ke Palembang lagi.. >.<

  15. Nurul Sufitri mengatakan:

    Halo mbak Fanny, akhirnya kelar juga di part 3 nih cerita kulineran di Palembang nya hehehe.. Bener deh sama aku juga dulu mikirnya ini salah huruf atau gimana gitu, mie telor atau mie celor wkwkwkwk… Enak banget lihat penampakan di piring gitu, ada telurnya dibelah dua, pakai daun bawang, seledri ditambah sambal hhmm mantap. Minumannya es kacang dingin semangkok sendiri enak pastinya ya hhmm… enak!

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, iya kaan.. bagi yg bukan org palembang pasti lgs mikirnya telur ;p… hihihihi.. apaun artinya, yg ptg enak mba :p

  16. Agung Rangga mengatakan:

    Dibanding mie celornya, saya lebih penasaran sama rasa es kacangnya. 😀

  17. Momtraveler mengatakan:

    Es kacangnya menggoda pisan euy

  18. Nathalia DP mengatakan:

    Pernah nyoba bikin sendiri, tp blum afdal nih belum nyoba yg aslinya…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      enak mah kamu kalo bisa bikinnya mba ;p.. aku boro2.. dijamin gagal kayaknya ;p.. jd mending beli jadi aja

  19. iKurniawan mengatakan:

    belum pernah ke palembang. padahal deket dari Lampung ya. hahaha…

    es kacang itu seperti enak banget…

  20. Andi Nugraha mengatakan:

    Iya juga sih, cobain dua-duanya, kan jadi tahu ya, Teh, ah aku penasaran semua. Pengen coba, apalagi cuma lihat aja jam segini, lavar teh..haha

    Kuah mienya sekilas kayak bumbu kacang ya, Teh..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, mirip yaaa.. tapi ga ada kacang2nya kok.. ini beneran kuah kaldu udang dikasih maizena

  21. Anisa Ae mengatakan:

    Penasaran sama rasanya. Kalau pempek ma tekwan aku suka banget

  22. Nita Lana Faera mengatakan:

    Mie celor iya cukup terkenal juga ya. Kuahnya kental banget dan kelihatannya enak banget. Lagi2 minum es kacang merah ya, Mba Fan, haha…

  23. Nikmal Abdul mengatakan:

    Aku belum pernah nyobain Mie Celor. Sekilas kalau dari tampilan ama toppingnya juga mirip mie rebus ya, Mbak. 🙂

  24. lianny hendrawati mengatakan:

    Mie celor ini kuahnya cukup kental, pakai santankah?
    Belum pernah mencoba mie celor 😀

  25. Mugniar mengatakan:

    Mbak Fanny, tahu tidak, saya kalau baca review Mbak Fanny, percaya banget rekomendasi Mbak Fanny, kalau dibilang enak, pasti enak juga buat saya … jadi pengen mie celor-nya 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      isshh makasih loh mba niar :D.. tersanjung aku bacanya … tapi memang ie celor mah enak bangettttt.. kalo suka gurih pasti suka deh ama mie ini

  26. Kalau ke Palembang aku ingat pempek aja yg sudah terkenal 😀 . Mba itu es nya kacang apa, kacang merah bukan ya?

  27. farida mengatakan:

    ih gemes deh sama kuliner palembang. bikin mupeng tapi baru sedikit yang pernah saya coba 🙂

  28. Firda Winandini mengatakan:

    aaahhhh ini sih kesukaan aku banget Mbak, MIe Celor hehehee jadi ingin ke palembang nyobain mie celor asli nya soalnya aku kalo beli mie celor di Lampung jadi kurang cucok aja kalo belum nyobain langsung dari kota kelahirannya #eh hahaha

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Aku jg pernah makan mie celor di restoran palembang di jkt mba, dan rasanya ga seenak di palembang :D. Ga ada duanya lah kalo asli tempat asalnya 🙂

  29. Tuxlin mengatakan:

    Aku taunya pempek aja kalau di Palembang itu hehehehe… Mie celor baru tau, kayaknya menggoda ini… ada toping udangny, ntap 😀

  30. dita mengatakan:

    mi celor ini favorit aku banget kalau ke Palembang.

  31. Sukma Patel mengatakan:

    wihhh kebayang banget enaknya…bikin pengen apalagi di sini ga ada jualan mie yang enak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.