D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Nov 2016

13

3 MENU SOP & SOTO UNTUK ANGETIN BADAN DI MUSIM HUJAN

Soto Betawi Mpok Une

Suka soto?? Di Indonesia mah ragam soto itu ga keitung kali ya saking banyaknya.. Masing-masing daerah punya soto sendiri.. Tapi aku cuma mau bahas 1 soto kali ini, Soto Betawi ;). Karena terbiasa tinggal di Sumatra, yang mana santan itu udah kayak jodohnya masakan, selalu dipakai, aku jadi prefer ama soto yang berkuah santan, dan untungnya, soto Betawi termasuk  soto yang juga menggunakan santan ato susu di kuahnya. Campuran daging yang dipakai macem-macem.. Tapi kebanyakan daging sapi dan jeroan bagi yang suka.. Nah, kemarin itu lagi iseng aja main ke daerah Tebet yang ternyata makin happening dengan adanya Sleepless , semacam food court yang berlokasi di Jln Tebet Utara no 2, Jakarta Selatan.  Layaknya foodcourt, makanan yang dijual aneka macam.. Karena aku lagi pengen something yang berkuah saat itu, makanya pilihan kita sekeluarga hanya memesan soto Betawi Mpok Une, yang gerobaknya persis berada paling depan dari foodcourt ;).

SleeplessTebet

sleepless tebet

Gerobak mpok Une di bagian depan foodcourt

soto betawi mpok une

Harga seporsi cuma Rp 30,000 . Cara memesen makanan di sana hampir sama kayak foodcourt-foodcourt yang terintegrasi gitu.. Jadi  langsung pesen aja di counter masing-masing makanan, lalu pembeli bakal dikasih bill yang harus dibayar dulu di kasir depan.. Duduk manis deh nungguin pesanannya datang..  Soto Betawi mpok Une ini, kuahnya dari susu, jadi guriiih banget dari segi rasa.. Di sotonya ditambahkan  potongan tomat, daging dan jeroan, seledri dan emping, peresin deh jeruk nipis, trus kasih kecap dikit dan sambel, beeuuuh… itu seporsi langsung abis ampe titik kuah penghabisan :D.. Kurangnya cuma 1,  potongan dagingnya rada kecil ;p hihihi,, Tapi soal rasa mah, enak ;)!

Seporsi soto Betawi mpok Une

sleepless

Btw, suamiku 1-1 nya yang memesan menu beda malam itu. Dia tertarik ama steak kucing, yang jujur aja  awalnya bikin aku sebel denger tuh nama, karena langsung mikir dagingnya dari kucing hihihih ;p. Tapi ternyata steak ini, hanya steak biasa, dengan porsi untuk kucing :D, alias keciil binggiiiittt.. Mana bumbunya manis byangetttt pulak . Aku pribadi, kurang recommend menu ini,  tapi, bagi yang lagi diet, ato suka steak manis, dengan harga Rp 35,000 only ya bok, bolehlah dipesan ;D

Steak kucing “KEMANISAN”, yang jujurnya, ga cocok ama seleraku 😀

STEAK KUCING

 

Soto Betawi Dudung Roxy

Kalo yang 1 ini mah, favoritku!!! Even soto Mpok Une pun kalah rasanya.. Buka cabang di beberapa tempat, aku seneng karena salah satu cabangnya terletak di Cempaka putih.. Dekeeeet banget ama Sate Padang Ajo Manih yang minggu lalu aku review 😉

soto betawi dudung roxy

 

Baca: Sate Padang Ajo Manih

 

Tempatnya mah tenda doang, tapi selalu antri dan ga pernah berhenti. Selain soto Betawi, juga dijual Sop kaki kambing, yang sebenernya sih sama aja kayak soto Betawi.. Perbedaan terletak di daging, kalo yang sop kaki kambing pake tetelan kambing dan jeroan segala, sementara isian sop Betawi hanya daging sapi, kuahnya mah sama.. Jadi bagi yang suka jeroan, bagusan pesen yang sop kaki kambing aja.

soto Betawi Dudung cabang Cempaka Putih, SUKAK!

SOTO BETAWI DUDUNG ROXY

Kuahnya itu loh yang paling juara dari semua! Gurihnya bikin nagih.. Rasanya beda banget, karena terbuat dari susu, bukan santan.. Ditambah sesendok samin butter, jadi aromanya juga khas. Seporsi soto Betawi dan sop kaki kambing ini hanya Rp 45,000, lebih murah daripada  di pusatnya  yang bisa Rp 65,000, tapi memang porsinya 2x lipat lebih banyak.. Yang di Cempaka Putih dibikin cukup untuk 1 orang. Potongan daging, tomat, seledri dan emping, juga sambal yang pedes, bikin badan bener-bener anget, cocok dimakan hujan-hujan begini ;p ..

 

Sop Kaki Kambing Tiga Saudara Pulomas

Ini banyak banget kembarannya, sama-sama memakai nama Tiga Saudara, tapi setelah aku tanya, ga ada hubungannya samasekali.. Yang aku suka Tiga Saudara yang di  Pulomas. Jualannya pas malem, dan menjual sop kaki kambing dan sate kambing..

SOP KAKI KAMBING TIGA SAUDARA PULOMAS

Porsi untuk sop kakinya gede! Kuahnya dari santan, beda ama 2 penjual yang di atas. Tapi tetep rasanya gurih pas, dengan potongan kambing yang bisa kita pilih saat memesan (Harganya ga gitu inget tapi sekitar Rp 27,000).. Oh iya, di sana juga menyediakan TORPEDO alias testis kambing :D.. Aku pernah coba dan rasanya kenyal-kenyal enak ;p.. Cuma agak geli aja karena ngebayangin yang lain hahahahaha 😀 Kalo suami lebih seneng otak kambing, walopun sering aku larang karena takut ama kandungan kolesterolnya. Kuah di sop kaki kambing ini juga dicampur dengan mentega samin, yang membuat rasa dan aromanya lebih menguar. Tapi kalo disuruh memilih, yang paling aku suka tetep Dudung Roxy sih, karena kuahnya susu..

Pilih dulu mau jeroan yang mana, Torpedo lagi abis sayangnya 😀

3saudara

Sop kaki kambing Tiga Saudara Pulomas plus otak kambing yang putih itu3saudara1

Nah, kalo sate kambing yang dijual, mantep! Potongan dagingnya gede-gede, bisa milih mau pake saus kacang ato kecap.. Ada 10 tusuk tiap 1 porsi. Kelebihan Tiga Saudara Pulomas, harganya lebih murah dan porsi lebih besar.. Wajar sih karena tempat jualannya hanya di pinggir jalan warung tenda gitu. Dudung Roxy cabang Cempaka Putih walo sama-sama warung tenda, tapi udah punya pusat di Roxy dan jualannya juga udah lebih lama daripada Tiga saudara, namanya juga lebih famous kan :D. Maklumin aja harga juga lebih mahal.

Sate kambing tiga saudara Pulomas

sate kambing tiga saudara

 

So, tinggal pilih deh mau cobain yang mana.. Ketiganya sama enak, dan punya rasa khas di masing-masing menu 😉

86 tanggapan untuk “3 MENU SOP & SOTO UNTUK ANGETIN BADAN DI MUSIM HUJAN”

  1. turiscantik berkata:

    bener-bener salah dah siang-siang mampir ke blog ini hahahaha bikin lapaaarrr. sop tiga saudara pulomas tuh ngak jauh dari kantor, tapi saya takut asam urat kambuhh kalau makan yang bersantan heheheheh

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku jg ga berani mbak, makan keseringan… kalo seminggu udh 2x makan yg begini, biasanya utk 2 minggu kedepan aku makan yg bening2.. biar balance ;p..

  2. CatatanRia berkata:

    ah sukaa soto betawi, sop kaki juga sukaaa. sop kaki tiga saudara kayaknya pernah liat 😀 tp lupa dimana ditangerang atau dibandung

  3. Yasinta Astuti berkata:

    Ga bisa pilih mbak, enak semua gituuuu..
    Musim hujan, makan di temani sop dan soto. Juaraa banget tidur nyenyak hehehhe

  4. Dewi Nielsen berkata:

    Mbaaak,..aku ngeliat makanan2 di positnganmu ini cuma bisa bersabar dan nelen iler..sate kambing 3 saudara itu loooh..pernah buat sate sendiri sangkin udah kepengennya..tapi rasanya nggak nendang …hiks…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahaha, kalo balik ke jkt ksh tau aja mbak ;).. aku temenin kulineran deh ;)..kita puas2in makan yg g ada di denmark 😀

  5. MeriskaPW berkata:

    Aku juga suka soto yang pakai santan/susu, gurihnya lebih kerasa. Baru pernah nyoba soto santan itu soto medan sama soto blitar. Bedanya apa mbak soto medan sama jakarta?

    Isian sop kaki kambingnya ekstrim banget, aku lebih milih makan sate aja deh, hehe.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kalo ditanya beda, susah jelasinnya mbak… eh tapi kalo soto medan ada yg isiannya paru. itu di goreng kering tapi enaaak.. kalo di jkt kdg ada yg pake paru tp ga kering.. aku ga gitu suka… tapi sama2 gurih lah mbak 😉

  6. Hastira berkata:

    aku suka banget soto betawi , di bsd dekat anakku tinggal ada yg enak

  7. Nasirullah Sitam berkata:

    Aku belum pernah makan soto Betawi hehehhee. Besok-besok kalau ada tugas di Jakarta bisa kucoba 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      tapi kalo bisa cobain yg dudung mas, ato yg tiga saudara… itu enaak! agak susah juga nemu yg enak soalnya..

  8. Makalah berkata:

    Kalau aku lebih suka sate dan sop kambingnya mba. Rasanya joss bangett, apalagi torpedonya haha :))

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      dua2nya enak mas ;).. tapi memang torpedonya mantep ;p.. hahahaha

      • E kok kolom komennya ada di tengah yak, apa tab aku yg lagi error????

        Btw soto yang pas di lidahku saat ini cuma ada 2, soto betawi ama soto bogor, jadi keknya ini bisa deh buat list makan2 nyoto gitu hihihi
        Btw mentega samin bukannya mahal yak, tp waktu itu aku beli pas request di pembuatan martabak terang bulan

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          eh, di tengah gmn nit :D? kalo di hp mah, aku liat posisinya di paling bawah…

          iyaa, kamu ajak suami deh jalan2 nyobain soto2 ini… enaaaak nit. mentega samin ga tau sih mahal ato ga.. tp di sinikan cuma di pake dikit doang utk kuah ;p..

  9. cumilebay.com berkata:

    Aduh kangen dudung, dah lama ngak mampir kesana. Enak mmg ujan2 makan yang anget2. Btw mau nyobain mak une aja deket rumah

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iya kaaaaan, dudung memang ngangenin banget yaaa mas ^o^.. aduuh itu fav ku bgtttt :D.. makanya happy pas tau cabangnya ada di cempaka

  10. Aku baru tau lho soto kuahnya pake santan/susu. Takjub! hahaha.
    Kalo soto jawa timur kuahnya biasa aja cenderung kuning warnanya, pas ke jawa tengah aku lihat sotonya putihan, nggak terlalu kuning. Nah yang soto betawi ini kalo kuahnya pake susu, gimana ya rasanyaaaa? Makan dikit bakal kenyang kali ya karena mengandung susu 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      waaaah kamu hrs cobaaa ;).!! enaaaak mbak kalo kuahnya susu, jauuuh lbh enak drpd santan ;).. ga berasa kok susu, yg ada gurih!

  11. Larasati Neisia berkata:

    Aku termasuk yang suka banget soto + jeroan mba. Itu yang mba review semuanya bikin ngiler. Walopun harus selalu diingetin sama ibuku, nggak boleh sering-sering nanti kolesterolnya numpuk :3

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha, aku jugaaa sellau diingetin gitu.. dan kmrn pas medical check up, kolesterolku memang sdkt tinggi mba :(.. jd agak ngerem makan begini.. sebulan sekali ajalah 😉

  12. kresnoadi DH berkata:

    Aaaaaaaaaaaaaarghhh… Kenapa harus baca ini pas lagii gak enak badan dan lagi ngidam2nya sama soto dan kuah anget2. *nangis di bawah shower*

  13. evylia hardy berkata:

    Soto betawiii hmmm … suka banget! Komplet sama empingnya, duh, jadi laper nih malem-malem 😀

  14. evrinasp berkata:

    saya baru nyoba sekali soto betawi waktu ditraktir bos, enak sih mbak, cuma santannya itu kentalsekali ya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ga semua mbak… yg dudung roxy ga… apalagi dia bukan santan, tp dari susu kuahnya.. jd jauuuh lbh gurih tp light

  15. duh bikin ngiler aja nih mba 🙁

  16. Sandra berkata:

    Aku lagi fluu, enak banget nih makan soto betawi pedes2 kuah anget.. Langsung nyari sekitaran kantor aja deh hiihihi yg di Tebet ntar mo nyoba kalau wikenan 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iya mbaa, kalo dingin2 gini enak bgt makan yg kuah, anget dan pedes yaa.. apalagi kalo flu.. sembuh deh 😀

  17. Grace Melia berkata:

    Belom pernah tau yang namanya soto betawi. Kapan kapan harus cobaa 😀

  18. Robby Haryanto berkata:

    Woalah, seger-seger dilihatnya. Hahahaha. Tapi, entah kenapa aku lebih suka soto yang tanpa santan. Lebih seger aja rasanya. :))

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahaha, selera sih mas ;).. krn aku besar di sumatra kali ya, jd nya lbh doyan yg santan :D..Tapi yg bening jg suka kok, utk sarapan enaknya

  19. Zizy Damanik berkata:

    Apalagi sekarang lagi musim hujan hampir tiap hari ya. Setiap hari maunya makan yang anget-anget dan sedap. 🙂

  20. ade ufi berkata:

    iiih… enak nih

  21. Nadia Green berkata:

    saya punya temen kuliah yang ngidam banget saya soto, waktu kita kuliah di surabya semua soto dia cobain deh, hahahaha
    pasti kalo liat soto ini langsung deh dia coba, hihihi

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      wajib coba kalo ini ;).. apalgi pecinta soto.. soto di Indonesia itu memang banyak bgt ragamnya yaaa.. dan aku belum nemu yg rasanya ga enak 🙂

  22. Mel Allira berkata:

    Ya ampun, cocok banget baca artikel ini pas lagi musim hujan dan butuh kehangatan, haha.. Barusan makan kok laper lagi bacanya 😀

  23. Ranny berkata:

    Belum pernah coba Soto Betawi huhuhu habis di sini nggak ada yang jual. Eh eh soto Medan juga enak ya, Fan. Sewaktu mertua di sini dibikin dan enak.
    Soto dan sop ini pilihan top banget ya di musim hujan.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Soto medan juga juara Ran :D.. aku kalo lg balik ke medan, duuuuh ga bosen2 makanin soto medan ^o^.. santan juga, jd aku suka, krn bikin rasanya lbh gurih ;).. cobain soto betawinya pas lg ke jakarta ntr 😉

  24. bundasaladin berkata:

    wah jadi ngidam soto betawi, kuahnya emang gurih, juaraa
    kalo beli doto kenapa lebih enak daripada bikin sendiri ya? hehehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      makanya aku ga prnh niat bikin sendiri mbak ;p.. malah mubazir buang2 bahan masakan ;p.. mendingan beli sajalah 😀

  25. Ardiba berkata:

    Sukses buatku ngiler pagi2. Tanggung jawab Mbak. Hahahahahaha!

    Maem soto itu nggak ada bosennya. Saban hari nyarap soto enak2 aja. Hihi

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      BENEEEER! ;). Kalo lagi di solo, aku tiap hari sarapannya soto mbaaa.. apalagi soto di sana kan seger2 ya, jd enak utk sarapan

  26. andyhardiyanti berkata:

    Oooo..soto betawi kayak gitu toh..kirain mirip mirip soto lamongan.
    Belum pernah cobain sih. Di sini ga ada yang jual soto betawi.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      beda memang ama lamongan ;).. yg ini cendrung lbh gurih krn susunya /santan.. kalo lamongan agak light ya mbak.. tapi aku jg suka soto lamongan.. di jkt ada tuh yg enak, sering jadi langgananku 😉

  27. Yessi Greena berkata:

    Kalau di sini sotonya bening semua, trus nasinya dicampur jadi satu. Mangkuknya juga kecik-kecik. Kalau lagi laper, satu porsi pasti kurang 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kamu di mana mbak lokasinya? biasanya soto yg bening, trs nasi dicampur itu di solo :D.. aku tiap mudik ke solo pasti sotonya model gitu.. tapi aku jg suka yg bening2

  28. echaimutenan berkata:

    Jirrrrrrrrrr pagi-pagi laper lliat iniii.
    semuaa bersantan boook
    tapi aku sukanya yang bening mirip2 soto bogor gitu. Buat aku rasanya g terlalu banyak dimulut

  29. ei berkata:

    duh, jam segini, lagi mendung, mampir ke sini bikin ngileeerrr …

  30. Siti mudrikah berkata:

    Aku tertarik sm soto betawinua, kapan2 kalo lewat tebet, mampir ah.

  31. Vinz berkata:

    soto betawi emang beda bgt rasanya…

  32. Keke Naima berkata:

    Saya suka soto yang kayak gitu. Gurih dan bikin makan jadi banyak 😀

  33. Hai mba Fanny
    Udah lama nih aku nggak makan soto betawi. Sekarang jadi pengen. Hihiii

  34. Jadi mupeng nih, malam2 gini ditambah ujan yang nggak kunjung reda. kayaknya cucok banget nih

  35. Helena berkata:

    Mba, yang Soto Dudung di Cempaka Putih bagian mana? Kemarin baru aja bahas soto betawi dengan kuah susu

  36. nitalanaf berkata:

    Wedehhh langsung 3 soto ? denger kata steak kucing, ngebayangin kucing di-steak ? saya blm pernah nyoba soto pake kuah susu gitu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Harus cobaa ;).. aku sih lbh suka kalo pake susu, krn jauuuh lbh gurih 😀 .. iyaaa, aku jg dgrnya td kirain daging kucing ;p.. sebagai pecinta kucing ya mau marah awalnya hihihihi ;p

  37. Liswanti Pertiwi berkata:

    Selalu suka sama soto betawi, enak

  38. Johanes Anggoro berkata:

    duh nyesel buka ini pas jam makan siang -_-

  39. Heni Puspita berkata:

    Makan sop kambing aku belum berani, kalau soto Betawi yuk mariiiiiii!!

  40. haduh mba jadi pengen coba semuanya

  41. Ahmad berkata:

    wah … sotonya jadi bkin laper ni … apalagi sekrang musim hujan , pas banget ni hujan-hujan makan soto

  42. AbdulMc berkata:

    saya pernah makan soto betawi bersama teman saya yang bernama dani, waktu itu kita lagi akan melaksanakan perjalanan menuju sukabumi, ditengah perjalanan dan masih didaerah jakarta, teman saya ini lapar, tak lama kemudian saya melihat ada yang jualan soto betawi, yaudah deh gak banyak pikir lagi saya dan teman saya langsung menghampiri tukang soto itu, dan soto betawi ini mantap sekali rasanya, bikin lidah ketagihan lagi deh hiihihi 😀 😛

  43. sop kaki kambingnya ini menjadi favorit saya ,eski saya bukan orang asli betawi. Apalagi kalau dimakan dengan memakai lauk emping belinjo hmmm gak kebayang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.