D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jul 2015

06

TENGKLENG RICA, SUPER GA SEHAT, TAPI SUPER DUPER ENAK ;)

tengkleng rica

Solo itu selalu ngangenin. Kenapa? Karena wisata kulinernya yang seperti ga abis-abis. Selalu aja ada yang baru tiap kembali ke Solo. Salah satu yang aku temui, Tengkleng Rica 😉

Tengkleng bukan sesuatu yang asing untuk keluarga suamiku yang memang asli Solo. Menu khas daerah dengan lauk utama jeroan kambing! Pertama kali ngeliat makanan ini, jujur rada kaget dan ga napsu. Bayangin aja, semangkuk kuah kecoklatan, dengan bagian kambing yang paling mengerikan seperti usus, tulang sumsum kecil-kecil yang diikat, otak, pipi, dan gigi!!! OMG 😀

Apa daya, tatapan ibu mertua yang menunggu reaksi positif dari menantu Bataknya ini, memaksaku untuk menyeruput kuah coklat dari seporsi Tengkleng. Berusaha menahan napas, dan bersiap untuk rasa yang unbearable….tapi ternyataaaa… Ouoowoohhh…rasanya tidak semengerikan penampilannya ^o^! Kuah gurih ,sedikit pedes, dengan potongan daging iga ato jeroan yang lembut, dan sumsum yang bikin ketagihan saat dihisap. Berbeda dengan sumsum sapi yang tulangnya besar, tulang sumsum kambing jauh lebih kecil, kurus dan sepanjang jari orang dewasa, yang malah mempermudah kita untuk menghisap keluar sumsumnya. Bagi penyuka sumsum, ini wajib dicoba ! 😉

Mama Mertua dan suami tersayang

mama dan raka

Lain lagi dengan Tengkleng Rica. Jeroan yang dipake sih sama. Bedanya hanya kuah yang lebih kental dan rasa PUEDES MENYENGAT!  Penampakannya begini nih 😉

tengkleng rica

Berawal dari mama mertua yang punya hobi kulineran, beliau mengajak kita sekeluarga  makan di warung ini saat mudik ke Solo terakhir kali. Tempatnya bisa dibilang kecil dan sempit, tapi pembeli seakan tak berhenti. Warung Pak Manto, namanya. Udah lumayan dikenal oleh masyarakat Solo, terlebih setelah diliput oleh salah satu TV swasta dalam acara kuliner, yang membuat pelanggannya semakin ramai. Kitapun datang karena penasaran ingin nyicipin Tengkleng Rasa Rica. Kuah kental yang gurih banget dan pedes, jadi alasan ga bisa berhenti untuk terus nyendokin kuah ke nasi hangat. Aku ga begitu doyan tulang-tulang kambing seperti iga ato jeroan. Cukuplah sumsum dan kuah kentalnya ini. Dan jangan salah memesan, karena 1 porsi tengkleng Rica cukup dimakan untuk 3 orang saking banyaknya!! 😉 Aku ampe serem mau ngabisin sendiri, secara umur  udah kepala 3 ya bok ;p Inget kolesterol 😉

Tidak hanya tengkleng rica, warung kecil ini juga menjual sate kambing, dan sate buntel. Sate kambing mah udah pada taulah ya … Bumbu kacangnya gurih, potongan daging kambing empuk dan tidak hanyir, membuat acara makan siang kita sekeluarga semakin lahap.

Sate Kambing

sate kambing

Tapi rada takjub saat melihat bentuk dan ukuran Sate Buntel. Berbeda dengan sate buntel bu Bejo,  yang pernah kita coba sebelumnya, sate buntel pak Manto jauh lebih besar! Terbuat dari cacahan daging kambing cincang, yang dibalut dengan lemak, lalu dibakar. My God, udah kebayang betapa ga sehatnya makanan ini :D??? Sumpah ih, aku ga berani icip-icip lebih dari 2 gigitan. Enak sih, tapi harus dimakan saat masih panas, karena begitu dingin, dagingnya jadi sedikit  keras, apalagi dibungkus lemak gitu.

Sate Buntel, daging kambing, dibungkus lemak ! 😀

SATE BUNTEL

Sate buntel sebelum dibakar

sate buntel

Pak Manto, pemilik sekaligus juru masak yang menyiapkan tengkleng rica dan sate pesanan kita, sangat  ramah. Salut plus iba melihat beliau memasak tengkleng ricanya persis di depan panggangan sate. Asepnya apa ga bikin sesak ya? Hati-hati sakit paru pak 🙁

DSC06060 TENGKLENG RICA PAK MANTO

So, yang ngerasa masih muda, masih berani mencicipi makanan dengan tingkat kolesterol super tinggi, super duper ga sehat, tapi dibarengi rasa yang mampu menggoyang lidah, bolehlah dicoba Tengkleng Ricanya. Tapi jangan keseringan ya, inget kesehatan 😉

45 tanggapan untuk “TENGKLENG RICA, SUPER GA SEHAT, TAPI SUPER DUPER ENAK ;)”

  1. mawi wijna mengatakan:

    Tengkleng enaknya dimakan sambil lihat tv mbak. Tahu-tahu dah habis sepiring untuk sendirian aja, hahaha. XD

    Tapi aku lebih suka sate kambing daripada tengkleng klo buat makan sama nasi.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya bnr..tengkleng itu enaknya dimakan sendiri sbnrnya… sambil isep2 sumsum… tp yg rica ini krn kuahnya kental, dan pedas, jd lumayan cocok jg utk temen nasi mas 😉

  2. Cheila mengatakan:

    untung aku buka blog ini malem. coba kalau siang bisa-bisa menggoda iman nih…kalau boleh tau tengkleng ini ada di sekitaran PGS apa bukan ya??

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku ga bgitu tau jalan2 di solo mba… tp ini letaknya di jl honggowongso 36,, arah pasar kembang , itu yg ksh tau mamaku 😀

  3. Hastira mengatakan:

    mantap banget

  4. sari widiarti mengatakan:

    yaaa amppuuun… salah nih bewe, eh bewe ke blog kuliner
    sedeeeep tengklengnya 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      makasih mba udh mampir ^o^… abis gmn ya…aku doyan makan sih :D.. jd hobi jg nulis2 reviewnya di sini ;p

  5. handdriati mengatakan:

    Waaahhhhh…enaknyaaaa…menggugah selera banget ini 🙂

  6. Nathalia DP mengatakan:

    waduh tengklengnya menggoda sekali… jeroan + pedas, wuih mauuu…

  7. Diarysivika mengatakan:

    Wah aq juga sering nyoba tengkleng, memang enak banget

  8. febridwicahya mengatakan:

    aku gak suka tengkleng mbak 🙁

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha…serem ya mas ;p? aku ampe skr ga akan mw nyentuh rahang..krn ada giginya itu ;p hahahaha…tp sumsumnya aku msh doyan

  9. Zalfaa Azalia mengatakan:

    Wah rumahku deket Solo mbak.. boleh nih kapan2 mampir ke sini. Thanks mb infonya 🙂

  10. Fahmi Anhar mengatakan:

    salah banget buka postingan ini di bulan puasa jam 13.27! pas lagi mulai laper2nya, ngantuk2nya | *pengsan di kubukel*

    mbak ini alamat lengkapnya dimanakah?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sbnrny aku g bgitu tau arah.. tp td nanya ama mama mertua, di jln honggowongso 36 mas..arah ke pasar kembang :)… org2 di sana harusnya pada tau kok 😀

  11. oh andrian mengatakan:

    wah kalau lagi di kota solo perlu dicobain nih makanannya.
    dari foto sepertinya sedapp mbak

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Enak mas… tengkleng ricanya yg aku suka.. kalo sate buntel icip2 aja.. ga berani bok ;p

  12. Anisa Ae mengatakan:

    Wik enakkkkk. Laperrr.
    Pingin ke sana. 😀

  13. prananingrum mengatakan:

    pengin deh nyicip2 nanti kalo ke lewat solo..kebetulan deket ma Salatiga kampung halaman saya mb..satenya kayaknya enak bingit y mbak

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Wah iyaaa deket bgt mba..aku slalu mampir salatiga utk makan soto rumput tiap k solo ;)… Satenya enak, tp ttp tengklengnya yg juara 😉

  14. fandhy mengatakan:

    Oke mbak bungkus tiga porsi hahaha bikin ngiler aja itu makanan X)

  15. Yoga Akbar Sholihin mengatakan:

    Lah, jeroan itu disebutnya tengkleng? Gue baru tau. Asli, paling nggak suka sama jeroan-jeroan gitu. Cuma doyan usus aja paling. Favorit mah daging, huwahahaha. Tapi kebanyakan makan daging kambing enek juga. Namun, pas lihat gambar itu kok gue malah penasaran pengin nyobain tengkleng. :/

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ga semua jeroan itu tengkleng… tp menu tengkleng itu kebanyakan jeroan ;D… Cobain kalo ke solo Yog… yg aslinya… aku sih sukanya sumsumnya doang ;p

  16. Tian mengatakan:

    wah bacanya jam segini, jadi laper deh 😀

  17. Beautyasti1 mengatakan:

    Tengkleng itu sejenis apa ya.. Samakah dengan tongseng kambing.. Btw sate buntel nya bikin penasaran sama rasanya..

    http://beautyasti1.blogspot.com

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beda… tongseng ga sama ama tengkleng.. kuahnya aja udh beda… kalo gurih sih, gurih tongseng… tp tengkleng ini aku suka krn ada sumsum kambingnya aja

  18. ipah kholipah mengatakan:

    tengkleng itu apa ya mba hehehe baru denger deh 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itu makanan khas Solo mba… aneka jeroan kambing dimasak kuah. Tapi enak cuma jelas ga sehat bangeeett ;p

  19. ani mengatakan:

    kalau saya milih satenya aja mba kalau tengleng blm berani makan 🙂

  20. Keke Naima mengatakan:

    kayaknya saya bakal kalap makan di tempat begini. Saya termasuk suka dengan makanan yang kolesterolnya tinggi wkwkwk

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hihihihi….tapi aku udh mulai ga berani mba…sejak medical check up dan kolesterolku tinggi :'( hiks… agak dikurangin nih makan enak

  21. Ria mengatakan:

    Wawwawawawaaw, saya langsung laper pas liat penampakan sateeeee….

  22. Grace Melia mengatakan:

    Doohh, kolesterol >..<

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Visitor Counter

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Visitor Counter

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.