D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jan 2014

06

TERGILA-GILA DENGAN BAKSO LOMBOK ULEG ^O^

bakso uleg


Perjalanan dari Dieng ke Solo, ditambah MIE ONGKLOK  yang  ga nampol samasekali, bikin perut kita semua keruyukan lagi menjelang siang. Saat itu kita sedang melewati daerah Temanggung.  Raka yang sepertinya ngidam makan bakso, daritadi nyebutin nama-nama warung bakso yang kita lewati ;p. Dipikir-pikir, saat itu sedang hujan, makan semangkuk bakso panas pedes, dan es jeruk, kayaknya cukup menggoda iman ;p. Dan berhentilah kita di BAKSO LOMBOK ULEG KHAS TEMANGGUNG. Wuiidiihh denger namanya udah mantep banget.. LOMBOK ULEG ;P.. Pasti pedes kayaknya..

Bagian depan warung bakso

Begitu mesen ke si abang yang meracik baksonya, dia langsung nanya ke kita masing-masing, mau berapa lombok (cabe rawit) yang diulek di piring kita.. Aku yang gila pedes sebenernya udah mau nyaut 20 biji ;p Tapi suami langsung nyubit sambil bilang, “awas kalo sampe minta berenti di tengah jalan cuma karena kamu nyari toilet ya”

Dan diancem begitu, akupun langsung menurunkan jumlah cabe jadi hanya 10 biji ;p .
Mama langsung melihat-lihat cara meraciknya

 

Keunikan bakso ini, yang belum pernah aku liat di warung-warung bakso lain, pertama, ya itu tadi. Cabenya diulek langsung di mangkuk kita masing-masing, sesuai jumlah cabe yang diminta. Kedua, makannya ga pake mie seperti layaknya bakso, tapi LONTONG!! Ada sih mie bagi yang ga suka lontong. Tapi kalo emang ciri khasnya pake lontong, ngapain juga kita mesen mie ;p .

 

 

Baksoku dengan tingkat kepedesan ‘Dewa’ menurut mama, langsung ditandai supaya ga ketuker ama bakso yang lain.. Kasian, bisa kena diare parah  yang perutnya ga kuat ;p. Begitu aku sruput kuah beningnya yang mengepul panas, harap-harap cemas, dan ternyataaa……………….

 

 

Uuueennnaaaakkkkkkkk!!!!!! Ini bakso TERENAK yang pernah aku coba.. Even, saking ga mau kehilangan rasa manteb kuahnya yang pedes membara, aku emoh nyampurin segala macam kecap, cuka dan saos ke dalamnya. Takut rasanya jadi amburadul.

Sumpah enak bangettt!!

Kuahnya gurih , dan baksonya juara!! Asli daging sapi dan bukan kebanyakan tepung seperti bakso-bakso pasaran lain. Tekstur tahunya lembut, dan lontongnya guys, putih seperti salju ^o^!! Rasanya empuk, enak dan cocok banget sebagai temen si Bakso uleg!! Agghhh, aku pengen lagiii!!! Tapi di mana nyarinya di Jakarta ini yak…

Ga suka lontong, bihun juga ada 😉

Dari luar, warung bakso ini terlihat kecil. Tapi ternyata memanjang kedalam. Tempatnya rapi dan bersih. Ada kolam ikan di tempet lesehannya. Toilet untuk para tamupun bersih dan wangi… Papa yang memang suka ngajakin ngobrol orang-orang yang baru dikenalnya, akhirnya jadi tahu, kalo bapak pemiliknya  yang tadi meracik bakso pesenan kita, dulunya bekerja di Pertamina. Tapi karena memang ingin berusaha sendiri, diapun keluar dan merintis warung bakso di kota kelahirannya ini. Pilihannya luarbiasa tepat. Kalo ga gitu, aku mungkin ga bakal pernah ngerasain bakso lombok uleg yang seenak ini!! ^o^

11 tanggapan untuk “TERGILA-GILA DENGAN BAKSO LOMBOK ULEG ^O^”

  1. cumilebay.com mengatakan:

    Langsung ngecessss, makan bakso + cabe rawit itu mmg juara. Perna nyobain di jakal jogja dan mmg rasa nya lebih menggelora 🙂

  2. Alfi kamal fikri mengatakan:

    Gue paling suka sama bakso apalagi yang pedis… makanan yg pedis emang citarasa paling enak… tapi sayang saya udah dilarang makan pedis sana dokter… T_T

  3. Untung Sudaryono mengatakan:

    Baru 2 hri lalu makan di temanggung,,udah pengen lagi.. Nyari muter2 dijakarta(kawasan)PIK jl pengilingan isu nya ada tapi udah saya cari trnyata ga ketemu.

  4. Untung Sudaryono mengatakan:

    Baru 3 hri lalu saya makan dtemanggung,dan hri ini saya coba cari djakarta yg kabarnya ada didaerah jl.pengilingan jak tim,namun engga ada trnyata,,padahal udah ngilerr.

  5. Lianny Hendrawati mengatakan:

    Waduh baksonya bikin laper. Baru tau kalo ada bakso dengan lombok uleg, biasanya kan sambal aja ya. Mbayangin makan bakso pake lombok 10 pedes banget pasti, kalo tertukar bisa gawat hahaha. Dulu sih aku suka pedes, sekarang masih tapi perutnya yang nggak mau diajak kompromi,tenggorokannya juga, langsung sakit deh, jadi nggak berani makan yang pedes sekali.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mbaa….aku nemu bakso ini lgs napsu deh ;p.. Ampe skr kyknya blm ada bakso yg ngalahin enaknya 🙂

  6. pie susu asli enaaak mengatakan:

    saya asli dari sumbawa ntb skrg menetap di bali lombok memang enak bgt kulinernnya yang paling enak itu bakso babat dan bulayaknya hmm sedap bgt setuju deh xiixix salam kenal ya

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hmm… tapi kamu kyknya salah nangkep di sini mba :D.. Lombok uleg yg saya mksd di tulisan itu artinya cabe, bukan kota lombok 😀

      anyway salam kenal juga 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.