D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jul 2013

01

MACAM-MACAM RASA KULINER DI MANILA & CLARK

Tujuan utamaku datang ke Manila sebenernya hanya untuk wisata kuliner. Jujur aja, tempat-tempat wisata di sana seperti Intramuros, , Santiago Fort, Rizal Park, even ada yang datang ke taman makam pahlawan, samasekali ga menarik minatku ;p. Kecuali Marikina Shoe Museum yang mungkin menarik untuk  didatangi. Secara aku suka kalap kalo ngeliat sepatu-sepatu dijual ;p. Tapi sayangnya kita ga ada waktu untuk kesana.

Dan here they are..^o^, semua makanan-makanan yang kita coba selama di Manila,  dan Clark

1. KFC
Jangan salah…Walopun fast food yang satu ini bisa dibilang ada hampir di semua negara, tapi terkadang ada menu-menu yang hanya ada di 1 negara, tapi ga terdapat di negara lain.. Dan menu itulah yang aku coba. 😉

Chicken Chop with Rice  & Mushroom Soup

Chicken Chop with Rice and Gravy
Mushroom Soup. Ada Banyak Potongan Jamur Besar-Besar Di Dalamnya

Enakkk ^o^ Potongan ayamnya lumayan gede. Saus kental berwarna cream di tuang ke potongan ayam, bikin rasanya makin gurih. Dan cocok banget dimakan ama nasi. Walopun ga ada saus sambal yang pedas seperti di Indonesia, tapi samasekali ga mengurangi rasa enaknya. Luv it 😉

Mushroom soup nya juga sukaaa.. Panas, kental, dan ntah aku beruntung, ato memang semua soup disajikan sama, tapi aku mendapat potongan-potongan jamur yang besar dan banyak di dalam gravynya..Leezzaatoo (“,)

Tapi sayangnya suamiku cuma memesan original fried chicken dan nasi. Plus 2 coke untuk kita .Oh iya, enaknya di Manila ini, hampir semua restoran menyediakan free mineral water. Lumayan kalo mau menghemat ;p

Total harga yang kita habisin di sini, P209

2. SHAKEY’S PIZZA
Pizza ini ada banyak sekali di Manila. Dan kebetulan salah satu cabangnya, ada di dekat hotel tempat kita menginap. Ga ada salahnya untuk dicoba. Kita memesan, 1 medium pizza rasa premium Angus beef, 1 Mushroom Soup, 1 supershake big choco, 1 premium coffee mochacino dan tambahan mineral water untukku, yang emang ga bisa minum minuman manis sehabis makan ;p

Pesanan kita datang dalam 10 menit. Ayo cobain 1-1 ;).

Mushroom Soup nya, enak. Di atasnya dikasih taburan roti garlic. Walopun rasanya masih kalah dari mushroom soup KFC yang tadi pagi kita makan ;p . Yang di Shakey’s, jamurnya kurang banyak. Mungkin bener-bener dicacah  halus ke dalam soupnya sendiri. Tapi ga papalah.. Tetep lumayan dari segi rasa (Price, P70)
Mushroom Soup
Kental dan Panas 😉

Chocolate shake nya yang aku paling suka. Creamy coklat, ga terlalu manis, tapi juga ga pahit, dan ada taburan coklat meses di atasnya, plus 1 biskuit astor. Yuummiiii…(Price, P150)
Supershake Big Choco

 Hot Mochacino, lumayan enak, dengan gulanya dikasih terpisah. Namanya aja mocha, jadi rasa kopinya pun ga terlalu kuat, yang aku suka banget. Disajikan bersama biskuit cinnamon yang enak tapi terlalu manis. Cuma menurutku rasa terlalu manisnya malah jadi tersamar setelah kita mencicipi mochacinonya. Manisnya kopi, bertemu manis biskuit, biasanya akan membuat rasa biskuit menjadi tidak terlalu manis. Pas. (Price, P65)
Hot Mochacino

 Dan terakhir, Pizza Premium Angus Beef nya. Mmmmm..jujurnya sih, aku ga doyan ;p Ini tipe pizza yang rotinya tipis gitu. Sementara aku lebih doyan yang rotinya tebel kayak Pizza Hut ato Paparons ;p hahaha..Udah tebiasa ama roti pizza yang begitu. Tapi bagusnya, topping pizza ini banyak, ada seperti potato flakes di atasnya.Kejunya juga terasa banget, yang bikin rasanya sedikit asin. Suamiku sih doyan banget pizza yang begini. Jadi tergantung selera juga 😉 (Price, P255)
Pizza Premium Angus Beef
Hot Pepper Sauce aka Tabasco ala Phillipines ;p

Total harga semua setelah service charge yang kita habisin, P639

3. BLACK PEARL
Aku suka banget bubble tea. Sejauh ini bubble tea yang enak banget dan jadi favoritku, itu yang dijual di Bangkok. Namanya Pearl tea. Manisnya pas, bubble nya juga banyak. Nah kemarin di Manila, ngeliat penjual bubble tea di pinggiran jalan teluk Manila, deket Mall of Asia, tertarik deh pengen nyobain. Jadi kita berdua mesen, Blackforest Bubble tea, dan Choco bubble tea. Ini masuk dalam list “Paling Laku” dalam menu mereka. Pas pesanan kita datang, mmmmm…warnanya kok sama gini ya? Sumpah aku ga bisa bedain yang mana Blackforest, yang mana Choco.
Blackforest Bubble Tea
Yang Ini Choco Buble Tea. Apa Bedanya Coba??!

Dan begitu dicoba….Gilaaaaaaaakkk, ini Bubble Tea P.A.L.I.N.G  H.A.M.B.A.R  yang pernah aku rasain. Ga ada enak-enaknya. Yang punya suamikupun sama. Duhhh…. yang begini kok bisa jadi favorit sih ??! Total harga 2 bubble tea ini P62. Ga lagi-lagi deh beli di sini.

4. MANG INASAL
Nah, ini yang dari dulu pengen banget aku cicipin setelah baca blognya mas Cumi_mzToro ;). Mang Inasal ini salah satu fastfood restaurant yang lumayan banyak tersebar di Manila. Andalannya apalagi kalo bukan Ayam Bakar yang gurih, dimakan pake nasi panas yang boleh tambah sepuasnya (kalo beli paket yg boleh nambah nasi loh ya), trus sambel yang bisa kita racik sendiri dengan mencampurkan kecap asin, minyak, dan cuka. Dikasih 1 jeruk limo dan cabe yang boleh kita minta. And for info, cabenya peedddeeessss ennaakkkk ^o^
Ayam Bakar, Nasi Panas, dan Cabe Untuk diRacik Sendiri

Aku perhatiin ya, ada loh pembeli yang makan 1 paket nasi ayam ini, tapi nambah nasi berkali-kali. Kita sampe itungin dia nambah 5x booo… Bukannya kenapa-kenapa, tapi tuh ayam dia makan secuil-cuil  apa, sampe nasinya bisa 5x tambah ;p Dan petugas yang  kasih tambahan nasi, juga ga sedikit loh kalo naro nasi tambahan.

Untuk yang ambil paket, kita juga dikasih kuah soup gitu. Tapi rasanyaa… Ya ampunnn… assseeeeemmmm… Ga suka. Mirip-mirip sayur asem  tapi ga ada rasa. Duh, ga ku makan deh,

Aku juga nyobain terong mereka yang dikasih taburan tomat dan bawang merah di atasnya. Mirip Beberok Terongnya Taliwang ;p Trus ada sauce yang kurang nendang sih rasanya. Ga pedes samasekali. Tapi terongnya lembut dan enak.
Beberok Terongnya Mang Inasal ;p

Untuk penutup kita nyobain HALO-HALO., semacem es campur, yg isinya jelly, kacang merah, agar-agar, nangka, ubi manis, es krim, dikasih serutan es, juga biskuit mirip astor. Lumayan sih rasanya. Es krim di atasnya rasa Taro gitu. Keseluruhan, suka lah ama es Halo-Halo ini. Nyegerin banget.
Halo-Halo

Oh iya tapi kalo aku perhatiin, penyajian Mang Inasal di  1 cabang dengan cabang lain suka ga sama. Mang Inasal di kawasan Araneta Center, daging ayamnya agak kecil. Trus cabenya udah dibatasin hanya 2. Sedangkan yang di Mall of Asia, daging ayamnya gede, trus cabenya bebas kita mau ambil berapa 😉

Total semua makan di sini P261. Ini harga berdua loh… Murah kan..

 

5. JOLLIBEE
 Dan kesampain juga nyobain fast food terbesar di Phillipines. Yang saking banyaknya, hampir di setiap sudut jalan ada ;p. Kita mesen paket ayam spicy dengan nasi dan soup macaroni, beef burger, kentang goreng, coklat sundae, dan es krim milo pretzel crunchy. Kita cobain 1-1 ya 😉

Spicy fried chickennya enaaakkkk ^o^ dan beneran pedes di lidah. Apalagi kalo masih panas.. Tapi soup macaroninya aku ga doyan. Aneh gitu deh rasanya. Ato mungkin karena ada wortel kali ya ;p Aku benci wortel. Tapi suamiku mah suka-suka aja 😉
Paket Ayam + Nasi
Soup Macaroni

Beef burgernya, juga yummmiii…Dibikin persis seperti yang aku mau. Roti burger, ama daging di dalamnya. Terus dikasih olesan saus sambel yang rasanya ga pedes tapi enak. No onion yang aku benci banget, ato selada yang aku juga ga doyan ;p Hehehe..cukup burger dan roti.
Burger dan Kentang Goreng

Kentang gorengnya beda dari kentang-kentang goreng yang lain. Rasanya ga biasa. Tapi bukannya ga enak, malah aku doyan banget. Kentangnya sendiri panjang-panjang, garing di luar  tapi dalamnya lembut. Suka..sukaa…sukaaaa… ^o^

Kalo Coklat sundae dan Milo Pretzel Crunchy nya, cuma 1 kata. MANTEBH ^o^ Jauh lebih enak dari sundae nya A&W dan McD. Lebih creamy….
Coklat Sundae (kiri), Milo Pretzel Crunchy (kanan)

 

Total semuanya habis P430

 

6.PERSIAN KING KABAB
Terletak deket ama hotel kita di Quezon. Sesuai namanya, mereka menjual makanan-makanan Timur Tengah gitu, seperti kebab, shawarma, roti naan dan pita, kambing, samosa dll.

Yang kita pesen saat itu, 1 porsi Lamb Chop with Pita Bread, Shawarma with Bashmati Rice, Samosa dan minumnya segelas Semangka mixed with yogurt untukku, dan juice alpukat buat Raka.

Lamb Chopnya, enakk empukk, tanpa perlu susah payah dipotong, bumbunya meresap banget ampe ke daging. Sayangnya suamiku mesen dengan pita bread. Padahal menurutku kalo ini dimakan pake nasi Bashmati, rasanya bakal jauuhhh lebih nendang 😉 Trus asiknya, ada dikasih potongan tomat yang dibakar gitu. Mmmm… jadi inget restoran Lebanon yang juara banget di Berlin deh (“,).
Lamb Chop
Pita Bread

Shawarma with Bashmati rice, ini juga summpaahhh ennaakkk bangettt..Kecuali sayur-sayur kol yang ada di sisi piring, mengganggu de ;p. Dagingnya juaraaa ^o^ Empuk dan porsinya banyak lagi. Seperti lamb chop tadi, dagingnya pun termarinated sempurna. Dimakan gitu aja enak, dimakan pake nasi Bashmatinya apalagi. Nasi Bashmati ini sekilas diliat kering gitu. Tapi pas dicoba, wuuaaahhhh, love love love bangett ama rasanya ^o^ Begitu masuk ke mulut, sensasi lembut nasi dan ada rasa seperti butter yang bikin nasinya jadi enak dan gurih. Ga usah pake daging shawarmanya pun udah tasty. Juaraaa!!
Shawarma with Bashmati Rice

 Nah kalo Samosa, ini sih seperti pastel dengan isian kacang polong dan kentang. Jujur sih rasa isiannya yang aneh. Ga cocok buatku. Tapi kulit samosanya justru enak. Jadi deh aku makanin kulit luarnya, dan menyisihkan isian kacang polongnya ;p Belum lagi sausnya tuh. Adduuhhhh ga masuk banget ke lidahku. Paduan antara rasa asem, dan rempah timur tengah yang menyengat. Dipikir-pikir orang Filipina ini suka yang asem-asem yaa.. Rata-rata makanan mereka  itu kalo ga asem, ya manis. Pokoknya jarang banget ada yang pedes deh.
Samosa
Saus Samosa, Hitam, Asem, Menyengat ;p

Kalo ada yang rasanya parah, itu minumannya. Sumpah, semangka itu ga cocok banget dicampur ama yogurt. Rasanya jadi ga karuan. Antara asem dan hambar. Jadi baru 1 sedotan, udah ah, ga mau ngabisin ;p
Semangka Yogurt
Jus Alpukat

Kalo jus alpukatnya, lain lagi. Aku curiga mereka numpahin gula 1 botol ke dalamnya ;p Ga pernah aku ngerasain alpukat kemanisan gini. Terus ya, kalo dilihat dari bentuknya, awalnya aku bingung, ini si Raka mesen jus timun ato alpukat sih ;p?? Secara dari tampilan mirip banget ama jus timun.

Jadi total makan di sini kita ngabisin  P545. Murah banget kalo dibandingin restaurant Timur Tengah di Jakarta 😉

7. SAVORY CHICKEN CLASSIC
Pas lagi  jalan di Mall Glorietta 4, kita makan di fast foodnya. Pilihan Raka jatuh ke Savory Chicken Classic ini. Dia milih yang menu paket, terdiri dari seperempat ayam, fried rice yang kalo diliat dari bentuk sih, lebih mirip ke nasi kuning, treasure soup, sauce kental berwarna cream untuk ayamnya, dan 1 iced tea. Total harga P165.
Paket Ayam + Nasi + Soup SAVORY
 Kalo aku cicipin sih, rasanya ga istimewa. Tapi bukannya ga enak juga. Just So-so. Ayamnya lembut, tapi sayang saucenya manis. Kenapa sih di sini ga bisa nemuin sambel yang enak 🙁 Soupnya lumayan. kental dan banyak isiannya, seperti daging kepiting, putih telur dan wortel.

8. REYES BARBEQUE
Nah kalo Raka milih Savory, aku milih stand makanan yang ini untuk lunch. Ayam juga sih. Cuma beda bentuk aja ;p. Paket yang kupilih, Boneless  Grilled Chicken ama Fried Rice yang bentuknya  mirip nasi kuning juga. Jangan-jangan fried rice di Filipina ini emang berwarna kuning begini kali ya? Dikasih juga sauce untuk ayamnya, berwarna hitam kental gitu. Tapi pas aku colek sausnya, ya ampuuunnnnnnn ini mah KECAP MANIS sodara-sodara…hahahahaha… Tuhanku… aku kangen cabe 🙁 Rasa ayamnya lebih enakan yang punya Raka. Yang punyaku ini bener deh, manis banget.. Mereka grilled ayamnya pake madu apa ya. Nasinya hambar lagi. Duuhhh nyesel milih ini.
Boneless Chicken with Fried Rice
Nah itu yang ada di samping nasi, sayur yang terbuat dari pepaya muda, diserut gitu. Ntah bumbu apa yang mereka taro karena rasanya luar biasa asam. Langsung ga kusentuh lagi.

Total harga paket makananku P170

9. BLACK ANGUS, STEAK & RIB HOUSE
Malam terakhir di Filipina, kita habiskan di Clark. Dan tempat makan yang kita pilih adalah, Black Angus Steak and Rib House. Begitu masuk, cuma kita orang Asia berpasangan  yang makan di sana, dan sisanya bule-bule yang ditemani oleh cewe lokal ;p

Menu yang kita pilih, Striploin Steak (NY Cut) dan Striploin Steak Aussie Beef. Sebenernya aku bingung, Striploin itu sama ato beda sih ama Sirloin? Oke, ntar bakal di gugel ;p *SebelumAdaYangNgejawabGoogleAja

Menu kita datang. 2-2 nya dengan plating piring yang besar, terdiri dari steak, mashed potato, tumis jamur, 2 roti dan 2 wadah mushroom sauce di tiap piring.
Striploin Steak (NY Cut)
Striploin Steak Aussie Beef

Mashed potatonya masih anget banget, tapi pas dicoba, kok hambar yaaa 🙁 Rada`kecewa jadinya. Steaknya ok. Mereka bisa menyajikannya dengan tingkat medium rare sempurna. Tumis jamurnya juga enak. Tapi mushroom saucenya biasa. Hampir GA BERASA. Untuk harganya yang lumayan mahal, apa yang kita dapet ga sesuai ekspektasi sebenernya.

Total yang kita habisin P2400, udah termasuk 2 cola 😉

 10. PANCAKE HOUSE
Agak-agak mirip Pancious. Aku memesan 1 set menu roasted beef with rice, jagung manis and cesar salad plus 1 iced tea. Sementara suamiku 1 porsi pancake chocolate chips yang dikasih peanut butter atasnya, whipped cream dan sirup gula.

Roasted beefnya enakkk..Dipotong tipis-tipis, dan disiram saus kental yang gurih banget. Cesar saladnya ga begitu suka, karena saus untuk saladnya keasinan. Ntah apa yang mereka pakai sebagai dressingnya itu.
Roasted Beef + Nasi + Cesar Salad + Jagung Manis

Pancake suamiku juga lumayan. Diliat sepintas porsinya ga gede-gede amat. Tapi ternyata Raka sendiri ga mampu ngabisinnya ;p Ngenyangin banget. Pancakenya lembut, gurih dan wangi. Peanut butternya diolesin di permukaan pancake, lalu dicampur ama salted whipped cream, memberi paduan rasa manis, gurih dan sedikit asin. Enak bangett yang pasti.
Chocolate Chip Pancake with Peanut Butter & Whipped Cream + Syrup

Total belanja kita di sini P575

11. ICEBERGS
Ini restoran es krim gitu sih, walopun mereka juga nyediain makanan-makanan ringan  sebagai pendamping sambil menikmati es krim.

Aku memesan Kahlua Double Espresso (Price, P178). Dihidangkan dalam gelas tinggi, 2 scoop es krim rasa kopi, dituang sirup coklat di atasnya, ditaburi almond, marshmallows, dan coklat chips, dengan tambahan whipped cream dan 2 biskuit astor serta buah cherry di atas. Rasanya…. Ini es krim yang ENAK BANGET  yang pernah aku cobaa ^o^. Es krimnya itu ya…bedaaaa!!! Lebih kenyal, seolah mirip adonan dodol yang masih panas, dan bisa ditarik  gitu. Hanya saja ini dingin. Sumpah enak banget. Kopinya ga terlalu strong.. Agghhhh jadi pengin lagiii..
Kahlua Double Espresso

Sementara Raka, memesan  Chocolate Chip Parfait, seharga P188. Dalam gelas yang lebih tinggi, terdiri dari 2 scoop es krim coklat, 1 scoop vanilla, dituang coklat sirup dan ditabur coklat chips, nuts, dan sepotong cherry di atas. Kalo aku cicipin ya, aku masih lebih suka yang punyaku. Ga tau de apa karena aku baru makan yang rasa kopi, sehingga pas nyobain yang coklat rasanya langsung tersamar. Karena menurutku rasanya agak hambar. Walopun vanilla ice creamnya enak. Tapi keseluruhan, aku suka tekstur ice cream di sini.
Chocolate Chip Parfait

12. KAISHU-SUSHI NOODLES EXPRESS
Ini cafe terakhir yang kita coba sebelum bertolak ke Jakarta. Lokasinya di bagian Departure NAIA setelah kita melewati imigrasi. Aku memesan Chicken Karage dan Jus Nenas, sementara Raka, Tempura Udon plus Sprite.

Chicken Karagenya sih not bad ya. Tapi gara-gara ditaburin ama sayuran ijo-ijo begitu, duhhh aku langsung ga napsu makannya :(. Ga pernah suka sayuran yang mirip seledri ini. Jadi terpaksa aku ga ngabisin nasinya, cuma ngegadoin ayamnya saja ;p Rasa ayamnya enak, gurih, trus kulit luarnya itu crispy, berlumur bumbu yang sedikit spicy 🙂
Chicken Karage
 Tapi tempura udonnya, bener-bener P.A.R.A.H!!! Ya ampuuunnnnnn, sejak kapan tempura udang jadi mirip BAKWAN GORENG  beginiiii?????!! Trus kuahnya item begitu mirip rawon??? Hahahaha…berhubung laper aja, suamiku masih mau ngabisin udon KW ini ;p
Tempura Udon KW ;p

Oh ya, jus nenasnya enakkk..Segeeerr banget..

Jadi total yang kita abisin di sini P475

So, itu semua makanan-makanan yang kita coba selama liburan ke Manila dan Clark kemarin. Karena memang tujuannya cuma untuk makan, jadi pengeluaran terbesar kita abis di kuliner 🙂 Dan setelah mencicipi rasa makanan-makanannya, makanan Indonesia masih jauh lebih enak (“,)

Kaya bumbu, kaya rempah, ada yang manis, ada yang asin, ada yang pedas, komplit. Makanan Phillipines ini kecendrungannya kalo ga manis, ya asem. Yang pedas ntah ada di mana ;p. Anyway, biarpun mungkin dari segi rasa aku ga begitu puas dengan makanan di sini, tapi at least kan jadi nambah pengalaman 😉 Oh, jadi gini toh kecendrungan makanan orang-orang Filipina itu 😉

4 tanggapan untuk “MACAM-MACAM RASA KULINER DI MANILA & CLARK”

  1. cumilebay.com berkata:

    Beneran kuliner yaaa, ampe 12 tempat di datangin hahahaha.

    Aku kebanyakan makan ngemper disana, sempet makan di warung2 pinggir jalan yg rasa nya hmmm amburadul ngak sesuai lidah tapi sesuatu 🙂

    Ngiler ama steak nya black angus

  2. iya dunk ^o^ hahahha..itu juga ada yg sempet dicancel, ga jd dicoba gara-alamatnya ga ketemu ;p

    Ah, tp yg steak mengcewakan mas.. msh enak steak hollycow ;p

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.