D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jan 2018

14

MENCOBA BUNGEE DI MACAO TOWER !!

MACAO TOWER BUNGY JUMPING

‘Everyday, do something that reminds you, you’re still alive’ (AJ Hackett)

Bungee jumping…  Ntah gimana awal mula aku bisa menyukai permainan ekstrem ini yang menaikkan  adrenalin ke level maksimal . Berawal dari rollercoaster sekelas dufan,  lalu naik kelas dengan menjajal giant swing, dan reverse bungee di Singapura,  mengejar aneka rollercoaster terekstrem kelas dunia di Jepang,  dan kini,  menguji keberanian dengan terjun dari menara Macao yang merupakan the highest bungee platform in the world.  

 

Awalnya, bisa  terjun dari menara Macao hanya berupa niat tanpa ada planning untuk merealisasikan. Maklum aja, nyali belum terbentuk saat itu. Tapi kemudian membaca bukunya  mba Trinity, Naked Traveler yang pertama, tentang kisahnya saat bungee dari menara Macao, dan whooosh, aku kayak dapat pencerahan dari langit untuk harus bisa ngelakuin ini ;p. 

 

Mulai mencari tahu harga, lokasi, cara melakukan booking, sampe membaca semua testimoni dan menonton video you tube tentang bungee di Macao. Hingga akhirnya awal tahun 2018, wishlist yang menduduki peringkat pertama ini bisa terwujud :D. 

 

 

CARA BOOKING

Bungee Jumping di Macao , diprovide oleh perusahaan besar ternama asal Selandia Baru, AJ Hackett. Ga usah pertanyakan lagi keamanannya, karena record mereka bersih dan safety jadi the utmost priority . Bagi yang mau jumping, kalian bisa reservasi online melalui https://www.ajhackett.com/macau/book-now/. Tinggal pilih mau paket yang mana, jam berapa (bahkan bisa memilih bungee saat malam!), dan tinggal bayar melalui kartu kredit.  Awalnya sih, aku pengen ngerasain lompat saat malam. Sensasi terjun ketika gelap, dengan lampu-lampu gedung di Macao menyala terang, pasti jadi pengalaman yang memorable. Tapi dipikir ulang, kita semua pada takut kemalaman pulang ke Hongkong. Jadilah aku mengambil paket bungee komplit jam 1 siang. 

Untuk yang masih belum yakin, ragu-ragu bakal berani lompat ato ga, mendingan beli tiketnya on spot aja sik. Datang langsung ke Macao Tower, dan beli tiket setelah nyali terkumpul ;p. Cuma ditakutin, kalo-kalo yang ikutan lagi banyak, ada kemungkinan kita ga bisa dapat slot di hari itu :). 

 

Aku sendiri memilih booking melalui website. Dengan memilih paket Bungee jump full, langsung dapat kaos, e-certificate yang dikirim ke email, international membership card yang memberikan diskount 20% worldwide kalo aku nanti mau terjun lagi di cabang-cabang AJ Hackett lainnya, dan photo plus  HD Video yang akan  disave dalam USB. Untukku ga perlu lagi membeli tiket masuk ke Macao tower, karena udah include dalam paket bungee. 

 

Berapa yang harus dibayar untuk 1 paket ini? Kalo di Rupiahin, sekitar Rp 6.8 Juta untuk sekali terjun yang hanya 1 menit wkwkwkwkwk… Itulah kenapa banyak temen-temen langsung ngejudge aku Gila :D. Tapi guys, bagi sebagian orang, impian untuk bisa terjun bungee, apalagi dari atas MENARA yang platformnya termasuk TERTINGGI SEDUNIA, harga segitu belum ada apa-apanya dibanding KEPUASAN yang didapat . 

 

 

PERSIAPAN SEBELUM TERJUN

Jujurnya sampe seminggu sebelum berangkat, persiapanku hanya  nontonin ulang video You Tube dari orang-orang yang pernah terjun dari Macao Tower. Puluhan Video, semua ekspresi, cara mereka terjun, apa yang dilakukan saat bouncing, et cetera, et cetera 😀

 

Dan bukannya bikin nambah tenang, semua videonya malah bikin aku makin mules hahahaha. Satu hal yang aku takutin , itu  cara membuat badan bisa balik ke posisi normal (kepala di atas) kembali setelah bouncing, karena dari blog yang dibaca, agak susah melepaskan kaitannya. Kan malu yak, kalo posisi kepala terus ada di bawah, hanya karena ga bisa ngelepasin kaitan ;p.    

 

Sempet aku ngerasa  shaking saat dalam pesawat Jakarta menuju Hongkong. Wajar sih, walo aku pecinta wahana ekstrem dan selalu excited  untuk mencoba hal-hal yang menantang, tapi rasa takut, gemetar dan tremor sebelum melakukan hal itu, tetep selalu terjadi. Di pesawat kemarin, aku hanya membiarkan  rasa takut dan gemetar di awal yang lagi bergolak. Setelah agak tenang, baru mulai fokus berdoa plus zikir .. Cuma itu caranya aku bisa rada tenang menghadapi tantangan di depan :D. Hasilnya, pas perjalanan Hongkong – Macau keesokan hari, jantung, kaki  dan pikiran  lumayan calm dan perasaan takut, Alhamdulillah hilang :). 

 

Setelah meredeem tiket di bagian bawah menara, kita semua naik ke LANTAI 61 , tempat untuk terjun bungee :D. Yang terjun sih aku doang, sisanya pada bilang mau jadi cheerleaders supaya akunya makin semangat wkwkwkwk. Selesai  melapor di kaunter depan, salah satu staff membawakan kertas yang berisi surat tidak akan menuntut apa-apa kalo terjadi sesuatu uwahahaha.. agak serem ya bok ;p. Kayak tandatangan surat siap mati ;p. Tapi aku percaya kok dengan reputasi AJ Hackett yang udah malang melintang dalam hal per bungee-an ini. 

MACAO TOWER BUNGY JUMPING

Selesai tandatangan, aku disuruh memakai kaos merah yang mereka kasih, lalu mulai dipasangkan segala macam alat pengaman yang berasa berat tapi juga kokoh di badan.. Semuanya harus terpasang sempurna dan ketat. Takutnya kalo longgar, bukannya menahan badan, malah lolos  terjun bebas hahahaha ;p 

 

Dengan peralatan perang yang menempal di badan, aku kemudian ditimbang. Ada berat minimal dan maksimal dalam melakukan olahraga ini.. Maksimalnya aku ga inget, tapi minimal harus 40 kg ke atas. Itulah  kenapa, sebulan sebelum terjun, aku makan trus demi mencapai berat badan di atas 45 kg ;p. Sebelumnya berat badanku pas di angka 40 doang. Alhamdulillah pas ditimbang, dengan segala besi-besi pengaman, berat badanku masih memenuhi syarat, 49 kg :D. 

 

Baru deh, siap masuk ke ruangan terbuka, tempat bungee akan dilakukan.. Ada 3 orang yang akan terjun sebelum aku.. Satu orang cowo China, dua sisanya cewe yang juga dari China. Wajah mereka sama stress nya kayak aku sih, apalagi pas melihat ke bawah, dan jalanan keliatan kecil dari ketinggian 233 meter ato sama dengan 61 lantai ;p. Sempet kepikir , ‘aku gila apa ya.. Beneran ini mau loncat dari tempat setinggi ini? “ . Tapi ga terlintas  samasekali untuk cancel, karena uang bakal hangus. Ihhhhh sorry yaa, mending loncat beneran daripada Rp 6.8 juta melayang sia-sia hahahahaha 

 

Pas giliranku, salah seorang jump master ngasih briefing apa yang harus dilakuin saat lompat. Ada beberapa gaya yang bisa dipilih, tapi karena belum ada pengalaman, aku memilih gaya yang paling basic, wajah menghadap ke bawah. Tapi mungkin, kalo ada kesempatan untuk terjun lagi, aku bakal memilih gaya backwards, alias saat jatuh, wajah menghadap ke langit. 

MACAO TOWER BUNGY JUMPING

Jump master mengajari juga cara membuka kaitan agar posisi badan kembali tegak setelah rebouncing 2x. Ternyata hanya menarik tali khusus ke arah samping. Waktu aku coba sih, kaitannya ga terlalu keras, hanya saja harus yakin tangan bisa menyentuh kaitannya. Yang ditakutin terlalu histeris sampe ga bisa menemukan itu kaitan hahahaha… 

MACAO TOWER BUNGY JUMPING

Sebelum loncat, fotographernya mengambil beberapa foto, dari depan, atas, sampai saat sebelum terjun. My gosh, kakiku mulai agak shaking. Angin ga begitu kencang saat di atas. Cocok banget untuk terjun. Kakiku digantungin pemberat yang pas dijatuhin ke bawah, terasa sekali langsung menarik badan. Tapi staff di sana masih kuat memegangi badanku supaya ga tertarik jatuh.

MACAO TOWER BUNGY JUMPING

Supaya ga terlalu panik, aku dilarang melihat ke bawah. Tips nya, liat aja ke depan, dan bayangin kita punya sayap yang siap terbang :D. Jujurnya saat itu, aku beneran udah pasrah sih.. Mau di lama-lamain lompatnya juga ga mungkin.. Mending langsung lompat biar semua cepet selesai kan ;p… 

MACAO TOWER BUNGY JUMPING

Setelah aba-aba diucapin oleh semua staff di atas, aku cuma bisa berdoa supaya ga panik dan berharap hasil foto bisa bagus wkwkwkwkw. Teteeeup bok, mikirin eksis ;p ..

MACAO TOWER BUNGY JUMPING MACAO TOWER BUNGY JUMPING

 “One, Twoooo, Threeeee….. GO!!” .  Suara  jump master berasa petasan yang menandakan aku harus melompat. 

 

Ma meeeeennn… aku menjatuhkan diri ke depan, dan rasanyaaaa……….

 

AGGGGHHHHHHHHHH………. Aku ga kebayang kalo jatuh dari ketinggian 233 m bisa secepat itu !! Ngeliat ke bawah, ada semacam bantalan raksasa yang nantinya jadi tempat mendarat semua jumpers. Cepeeet banget jatuhnya, dan tiba-tiba tali mulai rebouncing, melemparkan badanku kembali ke atas.. hahahahaha.

MACAO TOWER BUNGY JUMPING MACAO TOWER BUNGY JUMPING MACAO TOWER BUNGY JUMPING

Itu, moment yang paling ga bisa ku lupain! Saat bouncing, gerakannya berubah jadi slow motion… Badanku terputar, dan kali ini wajah menghadap langit. Tau apa yang kupikirin saat itu? Berfikir tentang orang-orang yang memilih mengakhiri hidupnya dengan cara lompat dari gedung ato ketinggian. Apa yang mereka rasain sebelum  tubuhnya jatuh menghantam beton di bawah? Ada perasaan menyesal ato tidak? Karena yang aku rasain, bersyukur pada Tuhan, aku masih bisa hidup…

MACAO TOWER BUNGY JUMPING MACAO TOWER BUNGY JUMPING

Setelah bouncing 2x, tanganku mulai menggapai tali untuk melepaskan kaitan agar badan bisa  ke posisi normal. Alhamdulillah, kaitannya berhasil dilepas huahahahaa.. Setelah posisi kepala di atas, perlahan  mulai menikmati turun pelan-pelan ke matras angin di bawah.. Sempet melihat pemandangan sekitar menara.. Wow, dan langsung bertekad saat itu, ini ga akan jadi kali terakhir aku melakukan bungee ! 😀

MACAO TOWER BUNGY JUMPING

Ketika kaki menginjak dasar, petugas di bawah langsung membantu membuka ikatan semua pengaman.. Di situ, kaki baru terasa lemaaaaas luar biasa ;p.. Mereka menyuruhku naik kembali ke lantai 61, untuk menerima video dan foto-fotonya.. Dan, saat berjalan kembali ke lobby itulah, aku baru sadar kalo banyaak banget orang menonton di bawah, dan sebagian mereka malah bertepuk tangan pas aku lewat wuahahahaha…. Maaaak, aku  berasa jadi arteees maaak  ;p 

 

Malah pas naik lift, sepasang suami istri dari India, langsung menyalami dan bilang selamat aku udah berani terjun. hahahahaha… 

 

Okaaay, make it short, aku NAGIH BANGETTTT ngelakuin bungee.. Ga ada yang bisa ngelukisin rasanya saat badan jatuh kebawah, berayun, lalu bouncing, dan bisa menatap langit. Di situ aku merasa sedang terbang. 

 

Terjun bungee dari atas menara berbeda dengan bungee dari atas jembatan yang tidak memiliki dinding . Untuk menghindari tubuh jumpers menabrak dinding menara, pengamannya dibuat khusus, agar saat terjun, tubuh kita beneran jatuh lurus ke tengah dan tidak akan menabrak dinding menara. Itulah kenapa, bungee dari atas menara jauuuuh lebih mahal daripada dari atas jembatan, karena memang pengamannya khusus. 

 

Yang sebel yaaa, para staff di AJ Hackett Macau ini pada suka usil pas ditanya, “Ini aman kan yaaa?”, “pernah ada kejadian jelek ga sih?” “Mas nya  sendiri udah pernah terjun belum?”.. Jangan tanya pertanyaan itu kepada mereka, karena akan dijawab ngasal ;p. “Wahhh, ga terlalu aman sih sebenernya.. kemarin baru aja ada yang jatuh gara-gara talinya lepas”, “Haahhh? Saya terjun? Ya gaaa laaah.. Emang udah gila apa?” 

 

Wkwkwkwk kampretkan denger jawaban mereka ;p. Makanya aku ga mau nanya-naya pas denger jawabannya begitu .. Ntar makin jiper huahahaha

Certificate dari AJ Hackett ^o^. Print, pajang!

MACAO TOWER BUNGY JUMPING

So, setelah berhasil terjun dari tempat bungee tertinggi , apa targetku selanjutnya? 

 

Mencoba bungee dari Royal Gorge Bridge Colorado yang ketinggiannya 321 Meter! Tapi karena bungee di sana hanya ada pada bulan September, jadi sepertinya, aku belum bisa kesana dalam waktu dekat.. Mengingat tiket ke Amerika juga ga murah cong ;p.. Nabung dulu lah..

 

Jadi mungkin untuk tahun depan, aku bertekad bisa merasakan bungee dari negara asalnya, New Zealand, Navis bungy jump, yang walopun hanya 134 meter, tapi ini cukup menantang, karena kita akan terjun dari atas cable car , dan di bawahnya mengalir sungai Navis :D. Gosssh, aku ga sabar untuk ngerasain tantangan berikutnya 😀

 

Untuk semua pecinta adrenalin junkies, cobain bungee, minimal sekali seumur hidup.. Ini kegiatan menantang yang benar-benar bikin ketagihan :D!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.