D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Mar 2021

09

AYAM GORENG MBAK MUL SOLO, WAJIB COBAIN!!

AYAM GORENG MBAK MUL

Solo itu surganya kuliner, BANGET..

 

Beruntung aku nikah dengan orang Solo, sekaligus dapet mertua yang sukaaaa banget kulineran :D. Klop jadinya , tiap mudik, aku dan mama pasti seringnya nyusun acara mau makan apa kalo nanti pulang ke Solo :p. Mama paling bisa diandelin deh, kalo udah urusan wiskul. Selain zodiak kami sama, hobi kamipun sejalan, nyobain MAKANAN BARU ato yang sedang HYPE :p. Jadi kangen almarhum mama mertua :(… Makanya, sejak mama berpulang tahun lalu, ke Solo ga lagi terlalu seru. Ga ada partner untuk nyobain makanan-makanan unik dan enak.

 

Oktober lalu, kami sekeluarga sempet ke Solo, karena memang ada acara keluarga. Kesempatan itu dimanfaatin juga untuk at least nyobain kuliner Solo yang kami belum icip sebelumnya. Salah satu adek papa, nyaranin makan di AYAM GORENG MBAK MUL, yang menurut dia sih uweeenaaaak :D. Kan jadi penasaran, karena biasanya, kalo kangen ayam goreng Solo, langgananku itu selalu Ayam goreng Mbah Karto, yang pernah aku tulis di SINI. Bahkan sebelum terkenal karena pak Jokowi sering mampir kesana, aku udah duluan cinta Ama ayam gorengnya :p.

 

AYAM GORENG MBAK MUL SOLO

 

Kali ini, oke deh, mari cobain ayam goreng lain. Jadinya, abis nyekar ke kuburan eyang dari pihak papa, kami meluncur ke arah Karanganyar. Jaaauh ya bok mau makan ayam doang :p. Sampe aku penasaran seenak apa ini ayam goreng sampe rela nyari sejauh itu.. Karena jaraknya lumayan banget dari pusat kota. Dan trakhir aku baru tahu, kalo Ayam Goreng Mbak Mul sebenernya ada di deket rumah, ntah kenapa si Om lagi kurang kerjaan pengen makan di cabang yang lebih jauh wkwkwkwkwk.

 

AYAM GORENG MBAK MUL SOLO

 

 

LOKASI AYAM GORENG MBAK MUL SOLO
Yang kita datangin saat itu cabang di Popongan Karanganyar . Sementara pusatnya ada di Tawangsari Sukoharjo, dan cabang 1 nya di Begajah Sukoharjo juga. Jadi kalo mau nyobain, tinggal pilih aja sih mana yang terdekat. Cabang di Karanganyar ini, ternyata lumayan gede! Bagian dalam restoran juga luaaaas, dan parkiran sampe ke belakang, pokoknya bisa menampung banyak mobil.

 

Aku rada parno pas sampe tujuan. Karena ngeliat pembelinya ruameee :(. Hadeuuuuh masih belum nyaman kalo harus makan di tempat begini sebenernya :(.

 

Tapi untung aja, ada meja kosong yang sedikit nyempil dan berjarak dari tamu lain. Kami sepakat duduk di sana, setelah aku nyemprot-nyemprot meja kursi pake disinfektan. Maaf, udah kebiasaan :D. Pegawainya ga pake lama, langsung ngedatangin meja untuk mencatat pesanan.

 

Sepiring ayam kampung goreng, Nasi dalam bakul, trancam dan sayur pepaya rebus jadi pilihan.

 

Trancam, Urapnya orang Solo

ayam goreng mbak mul solo

 

 

GIMANA RASA MENUNYA??
Ga terlalu lama sih, nungguin makanan-makanan kita datang. Jadi menurutku, servicenya cepeeet! Dan begitu disajikan, beuuughhh sumpaaaah ngences liat ayam gorengnyaaaaa!!! Uap panas masih mengebul, ayamnya terlihat moist kecoklatan, dan aromanya wangiiiii bangeeet! Sambelnya disediakan cukup.

 

AYAM GORENG MBAK MUL SOLO

 

Gaa sabar ih mau nyendokin nasi. Tapi inget kalo ada orang yang lebih tua hahahaha.

 

Yang asiknya, menu di sini itu ga banyak. Karena jagoannya ayam goreng, ya itu aja menu paling utama. Sisanya hanya pendamping, yang bikin ayam gorengnya lebih kaya rasa. Aku menyendok nasi, ayam dan sambelnya, ga lupa daun pepaya rebus juga urap trancam.

 

Sayur dau  pepaya favoriiit!

AYAM GORENG MBAK MUL SOLO

 

Pas mau makan gini, langsung keinget kebiasaan orang Korea kalo makan dedagingan. Dibungkus selada dan kimchi. Walopun itu biasanya daging dan bukan ayam, ga ada salahnya ditiru. Daun pepaya jadi pengganti selada. Di atasnya aku taro nasi, potongan ayam plus sambel. Makan deh barengan.

 

ayam goreng mbak mul solo

 

Aaghhhhhhh, rasanya memang SEENAK ITU!! Ga ngerti lagi kenapa ayam garing franchise dari LN bisa lebih terkenal daripada ayam iniiiii :D. Daging ayamnya yaaa lembuuuut, juicy even bagian dada, dan bumbunya mereseeeep cuuuuy. Ga hambar. Sambel bawang yang jadi pasangan si ayam, mantap joosssh pedesnya. Angkat jempol untuk yang masak daun pepaya, karena samasekali ga pahit. Pinter nih yang ngolah :). Sementara trancam urap, gurih, seger dan sedikit pedes. Tapi masih pedes yang bisa dinikmati.

 

ayam goreng mbak mul solo

 

Sekarang aku ngerti, kenapa si Om rela makan sejauh itu demi ayam goreng doang hahahaha.

 

Makanan lezat, ditutup dengan es jeruk yang walo sepintas pucet ga menarik, tapiii rasanya sueeeger cintaaah :D. Asem manisnya pas, gulanya pake gula batu, bukan gula pasir 😉 .

 

ayam goreng mbak mul solo

 

Tape katan putih, maniiiis!

ayam goreng mbak mul solo

 

Es Tapenya suegeer

ayam goreng mbak mul

 

Setelah nyobain ayam goreng di restoran ini, rasanya ayam goreng favoritku yang bakal dikunjungi tiap mudik, bakal nambah, selain Ayam Goreng Mbah Karto Tembel, ayam goreng mbak Mul ini layaaaaak untuk dicoba ;).

 

 

 

PS, Maaf yaaak, kali ini ga nulis harga. Karena yang bayarin si Om :D. Tapi tenaaaang, aku cantumin harga menu di bawah. Masiiih termasuk murah. Solo gitu loh… Mana ada sih yang mahal di Solo ;).

 

ayam goreng mbak mul solo

 

 

 

Alamat Ayam Goreng Mbak Mul (Cabang Karanganyar):
Jl Lawu KM 4. Popongan Karanganyar

94 tanggapan untuk “AYAM GORENG MBAK MUL SOLO, WAJIB COBAIN!!”

  1. Rudi Chandra berkata:

    Jadi ngiler saya Mbak.
    Jadi laper lagi. Padahal baru aja selesai makan malam.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahhaa maapkeuun yaaa :D. Aku aja udh kangen lagi Ama ayam goreng ini. Sayang jauuuuh hahaha

  2. Nurul Sufitri berkata:

    Wah, murah bener itu ayam per satuan atau dengan nasi dll. Pantes aja sih ayam Mbak Mul jadi favorit mbak Fanny dan keluarga. Kelihatan dari gambarnya si ayam lezat gitu, sambelnya, teh gula batu dll. Udah lama juga ga makan es tape. Itu tape putih biasanya langsung dimakan begitu aja kan dari bungkusnya? Kalo aku pastinya makan ayamnya 2 potong hahaha 🙂 Emak ogah rugi banget deh wkwkwkwkwk 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaa mba tape nya lgs dimakan. Maniiis banget. Aku sampe kalap makan banyak hahahahha. LBH enak dimakan gitu aja sih, drpd dijadiin minuman.

      Akupun makan ayamnya LBH dr 1 kok hahahah. Emaang enaak. Asin gurih soalnya. Apalagi pake si urap :D.

  3. Rivai Hidayat berkata:

    Yaa mungkin si om pengen jalan-jalan ke arah karanganyar yang lebih dingin mbak. Kalau dekat rumah ga berasa jalan-jalannya..hehhehehe

    Aku juga suka trancam mbak. suka makanan model kayak gini, seperti nasi gudangan (nasi urap) dan nasi pecel. Apalagi kalau sayurannya beraneka macam. pasti bisa nambah nasi..hehehhe

    harga ayam gorengnya standard dengan warung makan yang lainnya. Bebek slamet harganya juga kisaran segitu. Sambel bawang memang pasangan buat ayam goreng. Sambelnya emang sederhana, tapi rasanya nendang. Ini mbak fany request sambel paling pedas juga..?hahahhaa

    Kuliner solo emang enak sih. Dulu pas di aceh (banda dan lhokseumawe) pas pengen makan masakan jawa, akhirnya pesen ayam bakar wong solo…hahhahaa

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Gaaaa, sambelnya memang udh standard ga bisa diubah2 hahahhaha.pedesnya msh yg enak kok mas :D. Batas normal 😀

      Samaaa, aku selalu suka sayuran karena dr kecil udh dibiasain Ama mama. Apalagi dulu pake embel2 biar kulit halus hahahaha. Anak2 cewe kan paling seneng kalo udh denger kulit halus :p

      Ayam bakar wong solo itu luar biasa yaaa. Cabang di mana2 :D. Walopun aku jujurnya ga terlalu doyan Ama rasa ayamnya :D.

  4. Ratna berkata:

    Ooh ternyata mertua mbak Fanny orang Solo tohh. Wah ini dekett dari tempatku, meski rumahku masuknya Sukoharjo, tp deket ke Karanganyar

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya mbaa, mertuaku solo :D. Makanya aku sering mudik kesana :D. Paling seneng kalo udh mudik, Krn wiskul solo slalu ga pernah bikin bosen 🙂

  5. Sudibjo berkata:

    bahhh view makanannya menggoda banget sih hahaha.. bisa bisa yg udah makan bisa lapar lagi nih liatnya, apalagi pas ngebayangin sambalnya mantap tu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha, ayam goreng terenak di solo :D. Pokoknya hrs cobain kalo kesana mas 😀

  6. Andie berkata:

    Woah! warna ayamnya sempurnah! Sambel-nya wadooo bikin puyeng tengoknya :))

    Harga ayam kampung di solo udah kayak harga ayam boiler di Pekanbaru, najis bener :))

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha ayam broiler memang mendominasi :D. Aku kangen juga ma menu2 ayam di Sumatra :D. Apalagi kalo di gulai. Cm blm prnh sampe Pekanbaru mas 😀

  7. Satria Mwb berkata:

    Wuuiihh mantap ayam gorengnya, jujur aku suka banget lho mbak kalau makan ayam ada lalapannya seperti gambar diatas. Sederhana tapi maknyus ditambah ada sambal ulek yang pastinya menggugah selera.😊😊

    Enaknya makannya pas suasana mendung ditambah nasi panas waahh pastinya nampol abis deh.😁😁

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalaaaap pastiii :D. Akupun lgs ga inget udh berapa potong di ayam yg masuk perut hahahaha

      Naah sayurannya memang bikin beda. Apalagi urapnya itu gurih pedes. Manteeep mas 🙂

  8. Agus warteg berkata:

    Jadi pengin ke solo makan ayam goreng mbak mbul eh Mul, pengin nyobain rasanya beneran enak apa enggak, apalagi harganya murah cuma 18500 plus nasi 5000, sama es jeruk 5000, cukup lah uang 50k.

    Cuma aku cek harga tiket bis ke solo 158 ribu, bolak balik 316 ribu, lebih mahal harga tiketnya dari pada ayamnya.😂😂😂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Wkwkwkwkwkkw iya mas. Aku aja mudik ke solo 2 thn sekali biasanya, gantian ke Medan juga kan. Makanya ga bisa sering2 makan di sana :D. Kalo udh kangen Ama kuliner solo, lgs deh kelimpungan :p

  9. eka fitriani larasati berkata:

    Kak Fanny,
    aku ngiler lho liat urap nya, kaya gimana rasanya? urap di sunda itu rasanya manis dan pedes. emang paling enak dimakan bareng ayam goreng, sambal dan lalapan. Menu selezat ini biasanya di makan di hari spesial, kumpul keluarga atau tiap hari jum’at. gak tau kenapa tiap hari jumat tuh pengenya nyambel. mnenu nya udah pasti, ayam goreng, sambal, lalapan, ikan asin dan tumisan. terkadang bareng urap juga.
    nikmatnya luar biasa memang, hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Urap solo itu cendrung gurih dan pedes mba. Agak beda Ama yg Sunda. Tapi aku 2-2 nya Sukaaaaaa :D. Mungkin Krn udh dibiasain makan urap Ama mama dr dulu. Urap Sumatra beda lagi. Lebih berani . Tp ya itu, buatku semua urap enak sih, Krn beda nya itu bikin susah utk milih mana yg paling enak 😀

  10. Hanny Nursanty berkata:

    Mba terancammu bikin terbawa mimpi, karena dr kemarin kepingin urap sampai pas mesan ayam suharti mesen itu, sayang kehabisan.
    Pasti jadi teman makan yang enak bareng si ayam goreng ya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku aja kangen lagi Ama urapnya mbaaaa hahahhaa. Blm nemu mau cari trancam di mana di JKT ini. Yg Suharti enak yaa? Ayam gorengnya jujur aku ga suka Krn manis sambelnya. Ga cocok di aku

  11. Farah berkata:

    jadi pengen makan ayam goreng aku kak fannnnnn >..<

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah, inget, kalo ke solo wajiiib mampir ke sini :D. Di Bangka kebanyakan seafood yaaa . Aku kangen juga tapi Ama hidangan laut sana 😉

  12. Nasirullah Sitam berkata:

    Sekilas lihat es tape yang dibuka, kukir nasi ahhahahhaah.
    Karena mata fokus pada ayam goreng dan sambelnya terlebih dahulu hahahhaahhha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahah iyaa, pake ketan putih sih yaa :D. Tapi rasanya maniiiis. Aku aja kalap makan sampe 5 wkwkwkwk

  13. Hastira berkata:

    mantap nih tracamnya , sudah lama gak pernah makan ini

  14. Peri Kecil Lia berkata:

    Ngebayangin rasa ayamnya berdasarkan penjelasan Kak Fanny aja udah bikin ngiler!! 🤤. Apalagi pas bayangin ayam dibungkus daun pepaya dan sambal bawangnya, makin ngiler dong 🤤. Duh, sambal bawang itu juara banget sih ya, Kak 🤣 tapi kalau pada dasarnya ayamnya sendiri udah asin, nggak pakai sambal juga udah enak itu mah 🤤. Dan nemuin daun pepaya yang nggak pahit tuh, rasanya surga bangettt 😍 karena sebetulnya daun pepaya itu enak, tapi kalau pahit, pahitnya nggak enak banget di mulut 😩
    Btw, Kak Fanny sekeluarga lebih doyan ayam bagian dada? Wkwk kebalikan dari aku, aku malah lebih suka bagian paha nih 🤣

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Eh yg suka dada cuma aku, kalo suami emooh hahahahha. Dia selalu akan pilih paha :D. Alasannya dada itu keriiing hihihi.

      Suamiku memang pemilih bangett soal kuliner Li. Beda Ama aku yg suka nyobain semuanya. Makin aneh, makin tertarik malah. Tp untungnya pak suami udh mulai teracuni. Kalo dulu dia males nyoba2, sekarang mah udh berani gara2 aku bujukin :p.

  15. Dinilint berkata:

    Auto ngeces lihatnya. Apalagi itu sayurannya banyak banget dan seger. Ayam goreng yang dimakan sama sambel, daun singkong, dan nasi hangat emang juara. Cobain ah kalo ke Solo

  16. lianny berkata:

    Wuih ayam gorengnya bikin ngiler, nikmat sekali tuh ada trancamnya segala. Aku belum pernah makan ayam goreng mbak Mul ini juga ayam goreng mbah karto, pengin nyobain keduanya. Cuma pernah nyoba ayam goreng Widuran, itupun gak makan hari itu juga, kubawa pulang ke luar kota. Terakhir, 3 th lalu harganya 95 rb seekor, entah berapa sekarang.
    Ini murah ya ayam goreng mbak Mul, seekor ayam utuh 89 rb. Eh apa bedanya ya, ayam utuh dan ayam ingkung?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha aku ga prnh cobain ayam utuhnya. Ayam Ingkung itu bumbunya bukannya beda yaa. Eh tapi ga tau juga, aku prnh denger ayam Ingkung, tp blm prnh nyobain mba 😀

      Kalo mba ke solo, cobain deh. Yg Mbah Karto enak, yg mbak Mul juga enak. Jd aku bingung hrs pilih mana. Biasanya 2-2 nya aku cobain hahahah

  17. Lisdha berkata:

    Pagi2 baca ini, auto lapaaarrrr…
    Deskripsi yg oke ditambah gambar2 yang menggoda…udah deeeh…
    Kalo makan di Solo/Jogja itu emang sering bikin kaget pas bayarnya ya Mbak 🙂
    Apalagi kalau ga ada list harganya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bikin kaget Krn msh muraaah hahahahha.kadang suka ga nyangka kalo di solo msh ada makanan 5 RB an. Di Jakarta mana adaaaaa hahahah.

  18. tia berkata:

    yaaampun mbaaa itu foto ayamnya close up bangetttttt… aq ngiler banget, pengen makan ayam begituan tapi di Bekasi dimana ada nya yaaa…
    huhuuuuu emang yaa solo itu surga kuliner banget, dulu-dulu pas aku kuliah disana belum bisa ngicipin krn sangunya mepet, skrg waktunya yg mepet buat pelesiran, ahahhaa

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha di Jakarta sebenernya ada mba. Ayam gorengnya lumayan enak, tapiii tempatnya ga enak. Ruameee. Aku sereeem kalo pas pandemi kesana. Cm bedanya yg di JKT itu ga pake urap yaa. Jd cm lalapan, ayam Ama sambel.

  19. Kal El berkata:

    Harganya menunya sih lumayan murah cuma ongkos ke sananya yang mahal..hihihi
    Trancam itu urap sayuran mentah ya mbak?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahaha iya sih. Ke solo nya yaaa :D. Iya mas, trancam itu urap sayuran mentah. Pake kelapa yg udah dibumbui ;). Kalo ke solo, harus coba

  20. Eya berkata:

    Aku tuh jarang suka ke resto ayam goreng gini karena jaraaang nemu ayam goreng yang beneran enak bumbunya sampai meresap ke daging-dagingnya gitu. Makanya biasanya aku lebih prefer ayam bakar karena lebih juicy 🙈

    Tapi ya ampun lihat foto ayam goreng Mbak Mul ini kok kayak yang enaaak banget, garing dan kelihatan juicy-nya gitu lho Mba Fanny! Ini termasuk Mba Fanny juga jago ngambil fotonya jadi ayamnya kelihatan enak banget 😆

    Eh aku belum pernah nyobain jus tape, rasanya kayak gimana Mba Fanny?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naaah sama. Aku kalo disuruh milih goreng ati bakar, psti LBH suka bakar Krn juicy nya dapet.

      Tapi kalo nemu ayam goreng yg bisa meresep gini bumbunya, dan msh juicy, aku bakal sukaaaa sampe selamanya hahahaha . Susah soalnya nemuin yg begitu 😀

  21. D Sukmana Adi berkata:

    eh main ke Karanganyar ternyata..
    Karanganyar tempat ortuku..
    sering lewat sini tapi malah belum pernah mampir ak kak
    he he he

  22. Thessa berkata:

    Ternyata ada yg deket tempatnya, malah nyarinya yg jauh ya mbaa diajak sama om 🤣🤣
    Daun pepaya, nasi, ayam n sambel disuap barengan.. beuuh, pecah bgd kayakny di mulut ya mba 😍😍 Bikin ngiler baca deskripsi mba fanny, plus pas liat2 fotonya. Yummyyy..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Tau niih si om :p. Ternyata ada yg Deket rumah, malah rela ke cabang LBH jauh hahahahah. Tp gpp lah, sekalian jalan2 😀

  23. Ghina berkata:

    ayam goreng kampung dicampur terancam dimakan siang-siang, ya alloh aku jadi ngiler nih. terancaaamnya masakan favoritku nih mbaaak… hmm. itu ada irisan kacang panjanganya nggak sih?

    aku diajarin masak terancam dulu pas kecil sama ibuku, kukira masakan sunda, ternyata di jogja solo juga ada warung makan yang memasukan terancam sebagai pilihan menunya ya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Mungkin Krn urap memang ada di setiap daerah ya mba. Tapi kdg penampilannya beda2. Dan bumbu yg dipake ato jenis sayur. Dan yg di solo aku suka siih. Krn seger sayurannya, ada kacang panjang mentahnya juga :D. Dan kelapa nya itu enaaak bgt. Ada pedes2 nya 🙂

      • Nyi Penengah Dewanti berkata:

        Ya ampun mbak fan bikin ngiler itu ayam gorengnya cruncy banget uwuuwww kesukaan. Semoga ada kesempatan makan di sini juga diriku.

  24. Roem Widianto berkata:

    Terancamnya kelihatan seger, Mbak Fan. Cocok banget dimakan bareng ayam goreng dan nasi panas. Apalagi ditambah sayur rebus dan sambal bawang. Aaaaaah, jadi ngiler lihatnya. 🤤

    Nganu, Mbak Fan. Selama ini aku belum pernah main ke Solo, nih. Mungkin gara-gara aku belum tau kalau Solo juga surganya wisata kuliner, Mbak. Kalau tau gini kan aku juga pengen main ke sana 🤭. Bosen kalau Ayam Bakar Wong Solo atau bakso Solo mulu. Soalnya di sini yang ada embel-embel Solonya cuma dua itu doang. 😭

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahhaa itu 2 restoran memang terkenaaaal sampe Sumatra pun :p. Cabangnya banyak.

      Kalo ke solo, mndingan wisata kuliner mba. Krn tempat wisata lainnya jauh2. Tp kalo kuliner, solo juaraaaak laah :D. Ga pernah bosen kalo kesana ya Krn banyak makanan enak, dan muraaah.

  25. gustyanita pratiwi berkata:

    bwahahahahaha…mbaaa sakseis aku cleguk cleguk pengen nyobain cara mamam hayamnya pake ala ala korea yang dibungkus daun dulu…tali kali ini dibungkus daun pepaya rebus yang ga pahit sama sekali….

    es jeruk pake gula batu…langsung kebayang legi yang tanpa berpasirnya..soale aku kadang gumush kalau dapat es jeruk tapi gula pasire blom diaduk jadi ambyar malah keminum butiran gula pasirnya wkwkwk

    oiyaaa trancamnya kok unik ya, biasanya aku nemu yang dicampur…ini antara urap dan sayurannya kayak dipisahin gitu ya (((dipisahin)))

    daaaaan…cabang karanganyar…mosok yo aku malah keingetnya tawangmangu mba fan…benarkah karanganyar yang itu kalau iya jauh banget

    terakhir.. turut berbela sungkawa baru tau mamah mertuabya mba fanny telah berpulang..tahun lalu..kalau aku pak mer yang baru ninggal awal tahun ini..ini aja baru balik lagi ke tangerang aku

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Jujur yaaa aku juga suka kebalik2 Ama Tawangmangu dan Karanganyar hahahahahha. Awalnya juga mikir Tawangmangu, tp mudian kata pak suami itu jauh beda wkwkwkwk. Yg bener Karanganyar. Tapi ini memang lumayan jauh dr rumah keluargaku yg di solo :p.

      Naaah tooosss kita nit. Aku juga benciiii kalo minum es jeruk tp yg pake gula pasir dan belum di aduk. Soalnya suka keisep gulanya, apalagi kalo mintanya pake es. Yaelaaaah ga bakal ancur itu gula.

      Hihihi, enaaak loh makan ayam dibungkus daun gitu :D. Nah kalo urapnya, memang sengaja kita yg hrs aduk nit. Kali ajakan ada yg suka pake kelapanya banyakan, ato ada yg ga terlalu suka. Makanya diserahin ke pengunjung. Aku sendiri lgs Asikin merata kok ;). Enaaaak kelapanya gurih pedeees

  26. Nurul Sufitri berkata:

    Begitu melihat foto si ayam, aku langsung lapar hahaha 😀 Kan aku penggemar menu ayam diapain aja bakalan doyan deh, kudu well done tapiiii hehehe. Favorit sama sayap dan dada jugaaaaa ceekerrrrrr horeeee! Sepertinya ayam goreng Mbak Mul ini wajib ditandangi kalau kapan2 mampir ke Solo. Bisa 3 centong besar nih nasi panasnya. Itu sambal bawang ulalaaa aku syukaaaaa.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Waah kalo ayam aku ga berani medium rare kayak steak daging mba hahahahahah. Bahaya kalo ayam ga Mateng :p.

      Aku juga wajiiib hrs Mateng. Kalo sampe ngeliat msh merah di dalam, bisa aku balikin ke dapur nya.

      Harus cobaiiiin kalo ke solo ;). Enaaak sih ayam gorengnya. Apalagi kan ayam kampung yaa. Dagingnya manis legiiit. Dan ga kering gitu loh mba, trutama dada. Kan biasanya dada paling sering kering yaa

  27. Diah Kusumastuti berkata:

    Ah aku lama gak mudik. Dan terkejutt karena ternyata Ayam Goreng Mbak Mul ini ada yang di Tawangsari? OMG itu kan kecamatan tempat kelahiranku.. huhu emang aku jarang kulineran juga sih 😀
    Jadi pengen banget besok kalo mudik mampir sana.
    Thanks infonya, Mbak 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku berkali2 balik ke solo aja, baru tahu kemarin mbaaaa ttg tempat ini hahahhah. Biasanya aku makan ayam goreng yg di Mbah Karto timbel, langganan pak Jokowi. Ternyata yg mbak Mul enaaak jugaaa :D.

  28. Ike Lawbers berkata:

    Duh enak bangett iya ayam goreng, urap… udah gitu, cocok dengan es jeruk..

    Daun pepaya seger banget..
    Hijaunya itu loh..

    Ya apmyun.. langsung ngences

    Aku juga gak ngerti, kenapa ayam LN franchise itu lbh terkenal? Dibandingkan dengan ayam goreng spt ini, jauh kemana2 enaknyaaa…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ayam goreng LN itu udh jrg aku makan mba :D. Ga terlalu doyan juga sih. Aku mndingan pesen burgernya ato French fries drpd ayam mereka hahahaha.

      Udh paling nikmat ayam goreng biasa gini, apalagi pake ayam kampung. Manis legiiit 😀

  29. Nanik Nara berkata:

    Aku langsung suka begitu lihat sambelnya.
    Penasaran pengen nyicip ayam gorengnya.

    Kenapa ayam kampung goreng yang lezat dan bumbunya meresap kalah pamor ama ayam goreng krispy franchise dari luar negeri? Ini juga masih jadi misteri buat saya mbak, padahal harga ayam kampung goreng ini harganya juga lebih murah lho, sambelnya juga asli, bahkan banyak yang fresh karena baru di uleg saat ada pesanan

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yaaa kaaaan. Aku sih memang pada dasarnya ga doyan mba ayam2 franchise itu. Dan ga dibiasain juga Ama ortu dulu. Apalagi setelah ngerasain, dan tahu buatan mamaku LBH enak hahahhaah..makin males makannya.

      Ayam kampung goreng gini, pake sambel dan lalapan udh paliiiing pas buatku 🙂

  30. Tanza Erlambang berkata:

    sudah lama nggak makan urap…wow…jadi ngiler…hehehe
    Lokasinya sederhana, tapi bersih….mantul.

    Thank you for sharing.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Akupun baru bisa makan urap, kalo ke tempat makan begini. Mba di rumah ga jago bikin hahahah

  31. thya berkata:

    Fix, aku mau ngelist kuliner solo yang pernah dikunjungi mba fan.
    pokoknya kalo ke solo, gak boleh gak mampir buat wiskul ini sih..
    menunya menggoda semua euy.. 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ga bakaaaaal bosen lama di solo hanya utk wiskul mba :D. Aku udh tulis banyak kok wiskul di solo apa aja :D. Dan kalo udh ga tau makan dimana lagi, aku ulang tuh biasanya 😀

  32. Wiwied Widya berkata:

    Wuaaah Ayam Mbak Mul tuh langgananku mbak. kan warungnya nggak jauh2 amat dari rumah. Dulu juga suka makan Ayam Karto Tembel,soalnya emang lebih deket, jarak sekilo aja dari rumahku. Tp rameee mulu nggak kira2. Jadi sekarang beralih ke Mbak Mul.. eeh ternyata makin rame juga.. emang enak sih ayamnya, sambalnya mantap.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Isssh enaknya dirimu rumahnya Deket situ :D. Sekarang aja aku udh kangen lagi Ama ayamnya, dan nth kapan balik ke solo hahahah

  33. ainun berkata:

    ngeliat fotonya udah yakin aku kalau uenakkk sambelnya, trus itu digorengnya kering gitu ya mba?
    nasi panas, ayam goreng, sambel plus lalapan, astagahhhh hahahahaha, kapan makan beginian lagi, lama juga aku ga makan di lesehan kaki lima di Jember sini mb. Menunya mirip mirip cuman nggak ada trancam-nya

    mayan jauhhh solo ke karanganyar, sepedaan berasa banget jauhnya.
    catet duluuu ahh, sapa tau ntar ntar bisa ke Karanganyar kan ya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ga kering banget tapi mba. Soalnya bagian luar ttp moist, bagian dalamnya pun juicyyyy ;). Pinter nih gorengnya.

      Hahahhaha klo naik sepeda berasaaa sih jauhnya hihihi.. tapi kalo jrk jauh, dengan rasa seenak ini, aku mau aja datangin lagiiii 😀

  34. Ariefpokto berkata:

    Oalah liat ayamnya serius keliatannya enak. Diungkep lama pasti supaya rasanya masuk ke dalam daging. Penasaran sama ati Ampelanya. Paduan daun singkong dan aambalnya mantap banget Hehe. Trancamnya juga keliatan seger dan berbumbu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaa mas, ungkepnya pasti lama, Krn dagingnya ga hambar samasekali. Kan banyak tuh ayam goreng yg bumbu cuma berasa di permukaan. Yg ini gaa 😉

  35. Wahyudin berkata:

    Emmmm membacanya saja sudah ngiler… bagaimana kalau sudah makan.

    Sayang tempatnya jauh.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku aja yg di JKT, juga udh kangen lagi Ama menu ini mas. Ntah kapan balik ke solo 😀

  36. Riza Firli berkata:

    Wahh padahal seru banget ya punya mertua yang klop hobi kulineran dan juga punya zodiak yang sama..

  37. Bayu Kurniawan berkata:

    Wahhh jadi kangen jogja… 😁 loh apa hubungannya? Solo ke jogja..

    Nggk tau kenapa mba fanny, saya baca ini kok jadi inget jogja.. mngkin karena sama2 serumpun dan saya lebih sering visit jogja ketimbang solo. Hehe

    Eniho🤣, itu ayamnya bikin ngiler banget. Sama urapnya juga.. wow I love urap..
    Es tapenya juga. Duh minum ini terakhir kapan tahun itu ya.. 2015 kayanya terakhir.. udah hampir 6 tahun.. hehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beneer, mereka serumpun :p. Walopun kalo kubilang sih hrg Jogja udh sedikit lebih mahal dr solo :D. Mungkin Krn Jogja LBH turis kotanya :D.

      Tp utk ayam goreng, aku ttp prefer solo mas bay :D. LBH enak, gurih dan LBH pedeees sambelnya :D. Pernah coba ayam goreng di Jogja kok manis yaaa :D.

  38. Reyne Raea berkata:

    Masya Allah, ngilernya mba, baca ini di pagi buta, hahaha.
    menurut saya memang di solo ini yang namanya ayam goreng kek mau bebek goreng kek, itu tuh enak banget karena sambelnya itu loh.
    Lihat sambelnya itu jadi keingat bebek goreng apa ya dulu namanya itu ya, sambal dan lalapan nya itu, mirip banget.
    Pokoknya kalau di solo baik ayam atau bebek goreng, maupun bakso o itu enak semua buat saya 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bakso solo juga ga boleh skip memang. Kayaknya semua bakso di sana enaaak deh hahahah. Kalo di JKT yaa, pak suami favoritnya itu Ama bakso yg penjualnya solo. Dia bilang pasti enak kalo udh solo penjualnya :p. Tapi aku ngerasain bakso solo memang beda sih.

      Makanya selain ayam goreng kampung, bakso juga jd kuliner wajib tiap kami mudik 😀

  39. Ranny berkata:

    Sebagai pecinta ayam dan trancam, sumpah ngiler beraaaaat liat ini. Faaan, aq langsung tandai dah, ada juga cabang Sukoharjo berarati nggak terlalu jauh dari tempatku. Untuk harga ayam kampung segitu termasuk murah sih.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Duuuh solo parah nih kulinernya bikin kangeeen hahahahha. kamu mah enak bisa datangin langsung. Aku nth kapan ke solo lagiiiii hahahah

  40. Hendra Suhendra berkata:

    Enaknya ya, kalau di keluarga ada yang hobi kulineran, jadi ayo aja kalau diajak makan. Apalagi ini mertua yang suka kulineran, mantap dah makin kompak buat kulineran.

    Nggak apa-apa makan ayam di cabang yang jauh, kan bisa sekalian jalan-jalan, hehehe… Kalau dekat rumah, kurang tantangannya.

    Wah, liat menunya sukses bikin ngiler Mba. Apalagi sambalnya, pasti sangat menggoda untuk dicolek pakai ayam hahahaha…

    Restoran ramai, itu berarti pertanda makanannya uenak, makanya nggak heran banyak yang antri untuk kulineran di sini.

    Uasli, harganya terjangkau banget ya, beda banget kayak di Jakarta dan sekitarnya, harganya bisa lebih tinggi.

    Makasih loh sudah sharing, jadi tambah lapar, mau makan dulu aaaah….

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah Monggo makan dulu mas hen ;).

      Naah iya, aku seneng Krn klop Ama suami dan alm mertua, sama2 suka kulineran. Jd kalo ada tempat makan baru, kami lgs saling kabarin, trus cobain deh 😉

      Ah, jd kangen mau cobain ayam goreng mbak Mul ini lagi. Beneran deh mas, kalo ke solo, wajib cobain ini ;). Rekomen

  41. Ulfah Aulia berkata:

    Enak banget ini mah keknya, malam2 mampir ke sini bikin anabul perut aku meronta2 mbaa fan😂😂. Oiya aku juga suka ayam yg bagian dada mba, soalnya dagingnya itu loh berasa apalagi kalau bumbu2nya sedappp kayak di foto mba Fanny, wkwkwk tambah terus *tapi badannya aku gak tambah2, duhhh😂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Malaaah santaaai kalo badan ga nambah2 mba :D. Dicari semua org itu hahahahah. Aku dulu tipenya begitu. Tp mulai menginjak umur 38, mulai susah mengontrol, walopun msh di bawa 50. Tp ttp aja udh naik banyak hahahahah. Makin berumur , metabolisme melambat sepertinya

  42. Marfa berkata:

    Mba Fanny akuu jadi penasaran sama ayam goreng Mbak Mul iniiiih :))

    Bagiku selalu unik kalau ada tempat makan yang direkomendasikan banyak orang kayagini, walaupun menunya bisa jadi udah umum dan banyak, tapi kalau bahkan terkenal enak dan jadi rekomendasi itu pantes banget buat didatangi.

    Trancamnya berarti masuk ke lalapannya ya, aku belum pernah nyoba sensasi makan ayam goreng dan urap begini, aih sepertinya bisa bikin nambah nasi ini ayam

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Isssh uenaaaak mba. Terancamnya segeeeer, dan sedikit pedes. Gurih2 juga dr kelapanya. Di tambah ayam yg empuk, udah selesaaaai, klop banget hahahahah. Pasti nambah iniii :p

  43. sulis berkata:

    Klo aku lebih suka daun singkong rebus mba klo untuk temen sambel+lauk (ayam). Daun pepaya, paling suka dioseng pedes sama teri. Yang pedessss banget. Btw, mungkin klo lebih pada suka ayam garing merk franchise itu karena tampilannya lebih cantik ya mba, segi kemasan termasuk. Klo ayam2 gini kan menghidangkannya apa adanya…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bisa jd mba. Padahal tampilan biasa, blm tentu rasanya biasa hahahah.

      Pake daun singkong pun aku doyaaan . Pada dasarnya aku pecinta segala jenis sayur sih :D.

  44. Imawati Annisa berkata:

    Murmer dan menggiurkan banget ini, anak2 juga gak akan nolak kalo makan ayam2an. Haha..

  45. renov berkata:

    Ya Allah, postigan artikelmu yang ini bikin aku segera ke dapur.
    Apalagi pas baca daging ayam yang juicy aduhhh …
    Belum lagi liat photo si ayam yang memanggil untuk segera dieksekusi.

    Untungnya sekarang udah lebih aware kalau berkunjung main ke blogmu jangan di jam malam hari atau pagi hari karena berakibat perut protes tidak terkontrol.

    Jadi sekarang mengunjunginnya di jam mendekati makan siang hihi.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahhhah ini gara2 aku ga bisa traveling, jadi mau g mau tulisan makanan mendominasi blog :p. Coba kalo udh bisa jalan, pasti ttg wisatany yg aku tulis :p.

  46. Ria Bilqis berkata:

    Ya ampuun baca ini seakan akan aku sedang menikmati Ayam Goreng yang nikmat,lalu membayangkan kesegaran es jeruk,aseli nelen ludah wkwkwk maafkan, jadi ngiler di coment ups.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah gpp mba ria ;). Tujuannya memang utk membujuk orang2 cobain kuliner yg pernah aku coba :D.

      Tp memang ayam goreng mbak Mul ini ngangeninnnn. Aku aja pgn lagi. Sayang jauh, nth kapan balik ke solo 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.