D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Okt 2013

12

AYAM TALIWANG LIMA RASA: PLECING KANGKUNGNYA GILAAA!!

Penasaran gara-gara ga pernah nemu ayam taliwang yang pedesnya bikin kelojotan, seorang teman dari internet yang blognya cukup jadi inspirasi  untuk hal kuliner dan traveling, MasCumi , merekomendasikan Ayam Taliwang Lima Rasa di daerah Karet kuningan. Dan meluncurlah kita kesana hari ini.

Ga begitu susah menemukan tempatnya. Persis ada di kiri jalan kalo kita datang dari arah Sudirman mengarah ke Karet. Plangnya bertuliskan AYAM TALIWANG LIMA RASA, yang langsung terlihat dari jauh.

Menu yang ditawarkan bervariasi, mulai dari ala carte sampe paket hemat. Aku memilih paket ayam plus nasi dan kangkung plecing, seharga Rp 53,000. Tapiiiiiii, karena sambel yang aku pilih untuk plecingnya dengan tingkat kepedasan “PEDES BUNUH DIRI”, akupun dikenai charge tambahan Rp 20,000 untuk itu. Ga masalah, asal rasanya bener-bener pedes sampe bikin ingus meler, mata berair, ato bahkan nimbulin sensasi sampe mau bunuh diri ;p. Bahkan si mba sampe bilang, “Belum pernah ada yang bisa ngabisin sambel pedas bunuh diri kita loh  Mba.” Oke, makin tertantang untuk nyoba kan ;p…
Menu paketnya yang banyak pilihan

 

Suamiku sendiri, si Barney, memesan paket ayam dan nasi plus sambal belado terong, dengan level cabe, ‘PEDAS SEKALI’. 

Menu Barney yang datang lebih dulu. Penyajian ayam Taliwangnya sedikit beda dengan resto ayam Taliwang yang pernah aku datangin. Ayam dan sambel ayamnya yang biasa diletakkan dalam piring terpisah, kali ini digabung ke nasi. Aku sempet bingung karena sambelnya ga ada samasekali. Tapi ternyata, menurut pelayannya, ayamnya saat dipanggang sudah dioles sambel menurut tingkat kepedasan yang kita pilih. Oke, tapi tetep aja, saat kita coba ayamnya, boro-boro pedes, terasa juga engga ;p. Barneypun langsung protes keras, karena dia sengaja memilih yang PEDAS SEKALI dengan harapan akan bener-bener pedas di lidah. Pelayannya hanya menyarankan agar kita menambahkan sambel ayam yang tersedia di tiap meja. Sedikit kecewa jadinya. Karena sambel ayam yang di atas meja itu sih lebih ga pedas lagi.
Ayam taliwang level PEDES SEKALI yang samasekali ga pedes

 

Jadi pesimis dengan menu yang aku pesan. Dan bener aja, saat ayam Taliwang super pedasku datang, sedikitpun ga terasa rasa cetar pedas dari si bumbu ayam.
Ayam taliwang yang menurut si mba nya SUPER PEDES

 

Tapi, begitu Plecing Kangkungnya dihidangkan, aaghhhh, kangkung dengan tambahan toge, kacang panjang, dan kacang tanah PLUS, cabenya yang aku pesen sampe level PEDES BUNUH DIRI, udah keliatan merah membunuh ;p Saat dicoba, sumpah!!! Itu rasa PUUEDEESSS GILA yang bikin meler seketika, airmata ngucur, kepala pusing dan tiap 1 suapan, langsung panik nyeruput minuman.
Plecing kangkung yang pedesnya BUNUH DIRI. Sepiring gede tuh cabe ;p
Tahu dan tempe dengan cabe yang RRUUARR BIASAA ^o^

 

Dan aku yang udah kecewa ama sambel ayam yang ga ada pedesnya itu, langsung nyocolin si ayam empuk dengan sambel plecing merah menggoda ini.

Puas banget makan di sini. Lepas dari rasa sambel ayam Taliwangnya yang mengecewakan, tapi ayamnya sendiri enak, dengan bumbu yang meresap sampe ke tulang. Empuk, ga perlu susah memotong ato menggigit daging ayamnya.

Plecing kangkungnya udah pasti juara ^o^. Kangkungnya seger, kries dan gede-gede. Taburan kacang tanah yang bikin rasanya jadi lebih gurih. Sambel pedes bunuh dirinya ga perlu dibahas lagi. Udah jaminan bikin lidah melet keluar dan siap-siap sakit perut sesudahnya ;p

1 aja yang mau aku sampein ke mba pelayan yang tadi bilang, belum ada tamu yang berhasil ngabisin sambel bunuh diri mereka..  

“Mba, sambel bunuh dirinya emang pedes gilak. Tapi jujur aja kalo selama ini belum ada tamu yang sanggub ngabisin, itu bukan karena pedesnya, tapi lo nuangin sambel sepiring gede gitu ke atas kangkung. Mana ada orang makan sambel sepiring penuh ;p”

1 lagi, untuk yang mesen sambel dengan tingkat ‘PEDES BUNUH DIRI’, kalo datang kesini, siap-siap untuk mesen minuman 2 gelas. 1 Gelas ga bakal nampol untuk ngilangin panas di mulut dan lidah 😉 . Even sampe saat aku menulis ini, rasa panas dari cabe masih kerasa di tangan, walo udah dicuci bersih dengan sabun.

 

6 tanggapan untuk “AYAM TALIWANG LIMA RASA: PLECING KANGKUNGNYA GILAAA!!”

  1. jalan2liburan berkata:

    postingan yg kek gini nih yg bikin homesick:)

  2. Keke Naima berkata:

    di deket kantor suami ada ayam taliwang yang enak. Jadi pengen ayam taliwang. Udah lama gak makan ayam taliwang 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      pedes jg mba??? aku blm nemu ayam taliwang yg pedesnya nampar nih ;p…yg 5 rasa inikan pleciing kangkungnya yg super pedes..ayamnya sndiri ga pedes -__-

  3. Nisa F. berkata:

    aaah, jadi kangen makan ayam taliwang plus plecing kangkung yang superpedes. Pertama kali nyoba di Lombok dulu, gila pedesnya sampe ampun-ampun aku.
    Ini di jakarta ya? waa, aku baru pindah nih kebetulan buat referensi… : )

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Iyaaa, ini di Jkarta mbak ;).. daerah karet.. udh lama juga nih ga makan di sana ;p.. jd pengen uji nyali lg nyobain kangkungnya ;p

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.