D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jan 2024

02

MENIKMATI GULTIK, KULINER LEGEND JAKARTA

MENIKMATI GULTIK, KULINER LEGEND JAKARTA ~ Dipikir-pikir, sudah 18 tahun aku terhitung tinggal di Jakarta. Lama juga πŸ˜…. Tapi tetep aja masih banyaaaak yangΒ  belum diketahui tentang ibukota terchinta ini 🀣. Masih love hate relationship lah πŸ˜„.

 

Cinta Jakarta, karena rezeki keluarga kami memang ngalirnya dari sini, kota ini juga tempat ketemu pertamakali dengan suami, dan sebagai ibukota, banyak kemudahan dan fasilitas yang dulu jarang aku rasain saat masih tinggal di Aceh.

 

Trus bencinya kenapa?

.

Muaceeeet, polusi, dan jalanannya susah beneeeer dihapal cuy 🀣. Belum lagi istilah-istilah yang banyak dipakai orang sini πŸ˜…. Kalo ga ada Raka yang membimbing, mungkin aku dah nyasar kemana-mana πŸ˜„

 

 

 

FLASHBACK DULU KE 15 TAHUN YANG LALU….

 

Bicara istilah, aku sempat dikerjain temen kantor yang memang asli anak Jakarta. Jadi waktu itu, si bos ngajakin makan-makan satu team, sambil bicarain visi misi dan target baru dari perusahaan. Sepakat makannya di daerah Blok M, yang jadi titik tengah untuk kami semua.

 

Nah, si teman ini sempet ngomong, ‘Fan, gue mau makan gultik dulu ya ntar. Lu duluan aja masuk. Bilang bos, gue nyusul’

 

Trus dengan polosnya aku nanya, ‘apaan tuh gultik? Ikut dong.’ Itu aku masih 3 tahunan di Jakarta πŸ˜…, jadi maklum aja belum banyak tahu istilah sini 🀣

 

Si teman yang tahu aku dari daerah, sengaja banget ngerjain, ‘gulai tikus. Lu ga bakal suka. Dah sana masuk’

 

Dan dengan polosnya, percaya gitu aja dia bakal makan gulai tikus 🀣🀣🀣. Sambil pasang muka jijik, aku pun jalan ninggalin nih anak. Ngebayangin makan tikus, udah bikin napsu makan ilang sebenernya πŸ˜…

 

 

 

DAN DI TAHUNΒ  2022…..

 

Raka tau-tau ngajakin untuk makan gultik Blok M 🀣. Ofkors lah aku yang masih ngebayangin gultik adalah gulai tikus, langsung nolak dengan alasan, mending kelaperan daripada makan tikus  🀣🀣.

 

Si kesayangan satu itu langsung ketawa πŸ˜…. Akhirnya dijelasin kalau Gultik singkatan dari Gulai Tikungan, bukan tikus. Rasanya pengen kuhajar si kawan yang dulu ngerjain, pake bilang gulai tikus 🀧πŸ₯΄

 

 

 

GULTIK ~ GULAI TIKUNGAN BLOK M YANG SUDAH MELEGENDA

 

Disebut gulai tikungan, karena memang duluuuu lokasi jualan persis di tikungan jalan πŸ˜…. Penjualnya jualan pakai bakulan. Kalo sekarang ini, yang jual gultik mah udah banyaaaak, dan semua berpusat di Blok M. Rata-rata ala tenda. Tinggal pilih mau beli dari penjual yang mana.

 

penjual pertama yang kami coba

gultik enak di jakarta

 

 

Soal harga, samaaaa.. pukul rata Rp10,000 seporsi. Tapi belum termasuk sate-satenya yaaa. Itu beda lagi. (Ini harga 2022 pas aku cobain).

 

Seporsi gultik terdiri dari nasi, lalu disiram kuah gulai. Banyak orang yang bisa makan berpiring-piring, karena memang porsinya keciiiil 🀣🀣. Apalagi kalo pas laper berat, ga bakal cukup seporsi. Pasti nambah deh πŸ˜„.

 

gultik enak di kawasan jakarta

 

 

Kemarin itu, aku dan Raka ngabisin cuma 2 porsi, karena memang sebelumnya kami sudah makan. Jadi ga laper-laper banget.

 

Porsi pertama kami beli dari penjual yang lumayan rame. Enak sih, satenya juga banyak pilihan. 1 tusuk kalo ga salah ingat Rp2,000.

 

rekomendasi gultik enak di jakarta

 

 

Porsi kedua pengen cobain dari penjual lain. Rasa sih mirip yaaa, tapi sedikit hambar yang kedua ini. Tapi okelah, toh ada disediain garam kok.

 

At least, setelah nyobain ini, aku ga penasaran lagi denganΒ  kuliner legend Gultik πŸ˜‚

 

gultik kedua

makan gultik yang enak di mana

di mana gultik enak di jakarta

 

 

 

GULTIK CEMPAKA PUTIH

 

Tapi ternyata, gultik ga hanya ada di Blok M. Di Cempaka Putih ada gultik yang denger-denger lebih enak, dan udah banyak diliput tv.

 

Penasaran pastinya, terlebih ini dekeeeeet banget ama rumah πŸ˜„πŸ˜„.

 

Lokasinya persiiiiis depan Rumah Sakit Islam Jakarta.

 

Depan Rumah Sakit Islam Cempaka putih, ada banyak motor, depannya itu ada gultik yang lebih enak

rekomendasi gultik enak di jakarta

 

 

 

 

PILIHAN MENU GULTIK CEMPAKA PUTIH

 

Beda amaΒ  yang di Blok M, gultik Cempaka PutihΒ  ada 3 pilihan daging: Ayam, Sapi dan Kambing. Harga juga beda-beda.

 

Pas kami datang;

Gultik Ayam seporsi Rp20,000

Gultik daging Rp25,000

Gultik kambing Rp30,000.

 

Bisa jadi ada perubahan harga yaa. Ini kan pas akhir 2022 .

 

rekomendasi gultik di jakarta

rekomendasi gultik jakarta

 

 

Kami datang kesana jelang siang, dan ternyataaaaa, keabiiiisan 🀣. Trus Minggu depannya balik lagi, tetep belum rezeki. SOLD OUT,Β  cuy πŸ˜‚.

 

Gilaa sih, aku mulai tertantang… Warung apa yang tiap kami visit jamΒ  siangan, udah abis mulu 🀣. Seenak apa sih ini, hahahahhaha.

 

Akhirnya, datang ketiga kali, kami mampir sekitar jam 7 malam, antrinya puanjaaaaang πŸ˜‚. Pas giliran dapat tempat, ternyata gultik kambing dan sapi abiiis. Cuma sisa ayam thok. Sate-satenya juga ludeees. πŸ˜…. Dah lah, pasrah terima yang ada.

 

Tapi yang bikin makin meringis, saatΒ  berhasil duduk dan pesan, eh si ibu penjual langsung teriak, ‘ini porsi terakhir yaaaa. Habiiiis’..

 

Kasian amat yang antri di belakang kami πŸ˜……

Β 

 

rekomendasi gultik di jakarta

 

rameee yg makan:O

di mana gultik enak di jakarta

 

 

 

 

RASA GULTIK CEMPAKA PUTIH

 

Dari bentuk gulai aja memang beda dengan yang Blok M.

 

Pertama, porsi lebih gede, wajar sih karena harga juga lebih mahal

 

Kedua, kuah gulai lebih pekat, yang di Blok M enceeeer beib πŸ˜‚

 

Ketiga, ayam yang dipakai, ayam kampung, bukan broiler, pantes aja lebih mahal πŸ˜…πŸ‘πŸΏ.

 

Seriiiius sih, wajar kalo gultik di sini cepet banget abis, dan selalu rame. Karena memang rasanya jauuuuh lebih enak!!

 

gultik di kawasan jakarta

rekomendasi gultik di jakarta

gultik enak di jakarta

 

 

Aku langsung ngabisin sampe titik kuah terakhir dengan kerupuk yang disediain πŸ˜„πŸ€€.

 

 

rekomendasi gultik enak di jakarta

 

 

 

 

SUMMARY

 

Jadi inget yaa,Β  gultik itu GULAI TIKUNGAN yang isinya ayam, sapi atau kambing. Ga ada yang pake tikus πŸ˜‚.

 

Buat yang tinggalnya di Jakarta timur, Jakarta PusatΒ  dan Jakarta Utara, mending cobain yang Cempaka Putih deh, dari segi rasa lebih enak ini kemana-mana πŸ˜…πŸ‘πŸΏ

 

Tapi kalo tinggalnya di Jakarta Selatan atau Jakarta Barat, harus niat kuat aja mau mampir ke Cempaka Putih πŸ˜‚. Mana antrian panjang dan cepet abis. Kasian kalo udah jauh-jauh trus ga kebagian.

 

Inget, jam buka Gultik Cempaka Putih 2x:

Buka pertama: 10.00 pagi Ampe habis.

Buka kedua: 17.00 Ampe jam 21.00 tapi biasanya mah jam 19 juga udah bhaaay πŸ˜‚πŸ˜‚.

 

Harga memang lebih murah yang Blok M, tapi porsi dikit dan rasanya kalah kalo dibandingin gultik yang Cempaka Putih 😘. Agaaiiin, ini soal selera 😊

 

 

 

96 tanggapan untuk “MENIKMATI GULTIK, KULINER LEGEND JAKARTA”

  1. Zam berkata:

    waktu dulu tinggal di Jaksel, ku beberapa kali ke gultik Blok M ini. tapi menurutku emang kurang worth-it. favoritku malah ada di Taman Langsat, tak jauh dari bubur ayam yang terkenal itu, yang bukanya malam jam 9 sampe dini hari.

    gultik ini sering jadi tongkrongan orang, di mana makin malam, makin rame. biasanya yang makan di sini orang yang pulang dugem, sebagai obat hangover..

    di dekat Taman Gandaria, ada juga penjual gule begini yang juga jauh lebih enak. tempatnya rame dan antre..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah jadi obat Hangover ya mas, apalagi di sekitaran sana kan banyak night club yaa 🀭

      Naaah memang yg bukan di blok m itu biasanya LBH enak, dan lebih banyak juga. Walo jadi LBH mahal. Mnurutku ya gapapa, Krn toh aku pribadi ngejar rasa enak drpd hanya sekedar murah πŸ˜„

      Taman Langsat, di mana sih ? Aku kalo daerah selatan nyerah memang, bukan daerah jajahan 🀣🀣

  2. Tika berkata:

    Di deket rumah aku juga ada buka mbaaa cabang Blok M katanya, pernah cobain deh dan emang sempet kaget karena porsinya lumayan kecil mana banyakan kuah sama daging. Coba karena kan ini viral banget meskipun belom coba yang di Blok M langsung sih tapi akhirnya tau apa yang disebut Gultik πŸ˜…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ntah beneran cabang blok m atau ga ya mba πŸ˜…. Yg penting pake embel2 cab blok m dulu biar dikira asli 🀭.

      Tapi memang kuahnya itu encer dan LBH banyak drpd dagingnya. Pantesan murah sih yaa 🀣. Mana potongan daging pun imut2 🀭

  3. anies berkata:

    tuuu diaaaaa kuah banjirrrrrrr
    hahahaha

  4. anies berkata:

    kalau makan macam ni… rasanya tak cukup sepinggan…
    ahh laparlah pulaaaaa

  5. anies berkata:

    seram je kalau gulai guna (daging) tikus hahahahahah

  6. Khanif berkata:

    bener ya jalan di jakarta bikin pusing susah di hapal, mbak fanny yg udah 18 tahun disana aja mash ga hafal, apalagi gw yg kadang di jkt cuma sebulan buat kerja, bisa kesasar-sasar gatau jalan 🀣

    seenak itukah gultik, aku taunya gultik pas nonton yutube talkshow gitu, katanya itu emang makanan legend di jkt yah 😁, yang di blok m emang nasinya dikit ya mbak, kayak nasi kucing gitukah, kalo nasi kucing gw kadang bisa abis 2 sampai 3 bungkus, karna nasinya emang dikit banget 🀣

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naah iyaaa kayak nasi kucing nif 🀣. Seimut itu yg di blok m. Temenku kalo dah makan sana bisa abis 5 piring πŸ˜…. Padahal menurutku harga udh ga murah2 bgt sih. Makanya aku LBH milih makan yg di cemput aja, porsi udah pas

  7. Citu berkata:

    Parece un genial lugar. Te mando un beso.

  8. Ranny berkata:

    Waktu ke Jakarta taon lalu, nginep di seputaran Blok M, disamperin bestie jadilah jalan malam. Asli baru tahu GULTIK di situ, sayang banget mau pesen eh sisa satu porsi, jadi untuk swami bestie lah. Sampe Solo kepikiran, ih kok gak nyoba yaa.
    Eh bulan lalu pas muter ke area Keraton, ada dong Fan yang jualan GULTIK, pengin coba dah.
    Btw, kalau dilihat reviewmu, emang lebih mantep yang Cempaka ya. Waktu kemarin liat swami bestie makan, emang encer gitu kuahnya.

    Thanks for the review, Faaan.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ah, nanti kita coba kalo kamu ke JKT RAN πŸ˜„. Memang LBH enak yg cemput, Krn konsepnya juga bukan untuk nongkrong. Jadi porsi pun LBH banyak kan.

      Sejak tau ada yg cemput, aku JD males mau ke blok m kalo cobain gultik ini.

      Aku malah penasaran yg di keraton jadinya

  9. Titik Asa berkata:

    Hehehe…jadi dikerjain teman ya Mbak dengan istilah Gultik. Dasar teman ada saja isengnya ya…

    Mbak, ngiler nih lihat gultik. Sepertinya lezat banget apalagi dipadu dengan sate-sate ayam yang demikian mengundang selera…mantaps pisan…

    Btw, dulu saya pernah juga dikerjain teman. Waktu itu saya masih kerja di pabrik kabel yang kantor pusatnya di Kebon Sirih. Waktu saya kebagian kerja di kantor pusat, pas makan siang teman ngajak makan siang. Dia bilang, “yuk makan di Sogo…”. Saya pikir mau makan di mall Sogo. Ya ampun tahunya yang dimaksud dengan Sogo itu “soto got”…itu yang jualan soto nya diatas got yang ditutup pakai papan-papan sebagai lantai… ah ada-ada saja…

    Salam,

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahahahah, aku pernah denger istilah Sogo juga mas 🀣.

      Memang yaaa orang JKT ini banyak bgt istilahnya. Aku belasan tahun di sini kayaknya ttp ga mudeng Ama banyak istilah πŸ˜„. Trus ada lagi amigos: agak minggir got sedikit πŸ˜…πŸ€£.aku suka ketawa kalo udh dijelasin suami

  10. Rivai Hidayat berkata:

    Jadi mendingan aku mbak fanny, pertama kali dengar gultik itu mengiranya gulai itik.

    Pertama kali makan di sana langsung merasa kalau porsinya sangat sedikit bagiku. Jadi yaa nambah 2x..hahaha
    Tidak jauh beda dengan gulai-gulai yang biasa aku makan.

    Suasana makan gultik di blok m emang beda. Yaa makannya duduk di trotoar aja. Selalu ramai dan antri.

    Di semaranga da gultik, tapi belum pernah coba.

    Pengalaman gultik baru di blok M, belum pernah ke tempat lain. Termasuk cempaka putih.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Temenku ada yg pernah sampai 5 piring hahahahahha. Ntahlah kalo aku laper banget bisa sampe berapa banyak yaa 🀭. Tapi kayaknya 2 udah pas sih.

      Memang rasa gulai nya ga jauh beda Ama gulai Jawa ya mas. Soalnya kalo gulai sumatera jauuh lebih kental dan rempah kuat. Tapi aku suka semuanya πŸ˜πŸ‘

  11. Avizena Zen berkata:

    Huahahaha kok bisa ada yg ngerjain gitu.

    Tau gultik tuh malah dari mas Anang yg dia cerita waktu dulu masih pacaran ama Ashanty sukanya ngedate di gultik karena murmer.

    Tapi kalo ada yg 20ribuan mending itu deh karena lebih enak. Kalo pake ayam kampung lalu 20ribuan yaa wajar. Worth it juga ama rasanya?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaaa kayaknya yg di blok m juga banyak didatangin artis, mungkin Krn memang tempatnya cocok buat hangout sih 🀣. Apalagi pilihan bakul nya banyaaaak..kalo rame di 1 spot, bisa pindah.

      Aku mending yg isi banyak dan mahal sekalian tp udh pasti enak mba πŸ˜„

  12. eryka berkata:

    loooo aku kira mbak dari medan..ternyata tinggalnya di aceh tohh πŸ™‚

    aku dulu juga sempet 2than di jakarta sama sekali gak tau arah,,klo disuruh naik kendaraan sendiri mungkin dh nyasar entah kemana haha..

    semacam ada harga ada kualitas ya mbaaa hehe..tempatnya juga lebih nyaman daripada yang di blok M..aku ngbeyanginnya gulai yang gurih sedap gitu pasti..yang ayam aja udah nikmat apalgi kalo bisa icip yang sapi kambing harusnya lebih enak lagi sie hehehe…gulai tikungan yang sekarang tidak hanya ada di tikungan πŸ™‚

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Oh aku memang Batak asli, tapi papa dulu kerja di Aceh mba. Makanya lama tinggal di sana. Cuma kalo skr sih ortu di Medan tinggalnya.

      Kapan2 deh aku cobain yg kambing dan sapi πŸ˜„. Penasaran juga sih. Apalagi keabisan muluuu hahahha. Hrs nungguin pas baru buka kayaknya 😁🀭

  13. Nik Sukacita berkata:

    Ya ampun ini foto2 bikin saya nelan ludah, Gultik cempaka putih ternyata ya…

  14. Lala berkata:

    Auto ngiler dan searasa nostalgia. Gultik Cemput aku suka banget mbak..enakk dan nagih. Pas masih di Matraman suka aku makan disitu. Beneran cepet habis, laris. Kudu cepet-cepet dapet, sebelum kehabisan. Aku pun orang Bogor kan, pertama di ajakin ke sini kaya agak heran kenapa nama nya Gultik πŸ˜† ekh pas udah nyobain malah ketagihan.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Oh berarti mba blm coba yg di blok m yaa? Hrs cobain sekedar tau aja yg aslinya gimana πŸ˜„πŸ€£.

      Jauh juga Mbaaa, main ke cemput dari Bogor

  15. Utami berkata:

    Beneeerr… yang di blok M encer banget kuahnya, ‘sepi’ juga gak ada isinya… plus nasi terlalu sedikit… jadi ujungnya sama mahalnya krn harus beli dua porsi…
    Mending yg di cempaka putih sih…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Disesuaikan Ama harga ya mba 🀣

      Tapi sejak tahu ada di cemput dengan rasa LBH enak, aku pun udh males cobain yg blok m. Ya mending yg mahal sekalian tp enak dan porsi cukup πŸ˜„.

  16. wak Lat berkata:

    waduhh mbak, wak jd rindu2an pd Blok M Jakarta nich., huhu

  17. ainun berkata:

    aku kira awalnya tadi Gultik itu Gulai Itik hahahaha
    Bisa-bisanya sampe bilang gulai tikus, astagahh πŸ˜€
    Dan baru tau juga kalau ada nasi gulai dengan isian daging ayam atau daging sapi. Dibayanganku yang namanya nasi gulai pasti padanannya sama kambing
    Ternyata nggak selalu sama kambing ya.

    Aku penasaran, berarti ini gulai dari kuah kambing tapi isian daging ayam? kalau aku pesen yang ayam misalnya

    jadi keinget sama menu makanan jawa timur, rawon pecel, nasi rawon tapi ditambah kuah pecel

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ohh kalo di sumatera mah, gulai itu bisa ayam, kambing, sapi, dll mba πŸ˜„. Makanya aku ga heran pas denger ada gulai daging lainnya. Kirain bener ada pake tikus kalo JKT 🀣🀣.

      Tapi biasanya kuah masing2 beda. Cuma aku ga tau yaa kalo yg di cemput ini kuah gultik ayam sama atau beda dengan gultik sapi dan kambing. Soalnya kan cuma cobain yg ayam.

      Naah tertarik juga tuh Ama menu jawatimuran yg suka dimix πŸ˜…πŸ˜„. Masih penasaran aku

  18. Women's Life berkata:

    Hua saya termasuk orang yang paling senang kalau jajan daerah Blok M mba Fan, dulu sempat kerja daerah jaksel jadi suka hunting makanan sama bestie buat cari makanan, dan banyak hidden resto gitu dan rasanya enak-enak. Pernah juga diajak makan ke sini karena saya penggemar ayam kampung tentu saja saya sukaaaaaa meksipun kuahnya ga pernah kumakan tapi dulu antrinya luar biasa, ah jadi jangen pengen makan di sini lagi

  19. lendyagassi berkata:

    Ampuun.. sepolos itu ka Fan..
    Hihi, kapan lagi aku nge-roasting ka Fanny kan ya.. ((candaa, ka Fanny shayaaang)) ^^

    Gule ini mantep banget sii..
    Apalagi kalo yang masaknya nniat dan kuahnya kental, aduduu.. dimakan saat musim hujan kaya gini.. mashaAllaa banget. Angeett di badan dan bikin senyuummm..

    Iyaya, ngliat tempat makannya juga enakan Gultik Cempaka Putih.
    Rada ayeman di dalam tenda.

    Kalo Gultik Blok M, pas ujan apa makan sambil cari iyup-iyupan?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahahha, aku sampe skr pun, masih susah untuk inget2 istilah jakarta mba. Apalagi soal duit tuh. Yg aku tau cuma goceng 5k, cepek 1k 🀣🀣. Kan masih ada lagi tuh, ga ingeeet semua 🀭

      Aku pun sejak tahu ada yg di cemput, LBH milih makan di sana πŸ˜„. Yg di blok m memang enaknya utk makan iseng aja 😁

  20. Siska Dian Wahyunita berkata:

    Baru tahu ada menu makanan yang namanya gultik ini. Hehe ada-ada aja ya lelucon temannya, bilangnya Gulai Tikus sampai Mbaknya juga percaya. Ternyata Gultik itu Gulai Tikungan yang termasui kuliner yang melegenda. Ah jadi penasaran mau icip juga

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Nanti kalo ke JKT cobain deh mbam walo ga spesial, tapi at least jadi tahu vibe makan di sana πŸ˜„

  21. Kartika berkata:

    Ya ampun jadi 15 tahun kemudian Mba Fanny baru tau singkatan yg sesungguhnua 🀣🀣🀣 bener2 piawai kawan sialan itu 🀣🀣🀣

    Aku pernah makan yg di tangerang. Kayaknya bukan yy ori ya mba.. tapi itu aja udh enak lho. Gulenya manteb rempah2nya. dagingnya juga lembut. Aku ga tau sih gimana rasa yg ori, tp itu aja udh jadi langganan akhirnya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku rasa yg lokasinya bukan di blok m, memang udh di modif, ntah dari segi kualitas dan porsi mba πŸ˜„. Aku sendiri sejak tau yg di cemput,jadi males cobain yg blok m. Soalnya LBH enak di cemput walo LBH mahal πŸ˜„

  22. ~uncle gedek! berkata:

    Banyak makanan Indonesia yang ada di Malaysia… Tapi tak pernah jumpa atau dengar nama gultik di sini… Hairan

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sama macam KEROPOK lekor uncle. Tak ada di JKT, padahal makanan Malaysia lain banyak di sini πŸ˜„

  23. Cuya berkata:

    Aduh pengsan saya kalau gultik itu tikus! hahahha

  24. Peri Kecil Lia πŸ§šπŸ»β€β™€οΈ berkata:

    Dari kuahnya kelihatan beda banget, Kak~ yang di Cempaka Putih jauh lebih medok kelihatannya wkwk. Sebenarnya nggak gitu jauh ya beda harganya, kalau lebih enak berarti lebih worth beli yang di Cempaka Putih πŸ™ˆ. Kalau yang di Blok M dari beberapa yang udah aku coba kebanyakan kuahnya encer banget sih πŸ˜‚

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Memaaaaang, enceeeer bener Lia… Makanya pas tahu ada yg di cemput, aku udh males cobain yg blok m 🀣. Mending yg enak walo agak mahal dikit πŸ˜„

  25. Djangkaru Bumi berkata:

    Sepintas mirip gula khas solo ya
    Dan saya lebih suka kuahnya yang kental, lebih nampol lidah
    soal harga tak jauh beda gulai solo
    dan itu sate nya mirip menu sate angkringan nasi kucing, itu lo khas jogja
    yang di cempaka puih, kayaknya saya pernah lewat

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya mas, mirip gulai khas Jawa lah, yg kuah ga terlalu kental πŸ˜„. Kalo gulai sumatera kan rempah kuat dan kental kuahnya .

      Yg di cemput harusnya Deket Ama mas kan. Enaaak tuh, ntr cobain, kalo ga rame hahahaha… Tiap aku lewat msh rame Mulu antrian 🀣

  26. zaty rose berkata:

    there is no such place like home. hopefully boleh try makan nanti kalau ada rezeki jalan-jalan Jakarta hehehe.

  27. Dian Novitasari berkata:

    Mba Fan.. aku katrok dong, aku kira Gultik itu Gulai Itik, kwkwkw gitu ternyata singkatan dari Gulai Tikungan yang sekarang ga hanya ditikungan aja :D. Seriusan se enak itu kah? kalau porsinya kecil ini kayak soto kudus ga sih mba. Seporsi Nasi Soto dengan mangkok es puding dibandrol dengan harga 6k aja.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yg di cemput enak mba, tapi porsi normal. Yg di blok m, murah tapi yaaa itu seusai harga 🀣..kalo aku pribadi, mendingan yg dicemput lah. Krn aku mentingin rasa drpd harga 😁

  28. Furisukabo berkata:

    Kakkkkk ngakak bangetttt! Aseli itu temen kak Fanny sih jaahaatt.. BUkannya dikasih tahu yang benernya, ini sampe dikasih tahu suami dulu dongggg. Bertahun-tahun kemudian hahahaha Emang sih Jakarta tuh banyak banget singkatan-singakatannya!! Sampe-sampe istilah-istilah ga lazim macam bonyok (bokap nyokap alias bapa ibu kandung), spokat (sepatu), tisbek (tissue bekas), dan singkatan aneh lainnya!! Pergaulannya musti luas dulu biar bisa paham arti-artinya hahaha
    Aku pertama kali cobain gultim Blok M tuh saat lebaran 2023 kalo ga salah.. Mampir ke M Bloc sekalian cobain gultik deh haha Rasanya emang B aja sih ya..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yaaaa kaaaan, terlalu banyaaaak istilah yg aku ga paham di JKT ini 🀣🀣🀣. Dan satu lagi istilah duit2nya itu Mbaaa, ya Allah, kalo udh beli barang di pasar trus pas tanya harga pake istilah mereka, udh pusiiiing kepalaku 🀣.

      Yg aku tau cuma goceng 5k, cepek 100 πŸ˜„πŸ˜„. Sisanya aku ga apal2 . Hrs nanya Raka dulu πŸ˜…

      Sejak tahu ada yg di cemput, aku pun udh ga minat coba yg di blok m lagi..cukup sekali 🀣

  29. Agus berkata:

    Emang temennya itu perlu ditampol ya mbak. Mau makan gultik bilangnya gulai tikus ya mana doyan mendingan kelaparan, eh ternyata gulai tikungan.πŸ˜‚

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahha kayaknya aku dulu terlalu polos pas sampe JKT πŸ˜„πŸ˜„. Lagian JKT ini banyak bgt istilah2 nya sendiri mas 🀣. Sampe skr pun aku blm kuasain juga

  30. shirven berkata:

    kelihatan semuanya enak belaka yea.
    sudah pasti kalau saya, porsi satu tak cukup, kan perutnya versi giant

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo yg di blok m, memang tak cukup 1. Sama macam nasi lemak kak, harus minimal 2 atau 3 hahahahah

  31. Ammi berkata:

    hahaha…setelah 15 tahun baru tau kebenarannya. Rasanya gulai itu seperti apa fany? seperti masak lemak? pengen juga dicuba tapi bila ammi mau ke Jakarta lagi?

    Kali terakhir ke Jakarta/Bandung..hmmm waktu Khilfi baru 1.5 tahun. Sekarang dia juga udah mau 14 usianya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Besaaar lah dengan gulai sumatera atau Malaysia yg cendrung kental dan rempahnya kuat kak. Kalo gulai tikungan ini memang encer, tapi gurih laah tak pedes juga. Saya prefer yg kuahnya berasa rempah kuat dan kental πŸ˜„

  32. sulis berkata:

    ealah…aku klo cuma mbaca judulnya doang, tak kira Gultik gulai itik mba.. nggak kepikiran sama sekali gulai tikungan. Hi..hi

    Harganya ekonomis sih ini, apalagi yang blok M.. Harga standard Jogja, tapi di Jakarta. Eh, jogja gulai2 gitu 15-20 an ribu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Tapi porsinya yg di blok m memang seuprit mba πŸ˜„. Yg di Jogja Hrg segitu mungkin LBH banyak 😁.

      Memang sih nama gultik ini banyak ditebak2 sendiri, gulai itik, tikus, dll 🀣. Aku nya aja yg terlalu gampang percaya pas dibilang tikus hahahahah

  33. mrhanafi berkata:

    Rupanya Fanny dipanggil Fan saja ya..

    baru saja saya tahu.

    nama Gultik macam gulai itik kan hehehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Nama panggilan saya banyak bang πŸ˜„. Fan salah satunya 😁.

      Itulaaah, banyak terjemahan dari gultik ini memang πŸ˜…

  34. Amie berkata:

    Aduhai… terus saya terbayang gulai tikus! Ternyata gulai tikungan …hihihiiii!
    Beda ya gulai di Blok M dengan Gultik Cempaka Putih. Memang nampak Gultik Cempaka Putih kuahnya lebih pekat dan menyelerakan. Saya suka gulai yang lebih pekat berbanding yang encer.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Samaaa kak apalagi saya terbiasa dengan gulai sumatera yg pekat dan banyak rempah. Makanya pas ke Jawa dan tinggal jakarta, suka sedih liat gulainya encer dan tak banyak rempah 🀣.

      Tapi untung yg cempaka putih ini lumayan sedap lah πŸ˜„

  35. mamatisya berkata:

    makan nasi kuahnya banjir enak bangat…

  36. Nur berkata:

    Oh… ok. Ingatkan, gultik tu, apa. Mesti sedap tu, sampai kering kuah dalam mangkuk. πŸ™‚

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha rasa gulainya tak seperti gulai Sumatera dan Malaysia, yg rempahnya kuat. Krn ini gulai khas Jawa. Tapi saya suka Krn memang light dan sedap πŸ˜πŸ˜„

  37. Ezna berkata:

    Kalau Blok M ni selalu masa kecik2 liburan di sana. Masa papa dan mama masih ada…Kakak masih sekolah selalu liburan di Jakarta dan yang pasti salah satu tempat kami pergi ialah Blok M.

    Kerupuk tu nampak sedap.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Memang blok m dulu terkenal sangat. Saya kan dulu stay di Aceh. Tapi kalo denger jakarta, yg teringat pasti BlokM . Krn legend sangat. Trus dia sempat redup, Krn kalah dengan tempat lain.tapi skr ini BlokM dah dipercantik kak. Jadi banyaaaak tempat makan baru πŸ‘

  38. NA berkata:

    Memang dibuat nasi lauk banjir ya caranya untuk makan.
    Rasa mahu cuba juga.

  39. Nurzarini Ismail berkata:

    maksud tikungan itu blok ke fanny? atau jalanan? google malah gak ketemu jawapannya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Tikungan itu bend kak. Belokan jalan yang tajam. Tapi kalo di jakarta sekarang, dah tiap meter yg jualan ini, tak lagi tiap tikungan (bend) 🀣

  40. Naia Djunaedi berkata:

    zaman kuliah pernah nyoba yang di blok m karena kampus di Limau kebayoran baru. Itu menurutku enak sih, tapi ya itu porsinya keciiil.. wkwkwk.. nah jadi penasaran yang di cempaka putih nih, mudah2an ada kesempatan buat nyoba

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha setidaknya udh cobain dulu mba πŸ˜„. Yg di cemput lebih enak sih, dan LBH gede juga, jadi seporsi cukup πŸ˜‰πŸ˜

  41. justi berkata:

    Gultik…tadi aku udah nebak gulai itik ternyata bukan wkwkwk

    pergulai gulaian ini suamiku suka banget mba tapi kambing…secara dia itu pecinta kuliner kambing sedjati…meski sekarang kudu dikontrol karena kolestrol hoho…itu yang gulai cempaka putih kelihatan menggiurkan banget dilihat dari kental kuahnya…lebih terang …dan berbumbu…ayamnya jenis kampung pula…kalau yang awal itu miripan laukan sego kucing angkringan sate sateannya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha aku pun heran kenapa bisa2nya percaya gulai tikus lah pula🀣.

      Efek ga ngecek lagi..

      Cobain yg di cemput aja nit, jauh lebih enak. Tapi itulah, aku pun bingung hrs DTG jam berapa supaya ga keabisan 🀣

  42. anakdenesor berkata:

    singgah dari malaysia

  43. Reyne+Raea berkata:

    Ya ampooonnn, saya malah pikirnya, gultik itu adalah gulai Itik, wakakakakkaka.
    bisa-bisanya jadi gulai tikus πŸ˜€
    Diriku malah udah membayangkan, gimana ya rasanya itik digulai.
    Lah ternyata tebakan saya salah πŸ˜€
    Terus setelah liat fotonya, jadi ngiler dong !
    Bukan pecinta gulai sih, tapi seperti biasa, kalau baca tulisan Mba Fanny itu, bikin ngiler, jadi pengen cobain!
    Jadi menunggu Mba Fanny main ke Surabaya, terus cobain kuliner sini, biar diriku ikutan coba hahaha.

    Saya tuh kalau mau coba makanan baru kadang udah parno duluan, kecuali liat rekomendasi atau testimoni dulu.
    Takutnya mihil, ternyata nggak enak kan πŸ˜€

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku juga bingung lgs percaya aja gitu ama temenku pas disebut gulai tikus 🀣🀣. Ga kepikir juga gulai itik πŸ˜…. Mungkin krn aku nyebut itik dengan bebek. Jadi jarang kepikir ama itik πŸ˜….

      Nantilah ret, ada plan sih ke Surabaya walo belum tahu kapan. Pengen bgt memang kulineran di sana, apalagi surabaya kan banyak pedes juga makanannya. Cocok ama lidahku harusnya πŸ˜„.

  44. Yonal Regen berkata:

    Ada-ada aja pengalaman lucu Mbak Fanny di Ibu kota, memang serandom itu ya para perantau dapat pengalaman dan culture shock di jakarta pas awal-awal.. hahaha.
    Aku koq ga pernah nyobain gultik sewaktu tinggal di jakarta, kurang jauh nih mainnya haduuh. Malah ini baru denger banget ada yang namanya Gultik. Next kalau maen ke Jakarta sepertinya harus nyoba ikut ngantri buat nyobain Gultik

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya cobain deh mas. Tapi mendingan yg di cemput sekalian, lebih banyak dan enak. Asal kuat antri aja🀣

  45. Yoga Akbar S. berkata:

    Saya dulu doyan banget sama gultik ini. Tapi saya sanggupnya cuma 2 porsi aja sih. Lebih dari itu enek. Mungkin kurang sreg aja dengan yang santen-santen. Saya heran sama temen yang sanggup menghabiskan 4 porsi, dan satenya juga sampai lima. Doyan bangetnya bisa melebihi saya gitu.

    Dulu mikirnya juga gulai begini adanya di Blok M aja, ternyata di area Palmerah juga ada. Bedanya sih di sini porsi nasinya lumayan daripada di Blok M. Yang kurang saya suka: isinya tetelan. Haha. Kalau di Blok M seinget saya daging.

    Yang di Cempaka Putih belum pernah jajalin. Udah enggak pernah main lagi soalnya ke daerah sana. Sekarang mainnya ke Bekasi. Haha.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha tooosss lah yog. Mungkin krn aku juga jaga makan yaaa. Jadi coba 2 piring mah maksimal banget. Apalagi skr, mungkin sepiring berdua, krn udah ga penasaran hahahhaha

  46. Nurul Sufitri berkata:

    Wah, pas banget nih artikelnya si gulai tikus ups hahaha…Anak bungsuku Fakhri beberapa hari lalu makan gultik Blok M sama temen2nya yang lho. Ih, seporsi 10K. Wah ternyata harganya masih sama ya kayak duluuuuu. Anakku baru satu kali nyobain. Suamiku mah dulu sering, lah aku malah belum tertarik wakakaka. Yang di Cempaka Putih jelas ya ada harga ada rasa dan sesuai sama porsinya. Kapan2 mampirin ah πŸ˜€

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Mending coba yg di cemput aja mba, lebih banyak dan lbh enak menurutku πŸ˜„πŸ‘. Jadi kenyang sekakian. Tapi yaitu ga tau deh antriannya hahahah

  47. Retnawati Mohd Yusof berkata:

    Oooo gultik ini ibarat seperti kuah lemak ya kalo di malaysia?? Hahaha enak ni harus dicoba juga.. itu kerupuk nya lagi nanti dicari juga tu hahaha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Gampaaang, ntr Fanny ajak Kaka ke sana. Atau kalo kakak stay daerah blok m, bisa dicoba nanti πŸ˜„. Tiap malam mereka ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archives

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archives

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.