D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Nov 2015

19

TEMPAT WISATA DI BELITUNG UNTUK 2D1N ;)

danau kaolin

Belitung… pulau yang mulai terkenal sejak buku dan film Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata meledak di pasaran. Sebelumnya, kepikiranpun engga untuk datang ke pulau ini.. Aku toh bukan pecinta pantai.. Kecil kemungkinan bakal menyusun itinerary wisata ke daerah yang didominasi oleh pantai :D.. Karena itu, ketika kantor cabang tempatku bekerja , HSBC, mengadakan outing tahunan dan sepakat untuk mengunjungi Belitung, [dan mengingat destinasi ini gagal kita datangi tahun lalu], sejujurnya, aku ga terlalu semangat untuk ikut :D.

Kita berangkat Sabtu pagi, menggunakan pesawat Garuda Indonesia jam 6.50am. Tadinya sih pengen berangkat Jumat sore, sepulang kantor. Sayangnya, semua penerbangan ke pulau ini hanya ada pagi hari dan menjelang siang.. which was possible for us to take leave on Friday. Sapa dong yang buka kantor kalo semuanya cuti ;p??

Perjalanan hanya ditempuh sekitar 1 jam kurang. Mendekati Belitung, kita bisa melihat hamparan bekas galian tambang yang membuat tanah Belitung berlubang-lubang dan tercemar. Sesampai di bandara H. AS Hanandjoeddin, yang kecil tapi lumayan rame, kita langsung disambut oleh tur guide, mas Nino , dari wisata lokal yang akan menemani selama 2D1N . Bus yang kita sewa sudah menunggu di luar bandara.. Karena jadwal yang sangat padat, rombongan ini akan langsung menuju tempat wisata yang sudah disusun tanpa check in terlebih dahulu di hotel 😀

belitung

ISLAND HOPPING dari pantai Tanjung Kelayang

Udah bukan rahasia, kalo Belitung memiliki banyak sekali pulau-pulau cantik yang bisa didatangi dengan menyewa perahu boat. Jangan tanya harga sewanya ;p, secara wisata kali inikan gratis tis tis dari kantor :D.. Udah tingal duduk manis aja deh dari berangkat ampe pulang ntar. Pulau pertama yang kita datangi, itu pulau Kepala Garuda.. Ga bisa didaratin sih, karena ada banyak karang di sekitarnya.. Jadi si pak perahu hanya mendekat sampai jarak aman, dan kita mulai bergaya narsis dengan latar belakang pulau .

pulau-pulau di belitung

Next nya, mendatangi Pulau Pasir, di mana kita bisa berdiri di tengah lautan karena ada gundukan pasir yang terbentuk seperti pulau. Di sini, kalo beruntung, beberapa bintang laut juga bisa terlihat jelas.

Pulau pasir, kita bisa berdiri di tengah laut

pulau pasirpulau pasir

Pulau Batu Berlayar, pulau Kepayang dan pulau Lengkuas, adalah beberapa pulau yang selanjutnya kita singgahi.. Paling lama jelas di pulau Lengkuas.. Pulau yang terkenal akan mercusuarnya yang masih aktif hingga kini, selalu jadi tempat persinggahan para turis. Sayangnya, kita ga bisa naik ke atas mercusuar saat itu karena sedang dalam proses renovasi.. Team kantor, menghabiskan waktu dengan bermain games di tengah terik matahari yang menyengat.. Wuuh… kepala langsung pusing bagi yang ga kuat panas ;p.. Pulau ini sih sebenernya cantik. Sayangnya karena sudah mulai kesohor, makin banyak turis-turis yang piknik kesini, kebanyakan sama seperti kita, outing kantor yang sengaja liburan kemari. Untungnya, sampai kemarin aku masih jarang melihat sampah-sampah berserakan di pasir ato tepi pantai.. Baguslah, ga kepengen juga pantai kita selalu dikotorin ama tangan-tangan jahil.

pulau lengkuas

Sedikit minus dari pulau ini, air di toiletnya bukan air murni, tapi payau sehingga saat kita membersihkan diri dari pasir-pasir yang menempel, tangan , badan dan kaki tetap terasa lengket -__-. Itu juga yang bikin aku ga kepengen mandi-mandi di pantainya..

Selanjutnya, perahu membawa kita ke sebuah tempat yang tidak terlalu jauh dari Lengkuas, di mana semua bisa snorkeling [kalo mau].. Tapi bagi yang ga kepengen basah-basahan, ga perlu susah payah nyemplung keair, karena dari atas perahupun, kita bisa melihat dengan JELAS BANGET ikan-ikan lucu yang sedang berenang di bawah.. Bahkan mereka ga takut untuk mengambil remah-remah roti langsung dari tangan orang yang memberi..Seruu ^o^!

 ikan di pulau lengkuas

PANTAI TANJUNG TINGGI LASKAR PELANGI

Puas menjelajah pulau-pulau di pantai Tanjung Kelayang, kita mengarah ke pantai Tanjung Tinggi, tempat di mana syuting film Laskar Pelangi pernah mengambil shoot. Pantai ini identik dengan batu-batu granit alaminya yang tersebar di mana-mana dalam ukuran RAKSASA.. Kagum melihat tumpukan batu-batu besar yang sudah ada ntah dari jaman kapan ini. Beberapa penjual kelapa muda, rujak, souvenir sampai batu akik, juga terlihat.. Tapi harga-harganya cendrung mahal -__-, dan ga bisa ditawar pula.. hufft… Jadi males belanja..

IMG-20150917-WA0082 laskar pelangi

DANAU KAOLIN

Danau ini, dulunya tempat penambangan Kaolin, bahan tambang yang sering dipakai untuk pembuatan keramik dan campuran kosmetik. Sepintas mirip banget ama Kawah Putih di Bandung, hanya saja yang ini mengandung kaolin, bukan belerang. Airnya berwarna Turqoise, cantik, tapi jangan coba-coba berenang di dalamnya, karena samasekali ga bagus untuk kulit. Jadi di sini, kita cukup puas hanya berfoto dengan latar danau di belakang.. Cuma anginnya nih, kuenceeeng byangeeettt :D. Repot berfoto sambil megangin rambut yang beterbangan kemana2 ;p

 danau kaolin

RUMAH PAK AHOK-BELITUNG TIMUR

Udah pada taukan kalo pak Ahok, gubernur Jakarta yang tegas dan galak itu berasal dari Belitung ;)? Rumah beliau satu-satunya bangunan paling bagus dan bisa dibilang megah yang aku liat di Belitung ;p. Terbuka untuk umum, di belakang nya ada semacam toko yang menjual batik dan segala macam souvenirs. Juga ada sumur yang sayangnya udah ga dipakai lagi oleh keluarga pak Ahok.. Pak Ahok sendiri hanya sesekali datang ke rumah ini, seperti saat natal dan hari raya imlek.

rumah pak ahok belitung

REPLIKA SEKOLAH LASKAR PELANGI

Bagi yang suka filmnya Laskar Pelangi, tau dong sekolah di mana Ikal dan temen-temennya bersekolah? Nah, sekolah inipun masuk dalam itinerary tour wisata ke Belitung yang lalu. Tentu saja hanya berbentuk replica, karena sekolah aslinya sendiri sudah diperbarui dan bagus sekarang ;). Sekolah yang terletak agak di atas bukit, dengan tanah berpasir yang ternyata panasnya puooolll, memang dalam kondisi menyedihkan awalnya. Kelasnya hanya ada 2, itupun berlantai tanah dengan meja kursi seadanya.. Bahkan beberapa anak duduk lesehan di lantai.. Di depan sekolah, sebuah tiang bendera dengan bendera merah putih yang terpotong setengahnya menarik perhatian kami. Ga usah terlalu lama di sini, kalo ga pengin item kesengat matahari Belitung yang bener-benar menyengat saat itu.

DSC_0455 DSC_0457 sekolah laskar pelangi

MUSEUM KATA ANDREA HIRATA

Terakhir, museum KATA ANDREA HIRATA yang jadi tujuan akhir tur. Di luar dugaan, aku yang awalnya sempat menganggab museum ini pasti membosankan, malah suka dan betah saat kesana ^o^.. Museum ini didirikan oleh Andrea sendiri tanpa ada campur tangan dari pemerintah. Dari depan, tempatnya terlihat kecil, tapi ternyata memanjang jauh hingga ke belakang. Designnya diatur sedemikian rupa dengan lukisan dan cat berwarna-warni ceria yang membuat suasana di dalam jauh dari kesan gelap dan bosenin. Isi museumnya sendiri? Semua karya-karya bang Andrea Hirata, termasuk buku-buku Laskar Pelangi yang diterjemahin ke dalam 26 bahasa ikut dipajang. Foto-foto film LP, artikel-artikel koran dalam dan luar negeri yang menulis tentang Andrea, cerpen-cerpennya, sampai kutipan-kutipan yang berisi kata-kata motivasi dari banyak orang terkenal, ada di museum ini..

museum kata

museum katamuseum kata

Di bagian belakang museum, terdapat semacam warung kecil, dinamakan Kafe Kuli, yang menjual kopi khas Belitung dan aneka gorengan. Harga murah dan rasanya okelah.. Bagian depannya, malah ada kantor pos mini di mana kita bisa membeli kartupos untuk teman dan saudara dengan motif-motif langka dan lucu ;). Harga ga mahal kisaran Rp 15-25 ribu only.. Setelah ditempel perangko yang juga dijual di warung Kafe Kuli, kita hanya tinggal memasukkan kartu pos ke dalam kotak surat yang ada.. Nantinya pak pos akan datang untuk mengambil kartuposnya dan mengirim ke alamat yang dituju 😉 .. Ah, ide bang andrea memang unik :D.

museum kata

 DSC_0499 DSC_0523

Fun facts tentang Belitung:

  1. Kota ini kecil, dan tidak mengenal istilah macet :D. Saking sepinya tuh jalan, supir bis kita sempet sengaja memelankan laju bus hanya supaya kita bisa foto-foto selfie di dalam bus tanpa ada goncangan ;p Kebayang aja kalo bis di Jakarta nekat begini, bisa abis dimaki dan diklaksonin ;p

  2. Ga banyak tempat hiburan malam di Belitung. Bisa dibilang, jam 8 malam jalanan di luar udh mulai sepi bak kuburan.

  3. Harga barang-barang bisa dibilang mahal. Harga turis banget deh. Udah kayak Bali ato Lombok. -_-. Beli souvenir kaos khas Belitung aja, kualitas kainnya ga bgitu bagus, tapi harganya starting Rp 60ribu??? Males bgt mau beli ;p Harga cemilan/snack juga rada mahal.

  4. Tiap malam, pasti ada pemadaman listrik bergilir di kota ini :D.. Makanya kalo ga pengin ngerasain ini, nginepnya di hotel ;p

  5. SPBU ga banyak. Di Belitung kota hanya ada 4.. Di Manggar tempatnya pak Ahok ato bang Andrea malah hanya ada 1 yang bagus. Itupun, pas hari minggu tutup. Wuahahaha… Di Jakarta SPBU tutup di hari Minggu, bisa diamuk massa mungkin yak? ;p

  6. Kalo ada orang lokal sana yang ngajakin kalian makan di ‘KAFE-C’, jangan mengganggab itu kafe yang menjual makanan khas Belitung ;p. Karena KAFE-C yang dimaksud ternyataaaaaa…… KFC wuakakkakakak ;p

87 Tanggapan untuk “TEMPAT WISATA DI BELITUNG UNTUK 2D1N ;)”

  1. mawi wijna mengatakan:

    air terjunnya mana mbak? 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      wah, berhubung ini acara kantor, yg bikin itenarary juga travel agent, terserah dia aja mw bawa kita kemana mas ;p.. emg ada air terjun ya di sana ?

  2. Sandrine mengatakan:

    Selain pulau Lengkuas yang paling saya kangenin itu mie belitung dengan cabe-nya yang super duper ajib itu mba… Selalu ngangenin.
    Terus jalanannya yang sepi itu. Waktu itu saya pakai mobil biasa dengan kecepatan 80~100km/jam ditengah jalan mobil dua jalur berkelok-kelok mantapppp.
    Dan satu lagi, parabolanya gede-gedeeee 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      khusus kuliner ttg aku posting terpisah mba ;).. seafoodnya sih aku suka, tapi mie atep belitung aku ga gitu suka ;p..

  3. Ranny mengatakan:

    Di noted! bahwa Kafe-C itu KFC ihihihih wih mahal juga yah kaosnya Fan, kemarin adik ipar honeymoon ke sana, Athar dikasih kaos sana, mayan juga harganya ternyata >.< Etapi saya sediihh pengeen banget ke sini, secara fans berat sama Laskar Pelangi, gpp deh sedikit terhibur sama postingan dan foto-foto di blogmu :*
    Happy friday, Fan!

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      60rb, kalo kualitasnya adem aku msh mw beli Ran.. tp ini kaosnya ga enak jg, panas..jd males..mendingan beli cemilannya yg enak2 😉

  4. Lianny Hendrawati mengatakan:

    hihhihi Kafe-C aka KFC ternyata.
    Pantai Lengkuas rame juga ya.
    Aku suka liat pantai yang nggak terlalu rame dan bersih, asyik buat mainan pasir 😀

  5. Yoga Akbar S mengatakan:

    Kapan ya gue bisa ke sena? Pengin. :(
    Museum Andrea Hirata, replika sekolahan Laskar Pelangi, apalagi yang Danau itu. Kereeenn pasti nih buat foto-foto di Instagram. :3

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      museumnya kamu pasti suka de… apalagi kalo penggemar andrea hirata… 😉 termotivasi jd pgn penulis kayak dia

  6. ophi ziadah mengatakan:

    alhamdulillah sudah ke sana 3D2N malah tapi blom sempet hopping island karena kmrn khawatir anak2 kepanasan dan mabuk. masih ping ke belitung lagi n nyobain hopping island terutama ke pulau lengkuas.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      wuaahhhh enak kok mba naik perahunya… aku sih asal ada angin segar gitu malah ga mabokan… kec kalo kendaraan tertutup kyk mobil travel, baru deh

  7. Noe mengatakan:

    Waah lengkap bgt nih, bs jd panduan klo aku nanti ke belitong. Thanks yaa

  8. windah saputro mengatakan:

    aduh itu toilet dari air payau ga bs bayangin gmn lengketnya badan. huhuhu

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itu diaaa….. makanya aku males bgt bersih2 di pulau lengkuas mba… untungnya di restoran yg kita datangi stlh dr island hopping ada toilet bersih dgn air murni

  9. Satrio Ade mengatakan:

    Wow keren juga belitung ya… boleh dicoba nih jalan2 kesana…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      mumpung ramenya masih bisa dibilang normal mas ;).. ayo kesana…. kalo udh keramean bgt jg jd ga seru

  10. Keke Naima mengatakan:

    foto yang paling atas kelihatannya lagi ngehitz banget, ya. Lagi banyak yang jalan-jalan ke sana karena katanya airnya snagat biru. Smeoga saya bisa langsung melihat ke sana :)

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      airnya sih cantik mba. turqoise.. danau kaolin… tp ya itu, ga bisa utk berenang ato celup2 air ;p.. bahaya soalnya

  11. Emakmbolang mengatakan:

    Diperkenalkan keindahan Belitung oleh kakakku, dia ditugaskan disana. Di bilang laut bening kayak kaca dan ada batu batu cakep. Dulu sepi. Sekarang Rame ya setelah laskar Pelangi.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaa, kalo pantainya aku akuin sih cakeeeppp… bening, bersih… pasti pecinta laut pada suka deh 😉

  12. Nathalia DP mengatakan:

    dulu kantornya suami sempet mau bikin acara fam gath di sini… tp ga jadi hiks… padahal seru yah :)

  13. kania mengatakan:

    wah indah pantainya ya mba, bisa napak tilas tempat shooting laskar pelangi :)

  14. febridwicahya mengatakan:

    Ampun :’ entah kapan bakal tercapai, aku pengen kesana :’))

  15. Nunung Yuni A mengatakan:

    Waah senangnyaaa yang ke Belitung. Aku pernah ke Bangka pas SMA. Pantainya juga keren-keren kayak gini. Bangka sama Belitung sama pa beda pulau dan sebelahan sih mbak?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beda pulau mba…tp deketan…krn waktu yg ga mungkin, jd kita cm ke belitung… ga sempet kalo bangka juga

  16. Mugniar mengatakan:

    Cantik ya, Mbak alamnya .. kapan ya saya bisa ke sana … jauh sekali dari tempat saya

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      skr penerbangan ke belitung udh bnyk mba… udh makin terkenal tempat ini sjk laskar pelangi.. jd lebih gampanglah.. 😉

  17. Hastira mengatakan:

    asyik sekali secara aku juga pingin ke sana tapi belum kesampaian

  18. handdriati mengatakan:

    Waaahhh…rumahnya pak ahok dijadikan tempat wisata gitu ya mba?

  19. Astin Astanti mengatakan:

    pantainya bagus banget ya, pantai yang sering saya kunjungi baru Pantai Teluk Penyu, yaaaa kampung asalku..hehee

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      berhubung aku kurang suka pantai, krn panas, jd buatku yaaa…bagus cuma ga sampe bikin bakal mw dtg lg sih mba :D..kalo gunung ato tempat2 yg sejuk, baru deh, aku dtgin berkali2 kalo emg suka 😀

  20. PutriKPM mengatakan:

    Kayaknya trip disana selalu sama ya, aku waktu itu 3D2N juga kesitu semua, termasuk Danau Kaolin dan Kopi yang enak itu 😀

  21. momogrosir mengatakan:

    siapa aja boleh ikut?

  22. Fahmi Anhar mengatakan:

    outing kantormu asik kali mbak sampai belitung, kantorku cuma kesini sini doang haha, kere!

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Yang penting kan kebersamaan mas 😉 .. Aku sih lbh milih deket2 aja, tp ntr vocernya jd banyak… kalo kejauhan, biayanya lbh gede, sisa utk voucher jd dikit ;p

  23. kresnoadi DH mengatakan:

    Aaaaakkkk belituuung! Gue juga naksir ke sini gara-gara baca bukunya Andrea Hirataaa. Suatu saat pasti bisa ke sini. Aamiin.
    Hahaha kenapa gitu deh nyebutnya kafe-c? Kocaaak.

  24. cumilebay maztoro mengatakan:

    Ah belitung… Suka hopping island nya

  25. tesyasblog mengatakan:

    2D1N nya padet banget acaranya:D
    Aku sih udah pasti cuman di pantai aja seharian, besoknya udah sarapan pulang hahaha
    Karena itu, belum pernah ke Danau Kaolin ampe skarang (:

    Btw ternyata di HSBC toh, dulu aku di Citibank.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      gmn lagi mba… perginya ga bs dr jumat.. makanya di padatin bgt acaranya -__-.. tapi kecover semua sih ;p

      Iya, aku di HSBC :D.. skr udh ga di citi toh?

  26. Sayang ya ke danau Kaolinnya ngga pas matahari terbit..ciamik loh…
    eh tapi menurut gw walaupun Belitung cakep tapi membosankan ya, udah 3x kesana terus ya udah cukup dong ya..ngga kayak Bali atau Lombok yg setaun berapa kali pun tetep ga bosen …abis disana ya begitu2 aja…menurut gueh lohhh

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      setuju Var.. wisatanya gitu doang.. ga nambah2.. palingan makanannya aja yg bikin aku suka.. aku toh juga bukan penggemar pantai sih ya… jd kalo wisatanya bgini sih rada ga suka… kalo bali kan ada wisata gunungnya jg tuh, jd bisa ada alternatif

  27. e.novia mengatakan:

    aduh,,pengen banget kesana, tapi mah ini harus siap2 mabok laut neh, hehe

    FYI, Mak :*

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      wah, kalo naik perahu justru aku ga prnh mabok… malah suka bgt tiap kali gelombang tinggi, seruuuu ^o^… yg ptg buatku udara segarya mas, yg ilangin mabok

  28. Nurin Ainistikmalia mengatakan:

    kerja di dinas apa Mbak Fanny? saya suka lihat review museum Andrea itu di tv, pengen suatu saat bisa jadi orang yang menginspirasi seperti Andrea.

  29. cumilebay.com mengatakan:

    Belitung selalu jatuh hati ama tanjung tinggi, ngebayangin tuch batu2 bisa berdiri tegak disana gimana mula nya heheh

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya maaas… aku jg penasaran…itu katanya berasal dr letusan gunung api ratusan tahun lalu… sehebat apa letusannya bisa menghasilkan batu2 raksasa gitu yaa.. jgn2 pas letusan gunung toba dulu 😀

  30. Hendi Setiyanto mengatakan:

    ngebayangin panasnya….btw bukannya di belitung banyak etnis tionghoanya ya? pasti ada semacam china townnya gitu kan ya?

  31. Cicha mengatakan:

    Kemaren kantor itu ikutan tour apa bikin itinerary dan jalan-jalan sendiri? Harga-harga untuk island hopping dllnya mahal ga sih? Sempet disaranin sodaraku untuk kesana, belom kesampean sih.. pantai2nya cakep ya. Si replika Laskar Pelangi nya juga uniiik 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ikutan tour mba :D.. kita pake OBAJA tour and travel kemarin.. puas kok dengan mereka… servicenya oke

  32. Molly mengatakan:

    Sampe sekarang belum kesampaian nginjak Belitung… huhuhuhu :(. Selalu takjub liat postingan orang2 yang udah pernah kesana. Moga2 daku bisa kesana satu saat mba ;).

  33. evrinasp mengatakan:

    pengen ih ke pantainya Laskar Pelangi, semoga bisa ke sana suatu hari

  34. Ruang Freelance mengatakan:

    lihat airnya yang being kayak gitu jadi pengen ke sana, kapan ya….?
    Eh itu Ikannya lucu banget mbak, kayak di animasi finding Nemo

  35. Kornelius ginting mengatakan:

    Semoga suatu saat kesampaian juga ke sini.. #amien

  36. Hamacaan mengatakan:

    tempat wajib yang bisa dukunjungin nih, pantainyaa plus pulau pasirnya itu loh..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      pokoknya kalo ke belitung, apalagi pake tur guide, udh pasti deh dibawanya kesana 😉

  37. aziz mengatakan:

    wehh, banyak juga ya tempat wisatanya. mantap deh. makasih infonya

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Makasih mas ;)… banyak kok tempat wisata di belitung, dan puas2in makanannya ;).. enak2 loh ^o^

  38. hafidz mengatakan:

    pantainya sangat indah, jadi kepengen kesana juga…

  39. Anisa AE mengatakan:

    Nelan air liur dulu. Semoga ada yang ngajakin ke sini. 😀 Selama ini cuma liat gambar dan baca cerita tentang Belitung doang. :(

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      amiiiin ;).. bagi penyuka pantai, Bbelitung memang cantik kok mbak.. apalagi pantai di sana ga terlalu rame, jd masih enak utk leyeh2 santai… cuma panasnya ya bok, ga kuat akyu ;p

  40. Pesona dcat mengatakan:

    belum pernah kesana, tapi setidaknya ada angan2 kesana, doain mba ya.

  41. Pesona dcat mengatakan:

    belum pernah kesana, tapi setidaknya ada angan2 kesana, doain mba ya.

  42. annosmile mengatakan:

    waaa..pengen ke danau kaolinnnyaaaa…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Cakep deh dananunya…. warna airnya kliatan bikin pgn nyebur, tapi jgn coba2 yaa ;p… sakit kulit bisa2 😀

Tinggalkan Balasan

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Visitor Counter

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Visitor Counter

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.