D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Nov 2013

09

LOBANG JEPANG – NGARAI SIANOK

Ga sah rasanya datang ke Bukittinggi tanpa mengunjungi tempat bersejarah ini. Ngarainya sendiri masih tetep memukau, seperti terakhir kali aku lihat, saat SD dulu. Jurang, dengan sejarah kelam, sebagai saksi bisu yang merasakan tubuh para romusha (buruh paksa) dibunuh dan dibuang ke dasarnya.

 

Lobang Jepangnya ditemukan secara ga sengaja tahun 1946. Panjang terowongan kurang lebih hampir 1.5 km, dengan kedalaman ke bawah sekitar 42 meter. Sebagian besar terowongan sudah disemen oleh Pemda Padang, walopun ada sedikit  bagian yang dibiarkan seperti aslinya. Aku sedikit kecewa waktu tau beberapa ruangan di dalam sudah direnov, sehingga ga persis sama seperti yang aku lihat terakhir. Inget banget, aku pernah turun kesana dan si tur guide menunjukkan ruangan di mana para tawanan disiksa dengan bekas darah masih menempel di beberapa tempat. Lalu ada sebuah lubang tempat pembuangan mayat-mayatnya yang akan jatuh ke ngarai langsung. Aku bahkan bisa melihat dalamnya ngarai untuk pembuangan mayatnya. Tapi kemarin saat datang, tempat itu berubah. Lubang pembuangannya sudah diperkecil dan disemen, untuk alasan keamanan. Agak mengurangi suasana mencekamnya ;p
Lubang pembuangan mayatnya sudah diperkecil
Turun ke bawah sekitar 42 m

 

Beberapa bilik sekarang ini udah dipasangi jeruji besi dan ditutup, contohnya bilik amunisi. Bilik-bilik lain, kebanyakan gelap, tapi si tur guide yang seumur idupnya udah biasa keluar masuk ruangan ini, santai aja berjalan tanpa harus kesandung-sandung kayak kita. Brani taruhan, mungkin kalo dibiarin jalan sambil merem, aku rasa dia bisa nemuin jalan pulang ;p.
Bilik amunisi yang dijeruji
Beberapa bagian masih seperti aslinya

 

Tapi sebenernya, satuuuuu aja yang penasaran banget mau aku tanya. Itu bapaknya pernah ga sih ngerasain sesuatu yang mistis di dalam? Secara ya, serial mistis ‘Jalan-jalan Mr Tukul’ aja pernah singgah ke lobang Jepang ini, dan menurut paranormal yang ikut ke dalam, ada banyak sekali makhluk asthral  yang menangis dan meminta tolong dalam  ‘penglihatan’ mereka. Tapi jawaban si Bapak, cuma senyum-senyum doang. Jadi curiga, jangan-jangan itu acara cuma rekayasa yaa ;p Foto-foto yang kuambil dalam terowongan juga ga menangkap penampakan aneh ato seram. Kan katanya hantu-hantu bisa ketangkap kamera. Bener ga sih???
Bagian terowongan yang sudah disemen

 

Naik lagi ke atas, bener-bener perjuangan. Mendaki anak tangga yang jumlahnya sekitar 100an buah, bikin napas ngos-ngosan. Keliatan banget jarang olahraga ;p Kita semua udah kayak orang jompo pas nyampe di atas. Tepar, langsung duduk, ngelemasin kaki-kaki yang pegel karena dipaksa menanjak.
Ngarai Sianok

 

Tapi yang pasti, beberapa temen yang punya prinsip, ‘exist di mana-mana itu wajib’ , ga buang-buang waktu untuk saling bergaya gila dengan view latar,  Ngarai Sianok 😉 ..hahahaha…

The Golden Boys HSBC ;p
Hihihihi…yang lain denger penjelasan guide, ini 3 musketeers malah poto-poto

2 tanggapan untuk “LOBANG JEPANG – NGARAI SIANOK”

  1. alfi kamal fikri berkata:

    Gue suka banget travelling ke tempat historis seperti ini…Nice artikel..(y)

    • samaaaaa Fi… makanya tiap jalan yang aku cari itu 3 hal doang kok 😉 Tempat bersejarah, theme park dgn wahana extreme yang naikin adrenalin, ato wisata alam. Kalo kuliner mah, itu 1 paket ama travelingnya ;p ga bisa dipisahin..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.