D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Agu 2023

27

GEROBAK BETAWI, MELEPAS RINDU DENGAN MAKANAN KHAS INDONESIA

GEROBAK BETAWI ; MELEPAS RINDU DENGAN MAKANAN KHAS INDONESIA ~ Salah satu anak asuh yang aku biayai sekolah dari SMU sampai kuliah di Mesir, ( tapi sekarang sedang di Arab Saudi),Β  akhirnya pulang untuk liburan 3 bulan. 6 tahun di sana, terhalang pandemi yang bikin ga bisa balik, kami seneng dia akhirnya bisa menyempatkan diri kembali ke Indonesia walo cuma sampai bulan May lalu. Katanya kangen sekali dengan ibu yang tinggal di Magetan.

 

Zahid (pakai sweater), anak asuh kebanggaan kami, penghapal alquran 30 juz, dan sudah punya sanad untuk mengajar

restoran enak untuk keluarga di kelapa gading

 

 

Karena ada waktu beberapa hari di Jakarta, ofkors kami langsung arrange a meet up, di salah satu restoran yang menjual aneka makanan lokal, Gerobak Betawi. Dia bilang kangen banget dengan makanan Indonesia yang susah ditemuin di Mesir. Ada siiih, tapi jangan tanya rasanya, jomplang ga ada kemiripan 🀣🀣

 

 

 

LOKASI GEROBAK BETAWI

 

Sebenernya lumayan kaget, karena tempatnya ga jauh dari rumah. Beralamat di : Jl Boulevard Blok QA3. No 19-20, Kelapa Gading , Jakarta Utara, kemana aja aku sampe ga sadar ada restoran iniiii 🀣

 

Tempatnya sendiri menempati 2 bangunan ruko. Ga terlalu besar, tapi nyaman dan bersih. Plang gede, jadi ga mungkin nyasar atau kelewatan.

 

Gerobak Betawi, yang aku baru tahu, padahal ga jauh dari rumah ;p

restoran di kelapa gading yang enak dan murah

 

 

Meja kursi kayu disusun memanjang, ga terlalu dekat dengan tamu yang lain. Nyaman karena masih ada space.

 

rekomendasi restoran yang menjual makanan betawi

restoran yang menjual makanan khas indonesia di jakarta

 

 

 

 

ANEKA MENU DI GEROBAK BETAWI

 

Aku langsung bilang ke Zahid, pesan apa aja yang dia kangenin selama di Mesir πŸ˜„. Puasin deh, perbaikan gizi selama di sini 😁.Β  So, anaknya memilihΒ  soto Betawi + nasi dan es teler.

 

Sementara aku memilih sate kambing, tanpa nasi atau lontong, disiram dengan kuah kacang.

 

Anak-anak lebih suka soto mie dan iga penyet.

 

Terakhir Raka lagi pengen makan pempek kapal selam.

 

 

 

GIMANA RASA MAKANANNYA??

 

Surprisingly, semua makanan yang kami pesan enaaaaaakπŸ‘πŸ€€β€οΈβ€οΈβ€οΈ. Ga nyangka sih, apalagi tempatnya ga terlalu rame. Atau mungkin kami aja yang datang terlalu malam πŸ˜„?

 

Plus poinnya lagi, mereka buka sampe pukul 00.00 tengah malam πŸ˜…. Jarang loh ada restoran buka semalam itu di kawasan ini.

 

Soto Betawi yang dipesan Zahid, katanya enaaak. Kuahnya berempah kuat, dengan isian kentang, tomat dan daging goreng. Ga lupa kerupuk emping. Sedikit berbeda dalam penyajian, karena semua topping ditaro dalam piring berbeda, tidak langsung disiram ke kuah.

 

soto betawi yang toppingnya dipisah. favorit zahid πŸ˜€

restoran betawi yang enak di jakarta

 

 

Trus es teler gerobak,Β  mengobati kangen anak asuhku.Β  Serutan es disiram sirup merah, manis, dengan rasa susu dan aneka buah seperti alpukat,Β  yang biasa ada di es teler.

 

es telernyaaa :D, so tempting lah (^o^)

kuliner di kelapa gading yang enak

 

 

Iga bakar pesanan adek, seporsi ada 3 potong, tekstur empuk dan gede. Ada lapisan lemak yang bikin makin gurih. Sambel penyetannya, pedeeees nampol πŸ‘πŸ‘. Beuugh ini enaaaak. Untung si adek ga abis, jadi sisanya bisa buatku 🀣🀣🀣.

 

Iga bakar penyet, pedaaaas dan gurih!

restoran indonesia di kelapa gading yang enak dan murah

 

 

Soto mie Fylly, aku cuma icip dikit. Tapi dari rasa kuah yang gurih, dan daging empuk, bisa dipastikan rasa keseluruhannya manteeep! Apalagi risol bihun yang jadi primadona Soto Mie. Siapa coba yang kalo pesen soto mie, risol bihunnya harus nambah πŸ˜„?

 

Soto mie bogor, dengan risol bihun ^o^

rekomendasi tempat makan enak di kelapa gading jakarta utara

 

 

Pempek kapal selamΒ  disajikan lengkap dengan bihun dan timun, khasnya Palembang. Kuah cuko berasa pedas, asam, manis dan nikmat. Pempeknya sendiri kenyal, dan digoreng dengan kematangan pas. Bagian luar masih crispy.

 

kangen palembang, tinggal pesen pempek kapal selam di sini πŸ˜‰

tempat asyik untuk kumpul keluarga di kelapa gading

 

 

Mungkin cuma sate kambing yang aku order agak sedikit minus. Bukan rasa, tapi size 🀣. Potongan daging keciiiil, ga seperti sate kambing yang pernah aku makan di beberapa tempat lain. Untungnya daging ga alot, dan tidak prengus. Sausnya juaraaak.

 

sebenernya enak, tapi imut banget sizenyaaa ;p

menu khas indonesia yang enak di kelapa gading

 

 

Kalo lidahku ga salah menebak, ini bukan kacang biasa, tapi kacang Mede, terasa halus, lebih gurih dan cocok banget untuk sate kambing. Aku memang lebih suka saus kacang begini daripada saus kecap yang biasa buat sate kambing.

 

restoran enak untuk keluarga di kelapa gading jakarta

 

 

Untuk minuman, jus alpukat dan kedondong yang kami pesan, itupun ga ada kekurangan!

 

Alpukat dijusΒ  lembut, manis dari SKM coklat. Anak-anak doyan banget.

 

favorit anak-anak, jus alpukat

aneka minuman khas indonesia

 

 

Sementara jus kedondong, asam segar tapi dengan after taste manis. Ada 2 butir somboy di dasar gelas. Wajib dicoba bagi yang penasaran dengan kedondong tapi ga pengen  makan buahnya gara-gara terganggu dengan serat-serat yang ada di dalam 😁

 

lebih suka kedondong kalo dijus begini, daripada langsung makan buahnya

aneka minuman khas indonesia

 

 

Berapa harga semua?

 

Dibilang mahal banget ga juga… Apalagi dengan rasa seenak ini. Untuk menu berlima, hanya menghabiskan Rp450 ribuan.. masih oke sih. Yang paling mahal ya sate kambingku 🀣.

 

 

 

SUMMARY

 

Recommended untuk dicoba. Cocoklah kalo mau meet up dengan teman, atau sekedar nongkrong santai bareng keluarga. Bisa bangetΒ  datang lagi ke sini, apalagi pas kangen makan makanan Betawi. Toh aneka menunya tidak hanya Betawi, tapi juga beberapa menu yang khasΒ  dari kota lain. πŸ‘

144 tanggapan untuk “GEROBAK BETAWI, MELEPAS RINDU DENGAN MAKANAN KHAS INDONESIA”

  1. ~uncle gedek! berkata:

    Kalau di malaysia es teler tu di panggil ABC… Air Batu Campur… Fev uncle tu!

    Fann… Anak Asuh tu apa maksudnya?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ABC itu bukan Ais kacang ya uncle? Pernah coba di Penang tapi ada kacang merahnya. Kalo es teler tak ada kacang.

      Anak asuh itu, anak yg kita bantu biaya hidup atau sekolahnya uncle. Biasanya anak kurang mampu, tapi mereka sebenarnya pintar. Cuma tak ada biaya untuk sekolah. Nah saya di sini bantu beberapa anak, untuk biaya sekolah, termasuk Zahid ini.

      Dia pintar sangat, dan bisa menghafal alquran 30 juz. Karena itu saya dan papa kirim dia kuliah di Mesir. Papa bayar biaya sekolah, saya bayar biaya hidup dia selama di sana. :).

      Sayang kalo kepintarannya tersia2 hanya karena tak ada biaya

      • ~uncle gedek! berkata:

        Oooo… es teler tanpa kacang… OK OK…

        Sini anak asuh tu dipanggil ‘anak angkat’. Semoga rezeki Fann sekeluarga diberkati. Bukan semua orang sanggup mengeluarkan belanja untuk anak2 ini. Amin2

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Fanny pun sukaaa sangat es ABC. Tiap ke Penang pasti cari itu juga πŸ˜„. Es abc mungkin mirip Ama es brenabon (es kacang merah) khas nya menado uncle.

          Aamiin, uncle. Semoga rezeki uncle pun lancar mengalir yaa ☺️

  2. Kartika berkata:

    Aduh aku kangen banget sama risol bihunnya soto. Semenjak pindah balik ke Sidoarjo, susah kali menemukan risol bihun macam ni :’) Kayaknya cuma ada di sekitaran Jakarta ya huhuhu.

    Kalau jalan ke Gading, antara seneng dan bingung ya, karna pilihan makanannya buanyak banget πŸ˜€ Tapi yang Gerobak Betawi yang ini belum pernah tau juga deh. Jadi penasaran menu khas Betawinya apa aja ya Mba? Apakah ada toge goreng? Beuh aku juga kangen menu yang satu ituuu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo ga salah ada deh mba, cuma aku memang ga doyan toge goreng hahahahaha. Di Deket rumahku ada jual, tapi sekalipun ga pernah beli, ga doyan 🀣.

      Iyaaa soto mie pakai risol gini susah di tempat lain. Jakarta untungnya banyak, mungkin Krn dekat Bogor kali yaa

      • Heni berkata:

        Wah anak asuh mbk Fanny pasti kangen bangeet makanan Indonesia, secara di sana pasti susah nemuin makanan sini walaupun banyak daging”an tapi beda pengolahan dan rasa 😁

        Tempatnya juga cakep ya kalo ku liat…kalo tempat makan gak kelewat jubel gini aku suka sih..kalo keramaian suka gak kebagian tempat duduk dan lama nunggunya πŸ˜†.

        Liat makanannya jugak sedep”mbk..bikin ngiler .aku juga suka soto Betawi..kuahnya itu loh gak tergantikan..gurih banget apalagi pake sambel🀀..jarang ketemu es kedondong soalnya biasanya buahnya ya gitulah 😁…ada mpek”jugak yaa..lumayan lengkap deh…πŸ‘

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Tau kaaan daging ala Timur Tengah, ga ada kuahnya πŸ˜„πŸ˜„. Makanya dia seneng pas bisa ngerasain lagi. Aku aja kalo kebanyakan makan daging tanpa kuah di LN, juga blenek mba. Langsung kangen Ama kuliner negara kita πŸ˜„

          Sayangnya ga semua makanan Indonesia ada. Kalo semisal ada Papua, mau cjbain tuh

          Enaak deh jus kedondong. Cobain ntr kalo ada yg jual mba.

  3. Andra NPC berkata:

    Ya Allah mbak Fanny, opening paragrafmu membuat aku insecure :(. Semoga ya aku rezekinya berlimpah, jadi ngga cuma pendidikan anakku yang tercapai, tapi punya anak asuh juga yang disukseskan.

    Oya, kelapa gading emang surganya kuliner sih ya. Meskipun yang satu ini agak aneh, bisa-bisanya kuliner betawi tapi isinya dari bogor sampe palembang, hahaha.

    Dari sekian menu, favoritku tentu saja iga bakar. Soalnya iga bakarnya ada lemaknya gitu lhooo. Mangkanya aku suka heran kalo orang2 gamau iga yang banyak lemaknya tuh. Orang iga ada lemaknya itu juicy dan endeuusss banget di mulut lhoo..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aaamiiin. Ga ada yg ga mungkin mas. Pelan2 aja dulu, Krn awalnya aku pun cuma punya 1 anak asuh, yg aku biayain sedikit. Lalu ada rezeki lebih, nambah lagi, sampe skr ada beberapa. Intinya kalo gaji naik, ya aku tambah anak asuhnya, Krn toh anggab aja zakat yg hrs dikeluarkan juga toh 😁

      Semoga mas Andra nanti juga bisa punya anak asuh, at least anak2nya ada yg bisa jadi penghapal Alquran juga.

      Naah itu diaaa, aku bingung, namanya Betawi, tapi menunya dari banyak daerah Indonesia 🀣🀣. Piye toh. Untungnya enak2 πŸ˜„

      Ohhhh aku mah sukaaa kalo lemak mas 🀣🀣. Sebenernya kan asalkan tetep rutin workout, sesekali makan lemak juga gapapa. Ga tiap hari ini πŸ˜„

  4. ainun berkata:

    Aku kira tadi pas baca judulnya, tempatnya di street food dengan gerobak khasnya. Ternyata salah.
    Malahan tempatnya nyaman, yang dibuat dengan konsep resto.
    Aku salfok sama interiornya, cakep, ala-ala industrial gitu. Bersih juga.
    Memang pas juga mbak kalau dibuat tempat meet up gitu

    Es telernya nampolll, sirup merahnya astagaahhh pasti seger buangettt ini
    dan yang belum pernah aku cobain jus kedondong, memang bener sih kalau makan kedondongnya langsung suka males, termasuk aku yang meskipun di depan mata ada banyak kedondong tapi nggak aku sentuh, karena males sama seratnya dan keras pula daging buahnya hahaha
    kalau di jus gini tinggal seruput aja

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya nih, bener2 hidden banget nih tempat mba πŸ˜‚. Aku aja yg Deket situ rumah baru tau 🀣. Tx to Mr Gugel sih 😁

      Tapi aneh aja, nama gerobak Betawi, makanannya dari banyak Nusantara πŸ˜…. Untung enak2 kan.

      Ya kaaaan, aku paling sebel Ama kedondong. Buahnya keras, ga enak, tapj begitu dijus, kok bisa berubah jadi sedap diaaa πŸ˜‚

  5. Suria Amanda berkata:

    Wah…ada iga bakar..fav SA tuh…x tau lagi la bila bisa ke Jakarta lagi..nampak selesa ye restoran nya…

  6. eryka berkata:

    Masya Allah anak asuh nyaaa keren mbaaa hafal 30 juzz dan dpt sanad juga,,jadi galfok sama Zahid πŸ™‚

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Makanya pas dikasih tahu papa ttg kondisi dia, aku langsung mau utk bantu biaya mba. Memang anaknya pintar dan baik bangettt

  7. Jane Reggievia berkata:

    Ahh, aku pernah lihat nih cabangnya Gerobak Betawi pas kulineran di Greenville. Kayaknya menunya nggak jauh beda dengan Kafe Betawi yang ada di mall gitu ya, Mba? XD

    Dari semua menu, tentu saja aku paling ngiler soto betawi 🀀 kayaknya dari sekian soto-sotoan, lidah betawiku paling masuk ya sama soto betawi aja. Tinggal di Bogor pun, nyarinya tetep soto betawi kalau makan di Rahayu πŸ˜‚ Tapi itu penampakan soto mienya juga enak bangett deh. Kuahnya keliatan pekat dan gurih.

    Untuk total 5 main course (ada iga bakar pulak), minum sama dessert, 450ribu masih oke bangettt, hahaha. Aku pernah sakit hati, Mba, bayar hampir 1jt makan di Sate Senayan cabang Bali. Itu makan bertujuh lho *malah curhat* πŸ˜‚

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Dan rasa sate Senayan juga so so ajaaaaa 🀣🀣🀣🀣🀣. Aku cuma suka sate kulit kalo makan di sana. Yg lainnya ga sesuai Jane πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜‚. Rasanya cendrung manis sih. Gurihnya ada, tapi bagi pecinta pedes ya ga masuk makan di sana kan.

  8. Avizena E Zen berkata:

    Wiih kayak apa rasa jus kedondong? Lebih ke masam atau asam manis?

    Kebayang soto mienya kayak enaaak gitu, belum pernah coba wkwkww.

    Kak Fanny kalo malam emang gak makan karbo apa gimana kok gak pesen lontong/nasi?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Adam manis mba. Rasa kedondong nya masih ada, tapi Krn pakai gula juga kan, trus ada asamboi, jadinya kayak nano2 . Tau kan permen nano2. Miriiiip deh

      Soalnya ini udh terlalu malam. Udh lewat jam makanku. Makanya aku menghindari nasi. Tapi kalo masih masuk jam makan, aku pake nasi kok 😁

  9. NA berkata:

    Semoga murah rezeki Fanny bantu anak asuh belajar. Banyak pahalanya.
    Hehe tengok makanannya serasa mahu cuba juga. Amin dapat rasa bagaimana.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Terimakasih kak Na ☺️.

      Semoga nanti kakak bisa ke Jakarta , Fanny ajak ke tempat2 menarik di sini yaaa. πŸ€—

  10. justi berkata:

    Wah keren mba fanny punya anak asuh dari disekolahkan pas smu sampai bisa ke mesir…salut ^^

    btw aku langsung terpukau ma gambar es serutnya..es teler warna ngepink gitu aku sih langsung yes wkwkwk…kalau soti betawi emang ga oernah gagal pakagi yang banjir emping en santennya gurih..trus kasih acar timun yang banyak. Kalau kacang mede aku malah keinget bumbu kacangnya gado gado boplo emang kalau kacang mede jadinya halus sambalnya dan manisnya tuh manis kacang mede yang so pasti aku suka banget

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaaaa kalo es teler kan kdg ada ya yg putih aja, Krn cuma pake SKM tapi ga diksh sirup. Aku kurang suka. Ga wangi aja hahahaha. Lebih enak pake sirup kan nit.

      Soto Betawi aku sbnrnya prefer yg kuah pake susu. Biasa lebih gurih β˜ΊοΈπŸ‘. Tapi yg pake santan suka juga. Yg punya Zahid sayangnya aku ga icipin JD ga tau kuahnya susu atau santan.

      Nah iyaaa Boplo pake mede yaa kuah kacangnya. Enaaak tuh. Lebih halus dan gurih. Tapi juga lebih mahal 🀣🀣

  11. mrhanafi berkata:

    Makanan Indonesia ada yang sama dengan Malaysia…mungkin ada berbeda dengan rasa atau ongkosnya.

    Idea yang bagus untuk meet up bersama teman sambil makan

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Betul bang. Ga jauh beda lah makanan Malaysia dan Indonesia Trutama dari daerah sumatera. Krn mungkin sumatera lebih dekat kali yaaa. Kalo dengan Jawa dan Papua dan Sulawesi jauh sih. Ama kalimantan harusnya juga mirip, secara berbagi pulau πŸ˜πŸ‘

  12. rivai hidayat berkata:

    Anak asuhnya keren mbak fanny. Sedang belajar agama dan sudah dapat sanadnya. Yang aku tahu kalau belajar agama sebuah sanad itu penting banget. Keilmuannya bisa dipertanggungjawabkan karena adanya sanad tersebut.

    Aku malah lagi membayangkan apakah semua makanan dari seluruh daerah di indonesia ada di sana. Kayak makanan dari papua, maluku, manado, nusa tenggara, dan daerah lainnya..hehhehee

    Sebelah rumahku jualan jus dan aku belum pernah dengar jus kedondong. Apalagi merasakan rasanya. Dulu ada tetangga yang punya pohon kedondong yang menjulang tinggi. Kedondong yang asam memang lebih dicari dan dinikmati. Sekarang pohonnya tinggal kenangan dan sudah jadi warung πŸ˜€
    kalau jus alpukat mungkin adalah jus sejuta umat…hahhahaa

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Benar mas. Ga gampang untuk bisa dapat sanad ini. Makanya bersyukur banget Zahid bisa dapat. ❀️

      Ga semua makanan Indonesia ada kok πŸ˜„. Aku udh pesen papeda kalo ada hahahahha. Masih penasaran Ama makanan Papua soalnya. Sbnrnya di JKT ada sih, di Kemang. Tapi blm sempet aja kesitu

      Ih cobaiiin deh mas kalo ada yg jual. Enaaaaak jus kedondong. Kalo di sini mah banyaaak. Trutama resto khas Indonesia. Tapi mungkin ikut musim juga ga sih kalo kedondong?

  13. lendyagassi berkata:

    Seriuussaan jus kedondong?
    Kok aku baru tau iniii.. Enak iih.. Dulu candaannya Bapak rahimahullah, “Kalok suaranya abis, ambil biji kedondong, kasi tali, tarik-ulur di tenggorokan.”

    Aku yang jiwanya murni ((hooeekk)) ini, pernah sampe nekat pen nyoba.
    Bayanginnya aja, mana bisa biji kedondong garuk garuk tengoorokan kek gitu, hiliihh…

    Nape jadi bahas biji kedondong ye kan..

    Aku sukaaaa sate kambing juga.
    Dan ngerasa berbinar kalo potongannya kecil. Ngunyahnya gak effort banget, jadi pencernaan tetep sehat.
    Gerobak Betawi, namanya kek nama sinetron yaa..
    Cakeepp!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kedondong memang banyak dibuat jus mba Len. Banyak kok,. Prasaan di resto Sunda juga ada πŸ˜„πŸ‘. Dan jauuuh lebih enak. Rasanya asam manis. Kalo dimakan buahnya aja aku males.

      Naah mitos itu aku juga pernah denger 😁. Ya ga percaya lah hahahahah. Udah kebayang aja makin gatel tenggorokan 🀣

  14. Pipit Widya berkata:

    Mba, saya mau nanya. Di jus kedondong ada somboy. Somboy itu apa ya? Serius saya nggak tahu, hihihi.

    Ya Alloh mbaaa, saya baca ini sukses bikin perut keroncongan dan ngiler. Apalagi lihat pempeknya. Kelihatan enak banget. Untung di sini nyari menu Indonesia gampang. Tinggal ke tempatnya atau WA. Hehehe.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Itu loh Mbaa, yg bulat kayak kelereng, rasanya asam manis. Biasa disebut juga Ama kiamboi, atau asam boi. Dari buah plum kering yang diawetin , rasanya asam, asin manis. Ada juga yg modelnya tipis udah dipotong kecil2 πŸ˜…. Dimakan gitu aja juga enak. Tapi aku LBH suka dicampur minuman gini

      Di Qatar sedikit yg jual makanan indo ya mba? Soalnya lumayan banyak orang indo kan. Biasanya juga banyak yg jual makanannya sekalian 😁. Aku belum pernah nih eksplor Qatar. Transitnya bentar Mulu kalo kesana

  15. Diah berkata:

    Seronok baca tulisan kamu menggambarkan setiap makanan yang kamu makan. Terbayang kesedapan dan gambar pun jelas & terang. Soto Betawi pertama kali tahu tentang menu tu.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Terimakasih kak Diah πŸ€—.

      Soto Betawi itu makanan khas jakarta. Kaka harus coba kalo nanti main ke sini β˜ΊοΈπŸ‘

    • Nurul Mutiara R.A berkata:

      Belum pernah icip-icip soto betawi, itu gimana ya rasa kuahnya jadi penasaran. Akutuh mbayanginnya kayak makan soto kudus karena kuahnya berwarna kuning.
      Thanks infonya mbak, siapa tahu kan ya bisa mampir pas ke Jakarta hehehe

      • Fanny Fristhika Nila berkata:

        Beda mba. Soto Kudus pake santan ga? Seingetku ga kan yaa?

        Soto Betawi itu pakai santan, atau susu atau mix keduanya. Jadi rasanya gurih. Aku pernah coba soto Kudus. Seingetku ga pake santan

  16. Djangkaru Bumi berkata:

    wah ini tak jauh dari rumah saya, bahkan saya sering melewati
    untung saja, minggu ini sudah makan soto betawi. Jadi baca artikel ini tidak begitu ngeces. PErut saya aman jadinya.
    wah ada satenya pula, cocok buat saya yang lagi tensi darah rendah, hahaha.
    Alhamdulillah, senang sekali membacanya
    Saya dulu juga pernah ditawari seseorang untung kuliah, seorang pimpinan RS Muhammadiyah. Beliau tahu jika saya punya prestasi yang lumayan gemilang, nilai nila sekolah saya cukup memuaskan. Ah saya kok jadi sombong hahaha. Tak baik ya.
    Tawarin itu saya tolak, walau saya sebenarnya mau, pengen kuliah. Ah ya sudahlah, itu sekedar cerita. Mana tisu…….

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kapan2 kita ketemuan sesama blogger di sini aja mas πŸ˜„. Enak sama2 Deket rumah.

      Mas Djangkaru pasti ada alasan sendiri kenapa saat itu nolak kan yaa. Gapapa mas.. berarti bukan itu rezekinya, tapi yg lainnya ☺️.

      • Djangkaru Bumi berkata:

        Dulu inginnya daftar di UGM atau ITB, siapa tahu nanti bisa jadi bahan cerita πŸ˜€

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          πŸ‘ tulis aja mas. Sambil inget2 masa sekolah dan kuliah πŸ˜„. Pilihannya berat, aku kalo udah denger 2 univ itu, dah laah sadar diri Ama otak ku 🀣🀣

  17. Khanif berkata:

    enam taun di negara luar gakebayang kangenya kayak gimana, aku aja yang kadang kerja keluar kota cuma sebulan dua bulan udah gatahan kangen rumah πŸ˜€

    salah satu yang mengobati rasa kangen adalah makananya yah mbak, di mesir jarang-jarang ada masakan indonesia ga si πŸ˜€

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Samaaa nif. Aku 10 hari di US, ga ketemu kuah, langsung pengen balik Indonesia kok. Ini lagi 6 tahun, dan makanan sana juga jarang berkuah seger kayak kita πŸ˜„. Makanya aku juga seneng Zahid bisa balik Bbrp bulan kemarin ☺️.

      Di Mesir ada katanya, tapi ga enak hahahah, dan mahaaaal

  18. Ibu Rawiwa berkata:

    Masyaallah, mulianya Fanny dan suami dengan membiayai anak-anak kurang berkemampuan menjadi huffaz Al-Quran. Semoga Allah melimpahkan rezeki berganda buat Fanny sekeluarga.

    Rindunya jus alpukat.. hanya di Indonesia boleh rasa yang sedap.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aaamiiin. Semoga rezeki kak rawiwa juga lancar mengalir ya kak πŸ€—..makasih sudah mampir baca blog saya.

      Kaka sudah kemana saja saat ke indonesia ? Nanti kalo ke Jakarta, boleh kita ketemu ☺️

      • RAWIWA berkata:

        Baru dua kali ke Aceh/Pulau Sabang, Fanny.
        Belum sempat explore tempat lain di Indonesia kerana tuntutan kerja.
        Mungkin kena pencen kerja awalboleh baru jalan-jalan dengan aman.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Banyak orang Malaysia yg sudah ke Sabang, sementara saya aja belum pernah kak πŸ˜…. Tapi memang Sabang lebih dekat dengan Malaysia. Sementara dari JKT jauh sangaaaat , πŸ˜„

  19. Ujie Othman berkata:

    MasyaAllah…terbaik Fanny punya anak asuh. Allah jua yang membalas segala kemurahan hati Fanny.

    Meskipun mahal harganya, tapi berbaloi dengan suasana ruang makan yang cukup nyaman begitu dan kelazatan makanannya. Puas hati.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Terimakasih kak ujie πŸ€—. Semoga kita semua dikasih lebih rezeki untuk bisa membantu anak2 seperti mereka.

      Iyaaa, kalo rasa enak, mau agak mahal pun, jadi ga masalah. Yg penting rasa πŸ˜„πŸ‘. Kalo mahal tapi ga enak, baru deh emosi jiwa πŸ˜…πŸ€£

  20. Reyne+Raea berkata:

    Mbaaaa, akoh lapar! hahahaha.
    Pas baca Gerobak Betawi, langsung kebayang soto Betawi, ternyata bener.
    Saya suka bangeettt ama soto Betawi dong, kayaknya di antara semua jenis soto, yang paling enak ya soto Betawi, di atas coto Makassar bahkan, biar kata saya orang Sulawesi hahaha.

    Di Surabaya tuh dulu ada Soto Betawi enak di daerah Darmo sono, kalau sekarang kayaknya udah banyak yang jual, cuman emang jarang sih yang benar-benar enak.

    Sama soto mie itu keknya menggoda juga ya, saya belom pernah coba sih, tapi kayaknya enak ya.
    kalau sate emang saya kurang doyan, cuman anak-anak yang doyan banget.

    Oh ya, trus es telernya juga tuh Mba, kok ya menggoda syekaleeehh.
    Di Sidoarjo tuh yang enak eh maksudnya lumayan ya, ada di warung yang jualan bakso tempat tinggal kami.
    Tapi di surabaya, belom nemu dong yang enak dan terjangkau.

    Ada yang bilang dekat TP sih, gara-gara baca ini jadi pengen ke sono dong.
    Tapi sayang si Adik lagi sakit.

    Nanti kalau udah sembuh, wajib banget dah ke sana πŸ˜€
    Ngiler dan lapar jadinya hahaha.

    Btw, salut juga sama anak asuhnya Mba Fan, barokallah, aamiin πŸ™‚

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku kalo disuruh milih Coto Makasar atau soto Betawi, juga lebih milih soto Betawi Rey. Sebenernya sama2 enak, tapi terkadang karena Coto rempah banget kali yaaa, jadi terkadang ada masanya aku ga kepenegn. Kalo soto Betawi, apalagi kisah susu, kaysknya ditawarin kapan aja, ga bakal nolak πŸ˜„

      Es teler juga jarang ada yg bener2 enak. Terkadang isi seuprit lah, es kebanyakan dll. Tapi kalo Nemu yg mantep, bahagiaaaaa πŸ˜„. Mood langsung membaik.

      Semoga si adek cepet sembuh, cepet turun juga demamnya ya Rey πŸ€—

  21. Peri Kecil Lia πŸ§šβ€β™€οΈ berkata:

    Kak Fanny!! apa kabarnyaaa? belakangan jarang lihat Kakak di IGS dan agak sungkan untuk DM takut Kakak sedang sibuk πŸ˜‚.

    Kalau makan soto mie sih risolnya wajib banget nambah nggak sih πŸ˜‚ soalnya makan 1 potong doang nggak berasa deh wkwk. aku salut sih sama resto ini karena jualannya beragam banget dan semua menu mereka enak-enak pula. salut banget! bayangin ada soto betawi, soto mie, itu stock di dapurnya gimana 🀣 #salfok
    tempatnya juga masih termasuk cozy, bersih dan bagus. nggak sangka ada di Kelapa Gading pula!!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Liaaaaaa, iyaa kakak lagi detoks IG dan FB nih πŸ˜†. Utk Skr off dulu, mau tenangin pikiran, mau bikin draft blog juga biar ga numpuk, dan siap publish. Nanti Kaka pasti balik ke IG, walo belum bisa bilang kapan yaaa πŸ˜…. Jadi kalo mau kontak2, di blog aja kita πŸ˜„

      ENAAAAK tempat INIIII. Cobain deh Li.

      Malah kadang kalo Nemu soto mie enak, pasti risolnya aku minta bungkus beberapa πŸ˜…. Mau dimakan gitu aja hahahah. Untung rara2 sellernya ngebolehin. Takutnya kan stok utk soto malah abis πŸ˜†

      • Peri Kecil Lia πŸ§šβ€β™€οΈ berkata:

        syukurlah ternyata Kak Fanny baik-baik aja πŸ₯Ί soalnya sebelum Kakak menghilang kan postingannya agak sedih, jadi khawatir ada masalah tapi sungkan untuk chat takut ganggu πŸ˜…. okeii! kalau begitu selamat istirahat dari medsos, Kak Fanny!! untungnya masih bisa ketemu di blog πŸ₯Ί

        btw, kok aku nggak kepikiran untuk bungkus risolnya ya!! next time kalau makan soto mie boleh dicoba nih langkah Kak Fanny 🀣. aku juga udah lama banget nggak makan soto mie deh sampai lupa terakhir makan kapan πŸ˜‚

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Tapi agak susah cari soto mie yg enak Li πŸ˜„..untungnya di Rawamangun ada tuh. Enaaak. Trus risolnya juga gurih, empuk, ga keras. Kan biasa ada tuh yg kulit risolnya keras banget 🀣. Mana isi seuprit πŸ˜…

  22. Andin berkata:

    Iga nya terlihat menggiurkan mbaak, apalagi es telernya, kaya nya segeeerrr banget

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Semua ENAAAAK mba πŸ˜„. Ga sia2 milih restoran ini , walo awalnya agak ragu. Cuma Krn udah malam aja, jadi milihnya buru2. Ternyata Zahid juga suka ☺️

  23. Nurul Sufitri berkata:

    Wah, benar2 makan enak ini namanya, di Gerobak Betawi hampir dini hari ya hihihi πŸ˜€ Masaknya optimal soalnya udah sepi sih, mungkiiiin πŸ˜€ Itu satenya mantap, bumbu kacang mede emang ga terkalahkan ya. Es telernya hhmmm… warnanya soft, pasti segar. Mpek2 kapal selam aslinya ukuran lebih gede kah, mbak? Soto mie soto betawi ah semua bikin ngeces aselii aku nelan ludah ahahaha πŸ˜€ Bagus ya tempatnya luas dan bersih. Barakallah semoga anak asuhnya sukses ya aamiin.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bisa jadi mba, Krn kami dtgnya agak malam , lewat dr jam makanπŸ˜„. Tapi jadi enak, Krn ga lama nunggu

      Pempeknya ukuran kapal selam kayak biasa sih. Gede banget ga, tapi juga ga kecil πŸ˜†.

      Enaaak lah semua makanannya. Ga sia2 ngajakin Zahid kesana πŸ˜„

      Makasih doanya mba Nurul πŸ€—

  24. Jaey Borneo berkata:

    Wah keren, mbak punya anak asuh dan pintar pula hapal 30 juz, bisa auto ke surga pas kiamat nanti, hehe..

    Aku jadi membayangkan, kulineran di surga ada apa aja ya kira2, haha..

    Itu jus gedondong bikin penasaran, membuatku berfikir ingin juga membuat jus lainnya, misalnya jus salak, haha..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Urusan surga neraka biar ntr yg di Atas aja yg nentuin mas 🀣.

      Eh seingetku ada deh jus salak. Aku pernah liat, tapj agak lupa di mana 🀣. Pasti enak juga di jus mas. Lah kedondong yg asem parah gitu bisa mantep setelah dijus πŸ˜„πŸ‘

  25. Mugniar berkata:

    Wih … menggoda foto-foto makanannya …. terlihat kelezatannya (imajinasi saya sih ini hehe), dikaitkan dengan penjelasan Mbak Fanny di atas … es telernya bikin pensaran … eh semuanya ding.

    Btw, ikut bangga dengan anak asuh Mbak Fanny. Masya Allah … in syaa Allah nanti jadi amal jariyah Mbak Fanny dan suami. Semoga jadi keberkahan dalam hidup Mbak Fanny sekeluarga.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aamiin, makasih mba niar :).

      semua aneka makanannya memang enak. sayangnya ga ada menu dari makasar, padahal kalo ada coto aku mau itu πŸ˜€

  26. carneyz berkata:

    Terasa baru mengenali sisi Fanny dan suami yg tak lokek dengan anak-anak yang kurang mampu. Mungkin asbab doa-doa mereka rezeki kalian melimpah-ruah dapat travel berjalan-jalan ke negara-negara lain πŸ’• Mungkin Fanny boleh ceritakan macamana Fanny dan suami bertemu anak-anak biaya ni ye? Buat inspirasi pembaca blog yang lain 😊

    Kalau di Malaysia, biasanya anak-anak kurang mampu tapi cemerlang pelajaran dapat biasiswa dari kerajaan atau badan-badan korporat. Di sini jugak ada pinjaman pendidikan (PTPTN / MARA) dan tabung zakat untuk anak-anak Muslim. Cuma sekolah-sekolah tahfiz selalunya dibiayai oleh orang persendirian sebab sekolah tahfiz bukan bawah sekolah kerajaan.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sekolah agama di sini disebut pesantren. Sama juga, ini pun kebanyakan swasta, bukan dibiayai negara.

      Saya ketemu anak2 asuh saya karena teman2 juga kak. Jadi ada teman di Aceh yg memang giat dalam aktifitas sukarelawan atau volunteer. Dia yg memilih anak2 yg kurang mampu tapi ingin sekolah. Lalu teman saya ini mencarikan donasi termasuk saya yang dia tahu mau bantu. Kebanyakan dari Aceh. Krn anak2 di sana sejujurnya banyaaak sangat yg benar2 kekurangan. Teman saya rutin kasih tau laporan tentang anak2 ini, termasuk foto2 mereka. Insyaallah orangnya amanah.

      Tapi kalo Zahid ini dari papa. Awalnya papa yg biayain semua. Tapi pas tahu anaknya pintar, papa niat yk sekolahin ke Mesir. Tapi dia minta saya juga ikut bantu. Jadi papa yg biayain sekolah, saya yg kirim uang utk biaya hidup dia di sana. ☺️

  27. DCKEY OJOLALY berkata:

    Wahh…nampak sedap semua makanannya..Tetiba terus rindu Jakarta sama Bandung…dah lama tak ke sana…nampak jus alpokat terus teringat kepekatan jus tu…sedap2

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Oh Abang sering jakarta bandung? Liburan atau tugas kerja kah?

      Bandung pun sedap2 masakannya πŸ˜„. Saya juga sudah lama tak kesana

    • Ariefpokto berkata:

      MashaAllah. Salfok Ka Fanny dan Raka punya anak asuh. Barakallah semoga rejeki nya ngalir terus. Semoga Zahid jadi anak berguna bagi nusa dan bangsa. Pinter pilih menu lagi. Soto Betawi nya sukses ya

      • Fanny Fristhika Nila berkata:

        Aaamiiin mas.

        Soto Betawinya enak, at least bagi Zahid udh sangaat muasin seleranya πŸ˜„πŸ‘.

  28. Fenni Bungsu berkata:

    Pankapan ke boulevard lagi deh boleh juga nih mampir. Melihat menunya oke juga, apalagi si es teler yang warnanya cerah ceria kayak lagi tanggal muda, hahaha.

    Siip kak rekomennya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha ceria kayak tgl muda ya mba πŸ˜„.

      Enak kok ini. Boleh dicoba kalo ntr main ke kelapa gading

  29. abam kie berkata:

    makanan n minuman yang enak2 aje di sana. Pasti semuanya bisa dihabiskan!

  30. fajar berkata:

    wee, kangen pempek juga tu ponakan.
    makanan kota palembang.

  31. nohas berkata:

    Alhamdulillah, bagus sekali Zahid, sudah ada sanad…semoga Fanny sefamili dimurahkan rezeki..

    enak2 aemua menunya…suka sate kambing, belum pernah makan yg kuah kicap..pempek Palembang pernah cuba semasa di Surabaya..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kaka harus coba pempek di kota asalnya, Palembang. Di sana jauuuh lebih enak πŸ˜„πŸ‘.

      Amin, makasih doanya kak nohas. Semoga Zahid juga semakin amanah dalam belajar.

  32. mz berkata:

    tempat makan ni nampak best dan makanan pun nampak semua sedap2…MZ belum pernah lagi sampai di bumi Indonesia..semoga ada rezeki one day…
    hensem anak asuh Fanny, kagumnya dapat jadi penghafal alquran!!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aaamiiin, semoga kakak nanti juga bisa kesini. Teringin juga bisa ketemu dengan kak MZ kaan πŸ˜„. Kabari saya kalau kemari, bisa juga saya ajak jalan eksplore jakarta ☺️

  33. Roem Widianto berkata:

    Agak salfok sama pesanan suami Mbak Fanny. Di tempat bernama “Gerobak Betawi”, tapi pesen pempek palembang. Tapi alhamdulillah, rasanya enak yah, Mbak Fan 🀀. Jadi kalau lagi pengen pempek, gak usah jauh-jauh ke Palembang. Wkwkwk.

    Btw sate kambingnya high class banget, Mbak Fan 😳. Pake saus kacang mede loh. Aku gak bakal kaget kalau harganya mahal. Sate kambing saus kacang tanah aja rasanya enak, apalagi ini. 🀀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Namanya aja Betawi mba, tapi kulinernya macam2 kota πŸ˜„πŸ‘. Syukur bangt enak sih. Jadi puas makannya.

      Naah iyaaa, saus sate kacang itu kalo udh pake mede, pasti beda yaa. Gurihnya smooth bangettt , ga kayak kacang biasa. Wajar sih mahal πŸ˜‚

      Btw, aku kangen niiih baca tulisan mba Roem. Ngeblog lagi dong Mbaaa 😁

  34. Yoga Akbar S. berkata:

    Loh, saya baru tahu kalau Mbak Fanny punya anak asuh. Sebelumnya emang gak sempet dibahas, ya?

    Saya enggak begitu suka soto mie, tapi giliran dalam bentuk mi instan kok justru doyan banget. Hahaha. Tapi saya suka tuh risolnya. Tiap mesem soto mie biasanya enggak pakai mi kuningnya. Cukup bihun/soun aja. Wahaha.

    Saya juga suka sih itu bumbu kacang daripada bumbu kecap. Apalagi bumbu kacangnya pakai mede, itu sih mantap pisan. XD

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku sejak awal kerja udh ada anak asuh beberapa Yog ☺️. Diitung2 sekarang ada 6 orang. Tapi yg paking outstanding memang Zahid ini, makanya aku ga mikir lama utk kirim dia ke Mesir waktu itu. Krn potensinya ada. Sayang kalo dibiarin.

      Memang ga pernah cerita kalo soal begini 🀣. Ga enak lah.. 😁. Zahid juga Krn kebetulan datang ke JKT dan aku ajakin jalan.

      Naaah iyaa, aku mie kuning juga kurang suka. LBH suka bihun. Kec mie ayam yaaa. Tapi kalo kayak bakso dan soto mie, mie kuning pasti aku tolak. Rasanya aneh aja. Ga gurih. Beda Ama rasa mie ayam 😁

  35. Furisukabo berkata:

    Aku tentu saja di kelompok yang suka sama risol bihunnya soto mie! Kalo bisa nambah, mau deh nambah.. Kriuk lembek-lembek karena kecelup kuah sotonya tuh beuhh! Yahud kak! Auto jadi ngiler… Ngeliat menu-menu yang dipesan oleh kakak dan keluarga pun menarik-menarik deh hehe Di sini pilihannya beragam juga ya. Bukan cuma makanan Betawi nih hehe
    BTW lama juga anak asuh kakak di Mesir. Habis lulus akan mengajar di sana kah? atau kembali ke sini kak? Jadi penasaran hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beuuugh udah kebayang enaknya risol soto mie dicelupin πŸ˜„πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜. Itu kenapa kalo makan bakso malang, aku lebih suka yg gorengan mba, drpd bakso yg rebusan. Soalnya pas dicelup jadi antara kenyal dan crispy πŸ‘πŸ€€πŸ€€.

      Terserah zahidnya mba. Sekarang ini kuliahnya di Mesir blm selesai. Dia sih pengennya tetep belajar di sana, atau jadi pengajar. Aku akan dukung apapun yg baik nantinya. Toh kesempatan sepertinya lebih bagus di sana drpd di Indonesia 😁. Selagi dia masih belajar dan blm dpt kerjaan mapan, aku akan trus sokong dlm hal biaya hidup di sana.

      • Furisukabo berkata:

        Aduhh jadi kepengen soto mie kak!! 🀀 Iya bener kak! Kalo makan baso malang enakan yang gorengan, dicelup ke kuah jadi kenyal dan kriuk basah gituuu hehehe Enak!

        Sippppp. Sukses terus ya untuk anak asuh kakak!

  36. Amie berkata:

    Alhamdulillah dan tahniah anak asuhnya sudah menjadi hafiz.
    Melihat pempek kapal selam, teringat ada pelbagai bentuk pampek dari Padang, jambi sehilanggalah ke Palembang. Saya beli sebungkus pampek kering dari palembang tapi belum diolah.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Pempek itu fav saya sangaaaaat kak 😁😍😍😍. Saya kurang suka ikan, tapi kalo diolah jadi pempek atau olahan lain, saya sukaaaa sangat. Ditambah cuko nya yg pedas πŸ˜„πŸ‘.

      Pempek memang ada juga di Jambi dan Lampung. Di Banga belitung juga ada. Biasanya beda di kuahnya. Tapi adonan pempeknya Rata2 sama.

  37. Hastira berkata:

    Wah, aku dan paksu dan anak2 penggemar soto betawi. Pertama kali anakku tinggal di bsd kalau ke sana pasti ke soto betawi haji mamat. Sekarang anakku tinggal di duren sawit ya makan soto betawinya di pondok kelapa. Eh, sekarang mau pindah lagi mendekati kantor istrinya, tp blm dapat. Semoga di tempat baru dekat dg yg jual soto betawi. Di Cirebon juga ada yg enak tp kayaknya lebih enak di tempat asalnya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya di sini banyak mba soto Betawi. Beda2 lagi rasanya 😁. Tapi kebanyakan aku suka sih. Apalagi kalo kuahnya pakai susu, beugh LBH mantep πŸ˜„πŸ‘

  38. duniamasak berkata:

    iga bakarnya menggoda banget kak πŸ˜€

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Dan rasanya juga enaak Mbaaa πŸ˜„πŸ˜„. Suka Ama dagingnya yg kenyal dan sambel yg pedas πŸ‘

  39. Yonal Regen berkata:

    MasyaAllah watabarokallah
    InsyaAllah kehidupan Mbak Fanny dan keluarga selalu ada dalam keberkahan yang salah satunya berasal dari doa-doa terbaik anak-anak asuh yang diangkat dan dibiayai oleh Mbak Fanny dan keluarga. Saya pun diamanahi untuk mengurus beberapa anak yatim dan dhuafa di sekolah dan pesantren, bahagia memang rasanya melihat mereka terus berproses dalam pendidikannya, ya. Mudah-mudahan mereka suatu saat kelak menjadi orang-orang sukses dan bermanfaat di masyarakat dengan keilmuannya.

    Btw, saya baru denger dan liat juga jus kedondong, kayanya belum pernah nemu di Sukabumi, buahnya sepertinya jarang ada di pasar. kalau nemu harus nyoba nih buat di jus, penasaran banget dengan rasanya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Amin mas yonal. Semoga semua anak2 asuh ini, yg dpt kesempatan utk belajar, bisa sukses dan mengangkat harkat derajat keluarganya juga yaa. Kita sebagai penyambung tangannya saja. Tetap mereka yg berusaha.

      Naah aku tuh pernah coba bikin sendiri mas , jus kedondong tapi nth kenapa ga seenak restoran hahahahahha. Apa alat blendernya beda yaa 🀣

      • Yonal Regen berkata:

        Ah makin penasaran buat nyicip jus kedondong. Unfortunately dari kemaren-kemaren belum nemu terus buah kedondong, apa belum musimnya kali? ini udah kaya tahap nyidam, mikirin jus kedondong terus… hahaha

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Ntr kalo berhasil bikinnya kabarin ya mas πŸ˜„. Penasaran juga cara blender jus kedondong hahahah. Kan keras yaa

  40. abam kie berkata:

    kemas sekali hiasan dalamannya. terus teruja untuk pengunjung menikmati makanan yg disediakan…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yaa Abang.. ini cocok untuk bawa tamu yang nak icip2 makanan khas suatu daerah di Indonesia πŸ‘. Krn banyak macam dan pilihan

  41. Helena berkata:

    Masya Allah, Mas Zahid kereeen! udah ada sanad yah. Barakallah Mbak Fanny dan keluarga punya anak asuh top markotop.

    btw, Gerobak Betawi ini di boulevard yah. Aku jarang cari makan di sana tapi bisa nih dicoba karena menunya nusantara, ga cuma betawi, banyak pilihan plus bisa saling icip. Duh … duh … soto betawinya ini yang menggoda.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Terimakasih mba, Zahid Ini memang paling outstanding. Makanya aku dan suami ga mikir lama pas mutusin bantu dia kuliah. Semoga aja ntr bisa nular ke anakku juga πŸ˜„

      Aku aja baru tau gerobak Betawi ini πŸ˜‚. Selama ini ga sadar ada tempat ini Krn memang boulevard nya yg agak di ujung mba. Dan aku jarang ke arah sana . Banyak macam kok, dan lumayan enak..aku msh mau kesana, cobain menu lain

  42. RAch Alida berkata:

    Senang sekali punya anak asuh hafidz haal 30 juz. MasyaAllah. Berkah ya mba Fanny. Kadang tak semua enak ya makanan ada yang zonk. Senangnya kalau ini semua makanan yang disajikan enak enak. Makasih rekomendasinya

    Jadi kalau ada yang mau cobai makanan betawi, bisa rekomendasikan makan disini πŸ™‚

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Banyak variannya juga, ga semua Betawi. Jadi aku seneng mba, ga nyangka malah Nemu gerobak betawi ini πŸ˜„πŸ‘

  43. Fieza Sani berkata:

    Tempat selesea, cantik. Makanan & minuman sedap, harga berpatutan mmg masuk dlm list yg wajib diulang selalu, betul tak Fanny..Sama juga saya di Malaysia ni, kalau Kedai yang dah lulus piawaian macamni wajib ulang selalu…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Betuuul kak. Kalo dah bingung nak makan apa, pastilah tempat yg kita tahu enak dan tak mahal sangat, selalu jadi pilihan lagi πŸ‘

  44. Nur berkata:

    Alhamdulillah, sudah menjadi hafiz anak asuh Fanny. Semoga bertambah murah rejeki Fanny dan keluarga, membantu anak yang kurang mampu belajar.
    Nampak enak belaka, makanan semua.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aamiin terimakasih doanya kak ❀️. Semoga Zahid kelak bisa menghidupi diri sendiri dan mapan juga.

  45. anies berkata:

    sedapnyaaaa sate kambing… tengok kuahnya tu pun dah nampak sedap…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sedaap, tapi nanti Fanny kasih tau sate kambing yg lebih sedap lagi , kalo Kaka ke JKT πŸ˜„πŸ˜‰

  46. anies berkata:

    oooo sana panggil somboy ya. kat sini panggil asam boi. tapi menu sama je. kalau ada jus kedondong pasti ada asam boi hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Somboy, asam boy, kiamboy, sama semuaaa πŸ˜„πŸ˜„.

      Naah iyaaa, kayaknya kalo jus kedondong ga pake asamboi ga enak deh rasanya. Kayak ada yg kuraaang kan kak. Wajib sih pake asam boi , biar balance rasanya

  47. Satria Mwb berkata:

    Saya juga baru tahu ada restoran gerobak Betawi di Kelapa gading dan bukanya sampai malam lagi.

    Uniknya lagi ada menu pempek juga entah khas Betawi atau hanya menu tambahan.

    Tapi dari menu diatas semua sangat amat mengguga selera memang.😁😁

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Namanya aja gerobak Betawi mas, tapi makanannya campur dari beberapa daerah πŸ˜„πŸ‘. Untungnya enak2. Kadang kan ada restoran yg masukin banyak menu, tapi rasa ga ada yg menonjol. Males kalo gitu. Mendingan menu dikit tapi enak kan.

  48. anies berkata:

    kuah soto mi tu sekali pandang macam kuah tomyam… yang di atas tu keropok apa fanny?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Mirip, tapi jauuuh beda rasanya. Kalo Tomyam asam segar, kalo soto mie gurih πŸ˜„. Nanti kalau kakak ke JKT Fanny ajak makan di sana πŸ˜‰

  49. Sibayukun berkata:

    Wihhh keren Mas Zahid… 😍 Aku aja baru masuk Iqro 4. hehe.
    Btw pembukaannya bikin aku berdecap kagum Mba Fann.. Aku doain dari sini semoga Hidup Mba Fan, suami dan sekeluarga selalu dipenuhi berkahh dan dilimpahi Rezeki sederas Air Terjun Niagara . Amin πŸ₯° Btw,Sanad itu kaya semacam kompetensi dasar biar bisa ngajar di Negara Timur Tengah gitu ya? kaya sertifikasi gtu kah? Soalnya aku baca di Google kurang paham.. hehe πŸ€—

    As Always tulisann Mba Fan soal makanan selalu berhasil bikin ngiler… Meskipun buka pecinta perkambingan tapi itu satenya cukup menggoda.. Aku makan sate kambing tuh waktu SD kyanya.. Dipaksa Mamake makan sate kambing.. Awalnya nolak tapi pas makan suka 🀣 apalagi makannya di pinggir jalan sewaktu perjalanan mudik.. Tapi jadi nggak suka lagi karena ngebyaangin Kambing di sembelih 🀣

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Betuuul bay. Sanad itu kompetensi mengajar di sana yg hrs dipunya. Dan kalau punya sanad, itu bisa dirunut ajarannya, pengajarnya , sampai ke Rasulullah. Jadi jelas itu ajaran siapa yg kita ajarkan.

      Naaah iya, kambing atau sapi atau apapun yg disembelih, kalo sampe aku ngeliat jadi ga napsu. Makanya ga pernah mau datang ke sembelih kurban. Ga tega. Apalagi kelinci, itu jgn harap aku makan. Buatku kelinci binatang peliharaan soalnya, bukan ternak. Jadi ga mau makan dagingnya. Mo nangis yg ada

  50. Sandra Hamidah berkata:

    Masya Alloh semoga aku juga bisa punya anak asuh sholeh kayak gitu ya, keren mba fanny semoga rezekinya berkah dan banyak ya. Makanan yg aku suka diatas kayaknya semuanya deh haha apalagi soto mie yg risol bihun itu, untung sekarang ada di dekat rumah, enak banget

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Soto mie memang ENAAAAK ya mba. Tapj hrs ada risolnya. Tanpa itu aku ga bakalan sukaaaa πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  51. Haryadi Yansyah berkata:

    Hahaha iya ya, sate kambingnya imut-imut. Kalau di sini potongannya lumayan gede, cuma kadang beli sate kambing masih tercium bau prengusnya hwhw. Gak semua orang jago mengolah kambing emang.

    Aku salfok juga sama anak angkatnya mbak Fanny. Luar biasa banget, seneng kalau bisa membantu seseorang dan orangnya bersemangat untuk belajar ya mbak (mengingat baru-baru ini ada heboh dokter nganu yang angkat anak eh si anak berulah). Tentang anak angkat ini pernah mbak Fanny ceritakan khusus kah? aku penasaran jadinya pingin baca ^^

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Nah iyaa, kalo ke Purwokerto atau daerah Tegal sekitarnya, beuuugh pusatnya kuliner kambing muda mas. Itu guede2 potongan, mantep, ga prengus. Enaaak bgt. Makanya pas liat yg di JKT kebanyakan keciiiil, jadi males yaak 🀣🀣.

      Aku ga pernah nulis secara khusus anak2 asuhku πŸ˜„. Kadang kuatir juga dikira pamer. Kali ini nulis Krn seneeng banget aja Zahid bisa pulang setelah sekian lama πŸ˜„

  52. mamapp berkata:

    wow semuanya enak ya.. tempatnya besar dan selesa. jika berada di perantauan tentu sekali rindu makanan negara sendiri

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Sangaaaat. Apalagi kalo kuliner di negara itu beda jauh dengan negara sendiri, rasanya rinduu pasti πŸ˜„

  53. Ezna berkata:

    Es Teller tu nampak best. Sotonya jugak. Fanny…kamu biaya Zahid sampai ke Mesir?. Ternyata kamu orang baik Fanny. Apakah maksudnya anak asuh ya Fanny?.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Jadi dulu yg nemuin Zahid itu papa saya kak. Karena papa lihat Zahid ini pintar, tapi tak ada biaya utk sekolah, akhirnya papa bantulah biaya sekolah saat masih SMP (junior high school). Tamat SMP, papa plan nak kirim dia ke Mesir, lanjut senior high school di sana. Tapi sekolah yg basis agama .

      Nah di situ papa tawarkan ke saya, nak ikut bantu biayain Zahid tak? Saya langsung mau. Jadi berdua papa kami sharing biaya. Saya bayar semua biaya hidup Zahid di sana, dan papa pula yg bayar sekolah atau tiket kalo Zahid nak pulang.

      Anak asuh itu, anan yg kita biayain, ntah itu semua keperluannya, atau hanya biaya sekolah, atau hanya biaya hidup. Tergantung kemampuan. Selain Zahid saya ada beberapa anak asuh di Aceh, dan Kalimantan. Rata2 saya bantu biaya sekolah . Supaya mereka ttp bisa sekolah.

      Saya dapat anak2 asuh ini, Krn teman2 saya yg ada di sana, dan mereka volunteer untuk kegiatan seperti ini. Jadi kalau ada anak yg butuh bantuan, teman2 banyak yg kabarin, ada yg mau jadi orang tua asuh atau tidak. Diksh tahu foto dan background anaknya juga.

      Selagi mampu, saya pasti bantu. Apalagi kalo anaknya pandai, tapi tak ada biaya. Kasihan yg begitu

      • Ezna berkata:

        Oh kakak faham….alhamdulilah…allah kirim orang baik-baik kepada Zahid. Terima kasih Fanny dan papa Fanny. Terharu kakak dengar cerita ini. Inspiring!. Thank you for sharing. Kakak tak boleh dengar cerita macam ni…rasa terharu ada juga insan yang baik2 bantu anak2 ini. Moga kehidupan Fanny dan keluarga diredhai oleh Allah. Moga Allah kurniakan rezeki yang murah / berpanjangan buat Fanny sekeluarga!! aamiin….

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Aisssssh makasih sangat kak ezna. πŸ€—β€οΈ. Doa yg sama untuk kakak sekeluarga.

          Kalau anaknya punya kemampuan, sayang kalo tidak dibantu. Indonesia masih susah untuk dapetin beasiswa / scholarship untuk sekolah Agama seperti ini. Jadi dipikir2, kami sajalah yg bantu sebisa usaha

  54. nitalanaf berkata:

    Ya ampun, lihat ini jadi kangen kulineran khas Jakarta. Kalo di sini saya mesti masak sendiri. Kalaupun ada yg jual, terkadang suka gak sama. Kecuali memang yg jual itu orang lokal yg merantau. Moga Zahid Allah lancarkan sekolahnya ya, sampai selesai dan jadi guru besar nanti. Barakallah untuk Opa dan Mami Papi asuh Zahid, moga selalu Allah lancarkan rezekinya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beneeeer. Kalo kangen makanan khas, biasanya aku cari tau dulu owner-nya asal sana atau ga. Kayak makanan Medan di jakarta, yg enak kalo yg bikin sesama Medan juga πŸ˜„πŸ‘

  55. Sha Mohamed berkata:

    Memang comel sangat saiz daging tu.. Kalau besar sikit mungkin lagi puas makan.. Berbaloi bayar kalau makanan dan minumannya best..

  56. mamapp berkata:

    semua menu nampak sedap la kat kedai ni. kuah sate tu kalau sedap mama tak kisah kalau kacangnya halus..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Halus kok kak. Saya pun tak nyangka kalo makanannya lumayan enak2, Krn tak pernah mampir sebelumnya, padahal dekat rumah πŸ˜‚

  57. Yuni Handono berkata:

    Lihat aneka makanannya langsung lapar mbak….secara makanan yang ditawarkan di Gerobak Betawi banyak banget, enak semuanya…pastinya bikin makanan Indonesia dirindukan oleh mereka yang sedang jauh dari negara ini hihihi….apalagi penataan bangku di resto ini sangat rapi, pasti bikin betah dan nagih ya mbak kulineran di Gerobak Betawi.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Jadinya resto ini sering aku jadiin tempat meetup kalo kepengen ketemu temen2 atau keluarga. Krn banyak pilihan makanan , murah dan rasa enak πŸ˜πŸ‘

      • Nurul Mutiara R.A berkata:

        Wah, thanks nih rekomendasi restoranya mbak Fanny. Emang sih kadang kalau ada acara sama keluarga itu bingung cari resto yang pas. Lebih ke harga yang terjangkau gitu karena rame-rame wkwkwk

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Betuuuuul. Cari yg Hrg standard tapi rasa enak ya mba πŸ˜„. Kalo mahal tp yg diundang ga banyak okelaaah, kalo banyak berasa juga πŸ˜‚

  58. Nursini Rais berkata:

    Masyasallah, enaknya jadi ananda Fanny. Allah berikan rezeki melimpah padamu, hinga menjadi orang tua asuh yang amanah dan barakoh. Mana anak asuhnya pintar dan ganteng pula.

    Temanya “gerobak betawi”, menunya tampak mewah.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aaamiiin, makasih bundaaa ❀️❀️❀️. Saya cuma perpanjang tangan utk Zahid

      Naah iyaaa, namanya gerobak, tapi makanannya ditata cantik dan naik kelas πŸ˜„πŸ‘

  59. Nurzarini Ismail berkata:

    Meet up sambil makan-makan begini memang best ditambah lagi kalo interior kedai cantik dan ongkosnya gak mahal..tapi paling penting menu makan harus sedapla kan

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beneeer. Rasa makanan harus utama πŸ˜„πŸ‘. Baru setelah itu saya lihat dari segi design dan harga 🀭

  60. Lala berkata:

    Aku ngiler banget lihat tampilan es teler dan iga bakar nya mbak 🀩🀩 Apalagi pas mbak bilang menu yang dipesan oke semua, fix ini Gerobak Betawi kudu dikunjungin sembari ngajak ortu pasti hepi banget kalau nemu tempat yang makanannya enak, tampilan nya bersih, rapi serta estetik juga buat foto-foto..tapi lumayan juga ya di Jakarta Utara, kudu sekalian jalan ke tempat lain nih

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Oh iyaa jauh ya dari tempat mba πŸ˜„. Rumahku emang daerah rawamangun sih, jadi yg terdekat ya kelapa gading ini 🀭.

      Ga rugi sih ajak keluarga makan sana..udahlah enak, harganya ga terlalu mahal

  61. rezkypratama berkata:

    saya kalau betawi itu
    identik dengan soto betawi
    sama kerak telor deh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archives

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archives

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.