D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Sep 2024

24

WISATA GEORGIA: TEMPAT WAJIB VISIT KALAU BERLIBUR KE KAZBEGI

wisata di georgia apa saja

WISATA GEORGIA: TEMPAT WAJIB VISIT KALAU BERLIBUR KE KAZBEGI ~ Dari 4 negara yang kami visit Januari 2024 lalu,  hanya di Georgia kami menggunakan jasa driver. Kenapa? Karena tempat-tempat wisata negara ini fokusnya daerah pegunungan Beib 🤭. Jadi daripada peniiing kepala mikirin naik apa ke atas, ya sudahlah yaaa sewa mobil aja sekalian, lengkap dengan driver. 

 

 

 

KETEMU GA SENGAJA DENGAN ORANG INDONESIA YANG MENAWARKAN TRIP GEORGIA

Memutuskan sewa mobil di Georgia juga awalnya ga ada di itin. Hanya karena masalah E-Visa Georgia yang gagal mulu saat pembayaran, kami puter otak gimana caranya pembayaran bisa berhasil.

 

Bahkan minta tolong Whatravel, untuk apply E-Visa Georgia buat kami ber-3, tetap gagal. Ternyata yang salah bukan credit card yang digunakan, tapi mungkin IP Address dari Indonesia yang diblokir untuk pembayaran.

 

Setelah baca dan cari tahu di banyak komunitas travel seluruh dunia,  bukan hanya Indonesia yang mengalami gagal payment saat apply E-Visa Georgia, tapi juga India dan Phillipines.

 

Ga nyangka, mba Fara malah ketemu travel Malaysia yang sering buka open trip ke Georgia. Kagetnya lagi, dijalankan oleh orang Indonesia yang sudah menjadi warga negara Malaysia 😅, namanya mba Friska J Sumbayak.

 

Dengan bantuan mba Friska, kami apply E-Visa Georgia, yang langsung berhasil ketika paymentnya  dilakukan dari Malaysia. Bad news nya, harga yang kami bayar jadi lebih mahal, secara mba Friska ga ada rekening di Indonesia samasekali. 

 

Mau ga mau, transfer ke rekening dia di Malaysia , dikenakan biaya Telegraphic Transfer (Transfer ke Luar Negeri) yang mana fee-nya lebih mahal dari harga EVisa sendiri🤣🤣. 

 

Ga ada pilihan beib, daripada ga keluar Visa Georgia 😁. Saking senengnya payment  EVisa berhasil, kami pun memutuskan ambil open trip lengkap dengan driver dari travel kepunyaan mba Friska ini. 

 

Contact Number: Friska J Sumbayak (open trip ke Georgia dari Malaysia): +60 11-6936 8199 

 

Aku langsung cantumin, mungkin aja ada teman-teman yang mau pakai jasa driver atau trip ke Georgia dari dia. Pembayaran trip bisa dilunasi saat tiba di Tbilisi kok. Jadi amaaan. 

 

 

 

TEMPAT WISATA WAJIB DI KAZBEGI , GEORGIA

Hari pertama tiba Georgia, kami cuma mau santai, istirahat memulihkan tenaga, jadi trip yang sesungguhnya baru dimulai saat hari kedua di sana. 

 

Driver sudah bilang, kalo rute trip ini akan dimulai dari yang paliiing jauh, sampai nanti semakin dekat dengan Tbilisi. Itulah kenapa KAZBEGI menjadi pilihan wisata yang pertama. 

 

Dari awal pagi, kami sudah bersiap untuk jalan-jalan, ga mau telat, supaya ga mengganggu jadwal full itinerary yang sudah dibikin. Ada beberapa tempat wisata wajib di KAZBEGI, dan semuanya berlokasi di atas gunung. Jadi kemungkinan besar suhu cuaca akan semakin dingin daripada Tbilisi. 

 

Awalnya, melewati jalanan kota yang ga jauh beda dengan Jakarta. Belum ada something istimewa yang bikin netra melek kegirangan.  Sampe akhirnya, depan mata persis  pegunungan bersalju terasa semakin dekat😍. Tapi masih jauuuuh, kliatannya aja sejangkauan tangan  😅. Di sini, mata kami mulai dimanjakan dengan view cantik pegunungan yang gagah tertutup salju.

 

 

Jalanan gunung bersalju yang kami lewati saat menuju kazbegi

wisata apa di georgia kemana saja jika berlibur ke georgia

 

 

 

 

JINVALI WATER RESERVOIR, WADUK CANTIK BAGAI LUKISAN

Terkadang ditulis JINVALI, tapi ada juga yang menuliskan ejaan Zhinvali, ntahlah mana yang bener. 

 

Ini perhentian pertama. Sebuah waduk besar, yang berupa danau buatan membentang luas di hadapan, seperti menyihir kami dengan warna turquoise airnya yang terlihat smooth dan tenang ❤️❤️😍

 

 

Masya Allah, udah kayak lukisan cantiknya ^o^

wisata menarik di georgia apa saja

 

 

Speechless sih. Cantiknya kebangetan 😍😍😍!! Ga usah capek ngedit, setiap foto yang diambil, udah cakep dengan sendirinya. Warna langit, berpadu dengan air danau yang seperti bentangan karpet halus berwarna turquoise lembut 😍.

 

Waduk Zhinvali dibangun oleh Sovyet tahun 1980an, untuk menjamin ketersediaan air bersih di Georgia. Lokasinya kurang lebih 70km dari kota Tbilisi. 

 

kayak ga real pemandangannya ^o^. seindah itu Georgia!

wisata alam di georgia apa saja

 

 

Biasanya kalau cuaca cerah dan hangat, ramai niih orang yang bakal piknik, tapi karena kami datang saat winter, ga sanggub ya cuy, piknik di alam terbuka dengan suhu menggigit 😅.

 

 

 

BELANJA SOUVENIRS DI ZHINVALI RESERVOIR 

Di sekitaran Zhinvali Water Dam, ada beberapa tenda yang menjual makanan minuman ringan. Juga banyak warga lokal menjual souvenirs. Saranku, beli ajaaaa👍. Harga ga jauh beda ama tempat lainnya. 

 

Di sini,  puaaas banget  ngeborong banyak SYAL CASHMERE asli, buatan tangan para warga lokal, dengan harga lumayan murah.  Sempet aku jadiin  hadiah Giveaway di IG pas balik liburan.  Kainnya haluuuuus dan angeeet. Di Indonesia,  Cashmere Shawl asli ga ada yang murah. Jadi better beli banyak saat ke Georgia.

 

Trus lihat minuman yang dijual, eh mereka pakai KOPI TORABIKA dari Indonesia 😍😍. Walaupun kopi instan doang, bangga dooong Kopi Indonesia merambah hingga luar negeri. Even pas di Azerbaijan juga kopinya banyaaak dari Indonesia. 

 

ada kopi Indonesia di mana-mana . Laaaaaf sangat ^o^

tempat wisata alam di georgia

 

 

 

 

BLACK AND WHITE ARAGVI RIVER

Meski belum puas melihat indahnya Zhinvali water reservoir, tapi kami harus bergegas ke tempat  wisata kedua, Black and White ARAGVI River. 

 

Hitam dan putih? Kayak zebra aja 😁. Kirain nama doang Black and White, tapi ternyata sungai yang kami datangi ini, beneran warna airnya  Hitam dan Putih 😍😍. Bingung kan kok bisaa 🤣

 

keliatan kan warna airnya yang berbeda? yang mengalir ke kanan hitam, yang di kiri putih

wisata alam unik di georgia

 

kalau dilihat dari atas seperti ini

wisata alam unik di georgia

 

 

 

Secara science, pastilah ada penjelasan ilmiah kenapa aliran sungai hitam dan putih dari ARAGVI River  tidak bercampur atau mixed up. Ini karena struktur tanah, ketinggian, berat jenis air juga komposisinya. Untuk yang paham geologi atau kimia, mungkin ngerti lah yaa 😁

 

Tapiii dari segi legenda, ada ceritanya cyiiin. Biasa legenda lebih menarik kan 🤭. 

 

 

Legenda sungai black and white ARAGVI: 

Konon ada sepasang anak kembar yang berbeda warna rambutnya. Yang satu hitam, satunya lagi pirang atau blonde. Ternyata mereka menyukai 1 ksatria yang sama. Sayangnya lelaki tampan yang ditaksir, lebih memilih si kembar blonde daripada yang berambut hitam. 

 

Patah hati, si rambut hitam menangis dan bunuh diri dari atas jurang. Airmatanya membentuk sungai dengan aliran air hitam. Saudara kembarnya ketika tahu, langsung merasa menyesal dan sedih, ikut terjun ke sungai, dan kali ini air mata si blonde sister, berubah menjadi aliran sungai putih. 

 

 

Mitooos loh yaaa, ojo dipercaya 😁

 

 

wisata sungai unik di georgia

 

 

Tadinya mau jalan sampai ke ujung, ternyata udah berubah jadi es, langsung mundur, takut kepleset ;p

tempat wisata yang wajib di datangi saat ke georgia

 

 

 

 

ANANURI CASTLE, GEORGIA

Tempat selanjutnya, sebuah castle yang dibangun sekitar abad 16-18 . Besar, megah, dan lokasi ANANURI kastil ini ga jauh dari Zhinvali water reservoir.

 

Masuk ke sini juga gratis. Bagian dalam dari ANANURI CASTLE, ada sebuah monastery, yang sayangnya ga ada penjelasan dalam bahasa Inggris. Padahal bagian dalam gereja baguuus banget, banyak lukisan besar yang aku yakin sejarahnya menarik. 

 

wisata apa saja di georgia

bangunan bersejarah di georgia

 

 

Ditambah ga boleh foto dalam gereja, jadi kami ga lama sih eksplor bagian dalam. Salutnya ketika melihat semua bangunan di komplek kastil, terlihat batu-batunya masih kokoh, kuat dan sesuai bentuk asli. 

 

aturan saat masuk ke monastery Ananuri castle

monastery yang ada di georgia

 

batu-batunya masih sangat kokoh walau sudah ratusan tahun

rekomendasi tempat wisata di kazbegi georgia

 

jalan menuju bawah tanah, ditutup karena dianggab berbahaya

wisata menarik di georgia

 

 

Dari ANANURI CASTLE, view ke arah Zhinvali reservoir juga cantiiik banget. Seandainya ada penjelasan dalam bahasa Inggris, wisata ANANURI CASTLE ini bakal perfect sih. Driver yang kami sewa, ga paham pula sejarahnya. 

 

Bisa melihat zhinvali reservoir dari ananuri castle

rekomendasi tempat wisata di kazbegi georgia

tempat wisata alam yang cantik di georgia

wisata sejarah di georgia

 

 

 

 

 

REST AREA SEBELUM MENUJU GUDAURI

Perjalanan lanjut ke tempat yang lebih tinggi, namanya MLETA. Di sini  mobil berhenti di sebuah rest area kecil, memberi waktu bagi kami yang udah kebelet pipis. 

 

 

mleta rest area, berhenti di sini untuk istirahat dan ke toilet

lokasi tempat wisata wajib saat winter di kazbegi

 

 

Cuaca dingin sudah menyentuh -9 dercel, bener-bener bikin kandung kemih jadi cepet penuh, walau  ga  minum banyak sekalipun 🤣.

 

Toilet umumnya berbayar , Gel 1 per orang. Bersih sih, tapi ga ada bidet, sebeeel 😅. Mau ga mau pakai tisu khusus wanita deh. 

 

tempat wisata yang cocok saat winter di georgia

 

 

Selesai pipis, langsung semangat lagi foto-foto karena baru sadar, pemandangannya cakeeeep ternyataaa, walau beku 🤭. Sejauh mata memandang, cuma kliatan salju putih di mana-mana. 

 

Di Mleta, jempol kakiku udah mulai sakit, kedinginan. Padahal pakai kaus kaki thermal 2 lapis loh. Ga mempan ternyata, suhu di atas pegunungan ini menggigit betul! 

 

Tapi mana bisa ga foto. Mau kaki udah nyeri, senyum udah susah karena kulit wajah kayak abis pake botox,  ketarik, tanganku udah ga bisa kluar dari kantong jaket, teteeeup yaaa beib, foto-foto wajib 🤣. Ga tiap hari bisa kesini. 

 

tempat wisata saat winter di georgia rekomendasi tempat wisata musim dingin di georgia

wisata salju di georgia

 

 

 

Dari foto, keliatan  skincare Korea ku yang super moisturizing pun, ga sanggub menahan dingin dari pegunungan Georgia 🤣. Kulit tetap berasa kering, dihajar angin nyelekit Georgia mountain.  Dah laah, sampe Jakarta perawatan lagi 🤭😅. 

 

dinginnya sampai bikin hidung sakiiit.

tempat wisata musim dingin di georgia

 

 

 

 

GUDAURI SKI RESORT

Mobil melaju semakin tinggi. Yang artinya akan semakin dingin. Ternyata next stop, driver membawa kami ke Ski RESORT. 

 

Tapi sorry, kali ini kami give up naik ke atas pakai cable car. Kaki kayak udah mati rasa. Trus angin lumayan kenceng, membawa butiran salju, yang kalo masuk ke mata, pediiih 😔. 

 

tempat main ski di georgia

 

 

Driver nawarin untuk sewa peralatan ski, yang langsung kami tolak dengan suara bulat. Gilaak lu, yang ada terguling kayak bola kalo kami nekad  main ski di sini 🤣🤣🤣.  Bisa juga kagak main ski 😂

 

Jadinya selama di Gudauri Ski resort, kami bertiga prefer cari restoran supaya bisa makan siang sekaligus angetin badan. Ntar,  review restoran  yang kami coba, ditulis terpisah yaaa 😘. Yang pasti enaaak  makanan Georgia ini 🤤

 

 

 

RUSSIA – GEORGIA FRIENDSHIP MONUMENT 

Selesai makan, badan udah anget, kaki ga beku lagi, perut kenyang, tenaga dah balik, lanjut ke destinasi berikut.

 

Sebuah bangunan, Rusia – Georgia Friendship Monument, berdiri di atas gunung salju yang dinginnya ampun-ampunan 🤣. Suhu semakin  turun ke -10 saat itu.

 

 Paling bangke, badan kami yang tadinya udah anget, nyaman sentosa, jadi beku lagiiii cyiiin 😂😂😂. Mana anginnya ga mau kompromi, cepet beneeer bikin mati rasa, trus salju beterbangan masuk mata dan hidung yang bikin males. 

 

Jarak kami dengan friendship monumen udah ga jauh. Tapi ga sanggub jalan kesana, saking kuatnya angin 🤣. Dah laah foto aja dari tempat berdiri 😅

 

udah ga jauh, tapi ga sanggub jalan ke monument, saking anginnya kuaaat banget, sampe mendorong badan

tempat wisata musim dingin di georgia

 

 

Russia Georgia Friendship monument, setelah di zoom

wisata musim dingin di georgia

 

 

Hal lain yang bikin kami kuatir menuju monument, salju terlalu tebel dan jalannya agak menurun. Ga bakal kliatan kalo ada lubang. Jadi daripada kenapa-napa, kami pun tahu diri dengan kemampuan badan sendiri, ya udahlah, ga usah sampe deket banget ke monumen. Toh dari tempat saat itu, udah kliatan jelas juga. 

 

Semua toko makanan minuman di dekat Friendship Monument tutuuuup yaa. Padahal udah kebayang, minum coklat panas pasti enak. 

 

beberapa tempat makan dekat Russia Georgia friendship monument yang tutup

wisata musim dingin di georgia

 

 

Hiburan kami, ketemu dengan anjing lucuuuu dan jinak. Kayaknya anjing di Georgia ini memang terawat dan ga agresif sih. 

 

anjing jinak di Russia Georgia friendship monument

wisata salju di georgia

 

 

 

 

GEREJA DI ATAS BUKIT YANG BATAL KAMI VISIT

Tempat wisata terakhir KAZBEGI yang seharusnya kami datangi, ternyata sebuah gereja. Nih 3 ladies jompo sempat-sempetnya  ketiduran di mobil saat menuju spot terakhir 🤣.

 

Makanya pas nyampe, trus  driver bilang bakal melihat gereja tua, yang aku lupa namanya, tapi gara-gara baru bangun, belum sadar 100%, kami bingung, ini gereja kok kayak restoran yaak 😂. 

 

kirain restoran ini gerejanya ;p

wisata musim dingin di georgia

 

 

Ternyata gerejanya masih di atas bukit sonoooo, dan harus naik TRUK terbuka geeeees menuju ke situ. Biayanya GEL90 per orang . 

 

Si driver nunjukin gereja yang mau kami tuju. Ga bisa pakai mobil biasa karena jalannya curam dan salju. 

 

ternyata gerejanya yang di atas bukit wkwkwkwkwkw

wisata bangunan sejarah di georgia

 

 

Pas liat yaaaa, ajiii gileee lu Ndro, siapa yang mau naik truck terbuka dalam cuaca minus, hanya untuk liat gereja tua di atas bukit tinggi, no thank you lah 🤣. Sampe atas, these women in 40s bisa encok pegel linu masuk angin plus jadi ice cube kali 😂

 

Aku zoom 10x gerejanya. Udah cukup puas kok melihat dari jarak jauh begini 😅

 

ga usah ke atas, cukup di zoom aja ;p

wisata sejarah di georgia

 

 

 

 

SUMMARY TRIP KE KAZBEGI, GEORGIA

Seneeeng, capeeek, beku, mati rasa, semua campur aduk saat ke KAZBEGI, Georgia 🤣😍. Tapi ga bisa dipungkiri kami super duper excited. Favoritku dari beberapa tempat di atas, paliiing suka dengan Zhinvali water reservoir yang cantiknya udah kayak lukisan ❤️❤️👍. 

 

Saran aja kalo ke KAZBEGI di saat winter kayak kami, pleeease pakai baju proper. Jaket wajib yang thermal dan memang untuk suhu minus. Jaketku sih udah thermal, tapiii aku hanya pakai dalaman long John biasa, bukan yang thermal. Dan layer pakaian hanya 4 lapis ketika itu. 

 

Ga nyangka kalo daerah pegunungan Georgia bakal lebih parah dinginnya daripada Belarus 🤣🤣. Sepatu winterku juga ga waterproof sih, makanya pas kena salju tebal, jadi agak basah, dan dinginnya bikin jempol kaki freezing. Sakiiit. 

 

matahari bersinar tapi ga ada hangatnya ;p

wisata musim dingin di georgia

 

 

Intinya, kalau kalian ke Georgia, memang sebaiknya sewa mobil + driver, karena pusat wisatanya yang cakep kebanyakan di atas gunung yang nyaris tidak ada transportasi umum beib. Sewa mobil dari travel seperti yang kami lakukan jauuuh lebih memudahkan hidup.

 

Next, bakal cerita tempat wisata lain di Georgia yang didatangi pada hari ke 3 😘😘. 

10 tanggapan untuk “WISATA GEORGIA: TEMPAT WAJIB VISIT KALAU BERLIBUR KE KAZBEGI”

  1. Lala berkata:

    Aikhhh mupeng bener aku sama view yang di suguhkan sama Kazbegi Georgia 😍😍😍 Secakep ituuuuu. Warna langitnya biru cerahhhh, salju di sekitar ngebentuk sedemikian indah dan banyak banget ternyata tempat yang disa di kunjungi & di jelajah ya mba.

    Untunglah bisa kenal sama mba Friska yang tinggal di Malaysia dan punya travel. Serta keputusan tepat ya mba sewa mobil beserta supir. Sehingga bisa explore dengan lebih leluasa dan nyaman juga.

    Jacket mba warna nya jadi bagus pisan pas foto dengan suasana bersalju 😍 cerah ceria, padahal aslinya lagi kedinginan. Luar biasa suhu minus memang ajib banget ya. Kebayang jadi mudah buang air kecil tapi toilet enggak sediakan bidet 😅 agak enggak nyaman tapi gapapalah terbayarkan sama view, keindahan, legenda dan bisa ngeliat produk Indonesia terpampang nyata di sana 🤩 seneng juga aku pas liat fotonya.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kayak malaikat penolong banget si mba friska inii hahahaha.. pdhl kalo dipikir ya mba, kami kenal ama dia juga ga.. kok ya berani2nya kami transfer duit ke rekening abnk di malaysia hahahahaha. tapi alhamdulillah dia jujur ternyata. beneran dibikinin evisa kami bertiga.

      seriuuus georgia itu negara yg cantiiiik banget daerah pegunungannya

  2. Imawati Annisa Wardhani berkata:

    Mbaa pantang menyerah banget ya buat dapetin visa ke Georgia tapiii sangat super duper worth it sama pemandangan alam dan tempat wisata yang didapat di sana. Bagus-bagus banget masya Allah. Kalo ada di sana langsung tuh rasanya ampe mau nangeess gak sih saking bagusnya? Hahaha..

    Yaudah tanpa naik ke puncak bukit dan berkunjung ke gereja di atas sana pun udah enough lah yaa daripada beku. Wkwk. Seru banget cerita tripnya mbaa, ditunggu yang lainnya..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      soalnya udh beli tiket pesawat mbaaaaa, nangis kami kalo sampe gagal hahahahahaa. makanya segala cara dicari supaya bisa dpt evisanya, termasuk lewat jalur malaysia hahahahaha

      worth it banget negara ini dikunjungin.. secantiiiiik itu memang wisata alamnya ^o^

  3. Agus berkata:

    Waduh, naik ke puncak gunung pakai kendaraan bak terbuka di cuaca dingin ya pasti amsiong, bisa jadi es batu ya mbak.😂

    Pemandangan nya luar biasa bagus ya mbak, ternyata Georgia bagus banget, mana cukup murah pula.

    Sepertinya selanjutnya ke kastil khurtisi nih.😅

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      turun2 udah masuk angin semua kami mas wkwkwkwkwkw. udah ga zamannya lah kami naik trus bak terbuka begitu hahahaha .. udh inget umur hihihihi

  4. ainun berkata:

    kalau ada yang bisa bantu visa Georgia aman deh, ya semoga aku bisa pake jasa kak Frisca
    semua destinasinya cakep cakep, Zhinvali cakep parah, aku juga suka wisata kastil kastil kayak begini, ngeliat bangunannya yang megah dan masih berdiri kokoh, rasanya seperti berada di zaman itu, sambil mikir mereka dulu bangunnya kek gimana yak.

    rute menuju ke gereja yang di atas bukit, wuih ajegile tuh, jalanan curam plus bersalju, aku juga bakalan mikir kayaknya, takut ngeguling aja nanti kendaraannya.
    pastinya tiap detik mungkin bakalan ga berhenti foto :D, cakepp poll

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aseliiiiiik , kalo bisa plan deh kesini mba, minimal sekali aja seumur hidupp.. cantiiik paraah georgia… memang keutamaan mereka itu daerah gunungnya sih.. kalo daerah kota biasa aja..

      yg tadinya kecewa ama penampakan kota, pas liat gunungnya begini, langsung cintaaa kami ^o^

  5. Djangkaru Bumi berkata:

    Saya kagun dengan danaunya itu
    bisa bersih seperti itu ya
    hebat sekali
    yang bikin saya ngakak, gambar toiletnya itu lo, kebelet banget

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kayak bukan air danau kan mas.. saking smooth dan halusnyaaa.. aku aja speechless pas lihat danau ini ^o^

      hahahahah gambar logo toiletnya memang unik sih ;p

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archives

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archives

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.