D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Agu 2013

26

RESTORAN TAPIAN NAULI, SIBOLGA

Restoran ini kita lewati dalam perjalanan dari bandara menuju kota Sibolga. Karena magrib mulai menjelang, kitapun stop di restoran yg terletak persis menghadap laut.  Dari depan tempatnya ga begitu luas. Tapi kalo mau, kita bisa makan di bagian bawah, sehingga bisa menatap ke laut lepas ^o^. Sayangnya, karena hari mulai gelap, laut jadi samasekali ga terlihat kecuali bayangan sinar lampu yang bergoyang, menandakan ada perairan di sana 🙂
Papan nama restoran Tapian Nauli

Hidangan yang dijual, dihidangkan seperti di restoran Padang. Apa yang kita makan, itulah yang dibayar. Tapi bedanya, menu di sini semua khas Tapanuli .

Ada daun ubi tumbuk, 3 macam gulai dengan ikan yang berbeda (tapi jujurnya aku ga tau itu ikan apaan), juga ada tongkol goreng, gulai labu, ada ikan panggang pacak, kepiting goreng, dan ga ketinggalan sambel merah.
Berbagai menu: gulai ikan, daun ubi tumbuk, gulai labu, sambel merah, panggang pacak,dan ikan goreng

Berhubung aku ga doyan gulai ikan,jadi segala macam gulai itu ga aku sentuh ;p.

Daun ubi tumbuknya, sebenernya oke, tapi sedikit terlalu asin. Cuma karena dimakan dengan nasi, rasa asinnya bisa ditutupi. Ini salah satu makanan khas Sumatra Utara. Daun ubi yang ditumbuk halus, lalu dimasak  dengan bumbu yang kaya rempah. Love the taste. Lebih enak kalo di dalamnya ditambahkan kincong, semacam sayuran berwarna merah, dan biji rimbang. Wangi kincong yang khas, dan biji rimbang yang renyah, ngasih sensasi tersendiri saat dikunyah.

Gulai labu manisnya, enak. Tapi karena rasanya manis, aku ga begitu doyan ;p

Lauk lain yang aku lumayan suka, ikan tongkol goreng dan sambel merah. Ikannya digoreng garing, dengan sedikit rasa asin. Tapi sambelnya, juara favoritt ^o^. Mantebhhh, pedes banget. Cabe Sibolga emang terkenal karena rasanya yang pedas menyengat. Keringetan abis makan menu yang satu ini.

Kepiting goreng. Kalo ada pemenang di antara semua, kepiting ini yang jadi juara pertamanya ;). Memang sih ukurannya belum bisa ngalahin kepiting Papua jumbo yang dulu sering dibawa papa. Tapi tetep aja, kepiting Sibolga ini lumayan gede, dan dagingnya padet, banyak dan terasa manis!! Digoreng dengan kremes-kremes yang juga gurih, bikin nasinya terasa lebih enak. Sayangnya nih, si pemilik warung ga punya penjepit kepiting, supaya capit-capitnya yang montok ini bisa dikorek juga. Sayang gigiku kalo harus ngegigitin cangkang kepiting yang keras begini ;p
Kepiting goreng yang rasanya manisss 😉
Dagingnya padet dan tebeelll ^o^

Uniknya dari warung 1 ini, terletak pada cucian tangan ato kobokannya. Si pelayan meletakkan botol berisi air di pinggir meja kita, dan beberapa mangkok kecil. Kalo ga ngeh, orang akan mengira itu minuman air suam untuk kita minum ;p. Padahal kita harus menuang sendiri  air di botol itu ke kobokan buat cuci tangan.
Air kobokan yang dikira air minum ;p

Cara ke-2nya, mereka nyediain galon dispenser, yang lagi-lagi, pasti bakal dikira untuk ambil air minum para pengunjung. Ternyata yang dimaksud, tamu-tamu bisa mencuci tangan mereka menggunakan dispenser itu;p. Di bawahnya ada semacam ember untuk menampung airnya nanti.

Sayangnya, kita datang saat malam hari. Mungkin rasanya akan berbeda kalo kita makan di sini siang hari, saat pemandangan lautnya masih jelas terlihat dari dalam warung 😉
Bayangan cahaya lampu di belakangnya, menandakan ada laut di sana 😉
Bagian dalam restoran yang kecil, tapi bersih

2 tanggapan untuk “RESTORAN TAPIAN NAULI, SIBOLGA”

  1. Dody Haryo berkata:

    Gak salah sy pilih rumah makan ini waktu ke Sibolga, lokasi di tepi jalan tepi muara sungai, makanannya mantap, seafoodnya enak, daun ubi tumbuk yg sy idam2kan sejak lamapun jg tersedia, tdk sia2 jauh2 dari Bekasi datang ke Sibolga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.