D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jan 2013

22

SERUNYA TAMAN SAFARI BOGOR ..

pic taken from sidomi.com
Terakhir kali ke Taman Safari Cisarua, Bogor, itu sekitar 26 tahun yang lalu ;p . Tepatnya, waktu aku masih TK. Yang aku inget dari kunjungan terakhir kesana, foto bareng ama harimau, dan melihat dari dalam mobil, seekor singa kurus yang mendekati mobil kami. Tidak begitu berkesan.. Mungkin itu juga alasan yang membuat  aku males datang lagi kesana.

Trus, kenapa sekarang jadi pengen datang?

Karena aku bosen di rumah, dan ide untuk jalan-jalan keluar walopun cuma ke Bogor, bukan ide yang jelek ;p.  Kita pergi ber 7. Menurut Anto, yang ngakunya udah sempet ngebrowsing Taman Safari, harga tiketnya cuma Rp 85,000. Tapiiii, begitu sampai di sana, kita semua kaget ama harga tiket yang udah naik jadi Rp 140,000 per orang + Rp 15,000 untuk mobilnya, per tanggal 22 Desember 2012 kemarin. Huhh, untung aja semua bawa uang lebih ;p  Malu-maluin  kalo sampe mundur dari antrian gara-gara uang ga cukup. Harga tiket yang lumayan mahal ternyata sudah inclusive free pass untuk menonton 9 pertunjukan. Ada Elephant Show, Various Animals, Tigers and Lions Show, Sea Lion Show, Birds of Prey, Dolphin, Safari Theater, Cowboy Show, and Globe of Death.

Memasuki pintu gerbang pertama Taman Safari, kita langsung disambut sekawanan gajah yang sedang bermain dan berendam. Dari dulu aku selalu senang tiap kali melihat gajah. Binatang besar, hidung panjang, dengan mata bulat yang lucu, bikin selalu pengen menyentuh mereka. Buatku, binatang dengan ingatan tajam ini tampak ramah dan tidak pernah menyerang manusia, kecuali habitat hidup mereka diganggu.
Kawanan Gajah di Taman Safari
Setelah gajah kita juga melewati binatang-binatang seperti tapir, zebra, rusa, kudanil, unta, kasuari, dan masuk ke wilayah  bintang-binatang buas melihat leopard, singa, harimau, beruang, buaya dan cheetah. Walopun kebanyakan dari mereka hanya terlihat dari jauh, disebabkan hujan yang sedang turun saat itu. Khusus untuk buaya, agak mengecewakan, karena ukurannya yang bisa dibilang imut-imut alias masih kecil ;p . Padahal aku berharap bisa melihat buaya dengan size yang fantastis seperti buaya-buaya di penangkaran Medan, Sumatra Utara.

Karena sudah membayar tiket terusan yang lumayan mahal, kita ga mau rugi dengan melewatkan begitu saja pertunjukan-pertunjukan gratisnya. Langsung deh cari tempat parkir yang strategis , lalu kita turun dan berjalan kaki mencari lokasi-lokasi pertunjukannya. Thanks to a user-friendly map, provided by Taman Safari. Kita jadi mudah menemukan tempat-tempatnya. Seperti yang aku tulis di atas, ada 9 free shows, dengan jam pertunjukan berbeda-beda. Dimulai dari pukul 11.30 dan berakhir 16.30. Tinggal pilih mau nonton yang mana. Ini aku attach schedule nya as per tanggal 12 Januari 2013 kemarin.
Jadwal Free Show Taman Safari

First performance yang kita tonton adalah Tiger Show. 3 ekor Harimau Sumatra  dan 3 orang pawangnya, mempertunjukkan keahlian mereka dalam melatih kucing-kucing raksasa ini ;p. Dengan berat rata-rata Kg 120 per ekornya, sumpah, mereka samasekali ga nampak buas 😉 . Sebagai pecinta kucing, bagiku harimau tak hanya terlihat besar, tapi juga imut menggemaskan ^o^. Walopun bakal mikir 1000x untuk menyentuh mereka ;p. Sang pawang terus mengajak harimau-harimaunya bermain dan melompat, lalu memberikan susu dan cemilan sebagai hadiah tiap kali berhasil melakukan apa yang disuruh. Kelihatan kalo kucing-kucing besar itu patuh dan jinak kepada pelatihnya.

Pertunjukan kedua adalah Bird of Prey Show. Jujur nih aku sempet under estimate duluan waktu mau nonton yang ini. Udah mikir palingan juga  pertunjukan burung-burung pemangsa dalam sangkar gitu, di lapangan terbuka. Tapi ternyata….. shownya lumayan menghibuuurr ^o^. Jadi, burung-burung pemangsa seperti burung hantu, elang, dan beberapa burung yang aku lupa namanya, dipanggil dengan menggunakan pluit khusus, lalu 1 per 1 mereka akan terbang ke arah pawangnya dan hinggap di tangan. Tiga orang pengunjung juga diajak berpartisipasi dalam pertunjukan ini. Yang 1 disuruh berdiri di tengah-tengah, dan salah 1 burung akan hinggap di tangannya. Sementara 1 orang lagi diminta berdiri di tengah lapangan, dengan sekepal daging digantung di punggungnya. Jadi begitu pluit dibunyikan, sekor burung hantu akan  mengejarnya untuk menerkam daging yang digantung tadi ;p. Reaksi dari orangnya? Udah pasti lari terbirit-birit karena takut kena patuk si burung…Dan karena abis hujan, lapangan rumputnya jadi super licin untuk lari-larian..Kepeleset deh..  ;p . Sayangnya hujan turun lagi di tengah-tengah acara. Dan kita terpaksa bubar. Padahal belum semua burung memamerkan kepintarannya.
Gaya si Pawang Burung

Acara gratis ketiga, sebenernya  pengen liat Globe of Death Show. Katanya sih  pertunjukan orang jago naik motor gitu ;).  Tapiii, again karena hujan, show nya ditiadakan 🙁 . Udah deh duduk-duduk dulu di salah satu cafe sambil nunggu pertunjukan Cowboy Show jam 15.30 dimulai.

Mendekati jam 15.30, pengunjung mulai masuk ke area lumayan besar dengan settingan ala daerah cowboy tahun 1800 an. Tempat duduk penonton dibuat setengah lingkaran mengarah ke atas seperti susunan tempat duduk bioskop. Ada 3 warna kursi, hijau, kuning dan biru. Seorang pemandu mengarahkan pengunjung untuk menempati kursi berwarna kuning terlebih dahulu yang berada di tengah-tengah. Tapi kemudian juga memberitahu bahwa anak-anak dan orang tua diharapkan duduk di kursi belakang. O..oooww.. Alarm curiga langsung berdering di kepala. Kenapa nih balita dan manula harus di belakang? Pasti ada`yang ga bener. Bakalan ngaget-ngagetin kali shownya.. Dan ternyata sodara-sodara…. 100% benerrr…
Suasana Kampung Cowboy
Efek Ledakannya

Suara tembakan dan ledakan benar-benar meramaikan acara show. Jadi ceritanya… kampung cowboy yang tadinya aman damai sejahtera berubah jadi kacau balau dengan kedatangan penjahat yang ingin menguasai kampung. Tapi beberapa jagoan di sana plus suku Indian berhasil menghalau penjahat-penjahat ini dengan aksi berantem yang kocak dan seru ;p Efek ledakannya juga lumayan keren… Hawa panas dari ledakannya even terasa di muka kita.. Yang makin serunya, ada adegan di mana seorang cowboy menembak gelas yang ada di pagar, depan penonton persis!! Suara ledakan senapan dari speaker, yang bersamaan banget dengan gelas pecah berkeping-keping, bener-bner bikin kita kaget. Seolah-olah itu peluru diarahin ke kita. Trus lagi , penonton di sebelah kiri juga dikagetin ketika beberapa cowboy kecebur ke dalam kolam , sehingga cipratan airnya benar-benar mengenai penonton di depan ;p.

Trik terakhir yang ga kalah seru , ketika adegan tembak-tembakan dan ledakan lagi rame-ramenya, beberapa buah kursi penonton ternyata sudah disetting untuk lepas secara tiba-tiba , sehingga yang duduk di atasnya akan jatuh ;p Hahahaha..penonton-penonton langsung kaget dan panik apalagi ditambah suara tembakan yang ga berhenti. Untung kursiku ga termasuk yang jebakan. Ngerti deh sekarang kenapa anak-anak kecil dan orang tua jangan duduk di depan ;p
Kursi Jebakan

Overall, cukup menghiburlah acara Cowboy Show nya.

Dan acara terakhir yang sempet kita lihat adalah pertunjukan lumba-lumba. ^o^ Sebenernya ga terlalu istimewa.. Sama aja dengan semua pertunjukan lumba-lumba di tempat lain. Tapiii, karena aku pecinta binatang imut , lucu dan baik hati ini, tetep dong dibela-belain nonton. Malah aku baca, coming soon bakal ada arena di mana kita bisa berenang bareng ama si dolphin ^o^… Pengennnnn..
Pemanasan Sebelum Beraksi ;p

 

Keluar dari sini, kita masih pengen visit Baby Zoo, dan Humboldt  Penguins sebenernya. Tapi sayang, udah ditutup pas kita datang 🙁 Ga jadi deh foto-foto ama bayi simpanse,   harimau, singa , penguin dan kagguru.

So, guys… pastinya nih, Taman Safari yang sekarang, udah beda banget ama 26 tahun yang lalu ;p. Hahahaha…ya iyalah… Kelewatan banget mereka kalo ga berubah jadi lebih baik . Jumlah binatangnya makin banyak, dan ga kurus. Show gratisnya juga lumayan seru dan banyak pilihan. Trus ada juga acara Safari Trek (semacam outbound/camping), Elephant Trail alias bersafari sambil naik gajah, ato mau nyobain camping di bungalow/caravan yang berada di pinggiran danau?  Tinggal pilih… (“,). Ada juga pilihan Water Park yang pasti disukai anak-anak, trus beberapa wahana permainan seperti flumeride, mini kora-kora dan lain-lain. Apalagi bagi yang suka dengan suasana dingin, hawa sejuk Cisarua Bogor bakal bikin makin betah.. Dijamin 😉
Wahana Anak-Anak

Kita turun untuk kembali ke Jakarta, sekitar jam 5 sore. Jalanan ga begitu macet .. Tapi ga lengkap rasanya kalo ga mampir di Cimory Resto yang ternyata sekarang udah ada di  2 lokasi. Lokasi terbarunya ada di seberang lokasi pertama, dan menghadap ke arah sungai. Bagusss ^o^ walopun dari segi makanan mereka hanya so-so, tapi untuk suasana, boleh lah ;p . Yang pasti semua penat rasanya hilang begitu melihat aliran sungai yang deras, dan bunga berwarna-warni yang tumbuh di tamannya.. 😉
Pemandangan ke Arah Sungai di Cimory Resto
Hamparan Bunga di Cimory Resto

2 tanggapan untuk “SERUNYA TAMAN SAFARI BOGOR ..”

  1. Anonymous berkata:

    nice post…

  2. pintar berkata:

    Excellent…!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.