D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Sep 2015

14

KEMANA KALO MAU NYARAP DI MEDAN??

mie kuning bumbu pecel

Teman-teman yang akan liburan ke Medan sering bertanya, menu apa yang paling enak untuk sarapan kalo sedang di Medan? Beberapa list makanan di bawah, mungkin bisa dijadikan referensi kalau sedang berada di sana 😉

Soto Kesawan

Walo asli orang Medan, tapi bisa dibilang aku jarang nginjakin kaki ke kota sendiri. Anak perantauan yang sering berpindah dari 1 kota ke kota lain, tapi bukan Medan, membuatku baru bisa mencicipi soto yang sebenarnya sudah sangat ternama dari dulu, Soto Udang Kesawan. Apa keistimewaannya ? Buatku, potongan udang yang montok dan lumayan banyak dalam kuah santan yang super gurih dan lezat, membuat bukan hanya aku, tapi orang-orang sekitar dan turis selalu mau datang lagi meramaikan tempat ini. Jangan coba-coba datang di atas jam 2 siang, karena biasanya stok soto mereka udah ludes ;D. Selain udang, biasanya kita bisa menambah isian lain seperti paru, ayam ato daging untuk dicampur ke dalam soto.. Pilihanku yang lalu jelaslah paru.. Ah, masih terbayang rasa soto yang gurih dengan paru renyah dan udang manis dimakan bersama nasi panas, apalagi ditambah perasan jeruk nipis dan sambal yang lumayan pedas! Cobain kalo ke Medan 😉

DSC_0761 DSC_0757 soto kesawan

Alamat Soto Kesawan: Jl Ahmad Yani 116, Kesawan, Medan

Lontong Medan kak Umi

Selain soto, lontong Medan juga merupakan menu sarapan yang ga bisa dilewatkan. Berbeda dengan lontong sayur Jakarta, aku pribadi jaaauh lebih menyukai lontong sayur Medan .. Mungkin karena rasa kuah yang berbeda, ada taburan serundeng , dan sambel pedas yang menambah nikmat makan, jadi point utama. Warung lontong favoritku, sampai sekarang masih Lontong Malam kak Umi. Bahkan setelah mencicip beberapa lontong lain yang juga menjadi kesukaan banyak warga Medan , seperti lontong kak Lin, tetep aja, lontong kak Umi yang berlokasi di daerah Johor, nomor 1 buatku ;). Sepele sih, lontong kak Lin masih terlalu manis untuk lidah Batakku yang memang terbiasa over pedas ;p.

umi lontong malam kak umi

Selain lontong, dijual juga nasi gurih yang ga kalah enaknya. Tinggal pilih mau pakai lauk apa, mulai dari telur, dendeng ato rendang. Nasi yang pulen karena santan, berpadu dengan serundeng, tauco, sambal , kerupuk dan lauk, dijamin membuat timbangan pasti naik saat balik ke Jakarta . Seporsi nasi gurih ato lontong medan hanya dikenakan Rp 18,000. Jam buka warung dibagi mnjadi 2, pagi hari sampai sekitar jam 1 siang dan menjelang sore sampai malam.

nasi gurih kak umi

Warung Soto Farah

Daerah Johor tempat aku tinggal ini, lagi banyak pembangunan komplek-komplek perumahan baru. Efek samping dari pembangunannya, semakin bertambah penjual-penjual makanan yang menjajakan jualan dari pagi, siang dan malam. Aku mah girang-girang aja, kan enak bisa milih menu sarapan beda-beda setiap hari ;). Salah satu yang sempet dicicipin, soto bu Farah, yang selain menjual soto, juga menyediakan nasi gurih dan lontong Medan.

warung soto farah

Sotonya belum bisa ngalahin soto Kesawan sih, tapi yang inipun lumayan. Bedanya ga ada potongan udang aja di kuah. Sayang paru sedang habis pas kita datang. Jadi harus puas hanya dengan soto ayam.

soto ayam farah

Nasi gurih dan lontong medan bu Farah juga lumayan. Porsi gede, dan sumpah ngenyangin banget.. Tapi lagi-lagi, tetap lontong kak Umi yang jadi juara ;p . Karena lebih pedes aja menurutku ;).

lontong sayur farah

Warung Lontong  bu Yani

Terakhir, tempat sarapan yang kebetulan juga masih di daerah Johor Medan ;), warung lontong bu Yani.. Tempatnya tuh kecil bangettt… Bener-bener warung yang cuma cukup untuk duduk maksimal 7 orang mungkin. Makanya orang-orang lebih suka take away alias bungkus kalo beli di sini. Yang aku suka, bu Yani ini menjual mie kuning bumbu pecel yang dulu sering aku beli saat masih sekolah di Aceh^o^!! Di sana lebih dikenal dengan nama Mie Caluk. Ya ampuuun langsung berasa nostalgia.. Mie kuning ato biasa disebut mie lidi, dimakan dengan saus kacang bumbu pecel yang pedes, hmmm..endeeussnya ga usah ditanya ^o^!! Dari dulu ini jajanan kesukaan anak-anak sekolah mulai dari SD-SMU di Aceh ;). Buatku, kekurangan warung ini cuma 1, (itupun kalo bisa disebut kekurangan), porsinya kuli bok ;p! Bukannya kenapa-napa, tapikan sayang banget jadi nyisa. Untuk ukuran sarapan, itu mah kebanyakan, tapi mungkin bisa jadi ini berkah buat yang makannya memang porsi gede ;p

DSCN0333 DSCN0331

Mie Kuning bumbu pecel

DSCN0326

44 tanggapan untuk “KEMANA KALO MAU NYARAP DI MEDAN??”

  1. khairiah mengatakan:

    harus lap iler lihat foto makanannya bikin laper. baru tau mie caluk pas udah kerja, adik lettingku suka banget makan mie caluk. Soto kesawan baru tau namanya sekarang, harus nyobain neh

  2. Donna Imelda mengatakan:

    wah, asiiikkk, dapat rekomendasi kuliner asik di Medan. Bikin ngiler. Mudah-mudahan bisa ke Medan dan nyicipin menu2 ini.

  3. Ranny mengatakan:

    mauu lontong medannya.. karena suami sukak berat sama lontong medan jadi belajar banget bikinnya..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      untungnya di jkt ada 1 tempat yg jual lontong medan mndekati asli ran ;p.. cm hrs msk tol krn di tempat rest areanya hahaha… niat bgt dah

  4. Lianny Hendrawati mengatakan:

    Pingin mienya, keliatannya enak tuh. banyak juga ya kuliner Medan 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      enaaaak memang mba ^o^.. tp kalo mie caluk ato mie lidi itu untungnya gampang dibuat… dan mie nya jg dijual di jkt ;p

  5. Winda Carmelita mengatakan:

    Liat gambar nasi gurih sama lauknya, bikin kemlecer banget lho Mak 😀

  6. gustyanita pratiwi mengatakan:

    soto kesawan kok kayaknya enak yaa

    ahhhh aku blum pernah ke medan….
    berarti ini contoh2 kulliner sono yang wajib diburu ni

  7. Adie Riyanto mengatakan:

    Wah, aku ke Medan cuma dua hari aja. Belum sempet icip-icip banyak kuliner Medan. Hari pertama cuma icip-icip soto sinar pagi (kok gak diulas di sini?), besoknya sarapan di hotel aja. Mungkin karena udah buru2 mau ke Brastagi sama Toba jadinya lebih banyak eksplor tempat wisata daripada kuliner. Tapi, bolu meranti sama bika ambon wajib banget kok. Beli sekardus hahaha 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Soto sinar pagi prnh aku cicip dulu dan reviewny jg ada di blog ini mas :).. tp jujur aja ga suka… rasa parunya pahit, dan trakhir beli kuahnya sperti mw basi.. -___- kapok..

      • mawi wijna mengatakan:

        Kayaknya, soto Sinar Pagi itu soto termahal yg pernah saya makan selain soto yg dijual di area keberangkatn bandara Soekarno-Hatta mbak… Belum sempet aku tulis di blog, >.<

        • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

          Sama kok harganya ama soto kesawan mas :D… rata2 soto di medan mah emg segitu.. cuma aku g bgitu suka sinar pagi..

  8. Beautyasti1 mengatakan:

    Bener bener bisa kesawan itu orang kalau makan soto kesawan mba, sepertinya super pedas.. Perutku udah ngambek duluan liat gambarnya hehehe.. Gak nyangka di medan ada yang jual lontong juga lho..

  9. Goiq mengatakan:

    Waktu ke Medan aku malah makan lontong Padang. Failed ! hahahahahahaha

  10. Fandhy mengatakan:

    Hahaha mbak aku jadi laper nih mbak, seharian udah hampir 15 tulisan tentang makanan yang suskes bikin aku ngiler dan laper haha XD

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Ah, bgslah kalo kamu jd laper hahahah ;p.. mungkin artinya kamu memang harus ke medan utk berburu kuliner di sana 😉

  11. cumilebay.com mengatakan:

    Aku kok kurang cocok ama cita rasa kesawan hehehe #BedaSelera

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Hahaha…aku justru yg sinar pagi ga suka mas… prnh beli rada siangan dan kuahnya seperti mw basi -__-.. jd kapok

  12. Zizy Damanik mengatakan:

    Wahhh makanan enak semua ituuuuu…..
    Jadi kangen sama soto sinar pagi…. hiks.

  13. Lianny Hendrawati mengatakan:

    jadi laper nih, barusan liat foto burger belepotan sekarang liat mie kuning, nasi gurih dll duh enak2 ya kulineran medan 🙂

  14. Yoga Akbar S mengatakan:

    Kalo baca blog Mbak Fanny kuliner gue mah masih cemen banget. Nggak ada apa-apanya. Yang di Jakarta aja masih sedikit, apalagi Medan. 🙁

    Kesukaan dari SD-SMA? Wow.

    Hahaha, porsi kuli. Mubazir banget, ya.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ah , kalo kamu udh kerja sendiri, pasti koleksi kulinermu akan bertambah :D.. aku sndiri mulai srg traveling dan kuliner stlh kerja yog..pas msh kuliah mah ga kepikiran ;p..uangnya blm ada 😀

  15. bunda raka-alya mengatakan:

    Mbakkk….aku suka soto…tp disitu sotonya kok kuahnya kliatan kentel gitu ya mbak….bukan santan kan….?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      santaaan dong ;).. di medan mah semua sotonya mostly santan mba… mereka lebih suka yg bgitu.. beda ama jawa yg cendrung jernih.. aku pribadi krn besar di sumatra, ya lebih suka yg santan.. lbh guriihhh 😉

  16. Rullah mengatakan:

    Di Jogja ada juga warung Medan, tiap ke sana makannya Lontong Medan 😀

  17. evisrirezeki mengatakan:

    Salah banget BW ke sini malam-malam, bikin perut lapar T.T

  18. annosmile mengatakan:

    bookmark dulu kayaknya ini..wajib dicicipi kalau berwisata ke medan 😀

  19. clara mengatakan:

    itu lontongnya ….
    bikin ngiler aja 😀

  20. Cerita Travel mengatakan:

    Bah, enak kali bah jadi lapar, apalagi ngelihat mie bumbu peccal yg paling bawah, kalau orang Medan apalagi orang batak menyebutnya mie gomak…Enakkk 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Visitor Counter

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Visitor Counter

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.