D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Mei 2024

07

TRIP BELARUS: DRAMA-DRAMA DI MINSK INTERNATIONAL AIRPORT

Awal mula arranged Ladies Trip to Caucasus yang jalan January kemarin, aku tuh ga pernah kepikiran untuk masukin Belarus ke dalam ITIN kami. Berasa kayak jauuuuh dan untouchable banget itu negara 😅.

 

Jadi niatnya, kami cuma mau ke Azerbaijan, Georgia dan Armenia, lalu balik Jakarta.

 

 

Baca: Serunya Liburan ke Azerbaijan

 

 

Tapi ndilalaaaah, kok ya Armenia ini E-Visanya mehong amat dan ribeeet kalo bikin dari travel 🤣🤣. Iyaaa aku tauuu kalau bikin sendiri murah. Tapi jujurnya kami udah ga ada waktu saat itu. Jadi semuanya serahin ke orang lain untuk urusan dokumen. 

 

Belum lagi pas baca pengalaman mas Arievrahman yang E-visa Armenianya di REJECT, makin keder lah kami bertiga. Sayang amat duit kalau sampe Visa ditolak. Uang tiket juga jadi angus.  

 

Dari situlah puter otak, coba lihatin lagi peta dunia, sambil mikirin rute mana yang enaknya kami lalui , sampai akhirnya melihat Belarus yang ada penerbangan dari Azerbaijan daaaaan FREE VISA woooy untuk semua Indonesians 😄

 

 

 

DRAMA MENUJU BELARUS

Berhubung ini memang bukan negara mainstream bagi Warga Negara Indonesia (WNI)  liburan, pastinya aku langsung mencari info sebanyaaak mungkin, tips and trick yang aman masuk ke Belarus. 

 

WNI memang free visa hingga 30 hari  jika ke Belarus, tapi ada syaratnya beib: 

1. Pasport yang berlaku minimal 6 bulan masih valid. 

2. Harus bawa uang tunai MINIMAL EUR25 per hari/per orang dari total liburan  di sana. Jadi kalo 4 hari, berarti harus ada uang tunai EUR25 x 4 hari = Eur 100

3. Harus ada asuransi kesehatan yang mengcover wilayah BELARUS dan santunan minimal EUR10,000

4. Ketibaan dan Keberangkatan HARUS MELALUI Bandara Minks International Airport. Jadi kalo kalian masuknya melalui Minks, pulangnya dari kota lain, ga bisaaa ya cyiiin. Wajib pulang pergi dari bandara MINSK 

 

 

Poin 1, 2 , & , 4 cincaaaaai lah, kami bisa penuhin. Naaah poin ke 3 iniii yang mumet😂. Secara Belarus itu kena sanction dari negara-negara barat  tsaaay… Artinyaaaa, ga ada asuransi yang pake embel-embel WORLD WIDE sekali pun yang mau mengcover negara sanction.

 

 Ingeet yaaa, walau dibilang WORLDWIDE jangkauannya, tapi asuransi kesehatan mana pun tidak akan mengcover negara SANCTION seperti Korea Utara, Syiria, Crimea Region (yang ini bukan negara sih), Cuba, dan Iran. Belarus memang tidak full sanction, tapi tetap saja dia banyak dibanned dalam berbagai segi ekonomi. 

 

So, kalau ga ada asuransi yang bisa cover piyee? Ternyataaa setelah kami email kedutaan Belarus di Jakarta, akhirnya dapat pencerahan, kalo asuransi untuk Belarus bisa dibeli di Bandara sebelum masuk Imigrasi 😄. Legaaaa langsung, ga jadi mules 😂.

 

Harga Asuransinya juga murah, cuma Eur1 per hari. Jadi karena kami stay di Minsk 4 hari, cukup bayar EUR4 untuk asuransi. Ntar bayar cash, lalu bakal dikasih semacam surat premi. Simpan selama masih di Belarus yaaa. 

 

Drama lain yang kami rasakan, saat di Bandara Azerbaijan. Waktu check in kami ditanyain detil oleh petugas tentang masalah visa. Dia ga percaya WNI free visa 🤣. Tapi setelah mereka cek langsung ntah kemana, baru deh kami boleh check in. 

 

Kirain masalah udah selesai, ternyataaa, saat  panggilan boarding mulai membahana, eh lagi-lagi petugasnya ga izinin kami naik. Agaiiiin masalah visa yang dia ga yakin free untuk WNI. 🤣🤣🤣. Gustiiiii… nyedihin banget ini sih. Kami bertiga harus nunggu dulu sampai mereka dapat konfirmasi. Untungnya setelah beberapa saat, kami dibolehin naik ke pesawat 🎉

 

Udah boarding, tapi ga boleh naik ;p

liburan ke belarus

 

Masih menunggu si babang ngecek beneran ga wni free visa ke belarus hahaha

ada apa di belarus

 

 

 

 

BELARUS, KAMI DATAAAAANG..

Dalam pesawat Azerbaijan Airlines, berhubung udah malam juga, yang ada samasekali ga selera untuk makan malam. Ngantuuuk. 

 

Makanan di pesawat azerbaijan airlines

syarat masuk belarus untuk wni  apa saja

 

Leg room pesawat azerbaijan airlines lumayan lega untuk orang asia yang mostly mungil dan kecil

maskapai apa yang rutenya ke belarus

 

 

Sempat dikasih kertas yang aku pikir arrival card, tapi kok ya ga mudeng bahasanya, ternyata itu survey kepuasan pelanggan dan   versi inggris ada di sebalik kertas😂. Kalo ngantuk, gini nih, ga konsen. 

 

Lagi tidur disuruh isi beginian ;p

cara masuk ke belarus untuk wni

 

Versi Inggrisnya

tempat wisata di belarus

 

 

Perjalanan menuju Belarus lancar, jaya, aman tenteram. Tapi berubah huru hara saat landing di airport 🤣🤣. 

 

 

 

MINSK INTERNATIONAL AIRPORT

Pesawat landing tepat waktu. Walau pun kami sempat shocked dengan tingkah penumpang lain yang langsung berdiri cuy, ngeluarin bagasi kabin di atas kepala 😱, padahal pesawat BELUM BERHENTI. Baru jejakin roda.  Herannya lagi, cabin crew ga ada yang marah dan melarang. 

 

Hello Minsk 😉

panduan untuk trip ke belarus

 

 

Saat pintu pesawat dibuka, uhuuuuy, suhu semriwing yang sama dingin kayak freezer daging grosiran langsung masuk ke ruangan kabin. Untung aja pake garbarata. Pas cek suhu, OMG  -22 !! Kulkas ku aja palingan -5 doang hahahahaha. 

 

 

drama yang mungkin terjadi saat ngetrip

bandara di belarus

 

 

Bandara Minsk Internasional airport ini ga besar. Tapi seraaaam 😅. Begitu kluar dari garbarata, yang dilihat pertama kali tentara berjejer sambil bawa senjata. Cemmanaa ga takuut. Jangan harap lah aku berani foto-foto 🤣. 

 

Semua penumpang diarahkan untuk turun ke bawah melalui tangga darurat. Gelap pula. Ikut ajalah dengan yang lain. Begitu masuk ruangan imigrasi, lagi-lagi tentara tinggi besar, rambut pirang nyaris putih, muka pucat, mata biru, berdiri tegak mengawasi semua penumpang terakhir di malam itu. 

 

 

 

MEDICAL INSURANCE DI MINSK AIRPORT

Sebelum ke imigrasi, kami antri untuk beli Asuransi kesehatan  yang memang ada counternya. Petugas wanita di dalam  siap sedia menunggu penumpang yang akan membeli insurance. 

 

Selesai urusan asuransi, baru deh antri imigrasi. Dan saat itu, hanya tinggal kami bertiga LADIES IN 40’s bermuka Asia Tenggara yang menghadapi para algojo 😂. Muka petugasnya serem semua cuy.

 

Medical insurance , syarat utama untuk mendapatkan free visa ke belarus

syarat masuk belarus untuk wni

 

 

 

 

BERDEBAR MENJAWAB PERTANYAAN IMIGRASI BELARUS

Ini kali pertama aku cemas dalam menjawab pertanyaan staff imigrasi. Padahal dulu saat di Korea Utara santai dan ga merasa takut. Mungkin karena ada travel guide yaaa, jadi kayak aman aja gitu. 

 

 

Baca : Korea Utara, Tidak Seseram Yang Ditulis Media

 

 

Lah di Belarus ini kami pergi sendiri tanpa travel. Ga ada yang bisa diandalkan 😅.

 

Pertanyaan dari petugas diulang berkali-kali. 

 

“Berapa hari di Minsk? Nanti kemana aja? Nginep di mana? Bawa uang berapa sekarang? Pulangnya lewat bandara ini lagi? Tiket pulang ada ga? ” 

 

Dan pertanyaan itu diulang teruuuuus sampai 30 menit!! 

 

Feelingku, hanya ada 2 kemungkinan, mereka ga paham bahasa inggris (Yang  sepertinya ga mungkin), atau mereka mau melihat konsistensi jawaban kami semua. Kalo jawabannya ga berubah, ya baguus. Tapi kalo berubah-ubah, mencurigakan pastinya. 

 

Jadi inget yaaa, di imigrasi mana pun, jawab dengan konsisten. Itulah kenapa kalian harus buat ITIN yang jelas dari awal berangkat sampai pulang. 

 

 

 

AKHIRNYAAAAA…..

Setelah pertanyaan yang bikin capek dan mumet, para petugas pun  puas dengan jawaban kami. Lalu  pasport  dikembalikan dengan senyuman manis dari si Abang pucat 😄. “Welcome to Minsk. Have a nice vacation”

 

Gilaaaa dia senyuuuuum ;p. Ternyata mereka bisa ramaaah  Gaeees🤣🤣😍. 

 

ada chop Belarus jugaa di pasportku ^o^

liburan ke belarus apa yang dipersiapkan

 

 

Kami  melenggang santai  kluar menuju area ketibaan untuk ambil koper. Tapiiiii jeng jeeeeng. Belum selesai beib, ternyata setelah ambil koper, mau kluar pintu, dicegat  ama petugas cewe 😂. Ditanyain lagiiii, tentang pasport, tiket pulang, dan hotel.

 

Woooyyy para Indonesians, coba lah kelen liburan ke Belarus juga, biar ga aneh kali turis Indonesia dianggab 🤣. Soalnya mereka bilang sendiri, Indonesian itu bisa dibilang setahun mungkin cuma 5 yang datang 😅. Itupun kebanyakan diplomat atau ada urusan negara. Bukan turis emak-emak macam kami 😂

 

Makanya mereka ga mau gegabah melepas turis begitu aja. Harus dicek bener-bener 🤣

 

 

 

DISAMBUT SUHU MINUS TUJUH BELAS (-17)

Jam saat itu sekitar 3 pagi waktu setempat. Kami sudah ditunggu oleh driver. Ramah BANGETTTT, dan untungnya dia bisa bahasa inggris, walau ga lancar. 

 

Sebelum kluar dari bandara, si Kang Driver udah wanti-wanti, “oke kita go out sekarang. Siap-siap yaa, dingiiiin banget”.

 

Yang tentu saja kami bertiga ga mau underestimate, secara pas cek suhu, walau pun minus nya sudah turun, dari -22 saat masih dalam pesawat, menjadi -17 🤣🤣🤣. Teteeeup ya beib, masih bisa bikin rambut beku kalo abis keramas 😂

 

seperti apa bandara minsk international airport

 

 

Koper besar ku dibawa driver. Detik itu juga saat keluar dari bandara, beuuughhhhh auto pilek 🤧 , badan sih amaaaan ya , karena jaket Hummel yang aku beli di Jakarta beneran bisa nahan dingiiiin banget. Tapiiiii muka kami yang tidak tertutup, langsung kayak mati rasa 🤣🤣. Gini kali yaa kalo abis botox. Susah senyum hahahahaha. 

 

Kina sampe bilang, ‘Fan, please next time negaranya jangan begini lagi deh yaaa. Udah ga bisa pamer OOTD, harus pake jaket tebel bener, udah mirip lemper kita semua’ 😂

 

Dan sebelum masuk mobil, sempet-sempetnya aku ngeluarin hp untuk memotret bagian luar dari bandara Minsk. Maklum, foto dalam bandara ga boleh. Kami penumpang terakhir yang baru keluar. Saat itu bandara sudah tutup karena memang penerbangan kesini tidak banyak. 

 

Lapangan parkir sepi, salju turun tipis. Tapi pohon natal yang terpasang di luar bandara, memancarkan aura hangat dan damai… 

 

 

mempersiapkan trip ke minsk

 

Hai Minsk…. Nice to meet you. Semoga 3 malam kami di sini jadi pengalaman berkesan yang susah dilupakan, oh ofkors…dalam konteks yang positif ☺️❤️

 

 

Dini hari itu, kami meluncur menuju penginapan yang sudah dibooking… Cerita lengkap tentang drama selanjutnya saat melihat apartemen yang kami booked, aku tulis Minggu depan yaa 😄😘

 

 

 

Ps:

Bagi yang memang mau ke Belarus, jangan mimpi selama di sini bisa tarik duit dari ATM. BAWA CASH dalam bentuk USD atau EUR.  Ini negara yang sedang terkena sanction, jadi susah sekali tarik uang tunai.

 

Tiket pesawat, tadinya mau ngerasain naik BELAVIA AIR, maskapai milik Belarus, dan harganya lebih murah. Sayangnyaaaa, ga bisa dibooked dari Indonesia. Ya karena itu tadi, pembayarannya tidak memungkinkan karena semua kartu bank APAPUN  direstricted untuk melakukan payment ke sana. Mau ga mau, pakai maskapai yang negaranya tidak terkena sanction, seperti Azerbaijan Airlines. 

naik pesawat apa ke minsk belarus

 

 

110 tanggapan untuk “TRIP BELARUS: DRAMA-DRAMA DI MINSK INTERNATIONAL AIRPORT”

  1. Djangkaru Bumi berkata:

    Saya bacanya kayak kebawa perasaan
    kalau saya dah nyerah dah, rasanya ingin balik lagi dan kabur
    ribet dan lumayan ribet, walau akhirnya petugas bandara ada senyuman pula hehe
    punuh drama dah

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hhahahahaha, tapi itulah serunya traveling mas.. selalu ada drama yg kalo diinget malah bikin ketawa sekarang ini… 🙂

      makanya aku kecanduan jalan2 ;p

  2. Mz berkata:

    Waaa sejuknyaaaa suhu below zero degree tuuu

  3. Avi berkata:

    Huakakakka kok mirip lemper? Pas kuliat di IG Kak Fanny, 3 cewek di Belarus ini masih cantik kok walau pake jaket tebal. Ini jadinya pake pakaian berapa lapis, Kak?

    eh tapi Kak Fanny sukanya liburan ke tempat dingin gitu yaa daripada yg panas.

    Semoga makin banyak orang Indonesia yg liburan ke Belarus ya agar mereka lebih familiar ama org kita.

    Itu tulisan di fotonya pake ciryllic semua yaa, kusuruh Saladin buat bacain hehehehe.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kalo dibelarus ini kami pake lonjohn dulu, trus kemeja flanel, sweater, baru jaket tebal. tambahin syal juga. dan sarung tangan mba :D.

      sebenernya di azerbaijan dan georgia ga jauh beda lapisannya. cuma jenis ketebalan jaketnya.. yg di belarus jaket kami lebih tebal.

  4. Retnawati Mohd Yusof berkata:

    Wah fan memang salute ama kamu dan teman2 nya. Tidak terpikir kakak mau jejak ke situ apa lagi bila terbayangkan ada anggota bersenjata hahaha terasa macam dalam movie perang gitu. Disoal berkali2 mau terkucil kakak hahaha…

    apa pun tahniah berjaya menjejak kan kaki dan mengharungi segala drama drama hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahahaha, kami memang rada gila sih kaka ;p. cari susah wkwkwkwk.. tp yg begini kan lebih seru :D. biar beda aja ceritanya dengan yg lain 😉

  5. rezkypratama berkata:

    buset suhunya -17
    apakabar itu badan2 indonesia yang g kuat dingin
    langsung jadi ice tube dah hehe

    btw mbak fan emang disana wisatanya apa
    kok berwisata ke tempat yang jarang orang indonesia datengin hehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      tapi kami semua suka dingin mas.. makanya suhu segini jujurnya kami excited bangetttttt, walo banyak ngomel.. ga kapok sih.. aku mending ketempat dingin begini drpd yg panas :D. temen2ku bilang aku tuh beruang kutub, sekali kena panas langsung cranky hahahaha

      adaaa wisatanya… ntr yaaa tulisan selanjutnya

  6. eryka berkata:

    belarus kenapa kena sanksi ekonomi mba? kenapa juga banyak tentara di bandara apakah sedang ada semacm peperangan gt disana? ato mirip2 korut itu….
    aku tau negara belarus juga dari cerita mb fanny looo dan ternyata free visa juga buat indonesia kalo deket sie gampang2 aja mba la ini jauhhhh disana wkwkwk biayanya pasti lebih mahal donk hehe
    mungkin buat mereka indonesia ini juga semacam ada dan tidak ada yaaa wkwkwk

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kalo diitung2 kemarin kami tuh cuma prepare 40 juta utk 2 minggu udh termasuk tiket pesawat dan hotel loh mba,, itu termasuk murah. tp hotel kami sharing memang.. cuma pesawat kan ga. dan udh masuk dllm 40 juta itu. tiket jkt-azerbaijan kurleb 450 usd, tus azerbaijan ke belarus 3 juta.

      mereka kena sanction kalo aku baca krn pemilihan pemilu yg curang dan ada pelanggaran HAM mba.. cuma ga jelas pelanggaran apa. suka2 negara barat itu mah.. mereka kan gitu ;p

  7. Citu berkata:

    Genial lugar. Te mando un beso.

  8. zaty rose berkata:

    aaaa seronoknyaa baqca post kali ni. it’s giving rushing to catch the flight vibes and it’s so euphoric. the christmas tree is so pretty and mesmerizing! suddenly, i miss december again bahahahaha. take care always ya sis fanny!! enjoys your times alwaysss ! <3

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      thank youuuu zaty :D.. kalo tak mengalami drama2 seperti ini, tak ada cerita lah kan ;p.. saya pun rinduuuu nak traveling di winter lagi

  9. Kang Nata berkata:

    Saya pikir cuma artikel tentang Korut yang bikin saya deg – deg an saat membacanya. Ternyata artikel ini lebih deg – deg an lagi saat membacanya,hahaha. Abisss, banyak banget lika – likunya,hehe….

    Apa jadinya ya kalau uang cash ditangan tau – tau ketinggalan entah dimana ?

    Ditunggu cerita selanjutnya ya, Mbak. ( pulangnya pasti ketemu lagi dong dengan Pak Tentara,hehe ) .

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      jangan sampe dong mas ;p.. serem amat… aku alhamdulillah belum pernah kehilangan, amit2 jangan sampe.. selalu simpen tempat aman lah.. paling aku percaya money belt sih.. jd dipasang di balik baju.. cuma keluarin sedikit buat uang yg mau dipake dlm waktu dekat. intinya dipisah2 kalo simpen duit.. kalo pun ilang ga semua

  10. anies berkata:

    30 minit bersoal jawab?
    saya rasa saya mungkin dah pengsan kat situ…
    adoiiii

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahaha, bener-bener adu mental siapa yg lebih kuat, si petugas atau kami ;p. karena jawaban saya pun ga berubah, itu2 aja ;p

      • anies berkata:

        saya kena tanya 4-5 soalan je dah berpeluh
        pada hal winter time tu
        dalam kepala dah berselirat
        apa jawapan terbaik nak beri…
        takutttt… tapi tak tahu kenapa perlu takut sebab bukan buat salah apa-apa pun
        hahaha

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          terkadang memang begitu kan ;p. kita semacam terintimidasi kalau dengan petugas imigrasi.. padahal mereka pun sebenarnya tak ada maksud apa2 ;p. hanya nak ketegasan jawaban kita hihihihi

          • anies berkata:

            ya dia nak kita consistent dengan jawapan yang diberi. kalau tak dia boleh suspect kita nak masuk and tinggal lama kat situ…

          • Fanny Fristhika Nila berkata:

            bener kak.. di semua imigrasi pasti begitu.. makanya penting untuk menjawab secara confident dan konsisten

  11. carneyz berkata:

    Kalian mmg berani jejak negara yang susah nak masuk 😅 salute sama Fanny dan rakan2!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahaha mungkin sesekali kakak mau join dengan kami 😉 . next year kami nak ke mongolia 😀

  12. anies berkata:

    banyak juga tu kalau 100euro
    lbh krg RM500++
    kalau kena jenis yang tak nak buat survey
    main terjah je negara ni
    mana nak cari duit sebanyak tu on the spot kalau pegawai tu minta?
    haihhhh ngeri pula rasa…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahaha, gila kalau ke sini tapi tak browsing apa2, secara negara ini agak2 seram ;p. saya memang sengaja dah cari tahu apapun ttg belarus sebelum pergi kak :D. jadi dah lah prepare 😀

      • anies berkata:

        kalau dah prepare, tak apa lagi… jenis yang ikut je tak buat apa-apa… haaa… siaplah! hahaha

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          hahahahahah, biasanya dalam grub saya, ada temen yg begini.. tp saya sendiri tipe yg ngurus semuanya dari awal, supaya ga salah di sana

  13. anies berkata:

    yang nombor 4 tu… fuhhh
    payah juga ya?
    negara lain bebeas keluar masuk dari mana2 asalkan tidak terlibat dengan jenayah
    tapi ada bagus juga undang-undang sebegitu bagi mengelak immigrant haram…

  14. anies berkata:

    kalau kita dah ada insurance lain, tak apa ke kalau tak nak beli?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ga bisa kak.. ini salah satu syarat wajib utk dapat free visa.. malaysia juga sama kok, free visa tapi hrs penuhi syart tadi.. dan insurance nya diminta lihat ama mereka..

      lagian, walaupun kakak ada insurance worldwide yg lain, tetap tak akan bisa mengcover kalau sampai sakit atau kenapa2 di belarus. semua asuransi biasa itu ga akan cover sanction countries. jadi wajib beli di sana

  15. Mugniar berkata:

    Buat orang di BElarus/Azerbaijan, kayaknya aneh ya ada orang Indonesia mau ke sana, Mbak Fan? Kok bikin merinding2 gimana baca pengalaman di tulisan ini 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      saking ga banyak yg kesana mba ;p.. mungkin belum kepikiran juga, makanya aku tulis, biar banyak yg tertarik 😀

  16. Amie berkata:

    Saya kira airport di Australia saja yang paling cerewet dan juga airport Srinagar di Khasmir yang bikin geram sebab sampai tujuh kali di tujuh pondok scan bagasi. Rupanya di Belarus lagi hebat. Barangkali iti psiko untuk menduga tujuan datang negara itu.
    Kalau suhu negatif begitu, aduhai…. tak terbayang berapa lapis pakai baju termasuk long johns…supaya tidak kedinginan terus.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      uwaaahhhh di khasmir macam mana kak? saya ada plan nak kesana hahahaha… memang imigrasi itu antara lucky atau tak.. kalo lucky dapat yg mudah :D. hanya tanya sebenatra, trus diksh masuk.. kalo tak lucky, habislah siap2 random check ;p

      • Miss Mirror berkata:

        Lumayan enak menu dlm flight tu Fanny. Saya selalu dpt menu biasa2 saja, kadang tidak sedap langsung. 🤣🤣.

        Kalau bukan dlm flight pun I paling malas untuk isi survey form, ini kan pula dlm flight. Pakkal je, arrival form wajib diisi. Kalau tak mesti I biarkan kosong juga. 😁

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Naaah makanan di Azerbaijan airlines ini sedaaaap kak 😄😄👍. Tak menyangka pun saya . Walo penampakan seperti itu, tp enaaak 👍. Cuma Krn mengantuk susah nak habiskan

  17. ~uncle gedek! berkata:

    Uncle memang stress bila ada di immigration… Sebab uncle pernah ada drama tak bagus di immigration sebuah negara (rahsia) Hahaha….

    Sampai sekarang uncle takut immigration…. Hahahaha

  18. Ezna berkata:

    Belarus ni mungkin tak ramai yang pergi ya. Kalau orang Malaysia pun mungkin jarang juga. Disebabkan tak ramai orang Indonesia pergi Belarus sampai kena tanya banyak kali. Kalau kakak annoying juga kan tapi sebab negara orang kena la menghadapinya. Ok tak sabar nak dengar cerita Fanny travel di Belarus….ok kakak tunggu Fanny update blog.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      anggab aja setiap imigrasi itu ada pelajaran yg kita dapat kak ;p.. bagaimana nak handle staff di sana 😀

  19. azian elias berkata:

    ya ampun fanny. sejuk buanget. jem otak. heheehe. kalau kata mau travel ke negara2 ni. yg blog boleh direfer. tq for the sharing.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      malaysia sama juga, free visa ke belarus tapi syarat sama seperti yg saya sebut di atas ;).. jadi bisalah prepare dulu kalo nak kesini 😀

  20. Lala berkata:

    Sebuah perjalanan yang sangat menegangkan mba, aku berasa diajak dalam ketegangan tersebut. Kebayang banget di tanya berkali-kali dengan pertanyaan yang sama di negeri orang yang dimana Orang Indonesia aja jarang ke Belarus. Dududu, merinding pisan. Mana suhu nya subhanallah dingin sangat yaaa, -17 kebayang sih brigidik parah.
    Meski begitu, makasih banyak tips nya terutama persiapan kesana mesti bawa uang cash. Buat kita yang terbiasa cashless beneran harus aware kalau bawa cash ke Belarus itu sebuah keharusan.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      tapi memang kalo ke LN , selama ini aku ga suka cashless mba.. krn lebih ngerasa nyaman bawa cash.. kalo andelin atm, kdg mikir itu atm nya aman atau ga,, pin nya yg 6 atau msh 4 (krn beberapa negara atm nya 4 pin), uang beneran bisa kluar atau ga (krn pernah temenku uangnya ga kluar tp kedebit. repooot ngurusnya).

      dan kdg kena hack. aku pernah.

      jadi males pake kartu saat di LN.. hanya kalau terpaksa. selalunya dari zaman dulu ampe skr aku pake cash.. pinter2 nyimpennya lah.. jgn disimpen dalam 1 dompet.

  21. Haryadi Yansyah berkata:

    Untungnya tiba di bandara cukup waktu ya mbak. kalau sampe mepet dan pihak bandara Azerbaijan kudu ngecek lama bisa-bisa ketinggalan pesawat.

    Informasi soal asuransinya sangat berguna dan untungnya juga murah. Dan pas di imigrasi kl sampe setengah jam ditanya begitu terus dan berulang aku juga kayaknya bakalan degdegan. Untungnya berakhir bahagia haha alhamdulillah.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      dari awal kami memang lebih suka ke bandara segera walo masih lama.. krn toh ga ada yg bisa dilihat lagi, kami bisa santai di bandaranya.. dan utk antisipasi yg begini memang.

      semoga yg mau ke belarus ga pusing lagi cari info :D.. negara ini menarik kok, walopun aku cukup sekali aja kesana

  22. mrhanafi berkata:

    Kisah travel yang mendebar-debarkan…

    saya kenal Balarus kerana negara ini ada memghantar atlet ke sukan olimpik

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      negara2 bekas sovyet gini rata2 memang jago di sukan yaa bang.. kayak rusia aja juga banyak kan atlet yg dikirim ke event international olahraga.. sama kayak belarus

  23. Tukang Jalan Jajan berkata:

    Ternyata mirip mirip juga yah ama penumpang Indonesia yang suka ngga sabaran hehehehe. belom landing udah sibuk mau keluar pake buka buka bagasi, bisa diteriakin ama diriku klo ada disana. itu kalo jatuh nimpa kepala bisa benjut dan nambah masalah baru

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahah, tp parah mereka mas. dari awal roda kena aspal, lgs bangun… kalo indonesia kan msh nunggu sampe jalan pesawat agak lambat dikit hahahahaha.

  24. Dian berkata:

    Aku bacanya ikutan tegang dan cemas
    Emang sangat mendebarkan saat saat pengecekan imigrasi itu ya mbak
    Makanya beneran harus sangat dipersiapkan

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      bener mba… jangan sampe mereka curiga dan malah kena random check. lebih lama lagi soalnya menjawab pertanyaan

  25. Mbul Kecil berkata:

    Kebayang dingin bangad pas abis keluar pesawatnya mba..mana salju dah menyapa gitu tapi karrna aku belum pernah melihat salju secara langsung pastinya aku bakalan norak norak bergembira andai bisa liat hahahha……dan kerasa banget biarpun pake jacket mantel hummel pun masih kerasa brrr brrr nya. biarpun ga bisa perlihatkan ootd selama liburan karena suhu udara..sama kayak aku kalau liburan sebenernya bawa baju banyak cuma malas foto yang diperlihatkan di blog. kebanyakan foto-fotonya pas pake baju on the spot buat konsumsi pribadi xixixixi
    Kalau ke sana ladies trip gitu serasa kayak ngebolang gitu ya, dan lebih surprisenya lagi turis asia tenggara yang judulnya vacation tuh cuma itungan jari aja..kebanyakan dalam rangka tugas negara atau diplomat.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahaha mungkin kalo aku baru pertama lihat salju, bakal begitu juga ;p. tp krn udah pernah, yg ada fokus gimana ngadepin imigrasi hahahahah.. dan cari insurancenya jual di mana :D.

      aku sendiri ga suka foto ootd, krn memang ga doyan foto kan.. tp tetep hrs ada foto di beberapa tempat supaya bukti aja.. sayangnya di bandara ga bisa..

      • Heni berkata:

        Aku gak kebayang kalau di tanya”di bagian imigrasi nya sampe di ulang”setengah jam..udah bahasa Inggris ku yang seadanya😆..kayaknya bakalan gak di bolehin deh..wkwkkk,tapi kenapa ya bagian Imigrasi itu nyeremin karena liat wajah petugasnya yang kaku”….sekaku dan sedingin suhu di sana 😁

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Hahahaha ajak suami aja mba 😄. Memang serem sih, tapi ntah kenapa yg beginiii yg selalu kami cari. Pengalaman unik yg biasanya ga didapat dari negara mainstream 😁

  26. ainun berkata:

    aku ngebayangin diriku sendiri seandainya solo traveling kesana dan dikejer sama pertanyaan di bagian imigrasi. Ehmmm sanggup apa kagak ya. Tapi selama punya tiket pulang, seandainya ga dibolehin masuk, mungkin aku akan langsung pulang, tapii nangiss juga kan sayang sama tiket pesawatnya pas berangkat jadi sia-sia 😀

    Aku kadang masih suka deg-degan kalau dibagian imigrasi, kayak kurang dipercaya gitu hahaha, apa tampilan waktu itu kayak gembel atau gimana, aku juga ga ngerti penilaian mereka kalau dari penampilan luarnya

    mendarat di Belarus disambut salju udah kayak film Home Alone trus ada pohon natalnya juga

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      tiket pulangnya tapi kan di tanggal beda mba ;p. ttp harus beli tiket baru hahahahaha.

      kdg orang imigrasi bukan melihat dari penampilan, tp dari cara merespon pertanyaan mereka… kalo gugup, kliatan bingung, baru mereka curiga..

      kenapa msh ada pohon natal. krn belarus ini orthodoks, dan orthodoks natalnya bukan 25 dec :D. tapi januari

  27. inia lutarfus berkata:

    Duh ketat banget ya sampai nggak boleh foto di bandaranya, mana di bandara dikawal pakai senjata lagi agak seram jadinya, emang daerah ini ada rekam jejak konflik atau gimana mbak, kok jadi sensitif itu ya, padahal Belarus termasuk negara yang namanya nggak Asing tapi nggak populer ya untuk orang Indonesia liburan, Apa karena suhunya atau harga tiketnya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      negara ini kena sanction krn pelanggaran ham mba… ga jelas lah apa, krn udh lama juga… orang indonesia kebanyakan maunya yg dekat, ga nyusahin, ga mahal ;p.. makanya denger belarus, dan msh asing banyak mundur mau kesini… sementara aku memang hobinya yg aneh, ga biasa, jd lansgung tertarik.. itung2 krn blm banyak orang kesini, jadi aku bisa banyak cerita apa yg menarik dari belarus

  28. Sibayukun berkata:

    Waaaaaa Seraaammm… Terutama bagian sewaktu di imigrasi. Btw, Mba Fan mah ke Belarus, Rusia udah Invasi Ukraina kan ya? Tadi aku smpet penasaran kenapa Belarus di sanksi, ternyata karena Politik disana yang dukung aksi Rusia… berarti Bener-bener ekonominya dtekan banget yaaa, Nggak kebayang kalau Indonesia diginiin 😁…

    Ikut senang, meskipun banyak drama. Tapi Mba Fan berhasil masukk ke Belarus dan bawa banyak cerita ke kita… hehe

    Syaratny juga nggk ribet kalau yang tahu mah,, Mana minimal bawanya cuma 25 Euro perhari.. Kemarin baca syarat di Tahiland mesti minimal 6,5 juta kalau nggak salah 🤔 heheh

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyaaa, udah lewat masa2 invasinya :D. mereka ini semacam di tengah sih, antara rusia dan ukraina ;p.. salah satu mereka kena sanction krn itu,, juga krn pemilihan pemilu yg curang katanya ;p.. ntahlah curang nya gimana hahaha.. negara barat aneh memang

      setelah tahu syarat masuk ke sini, ya ga susah sebenernya.. cuma siapin mental aja ngadepin imigrasi hahahaha

  29. Dailyrella berkata:

    Eh cakep banget saljuunyaaaa…. aaaaa…. Aku jg ngga nyangka Belarus jadi destinasi wisata, jarang ya, haha.. tapi kalau visanya sekalian gitu sih ya tanggung mampir aja lumayan jd pengalaman. Ter-wow juga nih kalau negara ini banyak sanctionnya ya, cukup bikin riweuh.

    Btw, kelakuan penumpang udah pada berdiri sblm pesawat landing itu bukannya sama kaya di Indonesia ya? hihihi…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      gaa mbaaa…kalo orang indonesia kebanyakan, pesawat belum benar2 berhenti, tp udah mulai pelan baru bangun… tapiii cabin crew msh galak..

      lah ini beneran pas roda baru nyentuh darat lansgung bangun semua hahahahah. dan diem aja cabin crew ;p.. kita ga separah itu.

  30. Sabrina berkata:

    penuh drama sekali ya Mba Fan kunjungan ke Belarus ini, btw agak sedikit miris ya petugas sana samai ga percaya kita bebas visa, di satu sisi masih menandakan lemahnya paspor negara kita dan kenapa dia ga cek di situs imigrasinya mereka ya, kan bisa ketahuan kalau negara mana saja yang sudah kerjasama dengan negara mereka sehingga bebas visa, atau tidak dicantumkan ya di website mereka. Btw tips persiapannya jadi tahu juga saat berkunjung ke sana

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      sebenernya aku juga bingung, gimana cara mereka cek list negara yg sudah free visa atau ga… soalnya lumayan lama ngeceknya.. masa iya nanya dulu ke embassy.. kayaknya ga mungkin kan.

  31. Lendyagassi berkata:

    Belaruuuss oh Belaruuss..
    Tapi kayanya pernah jadi lokasi syuting film apaa gitu gak sii.. ka Fan?
    Cantiknyaa.. menikmati udara dingin ini alhamdulillah, kayanya mau bikin ka perjalanan tak terlupakan bagi ka Fan nih.. makanya ujiannya panjaaaang beneerr..

    Tapi kalau ditanya, ‘Bakalan ke sini lagi gak?”
    …and the answer iss???

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ntah lah pernah jadi tempat syuting atau ga… aku tipe yg ga pernah inget lokasi film apapun, kecuali suka banget ;p. cuma kok kayaknya ga yakin belarus pernah dijadiin lokasi syuting, secara masuk aja susah hahahaha.mungkin rusia kali mba.

      kalo ditanya dtg lagi atau ga, jawabnya ga… cukup sekali aja asal udah tahu ;p.. bukan ga bagus, tp ga banyak yg bisa dilihat

  32. Nurul Sufitri berkata:

    Hahahahaha aku nih barusan baca cerita mbak Fan, langsung aku kasih tau suami lagi di sebelah. Dia bilang, keren amat berani jalan2 di negara konflik ahayyyy…Serem gitu maksudnya. Deket Rusia ya? kalau 30 menit ditanya pernyataan berulang2 di beda2 petugas, rupanya iya ya supaya jawabannya konsisten hihihi. Ga kebayang kalau disambut dengan orang2 bersenjata muka tegang gitu, aku mah bisa mewek minta pulang wkwkwkwkwkw 😀 Oh, kudu bawa duwit tunai yang banyak kalau di sini ya hihihi tfs yak.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ga konflik sih belarus sbnrnya mba… yg konflik tetangga kiri kanannya.. rusia dan ukraina :D,..si belarus di tengah2 hahahahaha. kalo temenku bilang,, jangan2 pas rudal saling kirim di antara rusia dan ukraina, dari belarus bisa kliatan 😀 hihihihi.

      iyaaaa , hrs cash di sini.. krn dikuatirkan atm nya ga akan bisa ngeluarin uang dari bank negara lain

  33. Rivai Hidayat berkata:

    Kena reject visa itu kayaknya nyesek banget. Beberapa kali baca berita serupa rasanya ikut merasakan kepedihan yang dirasakan…hiks
    Belarusia kena sanksi karena apa mbak…? Lihat berita negara ini tenang-tenang aja.

    Nasib paspor hijau. Seringnya disepelekan dan ga banyak yg wisata ke negara-negara kecil seperti ini.

    Beuuh..langsung beku kalau kayak gini. Warga negara tropis kmudian dikasih dingin yang hingga dibawah 0°..wkwkwk

    Jadi ga sabar nunggu kelanjutannya 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      pas armenia kami belum apply sih.. cuma keder aja krn tahu mas ariev di reject. makanya lgs pindah haluan mas ;p.

      amit2 jgn sampe ngalamin.. aku belum pernah sih di reject visa nya..

      belarus dr yg aku baca krn ada pelanggaran ham, ada kecurangan pemilu , dan dianggab dukung rusia pas perang ukraina

      bukan disepelekan, tapi mungkin krn mereka jarang lihat turis dari negara kita ;p.. makanya lebih hati2 hahahaha.

      kalo aku walopun tropis tp memang sukanya yg beku begini.. 2 temenku yg lain misuh2 krn mereka cendrung sukanya yg panas hahahahaha. ini aja ajaib sih aku bisa bujukin travel pas winter ke belarus pula hahahahaha

  34. Fajar Fathurrahman berkata:

    Ini negara tuh gara-gara support Rusia, jadinya dibikin ribet sama orang orang yurop ya. Agak ngeri juga ngebayangin kemana-mana harus bawa duit cash di zaman serba cashlesh gini. Takutnya ada hal yang ga diinginkan terjadi (amit-amit) itu bakal susah tarik duitnya.

    BTW suhunya ekstrim juga yak. minus 22 buseeeng dah.
    Itu aku kalo jualan daging disana kayaknya irit banget. Gausah bayar listrik freezer, tinggal pake box aja yang gede hahaha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyaaa krn itu juga dan dianggab barat curang saat pemilu. aneh2 aja kalo barat mah.. pokoknya yg ga sealiran ama dia, main snaction.

      tapi jujurnya aku memang kalo traveling ke LN pasti cash mas.. jaraaaaang bgt pake kartu. krn aku kuatir atm nya ga function, pernah kejadian uang kedebit tapi ga kluar.. repoooooot ngurusinnya yaa.

      trus kendala atam di LN banyak juga yg msh 4 angka pinnya .. susah nih yg pin udh 6 angka

      dan aku pernah dihack pas di US. ribet juga urusnya..

      itu kenapa aku dari dulu lebih sukaaa cash kalo di LN. simpen duitnya jgn 1 tempat. tapi pisah2, kalopun amit2 ada kecopetan ga ilang semua. tapi alhamdulillah ga pernah ngalamin sih. walopun aku selalu bawa banyak tiap traveling

  35. Nur berkata:

    Kak Nur tahu tentang Belarus bila tengok perarakan kontinjen atlet sukan Olimpik. Eh, Olimpik ke, Komanwel. Lupa sudah.
    Sejuknya negara dia. Kenapa ye, Fanny dan kawan-kawan, kak Nur musykil saja, pilih Belarus, sedangkan negara itu, tak ramai yang kunjungi. 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kenapa kami suka negara2 yg antimainstream, itu krn supaya bisa cerita yg berbeda kak :). saya ada bahan tulisan yg tidak biasa, dan itu lebih bisa menarik perhatian orang.

      info ttg belarus tidak banyak di internet, dengan saya menulis ini based on pengalaman pribadi, saya bakal mudah juga masuk page one :D.

      alasan selanjutnya, negar2 mainstream sudah banyak didatangi dan ditulis oleh travel blogger. saingan saya berat utk bersaing di page one ;p

      dan lagi kalo ada artikel ttg korsel yg sudah banyak orang tahu, dengan negara yg masih berkesan misterius, kecendrungan orang2 akan memilih membaca yg misterius 😀

  36. NA berkata:

    Nasib baik lepas.
    Berani pergi negara yang jarang dikunjungi dan negara kena sekatan ekonomi.

  37. Anwar Zakuwan berkata:

    ooh seronok juga kalau dapat travel jauh macam ini. saya masih belum ada rezeki dapat travel negeri orang lain. banyaknya travel di negeri sendiri sahaja.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Tak apa abaaaaang. Travel negeri sendiri pun baguus juga . Justru bisa promote keindahan alam di negara sendiri supaya turis asing banyak kesana 👍

  38. Lantana Magenta Hermosa berkata:

    Ngebaca pengalaman tiga bidadari ini koq bikin deg-degan, saya paling takut kalau masuk negara yang di-ban gitu. Ketat banget screening-nya.. Alhamdulillah ya, kalau diingat lagi jadi kenangan manis.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha itulah hobi kami mbak. Paling suka visit Negara2 yg justru sulit masuknya. Dan bukan fav orang WNI 😄

  39. RAWIWA berkata:

    Belarus ni negara yang saya mula kenal/dengar sebab ada Miss World dulu2.. ratunya sangat cantik.
    Bila tonton filem Barat, Belarus ni selalu dianggap negara konflik dan bahaya.

    Walau banyak drama setibanya di bandara, pasti Fanny dan teman2 relax sahaja sebab sudah study keperluannya sebelum masuk Belarus ini.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naah iyaaa, bagi negara barat, Belarus ini selalu dijadikan negara konflik kan 😄. Musuh dari mereka. Macam Amerika dan sekutunya bukan negara bahaya saja 😔.

      Memang cantik2 wanita di sana.

  40. LadyBird berkata:

    seronoknya.. pelbagai negara dah Fanny melawat.. teruja melihat gambar2nya..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Alhamdulillah Krn ada kesempatan kak lady. Dan bersyukurnya Krn diizinkan suami

  41. Bunsal berkata:

    Hai Fanny, salken balik ya.
    Surprise bener pagi inj, terima tamu sesama travel blogger. Bertamunya lammaaa, ngobrolnya juga jadi cem macem 😍

    Seru bener pengalaman trip ke Belarus di atas. Mudah-mudahan, saya pun ada rezeki, berjodoh ngetrio jauh ke Belarus. Aamiin.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Haiii mbaaa.. duh aku juga seneeeng dikunjungi balik 😄🤗

      Baca tulisan mba pun sukaaaa. Apalagi isinya ttg lombok dan travel. Tempat yg udah lama pengen aku datangin

  42. Hastira berkata:

    Kebayang kalau aku diposisi seperti itu pasti panik banget. Apalagi di negara lain yang kita gak punya kenalan. Mbak, biasatraveling jadi bisa gak panik ya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sebenernya udah cemas mba, tapi berusaha tenang 🤣. Dan Krn aku tahu memang hrs konsisten kalo menjawab mereka 😄

  43. Ujie Othman berkata:

    Fuh! Nembaca catatan Fanny saja sudah membuat ikut rasa berdebar dari awal hingga akhir 😅

    Orangnya, suasana dan suhunya cukup ekstrem.

    Banyak info yang saya baru tahu mengenai Belarus. Perkongsian yang sangat terperinci 👍

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Thank you kak 😁. Itu salah satu yg saya suka kalo traveling ke negara tak biasa. Effort mencari infonya menantang buat saya. Saya suka hal2 challenging macam ini 😄

  44. Nurzarini Ismail berkata:

    Suhu minus 17 macam duduk dalam refrigerator ya. Sejukkkk

  45. Endah April berkata:

    Ngenes amaaat emang nasib paspor ijo🤣 Sebenernya pingin sih ya ke negara-negara bebas visa untuk WNI macam Belarus gini, cuman uang sama waktunya yang nggak ada🤣🤣🤣 Suhunya kalo winter juga kok dingin amat minusnya sampe ke dua digit🥶🥶🥶

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahaha yg penting sebenernya pakaian proper mba… layernya harus bener… mulai dari longjon yg pertama, kemeja flanel, sweater, baru jaket tebal. sarung tangan, syal dan penutup telinga jangan lupa.. itu aman kok mau suhunya 2 digit minus.

      tapi memang negara2 begini agak malah tiket pesawatnya.. mungkin krn ga banyak juga yg kesana kan.. cuma kalo menurutku worth it lah ama pengalaman yg didapat 🙂

  46. Fenni Bungsu berkata:

    ternyata banyak pertanyaan, yang ujung-ujungnya Visa euiii.
    Mungkin terkait gretongnya ini memang kudu diviralkan, biar pada engeh buat wisata ke sana dan jadinya petugas di sana pada hapal dan familiar dengan wisatawan Indonesia ya, hihi

    Entah mengapa pas melihat tulisan form survey, yang terlintas pertama kali sama daku adalah, animasi Masha and the Bear. Masih satu rumpun sih ya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahah iyaaa masih 1 rumpun mereka, bahasanya sama :p

      seruu kok sebenernya belarus ini.. negaranya unik, dan yg ga disangka2 orang2 lokalnya ramaaah mba.. ntr aku cerita di postingan terpisah ttg orang2 belarus.. yg pasti kami ga nyesel sih harus ngadepin pertanyaan rumit imigrasi, kalo akhirnya bisa eksplor dan merasakan kotanya 😀

  47. FiezaSani berkata:

    macam-macam hal..kalau saya dah give up ni..banyak betul cabaran sebelum boleh jejak kat negara ni..kagum berjaya jugak fanny & kawan-kawan jejak ke sini..tapi betul jarang dengar orang bercuti ke negara ni…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      padahal belarus ini menariiiik sangat kak… tak rugi lah sesekali kemari.. memang complicated, tapi berbaloi dengan yg kita lihat 😉

  48. mamatisya berkata:

    suhu -17 mmg dingin bangat…sronoknya fanny dpt travel selalu…lama tk travel since covid melanda…tq for sharing…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      sama2 kak 😉 . bagi saya traveling memang dah semacam obat, jd lepas covid langsung lah berangkat ke tempat2 baru 😀

  49. Nursini Rais berkata:

    Keluar pesawat diawasi tentara? Mungkin negaranya negara militer ya, ananda Fanny.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      dulunya mereka negara komunis sosialis, lalu berubah jd negara diktator bunda :D… walopun skr udah ga sih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archives

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archives

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.