D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Des 2021

17

REVIEW KULINER: BAKSO AKIAW 99 MANGGA BESAR

review-kuliner-bakso-akiaw-99-mangga-besar

REVIEW KULINER: BAKSO AKIAW 99 MANGGA BESAR ~ Siapa di sini yang suka bakso?? Aku dan Raka mah, udah pasti  DOYAN BYANGETTTT . Siapa yang ga sih :D, makanan rakyat yang cocok buat kondisi, dan suasana apapun. Makanya kami tuh bela-belain datang tiap kali ada rekomendasi tentang bakso enak  di Jakarta.

 

 

BAKSO AKIAW 99

Mencoba bakso Akiaw 99 ini, ga direncanain samasekali. Raka sebenernya ngajakin makan di warung mie khas Bintan, Terempa’k, di Mangga Besar, yang ternyata, tutuuuuup :(.

 

Daripada sia-sia ke daerah sini ga makan apa-apa, aku browsing deh list tempat yang udah lama mau didatangin kalo ke Mangga Dua. Trus inget, ga jauh dari sana, ada bakso legendaris AKIAW 99.

 

Jujur, makan di daerah sini tuh agak was-was, secara namanya aja China Town, pastinya ga semua kuliner aman buat muslim. Tapi si AKIAW 99 ini sama sekali tidak memakai pork and lard atau bahan-bahan  arak dan lainnya. Makanya aku masukin dalam list kuliner to try .

 

Tempatnya ga susah sih ditemuin. Sudah masuk Gmap juga, tapi titik poinnya ga sesuai dengan  peta. Ternyata masih beberapa meter ke depan. Plang tulisan AKIAW 99 kepampang jelas kok.

 

Alamat Bakso Akiaw 99 Mangga Besar: Jl. Raya Mangga Besar No 2B. Mangga Besar. Taman Sari. Jakarta Barat

 

 

review-kuliner-bakso-akiaw-99-mangga-besar

 

Tempatnya ruko, ga luas-luas banget, tapi ga sempit juga . Masih bisalah buat jaga jarak. Pas kami datang semua meja terisi, untungnya ada tamu keluarga yang baru selesai. Semua pengunjungnya Chinese, cuma kami berdua  yang mata besar dan kulit gelap hahahaha. Aku jadi makin yakin kalo rasa makanan di sini pasti uenaaak! Ntah napa, patokanku itu, kalo suatu tempat ramai oleh pengunjung Chinese, rasanya dipastikan enak. Bukan rasis yaa, kenyataan memang gitu kok :).

 

review-kuliner-bakso-akiaw-99-mangga-besar

 

 

 CARA MEMESAN BAKSO AKIAW99

Jadi makan bakso di sini agak beda. Sebelum pilih tempat duduk, kita tuh pesen dulu di meja bagian depan, dikasih tau total harga,  baru boleh masuk.

 

Pesen di depan sini dulu

review-kuliner-bakso-akiaw-99-mangga-besar

review-kuliner-bakso-akiaw-99-mangga-besar

 

Pilihan menu yang dilaminating langsung disodorin, dan pilih aja mau bakso yang mana. Ga ada tertulis harga, jadi jujur aku pikir harganya bakal standard kayak bakso biasa, yang ternyataaaaa…..  Baca aja deh :p.

 

Pilihan mie ada 3, mie kuning, bihun atau kwetiaw. Selain bakso, keistimewaan lainnya ada tambahan daging sapi, juga babat dan bakso ikan!

 

Pilih dulu jenis mie dan isian baksonya 😉

review-kuliner-bakso-akiaw-99-mangga-besar

 

Berhubung kwetiaw jarang dipake sebagai temen bakso, kami berdua pilih itu. Trus campuran baksonya pilih yang daging biasa, daging sengkel, babat, bakso halus dan urat. Paket komplit ceritanya :D.

 

Untuk minum, ga ada yang lebih serasi mendampingi bakso enak begini, selain jus jeruk, mau yang panas atau dingin :p. Khusus Raka lebih suka es teh manis

 

 

HARGA SEPORSI BAKSO YANG BIKIN KESELEK

Di awal, masih belum nanya nih harga si bakso ;p.  Begitu disodorin tagihan, langsung panik pas tau seporsi bakso Rp60,000. Es jeruknya Rp20,000 dan es teh manis Rp7,000.

 

Jadi total yang kami harus bayar Rp147,000. Sebenernya, kalo mereka terima e-wallet atau kartu, kami mah santai ajaaaa. Yang bikin keselek pas dibilang HARUS CASH  cyiiiin hahahahha.

 

Aku kan jadi ngerogoh sudut-sudut tas, yakali di zaman serba digital aku bawa cash :p. Untung yaaaa di dompet masih keselip selembar Rp50,000, trus di kantong tas ada 3 lembar Rp20,000, dan kantong celana pak suami nyelip Rp50,000.  Ga jadi rempong cari ATM hahahaha. Tapi batal deh mau bawain si mbak asisten dan anak-anak ;p.

 

Jadiiii, gimana rasa bakso mihiiil yang wajib cash dan bikin keringetan di depan  waktu bayar??

 

 

RASA BAKSO AKIAW99

Begitu 2 porsi tersaji di meja,  geeeees seriuuus , dari wangi kuahnya, kecium kaldu daging bangettt. Aku bisa detect dari uapnya.

 

Cara penyajian bakso juga sedikit beda. Mie sengaja dipisah dari kuah bakso dan seledri. Mungkin biar tamu bisa racik dan mencampur sendiri.

 

review-kuliner-bakso-akiaw-99-mangga-besar

 

Suapan pertama untuk kuahnya, beuuughhhhh, rasanya ringan, dan beneeer kan, ini  memang kaldu rebusan daging yang guriiiih nyam-nyam yummy!! Aku sampe takut mau kasih sambel, saking ga pengen  rasa kuahnya terkontaminasi :p.

 

Lihat kuahnya yang bening tapi guriiiiiih :O. Laaaf sekaliiii 😀

review-kuliner-bakso-akiaw-99-mangga-besar

 

Setelah dicampur semua, jadi menggunung wkwkwkwk

review-kuliner-bakso-akiaw-99-mangga-besar

 

Walaupun akhirnya, mutusin tetep kasih  sedikiiit sambel, supaya ada sensasi pedas, namun ga merubah gurihnya si kaldu daging.

 

Senengnya lagi, di sini hanya menyediakan sambel dan saos. Ga ada cuka, jeruk atau kecap-kecap tambahan. Sepertinya  owner bener-bener  pengen customer  merasakan kuah asli dari bakso sapi mereka.

 

Mie-nya diracik dengan adukan minyak wijen dan bawang putih, membuat wangi dan gurih. Begitu kuah dan mie bertemu, sudahlaaaah braaay, mereka kompak membuat kalian merem melek keenakan dan fokus makan sampai habiiiis hahahahha.

 

review-kuliner-bakso-akiaw-99-mangga-besar

 

Naah es jeruknya juga manteeep!! Wajar sih harganya Rp20,000, karena segelas itu isinya perasan jus jeruk murni, tanpa campuran air! Puaaas banget nyeruputnya.

 

es jeruk nya wajib coba, manteeep!

review-kuliner-bakso-akiaw-99-mangga-besar

 

 

SUMMARY

Jadiiiii, sebanding ga, rasa dengan harga yang pricey ?

 

Bangeeet siiih.  Dengan seporsi bakso yang luar biasa bikin kenyang, dan isinya daging semuaaa, harga segitu pantes say :p. Harapan aja niiih, semoga next nya, mereka membuka pembayaran melalui e-wallet atau QRIS jadi ga repot bawa cash kemana-mana :p.

 

review-kuliner-bakso-akiaw-99-mangga-besar

112 tanggapan untuk “REVIEW KULINER: BAKSO AKIAW 99 MANGGA BESAR”

  1. Satria Salju berkata:

    Wooww! Bakso..😁😁 Sama mbak selama musim penghujan begini saya juga lebih sering membeli bakso, Bahkan sehari bisa 3 kali.😁

    Kalau untuk bakso AKIAW99 dari tampilannya saja menurut saya sudah enak sih karena bisa dibilang cukup lengkap dengan campuran dagingnya serta campurannya yang boleh dikatakan berbeda dengan bakso2 lainya.

    Cuma kalau dari segi tempat bagi saya kurang nyaman kalau makan langsung disana…Meski tempatnya luas dan memanjang tapi tetap sumpek kayanya deh…Soalnya gue hafal benar kawasan mangga dua sampai Jayakarta dari dulu hingga sekarang.😁😁

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Memang jangan lama2 juga mas 🤣. Yg antri rameeee hahahahhaha. Ga nyaman Krn panas sih. Bayangin aja lagi makan bakso panas, tempatnya engep, jadi pasti pengen buru2 yaaa 😄. Aku juga cepet makan di sjni. Keringet banjir, Krn pedes jugaa, Krn gerah juga 😅😅

    • Siti nurjanah berkata:

      Harganya cukup lumayan ya mba utk seporsi
      Tapi lumayan juga bener2 ngenyangin kalau liat di pict.
      Ini kira2 halal ga ya mba ? Soalnya setau aku kawasanan deket pecinan kaya glodok/mangga besar memang ada yg jual utk daging non halal

  2. eka fitriani larasati berkata:

    sebagai penyuka bakso, tentu aku MAJU DULUAN!!! hahahaha. kebayang deh ini gurihnya si kuah kaya gimana dan harga nya emang bikin keselek! tapi kalo emang se enak yang diceritain ya sebanding atuh lahhhhh kaakkkk. aku juga pengen nyoba. aku juga pernah makan balso keselek sama harga, tapi harganya emang gak semahal ini yang nyampe 60k, cuman 24k aja, tapi tetep aja buat ukuran harga baksi di sini ya segitu mahiiiillll luar biasa. hahahahaha tapiiii emang rasanya enak banget. aku pengen deh ngajak kakak ke bakso sniper, favorite aku sama paksu. itu enak banget, kuah bening dan kuring, gak berlendir atau terlalu berminyak oleh gajih gajih tetelan daging sapi. mie nya juga enak banget. nexyt kalo ke Bandung kontak kontak ya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aghhhhh jadi penasaran Ama bakso sniper. Kok bikin dag dig dug nih namanyaaa hahahaha. Apa kah yg punya ahli sniper 😁? Ntr insyaallah kalo ke Bandung lagi, aku kontak mba Eka yaaaa ;). Minta rekomendasi kuliner enak. Aku jaraaaaang bisa dibilang eksplor Bandung. Krn tujuan ke sana seringnya cuma utk mager di hotel mba. Maklum Bandung sama macet kayak Jakarta 🤣. Jadi kalo kesana mending stay di hotel 😅

  3. Afrilentin berkata:

    Jadi pengen nyoba, percaya pasti ini enak banget. Keliatan enak mba dari fotonya aja. Udah pasti halal kan ini ya mba?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Halal kalo menurut staff nya. Tapi mereka blm ada halal MUI nya aja. Buatku udah cukup pernyataan dari karyawannya mba 🙂

  4. Farah Salsabila berkata:

    waaaah ngiler banget kak fan 😆, mihil memang ya 😆, tapi pas baca es jeruk nya pure jeruk wah itu worth it banget, kuah yang kalinya berasa banget juga pasti gak nyesel makan disitu, soalnya aku tau banget rasanya beli bakso murah tapi gaenak, kenyang nggak enek iya 😭, tapi ya lebih bagus lagi kalau udah murah enak pula 😆🙏🏻

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Betuuuuuul. Aku pernah beli bakso, murah siiih, tapi ga bangetttt rasanya. Micin kenceng beneeeer 🤣🤣. Kalo memang rasa yg disajiin serius enak, aku juga ikhlas bayarnya 😄

  5. Hanny berkata:

    Ya ampun itu urat bakso sama babatnya menggiurkan banget mba. Jadi kebayang bayang. Kapan kapan mau lah ke sana, yg pastinya harus bawa cash. Kita sama mba paling banyak 50 atau 100 di dompet, itu juga sebagian receh biar gampang.
    Semoga pas aku ke sana sudah bisa gesek atau terima m-banking hi.. hi..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naaah kalo kata temenku yg cobain ini di PIK, di sana bisa ewallet mba. Yg di mangga besar ini aja mempertahankan kejadulan 🤣. Eh tapi yg di PIK dan cab lain aku ga tau harganya Yaa, bisa jadi lebih mahal Krn tempat LBH BGS dan bisa digital 😄

  6. Naia Djunaedi berkata:

    aku kalo makan bakso maunya cuma pake sambel aja, mbak Fanny. Jadi kuahnya masih kerasa asli. ini menggiurkan banget sih tampilannya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku tergantung kuah pokoknya mba. Kalo memang dasarnya udah enak, aku cuma nambahin sambel. Tapi kalo masih kurang, baru deh segala saus masuk hahahah

  7. Bunda fajar berkata:

    Kesukaan bakso apa lagi kuah bening original.
    Saya suka baca baca review makanan nya bunda
    Paling tidak tahu di mana tempat makan enak 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Semoga suka Ama yg aku referensiin mba 😄. Ini nih akibat ga bisa traveling, jadinya pelampiasan ke kuliner 😅

  8. Nur Asiyah berkata:

    Ahhh jadi laper lihatnya. Isian baksonya tergolong baru menurutku. Kalau di sini kebanyakan bakso isinya tahu, siomay tepung, sama pangsit goreng, hehe. Minya juga kayaknya menggoda sekali, tipe-tipe mi gepeng ini. Pengen, tapi nyari di sini adanya di mana, hiks.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Mi kwetiaw ini mba. Aku juga jarang nemuin bakso tipe bening dannpake daging banyak gini. Baru liat di akiaw ini 😄

  9. Mugniar berkata:

    Rame tapi belum nyediain fasilitas ewallet, susah juga ya.

    Saya penasaran dengan bakso ikannya, Mbak … sekarang lebih ke ikan saya nyarinya. Ditunggu ceritanya siapa tahu ke sana lagi 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Tapi ternyata yg cab lain udah mba. Cuma yg mangga besar ini aja yg mempertahankan sistem kuno 🤣

  10. Resky berkata:

    Emang ya dari dulu bakso itu engga ada bosennya wkwkwk
    Meskipun kemarin udah makan bakso hari ini juga pengen makan bakso 🤣
    Padahal kalau dilihat lihat ya sama aja porsinya wkwkwj

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yg ini lebih banyak dr bakso plboasa mba 😄. Sampe ga cukup itu mangkok. Tapi Iya sih, akupun bisa dibilang ga bosen Ama bakso

  11. Fira berkata:

    Ini bakso yang pernah aku tanya di igs ya mbak?? Waaah ternyata harganya beneran mahal ya, ngga kaya porsi harga bakso biasanya. Tapi ngeliat isinya sih worth it banget ya, semangkuk penuh ditambah ada potongan daging segala. Kuahnya juga kayaknya seger sekali.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Beneer mbaaa. Potongan daging, babat, sampe segitu banyak. Jadi worth it memang harga segitu 😄. Ga rugi apalagi rasanya beneran manteeep

  12. marfa berkata:

    Sesungguhnya aku tadi bacanya lebih kaget sama es jeruknya yang nyampe 20rb wkwkkw, eh ternyata isinya memang jeruk semua ya 🙂 ish ish, baso paling mahal yg pernah kusantap itu sekitar 25rban, ini 60rb eeey. Tapi ya sebanding sih wong enak gt, kuahnya terlihat sedep dan perut senang dan kenyang untuk sesekali mencobaan yah XD

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya mba, pas aku coba, dan kentel enaaaak, LGS ga jadi ngomel harganya mahal tuh jus jeruk 🤣.

      Jadi aku mau bangetttt sih kalo harus makan lagi di sana 😁

  13. Roem Widianto berkata:

    Aku jadi ingat salah satu tempat makan di Kediri, Mbak Fan. Nama tempat makannya “Agus”. Walaupun namanya Agus, tapi yang punya chinese. Gak nyangka chinese ada juga yang namanya Agus. 😂

    Kebetulan ayahku suka banget sama buburnya Agus, katanya bubur di sana paling enak di antara bubur lain di Kediri. Jadi aku sering banget ke sana buat bungkus beli bubur buat ayah. Tiap kali ke sana, tempatnya selalu dipenuhi pelanggan chinese. Kayaknya aku doang pelanggan berkulit cokelat yang beli di sana. Eh, selain mas-mas driver ojol tentunya. 😬

    Aku lihat-lihat sih, kebanyakan orang di sana malah belinya mie ayam. Karena Mbak Fany bilang nyaris tempat makan yang dipenuhi chinese rasanya enak, aku jadi pengen ngerasain mie ayamnya Agus (berhubung aku gak terlalu suka bubur). 🤩

    Ngomong-ngomong, itu porsinya emang terbilang gede, Mbaaaaak. Dan dagingnya buanyak pula 🤤. Gak heran sih, harganya sampai segitu. Eh, tapi kalau aku kayaknya masih pikir-pikir kalau harus keluar duit banyak buat beli bakso 🤣. Maklum, kalau di sini duit segitu bisa dapat lima porsi bakso, Mbak Fan. 🙈

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaa mba, papaku yg bilang gitu. Tapi palingan dipastikan halal aja walopun chinesenya rame 😄.

      Ini gedeee sih, aku aja kesusahan mau ngabisin bener2 hahahaha. Tapi memang puaaaas Krn dagingnya melimpah mba. Mungkin kalo makannya ga banyak, berdua juga bisa 😄

    • Agus berkata:

      Ini Agus nya datang mbak Roem, tapi bukan tukang bubur ayam atau bakso tapi tukang warteg.🤣

  14. Tika berkata:

    Itu yang putih-putih jamur atau gajih/lemak sih kak? Dari penampakan aja udah khas kuliner chinese banget ya dan biasanya dijamin enaknya haha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ga ada lemak mbaaa 😄, itu babat. Warnanya memang putih, bersihinnya teliti bgt nih. Sama kayak mamaku kalo bersihin babat sampe putiiiih 🤣

  15. Si Bayuu berkata:

    Tuhh kan jadi ngiler.. wkwkw 🤣🤣🤣 tapi rata2 bakso di Jakarta emng mahal2 nggk sih mba. 🤣 rata2 tuh kaya yg 30an keatas..

    Kalau disini kan masih 15an. 🤣🤣

    Entah knapa baca ini jadi flashback pas main ke Chinatown. 🤣🤣 ya Maklum namanya pun nggk tau. Pesen Bakmi yg paling rame yg aku sama sekali nggk tahu kalau ada porknya. Yg aku tahu kalau tempat itu wanginya enak 🤣. Uis itu tok..

    Udah pesan, udah tersajikan di meja… si Toni udah icap icip. Si Andre baru nnya “lu pesen yg darimana, Bay??”

    “Yg ituu!!”

    Langsung pada kaget dong.. 😁😁 sumpah kocak banget..

    Btw, ya ampun itu Jus Jeruknya 😂 warnanya menggoda banget.. brrti jeruk 100 persen asli ya.. wajar sih kalau 20 ribu.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bayuuuuuu, duuuh aku senaaang kamu udah sehaaat 💃💃👍. Masih dirawat kah? Tapi semoga cepet pulih ya bay. Jangan lupa minum vitamin trus :).

      Iyaaa, aku msh kocak aja baca ceritamu yg itu, kan pernah ditulis Yaa di blog. LGS ngakak sih, kebayang aja udah oesen makanan ternyata bebong 🤣🤣🤣. Yo wislaah, kan ga tau bay 😜..

      Sama aja kayak aku di Jepang , pesen ramen , trus di atasnya diksh daging yg ga jelas. Yg pasti bukan sapi 🤣. Akhirnya daging aku KSH ke temen yg bisa makan. Ramennya ttp lah aku makan. Lah wong ga ada kuliner lain 🤣🤣

  16. Cemil berkata:

    Seporsi bakso 60rebu? Ga bs pake gopay/ovo? Hihi jadi mikir sih klo mau ngicipin. Btw terima order online jg gak restonya?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Tapi cabang lainnya bisa cashless mba. Cuma yg di mangga besar mempertahankan kejadulannya hahahah.

      Adaaaaa, bisa gofood juga. Banyak bgt driver ojol yg antri ambil pesanan. Tapi kalo ojol lebih mahaaaal lagiii kan ada charge tambahan hahahahah

  17. Ulfah Aulia berkata:

    Bakso akiaw 99 nih bikin ngiler mba, apalagi pake pilihan mie dan bisa dipilih sesuai selera… kalau baksonya pake pilihan2 mie gitu, unik ya mba hehehe penasaran sama rasanya tapi dari tulisan mba fanny ini bikin menggugah selera, baksonya mantull.

    Oiya, aku juga suka banget makan bakso mba, kalau disodorin bakso gak pernah nolak tuh 😀 Nah kalo ada pilihan gini aku pasti milih kwetiaw juga, rasanya enak aja dan unik juga ya mba, wkwkwk Cuma sayangnya blum pake e-wallet atau QRIS pembayarannya, utk zaman digital skrg ini jarang” nyimpan duit scra cash, benar” kaum serba digital… Semoga kedepannya pembayaran di tempat” kuliner seperti ini bisa makin diupgrade dan bisa non tunai ya mba fan, aamiin

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aaamiiin. Yg aku heran cuma yg dicabang mangga besar ini yg masih cash mba. Kalo can lainnya udah bisa cashless 🤣.

      Aku jarang sih liat bakso pake kwetiaw. Makanya LGS teetarik. Tapi pas liat toppingnya ada daging segala, langsuuuung ga mikir pake yg lain 🤣. Untung beneran enak, aku ga sakit ati udah bongkar tas hahahahah

  18. Agus berkata:

    Musim hujan begini memang paling enak makan bakso, disini juga banyak penjual bakso, dari yang semangkok 5 ribu sampai 25 ribu. Untuk yang 5k udah pasti rasanya biasa, kalo yang 25k enak banget tapi ngga enak pas bayarnya.😂

    Wah enak banget lihat bakso akiaw 99, kuahnya bening gitu ya. Mana dipisah-pisah lagi, ada yang kwetiau, seledri, dan tentunya kuah sama baksonya.

    Mungkin harganya agak mahal karena sewa ruko di mangga dua itu 100 juta pertahun.😅

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Lebih mas 🤣🤣🤣. Secara dulu aku ngurusin ruko kantor cabangku, itu aja udah Milyar itungan sewanya hahahahaha.

      Kalo memang rasanya enaaaak, aku ga bakal ngomel sih, Krn puas aja di hati. Beda cerita kalo ga enak, trus mahal, LGS pengen dipites sellernya 🤣

      • Agus berkata:

        Milyaran, berarti punya 3 ruko di mangga dua itu bisa santai seumur hidup karena cuan datang terus.🤣

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Asal ada yg sewa mas 🤣.

          • Agus berkata:

            Eh benar juga ya, kalo ngga ada yang sewa ya zonk.😂

            Jujur aku kaget, soalnya ada adik ipar ku yang jualan warung di Jakarta Utara, katanya sewa setahun cuma 60 juta tapi kurang tahu daerah mana soalnya aku belum pernah kesana.

            Makanya kaget sewa ruko miliaran.😅

          • Fanny Fristhika Nila berkata:

            Soalnya, ruko yg kemarin di sewa Ama kantorku itu 4 lantai mas. Trus gede. Daaan jangan lupa, yg nyewa itu bank asing, HSBC, yg pusatnya di Inggris, dengan aset milyaran dolar, dan cabang tersebar di seluruh dunia 🤣🤣🤣. Jadi wajar aja si pemilik bangunan langsung minta harga sewa milyaran . 😁. Kalo aku JD pemilik gedung aku pasti pertimbangkan siapa yg menyewa gedung ku. Kalo sekelas perusahaan besar dunia, udah pasti aku minta hrg mahal 😄

  19. Aprillia berkata:

    Keliatan baksonya mihil wong lengkap gituh tapi bikin ngiler sih dan sepetinya worth it lah walau tempatnya rada kurang recommend yak

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yg ini tempatnya memang biasa mba. Tapi yg cabang lainnya udah bagusan 😁 dan udah trima cashless. Cuma yg di mangga besar nih aduhai bangettt 🤣🤣

  20. Vicky Cahyagi berkata:

    Mantap kulinernya berikut review-nya. Ini yang khas kwetiaw siram atau seperti Lomie ya. Sepertinya legenda juga restoran ini. Sukses selalu

  21. herva yulyanti berkata:

    sudah didugong harganya pasti mahil tapi liat penampakannya terus penyajian dimana ga ada cuka, jeruk, kecap pastinya memang andalkan rasa kuah ya mba..

    di sini harga 37k aja udah mahil ealah ada yg lebih mahil wkwkwk…penampakan jeruknya juga beda sih mba wajarlah 20k dibanding yg 10k banyakan esnya wkwkk

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahahah aku paling sebeeeel kalo jeruk tapi banyakan es, trus diseruput hambar gitu mba 🤣. Rasa pengen dimisuhin si Abang penjual 😁.

      Makanya happy sangaaaaat pas coba jus jeruk di sini murni bangettt dan maniiis. Langsung pengen kasih virtual kiss ke yg Meres 🤣

  22. Sabda Awal berkata:

    sajiannya beda ya mbak, mie dan bakso dipisah. udah kayak mie ayam aja sajiannya. tapi emang bener sih, mi kwetiaw itu jarang-jarang jadi temennya bakso, yang paling sering itu bihun dan mie kuning. Sajian juga dikasih semangkok seledri sendiri, whahah.. kalau dari warna kuahnya, agak2 bening keruh, yappp, tampaknya memang ringan, tapi pasti enak

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Rekomen bangetttt mas 👍👍. Walo mahal tapi ga rugibama uang yang dikeluarkan 😅. Asal jangan lupa bawa cash aja kalo makannya di mangga besar

  23. Liii berkata:

    Kakkk, kelihatan sih enak banget kuah baksonyaa! Dan untuk 60ribu ini porsinya terbilang cukup banyakkk dibanding bakso lainnya yang harganya mirip-mirip, kayaknya nggak sebanyak ini porsinya deh. Terus isiannya juga banyak yaaa! Dan idenya cemerlang banget untuk memisahkan mie-mie-annya dengan kuahnyaa! 🥺👏. Btw, es jeruknya mantep banget!! Aku baru pertama juga lihat yang begini, perasan jeruk murni dalam 1 gelas! Niat abiesss 👏👏. Untung uang di kantong Kakak masih cukup untuk bayar 🤣 kebayang betapa paniknya sewaktu tahu nggak bisa QR atau debit while harganya lumayan 😂😂 aku pernah ngalamin juga baru-baru ini soalnya, tapi di pom bensin, bukan di tempat makan. Itu paniknya bukan main 😂 nggak bisa debit, mau tarik tunai di minimarket sekitar juga nggak bisa, nggak ada mesin atm, pusing banget Kak 😂 untung pas korek-korek dompet, uang masih cukup buat bayar bensin 😭 kalau nggak, nggak tahu gimana nasibnya deh wkwkwk. Shock banget soalnya setahuku biasanya di pom bensin kan hampir semua bisa debit 😂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Gaa liii, aku juga baru tau kalo ga semua pom bensin bisa cashless 🤣. Makanya si Raka suka nyetok uang bensin di mobil, diselipin di mana2 hahahahah.

      Nah gara2 kejadian di tukang bakso ini, aku jadi makin semangat nyelipin duit di tempat2 ga terduga. Ga mau lagi sampe kejadian ga trima cash, trus ga bawa duit beneran hahahaha. Lebih ke malu ituuu 😄.

      Cobain si akiaw deh. Tapi kalo yg cab lain kata temenku bisa debit dkk. Cuma yg mangga besar ini aja mempertahankan keaslian dari zaman legend nya 🤣. Kalo utk rasa di cab lain sama enak atau ga, aku kurang tau yaaa. Semoga aja sama. Kan biasa ada juga tuh yg rasa beda. Soalnya ada beberapa tempat, di Pik dan klp gading, juga di BSD kalo ga salah

      • Liii berkata:

        Iya bener harus nyetok uang diselip-selipan deh, Kak 🤣. Aku juga baru pertama nemu pom bensin yang nggak bisa debit, panik banget waktu itu 🤣.

        Okai! Aku selalu memasukkan rekomendasi Kak Fanny ke kepala karena aku yakin rekomendasi Kakak enak-enak 🙈

        Btw Kak, aku udah cobain croissant di waroeng snoepen waktu di Bandung dan beneran sih enakkk banget!! Mirip banget sama Monsieur Spoon yang di PIK hahahaha. Harganya juga sama persis, jadi curiga resepnya sama 🤣 tapi Monsieur lebih crunchy gitu meskipun udah nggak panas.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Harus cobaaaaaa liaaaa bakso iniiii 😍😍👍. Seriuuus enaaak banget. Dan kalo menurut Devina, makan baksonya dipisah, ntr dicocol pake kecap dan sambel, LBH enak dia bilang 😁😄

          Monsiuer spoon aku juga udh coba akhirnyaaaa ❤️. Sukaaaa. Pantesan panjang amat yaaak itu antrian . Worth it tapi 😍👍👍👍

  24. Ursula Meta Rosarini berkata:

    seporsi 60 rebu kalau di kang bakso keliling bisa buat sekeluarga itu mbak hahahha. Tp Kalau harga sesuai rasa sih oke lah mbak, perut kenyang, lidah juga puas rasanya.

    Aku kalau pas beli bakso dan ada pilihan kwetiaw juga pasti aku pilih mbak, mie kuning ama bihun udah bisanya soalnya wkwkwk.

    Tapi emang bnr sih mbak, chinese food yg rame itu udah bisa dipastikan enak, soalnya deket kos ku di klp gading dulu byk bgt chinese food yg rame, harganya emang relatif mahal, jaman nasgor yang di abang2 12rb, di chinese food bisa 28rb, tapi rasa emng ga bisa boong, enak.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Yaaa kaaan . Papaku dulu pernah bilang juga, suatu tempat makan kalo rame Chinese nya, berarti itu enak. Lidah mereka lebih sensitif ke rasa kalo kata papa😄. Palingan kalo yg muslim tinggal cari tau aja restonya halal atau ga.

  25. CREAMENO berkata:

    WOAAA BAKSOOOO, miluuuv 😆

    Aduuu kapan yah mba Fanny ke Bali, ingin banget dikasih review bakso enak di Bali, secara saya suka Bakso hahahaha. By the way, kalau Bakso full daging begitu, menurut saya worth it dengan harga 60.000 apalagi dilihat dari porsinya sampai full begitu, mba 😍 Looks yuuum!

    Penasaran sik bagaimana rasa Bakso pakai mie kwetiaw, soalnya selama ini nggak pernah coba. Yang ada justru keingat Pho Vietnam kalau dilihat dari fotonya, sebab Pho Vietnam pakai noodle mirip Kwetiaw gitu which is I lyke 😂 Hahahaha. Eniho, jadi ingin makan Bakso besooook 🤤

    Maaciw racun kulinernya, mba Fan 🥳

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha doain aja aku bisa ke Bali secepetnya mbaaa 😄. Kan udah mau nyobain menu2 di mini cafe mba Eno 😍😍😄.

      Naah iyaa Yaa, aku jadi inget kalo mibtiaw gini malah ingetin Ama pho 🤣. Lupaaa.. minus toge aja. Tapi aku memang kurang suka bakso kalo pake toge. Aneh jadinya.

      Trus aku dikah tau Ama temenku, ternyata akiaw99 yg di mangga besar ini aja yg masih mempertahankan kejadulannya, kalo cab lain udah pada bisa e-money atao digital payment 😅

  26. lendyagassi berkata:

    La iyaa..kok meng-kaget pas tahu yang harus dibayar yaa..
    Tapi selama baksonya enak dan kebersihan terjaga, ya menikmati sedikit kuliner kesukaan dengan harga luar biasa, masih terbilang worthed yaa..
    Saat cuaca sering hujan begini, makan bakso Akiaw 99 yang hangat, mantap.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Nah iya mba Len… Kalo rasa sesuai ama harga, aku ga pernah komplain sih. Krn toh selama ini yg aku cari rasa 😁. Tapi malesnya Krn hrs bayar cash tadi

  27. Dedew berkata:

    Wah lumayan yaa harganya 60 ribu semangkok tapi kalau rasanya memang endeus yaa nggak rugi apalagi kuahnya benar-benar kaldu asli rasanya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ga rugi samasekali mba, 😄memang seenak ituuuu . Aku bayarnya pun happy walo di awal misuh2 hahahah

  28. Khanif berkata:

    mahal banget ya mbak, untuk yang biasa jajan bakso murah meriah pasti mikir dulu deh :D.. tapi ada harga ada rasa yah, jadi ga nyesel pasti jajan disitu soal rasanya 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naah itulah nif. Ada harga, ada rupa memang 😂. Untung ini enak. Kalo ga enak, baru deh rasanya nyeseeek banget di hati 😂🤣

  29. Jalan-Jalan KeNai berkata:

    Prinsip Mbak Fanny yang kalau pengunjung resto banyak orang Chinese pasti rasa makanannya enak, mirip sama alm papah saya. Makanya, saya dan suami pernah makan di salah satu resto batagor dan mie ayam. Tempatnya biasa aja, gak terlalu rame. Tapi, yang makan chinese semua. Memang bener terbukti hehehe.

    Sedangkan kebiasaan Mbak Fanny yang gak banyak bawa cash kayak adik saya da istrinya. Mereka juga suka bilang, “zaman e-wallet begini ngapain pegang cash banyak-banyak?” Sampai mertua adik saya gregetan ma kebiasaan mereka hahaha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku tuh kalo traveling ke LN selalu bawa cash yg lebih banyak mba, drpd pake kartu. Krn biayanya gede kalo kartu. Makanya aku males. Biayanya free pun, rate exchange nya yg kadang LBH mahal, kecuali kalo pake Mastercard. Tapi pengalamanku pake Mastercard suka eror di beberapa negara. Lebih lancar visa, tapiiii mehoooong hahahaha. Makanya LBH enak cash.

      Beda Ama di negara sendiri. Aku LBH suka e-casglh atau kartulah. Toh ga ada fee dan rate exchange segala. Tapi memang terkadang masih nemuin tempat makan yg wajib cash gini 🤣

  30. Nurul Sufitri berkata:

    Uwowwwwwww, aku baca cerita mbak Fanny sambil ngangguk2 plus nelen ludah wkwkwkwkwkwk 🙂 MHHaaal, iya. Tapi begitu ditelaah lebih lanjut eeeaaa pantas rasanya harga perasan jeruk asli 20K dan baksonya 60K. Buanyak itu bisa begah perut megap2 kayak ikan haha 😀

    Mungkin pikiran pembeli harga paling tinggi di kisaran 35K atau 49K lah ya hehe. Ya udah ga pa2 yang penting puas dan bahagia kulineran bakso kesakaan sejuta umat 😀 Sebagai penggemar bakso, aku ngajak suami dan anak2 ke sana ah.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iya mba, sebanding Ama porsi dan rasa sih. Jadi kalo makannya ga banyak, mending berdua. Krn seporsinya memang guedeeee :D.

      Eh tapi di beberapa cab ternyata akiaw trima kartu. Cuma di mangga besar aja yg mempertahankan kejadulan 🤣🤣

      • Nurul Sufitri berkata:

        Berarti tetuuup ya mbak kalau kita kulineran kudu ready duwit cash dan bawa kartu debit hahaha buat jaga2 kan ga tau cabang mana yang bisa pake mesin EDC wkwkwkwk 🙂 Btw aku udah bilang suami kepengen makan siang di bakso Akiaw 99 Mangga Besar ini. Cari jam2 agak longgar ah biar nyaman makan ga keburu2 hihihi. Kalau perlu dari malam ga usah makan biar sanggup ngabisin 1 porsinya hihihi 😀

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Hahahahah beneeeeer. Harus kosongin perut makan di sini mba. Porsi guedeee tapi ga rugi laaah 🤣.

          Dan ada temenku yg kalo makan di sjni, dia ga mau campur semua. Tapi baksonya dimakan terpisah pake sambel racikan kecap dan sambel di mejanya. Katanya enak begitu 👍

  31. zefy berkata:

    andai dekat sini kayaknya dah otw aku, ibuku suka sekali makan bakso

  32. Siti nurjanah berkata:

    Harganya cukup lumayan ya mba..tapi kalau liat porsinya tampaknya cukup mengenyangkan
    Udh gitu pilihan mie nya juga variatif

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Ini bagi yg makannya ga banyak, sebenernya bisa berdua sih mba. Krn memang porsinya gede :D. Tapi bikin puaaas 😀 . At least ga sakit ati pas bayar hahahaha

  33. iidYanie berkata:

    Udah lama nih gak makan kwetiau diginiin, biasanya makannya kwetiau goreng aja, hujan2 gini ditambah kuah bakso makannya tambah sedap ya mba 🙂

  34. ainun berkata:

    ini nih yang biasanya bikin ketar-ketir waktu mau bayar, ga bawa duit cash, aku juga gitu hahahaha
    aku belum nemuin bakso dengan mie kwetiau, di Jember nggak ada, yang ada ya kwetiau dijual sendiri
    kalau ngeracik sendiri gini sensasinya beda ya, ala-ala penjual gitu, bebas mau naburin seledrinya seberapa banyak
    kalau rasanya wenak dan harga segitu, sebanding juga, dannn nggak nyangka kalau es jeruknya ternyata pure jeruk semua, gilak sih ini, aku belom nemuin dimana-mana

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Pokoknya kalo ke Jakarta harus cobain mbaaaaa 😄😄. Ga rugi sih bayar mahal, Krn memang worth it bangetttt. Apalagi porsi jumbo 😄. Jadi buatku pas bayarpun happy

  35. Dewi Elsawati berkata:

    Aku suka kwetiaw, tapi aduh harganya 60 ribu seporsi? Kaget deh hahaha

  36. Hicha Aquino berkata:

    Jaman sekarang, kalau ga bisa pembayaran dgn e-money, bikin ketar-ketir ya, kak… Apalagi kalau di menunya nggak tertulis harga. Kalau pas ternyata kurang, harus ninggalin KTP dulu buat ditinggal ngambil duit ke ATM 🤣🤣

    Kuahnya kayaknya dominan kaldu gitu, tapi bisa bening gitu ya, kak… Apakah mungkin rebusan pertamanya dibuang dulu? 😆

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bisa jadi Cha, jadi kuahnya bersih 😄. Aku juga selalu buang sih rebusan pertama, geli soalnya liat lemak2 ngambang :p.

      Nah itu diaaa, akupun suka ketar ketir kalo menu itu ga ada harganya. Tapi seingetku itu melanggar aturan loh. Ntahlah ini tempat kenapa masih aja ga nulis menu

  37. thya berkata:

    Omaigad!!!! Bakso sultan sih ini namanya.. 😀
    Kalo aku, sama bakso tuh cocok2an. lebih cenderung ga berani nyoba tempat lain karena takut sama rasanya yg gak cocok sama lidah. Alhasil, kalo makan bakso ya disitu2 lagi.

    Tapi kalo harga sultan kayak gini sih, terjamin mantul ya mbaa!!
    es jeruknya juga keliatan sih murni jeruk ga ada tambahan air. jadi cucok lah ya harga segitu 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Worth it sangaaaat mbaaaa 😄😄. Ga rugi ngeluarin mahal tp sebanding Ama rasa dan porsi. Jadi kalo memang makan ga banyak, seporsi aja bisa berdua, Krn buanyaaak

  38. Devina Genesia berkata:

    Mbaaa ini bakso langganan aku dan keluargaaa. Papa ku paling suka karena dia nyediain babat juga. Soalnya jarang ketemu bakso yang nyedian babat. Biasanya baso afung aja. Koko juga demen kesini. Naah si Koko punya cara unik kalau makan bakso disini. Dia biasanya pake bihun. Dia jarang makan bakso pake mie atau bihun. Karena dia demen yang polosan basonya aja. Tapi kalau disini pasti pesennya bihun. Di tiap meja kan disedian tuh piring sambel yg kecil. Jadi dia racik sambal dan minta kecap manis di piring sambal tersebut. Trus dia ambil baso, daging, dll kemudian di cocol ke racikan sambal kecap tersebut. Baru makan barengan sama bihun. Jadi dia ga tuang kuahnya ke bihun. Sambal kecap juga ga dituang ke kuahnya.

    Kalau aku biasanya sambal kecap di taroh di kwetiaw/bihun. Baru ambil dikit2 kuahnya taroh di kwetiaw/bihun. Ga di campur semuanya sama kuah2nya. Emang kalau makan baso ini aga beda caranyanya dibanding baso pada umumnya hhaa. Biasanya kan baso, bihun, kuah dicampur jadi satu. Nah karena disini nyediainnya di pisah, jadinya ngikutin dehh makannya jg ga di campur ke kuah2nya.

    Oiya kalo di bungkus itu enak mba karena dia kasih kuahnya buanyaaakk. Jadi biasanya aku masukin ke jar simpan di freezer. Next tinggal rebus ulang dan tambahin baso atau apapun yg ada di rumah. Beehhh enaakk bangeeett mbaa.

    Memang harganya lumayan sihh tapi worth it dan porsinya itu beneran daging semua ga ada lemak2nya. Ga enaknya emang kudu cash hhhee..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Deeeeeeeev ya ampuuuuun aku jadi pengen ikutin caramu makan iniiii 😄😄😍😍😍😍😍😍. Kok ga kepikir Yaa aku racik sambel kecap begitu, sambil cocolin baksonya hahahha. Bacanya aja aku LGS kebayang itu enaaaak Dev.

      Pokoknya aku harus datang lagi sih, nyobain kali ini pake mie, dan makan dengan caramu 😄

  39. Furisukabo berkata:

    Adek aku suka nyebut ni tempat makan kalo mo makan di mangga besar. Tapi aku sampe detik ini beloman kesampean makan di siniiii.. Wahhhh pengen kak!! Itu untung kak fanny ceritain kalo dia ga terima cash.. Aku juga tipe orang yang jarang bawa cash banyak wkwkwkwk Berarti emang musti sedia cash nih kalo ke siniiii
    Terus kayanya itu pesennya musti bener-bener pilih yak… Banyak bingit dah porsinya.. Jadi menggunung gitu kak. Kalo pesen paket komplit gitu musti makan berdua deh wkwkwkw

    Thanks reviewnya ya kak!!!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku juga ga nyangka kalo porsinya bakal banyaaak mba 🤣. Tau gitukan berdua hahahahah. Makanya buatku harga segitu sih ga rugi, krena memang rasa dan porsi ga boong 😄. Sebanding Ama harga . Haruuus cobain mba. Ini sbnrnya ada cabang di PIK. 1 ruko Ama uncle man. Nah kalo di sana bisa kartu.

  40. Sulis berkata:

    Ini bayar di depan, biar bisa cancel klo misal ngerasa baksonya terlalu mahal atau pas ga bw cash yang mencukupi kali ya mba ..

    Klo seporsi, aku masih kuat ..tapi klo jajannya keluarga besar, trus yang bayar satu orang… Wah, misuh2 klo aku mba… 😃😃😃

    Mending warung bakso biasa aja yang 15 ribu dah dapet seporsi😃😃

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Lah itu mba, kalo Utk traktir banyak org ga deh 🤣🤣. Bayarnya lumayan mana cash 🤣. Kalo makan sini berdua suami aja ATO sama temen 😄. Cuma jangan rame2 hahahaha. Kecuali bayar sendiri.

      Iyaaa, jadi kan kalo tau di awal ga kagetvhrs siapin uang berapa

  41. Muyassaroh berkata:

    Bakso termahal yang pernah saya tahu, Mbak…hihi. Tapi, lihat penampakannya sepertinya memang sebanding, dagingnya, kuahnya kelihatan bening tapi berasa ngaldu banget. Asli ngiler, sih ini 🙁

  42. Azhafizah Md Nor berkata:

    Suka makan bakso tapi tak suka jenis bebolanya terlalu kuat bau daging. mungkin jenis kurang makan daging. Pertama kali tengok hidangan bakso asing dengan kuah. Ada pelbagai pilihan rencahnya ya. Di Malaysia pernah makan jenis mi halus dan mi kuning. Belum lagi makan jenis kuetiau. Kuetiau fav saya juga. jenis sup jernih begitu saya suka 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Kalo yg ini bau dagingnya ga mengganggu kok kak. Atau akak bisa pilih bakso ikan kalo tak suka daging 😄. Harus cobaaa kalo nanti akal ke JKT. Contact saya, biar saya ajak kuliner di Jakarta 😘

  43. Khairunnisa Ast berkata:

    Dari luar terlihat sempit, ternyata dalamnya lumayan luas juga.
    Baca artikelnya jadi pengen makan bakso juga. Saya tipe yang makan bakso tanpa saos, penggemar kuah asli soalnya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Aku tergantung mba. Kalo memang kuah nya udah enak bangetttt, aku ga mau tambahin banyak saos. Tapi kalo msh kurang, baru deh aku tambahin ,:D

  44. eka fitriani larasati berkata:

    Kak Fanny,aku reply di sini ya, wehehehe. Iya Kak, Bandung sekarang macetnya parah banget. sebagai orang Bandung aja udah gerah sama macet, bikin males kemana mana. oh iya soal bakso sniper, aku gak tau euy kak apa ownernya jago tembak atau gak. tapi kayanya ya, bakso nya emang nembak banget sih. nembak lidah! huahahahahaha……

    sip sip kak, kalo ke Bandung jangan lupa call me yaaaaaa

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Oalaaah dikasih nama sniper Krn rasanya nembak banget ke hati yaaa 🤣🤣🤣. Boleh juga yg KSH nama hahahah. Beneran penasaran, kalo ke Bandung harus aku coba. Aku sampe Googling mba, dan ternyata Nemu di Gmaps 💃. Jadi makin mudah kalo mau kesana

  45. Shovya berkata:

    Worth it bangetttt ini mah dengan harga segitu.. bikin ngiler, asli.

    Aku juga sama kaya Mbak Fanny, kalau di rumah makan itu banyak pengunjungnya khususnya Chinese, pasti cita rasa makanannya ga diragukan lagi deh.

    Aku juga sering makan di warung-warung makan orang Chinese dan pastinya halal. Dan rasanya memang juara, sih.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Itu diaaa. Kalo kata papa, lidah orang Chinese itu sensitif Ama rasa. Makanya kuliner yg mereka suka, biasanya udah terbukti enak 😄

  46. Yonal Regen berkata:

    Kaget juga baca harga seporsi baso sampai lebih dari 50.000, tapi kalau sepadan sama rasanya kayanya ga bakalan nyesel ya untuk semangkuk baso.
    Kalau ke Sukabumi, ada tuh yang terkenal, namanya Baso Arab (walaupun yang dagangnya mas-mas Jawa). Favorit saya dan keluarga. maknyus

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha pale nama Arab pdhl yg jual Jawa ya mas 😄. Siiip aku masukin list dulu, ntr kalo ke Sukabumi aku datangin pas wiskul 👍

  47. Reyne Raea berkata:

    Kalau Mba Fanny review makanan, apalagi bakso enak, udah mau kabur beli bakso juga rasanya, astagaaa.. ngileerrrr.
    Nah, kalau bakso segar gini, enak, bayar 60ribu itu masih bisa dinikmati ya, nggak cuman asal porsi banyak, dan daging banyak, tapi rasa B aja.
    Meski memang iya sih, kalau makan di daerah kayak gini, agak parno.

    Btw kemaren saya liat review bakso di Yutub si Tasyi sodaranya Tasya Farasya, saya lupa sih, tapi katanya bakso yang enak itu di daerah Tanah Abang ya kalau ga salah.
    Harganya sih standar antara 20-40ribua.

    Luar biasa ya sekarang harga bakso, saya yang sering makan bakso 15 reboan per porsi, belinya di Supih fud dengan potongan ini itu, jadinya super murah, merasa insekiyuuuurrr wakakakakaka

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Nah iya rey, kalo hrg mahal tapi sebanding Ama rasa dan porsi, aku masih ikhlas sih bayarnya 🤣. Tapi kalo rasa B aja, duuuuh pengen dikutuk rasanya 😅.

      Bakso tanah Abang aku blm pernh cobain. Jarang banget ke daeraaah sana, macetnya sinting. Dulu sempet bagus pas masih pak Ahok. Tapi, skr ancuuur lebur lah. 😔👎.

  48. Nita Lana Faera berkata:

    Sampe melotot saya, lihat harga bakso semangkoknya 60 ribu, hahahahah… Tapi pas lihat mangkoknya, ibarat makan kwetiaw dan soto daging dicampur bakso. Jelas aja harganya segitu dan kalo pembelinya rame, berarti memang enak ya. Anyway, bukan rasis juga, cuma biasanya memang orang2 keturunan Tionghoa itu kalo makan yg dilihat 2 hal, enak dan bersih. Walau harga lebih mahal. Ortu murid dulu juga gitu…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha iya mba, aku aja kaget pas diksh tau harga. Tapi setelah dilihat porsi dan banyaknya daging, ini worth it banget sih 😄.

      Nah iyaaa, makanya aku selalu percaya kalo ada temen Chinese bilang makanan ini atau itu enak 👍😁. So far sih kebanyakan selaku cocok Ama rekomendasi temen2 chineseku 😄

  49. Matius Teguh Nugroho berkata:

    Menu yang nggak ada harganya ditambah tempat makan chinese kayak gitu udah bikin aku merem melek hahaha. Kalo kamu gelap, apa kabar aku mbak? 😂

    Yah, at least rasanya terbayar lah ya buat mbak Fanny. Dan yes, dengan harga segitu, pembayaran cashless harus jadi pilihan.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Anehnya di cabang2 yg lain mereka trima cashless. Cuma yg di tempat aslinya ini ga bisa cashless 🤣🤣. Mungkin mau mempertahankan suasana legend nya 😁

  50. Anggraeni Septi berkata:

    awal baca bakso 60ribu kayaknya mahal bingit lah 😀 HAHA. Di Surabaya secara bakso sepuluh ribu aja udah dapat semangkuk komplit dan bikin kenyang pula. Tapi ternyata oh ternyata setelah ngeliat tampilannya dan bahas rasanya ya pantes mba harga segitu. Ini mah beneran bakso, hehe. Dagingnya aja meluber.
    Dan aku baru tahu loh, kalo katanya emang misalnya rumah makan banyak pembeli Chinese emang beneran enak. Kalo aku kemana-mana masih bawa duit cash mba (ya walo kagak banyak juga sih), karena ngerasa “aman” aja Hehe. Dahlah baca review mba Fanny perut krucuk krucuk pengen bakso. :p

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Awalnya aku juga kaegt mba. Tapi setelah ngerasain, dan melihat porsi, ini mah wajar dihargai segitu 😄👍👍. Apalagi kuahnya betulan berasa kaldu bangettttt.

      Kalo papa bilang, lidah orang Chinese itu sensitif dengan rasa. Makanya resto pilihan mereka juga lebih terpercaya dari segi rasa, walopun kdg harus hati2 utk soal halal nya yaaa. Aku selalu cek kalo itu. Kalo EMG aman, baru aku mau makan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.