D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jun 2012

03

EUROPE TRIP (PART4) WINTER IN BERLIN

Negara terakhir dari Trip Eropa yang kami visit adalah Jerman, tepatnya di Berlin. Awalnya nih,  ke Jerman itu cuma  mau visit kota Bonn. Karena dulu pak suami lama tinggal dan sekolah di sana. Ceritanya dia mau nostalgialah ;p. Tapi ntah karena apa, rencana ke Bonn dicancel, dan jadilah kami hanya visit Berlin.

 

Di Berlin kami tinggal di apartmen saudara Raka yang memang bekerja di negara itu. Mba Endah dan suaminya Mas Hendra. Keduanya baik, ramah,  dengan 2 anak mereka yang sangat sopan. Biarpun sudah lama tinggal di Eropa, Mba Endah selalu membiasakan anak-anaknya berbicara bahasa Indonesia di rumah. Agar mereka tidak lupa dengan akar ;).

 

Baca: Objek wisata di Bulgaria

Baca: Objek Wisata di Istanbul Turki dalam sehari

Baca: Objek wisata di Beograd Serbia

 

Walopun menurut pengakuan tidak begitu jago dalam hal masak memasak, sering  kali Mba Endah tetep menghidangkan masakan Indonesia untuk keluarga. Seperti lalapan dan sambel terasi, semur, tempe goreng etc.

 

minimarket di  berlin jerman yang menjual barang dan bumbu indonesia

Indomarkt, minimarket di berlin yang menjual barang-barang dan bumbu indonesia

 

Di mana bisa dapetin sambel terasi dan lalapan di Jerman? Ternyata selain kerja permanen di salah satu perusahaan besar  Berlin, Mas Hendra punya usaha sampingan yang dijalankan bersama beberapa teman Indonesia, dengan mendirikan Indo Markt atau Indonesian grocery store. Yang dijual tentunya berbagai macem bahan-bahan makanan dan minuman khas Indonesia, mulai dari Indomie, kecap bango, sirup marjan, singkong mentah, sayur-sayuran, sambel terasi, selai srikaya, sambel botol ABC, coklat bengbeng sampai jamu tolak angin juga ada ^o^ . Tinggal sebut  mau apa, komplit plit..;). Bisa delivery juga untuk daerah Jerman dan sekitarnya.

 

Sebelum mengunjungi objek-objek wisata di Berlin, biasanya kami minta saran dari Mba Endah, tempat-tempat apa dan bagaimana kesananya. Kami belajar rute-rute U-Bahn (kereta bawah tanah), S-Bahn (kereta yang di atas) dan bis di sana. Kemampuan bahasa Jerman suamiku sangat membantu dalam hal ini. Walopun sudah tidak selancar dulu, saat masih sekolah di Bonn, tapi cukuplah kalo hanya untuk menanyakan arah jalan ;p.

 

 

1. LEGO LAND

objek wisata apa di berlin jerman yang wajib didatangi

Legoland Berlin, salah satu tempat yang dijamin pasti bikin kalap untuk pecinta lego. Harga lego di sini murah kebangetan!

 

Surganya bagi para pecinta Lego! Even aku yang udah gede begini, langsung jatuh cinta dengan tempat ini. Segala sesuatunya terbuat dari Lego. Dan ratusan macem permainan Lego, mulai yang diperuntukkan untuk usia 3+ sampai yang sudah dewasa ada di sini. Harganya? Starting from EUR 10 untuk jenis lego yang termasuk mudah, sampai dengan ratusan EUR untuk level yang tersulit.

 

 

2. FERNSEHTURM BERLIN (Menara Televisi Berlin)

objek wisata yang harus didatangi saat ke berlin jerman

pemandangan kota berlin dari atas FERNSEHTURM BERLIN (Menara Televisi Berlin),

 

Mengunjungi Berlin Tower ini termasuk salah satu yang tidak boleh dilewatkan. Naik ke atas, pengunjung  bisa melihat kemegahan kota Berlin. Mulai dari distrik sentral dan pinggiran kotanya. Ketinggiannya mencapai 368 meter dan lokasinya ga jauh dari Alexander Platz.

 

objek wisata di berlin jerman

menara televisi berlin

 

3. BERLINER DOM (Gereja Buntung)

objek wisata wajib di berlin jerman

Berliner dom, atau gereja buntung yang mana bagian atasnya hancur akibat bom

 

Gereja ini dibangun sekitar tahun 1465. Sering disebut dengan gereja buntung karena bagian atas menaranya hancur akibat dibom sekutu. Sayang kami ga sempet melihat gereja ini dari deket karena keterbatasan waktu dan cuaca yang jelek saat itu. Untungnya karena gereja ini lumayan tinggi , masih bisa  foto-foto dari jauh.

 

 

4. BRANDERBURGER TOR

Merupakan bekas gerbang kota Berlin, dengan bentuk arsitektur Yunani. Lokasi gerbang ini disebut dengan NO MAN’S LAND. Karena terletak antara Jerman Barat dan Jerman Timur. Coba datangin gerbang ini pada malam hari, di saat lampu dengan berbagai warna menyala di sekitarnya… Cantiiik ^o^

 

objek wisata wajib di berlin jerman

salah satu tempat yang ga bisa dilewatkan untuk foto-foto :D, Branderburger tor, berlin

 

 

5. MUSEUM TOPOGRAPHY OF TERROR & POTSDAMER PLATZ

Dua tempat ini adalah tempat di mana kalian bisa melihat sisa-sisa peninggalan tembok Berlin. Kebanyakan of course sudah diratakan dan diberi marka yang dilapisi tembaga. Sehingga bila berdiri di tengahnya, kaki kiri akan menginjak Jerman Barat, dan kaki kanan menginjak Jerman Timur.

 

Tidak jauh dari sana, bisa mengunjungi Checkpoint Charlie yang dijaga oleh prajurit Amerika Serikat. Kalo mau foto-foto dengan prajuritnya juga ga dilarang loh ;).

 

objek wisata berlin jerman

batas antara jerman barat dan timur yang sudah diratakan

objek wisata di berlin jerman

  

 

 

6. GEDUNG PARLEMEN REICHSTAG

Gedung yang merupakan saksi unifikasi Jerman tahun 1990. Di sini antrian untuk melihat kubah kaca yang berada di bagian atas gedung lumayan panjang. Satu alasan yang bikin aku males  ikutan antri ;p. Foto-foto bagian depan ajalah  ^o^

 

objek wisata di berlin jerman

gedung parlemen reichstag

 

 

 7. MADAME TUSSAUD BERLIN

Ini dia tempat favorit kami berdua ^o^.  Puluhan patung lilin menyerupai tokoh-tokoh terkenal dunia, bisa  ditemukan di Madame Tussaud Berlin. Mulai dari Gorbachev, Markell, Einstein, Klinsmann, Nicole Kidman, The Beatles, even tokoh kartun Shark ada di sini.  Pas datang dan mau beli tiket , penjual tiketnya ternyata mahasiswa Indonesia yang lagi part time 😉

 

objek wisata di berlin jerman, madame Tussaud berlin

Bareng kang Obama dulu :p

objek wisata di berlin jerman

 

Puas banget mengunjungi Madame Tussaud ini sambil berfoto konyol dengan patung lilinnya. Oh iya, ada 1 patung lilin yang dilarang keras untuk difoto, even sampai dilindungi oleh kaca sekelilingnya. Patung siapa lagi kalo bukan  HITLER ;p.  Dari papan yang aku baca, patung lilin Hitler ini sengaja diberi kaca , karena beberapa tahun yang lalu seorang pengunjung Yahudi diam-diam membawa senjata dan memenggal kepala patung lilin ini. Konon karena dendam atas kekejaman Hitler  terhadap Yahudi. Sejak itu, untuk menjaga perasaan keluarga korban Hitler, patung lilinnyanya dikelilingi kaca dan di larang keras untuk difoto.

 

 

8. RESTORAN LEBANON AL-REDDA

Ada yang bilang, belum ke Berlin kalau tidak mampir ke restoran ini. Tempatnya sih biasa, tidak terlalu kecil juga. Pelayan dan koki semua bertampang Timur Tengah. Sesuai temanya yang Lebanon, tentulah yang dijual makanan-makanan khas daerah Timur Tengah.

 

Seporsi besar nasi dengan daging panggang dan tomat bakar plus sambal nya yang pedas berminyak, mmmm….bikin bener-bener ketagihan ^o^.  Harga lumayan murah meriah lagi. Cuma EUR 6 dijamin perut udah kenyang banget. Di tempat ini banyak sekali bertemu orang-orang Indonesia yang sedang berada atau tinggal di Berlin. Serasa ada di Jakarta ;p

 

Masih ada beberapa tempat yang sebenernya sempet aku kunjungin di sana, tapi karena selang waktu yang sudah terlalu lama dari saat aku pergi, sampai menuliskannya di Blog ini, jujur banyak lupa nama-nama tempatnya :(.   Hanya  jepretan beberapa foto yang sempet diabadikan yang bisa disharing  ;).

 

objek wisata di berlin, kastil spandau

Kastil Spandau, tempat yang punya kenangan gila ama pak suami ;p

objek wisata di berlin jerman

Aquarium transparan dalam lift. lupa ini di mana, kayaknya dalam mall gitu

objek wisata di berlin

objek wisata di berlin jerman

10 tanggapan untuk “EUROPE TRIP (PART4) WINTER IN BERLIN”

  1. Half a Traveller Half a College Student berkata:

    Wahh kak Fanny udah perna ke Eropa ~ 😮

  2. Enny berkata:

    Aahh…ini negara impianku tuk dikunjungi. Semoga, kelak anak anakku nisa kuliah di sana…aamiin

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Amiiin ;).. akupun pgn bgt kalo ankku bisa sekolah di sini.. suami selalu banggain sistem pelajaran di jerman yg bagus, kreatif, dan mendukung murid2 untuk berpikir kritis dan out the box.. bukan cuma nekanin hapalan doang.. 🙂

  3. Dee - @HEYDEERAHMA berkata:

    Wah senangnya udah sempet mampir ke Jerman. Hopefully someday bisa kesini juga yaaa 😉

  4. Nurul Sufitri berkata:

    Bisa beli makanan ala Tanah Air di Indo Markt itu sesuatu banget deh. Terasi, wow.. mungkin ada juga ikan asin yak hihihi 😀 Oooh jadi kaki kanan injak bagian Jerman Timur dan kaki kiri tuh jerman Barat ya? Itu..jalanan yang sudah dilapisi tembaga. Bersejarah banget pastinya ya. Btw papaku pernah dinas ke Jerman duluuu zaman aku masih SD. Eh di mana ya foto2nya. Coba dulu ada orangtua kita udah ngeblog, pasti keren hehee.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaaa, kalo di jerman ama belanda asyiknya krn ada toko indonesia di sana :p. Jd kalo kangen pgn masak makanan indo, bhn2nya ada 🙂

      Jd kangen pgn ke jerman lagi aku :D. Kmrn itu blm eksplor banyak, krn blm tergila2 bgt ama traveling :p

  5. renov berkata:

    Ayo maen kesini lagiiiii

    Setelah corona ditungguin loh

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Pastiiiiii ;). Tp sbnrnya yg pgn bgt didatangin itu Bonn mba. Krn suami lama di sana kan. Pas kecil :D. Jd aku mau liat tempat dia besar dulu kayak apa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.