D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Nov 2020

24

REVIEW HOTEL: PLUS MINUS MENGINAP DI RAMADA SUITES BY WYNDHAM SOLO

REVIEW RAMADA SUITES BY WYNDHAM SOLO

REVIEW HOTEL: PLUS MINUS MENGINAP DI RAMADA SUITES BY WYNDHAM SOLO ~ Oktober kemarin, akhirnya, setelah lebih dari 3 tahun, kami sekeluarga bisa balik ke Solo :). Seneeeeng??? Bangeeetlaaaah. Walopun sedih karena kali ini ga bersama mama. Padahal pas mama masih sakit, udah janjian bakal barengan ke Solo begitu sembuh. Katanya kangen reunian dengan temen-temen lama.

 

Tujuan utama kesini, murni bukan untuk liburan. Melainkan karena pak suami ada kerjaan. Jadi bisa dibilang kami mostly hanya stay di hotel, menikmati fasilitas-fasilitasnya bareng para krucils.

 

Itulah kenapa, saat memilih penginapan, aku pastikan tempatnya luas supaya anak-anak bisa puas lari, ada Playground, daaaan WiFi wajib stabil untuk support kerjaan-kerjaan Raka selama WFH~Work from hotel :D.

 

Setelah mumet milah-milah hotel yang mau diinepin, terpilih jugaaaa RAMADA SUITES BY WYNDHAM SOLO untuk dibooking. Fix pilih hotel ini setelah baca-baca review dan postingan temen blogger kayak Vicky dan mas Travelawan yang udah duluan stayed di sana. Selain review dari mereka yang lumayan bagus, testimoni dari tamu lainpun, mostly pada positif. Makin yakin untuk nginep ;).

 

Bagian depan komplek hotel Ramada suites

REVIEW RAMADA SUITES BY WYNDHAM SOLO, PLUS MINUS MENGINAP DI RAMADA SUITES BY WYNDHAM SOLO

 

So, apa aja plus points yang aku rasain saat menginap di sini?? Baca trus yaaaa, karena di akhir cerita, aku juga bakal tulis minus poin yang aku liat, dan ada yang agak fatal sebenernya. Tapiiii, dimulai dari yang bagus-bagus dulu ajaa ;). Tenang….plusnya masih lebih banyak daripada yang negatif.

 

 

SAAT CHECK IN
Kami stayed di Ramada 3 malam, dari tanggal 25-28 Oktober. Aku harus booking 2 kamar, karena seperti biasa mba asisten kesayangan harus ikuuut :D. Apalaah aku tanpa dirinyaaa hahahaha. Yang bikin seneng, pas check in, kamar si mbak di upgrade dari Superior jadi Grand Deluxe supaya bisa selantai ama kamarku yang bertipe Junior Suite.

 

Deretan kamar Superior

REVIEW RAMADA SUITES BY WYNDHAM SOLO, PLUS MINUS MENGINAP DI RAMADA SUITES BY WYNDHAM SOLO

 

Jelas dong kami terima dengan senang hati, karena aku ga nyangka kalo kamar sebelumnya bakal jauuuuh sampe beda gedung dari kamarku. Bisa rempong kalo si asisten kejauhan, ntar mamak malah pusiiiing kerepotan ngurus bocah-bocah ini :D.

 

Proses Check in cepet kok. Ga dimintain deposit samasekali, dan mbaknya jelasin segala fasilitas dari Ramada yang bisa digunakan tamu-tamu, termasuk sepeda kalo mau muterin komplek hotel yang luas bangettttt. Dan sepeda ini gratis, asal ga dibawa keluar dari komplek hotel.

 

Air mancur di bagian depan gerbang masuk

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

Iyeees gaaais, jadi Ramada Suite by Wyndham Solo ini memang ga kayak hotel biasa. Melainkan lebih mirip perumahan, di mana ada beberapa bangunan bertingkat yang kamar-kamarnya dijadikan penginapan. Makanya kamar superior bisa beda bangunan dengan kamar tipe lainnya. Pokoknya stay di sana itu berasa sedang liburan dan nginep di rumah, karena suasananya memang seperti itu. Bedanya fasilitas yang disediakan teteeep ala hotel berbintang 😉

 

Nih, contoh salah satu bangunan hotel

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

Pak suami males jalan muterin komplek, padahal ga jauh-jauh amat 😅

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

 

GIMANA BAGIAN DALAM KAMAR?
Hotel ini memiliki beberapa tipe kamar, mulai dari Superior, sampai yang termahal Grand King Suite.

 

Kamar si mbak di Grand Deluxe sedikit mirip dengan kamarku, hanya beda di luas kamar, dan di sana ga disediakan sofa panjang. Tempat tidurnya twin, ada kursi besar untuk bersantai dan lukisan besar bergambar Prambanan di atas tempat tidur.

Grand deluxe room

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

Sementara di Junior Suite yang aku tempati, jauh lebih luas, sampe para krucils bisa main petak umpet :p. Sayangnya, kalo papi udah mulai kerja, semua harus kluar supaya ga ngeganggu :p. Paling sering sih aku bawa ke outdoor Playground , biar mereka menyalurkan energinya di ruang terbuka :p.

View dari jendela kamar

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

Kesamaan dengan kamar si mba, di kamar suite ini juga ada kursi santai dan lukisan besar di atas tempat tidur. Juga perlengkapan lain seperti kimono kamar, hairdryer, tv channel, mineral water lengkap Ama teh dan kopi juga pemanas air.

 

Junior suite

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

Jadi perbedaannya selain di luas kamar yang significant, ada sofa panjang di sudut kamar yang bisa untuk nerima tamu, dan ada lebih banyak lukisan :D. Menurutku, kalo bawa keluarga dengan anak-anak cocoknya di tipe Suite, supaya mereka ga bosen jika harus stay inside trus menerus. Setidaknya tempat sembunyi untuk main petak umpet lebih banyak wkwkwkwkwk.

 

Sofa panjang yang membedakan dengan grand deluxe

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

 

TOILETRIES & KAMAR MANDI
Bisa dibilang minus poin paling banyak itu di kamar mandi. Bersiiih siih, trus kaca cerminnya gede. Air panas dan dingin juga lancar. Handuk di hari pertama dan kedua ga ada masalah. Bersih walopun agak tipis. Trus warnanya ga terlalu putih aja :D.

 

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

Minus poin pertama yang aku noted, handuk yang dikasih pas malam terakhir kami menginap itu bukan cuma sekedar tipis dan butek. Tapi, BOLONG dan benangnya brudul-brudul. Untuk sekelas hotel bintang 4, jujur ini fatal sih. Reputasi cuy…. Bolongnya memang ga gede-gede amat. Tapi helllooowwww, masa handuk bolong kalian masih pertahankan siiih?????

 

Aku sampe inget-inget pernah ga ya stay di hotel lain yg handuknya bolong begini

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

Minus poin kedua, dari hari pertama sampai terakhir, aku ga dikasih shower cap. Udah nanya Ama staff yang bersihin kamar setiap pagi, dan dia bilang memang ga ada -_-. Aku mungkin ga akan masalahin shower cap, alias penutup kepala plastik, kalo aja shower yang digunakan ada alternatif hand shower. Tapi di kamar mandinya, cuma disediain RAIN SHOWER thok. Yang mana ini nyusahiiiiin banget untuk mandiin anak-anak, dan kalo sedang ga pengen keramas. Kalo ada hand shower, aku masih bisa gampang mandi tanpa harus basahin rambut. Ga perlu pake shower cap. Apalagi pas mandiin anak-anak. Pake rain shower, duuuuh, dijamin basah semuaaaa dari kepala ampe kaki wkwkwkwkwk.

 

So please Ramada, ganti handuk yang udah bolong dan brudul, juga tolong sediakan shower cap kalo ga ada hand shower.

 

 

PESEN DINNER DARI ROOM SERVICE
Jarang-jarang nih, aku sempet nyobain room service pas nginep di hotel :p. Tapi jadi tertarik mesen, karena kebetulan papi tersayang ada janji ketemu temen dari sore sampe malam. Karena ogah kluar pake taxi online, dan harus mandi lagi begitu sampe hotel, ya mendingan pesen layanan kamar :p. Menunya lumayan banyak pula, dan muraah loooh. Walopun untuk harga belum include tax 21%.

 

Si bungsu kepengin makan selat solo, mba asisten lebih milih soto daging, trus aku berdua Fylly pesen pizza. Si staff yang menerima telephone, sedari awal udah bilang harus nunggu agak lama karena ada masalah dengan gas di dapur. Buatku ga masalah, bakal ditunggu, daripada harus kluar cari makan :p.

 

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

Tapi ternyata, ga terlalu lama juga tuh nunggunya. Happy, apalagi pas liat bill , total semua setelah tax, cuma Rp160an ribu!! Itulah kenapa aku cinta dengan Solo, apa-apa itu masih serba murah termasuk harga di hotel bintang 4 gini :p.

 

 

GIMANA RASA MAKANANNYA??
Seriuuuus enaaaak!! Pizza-nya ga nyangka segede itu dengan harga Rp45,000!!! Sizenya udah kayak pizza ukuran big di gerai franchise. Soto daging pesanan mba asisten menurut dia juga segeeer, daging banyak, pake telur rebus utuh pula. Udah include nasi.

 

Selat solo si adek yang sempet aku icipin. Gurih, dagingnya lembuuuut, dan kuahnya ga kemanisan. Dua jempol lah pokoknya. Kalo seenak dan semurah ini mah, besok-besok jadi males beneran kluar untuk cari makan :p.

 

 

NGERASAIN SARAPAN HOTEL
Sebenernya aku sengaja ga booking kamar yang termasuk sarapan, karena mau puas-puasin nyari sarapan khas Solo. Tapi ada 1 hari di mana pengen aja nyobain sarapan hotelnya kayak apa. Jadi kami jalan kaki ke restoran yang ga terlalu jauh, beda gedung, dan bayar di tempat untuk bisa sarapan.

 

Feenya: Rp75,000 untuk dewasa, dan Rp50,000 buat anak-anak di atas 5 tahun. Jadi si adek masih free, tapi Fylly yang makannya picky banget tetep harus bayar.

 

Bagian dalam restoran Ramada

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

Sistem makanan ala buffet, tapi menu ga terlalu banyak. Bisa dibilang sedikit. Daaan sorry to say yaaa, ini MINUS POINT ke 3 untuk rasa makanannya. Buatku sih yang udah ngerasain menu-manu dinner tadi malam, rasa sarapan B aja, cendrung ga bangkitin napsu makan. Paling failed bihun goreng. Ntah kenapa rasanya manis, dan tekstur bihun kayak udah kembung.

 

Beberapa makanan yang sempet difoto. Sayang rasanya ga sesuai harapan

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

Beneran bingung, kenapa rasa makanan bisa jomplang gitu ama menu-menu room service semalam. Apa chef yang memasak beda yaaa :p? Agak nyesel nyobain sarapannya…

 

 

JOGGING PAGI DI RAMADA
Ini salah satu yang aku sukaaaaa banget dari Ramada. Karena lingkungannya seperti komplek perumahan, jadi suasananya asriii. Paginya, aku berdua ama si mba jogging ngelilingin komplek hotel. Udara bersih dan banyak pepohonan bikin sejuk, banyak spot lucu untuk foto-foto juga.

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

Ada deretan patung-patung bercirikhas Bali, trus mini candi dan juga Playground anak!! Jangan tanya si Kaka dan adek girangnya kayak apa, pas nemu ada perosotan dan ayunan, serta mainan lain. Malah sempet pada nyobain nyodok-nyodok bola bilyard segala :p. Nih 2 bocah beneran seneeeeng pas diizinin main di sini, apalagi sepi dan ga ada anak-anak lain.

 

Kesenangan para bocah 😉

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

Satu jam aja jogging bolak balik, badan langsung keringetan dan berasa enteng :D. Tiga hari stay di sana, stiap pagi aku habiskan dengan jogging pokoknya :D.

 

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

 

TAMAN BUNGA RAMADA
Komplek ini dibangun dengan banyak taman. Makanya jadi sering dipakai untuk acara nikah, karena memang baguuuuus bagi yang seneng outdoor wedding gini. Cuuuuus bagi yang mau nikah di Solo, coba tanya-tanya deh untuk paket menikah di Ramada..

 

Beberapa taman di Ramada Suites

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

 

KOLAM RENANG
Bagian yang paling ditunggu krucils.. Aku janji untuk ngebolehin mereka berenang asalkan si Kaka udah selesai belajar online dengan  kelasnya, dan di kolam juga ga sedang rame. Selesai sarapan, ceki-ceki dulu kondisi kolam dan ternyata sepiii. Baru deh ngizinin si adek untuk berenang duluan.. Fylly tetep harus ngerjain tugas-tugas sekolah, baru boleh nyusul adiknya.

 

Untung sepi, jadi mamak tenang ngizinin mereka berenang 😁

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

Design kolam sedikit unik , karena melewati kolong jembatan. Bagian atasnya juga sering banget dijadikan venue nikahan. Biasanya untuk kedua mempelai dan ortu duduk di pelaminan.

 

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

REVIEW RAMADA SUITES BY WYNDHAM SOLO

 

 

Kolamnya sendiri terbagi 2 area, bagian anak-anak dan dewasa. Handuk juga disediakan untuk ngeringin badan sebelum kembali ke kamar.

 

Yang asiknya, di sini itu ada semacam kolam private yang connect ama salah satu kamar SUPERIOR!! Bukan kamar yang paling mahal loh. Tapi kayakny kalo mau stay di kamar itu, harus pesan langsung ke hotel deh. Soalnya di OTA ga kliatan kamar superior yang mana.

 

 

SUMMARY
Hotel ini worth it banget untuk dicoba. Kamar bagus, AC dingin, suasana lingkungannya cantiiiik! Memang sih, ga terlepas dari beberapa minus poin, yang sedikit fatal, tapi itu semua bisa diperbaiki sebenernya.. Buatku, as long as ga berkaitan dengan service kepada customer, aku masih mau banget untuk stay di sini ;).

 

Plus point menginap di Ramada Suites by Wyndham Solo:
•Kamar bersih, dan luaaaaas.
•Air panas dan dingin lancar
•Ac dingin
•Pelayanan staff ramah dan sigap
•Lingkungan hotel cantik dan rindang, banyak taman!
•Kolam renang ada untuk anak dan dewasa
•Menu room service murah dan enaaak!
•Disediakan sepeda untuk tamu asal ga kluar komplek

•Ada jogging track

 

 

Minus point menginap di Ramada Suite by Wyndham Solo:
•Ga ada shower cap, sementara showernya hanya tersedia rain shower. Susah untuk mandiin anak.
•Aku ga nemu bel di pintu kamar atopun di dinding sebelahnya. Jadi kalo mau ke kamar asistenku misalnya, ya harus ngetok. Susahnya kalo sedang tidur ato mandi, pasti ga denger :p
•Kartu kamar cuma dikasih 1. Ga tau sih boleh minta dua ato ga, secara kadang pak suami kluar sampe malam. Jadinya harus nungguin dia sampe datang :p.

•Rasa menu sarapan B aja, variasi ga banyak.
•Terakhir, yang lumayan fatal karena menyangkut reputasi, handuk robek. Tapi aku percaya Ramada bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan yang begini ;).

 

Beberapa dekorasi di Ramada suites Solo

Review hotel ramada suites by Wyndham solo

 

 

 

131 tanggapan untuk “REVIEW HOTEL: PLUS MINUS MENGINAP DI RAMADA SUITES BY WYNDHAM SOLO”

  1. Ursula Meta Rosarini berkata:

    Mbak, ada yg kurang, biayanya brp stayed 3 malam di sana?

    Btw ini bnr2 hotel rasa perumahan ya mbak, cocok banget kalo bawa krucils, ga bakalan bosen di kamar atau dikolam renang mulu.

    Aku juga kesel sama rain shower kaya gitu mbak, ga efektif banget menurutku, kesel sendiri jadinya hahahha.

    Kalau rasa makanan yg buat breakfast sama room servicenya beda emang kemungkinan chef atau kitchen team nya beda mbak, mreka pasti kerjanya shift kan, yg masak buat breakfast masa iya masih harus masak buat dinner pula, cape cyin hehehehe.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Waktu itu utk 3 malam, 2 kamar, total semuanya 3.2 jutaan mba. Murah sih sbrnya.. even kamar termahal nya jug amasih kisaran 1 jutaan LBH dikit doang. Jd worth it laaah stay di sini. Tp mungkin ga usah pake sarapan :D. Kecuali ga peduli Ama rasa :D.

      Iyaaa anak2 seneng banget stay di sini Krn ada Playground ya itu. Aku pun suka Krn bisa jogging. Tp memang rain shower itu ga bangetttt utk kota2 yg bawa anak. Apalagi anak bayi.. gimana cobaaa mandiin di bawah shower gitu wkwkwkwkw

      Berarti besar kemungkinan chef nya beda yaaa :p. Pantesan rasanya jg beda 😀

      • Ursula Meta Rosarini berkata:

        3 malam, 2 kamar untuk hotel sebagus itu sesuai lah ya mba.

        Iya mending beli sarapan diluar aja kali ya hahahha

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Beneeer mba. Untuk beberapa kota yg aku tau kulinernya enak2 aku males pesan makan. Mnding cari di luar. Sesekali rasain makan di hotelnya kalo memang sdg mager :p

  2. Agus warteg berkata:

    Bagus juga Ramada Suites, pelayanan dan tempatnya bagus. Kamarnya oke, harga makanannya juga agak murah. Biarpun ada minusnya tapi masih bisa di toleransi ya mbak.

    Harganya 3.2 juta untuk tiga malam, berarti semalam sekitar sejutaan ya mbak. Worth it lah biarpun belum tentu aku menginap disana, setidaknya sudah tahu berapa harganya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Jangan lupa, aku pesennya 2 kamar loh mas;). Berarti tetep aja kurang dari sejuta ;). Mkanya aku bilang ini muraaaah. Apalagi kalo ga peak season. Aku pas kesana lagi peak season soalnya

      • Agus Warteg berkata:

        Peak season itu artinya apa mbak? Mungkin pas liburan jadinya banyak orang menginap ya?

        Wah, harga hotel juga beda beda tiap waktu ya, kirain sama terus tiap hari.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          peak season itu pas musim liburan mas ;). jadi banyaaak orang yg wisata ke kota2 kayak jogja, bandug ato kota2 turis lainnya. makanya saat peak season harag2 pasti mahal. dan bakal turun lagi kalo udah low season, alias waktu2 liburannya udah abis. cth nya kayak libur natal, libur lebaran, libur anak sekolah, long weekend, itu semua peak season deh 😀

  3. Bayu Kurniawan berkata:

    Noted mba semisal saya keSolo.. Mba kalau pesen hotel biasanya via app apa?? Traveloka kah??
    Harganya 3.2 juta buat 2 kamar selama 3 hari.. WOw termasuk murah yah, Solo emnk the best lah… Itu harga makanan segitu banyak cuma kena 160 ribuan termasuk Tax.. Itu pizza kaalau di PH nggak dpet kali 45 ribu.. heheh

    Kayanya yang handuk itu keculungan,, jadi si staff nggak notice kalau ada robekan di handuknya…
    Bagus yah hotelnya… Modelnya kaya Hotel Seruni di Bogor,, Iyah nggk sih??heheh

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku LBH suka book hotel dr boking(.)com mas. Krn membership ku udh level tinggi juga di sana, jd benefit yg aku dpt juga banyak drpd OTA yg lain :D.

      Aku rasa mereka memang kelewt Pas nyiapin handuk ke tamu2 :p. Krn handuk begitu shrsnya ga dipake lagi.

      Naaah kalo hotel seruni aku blm prnh nginep. Di Bogor yaaa. Oke coba kapan2 aku stay di sana yaaa

  4. Satria Mwb berkata:

    Yaa Hotel RAMADA SUITES… Kalau menurut saya tata ruang dan bangunannya cukup apik dan menarik. Dari gayanya bangunannya mencerminkan gaya Italiano dan bercampur nuansa Jawa karena ada patung2 khas sebuah kerajaan. Atau mungkin karena adanya di Solo Jawah tengah kali yee mbak Fan.😊😊

    Dan berbedaannya mungkin seperti yang telah dijelaskan diatas bangunan tidak terlalu tinggi, Lebih dominan gaya perumahan yang melebar. Hanya tampilan depannya saja mungkin yang menandakan sebuah hotel dengan nama RAMADA yang terpampang jelas.😊

    Kalau untuk plus minusnya saya rasa setiap hotel pasti tentu hal yang sedemikian…Cuma pas mbak Fan menginap secara tidak sengaja mendapatkan handuk bolong…🤣 🤣 Mungkin dengan begitu bisa jadi PR juga yaa untuk Hotel Ramada agar bisa bebena lebih teliti lagi dengan yang namanya Fasilitas untuk para pengunjungnya.😊

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku seneng Ama tanggapan hotel ini pas aku komplain ttg handuk n:). Mereka janji utk ga ngulangin kesalahn sama, sampe handuk begitu bisa terlewat :D.

      Jadi sebenernya hotel ini masih sangaaaat rekomen utk menginap mas. Dan sbnrnya hrg kamar muraaaah apalagi kalo ga peak season ya. Aku Krn kesana pas long weekend sih.

      • Si Klimis berkata:

        Wah jd salah satu hotel yg harus dikunjungi nih kalau liburan ke Solo, soalnya hotelnya keren, bersih dan nyaman bgt. Fasilitas juga lumayan lengkap dan semua sudut ruangan instagramable bgt jd cocok buat foto2

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Bagi yg suka foto2, pasti betah di sini. Bakal penuh kayaknya itu memory hp hahahaha

          • Agus Warteg berkata:

            Wah, kang Satria yang biasanya suka komentari fashion saja bilang hotelnya bagus, berarti beneran bagus ya. Mungkin sudah pernah nginap disana.😁

          • Fanny Fristhika Nila berkata:

            hahahahaha bisa jadi bisa jadi… ngerti banget kayaknya kang sat ini 😀

  5. Lia The Dreamer berkata:

    Untuk kamar termahalnya sekitar 1jt-an sih worth it ya, Kak. Soalnya lingkungannya luas banget! Kalau dari foto, benar mirip komplek perumahan, nggak kayak hotel wkwkwk
    Mana banyak tempat hiburannya. Sampai ada candi kecil gitu di dalam komplek hahahaha.
    Kamarnya juga cukup luas dan aku shock sih lihat harga makan malamnya! Murah bangettt untuk hotel bintang 4! Biasanya 1 nasi goreng aja bisa 50rb sebelum tax, jadi untuk makan b4 dengan harga 160 setelah tax tuh murah sangat 😀
    Minusnya fatal banget sih. Kenapa showernya tipe rain shower tapi nggak ada shower cap wkwkw sangat disayangkan. Aku juga pasti bete kalau kayak gitu soalnya jadi harus keramas terus tiap kali mandi hiahhaaha.
    Semoga minus pointnya ini bisa ditingkatkan oleh pihak hotel sebab sayang banget, printilan kecil-kecil kurang diperhatikan 🙁

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaaaa kaaan, ini muraaaah loh sbnrnya, apalagi kalo ga peak season Lia. Krn fasilitasnya banyaaak, ttluas sampe ada jogging track segala. Playground ya jg terawat. Aku prnh stay di hotel yg ada Playground tp ga terawat.

      Makanan pas dinner apalagi. Sumpah ga nyangka sih cm abis segitu. Secara ini hotel. Biasanya kan gila2an hrgnya hahahaha. Makanya aku seneng nginep di solo itu. Semua serba muraaaaaaaah

      • Lia The Dreamer berkata:

        Iyaaa, harga makanannya super banget sih. Aku pas baca sih kaget lho 🤣

        Rate hotelnya juga termasuk oke dengan fasilitas begitu banyak. Boleh nih kapan-kapan coba main ke Solo. Seketika akan langsung berasa jadi orang kaya karena apa-apa di sana murah 🤣

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Itu yg aku rasain kalo ke solo. Muraaahnya bikin kalaaaaaap hahahahaha. Sukaaa pake banget tiap mudik ke solo ini Li :).

          Hayuuuuk kapan2 ke solo. Bakal puas Ama kuliner2nya yg banyak enaaaaak ;). Ntr aku ksh rekoemndasi deh

  6. Hastira berkata:

    tamannya keren juag ya, laus shg anak2 bakal paus lari2

  7. renov berkata:

    cakep banget arsitektur bangunannya, perpaduan eropa dengan jawa.
    Kalau coronce lewat dan main ke Solo, pengen juga nyobain nginap disini.
    Dan pengen ngerasain room servicens, ya ampun itu affordable secara biasanya room service mah suka mencekik harganya hehe.

    Oh iya soal kunci biasanya bisa minta ke resepsionis yang keduanya, tapi beberapa hotel kadang suka minta deposit uang buat 2nd keycard.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naah iyaa, aku memang ga minta sih kunci tambahan. Mungkin lain kali hrs minta supaya kalo pak suami pergi sampe malam, aku ga harus jaga malam jg nungguin dia hahahahaha

  8. thya berkata:

    Penampakan dari luar kayak bukan hotel ya mbaa.. menurutku kayak rumah–rumah mevvah di sinetron indosiar.. hehe.. enak banget luas, fasilitas lengkap apalagi ada playground juga, cucok ini sih bawa anak-anak kesini..

    btw, aku ngiler sama pizza nya.. pizza seharga martabak kalo kataku mbaak.. mantul bener.. 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naah iyaaaa bener mbaaa hahahahah. Udah gede, murah tp enaaak loh. Mozarellanya melimpah… Aku sukaaa sih Ama rasa makanan room servicenya. 😉

  9. Rudi Chandra berkata:

    Hotelnya luas banget ya Mbak, fasilitas tamannya juga lengkap banget, mulai dari taman bermain anak hingga ada candi mininya juga.

    Cuma lumayan aneh sih, menu makan malamnya rasanya enak, kok bisa saat sarapan rasanya kurang greget ya.
    Kalo rasanya nggak konsisten gitu kan nggak enak sih.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha beneran chef nya beda kurasa. Makanya rasa makanan bisa beda :D. Tapi overall aku msh sangat ngerekomendasiin hotel ini ;).positifnya msh banyaak kok

  10. Roem Widianto berkata:

    Kalau handuk bolong sih fatal banget, Mbak Faaaaan 😱. Selama ini aku belum pernah sih nginep di hotel yang bintang 4, paling mentok cuma yang bintang 3. Itupun belum pernah sampai kejadian dapat handuk bolong.🙈

    Ngomong-ngomong dengan 160ribu dapat semua makanan itu murah banget, Mbak Fan. Aku juga kepo sama selat solo sama pizza nya. Jadi pengen cobain juga deh. Kira-kira kalau ke sana cuma makan doang, gak nginep, boleh gak ya, Mbak Fan? Hehehe.🤭

    Tempatnya juga luas dan bagus. Banyak banget spot foto 😍. Duh, pengen ke sana tapi takut rate nya mahal 🙈. Au ah, pantau rate nya dulu di OTA, siapa tau suatu saat nanti ada kesempatan main ke solo.🤭

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Boleh mba. Restorannya terbuka utk umum kok ;). Jd kalo mau makan aja bisa bangetttt.

      Ini hotel termasuk muraaaah. Liat deh di OTA. Apalagi kalo bukan peak season. Muraaaah bangettttt. Aku rekomen utk stay di sini 😉

  11. Maman Achman berkata:

    Wah ini mah hotel rekomended banget ya mbak, udah bersih, mewah, AC nya dingin, kolam renangnya luas dengan desain menawan, dll. Pokoknya Ramada Suites by Wyndham Solo the best lah ya.

  12. Eryvia maronie berkata:

    Hotelnya cantik banget nih. Megah kesannya.
    Asyiknya lagi karena di masa pandemi gini jadi hotelnya sepi ya. Jadi serasa milik pribadi heheh

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naah sbnrnya hotel ini rame sih MB. Tp memang Krn bentuknya kayak cluster perumahan, jd seolah sepi. Itu asiknya 😉

  13. Dedew berkata:

    Seru ya hotelnya karena suasananya mirip vila liburan gitu…berasa vibe liburannya. Kamarnya juga cakep dan nyaman plus dinner yang endeus…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Lumayan mbaa. Enaaak kok kalo utk liburan Ama keluarga dan bawa anak2. Pasti seneng mereka 😉

  14. Sudibjo berkata:

    ruangannya bener-bener luas, anak-anak dijamin betah sepertinya di sana.

    tapi eh tapi kayaknya cost nya ga murah tuh haha

  15. Dinilint berkata:

    Ah ternyata seru ya stay di Ramada,, tempatnya luas banget. Kalo stay di sana sih puas2in main di area Ramada nya.

  16. Ria berkata:

    wadoh, perasaan aku sering nginep di hotel bintang tiga tapi gak pernah dapat handuk bolong loh. Yah, tempat jelek mah sesuai harga sih. Tapi yang kalian tempatin ini kan hotel bintang empat. Kagak ada alesan, masa seh handuk bolong buat pengunjung… euuwww…
    Padahal tempatnya asik ya, luas, bawa anak2 pasti asik… aku mau rekomen ke teman kantor ah…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha yg tragedi handuk memang speechless :p. Aku aja baru sekali ini dapet handuk bolong dr sekian banyak hotel yg pernah aku tempati. Makin fatal ya Krn ini bintang 4. Kalo hotel melati aku msh Maklum :p

      Tp overall msh okelah mba stay di sini

  17. Himawan Sant berkata:

    Uwiih mantaap …, aku suka kak Fanny mereview hotel Ramada ini.
    Blak-blakan terus terang kekurangan layanan yang ditemui.

    Secara keseluruhan sih hotel ini memang terbilang bagus.
    Ada nuansa2 kunonya gitu, terutama candi.
    Malah sempet senang lihat ada lukisan candi di ruang tidurnya 😊

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo overall baguuus kok mas :). Masiiih bisaaa lah kamu puas foto2 kalo stay di sini :). Apalagi ada miniatur candi hahahaha. Anggab aja laah lagi di candi beneran :p

  18. Martin Karakabu berkata:

    Mbak Fanny selalu punya karakter tersendiri kalau menulis, lengkap, tuntas, dan yang paling penting foto – fotonya itu super sekali. Sedari kalimat pertama saya coba cari “apa si yang mau saya komentari” nyaris tanpa cela, alias lengkap. Sempat terpikir soal harga, tetapi sudah dijawab oleh teman sebelumnya. Jadi saya hanya bisa bilang keren saja karena memang tulisannya lengkap dan tuntas.

    Oh ya lupa, heheheh hay mbak Fanny soal handuk yang bolong, totalitas sekali dalam meliputi hal – hal seperti itu (handuk bolong) tidak pernah luput dari kecermatan sorang mbak Fanny dalam memberi kabar, salut saya.

    Secara pribadi melalui tulisan ini, ada satu hal penting (menurut saya) yang bisa kita terapkan di blog masing – masing, yakni intro dari tulisan ini. Mbak Fanny cocok jadi youtuber, lihat saja intro di atas, mantul abis euu…

    “…….so apa saja….” “Baca terus ya karena diakhir cerita……”

    Opening kayak gitu mau saya terapkan di blog saya ah… Ilmu baru yang tidak disengaja…thanks mbak Fanny, sukses selalu bersama keluarga kecilnya yang bahagia. salam.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha ga laaah kalo untuk jd youtuber ato blogger mas :D. Krn jujurnya aku ga PD kalo hrs bicara depan kamera. Itu bukan aku banget. Dari dulu aku ga prnh nyaman kalo hrs bicara. Makany LBH suka ngerjain segala sesuatu di belakang meja ato lewat tulisan. Banyak temen2 yg nawarin, ga ush tulis blog lagi, skr zamannya YouTube. Tapi aku ga mau. Krn memang bukan di sana bidangku 🙂

      Kalo tentang bahasan utk ditulis, Krn hal2 begitu pasti yg ditanya Ama pembaca ato orang2 yg mencari info ttg penginapan :D. Makanya aku hanya fokus ya di poin2 itu aja 😀

      • Martin Karakabu berkata:

        Soal akan ditanya pembaca dan jawaban mbak Fanny saya hanya mau bilang totalitas tanpa batas. Totalitas yang demikian sayang lho hanya dibuat dalam tulisan saja. Mbak Fanny punya semua yang dibutuhkan untuk menjadi Youtuber top. Jadi kalau ada opsi dua -duanya kenapa tidak?

        Contoh:

        -Mas DJ (pemilik om kodok)
        -Kang Adhy (pemilik kompi Ajaib)

        Mereka punya blog dan youtube. Awalnya si macam bagaimana begitu, jujur malu bangat dan tidak PD tapi kalau terus mencoba pasti bisa.

        Saya juga punya channel youtube (tapi isinya pelajaran), awalnya ampun malu, bukan apa – apa logat Indonesia timur yang medok bangat, malah ada yang komen, “eh kakak sumber air su dekat” itu membuat mental saya ancor, tapi terus mencoba lama – lama bisa.

        Mbak juga kalau mencoba pasti bisa hehehe

        Hay mbak sorry ini hanya pendapat saja, jangan marah. Tapi kalau hati sudah memutuskan blogger maka its oke, tapi kalau mau mencoba bagus bangat tu mbak, saya salto paling depan untuk subscribe channel youtubenya hehhee…

        Semanagat, blogger sejati.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Hahahahah, makasiiiih banyak kata2 semangatnya ma :D. Mas Martin ini aku yakiiiin guru favorit di kalangan murid, pasti selalu bisa naikin semangat mereka jika sedang down :).

          Dulu aku selalu favoritin guru2ku yang bisa kasih kata2 motivasi atau naikin mood untuk belajar subject yang aku benci banget kayak matematika, fisika ato kimia. Baru baca aja udah ga semangat hahahah. Tp ada 1 guru yg ntah kenapa bikin murid2nya bisa seneng belajar itu, walopun hanya pas sama dia aja :D.

          Mungkin nanti aku bakal coba mas :D. Bikin video , tapi utk skr, bagusan aku belajar dulu cara edit video dll nya itu, biar hasilnya juga maksimal saat dipublish 😀 . Aku tau itu ngabisin waktu g sedikit. Jd hrs spare waktu juga kalo memang kepengin fokus di sana.

  19. nyi Penengah Dewanti berkata:

    Desain interior cakep banget ini Ramada. Macam tradisional tapi ada kesan kiblat barat juga ya mba.
    Super ya semuanya kamarnya dan makananya oke. Tapi ya ada minus itu ya, hehehe … Moga hotelnya ada perbaikan. Di sini nemu banyak konten banget ya Mba Fan.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku suka sih stay di sana. Dan kalo ada kesempatan utk nginep lagi, aku msh mau banget. Apalagi anak2ku sukaaa bgt mbaaa. Ini aja dec ke solo mereka udh minta stay di sana lagi. Tp sayangnya aku udh pesen Alila utk DEC hahahaha. Cobain hotel yg lain lah biar emaknya ada bahan cerita :p

  20. lendyagasshi berkata:

    Senengnya kalau baca review jujur kak Fan..
    Jadi bener-bener kebayang suasana Ramada suites by wyndham di Solo.
    Tapi overall, asik banget yaa…kak.

    Etapi, diminta ngisi form kuisioner gitu gak kak Fan?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ada deh kayaknya mba, yg utk tracking covid kan yaaa.

      Ga semua hotel memang yg seperti itu. Ada jg Krn udh fotocopi KTP, jd ga ngerasa perlu 😀

  21. iidYanie berkata:

    Desain hotelnya unik ya model paviliun gitu kan ya interiornya juga cakep, yang saya takjubnya itu kolam renang nya bisa ada jembatannya gitu jadi tambah unik, biasanyakan bawahnya jembatan kolam ikan ya bukan kolam renang hihihi

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha iyaaa, biasa kolam ikan, ini malah dibikin kolam renang :). Menarik dan unik memang. Puas kok stay di sini mba, terlepas dari minus poin nya

  22. Zam berkata:

    ini hotelnya kayak banyak model paviliun gitu ya, mbak? 🤔

    untuk yang handuk bolong itu.. haduuuh…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Paviliun mewah tapi mas :D. Dengan fasilitas2 komplit. Jd udah kayak cluster 😀

      Pihak hotel sih udh mint maaf pas baca ttg handuknya :D. Semoga sih kedepannya ga keulang

  23. dodo nugraha berkata:

    waah, keren banget yaa hotelnya. Luas sekali dan kek perumahan.
    tapi.. kok bisa yaa sampe ada handuk yg bolong tuh hehee

  24. Syarifani Mulyana berkata:

    Keunggulan Ramada Suites by Wyndham ini kompleksnya yang luas, kalo stay disini memang sebaiknya khusus memanfaatkan semua fasilitas hotel. Kudu banget olahraga pagi atau sore dan nyobain nyemplung di kolam renangnya.

    Kondisi malam hari disana gimana mba? Gelap ngga? Apa penerangan cukup

  25. Syarifani Mulyana berkata:

    Keunggulan Ramada Suites by Wyndham ini kompleksnya yang luas, kalo stay disini memang sebaiknya khusus memanfaatkan semua fasilitas hotel. Kudu banget olahraga pagi atau sore dan nyobain nyemplung di kolam renangnya.

    Kondisi malam hari disana gimana mba? Gelap ngga? Apa penerangan cukup. Mengingat jaraknya dari dalam keluar hotel cukup jauh

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Terang kok mba, lampunya banyak, jd ga spooky :). Soalnya aku sempet jalan ke restorannya yg agak jauh dr kamarku, itu aku masih berani :D.

      Nah iya kalo akomodasinya kayak gini, dimanfaatin deh maksimal. Olahraga, jogging , berenang, jadi ga rugi mager doang :p

  26. Farah Salsabila berkata:

    kaget liat depan komplek ramada kak, sekilas kayak tempat wisata bukan hotel 😂
    btw kok bisa lah ya handuknya sobek, itu udah dipake atau gimana tu ceritanya 🙁

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaaa kaaan, kayak masuk ke tempat wisata :D.

      Itu rasanya si tukang cuci semangat banget pas ngegerus far, sampe sobek hahahahaha. Benangnya aja jd brudul2

  27. Yoga Akbar S. berkata:

    Mbak Fanny detail sekali melihat handuk yang bolong kecil itu. Kalau saya mungkin enggak sadar.

    Hmm, baru pernah ke Solo sekali sih, tapi saya akui memang soal harga tuh bisa 3-5 kali lipat lebih murah ketimbang di Jakarta.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Awalnya karena aku udh ga sreg Ama wrna handukny yg kucel :p. Makanya lgs liatin semua. Ehhh kok ya malah Nemu bolong hahahahaha. Firasat udh ga enak Yog :p. Jangankan Sama Jakarta, sama Jogja deh. Kalaaah Jogja, masih LBH murah solo :).

  28. Anggun Josie P berkata:

    Mbak aku jadi makin kangen sama kota solo. Beneran deh beli makan di solo itu murah dengn porsi yg mengenyangkan. Ternyata di hotelnya pun semurah itu ya.

    Btw hotelnya emang nyenengin suasananya ya, beda dari hotel kebanyakan yg view-nya paling cuma bisa liat pemandangan kota dari jendela kaca kamar. Rekomen sih menurutku diluar minus poinnya ya mbak. 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Terlepas dari minus poin, aku masih mauuu banget stay di sini mba. Krn memang baguuus!! Servicenya jg jempol para staffnya. Apalagi memang suasana di sini nyaman bangettt :). Utk fasilitas begini, harga yg mereka kasih itu murah banget bisa dibilang.

      Naah iyaa, di solo itu semuanya msh murah yaaa. Itu jg yg bikin aku betaah mudik kesana 🙂

  29. Frisca berkata:

    waaah keren bingit ya hotel iniiiii
    Ada sepedaaan buat dimainin ngiterin komplek hotel… Menarik!

    Eh itu aneh sih ya hotel bintang 4 ngasih handuk bolong.. 😅 Apa karena Corona ya jadi handuk masih pertahanin pakai yang lama… Hmmm

    Kak mungkin itu bisa ditambahin harga kamarnya >.< Penasaran juga tapi aku uda baca juga sih dari balesan komen di atas hehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahaha itulaaah, hanya karena handuk bolong, jd sedikit berkurang penilaianku :D.. si tukang cuci semangat banget kayaknya pas ngegerus, ato mesin cucinya main kasar ;p.

      iyaaa, aku lupa blm bikin harganya yaaa :D. tp harga itu bisa lebih murah lagi kalo sedang low season mba… di solo mah semua hotel berbintang juga muraaaah. seneng aku makanya

  30. agata vera berkata:

    Mbakkk aslikkk aku pengen kesini pengen pepotoan ala2 queen setelah baca reviewmu aku jadi makin yakin mau kesini semoga deh agendanya bisa disegerakan jalan2 ke solo ngikutin protokol kesehatan tentunya ya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku udah yakin kalo kamu kesana, pose2nya pasti cetaaaar membahana hahahaha… aku krn ga jago foto2 sih, pose lgs kaku kayak sapu lidi hahahaha. tapi aku suka kok stay di sini, rekomen bangettt mba, krn walo ada minusnya, tp servicenya jempol 😉

  31. Thessa berkata:

    Waaah seru yaa Mba. Aku udah lama bgd ga ke Solo, udah 4 tahun lebih kayaknya. Terkakhir thn lalu cuma sampe Prambanan, ga sampe Solo. Hehehe..
    Aku suka liat desain hotelnya, apalagi bentuknya rumah2 gt. Lingkungannya asri n ala2 etnik gt yaa.. Harga makan mlmnya juga lumayan bgd buat ukuran hotel bintang 4 ya. Bener deh setuju bgd, di Solo itu murah2 bgd 😁

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naah iya, model hotelnya unik memang, Krn dibikin jd kayak villa sih sebenarnya. Tapi ttp kamarnya seperti hotel.

      Ntr kalo udah aman, kesini lagi mba ;). Solo ngangenin kalo buatku, mungkin Krn suamiku org sini sih, jd berasa ada keterikatan . Makanya kami usahain utk slalu bisa balik, apalagi tol nya skr langsung nembus solo 😉

  32. D Sukmana Adi berkata:

    aku juga pernah review ini hotel, deket sama kantorku hehehe..tinggal keluar gang dikit terus nyebrang mbak

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Des akhir aku ke solo lagi, tapi ntr mau cobain hotel yg lain mas :D. Alila ntr… Anak2 pgn balik ke ramada, tapi aku mau coba suasana lain lah :p

  33. Djangkaru Bumi berkata:

    Hotel nuansa perumbahan tapi wow banget
    Saya bisa betah deh jika nginap disana

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Unik memang. Krn suasananya yg perumahan gini, tapi fasilitasnya hotel ;). Bikin betah memang mas

  34. Khanif berkata:

    dari semuanya gw paling suka ruang kamarnya hoho, pemandangan di balik jendela itu menyenangkan :D.. suasana di kolam juga enak bisa private ya, jadi bisa berenang bebas 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bener mas khanif, mungkin Krn ga banyak yg pakai kolamnya, jd seneng bisa ngerasa aman. Tamu2 lain LBH suka di kamar kayaknya, Krn lumayan rame padahal pas kami stay.

  35. Lisa Maulida R berkata:

    Saya baca artikelnya mbak Fanny ini sampe diulang-ulang. Lalu disholawatin, siapa tau nanti bisa kesini xD #ehh.
    Lihat masalah handuk nih mbak, bulan kemarin kami sempat juga mengalami hal yg sama saat nginap di salah satu hotel bintang 4 di kota bawah Taipei, handuknya juga bolong gitu hahaha. Lha kok ya samaan xD.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha hotel2 ini mungkin dalam rangka penghematan, tapi kesan utk customer lgs jelek kalo liat handuk bolong, apalagi berbintang :p.

      Ihhh sama deh, kalo ingin sesuatu, aku jg sering sholawatin, supaya bisa tercapai 😀

      • Reyne Raea berkata:

        Nah kannn, bisa jadi karena masalah penghematan, ngaruh di servis.
        Sayang juga sih ya, kalau ada SDM yang bekerja separuh hati di masa kayak gini, di saat tempat kerjanya berjuang untuk bangkit 🙁

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Betoooool. Kadang2 gemes yaa Ama pekerja yg jarang mau menganggab tempat kerjanya itu sebagai tulang punggung dia. Ngerasa halaaah itukan bukan Bisnisku, aku cm staff, trus ngasal deh kerjanya. Ngarepin gaji doang, tp ga mau usaha utk ikut mensupport.

          Beberapa kali papaku memecat staff2nya yg model begini. Sbnrnya ga pengen, tp kalo orangnya ga bisa sevisi misi apa kita, ya mau ga mau mnding kluarin.

          • Reyne Raea berkata:

            Naaahh, nanti pas udah dipecat menuduh perusahaan nggak adil, padahal ya salah mereka sendiri, ckckckckck

  36. Nurul Sufitri berkata:

    Lucu juga ya hoteknya kayak kompleks kerajaan hehehe 🙂 Itu playground-nya cakep bener, pantesan anak2 dan mamahnya betah nih sambil nemenin papahnya kerja 😀 Kamarnya kelihatan homey deh, menarik. Kalau soal handuk, iya sih kok bolonga ya hihihi. Sebaiknya kalau handul hotel berwarna putih udah kurang bagus warnanya, mendingan ganti aja. Spot buat pesta pernikahan keren nih ada taman2nya cantik juga.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naah iyaa, hotel ini rutin dijadiin tempat nikahan mba. Krn tamannya memang baguuuuus :D.

      Setujuuu tuh, kalo handuk udah ga putih , trus benang brudul, ya mending jgn dipake lagi yaaa utk hotel. Jadiin keset LBH bgs :p. Kalo hotel bayangannya udah hrs putih bersih tebel handuknya 😀

  37. Gustyanita Pratiwi berkata:

    wuahhhhh lengkap kap kap kap…

    kamar yang dipesen mba fanny luas, asyik buat kondisi berempat apalagi anak kecil kecil 2 hihi…tapi aku sekarang tiyep mau stay cation rempong pesen single bed atau double..masalahe kalau kasur 2 bayi takut ngglinding..klo 1 takut empet empetan…klo pesen extra bed muahal hahahah jadi uda jarang staycation.

    padahal pengen

    eh ini aku suka bagian track joggingnya rahmada mbaa ada gapura gapura dan patung yang ikonik biasa buat venue wedding hehehe

    trus kolam renangnya juga ada di bawah jembatan..dan asyiknya pas sepi jadi pewe berenangnya 😀

    klo sarapan…biasanya memang rata rata kayak gitu kan ya hihi

    klo yang pas malam,ada pizzanya serius bikin ngiler hihi

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku dulu pernah dong staycation kamarnya twin bed. Udh pusing Krn si bungsu masih bayi. Dan beneeer aja, dia ngguling dong ahahahahahha. Untungnya ada karpet nit :p. Makanya sejak itu aku pesen yg double bed. Ga terlalu lasak sih skr. Apalagi udh mulai gedean, jd aku udh tenang :D.

      Akupun suka nih Ama jogging track nya. Tiap pagi lgs jogging di situ, 1 jam aja. Enak bgtt. Sejuk pula. Dan yg seneng hrg Ramada itu murah bangettttt utk bintang 4. Mana kamar seluas itu :D. Worth it nit, stay di sana. Tp ga usah pake sarapan. Deket2 hotel banyak kok makanan.

  38. Sandra Hamidah berkata:

    Kak beb, hotel nya bagus ya asri dan banyak spot foto semoga handuk dan makanan lebih baik lagiii jadi pengen ke Solo dehhh

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo udah aman, hayuuuuk mba, liburan lagi ke solo. Kesana itu enaknya Krn tarif hotel LBH murah, dan banyaaaak makanan enak 😉

  39. Diani Sekaring berkata:

    Wuaah hotelnya mewah bangeet.. Aku jadi kangen ke Solo buat mudik sama keluarga. Terakhir ke Solo nginepnya malah di Colomadu, di hotel syariah 😀 Hihi. Kamarnya guedee banget Mba so pasti nyaman yah. Tapi sayang seribu sayang handuk bolong, toiletries gak lengkap dan sarapannya kurang enak ya.. Hunting sarapan aja Mba kulineran keliling Solo 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      EMG planningnya hunting sendiri mba :p. Apalagi Deket hotel ini banyak tempat makan. Tp pas hari itu pak suami ada meeting pagi, jd lah kami makan di restonya. Bayar jadinya, eh malah kecewa :D. Tp kamarnya ga kecewa lah 😉

  40. bang Day berkata:

    Secara umum desainnya klasik karena emang khas sana ya. Tapi ini yang menjadi daya tarik turis asing

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beneeeer, turis asing pastjn seneng Krn dia bisa ngerasain sisi2 tradisional dari solo. Dan memang bagus pula . Cm Krn pandemi turis asingnya jd nol. Biasa rame

  41. Justcherry berkata:

    Wah lihat design hotelnya modern tapi bernuansa Jawa jadi suka.
    Sudah begitu bangunan hotel tapi lingkungan perumahan fasilitasnya lengkap lagi. Ada taman yang superluas dan asri bisa dibuat jogging tiap pagi, kolam renang nya kayaknya memang selain buat renang dibuat untuk fasilitas kondangan juga ya ? Wah aku suka lihat play ground nya yang luas bikin jadi kepingin naik ayunan.wkwkwk..
    Kamar yang dipesan buat ART Grand Deluxe Room udah bagus banget ya Junior Suite juga keren da lebih luas ada sofanya , wah unik lukisan kamarnya bergambar candi..nuansa Njawani jadi semakin terasa ya hehehe.
    Aku terkesima dengan harga Kulineran yang murah untuk sekelas hotel berbintang 4. Aku penasaran sam Selat Solo ny, apa rasanya mirip dengan bistik Solo apa beda ya mbak?
    Kembali ke taman aku suka ada Gapura yang mirip candi jadi bisa buat foto-foto juga ada patung-patung taman yang bergaya klasik itu bagus banget.
    Tapi poin minus nya itu… ampun handuk bolong kok ya disuguhin ke pengunjung to? Kebangetan..tapi mbak sudah complain kan ke staff hotel biar jadi kritukan dan masukan.
    Itu juga kalau mandi model Rain Shower tapi nggak disediakan shower cap.
    Tapi untungnya untuk menginap di hotel ini point plus nya masih lebih banyak dari minus nya. Jadi masih termasuk hotel recommended ya. Makasih mbak Fanny atas ulasan dan review hotel berbintang 4 ini. Jadi kita bisa tahu hotel yang recommended di Solo. Thank you.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Eh selama ini aku kira selat solo Ama bistik solo sama mba wkwkwkwkwkkw. Soalnya rasanya kan miriiiio. Tapi memang kdg pendampingnya agak beda. Kalo sekat pake krim yg dr kuning telur itu. Bistik seingetku ga :D. Tapi aku suka 2-2 nya sih.

      Kalo utk lain2nya, aku hrs kasih jempol kok Ama ramada. Tempatny memang nyaman dan cantik. Aku suka dengan hotel yg nyediain jogging track segala. Jarang2 itu.

      Kalo msalah handuk, ya semoga kedepannya ga ada yg begitu lagi :D. Malu2in kalo bintang 4 handuknya bolong :D.

      Rekomen kok mba, kalo kamu cari hotel di solo, mnding stay di sini. Apalagi Krn hrgnya lumayan murah

  42. Muna Hidayat berkata:

    (((sepedanya gratis asal jangan dibawa keluar hotel))) NGAKAK
    Superior banget ya lokasinya bisa kayak komplek perumahan gitu. Pas banget rasanya kalau beneran mau staycation gak keluar hotel juga gak masalah ya.
    btw desain kolam renangnya solutif banget, udah ada built-in pelaminan segala buat kondangan konsep pool party yah hehe.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah beneeer. Kreatif nih arsiteknya :p. Poolnparty bisa, garden party hayooook :D. Cakep sih memang hotel ini. Dan yg terpenting muraaaah mba 😉

  43. kuanyu berkata:

    lebih bnayak plus dari minunya ya teh, salah satu nilai terbaiknya terletak di pemnadangan dan juga arsitek yang sangat menarik banget, bikin adem dan menggoda wisatawan untuk menginap di sana

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yeeees, makanya aku masiiih mau banget utk stay di sini mas 😉 Krn positifnya masih lebih banyak drpd minus 😀

  44. Nunung berkata:

    Waaah ini hotelnya kereen bangeet. Apalagi kamar suite nya. Kelihatan luaaaas banget. Buat 3.2 juta dapat 2 kamar termasuk 1 kamar suite termasuk murah ya mbak. Dengan fasilitas keren sekeliling seperti itu. Apalagi pesan makan berempat ke kamar 160 rb.

    Eh baca tulisan ini aku baru ngeh loh kenapa kalau pesen makan di hotel biasanya mahal. Ternyata tax nya 21 persen ya . Wooow bangeeet

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha iyaaa mba. Tax hotel itu biasanya 21 persen LBH mahal drpd resto biasa :D.

      Ramada ini bagus kok, dan recommended bgt utk dicoba. Harganya sangat2 murah kalo kubilang. Dibandingin hotel lain yg sejenis yaaa

  45. Mayuf berkata:

    Review-nya bener-bener lengkap dan detail banget kak hehe

  46. Reyne Raea berkata:

    Kemarennn… kalau liat Ramada, ya ingat Mba Vicky, hahahaha.
    Sekarang berpindah deh, jadi ingat Mba Fanny.
    Yang Mba Vicky kemaren juga nggak bahas kekurangan hotel ini sih.

    Btw ini hotel lama kah Mba? kok bisa ada handuk sobek nyangkut di situ?
    Atau masalah kurang SDM kah? sehingga kehabisan handuk bersih, dan dipake aja meski handuk lama, hahaha.
    Dan iyessss, menurut saya itu sangat fatal, karena handuk kan kita pake langsung ke badan, apalagi untuk hotel yang mevvah gitu.

    Tapi mungkin masalah SDM deh, nggak percaya gitu ada hotel besar tapi berani menurunkan reputasi dengan pakai handuk gitu, di tengah gempuran medsos, dan aplikasi testimoni hotel di mana-mana 😀

    Demikian juga makanannya.
    Sangat lucu sih, kenapa yang dipesan di kamar kok enyakkk, yang buat sarapan kok anyep hahaha.
    Atau mungkin karena pandemi ini sih ya, bikin orang kerja tuh nggak sepenuh hati, secara kan banyak yang berhemat, gaji karyawan dipotong, jadinya mereka bekerja sepotong juga hahaha.

    tapi over all, pengalaman Mba Fanny ini kayak mengaminin yang ditulis Mba Vicky dulu, di mana hotel ini memang kayak lingkungan perumahan yang mevvah dengan pelayanan hotel ya.

    Kalau saya naksir sepedanya Mba, maklum nggak pernah sepedaan wakakakak

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sayang aku ga coba naik sepeda. Tatuuuuuut wkwkwkwk. Aku gatau apa masih bisa naik sepeda ato udh lupa caranya Rey. Kan malu2in kalo sampe jatuh gedubrak hahahahah.

      Sbnrnya jujur aku jg ga tau ini hotel lama ato baru. Krn dulu2 pas aku ke solo, kenapa ga tau ttg hotel ini yaaaaaa :p. Apa Krn sblmnya aku msh LBH milih stay di rumah drpd hotel.

      Tp kalo ngeliat handuknya, sepertinya memang dari hotel lama yaaa. Brudul banget soalnya :D. Moga2 sih kedepannya mereka lebih perhatiin soal begitu. Mungkin ngerasa orang2 ga perhatiin, tapi aku paling concern Ama handuk :p. Paling benci kalo pake handuk yg udah tipis. Kalo di rumah okelaaah, tp hotel masa begitu juga 😀

      • Reyne Raea berkata:

        bahahahaha, padahal ya sejujurnya saya juga udah lamaaaa banget ga pernah naik sepeda, kayaknya juga beda ama motor, kalau motor kan nggak goyang-goyang dikayuh ya 😀

        Iyaaa, biasanya hotel lama itu tetep nyimpan handuk baheula, jadinya dipake saat kehabisan handuk.
        Tapi nggak ngurangin kepuasan nginap di sini ya Mba 😀

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Ga kok Rey. Aku masih sangaaaat rekomendasiin hotel ini, Krn kenyamanan, luas, dan keramahan staff. Apalagi hrgnya muraaah sih. Anak2ku suka bgt stay di sini:D

  47. Latifah berkata:

    Klo sy malah pernah dapat handuk yg bau apek, dan furniter dalam kamar yg terkelupas. Tp kita no problem, selama msh bisa diatasi g masalah.

    Dan kartu biasanya cuma 1, jd klo paksu pergi saya n krucils nahan ngantuk biar bisa bukain pintu🤭

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Duuuh bau apek itu juga bakal bikin aku komplain berat sih 😀 ga enaaak bgt, jd ngerasa udh mandi wangi, bau lagi badan. Furniture yg terkelupas, buatku liat dr hotelnya. Kalo berbintang 4 ke atas aku agak susah trima :D. Krn mereka seharusnya ga bisa begitu. Kecuali di bawah itu bintangnya, okelaaah, aku tutup mata aja 😀

      • Reyne Raea berkata:

        Btw diriku udah pernah komen di sini nggak ya? masalah kartu yang bisa dicopas pake hape dengan tipe tertentu, memang merepotkan banget deh kartu cuman 1 itu.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Eh aku baru tau kalo ada kartubyg bisa digituin :D. Enak juga sih… Tapi kalo kartu cuma 1 gini, ya memang repot sih.hrs ngetok2 ke kamar kalo pegi kluar sendiri :D. Apalagi kalo udh ketiduran, jd ilang ngantuk Krn bukain pintu :p

  48. ainun berkata:

    desain interior di luar kamar ala ala candi begitu, cakepp, mayan lah buat poto poto 😀
    waktu pertama baca di blog mba vicky, gilak nih hotel oks juga yak, ehh sekarang giliran mba fanny, noted dulu aja dah
    ini hotel emang kayak istana aja ya, suasana di kamar terlihat luxury gitu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Masih sangat rekomen untuk diinepin kok mba. Krn aku yakin minus poinnya bisa banget utk mereka improve :). Lagian hotel ini responnya cepet ketika ada komplain 😀

  49. Nita Lana Faera berkata:

    Selalu senang deh tiap baca Mba Fanny dan keluarga yg selalu ngajak mba asisten liburan, plus menempati kamar yg sama mewahnya dg Mba Fanny. BTW hotel sekece itu kok ya masih nyimpan handuk sobek, hehe… Siapa tuh ya orang yg make handuk sampe sobek gitu, haha… playground-nya luas juga ya, udah macam di TK. Menyenangkan ya anak2 liburannya, sembari kakak sekolah online juga. Kalau adek belum sekolah ya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Antara pihak hotel sedang penghematan, ato handuk nya ga sengaja masuk di stok mereka mba :D. Tp hrsnya jd LBH jeli kedepannya, supaya handuk robek ga dikasih ke tamu lagi :D.

      Si adek msh TK, jd blm ada pelajaran pas kami kesana hahahhaa.

  50. Ririn Wandes Melalak Cantik berkata:

    Saya pernah menginap di Ramada Suites tapi yang berlokasi di Kuala Lumpur. Nuansa Ramada Suites Solo ini terlihat banget aura Jawa nya ya mba. Dari furniture nya bisa kelihatan juga,kayu-kayu cantik bangkunya tuh. Di Solo nih memang masih termasuk harganya banyak yang murah-murah ya mba,bayangin itu makanannya enak-enak bener ah yang dianter pake room service,160 ribu uda enak makan bareng anak ya mba. Huhuhu,kapanlah aku bisa balik bisa liburan ke Solo lagi,lihat ini buat rindu jalan kesana.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ga ngerti lagiiii kalo solo :D. Ntah kenapa harga2 nya jauh lbh murah, bahkan dibanding Jogja. Makanya aku slalu suka kalo stay di hotel2 mahal solo, Krn bisa dpt hrg rendah selalu hahahaha.

      Oh di KL ada chained ramada yaa? Aku malah baru tau. Jd penasaran sbnrnya ini asalnya dr mana 😀

  51. Melissa Olivia berkata:

    Dari luar hotelnya emg kyk perumahan biasa ya. Tp dlmnya kyk rumah bangsawan 🤭

    Btw, handuk hotel kalo ga proper jg risih pakenya ya. Pernah dpt handuk hotel yg uda dekil dan ada bolongnya. Akhirnya aku jd keset kaki 🤒

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaaa, ini hotel termasuk yg aku sukaaa banget Krn lingkungannya yg begitu, dan nyaman bgt. Terlepas dari handuk, ya sudahlaah yaa, waktu itu pihak hotel sudah komen kalo mereka akan lebih teliti kedepannya :).

      Aku pribadi msh mau banget stay di sana 😉

  52. ropingi berkata:

    Keren banget!!
    Mampir di lapak saya juga ya

  53. ropingi berkata:

    Keren
    Mampir juga ta

  54. Riza Firli berkata:

    waduh handuknya sampai ada yang bolong.. gak enak banget diliatnya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yees, ini agak fatal sih. Hrsnya ga sampe lewat dr pemeriksaan mereka. Krn efeknya malu2in ke reputasi

  55. Intan Rastini berkata:

    Asyik ya kalau menu room servisnya enak tapi masih terjangkau. Kok beda banget sama menu sarapannya, aneh banget. Apa masakan untuk sarapan nggak dibuat sepenuh hati atau dimasak oleh trainee?

    Trus gimana tuh mbak tiap mandi rambut basah terus, dong? Sekalian keramas nggak? Hihi.. Struggle banget kayaknya mandinya. Hotelnya nggak toughtful, nih! Udah desain kamar mandi bukan hand shower eh malah tidak menyediakan shower cap!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Wkwkwkwk kalo sampe yg masak trainee kelewatan merekaa hahahaha. Aku LBH mikir chef nya beda 😀

      Ya iyaaa mba, basah Mulu. Jd tiap hari ya keramas mandiin mereka wkwkwkw. Makanya aku sebel kalo shower cuma ada rain shower gitu. Ga sukaaa :D.

      At least sediain shower cap dong yaaa

  56. ropingi berkata:

    Paling enang itu tengah malam berendan di kolam renang. Sambil ngelamun apa gtu. Pati seru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.