D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Nov 2021

19

7 KULINER INI BISA DICOBA JIKA HANYA SEHARI DI SOLO

7-kuliner-solo-dalam-sehari

7 KULINER INI BISA DICOBA JIKA HANYA SEHARI DI SOLO ~ Perjalanan ke Solo Minggu lalu bisa dibilang mendadak dan impulsif bangetttt. Kebiasaan pak suami yaaa, suka yang serba tiba-tiba, tanpa persiapan. Udah tahu istrinya ini well organized kebangetan kalo menyangkut traveling atau jalan-jalan kemanapun.

 

Awalnya sedang ngobrol ama Om di Solo, bicara tentang rumah suami yang mau disewain di sana, daripada kosong kan yeee, ntar banyak penunggu halus wkwkwwk. Eh si Om bilang pompa airnya mati. Abis nelpon gitu, langsung eyke dapet serangan jantung, ‘Mom, siap-siap yaa, kita ke Solo malam ini, aku mau liat rumah di sana sebelum tandatangan kontrak dengan  penyewa’. Me like….. Dia kira ke Solo pake pintu kemana aja gitu. Ntu si Velove (our car’s name ;p)  kan belum diservis bulan ini wkwkwkwk.

 

Tapi titah paduka harus berjalan toh. Daripada dia berangkat sendiri, aku lebih kuatir kenapa-napa di jalan karena ga ada navigator  yang bikin dia tetep melek :p.

 

Jadi kami berangkat Jumat malam jam 9 dari rumah, dan sampe Solo jam 5 pagi. Molor karena tidur dulu di rest area hahahahaha. Walo cuma bentar di kota kesayangan ini, pastinya dong aku ga sia-siain kesempatan buat wisata kuliner di Solo ^o^. Udah paling beneeer, kalo ke Solo mah wiskul ajalaaah tsaaay :D.

 

Sebenernya wiskul solo mah udah buanyaaaaak byangeeeet aku tulis di blog, tinggal search ‘kuliner Solo‘, dan langsung berhamburan kluar. Makanya kali ini lebih memilih beberapa kuliner yang sebenernya pernah aku coba, tapi belum ditulis, ataupun baru kali ini dicobain.

 

BACA: Aneka Kuliner Solo

 

Jadiii kalo kalian hanya transit sebentar di Solo, bingung mau kemana, deretan kuliner yang aku coba, mungkin bisa jadi referensi ;).

 

 

SOTO SEGEER HJ FATIMAH

Dulu namanya Soto Segeer mbok Giyem. Tapi pecah kongsi, dan akhirnya terbagi 2, mbok Giyem dan hj Fatimah.  2-2 nya enak kok, terserah mau coba yang mana. Tapi memang aku lebih sering yang Hj Fatimah karena deket rumah :D.

 

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

Layaknya soto Solo yang bening, SOTO SEGEER inipun sesuai nama, memang suegeeeer, cocok buat sarapan pagi-pagi pas baru nyampe Solo. Tempatnya gede, tapi rame. Untungnya jarak kursi tetep dikasih silang sebagai penanda jarak

 

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

Ada banyak topping sate yang bisa dipilih sendiri, juga sosis solo yang dikukus atopun goreng. Sedeeeep semuaaa. Aku pesen 4 porsi soto daging  campur (para krucils ikut soalnya), juga ngemilin beberapa tusuk sate kikil dan 3 sosis solo, juga otak sapi kalo Raka. Minumnya 1 es teh, 1 teh panas dan 2 mineral water, semua ini cuma abis, Rp77,000. Murah!!

 

Yang bikin mahal itu sate-satenya iniii :D. ga cukup ambil 1 soalnya ;p

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

Alamat Soto Segeer Hj Fatimah: Jl Bhayangkara no 72A, Tipes, Serengan, Surakarta ( Di GMAPS ada kok)

 

 

ES TENTREM SOLO

Siang sebelum check in hotel, aku janji ke anak-anak mau makan es krim. Es tentrem ini langganan keluarga suami dari dulu. Bahkan dalam tiap nikahan, bisa dipastikan Es Tentrem selalu hadir di deretan menu buffet :D.

 

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

Favoritku ga pernah berubah, hanya suka Tutty Fruitty, my best one!! Ini tuh es krim jadul, dibungkus kertas foil, lapisan bawahnya coklat, dan lapisan putih rasa aneka buah yang nyegeriiin! Ada juga potongan buah bertabur di lapisan putih. Walo ini es jadul, tapi teksturnya tetep lembuuut, meski  ga  se-creamy kayak es krim zaman now.

 

Tutty Fruity my luv.. Cobain iniiiii kalo ke Solo

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

Tempatnya udah gede kalo sekarang. Aku pilih yang di Jl Slamet Riyadi no 132  (JANGAN PILIH yang Jl Jendral Urip Sumiharjo yaaa,  itu hanya kantor, bukan restoran). Lokasi barunya ini selalu ruameee, tapi kami bersyukur dapet tempat di pojokan yang memang cuma sendiri. Jadi ga gabung ama tamu lain

 

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

Kalo pesanan anak-anak dan suami, sengaja pilih yang bentuknya lucu :D, tapi rasa tetep rekomen kok. Harga dijamin ga mahal lah, 5 eskrim yang kami pesan cuma habis Rp115,500.

 

Es krim pesanan anak-anak dan suami

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

 

 

SATE KERE YU TARI

Duluuu, pas baru nikah, mertua ngajakin makan sate kere, aku lumayan takjub denger namanya. Kenapa pakai nama kere??? Apa tempatnya ga representatif? Ternyata sejarah sate kere ini muncul karena dulu sate daging dan ayam, hanya bisa dinikmati oleh orang-orang tertentu, secara daging mahal cyiiin. Jadilah untuk orang-orang yang kurang beruntung, tercipta sate yang dibuat dari jeroan daging kayak usus, kikil, ati, limpa,  atau daging tiruan yang terbuat dari tempe gembus. Makanya dinamain sate kere :D.

 

Biasanya, langgananku itu sate kere Yu Rebi, pernah aku tulis di blog, tapi kali ini pengen coba yang lain, jadilah mutusin makan di sate kere Yu Tari .

 

Tempatnya tenda pinggir jalan gini

7-kuliner-solo-dalam-sehari 7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

Samaaa nikmatnyaaa!! Aku dan Raka pilih sate kere campur, isinya ada sate gembus, juga jeroan ati, kikil, dan limpa. Paling istimewa kuah kacangnyaaa! Gurih, pedes, daaaan wangi daun jeruuuuk. Gilaa sih, naikin napsu makan bangettt. Sate gembus yang terbuat dari tempe juga mirip ama daging. Buat vegetarian ini mah cocok. Ga berasa tempe. Seporsi hanya Rp20,000.

 

Sepincuk sate kere

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

Sate tempe gembus, ga berasa makan tempe ^o^.

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

 

Ownernya baik bangeeet. Raka sempet kebelet pipis, tapi ga nemu  di mana toilet. Akhirnya si owner, nyuruh Raka naik motor dia aja, karena ribet kalo naik mobil, secara toilet umumnya sejajar dengan  tenda sate, tapi agak lumayan jauh kalo jalan kaki. Langsung aja disodorin  kunci motornya buat Raka pakai :p.

 

Alamat sate kere Yu Tari:  Parkiran Sami Luwes. Jl Honggowongso no 28-107. Sriwedari. Laweyan. Surakarta

 

 

ROPANG OTW SOLO

Pas udah check in hotel, mandi dan bersih-bersih, kami semua tepar dan ketiduran dooong. Maklum yeee, malam sebelumnya pada tidur di mobil, bentar pulaaak.  Baru kebangun jam 8 malam, langsung janjian ketemu Om yang buka usaha franchise ROPANG OTW :D. Aku ga mau banyak komentar kalo ini, secara di Jakarta cabangnya buanyaak byangeeet :p. Udah pada taulah yaaa. Yang pasti aku suka ropang nya alias roti panggang. Anak-anak juga doyan dengan menu  nasgor sosis mereka. Buat kopinya, agak kemanisan untuk seleraku.

 

7-kuliner-solo-dalam-sehari 7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

 

Harga? Gratis, ga dikasih bayar ama si Om hahahahaha. Tengkiuuu loh Om 😉

 

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

Alamat Ropang OTW SOLO: Jl kebangkitan Nasional no 62, Penumping, Laweyan. Solo (Gmaps ada)

 

 

WEDANGAN MBAH WIRYO

Pulang dari Ropang, kami masih pengin cari kuliner malam. Jangan lupain hidangan wedang, atau nasi kucing khasnya Solo. Sebenernya tertarik makan di Wedangan Cangkir Blirik atau Wedangan pak Dhie, tapi Cangkir Blirik udah tutup, dan wedangan pak Dhie ga kliatan nyaman kalo hari sedang hujan. Jadinya mampir ke wedangan Mbah Wiryo yang termasuk legend juga di solo.

 

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

Tapi jujur, aku ga terlalu napsu liat makanannya hahahaha. Mana udah banyak yang habis. Akhirnya Raka doang yang makan. Ku cuma pesen MINUMAN TAPE HANGAT, yang ternyata enaaak bangettttt. Tapenya maniiiiis, ditambah hari sedang hujan, beneran bisa ngangetin badan.

 

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

Lupa total makan di sini berapa :D. Ga mahal pastinya.

 

Alamat Wedangan Mbah Wiryo: Jl Perintis Kemerdekaan no 23. Purwosari. Laweyan. Surakarta

 

 

GUDEG KOYOR MERCON SUMRINGAH

Hari Minggu, sebelum balik Jakarta, ofkors aku bilang suamik mau nyobain 2 kuliner dulu, gudeg koyor dan bakmi ketoprak.

 

Gudeg Koyor Mercon Sumringah, nemu dari salah satu referensi kuliner di IG. Kata-kata Mercon udah langsung bikin godaan, karena pasti pedeees :D. Btw, bagi yang ga tahu KOYOR, itu adalah bagian urat sapi yang lembut dan berlemak. Beda ama kikil yaa. Kalo kikil kan kenyal, koyor lembut.

 

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

Tapi tenaaaang level pedesnya masih yang nikmat kok, belum yang bikin kelojotan :p. Jadi seporsinya, ada nasi (kalo sedang liburan, bhaaay dietku yang ga nyentuh nasi putih), gudeg areh dengan irisan ayam, koyor dan sambel.

 

Supaya pedesnya merata,  campur dulu semuanya, jadi pas disuap, beuuughhhh penyuka gudeg, haruuus cobaaaa sih ini!! Manteeep cuy! Rasa manis, gurih dan pedesnya bisa nyatu bangetttt.

 

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

Tempatnya keciiiil, tapi pas kami datang ga ada orang. Total semua untuk 3 porsi plus minuman hanya habis Rp75,000.

 

Alamat Gudeg Koyor Mercon Sumringah: Jl Kahuripan no 50. Sumber. Banjarsari. Surakarta

 

 

BAKSO PAK RUK SOLO

Suka bakso?? Solo itu surganya bakso enaaak! Mulai dari bakso pak ruk, bakso titoti, bakso Alex, bakso lor patung kuda, dan banyak lagi pastinya. Tapi kemarin aku cuma sempet ke Bakso Pak Ruk yang udah jadi langganan kami.

 

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

Di sini, biasanya pake balungan atau tulang sapi, tapi pas kami datang, karena udah terlalu siang, rusuknya habis -_-. Padahal balungannya manteeep! Terpaksa puas ama semangkuk bakso biasa.

 

Untungnya ada foto bakso balungan Pak Ruk, pas datang akhir tahun lalu

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

Ini tipe bakso khas Jawa yang ga neko-neko pilihannya yaaa. Jangan ngarep ada bakso isi keju, beranak, ranjau dll :D. Hanya ada bakso biasa, lengkap dengan bihun atau mie dan rusuk sapi. Tapi uenaaaak.

 

7-kuliner-solo-dalam-sehari

7-kuliner-solo-dalam-sehari

 

Tempatnya ga gede-gede amat, rameee, cuma masih ada garis silang sebagai jarak. Makanya aku ga suka lama-lama kalo makan di sini. Selesai makan, langsung cabut aja.

 

Total 4 porsi bakso, sosis solo goreng 1,  jeruk anget 2,  es teh manis 1 dan  teh manis anget 1,  ngabisin Rp86,000 ajaaa ;).

 

Alamat Bakso Pak Ruk: Jl Jamsaren no 20. Serengan. Surakarta

 

 

Dan dengan selesainya kami makan di sini, langsuuuung cuuuus balik Jakarta lagi ;).

 

Gimanaaaa…. Jadi kalo ke Solo, ga bingung mau makan di mana kaaan? Terlalu banyaaak sih kuliner enak di sana. Ada beberapa rumah makan yang pas aku datangi ternyata udah ga beroperasi lagi, mungkin karena pandemi, tapi masih banyak yang bisa survive di kondisi sulit ini.  So, kapan nih mau ke Solo ;)? Apalagi sekarang jalur tol baru Jakarta – Solo semakin memperpendek waktu perjalanan, dari 13 jam, menjadi 6-7 jam saja.  Para krucils udah ga sabar  mau mudik lagi, secara pas kesana kemarin, mereka puaaaaas belanja mainan di toko grosir yang harganya ga tau lagi mau bilang, murah kebangetan wkwkwkwkw…

112 tanggapan untuk “7 KULINER INI BISA DICOBA JIKA HANYA SEHARI DI SOLO”

  1. Nurul Sufitri berkata:

    Woooooowwww….lidah ikutan bergoyang nih mantengan gambar2 makanan dan cerita mbak Fanny kulineran di Solo. Muraaah semua ya, rasanya lezat. Es krim jadul itungannya murah, tempatnya bagus dan bersih. Soto dagingnya kelihatan banyak. Itu segambreng bayarnya juga ga nguras dompet. Sate kere bikin penasaran. Oh itu ya sejarahnya? Kalau ganti nama kan ga seru ya wkwkwkwkw 😀

    Tempat gudeg koyornya bersiiih ya, apik pasti si empunya kedainya. Bakso Pak Ruk, hhhmmmm gemesin deh, dari penampakannya ada sambal dll. Kenyang nih kalau pakai mie wkwkwkwk 🙂 Bakso emang selalu dicari ke manapun kita pergi ya mbak. Ga bosen deh.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya mba, kalo ke solo ga usah kuatir dompet ambles deh, semuanya muraaaaaah 😄. Itu makanya aku suka banget wiskul di sana. Trus rasanya juga enak2. Solo itu lebih banyak kuliner gurih drpd manis. Jadi lebih cocok juga Ama lidahku

  2. Rudi Chandra berkata:

    Duh, auto laper dong siang-siang gini, mana menunya terlihat menggiurkan dan enak-enak lagi.

  3. Satria Mwb berkata:

    Waaaduuhhh!! Keren juga mbak menu2 makanannya meski cuma sehari semalam bisa dapat beberapa menu, Bahkan cukup banyak sih menurut saya.😁😁

    Yang istimewa justru Es krim, Dan menu makannya Kalau yang spesial bagi saya bakso dan sate tempe, yang mirip kikil itu.😁😁

    Surakartanya dimananya mbak, Jauh nggak dari pasar Klewer?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ga mas, kalo solo mah semuanya Deket. Kecuali kalo arahnya udah ke atas kayak Tawangmangu. Yg aku coba ini masih wilayah kota semua kok. Ga jauh…

      Naah kalo es tentrem memang wajiiib dicoba

  4. Marfa berkata:

    Owalah ini bepergian dadakan ternyata, ini ngelist tempat wiskulnya pas sebelum berangkat atau sama ada pas di tengah2 perjalanan juga, Mba Fan?

    Kemariin ikut ngiler pas liat story2nya di Instagram, plg penasaran sm yg gudeg koyor sama sate kere, peruuut lgsg ngasih tanda lapeeer, wkwkwk.

    Setujuuu kl Solo banyak bgt pilihan makanan dan terjangkau2. Fix lha, selanjutnya aku kl ke Solo mau cobain Sate Kere sm Gudeg Koyor, eh sm eskrim jadul juga, ah 🙂 dulu pernah k Solo nyengaja buat me time krn ultah wkkw, tp kena mendung dan ujan, jadinya delivery oder aja di penginapan wkwk.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Pas di mobil aku browsing kulinernya mba hahahaha. Sebagian sih udh beberapa kali aku datangin, tapi kayak gudeg koyor mercon, itu dapet pas browsing waktu jalan 😄.

      Es tentrem wajib sih dicoba. Itu enaak kok. Walonjadul tapi teksturnya ga sama kayak es jadul alin yg pernah aku coba di malang dan Purwokerto. Jauh lebih enak tentrem ini

  5. eka fitriani larasati berkata:

    halo kak fanny,
    kocak banget aku baca pembukaan artikelnya ampe ketawa gak berhenti. it really makes my day. makasih ya udah bikin opening yang membahagiakan, hehehe

    btw aku ngiler dong sama sate yu tari, es krim yang bawahnya alumunium foil sama baksonya. Aku jadi pengen ke solo meski gak ada tujuan sih kesana, gak ada sodara, hahaha. eh sama semarang eket gak sih? kalau di semarang aku ada sepupu.

    eh kemarin ke Bandung ya kak Fanny, gimana bandung seru gak? hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Dekeeet bangeeet mba. Krn udh ada tol baru itu, jadi cuma 1 jam ke solo dari Semarang. Sebelumnya pake tol yg lama itu 3 jam. Jadi bisa bangetttt kalo mau pulang pergi aja ke solo, ga hrs nginep, kalo berangkatnya dr Semarang yaaa.

      Kemarin aku ke Bandung cuma di hotel Ama di villa temen mba di lembang. Ga ada jalan apaalgi turun ke kota. Bandung itu buatku tempat utk mager. Males jalan Krn maceeeet hahahahah. Udh kayak JKT. Enak males2an aja kalo kesana 😀

  6. Ursula Meta Rosarini berkata:

    Dari semua es krim yg dipesan aku malah tertarik bgt sama yg punya bersama mba, kelihatannya paling menarik tp ga tau rasanya hahahha.

    Wedang tape hangat emang enak banget mba, ditambah minumnya pas dingin2, mantul, dulu aku sering beli pas masih di Purwokerto, di Jkt ini belum pernah malah.

    Solo emang tempatnya bakso, jadi kok kayaknya ga afdol bgt ke Solo kalau ga makan bakso ya mba, harus pokoknya, seenak2anya bakso Solo di Jkt entah kenapa rasanya lebih greget di Solo hahaha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yg di makan bareng itu rasa es krimnya rum raisin mba. Enaak sih, tapi tetep tutty fruitty yg tampilan sederhana, cuma rasa ga main2 😄😄❤️. Wajib coba sih kalo tutty fruitty.

      Iyaaa wedang tapenya enak. Aku beberapa kali mesen wedang tape, kadang Nemu yg enak, tp LBH sering yg ga enak. Suka hambar aja, kurang manis tapenya. Jadi ga mantep. Tp yg di angkringan ini top lah. Pas rasanya.

      Suamiku kalo udah ke solo pasti deh hrs cari bakso. Bakso pak ruk ini, atau bakso lor patung kuda. Enak juga itu. JD kalo ke solo memang wajib sih ngebakso 😄

  7. lianny berkata:

    banyak makanan enak ya di Solo. Yang di postingan ini aku belum pernah coba semua haha.
    Sotonya bening mirip seperti soto di Semarang yang aku makan dulu. Awalnya mikir pasti rasanya biasa aja, eh ternyata enak apalagi banyak topping sate2annya juga.
    Dari semua kuliner ini yang paling menggoda seleraku adalah bakso (efek udah lama gak makan bakso kali ya) dan es krim Tentrem nya 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha memang banyaaak yg favoritin bakso dan es tentrem nya mbaaa. Aku juga suka bangetttt kalo es tentrem. Itu es jadul yg paling enak sih dibanding es jadul lain yg pernah aku coba.

  8. Antyo@® berkata:

    Tip mengudap di Solo: makan dikit aja, harus pelit, kalo bisa seporsi dibagi.
    Buat apa? Supaya cepet lapar lalu mengudap lagi. 🤭

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Betuuuuuul hahahaha. Aku juga gitu sesekali mas. Apalagi kalo tujuannya mau cobain banyaaak macam makanan. Langsung deh sepiring berdua Ama suamik 😄

  9. Liii berkata:

    Huaaa aku belum pernah ke Solo 😂, beneran ya tol Jakarta-Solo tuh penyelamat banget, bisa pangkas waktu perjalanan sampai setengahnya 😱. Berarti ke Solo tuh rasanya kayak PP Bekasi-Bandung sekarang! 😱

    Dari 7 menu di atas, aku paling kepo sama sate gembus 🤤. Nggak tahu kenapa lihatnya kepo + ngiler, mungkin karena efek baru pertama kali lihat juga wkwkwk.

    Kalau rasa makanan di Solo, cenderung manis nggak, Kak?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ga Li, solo itu cendrung gurih makanannya. Gudegnya aja gurih, ga kayak gudeg Jogja. Ada yg maniiiis, kayak selat solo atap kue2 nya. Tapi ga banyak , masih LBH mudah nemuin makanan gurih kalo di solo itu. Makanya aku seneng kesini. Aku bukan pecinta makanan manis soalnya 😄

      Sate kere wajib coba sih. Walopun mungkin ga suka jeroan, at least cobain sekali lah. Enaak kok. Bisa minta juga banyakin sate gembus kalo ga mau jeroan

  10. Ning! berkata:

    Padahal rumah ku lumayan deket sama Solo Mba. Tapi jarang banget main ke solo. Apalagi semenjak covid, bener-bener full di rumah aja.

    Ini kulinernya menggoda banget, kayaknya nanti kalau suami pulang perlu main ke solo buat icip-icip deh. Bikin laper malem-malem nih.

    Paling penasaran sama Soto seger & es tentremnya. Duh, menggoda iman banget!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Es krim tentrem slalu aku mampirin kalo ke solo mba, cobain tutty fruitty Yaa 😘. Soto solo itu banyaaak bgt yg legend. Tapi rata2 udh mahal. Yg soto seger hj Fatimah ini aja yg masih murah nih. Makanya aku LBH suka kesini.

  11. Yonal Regen berkata:

    Ya ampuun….
    Liat gambar-gambar makanannya, meronta-ronta ini jiwa pingin ke Solo

    Eh, by the way agak gagal fokus dengan nama es krim di menunya ‘one night stand’, bisa aja tuh yang ngasih nama

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naaaah aku cobain eskrimnya Krn nama One night stand itu mas 🤣🤣🤣. Bisa ae yg kasih nama 😅

  12. Matius Teguh Nugroho berkata:

    Makan soto di Jawa itu memang lebih tergoda sama sate-sate dan gorengannya ya ahahaha.

    Duh udah lama gak makan sate kere, kangeeennn. Beberapa hari lalu Ara sempet nanya apa itu sate kere pas kami jalan-jalan, karena gak sengaja lihat.

    Di kota yang gerah kayak Solo memang cocok banget makan es krim.

    Soal bakso, selama sebulanan di Jogja ini Ara selalu suka sama tempat-tempat makan bakso pilihanku (terlepas dari kuahnya yang kurang micin menurut lidah Sumatera-nya haha). Katanya bakso di sini teksturnya gak kayak bakso di Palembang.

    Aku sama Ara ada rencana weekend getaway ke Solo. Fix bakal ubek-ubek blog mbak Fanny, karena yang kutahu dan pernah kucoba cuma makanan-makanan Solo mainstream aja.

    Anw aku kayak mbak Fanny juga, a planned traveler, tapi sesekali enjoy jalan dadakan juga karena seru haha.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bakso Sumatra itu aneh kalo kubilang 😄. Secara aku juga orang Medan, jadi tau bakso di sana gimana. Memang jauh LBH enak bakso di solo sih ATO daerah Jawa tengah pokoknya. Baksonya enak2 itu.

      Ga sabar denger cerita kalian ntr kulineran kemana aja kalo ke solo 😁. Memang ga cukup sih sehari mau icip2, aku aja bingung yg mana dulu yg mau dicoba. Sayangnya bakmi ketoprak favoritku tutup. Trus cabuk rambak juga ga Nemu.

      At least kalo kesana memang hrs makan sotonya dan es krim tentrem 😄. Baru deh mudian coba yg lain.

  13. Agus warteg berkata:

    Wah jadi pengin nyobain sate kere yu tari nih. Memang betul daging tidak bisa dinikmati semua orang kecuali mungkin idul Adha 😅

    Sepertinya enak satenya, ada sate gembus, sate kikil, sate ati sama sate limpa. Seporsi masih terjangkau lah 20 ribu.

    Gudeg Koyor mercon sepertinya skip dulu deh, soalnya agak sensitif yang pedas-pedas.

    Nah, kalo bakso solo udah jaminan mutu ya. Di daerah serang Banten juga kalo ada tulisan bakso solo itu enak, apalagi di daerahnya langsung ya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Suamiku juga ga mau pake merconnya pas makan gudeg koyor mas. Ga kuat dia. Tapi aku jelas pake laaah 🤣. Itu yg bikin nikmat hahahaha.

      Tapi memang sih bakso solo itu beda. Walo bukan yg bakso kekinian, tapi rasa kuah dan tekstur baksonya lebih enak

  14. Ekopriantoblog.id berkata:

    Wah saya juga kalau saat perjalanan mudik dari bandung ke wonogiri selain jogja, di kota solo juga wajib berhenti,,,biasanya sampai solo sana pas waktu sore atau maghrib,,,berhenti buat makan terutama di angkringan

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Angkringan solo memang manteeep 😄. Sate2nya itu suka ga berasa aja jadi banyak dicemilin hhahah

  15. Si Bayuu berkata:

    Iyahh seru banget kemarin ngikutin perjalanannya Mba Fanny via Ig story.. bner2 dadakan 😂😂

    Nahh, sbnernya aku pengen nnya Jakarta Solo habis berapa jam perjalanan.. ternyata hanya 6-7 yaa.. CEPATT BANGET SIHHH ITU.. bahkan dari jam 9 malam smpe jam 5 pagi aja udh terbilang cepat menurutku..

    Aku pernah ke Solo tapi tempat makan yg Mba bilang diatas aku belum pernah. Atau udah pernah tapi nggk nggeh nama tempatnya 🙈

    Well, seruu banget ya Mba.. ini beneran sehari, 2 malam doang ya Mba?? *sughoiii 😁

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaaa beneran cuma 1.5 hari bay. Jadi aku start kuliner pagi hari Sabtu. Aku balik Jakarta Minggu siang :D. Bisa dapet segitu. Kalo dulu bisa lebih banyak, skr Krn udh rutin workout dan jaga pola makan, jadi ga bisa sembarangan lagi 🤣🤣

      Pokoknya nih, sejak ada tol baru, aku ga pernah lagi lewat Pantura. Walopun enaknya kalo lwt Pantura tempat makannya LBH beragam tuh. Aku sukaaaa makanan2 di kota Pantura yg dilewatin. Cuma Krn jauuuh ke Solonya, JD udh ga pernah kami lewatin . Ntr cobain kesana deh Ama Andrew dan Toni 😄

  16. Ike Lawbers berkata:

    Baca ini bikin perut keroncongan…
    Aku jadi hayang sate,… duh enak kelihatannyaaa. Apalagi wadahan daun pisang…

    Etapi aku juga doyan sama soto yg bening begitu…
    Gak suka yg banyak minyak, apalagi kelihatan lemak2..

    Thanku infonya mbaa…😍

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Favoritku di sini soto nya mba. Memang segeeeer, baru kemudian yg gudeg koyor mercon 😄. Sate juga suka sih, tapi inget ini jeroan aja 🤣. Makanya ga mau banyak

  17. Nasirullah Sitam berkata:

    Kemarin diajakkin kawan lagi buat gowes kuliner ke Solo, cuma aku gak bisa ikut. Kulihat kawan kayak beli es apa gitu hahahahah. Katanya sudah lama juga

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Banyak tuh es legend di solo 😄. Kemarin aku coba es dawet selasih itu juga enak. Tapi Krn LGS beli dlm plastik, ga aku masukin di cerita. Fotonya ga BGS 🤣

  18. Hermansyah berkata:

    Tempe gembus dijadikan sate, unik juga. Itu tempe gembusnya dibakar kah seperti sate daging pada umumnya?

  19. Herva Yulyanti berkata:

    Itu yang seabrek di soto Fatimah murah bener mba 77k emang ke Solo tuh bikin amazing dulu aku beli bubur pake ini itu pas ditanya cuman 4k doang pengen pingsan wkwkwk..
    aku penasaran sama gudeg koyorya tuh mba ya ampun menarik amat :p di Cimahi ada tapi mmm..gitulah wkwk

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Duluuuu pas pertama kali coba harga seporsi soto nya msh 6rb aku juga shock mba. Sebanyak itu kok 6 RB 🤣. Solo itu LBH murah dr Jogja sih kalo kubilang. Makanya kalo utk belanja dan kuliner aku LBH suka solo. Krn beda harga nya tadi 😄

  20. Diah Kusumastuti berkata:

    Ya Allah.. Serengan, Laweyan, itu daerahku kalau pas mudik ke Solo juga, Mbak.. tapi karena aku jarang wiskul, jadi gak akrab sama nama-nama warung/resto itu semua..
    Paling kalo mudik ya maem bakso solo, sosis solo buatan bulik, gudeg, nasi liwet, selat, gitu-gitu (eh ternyata banyak juga yg dimaem, hahaha..).
    Itu sosis solo yang di warung-warung Serengan dan Laweyan bisa jadi bikinan bulik juga 😂 soalnya beliau kirim ke banyak warung di sana..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah bisa jadiii mba. 😄. Enak2 sih sosis solo yg aku cobain ini. Tapi aku lebih suka yg goreng drpd yg kukus 😄.

      Ntr kalo mudik lagi, cobain kulineran. Tapi kdg kalo lebaran banyak yg tutup 😅. Makanya aku juga ga suka kalo mudik pas lebaran. Apalagi di solo papa mama juga udh ga ada. Selalu balik kesana pas bukan lebaran jadinya

  21. Afin Yulia berkata:

    Ya ampun kemaly semua menggoda iman? Aku sudah clegukan pada hat fotonya aja, Mbak.

  22. Agustina Purwantini berkata:

    Soal Solo surganya bakdo, itu memang benar. Hehehe ….

    BTW sate kerenya Solo lain dg Jogja. Klo Jogja kan dari lemak sapi semua.

  23. Yeni berkata:

    Sehari dapat banyak gitu… Wow..
    Saya ingin coba es krim dan sate kere-nya. Insya Allah kalau mampir ke Solo

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya mbaaa, cobain deh sate kere. Antara yg sate kere yu tari ini, atau sate kere Yu Rebi. Itu enak 2-2 nya

  24. Siti Nurjanah berkata:

    Wah, bisa jadi referensi ini klo mau backpacker an ke Solo
    Yang juga asik utk heritage travel
    Sangat menggugah selera itu harga-harganya masih cukup aman untuk isi dompet kan mba (hehehehe)

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Solo mah muraaaaaah semua mba. Kecuali makannya di restoran dalam mall, itu baru sama aja kayak Jakarta 😄. Tapi kalo restoran2 legend dan yg udh lama, masih murah kok

  25. Aisyahdian berkata:

    Fix ini kalau pulkam mau lewat solo saja. Trus nginap semalam putar-putar kulineran dulu wkwkw

  26. Ratna Dewi berkata:

    Kalau Solo aku paling suka Soto-sotoannya sih, asli segerrrr banget. Kalau ke Solo mau itu sehari atau menginap, harus banget nyobain Soto. Kalo aku paling senang makan soto plus toping2annya trus minumnya es jamu yang biasanya juga dijual di tempat sotonya. Kalau makanan lain yang aku suka dari Solo tuh nasi liwetnya, enak dan gurih.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Samaaaa. Pokoknya kalo suami yg wajib dicoba itu bakso, kalo aku soto mba 😄. Hrs disempetin pokoknya. Krn memang enak sih, segeeeer, belum lagi sate2an nya kaaan. Diitung2 yg bikin mahal ya si sate, ga berasa ambil banyak 🤣

  27. Khanif berkata:

    ampe bingung pilih yang mana :D, tapi yang terakhir bakso lumayan menggoda selera pas ujan gini 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahah kalo bakso solo wajiiib sih dicoba nif. Aku dari dulu lebih suka bakso solo ATO Wonogiri, rasanya ntah kenapa lebih memorable dibanding bakso2 kekinian ATO bakso yg banyak dijual di Jakarta.

  28. Sugi Siswiyanti berkata:

    Meski sempat 5 tahun tinggal di Yogya dan beberapa kali singgah ke Solo, saya belum pernah kulineran di sana. Baru tau Solo termasuk surga kuliner malah setelah pindah ke Bandung. Ngiler banget liat bakso rusuk ini. nyam..nyam..sedaap.. Salah satu wishlist saya selain cobain bakso rusuk, penasaran banget dengan tengkleng khas Solo yang katanya maknyus tenaan itu 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Oh iyaaa mba, tengkleng solo uenaaak byangeeeet. Aku Krn pernah nulis ttg tengkleng jadi ga nulis lagi di sini. Tapi THN lalu sempet nyobain tengkleng di Klewer blm sempet aku tulis pula. Itu rekomen bangeeeet

  29. Mita berkata:

    Aku belum pernah nih ke Solo. Boljug nih, Kak.Fanny rekomendasinya. Aku ada temen yang kerja di Solo, kapan2 kalo main ke Solo dan meetup sama dia mo minta ditemenin ke tempat2 yang ada di list postingan ini. Salah satu yang aku suka itu emang nyari2 kulinerannya. Pokoknya gak boleh ketinggalan banget.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Waaah asik kalo ada temen org sana mba. mungkin dia justru lebih tahu kuliner mana lagi yg lebih enak 😄

  30. Hastira berkata:

    solo memang terkenal dengan kuliner dengan nama yang unik dan kalau ke sana memang kalap kulinerannya

  31. Roem Widianto berkata:

    Pagi-pagi belum sarapan, sungguh cobaan luar biasa sekali pas main ke sini sambil lihat foto makanannya, Mbak Fan. Pengen ngiler, rasanyaaaaa. 🤤

    Ngomong-ngomong es krimnya gemoy banget, Mbaaaaaak. Aku pengen comot sedikit buat nyicip. Eh, tapi sebelum nyomot pengen foto dulu dari segala angle. Soalnya penampilannya lucu-lucu gituuuuuuu. 😆

    Dan itu beneran 5 es krim 115.500 doang, Mbak? Ini sih murah banget 😍. Kayaknya kalau main ke solo, aku harus banget deh cobain si es krim ini.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bangeeeeet murahnya Roem. Itupun yaaa aku oesen 5 supaya bisa pake kartu debit hahahaha. Minimal hrs 100 RB. 4 eskrim yg kami oesen di awal ga nyampe segitu hahahaha. Jadi deh pesen lagi 😁

  32. sulis berkata:

    waa..lengkap bangeet mba acara kulinerannya. Solo, Jogja, dan sekitarnya itu surga ya mba klo buat nyari kuliner yang enak, tapi tetep ringan dikantong. Klo biasanya mba Fanny njajan se keluarga budget lebih dari 500 sekali makan…di sini 500 bisa buat bderkali-kali maem ;-D

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Betuuuuul mba. Makanya tiap kali ke solo ATO Jogja aku tuh happy. Jawa tengah itu kebanyakan masih serba muraaaah utk kuliner. Uang ga banyak kluar tapi puaaaaas 😄

  33. sulis berkata:

    waa..lengkap bangeet mba acara kulinerannya. Solo, Jogja, dan sekitarnya itu surga ya mba klo buat nyari kuliner yang enak, tapi tetep ringan dikantong. Klo biasanya mba Fanny njajan se keluarga budget lebih dari 500 sekali makan…di sini 500 bisa buat bderkali-kali maem ;-D

    Aku yang pernah nyoba, Soto seger nya. Di Jogja ada bbrp yang mbok Giyem. Pernah mbeli pas di Boyolali klo ga kliru…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Tapi soto seger mbok Giyem itu sbnrnya asli Boyolali kan yaaa. Aku tuh Krn ngerasain pertama di solo, jadi anggabnya solo. Makanya baru ngeh pas tau ini Boyolali, tapi sbnrnya Boyolali Ama solo mah Deket banget jugaa sih 😅

  34. sulis berkata:

    waa..lengkap bangeet mba acara kulinerannya. Solo, Jogja, dan sekitarnya itu surga ya mba klo buat nyari kuliner yang enak, tapi tetep ringan dikantong. Klo biasanya mba Fanny njajan se keluarga budget lebih dari 500 sekali makan…di sini 500 bisa buat bderkali-kali maem ;-D

    Aku yang pernah nyoba, Soto seger nya. Di Jogja ada bbrp yang mbok Giyem. Pernah mbeli pas di Boyolali klo ga kliru..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Blm pernah coba yg di Jogja soto seger mbok Giyem ini. Soalnya kalo di Jogja aku justru LBH suka cari soto yg khasnya sana mba ;).

  35. Vida Zenitha berkata:

    Mbaaak, ya ampuuun! Aku kangen banget sama soto seger Hj.Fatimah!! Huuuaa emang yang bikin mahal satenya, tapii enaaak, banyak banget pilihannya! Nggak bisa nolak aku tuuh kalau diajak ke Soto Hj.Fatimah hahhahaha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Samaaaaa 🤣🤣. Pokoknya kalo udah kesini, aku pasti bungkus deh sosis solo nya, paling favorit ituuuu :D. Dulu sempet suka juga jeroan. Tp skr udah ngurangin mba 😄

  36. Avizena zen berkata:

    Uwoo sotonya kelihatan seger banget, itu kayak soto kudus yang disajikan di mangkok mini kah?
    Penasaran juga ama sate kere. KAlau di sini, gembus itu namanya menjes. Gk nyangka bisa dijadikan sate juga.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya mba mangkoknya LBH kecil drpd soto Kudus. Tp porsinya pas kok 😄. Ohh nama gembus ini ada beberapa yaaa. Aku memang taunya dr awal gembus. Itu juga Krn diksh tau mertua 😁. Sebelumnya malah ga tau blas. Krn di Sumatra ga ada tempe gembus

  37. ria berkata:

    huhuhuu, aku pas ke Solo sampai udah sore, pagi2 udah berangkat lagi… dan gak kedapetan semua ini kuliner2nya 🙁 Yg bakso sama es krim itu lgsg menggugah hasrat makan (halah, kl udah liat baso mah hasrat makan lgsg melambung)

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo kesana LBH singkat lagi waktunya, Yo wis, cobain bakso Ama es krimnya aja mba. Udh pas itu 😁. Ga bakal nyeseeeel

  38. tukang jalan jajan berkata:

    dibuka dengan soto segeeer yang menggoda selera banget sih ya, yang bahaya justru pelengkapnya yang macemnya buanyak banget hehehe…
    Pas ngeliat balungan langsung menelan air liur. godaan ini membuatku berkeringat euy!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah kuliner di solo parah enaknya mas, apalagi serba muraaaah 😄👍. Susah kalo cuma sebentar di sini 😀

  39. Aprillia berkata:

    Salfok ama sate kerenya baru denger ini dan baru liat juga ternyata krn isinya jeroan ayam yak makanya dinamain sate kere ehehe #onowae

  40. Ivayana berkata:

    Mampir ksini tuh slalu berakhir laper dan ngiler deh.
    Sering lewatin Solo tpi sekedar mampir makan dan paling sering ya makan soto segernya..
    jarang sampe puas kuliner seharian gitu..ternyata byk kuliner menggiurkan lainnya yaa

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Buanyaaak bangettt mba kalo solo. Ga abis2 kayaknya 🤣. Aku ga pernah puas kalo ke solo ini. Kulinernya terlalu menggoda 😄

  41. Rifia Nisya berkata:

    Di Jogja ada nih soto seger mbok giyem. Tapi rasanya nggak terlalu oke…
    Aku juga lebih suka soto ala jogja yang pake mangkok agak gedean, yang nasi so’un, dan sayurnya banyak, yang masih pake isi isian laen laen…
    Ada juga sate kere, tapi satenya bukan dari gembus… ya tetep daging sapi, sih… tapi potongannya kecil-kecil… ada di daerah godean tuh mba kalau misal besok mau nyoba…
    Itu jarak tempat kuliner satu dgn yang lain jauh nggak mbak?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo solo mah semuanya berdekatan Nis 😄. Ga jauh2 kayak Jogja yg konturnya naik turun gunung. Solo mah rata 😅.

      Soto mbok Giyem yg di Jogja aku ga prnh coba. Apalagi udh pecah gini, aku memang LBH suka yg Hj Fatimah punya 😄

      Oh sate kere di sana masih daging tp kecil yaaa.. ntr deh kapan2 aku coba 😉

  42. Heizyi berkata:

    Wah, sate nya banyak banget variasinya mbak
    Eh, es krim nya juga lucu

    Haduh duh, menggiurkan sekali makanan-makanan ini. Pokoknya harus masuk wish list nih supaya gak kelupaan kalao main ke Solo 🙂

  43. Dedew berkata:

    Menyenangkan sekali yaa walaupun dadakan tapi tetap bisa menikmati kuliner yang dikangenin di Solo enak banget sekarang ada tol jadi akses lebih mudah dan cepat ya antar kota

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaa, terbantu bener2 tol baru ini. Tapi di daerah masuk Cikampek sbnrnya tetep aja padaaat mba. Kami selalu terjebaknya di situ. Rame muluuu

  44. Nur Asiyah berkata:

    Bikin ngiler semua. Apalagi Es Tentremnya, makin penasaran. Saya suka sekali es krim dan di sana cukup terjangkau ya.

  45. lendyagassi berkata:

    Satenya namanya melas yaa, kak Fan..
    Sate kere.
    Suami asli Solo, kak Fan? Keluarga kami tinggal di Manahan. Kangen Solo dan kulinernya kaya gini.. Aseli makanan Jawa Tengah itu bikin happy.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha aku sampe ga enak mau nyebut namanya mba, karena konotasinya kan ga bagus Yaa 🤣. Iyaaa suamiku asli solo. Makanya pas diajak pertama ke sini aku seneng banget. Krn solo murah2 sih

  46. Rahman Kamal berkata:

    Diawali dengan Gorengan dan Soto, dilanjutkan dengan Es Krim dan makanan lainnya. Ampun dah ngiler parahhhhhh

  47. Syarifani berkata:

    Kuliner Solo itu enak-enak, mau makan porsi banyak pun ngga bakal takut bayarnya. Soalnya murahh..
    Aku juga suka banget sotonya Solo, soalnya kuahnya bening, lemaknya nampak dikit, tapi enak gurih.
    Kayanya mereka ngga pakai kemiri, makanya kuahnya kaya sop gitu.
    Pernah makan soto Solo di gang kecil, rasanya juga uenak murah lagi cuma 6 ribu apa ya.. Wkwk
    Terus kalau beli nasi bungkus harga 2.500 masih ada, enak lagi.
    Kalau ke Solo kami mesti mampir beli bistik Solo sama Sop Mataharinya, ngga afdol kalo ndak kesitu.
    Pengen hidup di Solo gaji di kota besar. Biar bisa hemat. Hihi

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Samaaa mba, aku sampe bilang Ama suami, EMG ga bisa di rotasi kesini aja, tp gaji Jakarta 🤣🤣. Aku bakal betaaah sih. Solo memang seenak itu kotanya.

      Naaah iyaaa, harganya itu masih muraaaah semua. Dan kulinernya enak2 bangeeet.

      SOP matahari langganan mba di mana? Aku biasa di restoran Deket rumah tuh. Tapi agak lupa namanya. Enaak SOP matahari nya.

  48. Sandra Hamidah berkata:

    Duh lucu banget klo baca bahasa mba Fanny, pecah kongsi hihi btw aku suka soto Boyolali dan sosis solo enak banget. Penasaran nih kalo ngebaso di solo seenak apa soalnya kan di Bandung rata2 baso yang laku yg ada tulisan baso solo hihi pengen main deh ke Solo

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hihihi memang JD pecah 2 mereka 😁. Ga tau deh kenapa.

      Naaah kalo ke solo, mba memang wajiiiib cobain bakso2 di sana. Favoritku selain pak ruk ini, bakso lor patung kuda juga enak.

  49. ainun berkata:

    ini sebabnya aku pengennn explore Solo lebih lama. Belum kesampaian setelah adegan batal beberapa kali hahaha.
    kuah sotonya beda dari soto biasanya yang warna kuning, yang ini bening, pantesan dinamai soto seger ya.
    es krimmm, aku sukak es krimm,kalau gini jadi inget sama es krim suroboyo Zangrandi, sayang udah tutup.

    di jember juga ada Roppang mbak, serbaroti panggang. Kayaknya namanya yang di sini nggak ada kata-kata “otewe” nya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Berarti ga 1 franchise mba, yg di franchise ini ropang otw. 😁

      Tapi buatku mah ropang itu rata2 sama kok rasanya 🤣.

      Memang wajib LBH lamaaaa kalo udh ke solo. Gila sih kulinernya, udah murah enak2 pulaaa 😄

  50. Akbar S. Yoga berkata:

    Baca tulisan kuliner pagi-pagi gini dan kondisi belum sarapan, jelas kesalahan fatal buat saya. Haha. Dari 7 itu, fokus saya entah kenapa pasti ke soto, sate, dan es krim. Yah, kalau suatu hari ke sana lagi, saya kira tiga jenis makanan itu memang patut dicoba.

    Makan soto selama di Solo yang paling saya ingat itu di dekat indekosnya teman, kayaknya enggak begitu jauh dari Statiun Solo Jebres. Sayangnya, saya lupa nama tempatnya. Sepertinya juga cuma warung kecil pinggiran jalan. Tapi berhubung enak dan murah jelas cocok buat disantap lagi. Seporsi nasi dan soto, plus tempe goreng, serta teh manis hangat, semuanya cukup 9.000. Di Jakarta mana mungkin nemu yang semurah itu. Soto plus nasi aja pasti lebih dari 10 ribu. Sejauh ini juga kisaran 12-15 ribu setiap kali beli.

    Saya suka konsep sate kere itu. Otomatis pun jadi ingat, dulu zaman saya SD (kisaran 2000-2006) ada tukang sate-satean sejenis itu yang suka keliling di lingkungan setiap sore. Modal 1500-2000 udah bisa makan sate. Walau satenya palingan cuma 4-6 tusuk (dan jelas-jelas jeroan, bukan dagingnya), yang penting tuh dapat lontong beserta bumbunya. Sate semacam itu pun jadi jajanan favorit saya setiap kali lagi istirahat atau pulang ngaji, soalnya abangnya kadang suka mangkal di TPA. XD

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku juga pernah makan soto daerah stasiun itu Yog, tapi lupa juga namanya. Buatku ya soto di solo kayaknya enak semuaaa 🤣🤣. Yg udah punya nama atopun blm terkenal.

      Naah ituuuu, suka takjub akutuh kalo udh makan di solo. Itu kenapa semua harga jomplang banget yaaaa Ama Jakarta 😅. Happy pastinyaaa. Dengan harga yg jauuuuuuh LBH murah tp yg kita dpt justru banyak dan enak pula. Makanya aku kepengin pensiun ntr tinggal di solo 😄.

      Tapi memang kalo kamu cuma ada waky singkat, soto, sate dan eskrimnya udh pas banget. Krn biar gimana 3 jenis makanan TD jrg ada di jkarta.malah es krimnya ga ada. Kalo bakso solo kan msh ada yg jual di sjni

  51. CREAMENO berkata:

    Salfok sama nama mobilnya mba Fan, cute amaaaaat. Idenya dari mana kok bisa dikasih nama Velove? 😂

    By the way, habis baca list makanan yang mba Fanny makan di Soto Segeer, saya kira harganya akan over than 100k, tapi ternyata cuma 77k doaaang. Omaygad, itu sih murah paraaaah 😍 Glek, jadi ingin makan soto, ini menu termasuk jarang saya makan, biasa kalau rindu, di Bali carinya ke cafe Betawi, tapi cuma ada Soto Betawi saja 😆

    Terus ice cream-nya, been a while nggak lihat ice cream model seperti itu, jaduuul parah huhu ingatkan masa kecil sering beli ice cream itu di abang-abang yang lewat depan rumah 🤣 Wk. Ice cream Tentrem ini sepertinya akan jadi salah satu tempat yang ingin saya kunjungi jika ke Solo nanti, mba Fan 🥳

    Sama mau coba Sate Kere, rasanya sate pakai tempe nggak bisa saya bayangkan 😂 Plus baksonyaaah, ya ampuuun hari ini baca post bakso dua kali, di blog mba Fanny dan mba Rey, fixed membuat saya ingin makan Bakso siang ini, mana Bali lagi mendung banget sekarang, cocok~lahya hahahahaha.

    Thank you as usual untuk rekomendasinya, mbaaa 🧡

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha ntahlaah mba, aku tiba2 kepingin aja pengen KSH nama Velove, Krn sempet ngefans Ama artis Velove vexia 🤣. Aku KSH nama mobil supaya ada ikatan aja. Krn biar gimana mobil itu alat transportasi yg paling kami andalin kemana2 😄.

      Soto Betawi apalagi bersantan ya mba, beda banget Ama soto khas Jawa tengahan 😁. Aku suka semuanya, apalagi soto bersantan aku juga biasa banget, secara soto di Medan kan santan juga. Tp pas nyoba soto bening gini, ternyata sama enaknya 👍.

      Nah kalo es krim tentrem, mba wajiiiiib cobain. Aku udh sering coba banyak es krim jadul , tp tentrem ini yg paling enak menurutku.

      Kalo sate kere juga wajib coba sih, apalagi kalo penyuka sate 😄. Enaak kok rasa tempe gembus nya. Mungkin Krn disiram Ama saus kacang yg gurih dan wangi juga.

      Bakso mah, aku sampe skr masih berpendapat , bakso enak itu biasanya bakso solo dan Wonogiri 😄😄. Jadi kalo ke solo, jangan pernah skip ngebakso dulu hhahahaha

  52. Turis Cantik berkata:

    Sehari pun cukup ternyata ya mbak,beberapa tempat aku baru tahu nih dr tulisan mbak fani. Catet ah, kapan-kapan ke solo harus banget mampir. Makanan di solo selain pas di lidahku, harganya juga murah banget ya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bangeeeet mbaaa. Harganya itu loh yg bikin happy. Udahlah murah, trus enak2 kalo solo mah 😄

  53. Furisukabo berkata:

    Yaamplop pak suami… YOLO banget yaaakkk… set sat set lansung tancep ke Solo.
    wkwkwk Malem-malem pulak jalannya. Gile-gile….

    Duh aku sayang banget melewatkan baca artikel iniiii!!! Padahal tgl 20-22 kemaren aku ke Solo kak!!! >.<

    Aku uda 2x juga ke es tentrem.. Dan selalu pesen yang family pack gitu wkwkwkwk Jadi cobain berbagai rasa kak. Tapi emang tutty frutty ini enak yaak.. Aku suka mentos dan rum raisinnya juga kak.

    Itu bakso ada tulangnya gitu menggiurkan kali yaa.. dan beberapa rekomendasi tempat makan dari kak Fanny yang belum pernah kucoba juga… Pan kapan kalo ke Solo lagi cobain listnya kak Fanny deehh hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Eh yg Mentos aku blm coba mba. Ntr ah mau cobain kalo ke tentrem lagi 😄.

      Ini tempat yg sebisa mungkin aku ga bakal skip kalo ke solo. Suka bangettttt Ama es krim jadulnya. Tapi memang tutty Fruity udh yg terbaik hahahaha.

      Tau nih pak suami. Ujung2nya aku malah takut dia ngantuk pas nyupir. Akhirnya kan malah tidur dulu di rest area 🤣.

  54. retna berkata:

    waduh fann…. banyak nya tempat makan di Solo yang best2…
    teringin nak coba bakso nya…
    Suka bakso yang pedas2 gitu…

    Sate kere rasa kakak x lalu nak makan hehehe sbb ngak suka sangat isi dalaman mcm limpa semua tu hehee… takut mau mencoba nya ..

    apa pun eskrem nampak tempting sgt sama food di ropang…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahah memang ga semua orang bisa suka dalaman ya kak 😄. Sayapun sudah mengurangi, walopun sesekali masih makan.

      Tapi kalo hanya ada waktu bntr di solo, udah paling best coba es krim, soto dan baksonya saja. Terbaik 👍😄

  55. Reyne Raea berkata:

    Tulisan ini kemaren bolak balik saya baca Mba, dan berniat mau mampir Solo, maunya sih mampir di es krimnya, eh kok waktunya habis dooonggg.

    Sebal banget kami cuman bisa datangin beberapa tempat, maceeetttt di mana-mana di Jogja, hiks.
    Habis magrib kami menuju Solo, tapi kejebak macet lagi, akhirnya putar balik ke kota cari es krim di Jogja aja, hahaha.

    Padahal udah niat mau ke Tempo Gelato, eh kejauhan, jadinya cari yang ada di pinggiran aja 😀

    Itu Sotonya dari Boyolali ya?
    Pantesan, kemaren kami bablas keluar tol di Boyolali dong, saking menghindari macet, eh yang ada kami malah kejebak macet di jalanan kecil Boyolali, dan sepanjang jalan banyak yang jualan soto seger gini 😀

    Pengan balik lagi dong, tapi ga mau lagi ke tengah kota Jogja, ampun macetnya, mana lampu merah di Jogja itu bikin menguras kesabaran, lamaaanyaaaaaaa hahahahaha.
    Kalau mau liburan di tengah Jogja, mending sewa motor aja enak 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Jujur Yaa kenapa aku LBH suka di solo, Krn Jogja udh macet parah, apalagi kalo musim liburan 🤣. Suka kejebak macet aku kalo di sana. Sementara di solo masih longgar Rey. Semacet2nya ga bakal sama kayak Jogja .

      Jadi kalo mau kulineran di solo, mnding staynya di solo, jangan di Jogja. Susah ntr pulang pergi.

  56. zefy berkata:

    masya Allah ada soto, kebayang seger dan enaknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.