D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Apr 2017

02

SEPULUH HARI, SEPULUH KOTA DI JEPANG….

tokyo

Saat ke  Jepang, February lalu,  beberapa teman bertanya,  tentang kemana aja   kita selama  10 hari di sana, kota-kota apa  yang kita kunjungi, dan pastinya transportasi menuju itu semua. Jadi inilah, rangkuman beberapa kota  di Jepang yang sukses kita datangi selama 10 hari   😉 .

 

Tokyo

Tokyo jelas jadi kota pertama, karena  memilih landing di Haneda.  Hanya menginap 3 malam,  kita sempet datang ke distrik-distriknya seperti Shinjuku,  Harajuku,  Shibuya,  Ueno, Kawasaki untuk mengunjungi museum Doraemon,   dan juga Yamanashi, hanya untuk bermain rollercoaster di Fuji Q.

Ada rombongan Mario Bross waktu kita jalan-jalan di Ueno

ueno tokyo tokyo

Selama di Tokyo,  kita full memakai Pasmo card untuk akses transportasi kereta dan bus.  Pasmo card ini  gampang banget diisi ulang.  Di setiap stasiun pasti ada mesin untuk men- top up balance kartunya kalo memang sudah mau habis.  Tinggal pilih Bahasa Inggris,  dan ikutin step-step di layarnya.  Masih bingung? Tinggal tanya petugas Informasi yang  banyak berjaga  di sana. Mereka helpful banget  membantu setiap turis yang mengalami kesulitan.

Fylly di Museum Fujiko F Fujio..

museum doraemon

 

Note: Pasmo card kita beli di Haneda airport seharga ¥3000 dan sudah berisi deposit ¥2500 siap pakai.  Fylly yang masih berumur 4 tahun masih gratis naik transportasi apapun.

 

Niigata untuk bermain di Gala Yuzawa

Kita baru mengaktifkan JR Pass yang kita beli  di Jakarta,  pas hari ke 3 di Jepang. Kemarin sih belinya dari Tripvisto (Bukan tulisan sponsor yaaa),  yang harganya memang paling murah dibanding yang lain.  Jadi, kalo memang mau menjelajah banyak kota di Jepang,  sangat direkomendasikan untuk membeli JR Pass sebelum berangkat ke sana.  Kalo yang didatangi hanya Tokyo saja misalnya,  ga perlu JR Pass ini.  Suica ato Pasmo udah cukup. Ato kartu-kartu pass transportasi lainnya yang sesuai  dengan area yang mau kita datangi.

gala yuzawa

 

Karena JR Pass ini juga,  kita bisa datang ke Gala Yuzawa gratis,  dan hanya membayar ¥ 2000, per orang untuk sewa boots dan seluncuran plus tiket cable car return menuju ke Gala Yuzawa.

 

 

Note.  Harga JR pass ini Yen 29,000 per orang, untuk yang tipe ordinary dan bisa dipakai nonstop 7 hari kemana aja selama  memakai kereta JR.

 

Kanazawa

Hari ke-4 , kita pindah kota ke Kanazawa.  Tetep menggunakan JR pass.  Kota ini termasuk besar walo ga seramai Tokyo.  Suhunya juga lebih dingin dan saat kita datang, hujan salju setiap hari turun. Happy ^o^ !! Seumur-umur traveling, baru kali itu ngerasain hujan salju wkwkwkwkw .  Sebenernya ada beberapa tempat wisata di Kanazawa,  tapi memang kita ga datangin, karena alasan utama kesini hanya untuk transit buat ke Shirakawa Go,  yang ternyata juga gagal karena keabisan tiket bus :(.  Jadi purely di  Kanazawa kita sekeluarga cuma puas kulineran dan hmmm…“sedikit shopping” :p.  Kebetulan juga hotel kita dekeeet banget ama stasiun Kanazawa  dan mall AEON ,  makanya gampang mau belanja dan kulineran. Kalo belanjaan udah banyak dan ga sanggub bawa, tinggal balik ke hotel, naro barang, trus lanjut shopping lagi hihihihi ;p

Hujan saljunya lebat dan stiap hari di Kanazawa

IMG_20170207_074638

Patung Teko di depan stasiun Kanazawa

kanazawa

Barang-barang di Kanazawa murah-murah, even di Mall 😀

aeon kanazawa

Hasil Belanjaan di Kanazawa menghasilkan beberapa koper baru ;p

kanazawa

 

Takayama

Karena gagal ke Shirakawa go,  kita putusin untuk main-main ke Takayama,  kota terdekat dengan Shirakawa sebenernya.  Di Takayama kita ga lama,  hanya ingin mencicipi Hida beef yang terkenal itu,  lalu balik lagi ke Kanazawa dengan kereta yang dicover JR pass tentunya,  sehingga lagi-lagi gratis untuk biaya transport :p.

takayama takayama

Bagi yang ingin bermain salju saat winter,  Takayama termasuk kota dengan curah salju yang banyak.  Saat kita kesana di February,  kota ini masih tebal ditutupi salju,  dan asyiknya lagi,  saljunya masih  lembut sehingga gampang dibuat boneka ato bola-bola salju :D.

Ini anakku ngapain tiduran di salju sik ;p wkwkwkwk

kanazawa

 

Osaka

Osaka kota yang kita inapin di hari ke 6. Ini menjadi hub transit kita kalo ingin ke kota-kota  lainnya di Jepang.  Stasiun Shin Osaka yang menjadi pusat,  ternyata lumayan besar.  Aku suka makan di stasiun ini karena banyak resto yang menyediakan kuliner daging sapi 100%. Jadi ga usah bingung nanya lagi apa jenis dagingnya.

Perempatan Shibuya yang selalu rame 😀

osaka

Di Osakanya  sendiri kita bisa dibilang ga kemana-mana, beneran cuma bolak balik ke kota lain,  dan baliknya ke Osaka karena penginapan kita memang di sana. Amazed dengan stasiun  Osaka , karena  jauuuuh lebih ramai daripada stasiun Tokyo.  Dan parahnya sampai pukul 11 malampun orang-orangnya masih rame memadati stasiun,  lengkap dengan ciri khas mereka yang selalu berlari ato terburu-buru.  Kadang mikir,  apa orang Jepang ini ga kepikiran untuk istirahat ato sekedar jalan santai ya :p

Banyak resto 100% beef  di stasiun Shin Osaka

osaka

osaka

Akhirnya nemu patung Hachiko 😀

osaka

Hiroshima

Dari Osaka kita ke Hiroshima hanya untuk mengunjungi museumnya yang terkenal,  Museum Perdamaian Hiroshima. Perjalanan ga lama,  hanya menempuh waktu sekitar 2  jam,  sehingga ga perlu menginap di sana. Kotanya sendiri besar,  rame,  dan ternyata barang-barang di sana juga sedikit lebih murah daripada Osaka.  Kita sempet membeli koper baru, AGAIN ;p, di salah satu mall, saking banyaknya belanjaan yang udah dibeli ;p

Saat keluar stasiun Hiroshima, langsung ketemu monumen ini

hiroshima

hiroshima hiroshima

hiroshima

 

Miyajima

Miyajima kita datangi langsung dari Hiroshima, karena kedua kota ini berdekatan.  Untuk menuju Miyajimanya sendiri kita masih harus menyebrang dengan ferry,  yang juga dicover JR Pass.  Sesampai di Miyajima,  kita bisa melihat kuil Itshukusima,  ato hanya sekedar jalan-jalan sambil melihat kotanya yang kecil.  Ada banyak rusa yang dibiarkan berkeliaran dan mereka jinak!  Sayang aku ga membawa makanan apapun yang bisa dikasih ke rusa-rusa ini.

miyajima miyajima

Ferry menuju Miyajima

miyajimaKota Miyajima yang kecil dan tenang

miyajima

 

Kobe

Kita juga sempet mendatangi Kobe dari Osaka.  Tapi ga banyak yang sempet dilihat dari sana.  Hanya mencicipi kuliner kobe steak yang terkenal,  lalu sekedar berjalan-jalan sebentar menyusuri kotanya di waktu malam.  Rame,  dan banyak banget tempat pachinko ato karaoke  😀

kobe

kobe

 

Kuwana

Kuwana di daerah Prefecture Mie,  kita datangi saat ingin ke Nagashima Spa Land.  Kota ini kecil,  dan dikelilingi pantai. Sempet nyasar pas menuju stasiun Kuwana, dan terdampar di stasiun kecil banget dan sepi ntah di mana ;p.. Untung aja ada petugasnya yang ngasih tau arah balik menuju Kuwana.

Kota Kuwana

kuwana

Ini toilet umum sebenernya 😀

kuwana

 Tujuan kita kesana hanya untuk bermain rollercoaster.  Serunya,  sambil jejeritan di atas coaster yg sedang melaju kencang,  kita juga bisa melihat deburan ombak yang memecah pantai.  Tapi jujurnya aku ga ngeliat samasekali,  wong udah heboh jerit-jerit sendiri sambil tutup mata hahahaha…  :p.  Di sini suhu saat winter lebih terasa,  karena anginnya juga kencang.

kuwana

 

Kyoto

Kota terakhir yang kita singgahi. Di Kyoto,  karena keterbatasan waktu, kita memilih puas-puasin belanja secara harga barang di sini lumayan murah! ^o^  Lalu ke Kyoto Avantie hanya untuk foto-foto nyobain pake baju  kimono   :D.  Murah banget sewanya.. Hanya ¥1000 udah puas banget nyobain berbagai model kimono. Kalo mau pake kimono sambil jalan-jalan di luar toko juga bisa,  tapi sewanya jadi lebih mahal,  ¥5000 untuk 2 jam kalo ga salah. Aku sih ogah ya bok,  ga kebayang lagi winter jalan pake kimono ribet begitu, sendalnya model kayu pula,  takut keserimpet cuy..  :p

Kyoto tower

kyoto

kyoto kyoto kyoto

Tapi bajunya bagus-bagus banget,  motifnya mewah,  kain kimononya sendiri berat dan halus. Ga rugi sih sewa dengan harga segitu.  Ga usah kuatir kalo ga bisa pakai sendiri,  karena pasti dibantuin kok dengan staf di sana.

kyoto kyoto

 

Sekian kota-kota yang sempet kita visit ^o^. Transport ga makan banyak biaya karena semuanya tercover oleh JR Pass.  Gampang lah pakai nih kartu. Tinggal tunjukin  bagian kartu yang menuliskan tanggal berlaku , ke petugas yang berjaga di pintu masuk dan exit, trus jalan deh ;)…

Karena masih ada planning balik ke Jepang, aku pasti bakal beli kartu ini lagi saat nanti kesana. Masih banyak kota-kota yang belum sempet kita datangi, seperti Sapporo, Aomori, Wakayama, Tottori, Yamaguchi dan Nagasaki pastinya, untuk melihat bekas-bekas pengeboman bom atom satunya yang dijatuhkan di sana 😉 … Ah, ga sabar balik ke Jepang.

138 tanggapan untuk “SEPULUH HARI, SEPULUH KOTA DI JEPANG….”

  1. Alvi Kamal Fikri mengatakan:

    behhh lihat itu kopernya kayak udah mau pindah rumah saja, banyak amat. Kata “sedikit shopping” dengan tanda petik yang menjerumuskan hahaha

  2. Dita Indrihapsari mengatakan:

    Aaakk luar biasaaa dirimu Mba Faaan.. 10 hari bisa ke 10 kota.. Fylly hebaaat.. 😀 Seru bgt ke sana apalagi pas winter.. Ke Jpg anggota gak cukup sekali ya, pasti pingin lagi pingin lagi.. Aku langsung cek kurs, ternyata sewa kimononya termasuk murah ya mba.. Baguuus bgt motifnya suka bgt.. 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku tdinya udh kuatir fylly mabok darat ato sakit lah.. ternyata nih anak kalo ketemu udara dingin, lgs ilang semua mual2nya tiap kali jalan darat ;p.. pdhl di Indo, dia biasanya ga kuat klamaan di mobil ;p..

      memang trmasuk murah mba,… apalagi sepuasnya itu… 😉 pgn sih aku beli 1 kimono, tp dipikir, aku mau pake di mana yaaak :D. hahahaha.. menuhin koper jg.. mending kalo dipake ;p

  3. Mugniar mengatakan:

    Waah ini rekomendasi asyik buat yang mau ke Jepang. Sudah dengan macam2 tips 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      semoga bisa berguna :)… basically jepang itu negara yg ramah bgt ama turis.. dan semuanya dipermudah di sana.. jd ga usah takut bingung ama bahasa ato apalah… krn percaya deh, semua org di sana ramah2 banget dan siap membantu kalo memang kita bingung..

  4. Ophi Ziadah mengatakan:

    wiih mba…beranak banyak deh kopernya hahaha.
    seru juga ya pas winter ke sana meski ga lihat sakura

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Karena memang yg aku incer dr awal itu saljunya mba :D.. kalo sakura aku ga tertarik.. pertama, aku ga suka bunga, kedua, sakura juga udah ada di puncak :D, ketiga.. ke jepang pas sakura mekar itu mahal banget ;p.. hihihihi, makanya aku ga mau.. milih winter aja lbh murah 😀

  5. Indi Sugar mengatakan:

    Wah, hebat 10 hari bisa mengunjungi banyak tempat 😀 Kalau aku sih biasanya energinya habis duluan, paling keluar beberapa jam, tidur seharian, baru lusanya jalan lagi, ahahaha. Btw, kimono-kimononya lucuuuu banget. Suka 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      abisnyaaa, kan sayang JR Pass nya mba ;p.. jadi bener2 harus kita maksimalin ampe ketutup harga kartunya 😀 ..

  6. MeriskaPW mengatakan:

    Indonesia lebih keren lagi, hujannya hujan es mbak, wkwk

    Katanya kan di Jepang tiap hari gempa kecil, iya gak sih mbak? Guncangannya kerasa apa gak?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, iya tuuuh, aku ga ngerasain lagi hujan es kemarin… padahal pgn tau kalo hujan es rasanya gmn yaaa…

      alhamdulillah mba, selama kita di jepang kmrn ga ngerasain gempa.. ihh jgn sampe memang 🙁

  7. Nur Islah mengatakan:

    Keren mba bisa jalan2 sekeluarga ke jepang ☺

  8. sulis mengatakan:

    Puas mbak, bnyk banget kota yang bisa dikunjungi..
    Pas liat mb Fanny pke kimono..langsung keinget Oshin. He eh, mirip, sama2 cantik.

    Trus yang patung anjing, aku pernah liat filmnya mbak. Ternyt itu kisah nyata ya..

    Mb…klo fylly ke luar negeri gitu, bermslh sm makannya nggak? Anakku Alya klo diajakin pergi tu paling males karena dia jd susah makan… Jadi kdng klo keluar kota gitu mesti mbawain roti basah/model pop mie gitu..br mau mkn.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bedanyaaa, kalo aku oshin eksotis, krn gelap hahahahha ;p

      iya mba itu kisah nyata, si anjing hachiko… tp aku ga mau nonton filmnya, krn pasti nangis kalo cerita soal binatang gitu 🙁

      hiiiih, kalo fylly, jgn tanya deh… lagi di rumah aja dia picky eater banget, apalagi di negara orang mba… aku sampe stress bujukin makannya…. untung bgt papinya lbh sabar… jd urusan makan aku serahin ke raka… fylly msh mau kalo dibeliin ayam goreng sih ato kentang… sama susu dia mau… kalo anakmu suka roti2an, di jepang mah rotinya bnyk dan enak2… dia pasti mau makan… fylly masalahnya ttp ga doyan tuh roti.. -_-

  9. indah nuria mengatakan:

    ini masih masuk bucket list aku :)…semoga bisa segera main ke sini. Aku pecinta doraemon bangeeeet mba 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      waaah wajib banget berarti kesanaaa :D.. seruuu… ngbayangin pas dulu film doraemon msh srg diputer mba 😉

  10. Turis cantik mengatakan:

    Berarti 10 hari tuh udh lengkap banget ya kemana-mananya. kyknya udh rencana neh bawa anak sekitar dua tahun lagi deh pas umurnya udh pas.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      belum lengkaaap mba :D.. aku nyesel ga bisa ke hokkaido :D.. makanya hrs balik memang ke jepang…

  11. reza mengatakan:

    Wah asik banget mbak bisa lihat bekas pengeboman atom di Hiroshima distriknya Tokyo. BTW kopernya banyak banget ya hhihihi

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo ke jepang, pokoknya hrs mampir ke hiroshimanya mas… keren itu museum ;)..

      ttg koper, yaaa gmn… namanya khilaf belanja wkwkwkwkw ;p

  12. Sandra Nova mengatakan:

    Koper beranak berapa kopeeeer hahahahha… Tapi apalah artinya koper beranak di Jepang, dibanding koper beranak di Korea yes XD
    Kalau transportnya enak gitu mah pasti aku jg maksimalin naek JR pass keseluruh kota #ogahrugi hahahaha ngiler to d max lah pokoknya 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      nambah 3 san wkwkwkwkwk ;p… gpplah, koper slalu bisa dipake kemanapun ;p.. jadi ga buang2 duit juga kalo beli koper hahahah

      iyaa, kalo kesana ntr maksimalin puoool JR Pass ;p.. sayang aku ga sampe Hokkaido -__-

  13. Nita Lana Faera mengatakan:

    Wuihhh cantiknya Mba Fanny dan anak2 pakai kimono. Moga saya ada kesempatan menjejak di Jepang kayak Mba Fanny sekeluarga 😀

  14. SuikaLova mengatakan:

    ah mbaa aku mupeng >w< negera no. 1 yg pingin kukunjungi banget~~ yukatanya cakep-cakep ya.. di sini kalo ada event tertentu aja ada sewa-menyewa kimono-yukata..

    keren-keren euy tempatnya!

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaa, kimonon di sana bgs2 bgt… aku tuh pgn beli, tapi mikir, makenya kemana wkwkwkwk

  15. Mama Keizha mengatakan:

    wissss 10 hari 10 kota, wajib ditanyain nih suplemennya apa ? hebat mak bisa on jali jali terusss.. hihihi kalo aku kena salju aja demamnya udah makan waktu seminggu tepar wkwk ?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, kalo fylly cuma aku ksh vitamin ama imun booster mba.. aku sendiri vitamin c tok 😀 ..soalnya aku emg suka bgt dingiiiin… ga kuat kalo kena panas… jd pas ketemu dingin, bdn lgs happy 😀

  16. nur rochma mengatakan:

    Dek Fylly kuat ya diajak jalan2. 10 hari itu luar biasa. Apalagi kalo lagi rewel. Btw, kimononya cakep.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ohhhhh kalo dia jangan ditanya mba ;p.. emg sukanya tempat2 dingin begini… jd makin lama, makin seneng dia :D.. kalo jalan2nya ke tempat panas, pasti rewel luar biasa ni anak

  17. sasa mengatakan:

    Kenapa harus 10 hari ? kenapa gak 20 hari gitu mba, biar referensi wisata di Jepangnya lebih banyak. Hehhe :p

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      karenaaaa, cuti yg aku ambil kemarin hanya 2 minggu… jd 10 hari kita di jepang, sisanya aku mampir ke korea 🙂

  18. Nikmal Abdul mengatakan:

    Waah, kopernya banyak banget ya, Mbak. Kalo ke Jepang nanti lain kali ada beliin oleh-oleh untuk Nikmal juga ya, Mbak. 😀

  19. Elisabeth Murni mengatakan:

    Ahahahaha, enggak tahu kenapa pas lihat foto kopernya aku ketawa mbak. Itu banyak bangeeeeeet hihihihi, kayak mau pindahan aja. Tapi emang kalo lihat barang bagus dan murah bawaannya pengen belanja aja ya.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      wkwkwkwkw…itulah mbaa…. aku emg hobinya kalo jalan2 pasti shopping… makanya koper bisa nambah.. apalagi kmrn ama sepupu, dia juga suka bgt belanja 😀

  20. Dina Safitri mengatakan:

    Seru banget mba jalan-jalannya sampai ke 10 kota.. penasaran sama museum Doraemonnya^^. Btw fylly ikut naik rollercoaster kah mba? Sy ngeliatnya udah takut duluan mba, ga yakin sy bakal berani naik, wkwk

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa dia naik rollercoaster tp yg khusus anak2 mba ;p.. ada di sana :D.. krn yg utk dewasa dia blm bisa naik, tingginya blm cukup

  21. Ika Hardiyan Aksari mengatakan:

    Jadi, berapa koper yang berhasil dibawa pulang, Mbak?
    Ih, pengen banget ke Jepang. Baru kemarin aku cerita ke muridku kelas 1 soal salju di Jepang, Mbak. Ini malah mampir ke sini. Makin ngiler.

  22. Reffi DHinar mengatakan:

    envyy,, aku bisa bahasa jepang tapi belom bisa kesana 🙁

  23. Yugo mengatakan:

    Hmmm kapan ya bisa ke jepang

  24. Afrilia mengatakan:

    Woww, amazing!!!
    Boleh share mba kira-kira berapa total biaya mengunjungi destinasi wisata itu semua untuk paket Backpacker mulai dari Indonesia sampai pulang ke Indonesia lagi.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      mbaaa, maaaf, kalo utk budget apalagi backpacker aku susah ngitungnyaa… krn aku jujurnya ga bakcpackeran… lah wong bawa koper segambreng ;p… aku tipe yg kalo jalan2, hobi banget shopping :D, juga makan…

  25. Yessi Greena mengatakan:

    should be in Japan for business trip this week, tapi gak jadi..hiks
    berangkat sendiri for vacation lebih seru kali ya…tapi lebih boros…hehehe..
    posting tentang budget nya dong, say 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bukannya ga mau kalo ttg budget mba… tp budget orang kan beda2 yaa… apalagi aku tipe yg suka belanja kalo traveling… :D.. mendingan kalo mau nanya budget , japri ke aku aja deh 😉

  26. Babang Travengler mengatakan:

    keren banget 10 hari bisa 10 kota, kalau Babang lebih suka selow kunjungi satu-satu dulu kotanya, udah puas lanjut ke tempat lain, gak heran seminggu di Jepang baru ke Osaka dan Kyoto doang ?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, mumpung mas… aku lbh seneng bisa dtg ke banyak tempat.. kecualiiii kalo ditempat itu ada sesuatu yg aku suka dan incer, misalnya ada banyak themepark dgn rollercoaster extreme, naaah, aku mau deh lama2 ;p.. nybain semuanyaa

  27. Mesra Berkelana mengatakan:

    Wah memang gratisnya sampai anak umur berapa mbak ? untuk transportasi

    memang untuk naik sejenis MRT atau lainnya pakai kartu top up gt memudahkan, sekaligus ga perlu antri-antrian lama 😀

  28. Hairi Yanti mengatakan:

    Itu tiduran di salju dinginnya segimana, Mbak? Hihihi… Kalau dilihat dari foto2nya, Jepang bersih banget ya, Mbak…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, kan masih pake jaket mba ;p.. jd biasa aja, apalagi pakaian anakku komplit dan berlapis dalamnya 😀

  29. Inklocita mengatakan:

    Waaaa asiknyaaa. Btw kalo pasmo lebih murah ya drpd beli metro subway pass gt?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      saya ga beli subway pass krn toh kan nanti bakal pake jr pass… percuma jadinya… makanya pasmo aja udh cukup utk 3 hr pertama.. lagian , itu jug udh murah bgt sih kalo saya bilang 😀

  30. Iskandar Dzulkarnain mengatakan:

    enaknya bisa jalan2 ke Jepang
    sebenarnya sih aku juga pengen jalan2 ke luar negeri kapan2 kalo udah ada uangnya 😀
    sekarang uangnya lagi sibuk mulu

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      uangnya disimpen dalam rekening khusus, supaya ga diutak atik dan hanya khusus traveling ;).. itu cara yg aku lakuin supaya ttp bisa traveling 😀

  31. evrinasp mengatakan:

    seruuuuu, mupeng abis mbakkk, puas sekali di Jepang kemarin ya mbak

  32. Nusantara Adhiyaksa mengatakan:

    wahhhh seruu nih jalan-jalannya ke Jepang ,…
    semoga aku bisa nyusulin nih …

  33. Meidi mengatakan:

    ASTAGAAAHHH Kamu ke Tokyo pas yang lagi ada acara Mario Kart Racing di jalanan itu yaa? yang foto-foto awal itu kayaknya aku baru-baru ini baca di berita gitu huwaaaa seruuu

    *nabung lagi buat ke Jepangg* aminn aminn

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      apaan itu mario kart racing :D? wkwkwkwk aku ga tau sumpah… cuma ngertinya, lucu aja pas ketemu mereka ini di jalan hahaha ;p

  34. Astin Astanti mengatakan:

    10 hari yang padat tapi seru banget ya, traveling iya, kuliner iya dan gak kelewat setiap detik bisa shopping. Jadi pingin ngitung berapa banyak bawa koper pas balik, MBaaak? ehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      koper baru nambah 3 mbak ;p… koper lama kita bawa 3 jg.. jd pulang2 ada 6 koper hihihihi ;p

  35. Ipeh alena mengatakan:

    Bener-bener semakin pengen ke Jepang!!! Pastinya pengen kulineran nyobain ini itu

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ayuuuk ke jepang.. apalagi AA lg ngadain promo tuh, ke jepang lgs dr jakarta 😉 ga usah transit dr KL lagi…

  36. Akbar S Yoga mengatakan:

    Emang batasan yang bayar naik transportasi itu umur berapa deh, Mbak? Sampai 5 tahun, kah?
    Kayaknya emang udah ciri khas orang Jepang deh itu. Berusaha memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Jadi apa-apa kudu jalan cepet atau lari. XD

    Wuoh, jadi itu sewa ya kimononya. Gak harus beli. Lumayan banget bisa foto-foto pakai baju sebanyak itu tanpa beli. 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa sampe 5 thn msh gratis yog ;).. 6 thn baru bayar… itulah salutnya ama jepang, gilaaaa, workaholicnya luar biasa… kayaknya rumah cuma buat numpang tidur aja kali yaaa.. pantesan rumah di sana kecil2 ;p

      eh, sewanya 1 aja ;p… 1 baju hrgnya 1000 yen.. kalo mau ganti2 model, ya bayar lgi ;p

  37. herva yulyanti mengatakan:

    wow mba dari 10 kota yang dijembrengin yg sering aku denger Tokyo, Osaka sama Hiroshima. Dan Hiroshima gegara pem-boman PD itu kali y mba jadi disana ada museum perdamaian. Isinya apaan mba?penasaran 😀
    Ceritanya seru bgt dan itu koper mau pindahan kah?hahahaha

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kita memang sengaja banyakin kotanya, supaya bisa maksimalin kartu JR pass mba.. itukan gratis selama 7 hr… makanya 7 hr itu kita bnr2 cari kota2 yg jauh supaya hrg jr pass nya bisa ketutup 😀

      aku udh nulis ttg museum hiroshimanya di postingan sebelum2nya :)..

  38. empie mengatakan:

    Hwahhhhhh ngerasain hujan salju.. aku pas ke Korea udah suhu minus tapi ga kebagian lihat ujan saljunya huhuhu..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo di korea kemarin aku jg ga dapet hujan salju mba .,,, cuma masih kesisa dinginnya doang ;p..

  39. Nusantara Adhiyaksa mengatakan:

    wahhhh enaknya bisa berlibur sama keluarga nih …..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      seru mas ;).. sayangnya anakku yg bungsu ga ikutan di sini krn msh terlalu kecil. next time pasti aku bakal balik k jepang sambil bawa si bungsu 😀

  40. lia lathifa mengatakan:

    wah bisa ketemu patung Hachiko, masih sering nangis klo nonton film itu. Alm. ayah dulu pernah ke Jepang, baca cerita mbak, persis seperti cerita beliau, keren mbak Fan nih

  41. Adriana Dian mengatakan:

    Kimononya lucuk bangeeeeettt. Apalgi dipake sama anaknya mbak Fanny.. Hihihiii. Duh jadi pengen nabung untuk halan-halan ke Jepang niiihhhhh

  42. Kelapa Sawit mengatakan:

    wah seru bgt liburan ke jepangnya, mga makin sukses yaa

  43. Shovya mengatakan:

    aaaa jepang.. keren banget.. tp mba harus coba ke Banjarmasin juga ? kalo di Jepang ada patung haciko, di Banjarmasin ada patung bekantan ?

  44. mila mengatakan:

    wow, kejar setorang banget ya 10 hari 10 kota, hebat hahahaa.. aku aja bacanya ngosngosan

  45. mila mengatakan:

    wow, kejar setoran banget ya 10 hari 10 kota, hebat hahahaa.. aku aja bacanya ngosngosan

  46. Sandra mengatakan:

    Kyaaaa envy berat nih bacanya, tfs ya Mba, mungkin kalo saya dan keluarga ke Jepang harus baca-baca lagi blog ini^^ mantap jiwa

  47. triyono saitama mengatakan:

    Mbak untuk kebudayaan orang jepang di sana. Apakah benar sih mereka disiplin, sopan dan tepat waktu? soalnya menurut artikel yang saya baca mereka itu orangnya disiplin dan tertib

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      amat sangat :D.. aku angkat jempol kalo soal disiplin dan sopannya mereka.. bayangin ya mas, pas di shinkansennya aja itu ada petugas pemeriksa tiket, yg kalo masuk, dia selalu menghormat dulu ke arah penumpang, dan pas di pintu ujungnya, dia bakal kembali hormat, even kalo penumpang di dalam sedikit, dia ttp melakukan yg sama. disiplin banget.. juga di dalam keretanya, aku liat masinisnya itu melakukan gerakan kyk memberi isyarat tp ga jelas ke siapa, krn di dalam ruang masinis kan hanya ada dia,… Ntah itu memang SOP mereka ato gmn, tp mereka ttp melakukan itu..

      tepat waktu aku ngeliatnya dr jdwal keretanya yg g prnh telat yaa.. pas sampe ke menit2nya

  48. Ayoknikah mengatakan:

    Nggak jalan2 ke Akihabara? Disana kan surganya para pencinta kartun jepang. Jangan kaget kalau banyak kartun2 jaman anak 90-an banyak bertebaran dijalan-jalan Akihabara 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sayangnya aku ga suka kartun sih sbnrnya ;p… awalnya pgn ke akihabara… tp trnyata memang ga sempet..

  49. Imagologi mengatakan:

    Pasti bebas visa ya buat kesananya?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo paspornya udh epasport, bebas visa.. tapiiiii kalo pasportnya msh biasa, ttp hrs apply yaa.. aku sih kmrn ttp apply krn pasporku msh yg biasa

  50. abid abdullah mengatakan:

    Wah jadi keepengen nih jalan-jalan ke daerah honshu, dulu 2 tahun di jepang cuma muter2 pulau kyushu aja.. semoga bisa berangkat lagi ke sana 🙂

  51. Ronal Gigih mengatakan:

    ada bombomkar di tengah jalan, itu lagi ada apa ya , unik banget, jdi ingin nyobak main bombomkar di tengah jalan juga ni

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itu bukan bombomcar… jd di sana memang ada wisata street go karting pake kostum2 gitu… kmrn kebetulan rombongan yg lewat pake kostum mario bross

  52. Pemuda Berjubah mengatakan:

    Makasih ceritanya mba fanny, kata teman saya 10 juta bisa jalan2 jalan ke jepang. Bismillah, ngumpulin uang. 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bisaaaaa… kmrn aku memang bawanya lebih dari itu, krn aku suka shopping ;p… dan themepark yg aku datangin juga lumayan tiket masuknya… tp kalo ga kepengen kesitu, jepang jg banyak bgt tempat2 wisata gratisnya kok

  53. inspiring mengatakan:

    Kalau Indonesi di kelola dengan seperti lebih indah ya 🙂

  54. Sharing Kali mengatakan:

    Berarti 1 hari 1 kota yaa. Wah ini gak istirahat berati yaa. Tapi pasti seneng banget. Saya ingin sekali kesana..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ya istirahat dong… bisa tepar aku dan keluarga kalo ga istirahat…. soalnya kita kemana2 itu pake JR Pass yg bisa naik shinkansen kemanapun mas… dan itu sangat menghemat waktu.. kota2 jauh bisa ditempuh dengan cepat… makanya kita bisa pergi ke banyak kota..

  55. Sharing Kali mengatakan:

    Bahagianya bisa 10 hari di Jepang, menikmati 10 tempat berbeda. Pasti capek banget. Saya sudah bermimpi kesana sejak lama..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      harus ke jepang pokoknya… 🙂 ini salah satu negara yg bikin aku slalu pgn balik lagi

  56. parararam mengatakan:

    baca ceritanya serasa berada disana 🙂

  57. Wina mengatakan:

    aduuhhh Jepaanngg x)

    ini negara yang paling pingin aku datangiii

  58. Wina mengatakan:

    aduuhh Jepaaannggg

    ini negara yang paling ingin aku datangi xD

  59. bunda aisyah mengatakan:

    wow… kapan aku bisa nyusul ya… bacanya aja seru apalagi dateng ketempatnya langsung

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      pasti bisaaa mba ;)… apalagi kalo ke jepang skr ini bnyaaaaak bgt tiket promo :).. aku aja lg nyari lg nih

  60. Buleipotan mengatakan:

    Akhh suka postingannya. Semoga tercapai #hiks~

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      mba bule pasti seneng deh ksana… skincarenya menggoda bangettt ;p… tp yg di jepang ttp mahal sih… beda ama skin care yg di korea -__-.. kalo itu murah2

  61. Zizy Damanik mengatakan:

    Aahhh Jepang memang ngangenin. Pengen ke sana lagi nanti, semoga bisa dengan Vay…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku aja masih mauuuu bgt mba balik lg… rollercoaster dodonpa blm dicoba nih ;p

  62. ayunovanti mengatakan:

    aaaa Jepang emang memesona yaa mbak, nanti aku kesana nunggu anakku udah umur 4/5 tahun lah, biar dia juga inget, kan kasian kalau masih bayi, nanti dia nggak bisa share apa2 kalau udah pernah ke Jepang, hehe alesan aja, padahal emang duidnya belum ngumpul, hihihihi

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hihihihi, sekalian sabil nabung dulu mba ;).. aku jg ga mau ajak si baby di rumah ya krn dia msh kecil banget.. percuma ga bakal inget ;p.. makanya dia tinggal ama baby sitter pas kita pergi kemarin .. ntr kalo udh gedean baru aku ajak

  63. Sandi Iswahyudi mengatakan:

    ah… keren mbak pengalamannya, saya pengen ke sana juga. Menurut info Jepang termasuk kota yang mahal2 ya mbak daripada yg lain?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sebenernya tergantung kitanya mas ;).. kalo mau usaha dikit, banyak kok tempat2 yg terjangkau di sana, jd ga begitu nguras kantong 🙂

  64. Dila mengatakan:

    mbaaa, wishlist banget nih jepaaaang, nabung duluuu :D, itinerary sama budgetingnya nggak dipost sekalian, mba? bihihihi *ngarep*

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo budget aku memang sengaja ga tulis, krn beda orang, pasti beda masalah budgetnya mba :)… tapi kalo kamu mau tau itinerary dan budget yg aku kluarin, email aja deh yaa ;).. ntr aku kirim terpisah…

  65. Yasinta Astuti mengatakan:

    Semua kotanya bikin mupeeeeng *.*

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      dan aku kangeeen pgn balik ke jepang ;p.. nunggu adekku nih mba… akhir thn ini dia dipindah tugas ke jepang selama 2 thn… jd aku bisa nginep di apartmennya :D.. hihihi hemat deh

  66. Jessmite mengatakan:

    Sama-sama masih winter tapi nggak semua daerah bersalju ya? Ada yang bersih aja dari salju ada yang tertutup salju tebal

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Bener mbaa :). Ga semua daerah jepang bersalju. Makin ke utara makin dingin. Next nya aku pgn ngerasain salju di hokkaido tuh, lebih tebel lagiii 😀

  67. Babang Travengler mengatakan:

    gercep banget kak, kuat ya buat pindah kota tiap harinya

  68. Inspiring mengatakan:

    Weh.. asyik ya bisa jalan-jalan ke Jepang 🙂

  69. zakky mengatakan:

    waj nearanya bersih banget, terus lalu lintasnya tertib. sama semuanya jalan kaki. keren keren 🙂

  70. Erika mengatakan:

    Waktu main salju, sepatu khusus sudah bawa atau beli disana? Bs advise kalo beli dr indo atau disana bli dmn?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itu sepatunya sewa di sana mba… tapi sebenernya sepatu yg aku pake dr Indo juga bisa utk main salju sih.. cuma kemarin krn ga pengen kotor aja ;p.. beli nya waktu itu dari online..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.