D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Des 2019

25

SEHARIAN WISATA KULINER DI PURWOKERTO, ASELIIIK GA CUKUP

wisata kuliner wajib coba di purwokerto, sate kambing muda pak yani, gulai kambing muda pak yani,

Terakhir ke Purwokerto itu sekitar Desember 2013. Ceritanya pengen road trip keliling Jawa, dan Purwokerto masuk dalam list untuk disinggahi, walo hanya semalam. Tujuan utamanya jelas Baturaden,  karena ada spot-spot air panas yang pengen kami coba. Ga nyangka , 21 Desember kemarin bisa balik lagi ke kota ini, dalam rangka menghadiri pernikahan temen sesama alumni trip Korea Utara September lalu bareng Whatravel.. Ntah gimana, sepuluh peserta yang ikut bisa  jadi akrab, mungkin karena ga dapet sinyal selama di sana ;p , dan aku spare waktu khusus  untuk  hadir ke resepsi acara, walo lumayan jauh :D.

 

6 jam perjalanan Jakarta-Baturaden, mostly lancar walo sempet tersendat di daerah Cikampek, yang maklumin aja karena puncaknya mudik mendekati Natal. Bersyukur anak-anak ga mabokan dan koperatif selama di mobil :D.

 

Baturaden ternyata banyak berubah. Hawanya tidak sedingin dulu, malah  cendrung gerah. Thank God,  malam hari rada sejukan mengingat hotel Rosenda yang kami inapi tidak memasang AC. Lalu, ngapain aja semalam di Purwokerto? Selain datang ke nikahan tentunya :D.. Karena waktu yang sangat terbatas, jelas aku ga mau wasting time mendatangi tempat wisata. Selain capek karena ada 2 krucils yang suka rewel kalo disuruh jalan kaki jauh, kebayang aja pas musim liburan gini pasti ruamee dipadatin pengunjung. Makanya, dari awal kesini, akutu niat banget hanya mau wisata kuliner :D. Biar cuma sehari, lumayan puas nyicipin beberapa menu khas yang enak dan bisa borong belanjaan oleh-oleh pula.. Apa aja yang sempet kami icipin sehari  di Purwokerto?? Ini diaa listnyaaa 😉

 

 

AYAM GORENG SAE NIKI

Koh Simon, pengantin yang aku bela-belain hadir di acaranya, berbaik hati nyempetin  ngasih beberapa list kuliner wajib yang harus dicoba kalo ke Purwokerto. Salah satunya, SAE NIKI ini ;). Ayam goreng kampung biasa sih.. Dimakan barengan kremes, lalapan dan sambel yang pas pedesnya. Walopun di buku menu ada beberapa macam menu lain, tapi tetep yang paling spesial ya ayam goreng kampung. Kenapa aku suka, karena walopun digoreng, daging ayamnya tetep ga kering, dan bumbunya berasa. Empuk pula.. Warga Jakarta mungkin tau ayam goreng Berkah di daerah Blok M yang banget terkenalnya? Sae Niki ini rasanya persis ;)..  Kremesannya gurih, dan bebas ambil sendiri karena memang disediain  dalam wadah di atas meja . Buat yang suka ayam goreng kampung, wajiblah mampir kemari. Tempat luas kok, dan harga juga ga mahal-mahal amat. 2 porsi ayam, gorengan ati ampela, kepala ayam,  nasi goreng ayam sosis yang aku pesenin buat anak-anak, soda gembira, es teh leci dan 1 mineral water, hanya menghabiskan sekitar Rp108,000  doang. Murah kaan…

kuliner wajib coba di purwokerto, sae niki ayam goreng kampung, lokasi sae niki, makan apa di purwokerto, ayam goreng paling enak di purwokerto

kuliner wajib coba di purwokerto, sae niki ayam goreng kampung, lokasi sae niki, makan apa di purwokerto, ayam goreng paling enak di purwokerto kuliner wajib coba di purwokerto, sae niki ayam goreng kampung, lokasi sae niki, makan apa di purwokerto, ayam goreng paling enak di purwokerto

Nasi Goreng pesanan anak-anak

kuliner wajib di purwokerto, sae niki ayam goreng

 

Lokasi SAE NIKI: Jalan Merdeka no 18, Purwokerto

 

 

MAKAN DURIAN PINGGIR JALAN BATURADEN

Check out dari hotel di Baturaden, pak suami langsung heboh karena melihat penjual durian berjejer di pinggir jalan. Sebagai pecinta durian, jelas aku ga bakal ngelewatin kesempatan untuk nyicip-nyicip dulu si raja buah ini. Ga pake kelamaan  milih, kami berhenti di salah satu penjual yang kliatan sepi, trus minta dibelahin  buah yang manis. Duriannya dari Kebumen, dan kebanyakan baru panen. Yang dipilih si abang, lumayan gede, manis (walo ga semanis durian Medan :D) , dan cukup banget untuk berlima (aku, suamik, mama, plus 2 krucils). Ga pengen kebanyakan, inget umur cong ;p hihihihi.

wisata kuliner di purwokerto, makan durian di baturaden wisata kuliner di purwokerto, makan durian di baturaden wisata kuliner di purwokerto, makan durian di baturaden

 

 

SOTO SUNGEB 1

Soto terkenal di Purwokerto biasanya yang di jalan Bank. Aku pernah nyobain Soto H Loso Jalan bank, pas trakhir kesana. Enaaaak memang, tapi karena udah pernah, kali ini pengen icipin soto khas sini, tapi yang belum pernah dicoba. Lagi-lagi Koh Simon kasih rekomendasi untuk nyobain SOTO SUNGEB 1, yang lokasinya masih di sepanjang jalan Bank. Kecil bangettt, udah berdiri sejak tahun 1970an, dan rasanya ternyata beneran ga kalah enak dengan soto sejenis yang lebih terkenal . Sttt, denger-denger, soto Sungeb ini yang duluan berdiri lalu diikuti oleh soto-soto lainnya.

wisata kuliner di purwokerto, soto sungeb purwokerto, sroto enak di purwokerto, kuliner wajib coba purwokerto

 

 Seporsi soto/sroto  terdiri dari lontong, suwiran ayam kampung, seledri, daun bawang, kremesan kerupuk berwarna kuning dan merah, bawang goreng,  lalu disiram kuah bening yang gurih . Yang bikin rasanya makin jossss, udah pasti sambel kacang, bikin rasa soto ini makin gurih pedas. SUKAAAAK BANGETTTT.. Kalo di warung soto lainnya menyediakan menu sampingan seperti mendoan dll, di Soto Sungeb hanya menyediakan  menu soto thok.

wisata kuliner di purwokerto, soto sungeb purwokerto, sroto enak di purwokerto, kuliner wajib coba purwokerto

 

Untuk harga, masih murahlaaah. Pesananku yang terdiri dari 3 soto, dan 3 teh manis, hanya sekitar Rp68,000 kalo ga salah inget. Yang pasti ga mungkin lebih dari 100ribuan ;p

wisata kuliner di purwokerto, soto sungeb purwokerto, sroto enak di purwokerto, kuliner wajib coba purwokerto wisata kuliner enak di purwokerto, sroto paling enak di purwokerto, sroto sungeb purwokerto

 

 

Lokasi Soto Sungeb: Jalan RA Wiryaatmaja no 23 A, Purwokerto

 

 

BELANJA OLEH-OLEH DI TEMPE KERIPIK DAN MENDOAN MIRASA

Sembari nurunin isi perut berisi Sroto barusan ;p, mampir dulu dong  beli oleh-oleh ;). Pilihanku jatuh ke Mirasa, yang keliatannya rame, dan menjual aneka getuk juga mendoan. Apalah arti datang ke Purwokerto tanpa makan mendoan yaaa kaaaan ;p. Cemilan oleh-oleh yang dijual juga  banyak jenisnya, walopun ga semua khas Purwokerto. Tapi lumayanlaaah, keripik tempenya enaak, asin gurih. Di sini nih ,  aku kalap membeli ntah apa aja, dan ujung-ujungnya bikin budget jadi exceed ;p

di mana beli oleh-oleh purwokerto, tempat murah dan enak beli oleh-oleh, mendoan enak di purwokerto, mirasa keripik tempe

di mana beli oleh-oleh purwokerto, tempat murah dan enak beli oleh-oleh, mendoan enak di purwokerto, mirasa keripik tempe, getuk purwokerto di mana beli oleh-oleh purwokerto, tempat murah dan enak beli oleh-oleh, mendoan enak di purwokerto, mirasa keripik tempe, getuk purwokerto di mana beli oleh-oleh purwokerto, tempat murah dan enak beli oleh-oleh, mendoan enak di purwokerto, mirasa keripik tempe, getuk purwokerto

 

Lokasi Tempe Keripik dan Mendoa Mirasa: Jl Mayjend Sutoyo Purwokerto.

 

 

ES BRASIL

Seorang temen di FB  ngerekomendasiin untuk icip-icip eskrim di sini. Walo memakai nama Brasil, sebenernya ga ada hubungan samasekali sih. Kata Brasil merupakan singkatan dari kata “BERHASIL”, yang beneran ampuh dan ngaruh,  terbukti dari tahun berdirinya sejak 1968, toko es krim ini masih exist,  walo dihadang oleh es krim-es krim kekinian yang banyak tersebar sekarang.

es brasil purwokerto , es krim jadul purwokerto, kuliner lama di purwokerto, kuliner enak purwokerto, makan apa di purwokerto

es brasil purwokerto , es krim jadul purwokerto, kuliner lama di purwokerto, kuliner enak purwokerto, makan apa di purwokerto

 

Kalo mau jujur, ga ada yang spesial dari rasa eskrimnya. Ga akan bisa dibandingin juga dengan rasa es krim Walls, Campina, apalagi Baskin Robbins dan Hagen Daaz. Jauuuuhlah. Tapi suapan pertama dari es krim yang aku pilih, memory langsung terbang balik ke zaman dulu ,  di mana tiap sore aku setia  nungguin penjual es tung tung bang Jhon (nama penjual es krimnya), untuk membeli es krim yang dimakan dengan roti. Enaaak banget rasanya untuk ukuran dahulu kala ;p. Nah rasa es Brasil ini samaa! Yang coklat, vanilla, dari rasa kliatan banget ga pakai susu. Manis dengan sedikit gurih yang mungkin dari santan kali yaa… Anak-anak juga memesan es krim yang dibentuk jadi badut. Pilihan Pak Suami, udah jelas es krim coklat dengan porsi guedeee. Sayang cuma es krim cake tutty fruity  pesananku yang rasanya agak failed. Kirain bakal sama enak kayak es sejenis yang di jual di ES TENTREM, Solo. Jauh beda, ga seenak Tutty fruitynya Es Tentrem.

Es Badut

es brasil purwokerto , es krim jadul purwokerto, kuliner lama di purwokerto, kuliner enak purwokerto, makan apa di purwokerto es brasil purwokerto , es krim jadul purwokerto, kuliner lama di purwokerto, kuliner enak purwokerto, makan apa di purwokerto es brasil purwokerto , es krim jadul purwokerto, kuliner lama di purwokerto, kuliner enak purwokerto, makan apa di purwokerto

Es Cake tutty fruity yang rasanya agak failed

es brasil purwokerto , es krim jadul purwokerto, kuliner lama di purwokerto, kuliner enak purwokerto, makan apa di purwokerto

Yang paling banyak dibeli orang, es krim ini

es krim jadul purwokerto, es brasil purwokerto, es krim enak dan murah khas purwokerto

 

Harga 7 es krim yang kami pesan, hanya menghabiskan Rp87,500 saja :).

 

Selain menjual eskrim, restoran vintage ini juga menjual makanan prasmanan dengan aneka lauk. Untuk bisa bertahan, ownernya sudah memikirkan diversifikasi usaha ternyata :D. Karena kalo kulihat, orang-orang banyak datang kesini justru untuk makan berat.

es brasil purwokerto , es krim jadul purwokerto, kuliner lama di purwokerto, kuliner enak purwokerto, makan apa di purwokerto

 

Lokasi Es Brasil: Jalan Jend Suprapto no 25, Purwokerto

 

 

SATE KAMBING MUDA PAK YANI

Mendekati waktu makan siang, aku kepengin nyicipin sate kambing yang ramai  dijual di kawasan Purwokerto. Sate kambing muda pak Yani ini ga susah ditemui, karena memang sudah ada di Gmaps. Ga terlalu gede, tapi lumayan bisa nampung beberapa keluarga. Aku langsung memesan 2 porsi sate kambing, seporsi gulai kambing, nasi putih yang ditaro dalam wadah, 3 aqua, 1 es teh manis dan teh tawar anget untuk mama.

kuliner wajib coba di purwokerto, sate kambing muda pak yani, sate enak di purwokerto, gulai kambing enak di purwokerto, kuliner murah dan enak di purwokerto

 

Seporsi gulai kambing (Rp30,000) ternyata  buanyaaak ! Cukup banget dimakan rame-rame gini. Rasanya memang ga sekuat gulai kambing khas Aceh ato Sumatra yang kaya rempah-rempah yaaa.. Yang di sini lebih light, ga terlalu banyak rempah, dan ga terlalu asin. Pas buatku yang memang ngurangin garam. Kalo toh mau lebih asin, tinggal tambahin garam yang ada di setiap meja. Potongan daging dan jeroan kambing beneran ga pelit dikasih. Empuk banget karena masih muda  yaaa kambingnya.

kuliner wajib di purwokerto, kuliner enak dan murah purwokerto, gulai kambing muda pak yani, sate kambing muda pak yani purwokerto

 

Begitu datang sate, aku langsung happy melihat dagingnya yang menul-menul , empuk dan ga bau  prengus loh! Sambelnya pake kecap cabe rawit, irisan bawang merah dan tomat. Seporsi sate yang dihargai Rp38,000 ini, bikin muka kami semua happy bisa makan enak dengan harga murah :D. Di Jakarta, seporsi sate kambing gendut-gendut begini, biasanya dipatok Rp50,000 .

kuliner wajib di purwokerto, kuliner enak dan murah purwokerto, gulai kambing muda pak yani, sate kambing muda pak yani purwokerto

 

Perut kenyang, hati senang, dan kami siap balik ke Jakarta menembus kemacetan 😀

 

Lokasi Sate Kambing Muda Pak Yani: Ruko PJKA Blok A no 17. Jl Jend Sudirman

 

 

Sayaaaang, aku cuma punya waktu sehari di Purwokerto. Seandainya lebih, bakal bisa  mengeksplore  lebih banyak kuliner lainnya. Tapi ga papa, toh bisa ketemuan dengan temen-temen trip Korut , nyobain beberapa makanan khas, ngerasain nginep di Baturaden, itu aja udah bikin happy ga kepalang :D. Aku mah gampang disenenginnya, cukup jalan-jalan dan makan, udah bahagia ga terkira ;p . Kapan-kapan jadi pengen ngerencanain road trip lagi ah 😉

74 tanggapan untuk “SEHARIAN WISATA KULINER DI PURWOKERTO, ASELIIIK GA CUKUP”

  1. Yasinta Astuti berkata:

    Wah mbaaaaak, mendadak lafaar aku. Dan itu es Brasil kok lucu – lucu gitu ya bentuk es nya.
    Aku kira kaya Purwekerto itu ga seru soalnya temenku bilang gada apa-apa. Ternyata dia yang jarang main kali ua, ternyata wiskulnya mantap

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Akupun blm banyak eksplor kalo wisatanya ya mba :D. Krn tiap kesini selalu bentar bangetm jd mau ga mau paling mentok wiskul ajaaah :D. Udh puaaaas banget

    • Muna Fitria Hidayat berkata:

      Bumil baca ini malem2 dan langsung lapar kepengen makan yang kayak begituan semuanya di atas.
      Getuk goreng. Sate kambing. Gule kambing. Waaa..!! 😫

  2. Sulis berkata:

    Sehari, tapi ternyata yng diicip dah macem2 bngt mba…

    Es krimnya, mngkn kayak es dung2 itu ya mba. Bahan dasarnya santan sama gula, bukan susu..

    Btw, filly udah gede… Jarang nongol di blog kan blkngan…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaaa kayak es dungdung mbaa :D. Es simple banget kan yaa, tp enak aja :D. Hihihi anaknya udh mulai males difoto. Jd udh jrg masuk blog emaknya :p

  3. Rudi Chandra berkata:

    Soto dan sate kambingnya sukses bikin ngiler.

    Jadi laper.

  4. Tia berkata:

    Mbaaaaa, totalitas banget kulinerannya.. hehe..

    Aku punya sodara di purwokerto, tapi malah belum pernah kesana. batu raden memang wisata yang paling hitz sih di purwokerto. kabar nya juga sekarang banyak wisata-wisata baru yang ngehitz di purwokerto. mba fanny kemarin gak eksplore wisata juga nih?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ga mba. Cm kuliner. Krn pergi Sabtu , pulang Minggu. Yg ada capek badan kalo maksa utk wisata :D. Wiskul aja udh paling bener kalo cm segitu waktunya

  5. Henny F Lestari berkata:

    Salam kenal Mbak Fanny,

    Emesh banget sama blognya Mbak Fanny, jalan-jalan kece terusss euy, keren… 🙂

    Aku penggemar Baturaden jg Mbak, kampung ku disitu soalnya qiqiqi… Keren banget ulasannya, bikin laper dan kangen pulang kampung deh rasanya..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Haaai mba, makasiiih udh mampir :). Waaaah kampungmu di Baturaden toh . Enaak bgt kalo mudik bisa puas2 kulinernya yg enak2 semuaaa 🙂

  6. Nita Mbul berkata:

    Waaak tumben mb fan ga pesan hotel yg ada ac nya ?

    Wah urusan ayam kampung akutu selalu maju yang paling pertama, karena bener daginge ga cepet keras dan dialub alub doang abis itu digoreng uda ngresep gurih sampe ke tulang2 ketimbang ayam lehor sliias pedaging

    Enak klo kremesannya bole ambil sepuasnya, secara itu kan bonusnya ayam kampuang hihi

    Tp jujur aku ga tau ayam kampung yang di blok m loh, kok jd pnasaran, slama ini masi cucok ayam suharti aku blom pernah nyobain yang lain, penisirin euy

    Klo duren kebumen aku mlh blom pernah makan dong #lah piye to mbul sebagai warga bumen asli kamu tu ya haha
    Aku seringe nyobain dureng purworejo daerah kaligesing yang emang pusate duren mb fan

    Oiya bener tu, duren medan emang tiada duanya, manis banget…jadi inget duren ucok klo ngomongin duren medan

    Btw pertama kali baca post yang ini mataku langsung tertuju ke bagian eskrim brasil yang tampilan tone warnanya mirip gethuk trio khas magelang xixixi, kayanya enak klo kulineran sambil nostalgia ala2 makanan vintage gini. Aduh mupeng ^_________^

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Waaaah kamu hrs cobain ayam goreng berkah blok m nit. Aku taunya itu Krn pernah msk tivi hihihi. Trus coba, dan emang enaaaak. Walo agak mahal Krn lokasinya jg daerah selatan sih :p. Mana udah punya nama.

      Tapi hrs siap Ama antriannya yg panjaaaang … Aku pas kesana jd duduknya di restoran sebelahnya, tp hrs pesen makanan dia juga hahahaha. Yo wislah drpd g ada duduk

  7. Mugniar berkata:

    Es rotii, jadi ingat jenis jajanan jaman SD, di sekolah ada yg pake gerobak. Sekarang gak pernah lihat lagi.

    Btw, ini semua kuliner yang direkomendasikan ke Mbak Fanny memang enak semua ya. Jadi ngilerrr

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naaah iyaaaa es krim yg aku suka zaman dulu itu makannya pake roti. Duuuh LBH enaaak drpd es krim 1 dolar singapur yg sama2 roti ya mba hahaha

  8. Bang Day berkata:

    Cukup dengan 1 foto durian maka kuliner lainnya terabaikan mba.
    Padahal awalnya liat foto pertama udah ngences aja, gulai kambing yummy

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha kamu pecinta kls berat duriaaan ya mas 😀 . Durian memang buah trnikmat sih. Tp Krn umur udh kepala 3, aku udh ga berani makan terlalu banyak. Kalo duluuu, hayuuuk ajaaa

  9. Bara Anggara berkata:

    bring backs memories.. purwokerto tu udah lekat bgt dengan hidupku..
    dari kecil sampai SMP udah sering bolak-balik sama keluarga.. Sae Niki tu termasuk resto langganan keluargaku haha..
    lalu SMA di purwokerto..
    lalu kuliah walau di jkt tapi masih sering ke purwokerto karena waktu itu pacaran sm orang purwokerto hahaha..

    -Traveler Paruh Waktu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ga puas banget mas cm sehari. Beneran msh banyaaaak kuliner lainnya yg hrs dicoba :D. Aku pgn road trip kliling Jawa lagi ih . Puas2in kuliner

  10. ellafitria berkata:

    Hai mbaaaak. Deket bgt purwokerto ke kotakuu. Sejam laah, huhu
    Enak2 kan kuliner purwokerto? Es brazil legend bgt tuh, ditunggu main ke sini lagi yaaa

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kotamu di mana toh mbaa :D. Aku memang pgn bangettttt bisa road trip lagi kliling Jawa kayak dulu. Trus nyobain kuliner 2 di setiap kotanya. Ya ampun impian bangetttt itu :D.

  11. Reyne Raea berkata:

    hihihi, sehari, tapi makannya beragam hahahaha.
    Saya naksir ayam gorengnya banget tuh Mba, di Surabaya dulu ada tuh ayam goreng jenis gitu, namanya ayam goreng Susanti.
    Sayang sekarang udah nggak tahu pindah ke mana tuh ayam goreng.
    Dulu saya sering makan di situ sama bos saya yang dari Jakarta.

    Kalau sotonya, kayaknya kurang menarik tuh, karena kerupuk disiram kuah nya mengganggu selera hahaha.
    Es krimnya lumayan murmer ya, 7 porsi cuman segitu, saya bakalan bahagia banget kalau bisa cicipin banyak macam, tapi murmer hahaha.
    Dan gulainya ampun menggoda Mba, kebayang sudah nih gurih dan enaknya, nyam.
    Mba Fanny mah juara kalau bikin ngiler melalui foto dan tulisan hahahahaa

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hihihi, aku padahal paling suka Ama sotonya mba :D. Mungkin Krn aku terbiasa makan Ama kerupuk, jd kerupuk dikasih kuah gini aku paling sukaaaa hahaha. Tergantung selera sih memang. Ada temen yg ga suka sroto Krn pake sambel kacang, dia bilang eneg. Mungkin Krn ga suka sambel kacang juga. Tp sroto ga lengkap tanpa sambel kacangnya :p.

      Naah ayam gorengnya enaaak memang. Manis dan lembut dagingnya. Apalagi makan pake sambel dan kremes :p

      • Reyne Raea berkata:

        Hahaha iya Mba, saya membayangkan krupuknya kena kuah itu kurang enak aja kalau saya 😀
        Makanya, sampai detik ini saya belom pernah sama sekali makan jajanan apa sih namanya yang isinya macam-macam gitu, termasuk kerupuk terus dimasak dengan kuah.

        Serius mending liat bubur Manado yang juga isinya beragam ketimbang itu hahaha.

        Emang selera orang macam-macam ya 😀

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Kebalik kit kalo soal bubur menado :p. Makanan menado itu rata2 aku suka banget, kecuali buburnya :p. Ga napsu lgs, apalagi liat sayur kangkung layu hahahaha. Ato bisa jd ku ga suka bubur menado Krn diaduk semua kali yaaa. Soalnya ga mungkin ga diaduk kankalo bubur menado ini. Semnatar utk bubur, aku LBH suka masih blm teraduk hahahahah

  12. Rahmat Fadhli berkata:

    Wah asik banget kulineranya di purwokerto mbak. Jadi pengen ikutan eksplor. Apalagi pas liat gulai kambing muda dan durennya. Auto ngiler

  13. Syaiful BS berkata:

    Kak Fan, Ini kok makananya enak-enak banget sik kak. Aku sampek ngiler tau bacanyaa hehe. Aku tergoda banget sama Ayam Gorengnyaa itu loh kayaknya enak makan sama nasi anget dan sambel hehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ayam gorengnya memang ENAAAAK mas :D. Empuk, legit, blm lagi kremesannyaaa :D. Duuuh jd pgn lagi aku

  14. uyo yahya berkata:

    baca postingan ini terutama liat foto2 makanannya bikin saya flasback dulu pengen banget kuliah di kota Purwokerto. Apa daya gak jadi.

  15. Justin Larissa berkata:

    Kangeeeen Purwokerto. Dulu mbakku kuliah di sana, jadi beberapa kali nyamperin dan cicip cicip makan di sana juga. Kata mbakku, makanan paling enak di PWT adalah mendoan hahahaha.

    Tapi aku pernah coba tuh sate Pak Yani, pas aku coba, manis banget wkwk. Dulu ada ayam bakar wong solo, heits banget, manis banget juga hahaha. Kangen deh ke sana. Kota kecil sok asik tapi nyenengin.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku makannya Ama potongan rawit mba, supaya ga terlalu manis :D. Baru deh rasanya manteeeep. Pedesnya lgs nampool :D. Kalo mendoan aku justru suka makan GT aja, tanpa saus hahahah.

  16. Rohyati Sofjan berkata:

    Soto yang dengan lontong belum pernah saya coba, suwiran ayamnya banyak, tuh. Jadi pengen karena saya belum pernah dapat soto yang suwirannya ekstra gitu. Pernah pikir yang di pasar banyak, ternyata masih kalah banyak. Mungkin harga yang jadi pembeda.
    Saya fokus pada getuk gorengnya, ya ampun, getuk itu makanan favorit saya dan susah benar dapatkan getuk zaman sekarang. Tapi getuknya unik pakai aneka rasa.
    Durian medan kayak gimana manisnya? Belum pernah ngerasain. Bikin mupeng saja. Di kecamatan ada yang jualan durian lokal tetapi saya tidak tahu rasanya. Pernah icip durian yang ditanam suami teman di pekarangan rumah keluarga suami, rasanya manis tapi tiodak terlalu manis legit.
    Purwokerto unik, ada banyak sisi tradisional yang menarik dikunjungi. Kalau jelajah kuliner di Purwokerto memang bakal bikin kenyang, hi hyi.
    Saya barusan makan tetapi setelah baca ini jadi kepengen ngerasain tempe mendoan. Kayaknya harus bikin sendiri agar kesampaian. Meski rasanya beda, hi hi.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo soto, aku sering nemu pake lontong mba. Walopun kdg disediain juga nasi. Kdg aku LBH seneng pake lontong, jd ga terlalu begah kentangnya

      Durian Medan itu manisnya legit, trus ada jg yg manisnya kombinasi agak pahit, tp pahit enak, bukan yg nyelekit banget. Makanya aku LBH seneng durian Medan sbnrnya 😀

  17. Hani berkata:

    dari foto pertama aja aku udh ngiler mba. kuahnya mantep banget. dan harganya gak begitu mahal banget, standar lah. bisa dicoba nih kalo ke purwokerto.

  18. berbagifun berkata:

    kuliner purwokerto yang pernah kucoba ya cuma getuk goreng, mendoan dan soto sokaraja. selain itu, yang disebutkan diatas, belum pernah semua, heuheuheu.

  19. Akbar S. Yoga berkata:

    Jika es krim itu pakai santan berarti ada asin-asinnya gitu, Mbak? Kayak es dung-dung yang abang-abang lewat? Saya jarang banget sih coba-coba es krim yang makan di tempat. Selama ini selalu yang di kemasan seperti Walls, Diamond, Campina, atau yang paling murah: Aice.

    Beli Gelato cuma 1 apa 2 kali gitu. Terus beberapa tahun lalu mau coba Ragusa aja justru batal karena penuh tempatnya dan antreannya meluber.

    Bisa dibilang itu dalam sehari udah cobain banyak, Mbak. Selain es krim sempet makan soto, sate kambing, durian pula. Saya ketika main ke suatu daerah, paling-paling dalam sehari cuma dua jenis makanan. Perut saya bakal kesulitan menampung banyak-banyak.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hihihii, kamu nyindir makanku banyaaak yaaak hahahahaha.

      iyaaa yog, yg kayak es abang2 , jd ada sedikit rasa asin gurih gitu. khas banget es krim zaman dulu laah :D.

      ragusa tp aku agak lupa rasanya.. itu udh lama banget makan di sana, pas belum nikah. tp kalo aku sampe lupa rasanya, berarti ga terlalu enak hihihi

  20. Sabda Awal berkata:

    sotonya keliatan bening ya mbak, kalau di medan mungkin di medan namanya berubah jadi miso, hahah.. karena miso di medan pakai santen, jadi rasanya gurih

    sini mbak maen ke medan. Makan durian, hihih

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      laaah akukan org medan mas.. kalo mudik ke medan, ya pasti aku ke kedai durian ;p. makan duren ampe puas. biasanya di durian si bolang fav ku

  21. Ranny berkata:

    Itu ayam gorengnya murah sekali ya Fan, apalagi ayam kampung. Ish bikin laper. Belum pernah ke Purwokerto, tapi aku tandaii daah tempat-tempat yang di sini. Eh sotonya pun unik, ada saus kacang gitu. Sepertinya enak.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kamu pasti suka dan terbiasa ama saus kacang begini. kulliner medan kan banyak tuh yg pake. di menadopun bukannya nasi kuningnya pake sambel kan ya? aku pernah makan nasi kuning menado di Karawaci, itu pake sambel kacang. mantep bangettt 😀

  22. Sera W. berkata:

    Duren yg bergelantungan, ow ow ow, lap iler dulu.
    Btw itu bumbu kacang buat sotonya kek apa ya rasanya? Kek pecel apa gimana? Serius belum pernah makan soto pake sambel kacang, haha.

    Mendoan, lap iler lagi.
    Getuk goreng? Hmm aku dulu pernah dikasih oleh2 kripik gethuk, dan itu sukaaaaa banget. (Glek)

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      sambel kacang itu lebih encer mba.. sbnrnya mirip saus ketoprak ato gado2, tp lebih encer dan cabenya lbh banyak. jd lbh cock disebut sambel :).

      memang enak2 bangettt makanan purwokerto inin;)

  23. ulfah berkata:

    waduhh bikin lapeer nih fotonya haha. aku hampir kebalik tadi lo, kirain Purwakarta rupanya Purwekerto wkwkw

  24. Nita Lana Faera berkata:

    Ahaaa… sekalian kondangan plus liburan dan kulineran ya. Mulai dari durian, soto, sampe jajan keripik buat dibawa ke Jakarta.

  25. Aulia berkata:

    Auto ngiler nih baca cerita kulinernya mbak Fani. Aku ga nyangka, ternyata di Purwokerto banyak wisata kulinernya yaa! Apalagi si ayam goreng dan sotonya.. hmm.. Jadi pengen ke Purwokerto. Makasih ulasannya mbak!

  26. Herva Yulyanti berkata:

    wah mantab mba Fan dari sesama teman travel ke Korut jadi berlanjut yah sampe belain datang ke Purwokerto buat hadirin acara nikahan hahaha..

    btw dari semua kulinernya aku kok pengen banget soto sungeb yah dan harganya wow mursidah cuman 68rb wkwkk emang yah kalau ke daerah sana tuh mursidah 🙂 jadi tahu nih Purwokerto juga banyak wiskul

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Itulah hebatnya Whatravel. Bisa bikin pesertanya ttp kompak even setelah trip berakhir :D.

      Samaaa, fav ku jg soto Sungeb mbaaa. Segeeeeer, gurih, enaaak lah pokoknya

  27. Gilang berkata:

    Ya ampun kalau mampir ke blognya mba Fanny tuh auto laper liat gambar makanan. Hemat ya mba kalau kulineran di Purwokerto. Dari mulai Ayam Sae Niki, sampai gulai dan sate kambingnya menggoda semua. Tapi aku paling penasaran sama sotonya, musim hujan gini kan enak makan yang berkuah-kuah hehehe.

  28. Desy Yusnita berkata:

    Membaca kuliner disini membuat aku lapaaar, duh semua ngilerin deh. Btw si es krim Brasil itu mirip Ragusa kah rasanya?

  29. Rachmanita berkata:

    Enak enak banget ini sumpah makanannya…bikin ngiler semua dan paling salfok dan pengen ya duren itu aku

  30. Eryvia Maronie berkata:

    Mantap nih sempatin berwisata kuliner walau cuman sehari di Purwokerto.

    Saya langsung ngiler sama Es Brasil, kayaknya legend banget tuh ya di sana.

  31. Zizy Damanik berkata:

    Hehehhee…
    Memang kalau namanya kulineran sih gak mungkin cukup sehari. Minimal sih dua hari ya, dan harus makan sedikit-sedikit biar cukup di perut.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Betuuuul sekaliiii :p. Kalo cuma sehari, akupun lebih milih makannya dikit2, yg ptg bisa nyoba banyak hahahaha

  32. lendyagasshi berkata:

    Dari sepanjang cerita kuliner ini, yang aku hi-lite Whatravel.
    Nempel banget karena kemarin kasus keluarga GH yaa…
    Hihii~
    Aku salut sama persaudaraannya beres travelling masih terjalin dengan baik dan kompak.
    Berarti kemarin ke Korut Open Trip yaa..?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya mba, pas ke Korut itu memang pake travel Whatravel ini. Krn kan aturan kesana Wajib pake travel yg sudah licensed. Jd full trip, dari JKT sampe balik LG hrs dgn travel. Ga bisa pergi sendiri.

      Itu yg aku suka dr Whatravel, mostly yg ikut anak muda, dan asik2 banget orangnya. Bisa gitu kita ttp kompak begini, bahkan jd sering jalan bareng

  33. Roosvansia berkata:

    Wahhhh banyak jg referensi makan disana ya mba. Kerennnn. Ak jd kepo sama eskrim kopiknyaaa. Kyknya enakkkk deh yaaaa. Ah pengen.

  34. Enny Ratnawati berkata:

    Ya ampun ini makanan purwokerto enak2 bgt yaaa…getuk goreng memang sering jadi oleh2 ya kak. sayang udah lama nggak ada yang ngasih oleh2 ini hahaha

    walau makanan ini bbrp ada yang mirip di tempat lain tetap aja ditempat aslinya beda bgt ya kak..tks sharingnya

  35. Nurul Sufitri berkata:

    AKu tuh ke Purwokerto cuma lewat doang hihihihi…Ah jad kepengen nyobain soto sungeb deh. Murah amat ya segitu mah. Nambah lagi kah mbak Fannya? hihihi.. Ternyata sejak tahun 1970 ya…Pioneer gitu ya eh diikutin soto2 lain hhmm.. 🙂 Makan duriannya asik amat berempat kelihatan bahagia gitu. 7 es krim 68K Mantapp enak itu ga rugi 😀 Perjalanan yang seru banget ya 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kalo acaranya ga mau kulineran, aku pasti nambah mba ;p.. sayangnya krn msh banyak yg mau dicoba, seporsi dululaaaah ;p

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.