D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jul 2024

16

WISATA BELARUS: TEMPAT-TEMPAT YANG BISA DI DATANGI SAAT LIBURAN KE MINSK

objek wisata di minsk

WISATA BELARUS: TEMPAT-TEMPAT YANG BISA DI DATANGI SAAT LIBURAN KE MINSK ~ Banyak yang nanya sebenernya kenapa sih aku mau ke Belarus? Apa yang mau dilihat? Terlepas dari negara ini free visa untuk WNI, tapi kan tetap aja Belarus negara eks Sovyet, kena sanction, informasi susah dan banyak minus poin yang lain.

 

Tapiiiiiii mungkin itu yang jadi daya tariknya 😁. Karena tertutup. Bikin orang jadi penasaran, lagian aku toh tipe yang semakin ga banyak informasi, semakin menantang untuk diulik lebih dalam 😂.

 

Dan ternyata, terbukti loooh, banyaaak yang menarik dan bisa dilihat di Minsk, Belarus. Inii niiih, sebagian kecil yang bisa aku tunjukin untuk temen-temen yang mungkin tertarik juga ke negara ini 😘. Kenapa sebagian kecil? Karena aku dan temen-temen ga lama di sana. Makanya yang bisa kami eksplore juga terbatas.

 

 

 

ANEKA PATUNG UNIK DI SEPANJANG JALAN

Ga aneh sebenernya menemukan banyak patung atau monumen di bekas negara Sovyet. Di beberapa negara komunis dan sosialis yang pernah kudatangin, patung dan monumen itu udah kayak dekorasi wajib bagi negaranya. Contoh di Korea Utara, Azerbaijan, dan juga Belarus ini.

 

 

Baca: Monumen Wajib Yang Harus Didatangi Saat Ke Korea Utara

 

 

Ada 1 patung di Minsk yang sempat aku foto dan ternyata dulunya patung ini dilarang keras untuk dipotret. Ntah apa alasannya. Karena sekitar tahun 2017 ada banyak cerita dari turis yang ditangkap hanya karena memotret patung ini.

 

Patung Polisi dan anjingnya yang sempat menjadi kontroversi

objek wisata di minsk belarus

 

 

Lokasi terletak di depan kantor polisi persis, dan aku sendiri ga tahu sejarah dari patung polisi ini, ga ada info apapun. Yang pasti, aku foto ya karena merasa unik dan bagus aja. Ga ada maksud lain. Untungnyaaa, kami aman pas foto patung ini.

 

Monumen Sovyet di atas KFC Minsk

patung dan monumen unik di minsk belarus

 

KFC Minsk di waktu malam

patung unik di minsk belarus

 

 

Ini salah satu peninggalan Sovyet sculpture yang paling mencolok sehingga menjadikan KFC Minsk sebagai KFC dengan decoration paling dramatis sedunia. Ada yang tahu kenapa?

 

Karena kita tahu KFC itu melambangkan KAPITALISME dari dunia barat. Sementara Sovyet Mural yang terpajang di atasnya mempunyai arti SOLIDARITAS DI ANTARA KAUM BURUH. Inilah di mana konsep kapitalisme dunia, bertabrakan dengan konsep Sosialis negara eks Sovyet 😄. Sehingga KFC Minsk, menjadi KFC paling Sosialis di dunia 😁

 

BTW Sovyet sculpture dibangun tahun 1960an, sementara KFC nya buka tahun 2015.

 

Aku dan 2 orang temen hanya berfoto doang di depan kfc ini, tapi ga tertarik coba makan di dalam 😂😜

 

Lokasinya sendiri ga susah kok ditemuin… Ga jauh juga dengan apartment Minsklux yang kami inapi. KFC Sovyet Minsk berada persis di pojokan jalan, sebrang Stasiun NIAMIHA METRO atau patokannya SPORT PALACE. Pasti ketemu.

 

Sport Palace depan KFC Minsk

objek wisata di minsk belarus

 

Patung lain di tengah kota minsk

objek wisata di minsk objek wisata patung di minsk

 

 

Patung City Scale. menggambarkan kegiatan jual beli masyarakat di sana

patung unik di minsk

 

Patung Voit S Klyuchom, Pemegang kunci kota

patung apa saja di minsk

 

 

 

 

 

Baca: Minsklux Apartment, Penginapan Di Pusat Kota Belarus

 

 

 

BANYAK BANGUNAN KLASIK, DAN MEGAH

Bagi penyuka arsitektur, datang ke Minsk bakal dimanjakan dengan banyaaaaaaak sekali bangunan-bangunan klasik dengan ciri megah, besar, dan berkesan dingin. Tapi semuanya menarik! Apalagi saat winter begini. Aku pernah tulis sebelumnya, kalo vibe kota Minsk, bagaikan cewek cantik yang dingin dan tak tergapai 😄. Seperti itulah tiap kali melihat bangunan-bangunannya.. Bikin mau masuk, tapi ga berani hahahahaha.

 

objek wisata minsk belarus

objek wisata di minsk apa saja

 

 

 

 

MOBIL VINTAGE DI MANA-MANA

Bukan berarti mobil modern ga ada di Belarus, banyaaaaaak. Tapi mobil-mobil klasik vintage yang mungkin sudah lama jarang terlihat di jalanan negara kita, di sini mah kadang terbiar di pinggir jalan 😄. Ga kuatir dicuri. Trust me, Belarus termasuk negara teraman terutama bagi turis. Tingkat kejahatan di sini pun terbilang rendah.

 

tempat wisata yang bisa dilihat di minsk

bangunan dan kendaraan unik di minsk belarus

 

 

 

 

RED YARD MINSK, SPOT FOTO UNTUK PENYUKA FOTOGRAFI DAN FOTO-FOTO PASTINYA

THIS!!! Spot Foto yang sebenernya sempat kami cari di hari pertama, tapi ga nemu gara-gara tempatnya hidden beuuuut, daan telkomsel roaming aduhai lemot yang bikin ga bisa juga ngidupin Gmap. Berkali-kali nanya warga lokal, ntah kami yang ga mudeng, atau dia yang ga paham dengan pertanyaan, tetap juga ga nemu.

 

kami tuh sampe masuk ke lorong kecil begini demi mencari red yard yang terkenal itu

bangunan unik di minsk belarus

 

 

Awalnya udah sempet hopeless, ga berharap ketemu. Tapi karena mba Fara masih penasaran, kami coba lagi besoknya, eh malah ga sengaja KETEMU, Red Yard yang dicariiii 😍💃

 

Pantesan aja kemarin kami ga lihat, ternyata harus masuk ke gang kecil, yang sama sekali ga nyangka jadi pintu masuknya hahahaha.

 

entrance menuju RED YARD minsk. ngumpet bangetttt

objek wisata viral di minsk belarus

 

 

Di dalam lorong, baru deh, RED YARD Minsk terpampang nyata. Penuh dengan mural cantik di mana kalian yang suka foto, pasti betah ngabisin memory kamera di sini 😂. Untungnya sepiiii, kami puas deh foto-foto di dalam tanpa ngalamin photo boom 😄. Yaeyaalah, turis yang kesini aja ga banyak, mana winter pula hahahaha. Dengan suhu minus banyak, ga semua orang bakal tertarik berlibur ke sini , yang informasi tentang negaranya juga minim banget.

 

objek wisata utuk foto di minsk belarus objek wisata untuk spot foto ootd di belarus

spot foto di minsk belarus objek wisata terkenal di minsk

 

objek wisata untuk foto-foto di minsk belarus

 

 

 

 

OLD CLOCK, DEKAT DENGAN RED YARD

Aku ga tahu nih nama dari jam tua yang masih berdiri kokoh dan masih berfungsi sebagai penunjuk waktu.. Kami toh juga ga sengaja nemuin tempatnya. Yang pasti sepanjang jalannya disediakan juga kursi untuk tempat duduk-duduk. Capek nyari RED YARD yang ternyata dekeeet banget, kami malah nemuin jam ini duluan 😄

 

jam yang usianya sudah sangat tua, mesinnya masih berfungsi dengan baik

objek wisata terkenal di minsk belarus tempat wisata terkenal di minsk

 

 

 

 

ARSITEKTUR GEREJA ORTHODOKS

Mayoritas di Belarus adalah pemeluk kristen orthodoks. Jadi ga heran, bangunan gerejanya kebanyakan gereja Orthodoks yang mana aku membedakannya dengan melihat bentuk salib . Gereja orthodoks ditandai dengan salib yang bagian bawahnya ada tambahan garis menyilang.

 

salib di gereja orthodoks Minsk

tempat ibadah di minsk

tempat peribadatan di minsk belarus

 

 

 

Trus dari apa yang aku lihat doang nih, gereja orthodoks ada banyak lukisan di dalam. Bagus-baguuus banget. Jadi hiasannya bukan berbentuk seni 3D macam patung etc, tapi lebih ke lukisan only. Beda dengan gereja yang lain yaa.

 

beda gereja orthodoks dengan gereja biasa

bentuk dari gereja orthodoks bentuk dari gereja orthodoks

 

 

Kemudian ciri lainnya, pemeluk agama Kristen Orthodoks saat beribadah memakai kerudung. Dan kami pun yang sempat masuk ke dalam, diwajibkan pakai penutup kepala. Berhubung aku sendiri belum pakai hijab saat kesini, jadi penutup kepalaku menggunakan hoodie jaket. dibolehin kok.

 

Ketika berdoa, mereka juga mengangkat tangan seperti cara Islam berdoa.

 

Sempet nih ada temen yang kasih tambahan ilmu, bahwa ada 3 gereja Orthodoks terbesar di dunia, yaitu: Saint Sava di Belgrade Serbia (yang ini aku pernah visit juga), Hagia Sophia yang sekarang sudah berubah menjadi mesjid, dan di Saint Isaach, berlokasi di St Petersburg Rusia.

 

Dan yang baru tahu saat datang ke Belarus, bahwa NATAL bagi pemeluk keyakinan Orthodoks jatuh pada tanggal 7 Januari, bukan 25 Desember . Makanya saat kami ke Belarus di tanggal 8 Januari, hiasan natal itu masih buanyaaaak di mana-mana. karena ternyata mereka baru saja merayakan.

 

hiasan natal di minsk belarus

natal di negara sosialis natal di negara eropa timur natal kaum orthodoks

 

 

Indonesia sendiri ada gereja Orthodoks ga? Adaaaa. Namanya Gereja Orthodoks Rusia St Thomas yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

 

Btw, mungkin ada teman-teman yang lebih paham tentang kepercayaan Kristen Orthodoks, dan merasa yang aku tulis ini salah, tolong tegur aja, supaya bisa aku benerin yaaa 😘

 

 

 

STASIUN METRO ERA SOVYET

Ga lengkap kalo ke Belarus tanpa mencoba metro alias kereta bawah tanah mereka Beib 😄. Kayaknya kalau negara-negara bekas Sovyet atau yang berhaluan komunis sosialis, stasiun metronya itu penuuuuh dengan marmer, mural dan lukisan.

 

pintu masuk menuju stasiun bawah tanah Minsk

transportasi lokal minsk seprti apa

 

 

Kami beruntung bisa ketemu teman cowo , warga lokal Belarus yang buaaaiiiiik bangeeeeet, dan ngajakin kami masuk ke salah satu bangunan gereja Khatolik lalu ngajakin naik metro 😍😍😍. Pas tahu aku dan temen-temen sebenernya pengen cobain metro Belarus tapi ga paham cara beli tiket dan lain-lain, dia loh yang akhirnya nganterin untuk menjajal kereta bawah tanah Minsk!

 

Sayangnya, stasiun TERCANTIK di Minsk ga bisa kami datangin, karena jaraknya lebih jauh, dan Alex teman baru kami itu ga bisa anter sampai sejauh itu. Tapi udah puas bangetttt kok bisa melihat beberapa stasiun bawah tanah yang dia kasih lihat.

 

rute metro yang kami naikin

rute metro di minsk

 

 

Walaupun dari POV ku pribadi, masih lebih unik stasiun kereta bawah tanah Pyongyang Korea Utara , itu ga ada yang ngalahin 😂😂😂. Jauuh 400 meter di bawah tanah. Aku sampe ga bisa liat dasarnya pas turun melalui eskalator.

 

 

Baca: Transportasi massal Dari Tahun 1960an itu Bernama Metro ~ Korea Utara

 

 

Yang pasti kalo di Minsk, kereta metronya warna warni, bersih dan udah modern yaaa, beda ama Korut yang keretanya masih jadul karena dipakai sejak tahun 60an 😌, cuma karena perawatan rutin, ya masih berfungsi baik cuy.

 

kereta metro di Minsk

transportasi massal di insk belarus transportasi massal di minsk belarus

 

 

Stasiun yang kami masuki bersiiiiih, full marmer, cuma ga banyak mural atau lukisan. Yang banyak mural itu stasiun yang lebih jauh, yang sayangnya kami ga bisa datangin. Tapi inipun udah seneeeeng banget bisa masuk ke dalam, cobain naik metro, berkat temen baru, Alex. Sumpah sih, orang-orang lokal Belarus ini memang ramah-ramah semuanya !

 

Alex, warga lokal yang baiiik banget anterin kami jalan-jalan

warga lokal minsk seperti apa

 

 

 

 

SUMMARY

Itu dia beberapa tempat yang bisa kami datangi selama di Minsk. Mostly memang wisata sekitaran yang ga butuh pakai transportasi apapun, cukup jalan kaki semua, kecuali nyobain moda public transport Metro, tapi itu juga jalan kaki menuju stasiunnya. Karena lokasi apartemen kami memang super duper strategis, deket kemana-mana.

 

Bisa dibilang ke Belarus ini cuma mahal di tiket pesawat thok. Lainnya mah muraaaaaaah 💖. Beneran deh, ini negara yang rasanya ga rugi untuk didatangin at least sekali seumur hidup 😉

Foto gereja Khatolik di Minsk

gereja khatolik di minsk tempat ibadah di minsk

 

Kami diajak masuk ke dalam oleh Alex, dan memang diizinkan untuk memotret di dalam

gereja yang ada di minsk

 

salah satu spot red yard

objek wisata di minsk yang terkenal

 

 

 

 

144 tanggapan untuk “WISATA BELARUS: TEMPAT-TEMPAT YANG BISA DI DATANGI SAAT LIBURAN KE MINSK”

  1. carneyz berkata:

    Fanny bikin saya pun nak ke Belarus jugak cuma kerana negara Soviet jadi takut sikit nak pergi, takut terkandas di sana pulak 😅 Saya suka jalan2 negara sejuk tapi kalau ke Eropah / US, selain mahal skrg rakyatnya agak perkauman tak suka orang Asia ke sana.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      belarus trust me, amaaaan sangat kak ;).. bab imigrasi yg lama dan mendetail tanyanya, tak apaaa. memang semua begitu.. tapi kalo semua yg kita bawa dah sesuai, mereka pasti approve untuk masuk.. dan orang2 belarus ini ramaaaah banget 😉

  2. Miss Mirror berkata:

    Hairan juga ya Fanny, kenapa snap photo patung not allowed. Apakah takut designnya ditiru org atau ada misteri lain yang tersembunyi.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      itulaaah. sayaaanhg banget tak ada guide yg bisa bantu jelaskan kenapa patung itu terlarang sebenarnya

  3. nurul rahma berkata:

    mba Fanny. aku takjuubbb ama dikau kok yhaaa bisaaa aja nemu negara2 “anti mainstream” utk destinasi traveling juga nemu banyak trivia kek gini 😆😆😆 crita orang2 lain yg ditangkap aparat klo poto bareng patung lah

    ttg KFC yg paling sosialis lah

    ya ampuunn aku melongoooo sambil ngikiikk baca postingab ini

    SERUUUUU!!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahahahah aku tuh sukaaa liatin peta dunia mba :D.. dan kalo udh ngeliat begitu, aku kdg cari tuh, negara mana aja yg blm pernah aku datangin dan kira2 ga susah untuk kesananya :D.. minimal untuk visa dan tiket deh.. baru setelah itu cari ada apa di tempat itu 😀

  4. Lala berkata:

    Red Yard di Minsk cakep banget 🤩 Sebagai yang suka foto-foto area ini wajib banget di jepret setiap sudutnya.

    Bener ya kata mba, Minsk ini tuh persis kayak Cewek cantik yang dingin dan sulit tergapai. Indah banget, bikin betah dan semua bisa dilakukan dengan jalan kaki. Kebayang udaranya sangat bersih.

    Naik Metro pun seru dan terlihat lebih menawan gitu. Terus mobil Vintage nya, bikin jatuh hati banget pada cakep-cakep.

    Kalau lagi banyak rezeki berlebih mesti sih agendain liburan ke Belarus. Worth sangat, apalagi warga nya ramah-ramah juga.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      red yard ini kami baru tahu pas udah sampe di sana.. iseng aja browsing apa yg menarik, trus kluar red yard.. tapi memang ga diksh tahu lokasi tepatnya.. itu yg bikin susah nemuin…

    • nurul rahma berkata:

      Gegara sering nongkrong di blog enih, jadi paham aneka spot ciamiikk

      anti mainstream dan seruuu bgt
      Gasss k sini kapan kapaannn

      • Fanny Fristhika Nila berkata:

        semoga mba nurul bisa juga ke minsk ini 😉

      • Ivayana berkata:

        Duh ini klo anakku liat bisa2 minta liburan ke belarus juga nih, krna liat mobul2 klasik byk dijalankan sana. Tpi asli tempat nya bersih dan asik bgt ya Mba..

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          anak mba suka mobil2 kuno yaaa ;).. pasti seneng dia kalo kesini… negaranya beneran bersiiih banegt mba

  5. Lala berkata:

    Red Yard di Minsk cakep banget 🤩 Sebagai yang suka foto-foto area ini wajib banget di jepret setiap sudutnya.

    Bener ya kata mba, Minsk ini tuh persis kayak Cewek cantik yang dingin dan sulit tergapai. Indah banget, bikin betah dan semua bisa dilakukan dengan jalan kaki. Kebayang udaranya sangat bersih.

    Naik Metro pun seru dan terlihat lebih menawan gitu. Terus mobil Vintage nya, bikin jatuh hati banget pada cakep-cakep.

    Kalau lagi banyak rezeki berlebih mesti sih agendain liburan ke Belarus. Worth sangat, apalagi warga nya ramah-ramah juga.

    Semangat kerja dan cari tambahan cuan La, biar bisa jalan-jalan jauh kayak mba Fan😇😇

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aaamiiiin, semoga rezekinya mengalir trus mba lala ;)… dans emoga makin banyak temen2 yg bisa datang ke negara2 kayak belarus gini..krn memang secantik dan seaman itu kok didatangi

    • Heni berkata:

      Emang cakep-cakep banget sih mbk ya gedung”nya klasik gitu,trus patung”nya juga unik, yg red yard itu juga cakep,banyak mural”buat foto”jadi lebih indah, suka nih yg kayak gini, gimana rasanya naik metro di sana mbk ?..aku yg baru sekali nyobain naik MRT di jkrta aja senengnya minta ampun wkwkk..

      • Fanny Fristhika Nila berkata:

        naik metronya biasa mba, yg aku incer itu memang stasiun metro, krn belajar dari pengalaman stasiun metro di negara eks sosialis dan komunis biasanya baguuuus2 banget ;p.. makanya penasaran 😀

  6. Puan Hazel berkata:

    Lagi dilarang lagi mau pergi ya haha… Adventurous betul kamu ya Fanny 👍

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahahaha, kan bikin penasaran kak ;p.. makanya makin tertutup suatu negara, makin saya tertantang kesana 😀

  7. eryka berkata:

    Beneran ini emang minim banget info tentang Belarus, sepertinya aku juga baru tau negara ini dari tulisan mb fanny deh sptnya,,,
    Satu negara yang seperti boleh juga sebagai referensi buat wisata ya apalagi free visa WNI pasti memudahkan banget ini..tapi kok ya jauh banget yaa haha
    Btw keren itu red yard nya, mural2 nya cantik seperti nyata cocok banget buat spot foto2 pastinya…
    KFC nya juga salah satu bangunan iconic yang menyita perhatian ini, bagussss hehe
    Sepertinya semuanya bagus2 dehhhh itu foto2nya jadi menambah rasa penasaran buat mengunjungi 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kekurangannya kalo dari indonesia memang jauuuuh banget mba ;p. hahahahah itu yg bikin tiketnya mahaaal. apalagi cuma beberapa maskapai yg bisa kesana akibat sanction.. makanya aku muter2 harus dari azerbaijan dulu.

      tapi worth every penny lah setelah didatangi

  8. MZ berkata:

    Bangunannya semua cantik-cantik! perfect utk OOTD!! dan yang paling best sbb cuaca winter kannnn (tak de cuaca tu kat malaysia or indonesia heheheh)

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahbneeeer…. kalo udah ke negara2 begini, saat winter, fokus aja ke jaket dan syal kak. krn pasti cuma itu yg kliatan kan. cari warna yg terang, biar bagus di foto 😉

  9. Herva Yulyanti berkata:

    Mba Fan, mantap jadi tahu ke Belarus tanpa Visa ya minusnya tiket pesawat yang mahil ya Mba hahaa..btw keliatannya rapi ya mba terus tenang gitu kotanya jd wajar ya tingkat kejahatannya juga rendah. Seru deh petualangan Mba Fan ke sini 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      sebenernya kota2 sosialis atau komunis , itu cendrung rendah loh mba kejahatannya.. pas kami ke pyongyang dulu juga, kejahatan untuk turis di sana itu keciiiiil banget.. adaaa tapi ya levelnya beda.. bukan kejahatan kayak copet, rampok begitu.. jd kita jalan kaki aja amaaan banget..

  10. Budioso berkata:

    Wah keren tempatnya, banyak spot foto bagus

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      sangaaat mas.. bagi yg suka dunia fotografi dan model, pasti seneeeng banget kalo bisa banyak foto di sini 😉

  11. Yuni Bint Saniro berkata:

    Sebenarnya menarik ya. Maksudku, semua yang disebutkan tuh bisa banget jadi magnet buat para wisatawan. Tapi, sayang banget kalau memang negaranya berasa kayak orang introvert gitu. Hehehe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahahaha iya mba.. skaing minimnya info, jd susaaaah banget cari informasinya 😀 .. dan ga banyak travel tru yg kemari pula

      • Yuni Bint Saniro berkata:

        Sayang banget ya. Tapi dengan adanya cerita dari orang-orang yang sudah pernah travel ke sana, pasti akan semakin banyak orang yang tahu ya, Kak.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          semoga jd banyak juga yg tertarik ke negara2 seperti belarus ini mba ;).. ga semenyeramkan seperti yg dipikir 😉

    • Nona Sani berkata:

      Huyyooo, banyaknya patung atas KFC tu….Ok, tak Makan kat dalamnya kan..just foto aja..hehee..

      Menarik lah Negara ni, saya pun baru dengar nama tempat ni..

      • Fanny Fristhika Nila berkata:

        hahahahaha berat tuh pasti kan .. ;p yalaaah dah tak makan ke tempat2 yg affiliate dengan di onoh itu ;p masih banyak makanan lain 😀

  12. anies berkata:

    rasanya memang tiada KFC di tempat lain yang sebegitu design nya… kalau ada pun mungkin owner KFC yg tiba tiba ada idea nak buat lain drpd yg lain😁

  13. Avi berkata:

    Kak Fanny emang traveler sejati yaa karena datang ke tempat yg unik, bahkan kena sanction seperti Belarus.

    Walau ada yg meragukan ternyata di sana cantik sekali dan bikin pengen foto-foto terus. Sekeren ituu ya apalagi ada banyak mobil lawas. Pecinta otomotif pasti juga suka ke Belarus.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      karena aku tahu negara2 yg ga biasa negini pasti menyimpan kecantikan tersendiri 😀

  14. anies berkata:

    masa tengok foto… dalam hati terus cakap… dah macam kat Pyongyang pula… sekali fanny keluarkan statement related dgn Pyongyang punya metro😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      memaaaaang… tapi yg di belarus ofkors lebih modern kak :D.

      • anies berkata:

        fahammm… Korut tu kan negara yang ‘terkebelakang’ sikit🤭 harap2 Kim Jong Eun tak baca komen ni🤣

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          selama kita tulisnya bukan di negara dia, tak apaaa ;p. saya pun saat di Korut, tak beraniiii bicara macam2.. takut pula ada hidden camera atau alat sadap kan hahahah

  15. ainun berkata:

    Tiap sudut kotanya, bangunannya semuanya artistik, bahkan mau foto di area stasiun bawah tanah juga tetep cantik. Kudu siapin memori kamera atau memori hape yang penuh saat berkunjung ke Minsk, rugi kalau ga foto banyak-banyak
    Dan senengnya kalau traveling, kita ketemu temen baru yang baikkk, berasa kayak ga sendirian aja di negara orang, plusnya nambah temen pastinya.

    masuk ke gereja juga secakep itu yak, yampunnn memang beneran tuh tiap sudut, tiap lokasi yang didatengin semua pada cakep cakep

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      bangeeeet mbaaa. memmang secantik itu kotanya sih ^o^.. dibilang mau dtg lagi, aku mau bangettttt. tiketnya aja ga kuat hahahahaha

      design bangunannya yg sangaaaat manjain mata 😉

      • ainun berkata:

        kalau living cost murah kata mba Fanny, aku juga sanggup mbak hahaha
        truss ngebayangin tiketnya yang mayan kan ya, nabungnya effort banget ini hahaha
        ya pastinya berdoa dan berusaha aja dulu yakan, sapa tau ntar aku landing juga disana, uhuyy 😀

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          aaamiiiin…. iya mba, ga ada yg mustahil.. aku sndiri mana kepikiran mau traveling ke belarus ;p hahahahaha tapi ternyata jalannya adaaa aja ;D

  16. anies berkata:

    material apa yang digunakan untuk buat patung patung tu fanny? gangsa? besi?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ntahlah kalo pastinya kak.. tapi kalo dipegang mostly besi.. cuma yang patung2 warna abu2, macam dari stainless.. tapi ntahlah yaa ;p. ga terlalu tebal soalnya

  17. anies berkata:

    ada dapat hadiah krismas tak?😁😁😁 alex tak ada bagi oleh oleh krismas?🤣🤣gurau je

  18. Ria berkata:

    aku penasaran, browsing dulu ya buat mastiin pake jaket warna apa ke kota ini? Soalnya jaket merahnya itu eye catching banget 🙂
    Aku suka banget suasana kota yang dingin kayak gitu. KFC-nya wajib foto banget & suka juga sama gereja2nya. BTW, stasiun keretanya mirip2 di Korut ya?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahaha yg penting warna mencolok ;p.. aku tuh jaket di rumah bisa dibilang aneka warna mba ;p. biar difoto bagus hihihihi . cuma pas ke red yard aja salah masukin warna.. seharusnya jangan pakai merah ;p… tp beneran ga tahu bakal ketemu

  19. Khanif berkata:

    memang negara yang tertutup menyimpan banyak keindahan, kebanyakan orang pasti suka ke negara-negara yang rame, dan populer yaa.. beda dengan negara ini menyimpan banyak misteri dan keunikan di dalamnya, bangunan bersejarah dan patung-patung yang unik, cocok buat destwsta anti menstrim 🤣

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahahha, itu asyiknya kalo traveling ke negara2 ga biasa. yg dilihat suka bikin takjuuub banget. krn mungkin jrg kita baca dan lihat kan.. beda ama yg mainstream

  20. zaty rose berkata:

    omg the building of the churches are so amazing and fascinating!! it’s so pleasing to look at!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Betuuuul… beberapa gereja yg saya masuki di sana, semuanya cantik, dengan struktur deisgn di dalam ga kalah indah dan rumit ^o^

  21. Retnawati Mohd Yusof berkata:

    Tidak tau kenapa bila sebut soviet ni selalu terbayang2 orang nya yg jahat hahaha… ini semua gara2 terlalu asik tengok filem2 berkenaan askar soviet yg jahat2 gitu.. ngeri 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      itulah kerjaan MAMARIKA yang ga seneng banget ama negara2 eks sovyet dan sekutunya ya kak :D.. habiiis dibuat movie yang mana MAMARIKA selalu benar dan tak terkalahkan hahahaha. padahal aslinya, mereka juga yg paling banyak bikin keributan di dunia..

      trust me , negara2 eks sovyet ini bagus2 dan aman.. saya bahkan lebih tertarik eksplor mereka drpd negara2 barat ;p

  22. Citu berkata:

    Genial lugar. Lo deseo conocer. Te mando un beso.

  23. adipraa berkata:

    ada muralnya juga ya, saya suka banget dengan mural art. btw, itu ada mobil klasik yang tertimbun salju.

  24. LM berkata:

    semua design nya cantik termasuk di gereja. kreatif mereka kan?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      betuuul kak… semua design bangunan, interior dan eksterior, semuanya klasik, cantik dan tak bosaaan dilihat ^o^

  25. Amie berkata:

    Berulang-ulang Kak Amie menatap foto-foto hasil tangkapan dik Fanny. Cantik dan unik! Itulah rezeki orang yang suka travel. Walaupun belum sempat jejak ke sana tapi Kak Amie berangan, mana tahu ada kesempatan pada masa akan datang. Lagi pun berangan-angan itu gratis, nggak perlu bayaran…. ahaks!
    Semakin direnung gambar-gambar yang dikongsi, semakin rasa gatal kaki ini untuk berjalan ke negara orang. Tak sabar tunggu cuti bulan September untuk terbang-terbang.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aissssh tak sabaaar juga tunggu cerita2 kak amie berlibur nanti ^o^

      saya masih december akhir traveling lagi.. tuh laah dah gatal kaki nak berjalan hahaha

  26. Tukang Jalan Jajan berkata:

    senangnya melihat kota kota Eropa yang punya arsitektur bagus dan masih terjaga dengan baik. Apalagi selalu terlihat bersih dan terawat dengan baik. Instalasi seninya juga terjaga dengan baik dan mendapat perhatian khusus. Ngga ada tabgan jahil yang merusaknya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bener mas, enaaak banget kalo bisa ketemu tempat begini.. udahlah klasik, terjaga pula semuanya… apa ngaruh kali yaa sistem pemerintahan nya dalam menjaga disiplin para warga hahahahaha… dulu negara ini kan pake sistem diktator ;p

  27. Ruli retno berkata:

    Aku penasaran kalo seandainya kemaren mbak makan di kfc nya gimana ya rasanya, pengen ngebandingin aja sama kfc indonesia apa bedanya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahaha seandainya ga ada aksi boi.kot , aku makan kok mba.. cuma setelah peristiwa yg kemarin, udah males sih makan di tempat2 begitu

  28. Sibayukun berkata:

    Akuu mah dulu tahu Belarus cuma sebatas peserta Pageant aja Mba 🤣 Sekarang jadi tahu sedikit banyak dari Mba Fan.. Dan Kotaa Minsk asli bagusss banget. Cuma suhunya aja yang agakkk bar-bar. wkwk. Lihat di google sih tertinggi cuma 24 bulan-bulan Juli… 24 kalau anginnnya wusss juga berasa dinginnya…

    btw, itu keretanya cakeepp ya mba.. merahhh… Bagus kalau dijadiin postcard. Foto Mba Fan yaaa bagus-bagus…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      naah itu enaknya, summer juga ga panas2 amat hahahahaha. negara fav ku beneeer ini. cuma blm tertarik sih kalo summer.

      belarus ga begitu angin kok… kemarin di minsk kami jarang dapat angin. pernah tp ga sering. jd dinginnya juga masih oke aja 😀 .. justru di georgia yg berangin.. di situuuu baru aku agak kedinginan hahahaha

  29. Dian berkata:

    Wah, aku pasti hepi klo bisa jalan jalan ke Belarus
    Maklum, aku suka banget dengan suasana vintage
    Belarus unik juga ya, ada banyak patung di sepanjang jalannya
    Mobil mobil vintage juga
    Kota yang cantik
    Nggak rugi jalan jalan kesini ya mbak

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      ga mba…. worth every penny lah ;).. apalagi yg suka kota klasik, sepi, cocok ke sini 😉

  30. Dedew berkata:

    Wah kontradiktif banget ya ada KFC di negara sosialis, kotanya bisa estetik banget ya tiap sudutnya kayak tinggal dalam lukisan

  31. lendyagassi berkata:

    Beneraaan se-vintage dan se-klasik itu yaah.. di Minsk.
    Akutu selama ini cuma tau London atau Belanda deh.. yang klasik-klasik paraah.. Tapi ini Minsk WOW bangeett..

    Btw, seandainyaaa.. ka Fan, kalau orang berhijab mau ke Minsk, bolehkah?
    Ke Korut?

    Semisal jalan-jalan akan dikira ummat Kristen Ortodoks kah?
    Kayanya kalau di luar ngeri tuh gak kaya di INdonesia kan yaa.. Yang semua-muaaa dikait-kaitiin sama agama. Agama itu kan privacy kan yaah..

    Di Minsk, fakultas seni-nya pasti sangat sangat maju yaa..
    Terbukti banyaknya patung, Sculpture yang bisa dinikmati di sepanjang mata memandang.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      lah waktu ke korut beberapa temen ku pakai jilbab mbaaa. ga ada masalah.. mereka mah ga anti islam.. beda ama si onoh ;p hahahahaha yg katanya demokrat tapi malah support geno.cide ;p. aku malah ngerasa aman kalo ke negara2 sosialis begini. belum ada yg aneh2 atau rasis.

  32. rivai hidayat berkata:

    Negara pecahan uni soviet punya keunikannya masing-masing. Sungguh luar biasa pemimpin uni soviet dulu yang bisa menjaga negara dengan kebudayaan dan keunikannya masing-masing. Pernah baca buku kalau pendirian patung di uni soviet sudah menjadi hal yang biasa dan sering dilakukan. Jadi tiap kota memiliki patungnya masing-masing. Apalagi ketika belum merdeka, tiap kota memiliki patung stalin.

    Perkembangan negara sosialis-komunis memang sangat menarik sih. Kedua paham ini dulu sangat populer di masa revolusi. Beberapa tokoh bangsa juga mengangkat kedua paham ini. Yang paling terkenal komunis yang penyebarannya sampai masyarakat kelas bawah. Salah satu tokohnya yang terkenal adalah tan malaka. Kini paham komunis malah dilarang di indonesia.

    Kawasan red yard bagus banget. Bentuknya seperti lorong dan kebetulan sepi jadi sangat nyaman untuk keliling kawasan tersebut.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      waaah kalo yang tan melaka aku ga berani nih bahas hahahahahaha. pernah denger beritanya, tapi kayaknya masih banyak pro kontra kalo beliau komunis yaa 😀 .

      naaah iyaaa, negara2 sosialis ini salah satu yg aku suka krn banyaaaak patung2nya mas.. dan unik2 juga.. terkadang besaar banget. ntah kenapa aku sukaaa dengan seni patung begini..

      red yard yg mesti banget sih di datangin kalo ke minsk.. ga besar, kecil aja, tapi ntah kenapa memang bikin betah hanya duduk2 di sana.. sebenernya ada bar juga, tapi kayaknya buka malam..

  33. mrhanafi berkata:

    Belarus antara tempat yang unik dan menarik…

    terima kasih kerana sudi berkongsi gambar pemandangan yang begitu indah dan asyik sekali

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      sama2 bang… semoga bisa berguna informasi yg saya tulis untuk orang2 yg ingin tahu seperti apa belarus 😉

  34. Mbul Kecil berkata:

    Bagus banget ya mba pemandangan di Belarus…aku kok baru tau kalau ini masuknya soviet…aku jadi pengen sinau IPS lagi tentang negara negara hahhaha…

    yang patung paling cakep tuh yang patung pake gaun warna perak…

    Trus arsitektur beberapa bangunannya juga bagus banget…yang dalam gerejanya juga bagus ya arsiteknya….detail dan ngingetin aku sama film yang pernah aku tonton

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      banyaak nit negara2 pecahan sovyet ini.. saking gedenya dulu yaaa 😀 .. aku pun ga semua inget.. kdg baru tahu pas udah sampe tujuan.. untuk design arsitektur, belarus ini cakeeeep memang.. eropanya ada, tapi kesan negara sosialisnya juga masih kuat 😉

  35. mulan berkata:

    Thanks for sharing semua nya Fanny. Feeling macam berada sama dalam trip Fanny. Cantik2 senibina, objek patung, semuanya. Holiday ketika musim sejuk pun seronok kan. Yang model2 dalam foto pun paling cantik dan manis2 🥰🥰

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      vibe nya bedaa kalo sedang winter ya kak :D.. tak mudah letih, tak mudah marah hahahahah. makanya saya selalu pilih winter kalo nak traveling ke negara 4 musim.

  36. rezkypratama berkata:

    wah sayang banget mbak fan enggak makan di kfc di minsk
    pengen tau saya itu kalau di kfc sana ada paketan beli ayam hadiah cd g ya?
    jehhehehhe

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      untuk skr stop dulu makan di tenpat2 yg support sirewel mas ;p… cari tempat lain aja hihihihi

  37. Linda berkata:

    Bersih betul kota nya…
    Pas cantik banget dengan bangunan2 yang lama gitu..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      yaaa kaaan.. saya pun begitu lihat kotanya langsung kaguuum kak.. vibe eropa dan klasiknya klop banget.. cantiiik memang

  38. ~uncle gedek! berkata:

    Oh? Maknanya kalau visit gereja tu sama feelnya dengan visit gallery lukisan sebab banyak lukisannya? Ini memang minat uncle!

    Hiasan natal tu macam bandar lego!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      betuuuul uncle… lukisan2 di salamnya baguuus baguss. walopun semua berbau kristus yaa.. tapi saya sukaaa liatnya.. macam bercerita jadinya

      hahahahah iyaa, saya pun tadinya penasaran itu rumah2 terbuat dari apa, macam lego… tapi itu saya zoom, krn aslinya agak jauh 😀

  39. ariefpokto berkata:

    Jalan-jalan di sana memang mengandalkan suasana dan juga nostalgia, dari mulai bangunan-bangunan klasik, mobil-mobil zaman dulu sampai dengan situasi yang benar-benar beda dibandingkan negara kita

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      yaa mas… banyak hal2 yg beda banget dengan indonesia.. dan kagum aja dengan design bangunan mereka yg hampir semuanya besar2 dan klasik.. itu sih yg bikin vibe vintagenya dapet banget

  40. Mugniar berkata:

    Unik yaaa …. itu Sovyet sculpture dibangun tahun 1960-an sementara KFC baru ada tahun 2015 … saya tuh penasaran, mana yang duluan “mengalah” konstruksinya … kayak ngeri2 sedap ada di bawah sekumpulan patung begitu. Patungnya masih cakep begitu ya …

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahaha, aku pun penasaraaan banget.. kek mana coba dulu negosiasinya yaa ;p.. keren sih 2 ideologi bertolak belakang bisa menyatu 😀

  41. Nadia berkata:

    cantiknyaa. emang teringin ke negara2 seperti ini yang kurang popular bagi penduduk asia. Moga ada rezeki

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aamiiin… semoga kakak juga bisa kesini nantinya.. saya memang dari dulu lebih suka yg tak populer macam nih.. tp terkadang sesekali pergi ke tempat mainstream juga krn biasanya lebih murah drpd yg anti mainstream hahahaha

  42. Nurul Sufitri berkata:

    Mbak Fannyyyyyyy, wah akuuu senang banget baca artikel objek wisata Belarus yang satu ini. Anteng dari atas sampe bawah berasa baca buku saku loh hihihi. Justru wisatawan cerdas mbak dkk datengin negara eks Sovyet yang mungkin agak aneh, tetapi ternyata negaranya bagus banget dan unik. Red Yard itu cantik amat ya, di mana2 mural, nyeni, serba merah dan sepiiiii haha. Pepotoan puas banget. Itu jamnya cakep ya dan masih berfungsi dengan baik. Nah, untung ada Alex yang baik hati mau nemenin sebentar dan sempet foto bareng buat kenangan. Mantap!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      alhmadulillah kalo bisa menghibur bacanya mba.. semoga bisa jd rekomendasi juga kalo nanti ada niat liburan ke belarus 😉

      krn memang negara ini cantiiiiik dan murah. jd kalo mau kesini fokusnya ke tiket pesawat sih.. itu yg paling mahal soalnya.. tp kalo tiket dah ditangan, lain2nya lebih gampang .

      • Nurul Sufitri berkata:

        Penasaran banget sih sejarah patung polisi dan anjingnya tuh sampai ada turis yang ditangkap gara2 foto itu 🙁 Macam-macam patung artistik banget ya. Lihatnya aja kagum, kayak di kalender2 gitu. Apalagi gedung-gedungnya juga nyeni dan unik. Apa mungkin cuma ad di Minsk aja ya saking beda dengan negara lain?

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          sayangnya memang ga ada tur guide yg bisa menjelaskan kami ttg sejarah patung2nya mba… padahal memang menarik di setiap sudutnya.

  43. fajarwalker berkata:

    Disini tuh jadi semacem kejebak di lorong waktu terus gabisa balik ke realita ya, hahaha. Abisan vibes-nya tuh bener-bener vintage banget mbak. Hampir semua mendukung dari arsitekturnya sampe ke kendaraannya juga.

    Tapi aku ngakak sih liat KFC yang atasnya ada ukiran patung gitu. Kok bisaaaa dipaksain tetepbuka meski tau bersebrangan. Ibarat kata ada madrasah tapi di atasnya ada spanduk komunis.. kan gak nyambung ya, ahahaha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahahahha tuh kaaan , deskripsimu itu selalu kocaak ;p. madrasah lah pake logo komunis hahahahaha. ga kebayang aku kalo sampe dibuat di indonesia ;p

      bener sih vibe nya kdg jadul.. tp mobil2 modernnya mereka ada juga mas.. cuma ga kepotret aja ama aku :D.. lbh menarik fotoin yg vintage sih 😀

  44. Enny Mamito berkata:

    Aku ngeliat poto2nya jadi pengen ikut poto2 sisitu jugaa hihihii.. cakep2 spot potonya yaa mba
    Btw memang kalau di Indonesia sangat jarang setahuku gereja katolik ortodok
    Aku punya kenalan juga yg penganut katolik ortodok, katanya hanya di beberapa kota besar aja di Indonesia gerejanya

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyaa betuul. di indonesia pemeluknya ga banyak walaupun ada. makanya aku belajar lagi kalo orthodoks punya cara lain untuk beribadah . sejujurnya malah miriiip dengan islam.

  45. sulis berkata:

    baru tahu juga aku mba, klo ada yang ngrayain natal di luar tanggal 25 Desember. Tak kira itu sudah semacam kesepakatan umat katholik dan Kristen e.
    Btw, kota Minsk kesannya kuno, tapi unik mba. Klo manusia, aku bayanginnya dia wanita yang hidup di jaman modern..tapi pake baju tradisional, tapi tetap kelihatan elegan… Kayak gitu lah pokoknya.. 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku pun baru tahu pas di sana mbaaaa hahahahahah.. jd kebuka lagi pikiran, kalo ternyata kristen aja ada yg beda perayaan natal, cara berdoa dan alirannya.. banyak belajar lah pas ke minsk ini

  46. Fenni Bungsu berkata:

    Pembelajaran dari foto patung polisi dan ajing itu, bahwa kalau mau berfoto di suatu tempat kudu hati² sih ya. Mungkin ada yang aman seperti Kak Fanny, tapi ada juga malah yang ditangkap.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      beneeeer. kalo ke negara2 sosialis dan komunis hati2 deh.. krn aturan mereka biasanya lebih strict drpd negara demokratis

  47. Nursini Rais berkata:

    Subhanallah, kebayang patung berderetan di pinggir jalan. Tapi mungkin kalau di tempat kami patung2 tersebut cendrung hilang tengah malam. Hehehe…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aiiiih kebiasaan orang kita yaaa hahahahahahahha. ga bisa liat barang nganggur 😀

  48. Nursini Rais berkata:

    Hah..? Kok bisa error ya.

  49. Anis Hidayah berkata:

    Hallo mbak Fanny, eh ketemu lagi setelah sekian purnama tidak berjumpa! Karakter mbak Fanny ya semakin tersembunyi informasinya malah semakin penasaran seperti negara Belarusia ini. Saya makan di KFC selama ini bisa di hitung dg jari mbak, sekitar 2 kali. Itupun teman yang ngajakin, hehehe.

    Mbak Fanny mah tetap mainnya terlalu jauh keliling dunia, keren keren!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahaha udh lama banget ya mas ;).. mas anie nulis juga udh jarang nih… sukaa deh padahal baca tulisannya kalo udah mereview makanan 😉

  50. ammi berkata:

    melihat foto-foto jari-jari tangan ammi yg rasa “numb”…terasa sejuk banget

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      salah satu alasan kenapa saya memilih minsk, krn saya tahu winter mereka termasuk ekstreme, dan pasti ada salju hahahahaha

  51. Fieza Sani berkata:

    Unik kat sana..Jarang dgr org melancong kat negara ni..Byk patung2 & mural..Kreatif..Bgn kat sana pun nmpk oldschool..Rare view…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      beyuuul. belarus ini masih belum banyak pelancong dari asia tenggara.. jadi saya pun saat ke sana macam amzed sangat … sukaaa. tak akan menolak jika ada kesempatan balik kesana 😉

  52. Annafi berkata:

    patung-patungnya unik ya, tapi masih ga ngerti sama patung yg dilarang difoto itu?

    Bangunannya jga cakep banget, kalo di sini harus ke kota tua dulu yang paling dekat 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      sayang memang ga ada guide sih mba… aku pun sampe skr msh penasaran kenapa patung itu sempat dilarang foto.. krn pas aku aman aja

  53. Zizy Damanik berkata:

    Cakep ya negaranya. Unik dan menarik tatanan kota dan instalasi2 nya.

  54. Dawiah berkata:

    Bisakah ini disebut negara sejuta patung? Soalnya di.mana-mana ada patung yg berdiri tegak.
    Tapi seperti yg Mbak Fanny bilang, ciri.khas negara yg pernah menjadi negara bagian Sofyet, adalah patungnya.
    By the way saya salfok sama fotonya Mbak Fanny yg berlatar mobil warna merah. Eh, itu sudah janjiankah sampai-sampai warna bajunya yg merah menyala bisa se-klop itu dengan merahnya mobil.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kalo aku tahu ada banyak tempat berwarna merah di sana, udh pasti aku bawa jaket winter yg warna lain mbaa ;p hahahahaha. nabrak kan jadinya kalo pake sesama merah ;p

  55. Dedew berkata:

    Beneran ya banyak monumen dan jantung di setiap sudut kota bisa bikin daku pemotretan terus nih karena unik semua hihi

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      memaaaang mba.. ini yg suka foto2 mah, pasti seneeeeng kalo main ke minsk. saking banyaknya tempat yg bagus buat foto

  56. Dedew berkata:

    Beneran ya banyak monumen dan patung di setiap sudut kota bisa bikin daku pemotretan terus nih karena unik dan menarik semua hihi..gawat…

  57. Nurzarini Ismail berkata:

    Cantiknya bandar Minsk ni. Bangunan berwarna-warni dengan statue unik jadikan bandar nampak macam meriah. Jarang dengan orang share tentang bandar Minsk

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      itulah yg bikin saya datang ke minsk kak.. krn tak banyak yg kesana, dan saya jadi semakin penasaran. dengan begitu saya jadi bisa menuliskan cerita lengkapnya di blog juga 😉

  58. Reyne+Raea berkata:

    Cantikkknyaaaaaaa, definisi cantik di segala sudut kota ini mah, berasa lagi main di kota buatan di Indonesia.
    Semuanya cantik, patungnya, bangunannya, keknya kalau saya ke sana, bakalan full memori kamera gegara cekrekt-cekrek aja melulu 😀
    Btw, gereja Kristen Orthodox Rusia juga ada di Surabaya, ada lumayan banyak juga yang ke sana. Emang yang perempuan pakai kerudung. bahkan anak-anak, meski pakai gaun baju pendek, tetep kepala harus ditutupin 😀

    Btw nemu teman lokal yang mau nemanin dan ajakin ke tempat-tempat menarik tuh bonus bangeeettt, apalagi emang untuk daerah yang jarang dibahas kebanyakan orang, jadi terbantukan banget

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      bangeeet rey… aku yg ga suka foto aja, rasanya pengeeen punya kamera bagus yg bisa menangkap lebih lebar view di sana hahahahaha. saking cantiknya..

      naaah iyaa, gereja orthodoks ini memang dari dulu pakai kerudung.. apalagi sbnrnya agama ini lebih tua daripada islam.. dan yg paling mirip dengan ajaran islam juga

      ga nyangka dari semua negara yg kami kunjungi kemarin, belarus malah ramah2 orang lokalnya.. salut sih, krn di awal agak serem, secara ga ada senyum hahahah

  59. Azhafizah Md Nor berkata:

    Dimana-mana saja ada patung ye. Banyak lokasi yang menarik untuk bergambar. Rugilah kalau tak memotretkan setiap sudut. Semuanya nampak cantik dengan seni bina bangunan yang klasik.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      belarus ini sama seperti negara2 sosialis lain, banyak patung dan lukisan ;). tapi jadi buat menarik… krn memang megah dan bagus

  60. Tukang Jalan Jajan berkata:

    Kalau diriku yang bertandang kesini pasti ngga berhenti buat foto foto tiap sudut kota yang ciamik dan bersih ini. Kusuka sekali dengan karya seni mau yang berbentuk atau abstrak, kusuka… mau seni lukis, pahat atau patung semuanya bikin terpana… apalagi kalau kombinasi warnanya cakep

  61. Lantana Magenta Hermosa berkata:

    Mantap bangunan2 tua dan statue nya.
    Trem/keretanya juga cerah, dengan warna merah, apa ini masih warna pemerintahan lama, ya maksudnya warna komunis (merah) yang dibiarkan seperti adanya? Begitu juga bangunan-bangunannya yang di cat ke warna-warna cerah kemerahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archives

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archives

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.