D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Apr 2017

29

MERASAKAN MENGINAP DENGAN AIRBNB

seoul

(Bukan Sponsored post)

Jika traveling-traveling sebelumnya aku dan suami lebih sering menginap di hotel, perjalanan ke Jepang dan Korea yang lalu, memaksa kita untuk memesan penginapan melalui situs Airbnb yang sebenarnya sudah sangat populer di kalangan wisatawan dan traveler. Kita aja yang telat untuk mencoba ;p

 

Hotel di Jepang itu mahal. Dengan harga Rp 1.5 juta saja, kita cuma  dapet kamar sempiiit berukuran 9-13 meter persegi.  Ada sih beberapa penginapan di bawah harga itu,  dan agak luas,  tapiii ternyata love hotel dan lokasinya jauh.  Dicoret juga pastinya.  Kalo nginep di hostel yang  lebih murah,  aku makin ga mau. Tau sendiri hostel kebanyakan harus sharing kamar mandi,  dan aku ga suka yang model begitu. Apalagi kitakan bawa anak kecil yang biasanya ditolak masuk  hostel.

 

Dan setelah rempong sana sini mencari tau perbandingan harga hotel dan penginapan  Airbnb,  kita sepakat untuk memakai Airbnb , kali ini :D.

 

TOKYO

Bingung banget memilih penginapan di kawasan Tokyo. Banyak pilihan dengan variasi harga. Saat masih di Jepang, aku hanya berlima dengan 2 sepupu, plus suami dan anak. Pengennya pasti deket stasiun supaya koper dan bawaan kita ga repot ngegeretnya ;p.  Pilihan jatuh ke penginapan di daerah Azabujuban. Pemilik  apartment bernama Taku , yang membuatku akhirnya memilih apartmen ini. Orangnya luar biasa baik, cepat merespon semua message yang aku kirim saat mau menanyakan something , dan yang terpenting harga sewanya masuk ke budget kita yang hanya mematok Rp 1.5 juta per malam.

Kita beruntung karena lokasi apartmen ini sangat strategis dan dekeeeeet banget ama stasiun kereta Azabujuban.  Keluar dari exit 4, hanya perlu berjalan sedikit menuju penginapan.  Trus yaa,  dari jendela kamar kliatan jelas Tokyo Tower ^o^ .. Ga usah jauh-jauh kalo mau foto ama latar Tokyo Tower doang mah.

Tokyo tower kliatan dari jendela kamar kita ^o^

tokyo tower

Bicara fasilitas,  semuanya komplit. Ada dapur,  lengkap dengan  alat masak,  bahkan piring, dan peralatan makan.  Vacuum cleaner yang  sangat membantu kita mengempeskan plastik-plastik vacuum bag untuk membuat jaket winter bisa setipis kertaspun , tersedia.  Juga mesin cuci dan detergen yang membuat kita ga perlu membawa banyak baju, karena yang kotor bisa dicuci di sini.  Setrikaan plus papannya juga ada.  Jepang dan Korea ini kelembapannya rendah,  so,  baju bisa cepet kering.  Kebalikan dari Asia Tenggara yang level humidity-nya tinggi, membuat cucian lama bisa kering :).

ruang tv dan dapur PENGINAPAN DI AIRBNB

Untuk kamar mandi dan toilet,  diletakkan terpisah.  WC , seperti kebanyakan toilet Jepang yang canggih,  sudah menggunakan aneka tombol yang bisa berfungsi macam-macam. Paling suka yaa, ama toiletries yang disediakan untuk tamu. Wanginya itu loh, enak-enak banget nget nget… Fylly jadi seneng mandi karena ketagihan wangi shamponya.

Kamar tidur memang hanya 1 kamar,  tapi dilengkapi oleh 2 queen bed.  Lalu ada futon alias tempat tidur khas Jepang yang digelar di lantai.  Jadi untuk kita berlima,  ini cukup banget.

Tempat tidurnya yang cukup banget untuk 4 orang

penginapan di tokyo

Suami dan Fylly tidur di atas futon ini

futon

Plus poin yang lain,  ada taman bermain di depan apartemen yang bikin Fylly susah ditarik tiap pagi karena keasyikan main perosotan,  ayunan dan pasir :D.  Terawat dan bagus, khas Jepang lah yaa.  Aku banyak ketemu dengan  anak-anak  bule yang sedang bermain di sana.  Kayaknya area apartmen yang kita huni ini memang daerah expat sih, karena lebih banyak bulenya daripada orang lokal .

Terakhir, yang bikin aku mantap akhirnya memilih stayed di sana, karena ada portable wifi yang bisa kita pakai berlima, kenceng dan unlimited :D.. Woooohoooo… haree geneee, jalan-jalan tanpa upload ke sosmed?? Lumayan banget, aku jadi hemat ga usah menyewa wifi ato mengganti simcard  dengan kartu lokal. ;p

Foto dengan Tokyo Tower , di hari terakhir di Tokyo

tokyo tower

 

OSAKA

Di Osaka,  penginapan yang kita dapat berupa rumah. Akhirnya, ngerasain juga gimana rasanya tinggal dengan orang-orang Jepang . Tetangganya ramah-ramah banget.  Pas datang aja,  mereka pada menyapa,  lalu mengingatkan untuk hati-hati, jangan merokok,  jangan lupa kunci pintu.  Awal-awal  kita sempet bingung nemuin arah menuju rumah,  tapi lagi-lagi, orang yang kita tanya, dengan senang hati membantu sampai kita menemukan rumah yang dicari!  Ah,  terharu jadinya 🙂

bedroom

Dapurnya komplit, tapi ga kita pake ;p

osaka

Kamar mandi juga bersih dan udah disediain sabun, shampoo dan conditioner

DSC_0348 DSC_0345 DSC_0344

Tangga ke kamar lumayan curam, dan Fylly dilarang keras naik sendiri

osaka

Sedikit berbeda dari apartmen Tokyo,  yang di Osaka ini pemanasnya ga terlalu bekerja.  Jadinya kita sering kedinginan wkwkwkwk..  Tidur aja terpaksa pake selimut berlapis-lapis plus jaket saking dinginnya.  Tapi untuk fasilitas lain,  angkat topilah. Sama komplit kayak apartmen Tokyo, termasuk ada taman  di depan rumah dan tersedia portable wifi unlimited..

Ruang Tengahnya, ada sofa bed untuk tempat tidur suami dan Fylly

osaka

Kalo kelaperan tengah malam,  di sekitar rumah berjejer vending machines yang menjual aneka minuman dan sup!  Lalu ada family mart yang buka 24 jam.  Ga perlu takut kelaperan tengah malam 🙂

 

SEOUL

Lain Jepang, lain lagi di Korea. Kali ini penginapan kita berupa apartmen di lantai 29,  dan ownernya amat sangat ramah sekali!!   Kalo 2 penginapan di atas kita ga bertemu dengan pemiliknya,  hanya lewat email, kali ini Tang,  si pemilik, menyempatkan bertemu dengan kita semua.  Masih muda,  manis,  dan dia sangaaat ramah.  Menjelaskan semua dengan detil tentang apartmennya,  bagaimana menggunakan kompor,  mesin cuci,  pemanas,  dan mengaktifkan alarm.

Ruang Depan apartmen, ada 2 sofa bed

seoul airbnb

ada 2 tempat tidur tingkat yang bisa memuat 4 orang

seoul

Pemanas di Korea sedikit berbeda dengan Jepang. Di Jepang bentuknya kebanyakan seperti Ac ato yang bisa dipindah-pindah. Sementara di Seoul, pemanasnya dipasang di lantai.  Sehingga tanpa pake sendalpun,  kaki kita bakal tetep hangat.  Cuma sialnya,  coklatku pernah lumer gara-gara aku taro di lantai wkwkwkwk…  Pokoknya Korea ga pelit deh soal pemanas.  Baru di sana doang aku bisa kepanasan dan sampe buka jendela pas malam dan pagi, padahal sedang winter dan suhu sedang minus :p.

IMG_20170429_214959 seou

Pemandangan yang kita dapet memang ga spekstakuler,  tapi dari lantai 29, lumayanlah,  kita bisa melihat kota Seoul yang ga  sesibuk Tokyo ato Osaka.  Ga ngerti,  kenapa orang-orang  di Tokyo,  terutama Osaka jam 11 malam aja masih ramee dan lari-larian ngejar kereta. Ga kebayang kerjanya sampa jam berapa 😀

seoul

gedung apartmen kita dari luar

seoul

seoul

Lokasi apartmen di Seoul, Sam Gak Ji area,   menurutku  yang paling strategis dibanding penginapan yang kita dapat di Tokyo dan Osaka.  Kalo di Jepang, udah lumayan deket ama stasiun,  yang di Seoul ini lebiiih deket lagi! Ibaratnya tinggal ngesot :p!  Dari bandara Incheon aja,  bus limousine no 6601 yang kita gunakan,  langsung berhenti TEPAT depan apartment .  Kurang startegis apa coba :p. Dan dari sini kemana-mana gampang.  Myeongdong,  Dongdaemun,  Itaewon cuma beberapa stasiun aja jaraknya.

Di lantai dasar apartment juga tersedia mart 24 jam yang menjual aneka makanan dan kebutuhan dasar.  Juga banyaaaak banget cafe-cafe dan restoran khas Korea.  Bikin aku betah lama-lama tinggal di sana :D.

 

 

Dan 3 pengalaman menginap melalui Airbnb, membuatku ketagihan untuk next time traveling akan memesan lagi memalui situs booking ini.

 

Ga susah kok bookingnya.  Kita cukup register,  lalu mulai  mencari penginapan yang dimau.  Bisa difilter juga supaya makin menyempitkan pencarian. Pembayaran sih dari kartu kredit. Juga jangan lupa, untuk selalu membaca review-review  yang pernah menginap ya.  Jadi kita bisa tau apa kekurangan dan kelebihan akomodasi yang kita pilih :).

 

Happy Traveling 😉

140 tanggapan untuk “MERASAKAN MENGINAP DENGAN AIRBNB”

  1. Mei Wulandari mengatakan:

    Wohooooo dah lama bgt mb Fanny gak update kemana ajaaaa? Hahahahaha
    Akhirnya ya cerita jg tentang penginapan. Aku baca dari awal sampai habis mbak, ya ampun ikut terharu sama fasilitas dan keramahan pemiliknya.
    Aku kok paling suka sama penginapan di Korea ya, bisa bikin cokelat lumer pemanasnya wlwlwlwkw
    Btw kalau yg di Jepang enak juga sih full wi-fi bisa upload ke sosmed. Hareeee gene nggak upload hahaha

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hihihihi… iya nih, yg di korea jd ga begitu terasa dingin krn pemanasnya full :D… tempat tidur dan ruangan juga lebih luas sih mei… dibanding jepang yg rada kecil 😀

      minggu depan aku tulis ttg kulinernya nih 😀

  2. prananingrum mengatakan:

    habis jelong2 ya mbak ..asyiknya. hotelnya bikin betah mbak

  3. Rach Alida Bahaweres mengatakan:

    Wah smoga aku juga bisa ah pas ke Jepang menginapnya pakai aplikasi airbnb aja. Kece banget fasilitasnya 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Bangeeet mba…. dg n hrg sama kayak hotel yg didapet bisa lebih komplit 😉

  4. Irawati Hamid mengatakan:

    ikutan tertawa saat membaca cokelat lumer karena diletakin di lantai itu 😀

    ramah-ramah yaa orang Jepang 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahaha, iyaaa… aku ga tau kalo lantainya itu udh ditanam pemanas… makanya pas packing, aku gelatakin deh plastik isi coklat utk oleh2, dan pas mau dsipen kok ya lembek2 ;p… trnyata udh meleleh.. hadeuuuh ;D

  5. Yugo mengatakan:

    Widiiih enak nih bisa jalan2 di luar negeri 🙂

  6. Vita Masli mengatakan:

    Next trip kayaknya aku mau ke Jepang. Rencananya sendiri aja, pengen nyoba solo traveling. Kayaknya ttp harus pilih hostel deh dibanding airBnB. Tapi bolehlah buat rekomendasi. Notes! Thanks for sharing

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo aku sendirian, aku jg ga mau mba nginep dr airbnb ;p.. mnding di hoel ato hostel bisa rame2 ;).. aku penakut soalnya

  7. Helena mengatakan:

    1,5jt semalam? Heuheu itu di Jakarta udah dapat apartemen yang gedeee kalau sewa lewat semacam airbnb. Eh yang seoul berapaan si? Luas gitu

  8. Dwirani mengatakan:

    Waahhh aku pengen bgt ke Jepang Koreaa. Kayanya penginapannya ok banget nih, krn kmrn temenku ke Jepang cari airbnb juga sempit2 kamarnya. Nanti aku contek punya mbak aja 😊

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ada juga sih yg sempit walo airbnb juga… tp lumayan yg kita punya memang rada gedean dikit 🙂

  9. Waaah makasiih sharingnyaa mbaak. . . Akuu bookmark yaak 😁😁 hehehe

  10. lianny hendrawati mengatakan:

    Wajib banget ya baca review2 sebelum pesan penginapan, biar nggak salah pilih 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      krn aku pernah dulu booking kamar ga baca review mba… dan hasilnya zonk hahahahaha.. kapok sejak itu

  11. Mutia Faridah mengatakan:

    Keren ih cerita travellingnya, jadi pengen ke Jepang juga. Btw, gaya bercerita di artikel ini kayaknya kaleeem banget jadi enak bacanya 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aiiishh… makasih loh mba… aku mah blm sejago pengarang hietz lain yg kalo nulis diksinya baguuus… pdhl pgn bisa nulis begitu… 🙂 makasih banyak udh baca yaaa 🙂

  12. sulis mengatakan:

    Enak banget ya mb..full fasilitas banget. Jadi tetep serasa dirumah krn perlengkapan rumah tangga dah komplit

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beneeeeer… mkanya aku betah :)… bisa ngerasain tinggal bareng org lokal juga 🙂

  13. Nikmal Abdul mengatakan:

    Di Jepang rata-rata kamar hotelnya terkesan simple yah Mbak, yang penting kitanya nyaman saja. Btw itu emang dikamarnya dipasang wall sticker gitu ya? 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya, dipsang wall stiker :D… krn kamar di sana kebanyakan kecil, jd emang perabotannya kbnyakan simple mas 🙂

  14. Ratna Dewi mengatakan:

    Wah patut dicoba nih kalau keluar negeri menginap pake AirBnB. Kalau AirBnB harga yang tertera disana udah all in atau ada dibebani harga lainnya? Misalnya biaya kebersihan dll.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      belum all in kalo hrg yg terpampang pertamakali.. nanti ada biaya lain2nya… jd biaya final pas kita udh mau byr :)..

  15. MeriskaPW mengatakan:

    Aku udah lama juga pengen nyoba Air BnB, tapi ya itu terkendala pembayaran kudu via kartu kredit. Padahal murah-murah banget tarif sewanya, cocok buat nyewa rame-rame.

    Itu apartemen yg di Seoul bagus banget mbak.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa… murah2 dan unik mba…. cuma memang sayangnya msh hrs pake CC… sini tak bantuin pake CC ku utk booking kalo mau..

  16. Dina Safitri mengatakan:

    Wah, bagus2 ya mba ternyata booking via air bnb. Sy blm pernah coba sih, walaupun udah register air bnb entah dr jaman kapan, wkwk.
    Baru tahu ternyata namanya futon ya? Jadi inget kasurnya nobita, hihi..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      baguuus mba… mending nginep melalui airbnb deh drpd di hotel2nya… udh hrgnya sama, tp fasilitas jauuuh lbh komplit dan ruangan jg lbh gede

  17. nur rochma mengatakan:

    Gampang ya pakai airbnb. TFS mba Fanny. Nunggu cerita liburan selanjutnya.

  18. vanisa mengatakan:

    sering denger airbnb ini tapi belom pernah nyoba, worth it banget ya dari segi harga kalau dapat fasilitas selengkap itu 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bangeeeet :).. aku jd ga terlalu tertarik lg ama hotel2 biasa setelah booking airbnb ini mba 😀

  19. love from jogja mengatakan:

    Jadi kebayang nih mbak, kalau harga hotel dengan ukuran kamar segitu saja di atas satu juga apalagi biaya hidup di Tokyo ya….

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ntu diaaa mba… selain penginapan yg mahal lg transport shinkansennya ;p. Tapi krn kmrin kita pake JR Pass jd ga terasa… krn seolah gratis jadinya 🙂

  20. Goiq mengatakan:

    aku baru nyobain waktu ke Bandung bareng teman-teman. Dapet penginapannya ala villa. Kece banget deh

  21. dekcrayon mengatakan:

    benar ternyata ya mbak katanya di jepang love hotel dimana-mana. duh yang di korea bikin mupeng.

  22. Santi Dewi mengatakan:

    baru tahu kalo harga hotel di jepang mihil… hehe… senang ya, kalo kita merasa puas atas layanan yg kita pakai. Semoga nanti saya pun bisa mencoba menggunakakan Airbnb

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      lumayan mahal sih hotel2nya :)… makanya kita pakai airbnb ini.. jauuuh lbh murah dan luas yg didapat

  23. Tanti Amelia mengatakan:

    waaawww Fanny,
    bahagia banget bisa jalan jalan kek gitu ^_^ .. makasih infonya yaaaa bermanfaaaaat pake banget!

  24. Ucig mengatakan:

    Hua, reviewnya asik banget mba. Jadi klo coklat jgn taro di lantai dong ya 😀 haha
    Kebayang itu kerja sampe jam brp ya di sana… never sleep 😹
    Nyaman bgt kynya tempat nginep di ketiganya …
    Air bnb aku blm pernah nyobain. Cukup mudah ya mbaaa

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      mudah bgt kok mba… apalagi pilihannya banyaaaak… dan kdg ada yg unik2 bgt tempat penginapannya…jauh lbh menarik dari htel

  25. felyina mengatakan:

    nice review, Mba. Duh kapaaan ya aku bisa jalan-jalan kece ke seoul

  26. Mama Keizha mengatakan:

    Murah banget ya sewa apartemennya mom.. Rekom banget nih via airbnb khususnya buat jomblo, sapa tau jodoh ketemu anak pemilik rumah.. wkwkwk

    Btw… Reviewnya tetap gak lengkap tanpa Fylly, ay kasih bintang 1 aja… kalo ada Fylly-nya bintang 5 ..hih -__-

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kita mah pilih yg sesuai budget mba ;p… yg jauuuh lbh mahal dan unik juga banyak… tp apa daya budget tidak ngizinin ;p .. cuma selama di sana aku sengaja pilih apartmen ato rumah yg ga gabung dengan ownernya… ga enak aja krn kita rame ;p… ntr mereka terganggu 😀

  27. Sandra mengatakan:

    Woa sangat bermanfaat sekali Mba infonya, saya juga baru tau airbnb baru-baru ini karena baca blog orang-orang yang lagi pada liburan. Save dulu ah siapa tahu nanti bisa kesana aamiin^^

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sama2 mba… cobain deh sesekali pake airbnb… tp ttp pilih yg udh banyak direkomen yaa.. 😉 biar udh tau reputasi ownernya 🙂

  28. ayunovanti mengatakan:

    cakep bangeeet mbak Fanny tempatnya, noted dulu mbak 😀 siapa tau nanti bisa ke Jepang, hehehe kalau udah tau airbnb, hotel jadi pilihan no.2 ya, abis airbnb tempatnya unik dan lucu-lucu.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mbaa… skr buatku hotel no 2 ;p… kalo ga nemu yg pas di airbnb baru deh aku beralih ke hotel 😀

  29. Inklocita mengatakan:

    waaa ini mantep banget airbnb nya, buat keluarga besar juga muat yaa

  30. Mirwan Choky mengatakan:

    Airbnb ini kelihatan mewah ya. Mantap.

  31. Amanda mengatakan:

    Btw mba fanny, apa apartemen itu selalu diatas sejuta ya untuk fasilitas selengkap itu, agak mikir juga kalau nginep diatas sejuta hee

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sebenernya ada sih mba yg dibawah itu… tapi memang ga banyak dan fasilitas so-so lah yaa :)… aku sih mikirnya krn kita rame, jadi memang cari yg komplit walo jdinya di atas sejuta 🙂

  32. Mama Keizha mengatakan:

    Udah komen disini blm ya mom? Lupa 😳 , emang bener sih lebih hemat via airbnb, serasa di rumah sendiri. Suasananya beda kan dibanding nginep di hotel.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      udaaah mba ;p. cuma kemarin memang blm aku baca semua komen ;p.. jd masih gantung.. 😀 asik lah nginep di airbnb… rumah2nya itu unik2 banget 😀

  33. Andi Nugraha mengatakan:

    Tempat jalan-jalannya terlihat asik, adem gitu. Apalagi di hotelnya, betah lah pokoknya ya, Mba..hehe

  34. hendi mengatakan:

    yang di jepang khas banget ya, ukuran kamarnya, pola ruangannya, sdangkan yang korea mah udah modern pada umumnya gitu, mungkin karena di apartment gitu

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      nah iyaaa… di jepang itu rumah umumnya ya begitu… kecil tapi tertata.. krn memang tanah di sana mahaal mas… jd rumah dan aprtmen ukurannya ya kecil2… tp nyaman banget sih… :).. kalo korea lebih fancy memang :D.. kemarin aja apartm yg di korea pengamanannya pake sistem alarm.. jd hrs aku aktifin dulu.. kalo di jepang mah kunci biasa

  35. Buleipotan mengatakan:

    Makasih reviewnya. Mau nabung nabung nabung biar kesampean jalan kesana. Huhuhu :))

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hayuuuk nabung mba… 😉 dijamin pengen balik lagi lah kalo ke jepang dan korea ini…

  36. Asikaja mengatakan:

    Belum pernah pakai Airbnb sih.. Tapi pernah coba Airy rooms dan puaaas. Sepertinya ga beda jauh karena konsepnya sama. Solutif banget buat traveler budget. :))

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      konsepnya sama… tapi kalo airbnb cakupannya lbh luas, dan yg ditawarin jauh lbh beragam sih kalo menurtku…. airy kan emmng murah2 yaa…. kalo airbnb ada yg mahal sampe yg murah… malah ada disewain kastil segala loh :D.. di Inggris gitu :D… kali aja mau kesana rame2 dan pgn ngerasain tinggal di kastil 😀

  37. Mugniar mengatakan:

    Airbnb! Sejak tahu yang namanya Airbnb, saya penasaran. Rumah (katanya bisa kamar, ya?) milik perseorangan disewakan kayak hotel … waaah.

    RUmah2 yang Mbak tempati di Korea dan JEpang keren-keren … nyaman ya ternyata 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mba, bisa kamar, bisa entire place nya disewain.. aku sih kalo cuma kamar ga mau… agak males aja kalo hrs berbagi ruangan ama ownernya… mndingan yg seluruh rumah/apartmen, jd g usah harus seatap ama pemiliknya ;p.. ga bebas aja

  38. Nita Lana Faera mengatakan:

    Apartemen yg pertama mewah banget ya, Mba. Bisa dapet view Tokyo Tower juga. Yang kedua jadi ngerasain tinggal di rumah, macam pindahan ke Jepang deh, haha… Kalau yang di Seoul ngelihat bed-nya bertingkat macam hostel ya.

    Nginap di hostel kalau ada anak memang repot juga. Semenjak berhijab, saya juga udah malas nginap di hostel, karena sharing bathroom ini mungkin akan rempong, haha…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo mewah, sebenernya mewah yg korea mba ;p… yg di jepang itu biasa.. mungkin krn fotonya aja ;p.. hihihihi…

      naaah, iyaaa, kalo di hostel itu, aku males bgt kalo hrs sharing kamar mandi, apalagi bawa anak… tau sendiri mereka kdg susah mandiinnya ;p… trs aku jg ga suka kalo mandi harus buru2 :D… ngerasa ga bersih jadinya ;p… jd mndingan cari private room ama kamar mandi di dalem deh

  39. indah nuria savitri mengatakan:

    Aku pernah 2 kalai pakai airbnb dan oke semuaaa…enaknya karena banyak pilihan gitu hehehe, dan seringnya kita ambil satu rumah or apartement karena rame2. Tapi terakhir jalan tetep pakai hotel karena anak-anak hobinya berenang :)..kalau di airbnb mahaaal yang ada kolam renangnyaaa hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya sih, aku jg prnh liat yg pake pool maaaahl hahahaha ;p… tp secara kmrn kan lg winter, jd aku ga terlalu peduli pool… di hotel juga ga bisa berenang 😀

  40. Ahmad mengatakan:

    kapan ya bisa jalan2 keliling luar negeri seperti mbak ini

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      niatin, dan nabung ;).. aku dulu jg ga kepikiran bisa rutin jalan seperti ini kok 🙂

  41. Ranny mengatakan:

    Pertanyaan maha tidak penting : Fan, mana foto pemilik apartemen di Korea? hahahah *ditampol Fanny 😀 kali aja kayak pemain drakor yak 😀
    Ini keren banget Fan, sangat informatif. Me likey!
    emang lebih asyik nginep di apartemen gitu ya kalau bareng keluarga..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, pemiliknya cewe Ran… :D.. iya yaa, aku ga foto ama dia… manis lah orangnya :D.. yg terpenting bhs inggrisnya lancar dan jelas, jd kita gampang komunikasi ;p

      iya kalo rame2 mah, mending apartmen begini… bisa sharing cost jg

  42. vika mengatakan:

    pengen coba deh mba pake airbnb.. kayaknya recommended banget yaa.. btw thanks informasinya yaa

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      very recommended… next travelingku selanjutnya mau pake airbnb lg nih mba 😉

  43. evrinasp mengatakan:

    mbak fany kece deh perencanaan travelingnya, gak pake agent tapi berhasil banget, budget tercukupi, backpackeran dapet, kemarin akhirnya gak nyoba Air Bnb heh

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hihihihi, justru kalo pake agent aku ga puas mba… waktunya diatur2, dan tempatnya ditentuin :D. makanya aku lbh seneng planning sendiri… jgnkan bikin planning traveling utk aku, bikinin utk org lain aja aku seneng bgt… krn ngerasa jd ikut traveling kesana juga :D.. saking sukanya ama traveling kali yaa 😀

  44. Sundari mengatakan:

    Apartemennya lucu-lucu semuaa 🙂 niat banget yaa yg menyewakan benar2 ngw-maintain sebaik mungkin. Pengen juga ke Jepang dan Korea one day.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa… yg nyewain propertynya di airbnb ini pd niat memang :)… tamu2 yg dtg juga jd betah dan dpt pengalaman baru :).. drpd nginep di hotel kan 😀

  45. Gustyanita Pratiwi mengatakan:

    Wow matabeloo
    Embbb ngiri pengen ikutan ahahhaha #siapa elu mbul hihi
    Itu lucu aneeeth ada stiker2 di wallnya ya
    Btw asik berarti yang penginepan korea soalnya ga perlu kedinginan pas napak lantai
    Iya aku juga dapat banyak info kalo warga lokal jepang ramah2 banget n menjunjung tinggi banget tentang etika dan sopan santun juga privacy, pantaslah maju ya

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      nitaaaa… ih kangen baca blogmu lagiiii.. udah update blm iniii .. tiap kesana msh blum …

      asik kali yaa kalo nanti kita bisa traveling bareng 😀

  46. Andinormas mengatakan:

    Baru sekali nginep di AirBnB di London.. itupun hostnya org Indonesia.. hehehe…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku jd pgn selalu book pake airbnb skr ini :D… lbh seru memang .. apalagi kalo dpt penginapan yg unik dan lucuk 😀

  47. herva yulyanti mengatakan:

    eaa aku kudet amat klo ga mampir sini ga tau kali y airbnb hahaha
    reviewnya komplit pake bangets sampe ikut kegerahan jg bacanya yg di seoul apalagi coklat aja mpe lumer hahha
    dg travelling kesana bisa bandingin y mba budaya kerja org sana yg gigih di tmptku jam 11 uda sepi wkwkk *lahjelas kampung kokaku * hahaha

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hihihi…. ntr cobain deh book pake airbnb mba.. asik2… kalo utk kawasan indonesia, penginapannya di bali lucuk2 😀

      tapiiii, aku kok ya ngerasa orang2 jepang ini ga menikmati hidup yaaa… masa jam segitu msh kerja… waktu uk keluarga kapan -__-

  48. Wian mengatakan:

    Begitu baca judul postingannya, aku langsung gumun “apaan sih airbnb” Ooohhh ternyata. Catet ahh… siapa tau bisa ikutan kesana juga. Aku udah kepengeeenn banget kesana mba. Tapi masih blm nyampe dana liburannya. Hehe

    Liat 3 apartment dan rumah yang mba tinggalin, gila yaaaa bersih-bersih banget. Kece banget dapur sama ruang tengahnya. Klo di Singapore, apartment yang waktu itu aku pake ya gitu deehh. Nggak sebersih itu.

    Oya Mba, love hotel tuh maksudnya opo ya? Hehehe mikirnya kok jadi ke arah “sana”.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      cobain airbnb utk kawasan bali deh mba.. ya ampuuuun lucuk2 bangettttt penginapannya …

      iyaa, aku aja kagum mereka kok bisa sebersih itu ya rumahnya… makanya pas kita mau ninggalin, aku bersihin lagi mba pake vacuum.. kan ga enak yaa kalo kita masuk aja bersih, masa pas check out jd kotor… ntr dikira oraang indo jorok2 lagi 😀

      love hotel maksudnya hotel transit utk making love doang ;p.. sbnrnya aku g mslh sih… cuma krn lokasinya aja yg rada jauh makanya kmrn ga mau pilih love hotel ;p

  49. fika anaira mengatakan:

    aku juga ketagihan nih mba pake airbnb. Selalu dapat host ramah, fasilitas sesuai foto dan private pastinya hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa, akupun ketagihan mba skr :)… ini next planning jalan2, mau pake airbnb lagi 🙂

  50. Jalan-Jalan KeNai mengatakan:

    Iyesss! Kalau sama anak, kenyamanan pasti diperhatiin banget, ya. Saya pun kayaknya gak kepikiran deh sharing kamar mandi. Ribet kalau bawa anak harus sharing kamar mandi 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bawa anak ato ga, aku memang ga suka kalo sharing kamar mandi gitu mba :D… bukan kenapa2, aku mandinya lama… g enak aja ama tamu lain yg nunggu ntr 🙂

  51. Helma Vania mengatakan:

    Dapet tempat menginap di apartemen sama rumah di sana itu enak banget yaaaa.. Berasa jadi orang sana langsung. Hihi. Sempet pingin nyoba airbnb belum jadi – jadi, kapan – kapan mau juga ahhh, lebih murah sama lebih luas kayak nya ya mbaa 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beneeeeer… jauh lbh murah dan lbh luas yg ptg… ga sempit2an kayak nginep di hotel.. apalagi jepang yg sempit bangettt 😀

  52. Ahmad mengatakan:

    keliatannya hotelnya nyaman juga

  53. Nathalia DP mengatakan:

    hwaaa semuanya seru2 ya 🙂

  54. fitri mengatakan:

    Mbak Fanny, salam kenal, mbak punya link untuk Airbnb yang di Tokyo gak ya mbak? kayaknya tempatnya oke ya mbak, budgetnya juga mudah-mudahan masih sama untuk tahun depan hehehehe.

  55. Hidayah Sulistyowati mengatakan:

    Aku belum pernah pesan hotel via airbnb, jadi penasaran ntar pas ke Bandung pengen deh booking di sini

  56. sarah mengatakan:

    Duh,makin mupeng nih ke Jepang mbak. Apalagi nyobain Airbnb. Tapi aku nggak punya CC #duh,haregene pake Airbnb keknya klo dihitung satuan perkepala nya jatuhnya murah banget ya

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bener mba… itungan per kepalanya jd muraaah banget… makanya skr aku ketagihan nih pake airbnb… seru ternyata… tp memang lbh untung kalo rame2 sih 😉

  57. Kokoh mengatakan:

    Makin ke sini makin suka pake AirBnB walaupun awalnya rada2 riweuh sampe scan paspor segala tapi tempat penginapannya yang expect the unexpected bikin jadi degdegser tiap mau nyampe. Karena pemiliknya beda2 jadi pasti ada aja personal touch di tiap penginapan yang disediakan di AirBnB ini ya.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      scn paspor??? waah aku blm prnh malah sampe begitu mas :)… ini next traveling aku mw pesen dari airbnb lg nih… ketagihan malah 😀

      • Kokoh mengatakan:

        iya, waktu ngisi profil aku diminta scan paspor atau SIM. Ya udah SIM aja deh yang gampang selalu ada di dompet. Hehehe

        • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

          ga tau deh , apa ntr kalo nginep di tempat lain pake airbnb, mungkin ada jg yg seperti itu kali yaa… so far aku blm prnh dimintain.. lah ketemu ama ownernya aja cuma sekali pas yg korea 😀

  58. ayu mengatakan:

    Seru banget ya kak pengalamannya, I cant wait to my next travelling time to trying airbnb :)))

    xoxo
    ayu

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa, mending pake airbnb deh skr… aku jg jadi lbh suka pake itu kalo traveling k negara2 mahal 😀

  59. Nurul Sufitri mengatakan:

    Penginapan yang di Osaka lucu jg ya..ingetin untuk ga merokok dan jangan lupa kunci pintu hehe kayak orang Indonesia yach keramah-tamahannya? Yang enak ada portable wifi berlima wahhh masuk bujet yg 1,5 juta itu ya mbak Fanny…mana deket ke mana2, beruntung banget 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa… semua penginapan yg aku pesen di jepang dan korea ini masuk budget kita yg cuma 1.5 jt per malam mba ;)… orang jepang memang ramah2 banget… selalu siap membantu turis2 yg kesana

  60. Sandra Nova mengatakan:

    iish keren banget ya, di Jepang & Seoul bagus2 gitu aptnya.. Jadi ngiler pengen nyoba airbnb juga. Dulu waktu ke Beijing sempet pengen nyobain nih pake airbnb, udah email2-an tapi karena jiper & takutnya malah ngga nyaman akhirnya pake hotel aja standar 😀 Next time lah insha Allah nyobain hahaha

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sbnrnya sih walo aku kecanduan pake airbnb, tp untuk negara2 yg kyk asia tenggara, aku ttp prefer pake website booking hotel yg biasa aku pake.. krn toh di asia tenggara rata2 hotel bintang lima jg msih terjangkau.. beda ama asia timur yg lbh maju ;p.. baru deh di negara2 yg gitu aku pake airbnb aja 😀

  61. Yasinta Astuti mengatakan:

    Aaaaa pengen deh ke Jepang..
    Btw bobo di tempat tidur ala – ala Jepang gitu asik banget ya mbak. Jadi inget film Doraemon hehe
    Note banget ini buat infonya, kalau traveling bareng jadinya terjangkau ya harganya kalau cuma 1,5 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beneeer mba.. makanya mending ramean kalo nginep melaui airbnb ini… jd bisa sharing cost.. aku ga ngerasain tidur di situ sih ;p.. suami ama fylly yg tidur di ryokan nya itu ;p.. aku ttp milih tidur di kasur wkwkwkwk

  62. Riska Ngilan Haryono mengatakan:

    1,5 juta per malam kalau uang sini lumayan ya mbak, tapi kalau lihat fasilitas yang diberikan nggak rugi kayaknya mbak.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      mungkin memang agak mahal mba, tp pas kesana aku sharing cost ama sepupu dan adekku yg juga ikut ;).. jd harganya berasa murah 😀

  63. Ria mengatakan:

    wuoh yg di Seoul itu sewanya sehari 1,5jt juga via BnB? KECEEEEEH BANGETTTT yaaaa *terpukau*

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa :D… makanya aku suka banget bookng dr airbnb ini… murah dan penginapan yg di dapat bagus2 kebanyakan ;p

  64. fitri mengatakan:

    Dear Mbak Fanny, salam kenal, reviewnya menarik banget, kebetulan aku lagi nyari2 Airbnb untuk ke Jepang tahun depan, eniwei mbak masih punya link Airbnb yang di Jepangitu gak ya mbak? tks before mbak.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      mba ini yg email saya waktu itu yaa? kalo iya, saya udh kirim linknya di email yaaa 😉

  65. Lusi mengatakan:

    Ya ampun enak banget ya airbnb yg disana. Aku blm pernah pake airbnb tp sdh sering baca2 yg di Ind. Aku mikirnya itu jadi satu dg rumah tinggal pemilik, jadi aku gak mau nyoba krn dirumah saudara aja aku awkward kalau nginap, apalagi orang yg tdk dikenal walaupun bayar. Ternyata di airbnb pemiliknya nggak harus ngintil terus ya wkwkwkwk…. Okedeh makasih infonya. Next time nyoba.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ga mba…. jd ada pilihan, mau yg serumah ama ownernya, ato yang ga… aku slalu filter tuh, pilih tempat yg entire place. jd kita ga sharing ama ownernya

  66. Sukma Patel mengatakan:

    Belum pernah pake airbnb, kelebihannya apa sih mba?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kelebihannya, kalo mba jalan rame2 ama temen, di sini mba bisa dpt penginapan yg gedean, kyk 1 apartmen entire place, dan harganya murah… bayangin kalo pesen hotel.. di jepang kmrn, hotel nya itu mahal2… 1 kamar permalam bisa 1.5 jt dan itu kecil bgt kamarnya… smntara kita dpt 1 apartmen, yg luas, bisa nampung ampe 8 orng, dan disediain wifi portable plus komplit fasilitas lain kyk dapur, mesin cuci dll :D.. hrgnya? 1,5 jt per malam utk entire place ;p… so, aku dan sepupu dan adikku bisa sharing cost 😀

  67. Yang di Seoul paling nyaman kayaknya. Aku suka banget cara pemiliknya menata perabotan.

    Aku belom pernah pake airbnb, boleh juga nih kapan2 dicoba, apalagi kalo jalan sama keluarga 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beneeer… yg di seoul paling bgs ;)… apalagi tinggi di lt 29… jd enak aja liat pemandangannya 😀

  68. Adriana Dian mengatakan:

    Waaaah jadi kalo mau travelling keluar mending pilih airBnB aja ya mbak untuk penginapannyaaa. Sip sip. Mana kece kece banget pula gitu ya kamarnyaaa. Duh pengen cobain tidur di futon jepang <3

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo negaranya mahal, apalagi hotel2nya, aku prefer airbnb mba.. tp kalo negara2 yg asia tenggara, aku ttp lbh suka hotel.. krn kalo di asia tenggara cendrung hotel bintang 4 aja masih terjangkau :D.. kalo di jepang, wassalam… bintang 3 aja udh mehong wkwkwkw

  69. Fubuki Aida mengatakan:

    Mb faniiii keren. Pengen ke jepang n seoul e… Request Rincian itenari n biaya semua perjalanan dong mb

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      mba, kalo mau rincian biaya, email aku aja ya :).. aku ga mau tulis ttg biaya, krn masing2 org itu beda budgetnya… aku yg termasuk sangat boros kalo belanja dan kuliner. sementara ada orang lain yg justru ketat di situ.. itu makanya aku ga mau ksh perincian biaya :).. kalo ada yg mau minta, aku prefer email aja.. nanti aku kirim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.