D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jun 2016

11

NAIKIN BERAT BADAN? COBA WISATA KULINER DI MAKASAR ;)

mie hokkian

Salah satu alasan yang bikin aku excited banget ikutan outing kantor  ke Makassar, itu karena kulinernya yang terkenal enak.. Di Jakarta sendiri ada banyak restoran khas Makasar yang menjual aneka seafood, palu butung, es pisang ijo, ato konro dan coto. Tapiii, tetepkan, mencoba menu khas  suatu daerah, pasti beda rasanya dengan makan langsung di  kota asal ;).

Bandeng Bakar Di RM  Riung Gunung Malino

Saat hendak ke Malino highland (baca: Rame-Rame Wisata ke Makassar), bis pariwisata kita berhenti di RM Riung Gunung Malino  untuk santap siang.. Restorannya kecil, tapi bersih. Tempatnya sih udah dibooking dari awal, dan karena itu menu khusus prasmanan yang sudah ditentukan, langsung dihidangkan saat kita datang. Ada  ayam goreng, sop sayur, capcay dan bandeng bakar yang sizenya gueeede banget! Masing-masing kita dapat setengah ekor, mau kepala ato ekor, tinggal pilih. Semua makanannya enak! Terutama sambel untuk bandeng yang rasanya pedees, tapi juga berasa sedikit asam segar karena perasan  jeruk limau dan potongan tomat. Sambel  ayamnya, diletakkan di setiap meja, dan  lebih pedes lagi :D.. Ini nih yang bikin pecinta pedes kayak aku seneng.  Ga ada sambel yang ga nendang di Makasaar ini 😉

Bandengnya lebih gede daripada yang terlihat di foto

rm riung gunung malino

rm riung gunung malino

Sambel Ayam yang puedees puool!!

rm riung gunung malino

Tempatnya kecil tapi resik 😉

rm riung gunung malino

Aneka Seafood

Tau dong apa yang bikin seafood Makasar itu enak ? Yup bener, sambelnya!! Juga karena seafoodnya masih  segar, hingga trasa manis dan ga amis. Sayangnya, menu seafood kita udah dipilihin, karena ini termasuk di paket wisata, jadi ga bisa milih mau ikan apa ;p. Walo gitu, semua menunya endeus surendes cong. Dimulai dari Cumi Masak Tinta, Ikan Dori Goreng Tepung, Tumis Bunga Pepaya, Ayam masak kecap dan Sop Ikan. Ga ada complain deh, semuanya habis ga bersisa, terutama yang jadi favorit nih,  ikan Dori goreng tepung, yang saking enaknya tuh bumbu, jadi rebutan  semua ;p.. Sambel seafoodnya ga usah dibilang ya, absolutely super spicy  ;)!

RM Makasar Seafood yang kita datangin

rm makasar seafood

Ayam Masak Kecap

rm makasar seafood

Cumi Masak Tintanya enak!! Ga amis samasekali

rm makasar seafood, cumi masak tinta

Ikan Dori goreng tepung yang langsung lenyap diserbu -__-

rm makasar seafood

Sop Ikan seger, terasa pedes dan asem kuahnya 😉

rm makasar seafood

Mie Titi

Ini kali pertama aku nyicipin mie Titi. Awalnya sih sering denger doang. Untungnya satu restoran mie Titi deket hotel Fave, ada yang masih buka sampe jam 2 pagi.. Jadilah aku dan beberapa temen  langsung meluncur malem-malem dengan niat makan mie Titi ;p. Kita datang jam 10 malaman, dan tempatnya masih ruaamee! Sampe harus waiting list bok!  Yang untungnya sih ga terlalu lama. Seporsi gede mie Titi dan mie Hokian, jadi menu yang  kita  icip bareng berempat, karena porsinya jumbo.

Restoran Mie Titi yang masih buka ampe jam 2 pagi

mie titi makasar

Setelah dicoba, jujurnya  aku lebih milih mie Hokkian, daripada mie Titi :D.. Yang Hokkian rasanya pas, gurih, potongan ayam dan telur nya banyak. Nah kalo  mie Titi,  ini tuh semacam mie yang sedikit tipis, dan kering, lalu disiram kuah kental. Mirip lomie lah, cuma beda size di  mie nya. Lomie agak lebih gedean. Yang bikin aku ga terlalu doyan, karena rasanya asin. Bisa jadi  karena efek mulai ngurangin makan garam, jadi nih lidah lebih sensitive ama makanan yang dikasih garam sedikit lebih banyak dari biasa :D. Tapi bagi yang suka, mie Titi ini termasuk  enak ;).. Kalo dimakan kriuk-kriuk dimulut ;p

Mie Titi

mie titi

Mie Hokkian

mie hokkian

Coto Makasar

Di Jakarta, tempat langganan ku kalo kangen coto dan konro, itu RM Maranu di Boulevard Kelapa Gading.. Kekurangannya cuma 1, sambelnya udah disesuaikan ama lidah Jakarta, jadi ga terlalu pedes. At least untukku ya. Tapi buat suami yang terbiasa ama citarasa manis, sambel segitu sih udah bikin dia keringetan ;p

Nah, saat di Makasar kemarin, kita sempet mencicipi coto Makasar di hari terakhir akan balik ke Jakarta. Tempat yang dipilih oleh travel tour kita, namanya Aroma Coto Gagak. Satu ruangan VIP disewa hanya untuk rombongan HSBC, jadi lumayan ga harus desak-desakan ama yang lain. Karena di ruangan yang biasa, tempatnya penuh, rame dan kayaknya sih ga ber AC, secara pintunya dibuka.. Ga kebayang,  keringat bakal banjir kayak apa habis dihantem ama pedesnya sambel coto ;p. Aku saranin sih, ngasih sambel ke cotonya sedikit dulu, karena kalo langsung banyak, kayaknya itu perut bisa mencri-mencri bagi yang ga kuat ;p

sambel pelengkap coto yang puedes gilak!

sambel coto makasar

Nasi ato buras?

buras makasar

Coto makasar ^o^coto makasar

es jeruk segar

Porsi perorang dapat 3 potong iga, yang dagingnya super lembut, jadi ga susah dipotong. Kuahnya gurih, masih panas  dengan aroma rempah yang kuat. Tinggal pilih mau makan pake nasi, ato buras (sejenis lontong khas Makasar). Minumannya jus jeruk murni yang sumpah, itu enaaak bangettt ^o^. Rasa jeruknya bisa balance gitu, manis ,sedikit asem dengan banyak bulir-bulir!

Pada Ga sabar nunggu pesanan coto masing-masing 😉

roma coto gagak

 Es Palu Butung & Pisang Ijo

Gara-gara kecapean , ditambah udara panas luar biasa saat belanja di Somba Opu, kitapun melipir ke Kios Hokky untuk ngademin badan dengan semangkuk es Palu Butung dan es Pisang Ijo 😀 Nyeessss banget, waktu  potongan pisang yang manis dan legit bercampur  santan, es serut  dan sirup merah yang menjadi ciri khas, meluncur mulus di tenggorokan :D.. Badan yang udah lemes langsung bertenaga  ;).. Ada banyak kok warung es palu butung begini di Makasar. Dan rata-rata semua enak 😉

Es pisang ijo

es pisang ijo

Es palu butung

es palu butung

Pisang Epe Losari

Kalo malam, pantai Losari selalu rame dengan penjual gerobak pisang Epe, jagung bakar dan Sarabba. Malam itu, aku dan 4 colleagues  yang ga bisa tidur, sepakat jalan-jalan malam ke pantai Losari sambal cemilin pisang epe ;). Rasa yang kita pilih, keju susu, coklat keju dan keju durian.  Ternyata yang cocok ama taste kita ber-5 cuma yang keju susu.. -__-. Manisnya pas, rasa kejunya juga terasa.. Yang coklat susu, rasa coklatnya kacau, kayak udah apek.. Trus yang durian lebih parah. Aroma doang yang strong , tapi rasanya kayak essence ..Kuciwaa 😀 .. Minuman sarabbanya menurut temen-temen enak.. Ini kayak minuman jahe dicampur susu.. Aku sih ga suka jahe ya, jadinya ga doyan ama sarabba ;p

Losari

losari

Malam-malam cari makanan di Losari

losari

Pisang epe, ki-ka: rasa coklat keju, keju durian, keju susu

losari pisang epe

Sarabba

sarabba

Otak-Otak Makasar

Cemilan lain yang  enak dan wajib banget dicoba saat ke Makassar, itu Otak-otak. Yang jual banyak .. Kemarin itu kita nyobain otak-otak di warung  sebelahan ama hotel kita di Fave.. Beda ama otak-otak Jakarta, di sini otak-otaknya lebih berasa bumbu, size juga lebih tebel  dan ada irisan daun bawang. Sausnya perpaduan manis asam, dan sedikit pedes. Bisa juga untuk oleh-oleh loh.. Nyeseeeel banget cuma bawa 40, karena langsung ludes dilahap orang serumah ;p

Otak-otak makasar

otak-otak makasar otak-otak

Aneka sambel yang bisa dipilih ^o^

sambel makasar

108 tanggapan untuk “NAIKIN BERAT BADAN? COBA WISATA KULINER DI MAKASAR ;)”

  1. Cumilebay mengatakan:

    Aku kangen coto gagak, sekali makan langsung bisa 2 porsi hehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      enaaak yaa… kata turguide nya, kalo sampe makan di sana ga keringetan, ada yg salah ama bdn kita ;p.. aku cuma cobain 1 tempat itu doang sih mas.. ga tau apa ada lg yg lbh enak dr coto gagak?

  2. Nasirullah Sitam mengatakan:

    Ada sih makanan lain yang jarang terekspos, entahlah masih ada atau tidak namanya “Jepa” Heeeemm kangen makan makanan Sulawesi 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      apa ituuu? ^o^ aku gaprnh dgr mas.. makanan2 baru ato jrg keekspos gitu biasanya malah bikin penasarn 😉

  3. Beautyasti1 mengatakan:

    Aku ngarepin nya review resto nya satu satu nya, begini bikin aku pengen makan semuanya hahaha.. Lagi ngidem es palo butung, tapi sulit di jakarta nyari nya.. Di eat and eat gak enak.. Hhmm ada rekomendasi gak mba fanny palo butung sekitaran jaksel hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahaha, jaksel yaa.. itu jrg aku dtgin jujurnya mbak :D.. tapi memang bener kalo es palu butung jrg enak di resto2 makasar di jkt.. yg agak lumayan buatku ya di maranu boulevard kelapa gading itu.. ada yg bilang di kebon jeruk ada yg enak.. tp ga tau nama restonya.. lupa aku.. yg selatan ntr yak, aku cari tau dulu dr temen2 😉

  4. DoNurdians mengatakan:

    widihhhhh bikin nafsu makan bertambah nih mbak

    makasih sudah share…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      makasih mas :D.. susah ini ngerem hobi makan.. ;p apalgi kalo dgr ada jenis kuliner baru ato ada yg enak, aku biasanya pasti penasaran pgn coba

  5. alvi kamal mengatakan:

    wahh seenak itu kah..? hahaha jujur kalau lidah saya tidak terlalu pas sama banyak makanan di makassar. Dan itu juga karena makan di tempat yang memang terkenal kak, karena banyak juga yang memang tidak seenak yang sering dibicarakan. #myopinion

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      yg aku dtgin sih semua enak Vi :D.. tapi pada dasarnya aku memang suka makanan makasar ini.. kan di jkt banyak juga restonya.. apalagi mamaku pun besar di makasar jdnya sering masakin ini dulu pas kita msh kecil..

  6. tutyqueen mengatakan:

    wah, aku pengen coto makassar jadinya plus minum air jeruk 😀

  7. arikus mengatakan:

    Kalau liat sih sepertinya enakan mie Titi, pake kuah nyemek gitu..tapi enakan Hokian ya Mba..Kalau sama otak-otak di Jkt enakan mana Mba, aku herannya kalau di RM di Jkt kok kebanyakan ada otak-otak ya Mba..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      seleraaa loh ;).. aku sih lbh suka hokian.. seandainya aja mie titinya ga terlalu asin, aku pasti suka mas.. krn enak kok ngunyah mienya yg garing itu 😉

      sebenernya beda rasa sih otak2 jakarta ama makasar.. aku pribadi lbh suka yg makasar krn lbh gurih ya rasanya.. 😉

  8. Ernawati Lilys mengatakan:

    foto-fotonya menggugah selera. mantap nih

  9. Shinta mengatakan:

    Wahahahaa surgaa makanaann bangettt *ngences
    Paling suka otak otak makassarnyaa. Ikannya berasa banget.
    Pengennya makan tapi ngga naik berat badan huhuhu

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beneeeer ^o^.. aku suka bgt otak2 makasar mbak ;).. sumpah itu enak, apalagi kalo dicocolin ama aneka sambel mereka tuh..

  10. Riska Ngilan Haryono mengatakan:

    Ini kesekian kalinya aku bilang kalau aku kepengen banget ke Makassar buat jalan-jalan dan wisata kuliner mbak. Entah kapan bisa kesana ya ? 🙁

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      pasti bisa, pastiiii bisa ;).. dulu aku jg ga kebayang bakal bisa jalan2 begini kok mbak :).. tapi trbukti ada aja jalannya kalo kita memang bertekad utk bisa 😉

  11. Hahaha asoy judulnya “naiikin berat badan” 😀 . Tiap kali liburan biasanya sih memang bakalan naik BB mbak Fan. Bandengnya gede banget, duri lunak atau ga mbak? aku ga terlalu suka bandeng klo bukan presto krn kesel durinya haha.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Samaa mbak, aku jg ga suka bandeng yg bukan presto.. tapiiiii bandeng yg di rm riung gunung ini juga bukan presto, cuma durinya itu ga susah dibuang , serius :).. aku gampang aja misahin durinya selama makan kok :).. tp kata temen2 kalo bagian kpala lbh enak durinya ga sebanyak di ekor.. cuma aku ga doyan kepala :p

      • jadi penasaran pengen nyoba bandengnya 😀 . Bagian kepala ikan aku doyan mbak asal digoreng kering.

        • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

          wahhh samaaaa… aku br mau makan kepala ikan kalo digoreng kering mbak.. tapi yg bandeng kemarin dibakar sih.. cm enak, krn bandengkan memang dasarnya ga amis ya… cuma durinya aja nyebelin ;p

  12. Zizy Damanik mengatakan:

    Ya ampun. Langsung ngiler lihat bandeng bakar. LOL. Makanan Indonesia memang semuanya endes-endes…. Pasti gemuk ini kalau makannya beginian :))

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ga ada yg ngalahin makanan indonesia ^o^… ini yg bikin bangga jd org indo yaa ;)..

  13. evrinasp mengatakan:

    Mampir di blognya mbak Fanny pas puasa bahaya, bikin mupeng hehe, duhhh aku waktu ke Makassar cuma nyobain cotonya sama pisang epe, soalnya mepet banget waktu itu, cotonya ajibbb banget

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      akupun ngerasa masih kuraang waktunya di makasar mbak :D.. cuma 2 malam doang ga cukuuup ^o^

  14. Adriana DIan mengatakan:

    AKU RELA MENGGENDUT KALO MAKANANNYA SEENAK INIIIIIIIIIIIII. Eduuuunnnnnnn. Duh makasar, makanannya ena-ena semua yaaaa. Aku belom pernah cobain coto makasar yang di boulevard nih, jadi pengen cobaaaaaa. Mudah-mudahan ada rejeki biar bisa ke makasar langsung, biar bisa tambah gendut. Hihihihihihiiii. Makasi sharing-sharingnya ya maaak. Bikin ngiler berat niiiihhhh

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Hihihihi, akupun rela menggendut mbaak :D.. yg di boulevard ada 2 resto makasar.. yg 1 nya MARANU, 1 nya lagi karebosi.. yg karebosi aku kurang cocok mbak.. lebih pas yg maranu.. tp cobain aja 2-2 nya kali kita beda selera 😀

  15. April Hamsa mengatakan:

    Belum pernah ke Makassar, tapi suami pernah kerja di sana sbelum nikah dan menceritakan makanan2 itu. Makassar emang surganya makanan, utamanya protein hewani yg katanya lbh murah dari sayur, ya mbak? hehhehe
    Moga kpn2 bisa ke Makassar aamiin

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo soal harga aku ga tau mbak :D.. secara semua dibayarin kantor .. tp harusnya memang murah2.. sayang sih aku ga nanya harga seporsinya brp.. masih pgn banget balik ke makasar nih..

  16. evylia hardy mengatakan:

    Banyak yang enak ya, tempatnya juga bersih
    Kalo aku sih ga diragukan lagi pasti kalap kalo ketemu otak otak. Haaa, itu sangat sanggup bikin aku lupa diriii
    Yummm …malem ini ngimpi banjir otak otak 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beneeeer…. kalo beli otak2 itu ga bisa dikit ya mbak… aku suka beli yg banyaaak kalo udh otak2 krn ygsuka di rumah juga semua ;p.. ini cara asyik makan ikan soalnya… kan berasa amis lagi 😀

  17. MeriskaPW mengatakan:

    Sering denger mie titi tp baru liar penampakannya di blognya mbak fany, hehehe,

    Banyak banget ternyata kuliner makasar, aku pernahnya nyoba coto makasar, samosa, pisang ijo, sama wedang sarabanya nutrisari, hha, tapi yg tak coba kayaknya udah gak otentik semua, beda sama yg direview orang2.. makin pengen terbang ke Makassar deh, haha

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku aja msh blm bnyk yg dicoba ini mbak… masih penasaran ama seafood makasar.. yg kemarinkan seafoodnya udh dilihin semua menunya… dan g ada menu yg ikan2 bakar gitu.. makanya msh pgn cobain itu 😉

  18. Rani R Tyas mengatakan:

    Wah jadi pengen ke Makasar.. Kapan ya bisa ke sana? hehe

  19. nengbiker mengatakan:

    pas banget liatnya pas sudah sore
    keknya aku jadi pengen ke daeng rudi deh… ini top markotop masakan makassar di malang 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      pantesan makanan makasar bisa kemana2 cabangnya, krn memang bnyk yg suka yaa ;).. kalo ke malang aku cobain juga masakan makasar di sana mbak 😉

  20. Keke Naima mengatakan:

    waduh! Kalau saya malah lagi berusaha nurunin BB, nih. Tapi biasanya kalau lagi traveling, saya gak ingat BB. Kapan lagi kulineran hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      pas traveling mah, ga ush dipikir yg namanya diet dan BB mbak :D.. ga cocok itu kalo disandingin ;p .. pulang dr traveling baru mikirin diet dan olahraga , supaya kalo da normal beratnya, bisa utk wiskul selanjutnya ;p

  21. Roosvansia mengatakan:

    Gimana rasanya makan Coto Makasar di Makasar yaaa? Pasti enakkkkk. Btw itu ikannyaaa ahhhhhh tidakkkkkkk. Aku mauuuuuu hahahahahahha *anaknya ngga bisa liat yg enak – enak, bawaannya laper trus kebawa mimpi

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      mantep sambelnya mbaaakkk.. semuanya serba pedas!! ;p coto dan konro jd makin nampoool di lidah 😀

  22. Sie-Thi Nurjanah mengatakan:

    Wah..wah..bahaya nih di bulan puasa. post hidangannya itu tampak ajiiib bgt dah

  23. nova mengatakan:

    ah….aku mau semuaaa… tapi bisa gak ga bikin gendut..he2

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hihihihi, tergantung metabolisme masing2 kalo itu ;p tp sesekali gpp naik mbak.. pulang dr sana diet dan olahraga lg utk persiapan wiskul yg berikutnya ;p

  24. Emakmbolang mengatakan:

    kalau ke Makassar tahunya coto makasar sama pisang epe, ternyata mereka punya otak otak juga.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      adaa ;). dan enak otak2nya ^o^.. kalo udh makan itu ga liat lg bungkusan daun pisangnya yg udh abis mba.. tangan g bisa berhenti soalnya ;p

  25. Ria M Fasha mengatakan:

    haduuhhhh… bisa kalap aku mbak liat makanan-makanan enak kayak gini
    hoho rela deh sekilo naek

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kok sekilo mbak :D.. kyknya ga mungkin naik sekilo doang kalo di makasar ;p.. apalagi kalo bberapa hari :D. hihihii.. terlalu enak makanan2nya..

  26. Susan Lolo Bua mengatakan:

    Demi dewaaa.. makanannya buat perut kroncongan, huhu
    kemarin sempat ke Makassar mampir hanya sebentar karena pulang kampung halaman, makanan wajib yang hanya sempat di cicip Pisang Epe di Pantai Losari..

    salam,

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      waaah sayang bgt cuma sebentar mbak :).. harusnya kalo ke makassar hrs nginep bbrp hari utk wiskul doang ;D

  27. Ranny mengatakan:

    AKu kangen beraaat sama coto makassar ji hiks huhuuhh semua kuliner itu udah dicoba, enak dong pasti 😀 eh nggak bawa pulang jalangkote? 😀
    Selain naikin berat badan, kolesterol pun iya *Ditujes warga makassar

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ga ketemuuuu Ran :(.. aku pulang ke hotel itu selalu malam, nah penjual jalangkotenya ga ada lagi… kalo pagi-sore, jdwal padat di jalan.. tapi sambil jalan gitu aku nyari2 jalangkote juga g ada :(.. pdhl dr awal udh pgn bgtttt nyari jalangkote

  28. gustyanita pratiwi mengatakan:

    lengkaaaaaaaaaaaaaapppp aaaakkkk
    aku suka angle angle fotonya
    bikin yang baca jadi berasa itu makanan ada di depan mata, trus pengen langsung dihaappp..

    aku suka bagian ikan ekorrr..palagi itu ekornnya gemuk banget
    dagingnya super duper tebel,…huhu
    yang ga nahan itu ambaelnya
    keliatan mengkilat n nampol banget di warna cabenya

    terus itu pisang epe kenapa dijejer dan minta disendokin banget coba mb fan ahahaha

    aku maulah itu buras. e buras tu mirip ketupat ya

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sambel di sana memang enak2 dan puedeeees Nit.. aku suka bangetttt ^o^!! makan yg udh lahap, jd 3x napsu gara2 sambelnya hahahah ;p

  29. Diarysivika mengatakan:

    judulnya horror hyahahaha nggak ke Makassar pun saya bingung nurunin berat badan. Btw saya penasaran dengan Pisang Epe yang penjualnya di Losari itu 😀 2 kali ke Makassar saya selalu gagal nyobain ini kuliner

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      next ke losari aku mau coba pisang epe ama penjual yg lain mbak.. kalo yg kmrn aku coba kan rasa coklatnya ga enak ama durian.. kali aja di penjual lain enak.. kalo msh ga enak, berarti cocoknya cuma ama yg keju susu ;p

  30. Lusi mengatakan:

    Hahaaa bener ini nasi sebakul habis. Sayonara diet.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo liburan, di manapun, lupaka diet mbak :D.. ga cocok itu diet ama liburan hihihihi ;p

  31. Yasinta Astuti mengatakan:

    Widiiih enak semuaaa..
    Save URL ahh, kebetulan kaka saya di makasar kalau kesana saya mau cobain semua satu-satu hihi

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      selain yg aku tulis masih banyak kuliner lainnya mbak.. aku mah krn cuma jumat – minggu doang msih kehitung dikit wisata kulinernya :D.. seafood aja blm nyicipin yg ikan2 segarnya..

  32. kresnoadi DH mengatakan:

    Haduh. Itu mah bisa bener-bener naikin berat badan namanya. Hahahaha. Anyway, itu beneran mie Titi krenyes-krenyes gitu? Kok aku jadi penasaran yaaa. *padahal udah dianjurn yang hokkian aja* \:p/

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa mie titi itu pas disajiin garing, kayak mie kremez, mie gemez… tp bisa dimakan… trs disiram kuah kental.. enak kok mas sebenernya.. cum buatku ini rada asin :)..

  33. ILYAS AFSOH mengatakan:

    Ternyata gampang juga naikin berat badan tinggal ke Makassar , cocok nih bagi saya yang kurus

  34. ilmo mengatakan:

    Cocoknih buat yang punya berat badan seperti aku ini, minim banget berat badannya 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hihihih iya mbak… walo suka makan, tp aku puunya masalah ga bisa gendut ao sdikit berisi.. :D.. sebenernya malah asyik, berat ttp stabil.. tp kan trlalu kurus ga enak juga diliat -__-

  35. cumilebay.com mengatakan:

    Aku suka banget ama kuliner makassar, terutama coto makassar nya sama coto pangkep

  36. Irly mengatakan:

    Jujur Mbak, saya cuma baca awal2 aja sebelum foto bandeng dan bagian Mie titi (yang sempat di ceritain di komen blogku kemarin ya?) takut makruh puasaku.. bhahaha… Salah nih..bukanya pagi-pagi bener.. hufth..

    Kayaknya bener-bener kulineran lah kemarin di Makassar ya..
    Kapan ke Kendari Mbak?^^

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      malah kurang mbak kulinerannya.. kita kebanyakan tur di luar.. -__-.. ga cukup mah 2 malam di makasar utk kuliner :D..

      aduuuh pgn bgt ke kendari.. moga2 thn dpn budget outing kantor bisa utk kendari deh yaaa 😉

  37. lianny hendrawati mengatakan:

    Waduh, sukses deh bikin ngiler ini semua makanan, keliatan enaaaak semuanya.
    Apalagi es nya itu segeeeeerrrr *glek.
    Beneran deh kalo ke Makasar, bisa2 berat badan naik abis kulineran 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mbaaak.. timbanganku yg biasanya rada susah naik, naik juga pulang dr sana ;p.. tapi gpp, ga nyesel lah gendut abis kulineran enak 😀

  38. Muhammad Akbar mengatakan:

    Hmm, postingan ini cukup membuat saya tidak sabar pulang ke Makassar.
    Memang yah, kalau makassar pusatanya wisata kuliner.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beneeer ^o^.. aku betah di makasar mas.. kurang bgt itu 2 malam di sana..harus balik lg pokoknya 😉

  39. Ophi Ziadah mengatakan:

    kulinernya makassar memang maknyoss lah..
    apalagi yangs erba Ikang eh ikan..
    terakhir ke sana ga ke Mi Titi euy…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      berarti msih hrs kesana mbak ;)..wajib lah nyobain mie titi nya.. akupun msh pgn walo rasanya agak asin.. mungkin next, aku bkl minta supaya garamnya dikurangin 😉

  40. Dee - @HEYDEERAHMA mengatakan:

    Waini.. Ngeceeesss… Belum kesampean nih kulineran di Makassar 😀

  41. Aireni Biroe mengatakan:

    Mie Titi, namanya lucu, Mbk hehe

    Btw, sama kita, Mbak, untuk makanan gak terlalu suka makanan asin 😀

  42. kania mengatakan:

    pagi2 nyasar ke siniiii hehe. Bandengnya gendut banget ya mba, saya sama anak2 penyuka bandeng presto tapi kalo beli di supermarket mahal ya .

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      waahh.. aku makan bandeng juga biasanya yg presto mbak :D.. baru di makasar kemarin yg ga dipresto gitu… enak juga tp memang agak repot bersihin duri 😀

  43. Rach Alida Bahaweres mengatakan:

    Makassar emang makanannya enak enak banget mbaa …..
    Aku pertama kali datang, makan mie titi, kemudian coto, palu butu aih banyak deh. Lezat lezaat. Hihii

  44. Indah Primadona mengatakan:

    aku suka pisang ijo…
    yang pengen dicoba itu coto makassar sama pisang epe ^^

  45. febridwicahya mengatakan:

    Nggak mau naikin berat badan :’ tapi aku kok tetep ngiler ya liat kulineran makassar ini :’

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, naikin aja ;p.. ntr abis liburan turunin lagi :D.. rugi feb kalo liburan ga makan2.

  46. pondokinfo.com mengatakan:

    Hadoh…makanannya bikin ngiler neh mba hehehehe…
    Selamat berkarya & sukses selalu dimanapun kita berada 🙂

  47. Nunu Halimi mengatakan:

    Pingin gemuk nggak bisa-bisa, jadi pingin ke Makassar..semoga ada kesempatan

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      amiiin ;).. aku aja masih nungguin tiket promo blm ada2 mbak 😀 ..kali ini pgn ajak keluarga kulineran ke makasar

  48. Han Fauziyah mengatakan:

    AHHH udah naik 5kg, mau turunin berat badan… tapi baca ini…. SAYA RELA NAIK LAGI deh!
    MAYGAD banget lihat jajaran makanan makasar,
    seriusan belum nyobain langsung dari makasarnya.. belum pernah ke sana huhuh.
    apalagi belum nyobain coto makasar. sediiih.
    es palu butung sama pisang ijonyaaa…. menggiurkan lahir batin perut dan mulut ini huhuhuhu

    salam kenal ya 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Hharus kesanaa mbak ^o^.. surga kuliner bgt makasar itu.. ;). aku aja udah mikir, kpn bisa balik kesana lagi khusus utk kuliner doang ;p

  49. Rico Sinaga mengatakan:

    Bandengnya lebih besar dari cita2 ku. Nyam nyam :p

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Hahahaha…. ikan2 di sana ntah kenapa gede2 semua ;p.. murah2 juga kali ya mas.. aku krn dibayar kantor jd ga tau harganya juga

  50. kirim mobil mengatakan:

    otak otak makassar nya mau dong mba :V

  51. richotraveling mengatakan:

    Wah lemak semua ini udah *elus perut* enak2 semua yah

  52. Uwien Budi mengatakan:

    Bikin ngiler banget iniiii. Palagi pas baca pas laper kayak sekarang.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, iya mba, kuliner makasar juara yaa… aku jd kangen ih pgn kesana lagi.. seneng bgt kmrn.. kuliner2nya mantep 😉

  53. Bambang Irwanto mengatakan:

    Wah… benar-benar puas menjelajah kuliner Makassar, Mbak.
    Dan langganan saya juga coto makassar jalan Gagak, Mbak. Itu memang dari dulu. Dari zaman masih warung sedernahan, sampai sudah ada sambungan berbentuk rumah makan hehehe.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      udh lama banget yaaa ini berarti :)… ahhhh, ga rugi memang kesnaa … kalo bisa ke makasar lg, aku mau puas2in makan coto pokoknya… pgn coba jg coto yg lainnya.. ama seafood…di makasar jg seafoodnya enak2 dan seger ya mas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.