D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Des 2016

31

PUAS MAKAN DI SOP BUNTUT BU UGI TAWANGMANGU

sop buntut bu ugi

Kalo sedang wisata ke daerah Tawangmangu, ada 1 restoran yang sebaiknya harus dicoba, terutama bagi para penggemar sop buntut ;). Ngenesnya, aku tau tempat ini baru-baru aja, padahal Tawangmangu   selalu jadi tujuan wisata kita tiap kali mudik ke Solo.. Sebelum tau tempat ini, suami selalu ngajakin makan di emperan yang banyak menjual sate kelinci sepanjang jalan, dan selalu aku tolak karena ga  tega.

RM  Sop buntut bu Ugi, terletak di jl Raya Tawangmangu, dan selalu ramai peminat! Awal taunya pas baca review yang ditulis Winda salah satu temen blogger di Solo.  Trus makin tergoda saat baca review kedua yang ditulis  Ranny di blog :D.. Foto-foto sopnya, dijamin bakal bikin ngiler siapapun yang suka sop buntut..

Kita datang pas hari Jumat, berharap ga terlalu ramai karena bukan waktunya weekend. Bener saja, mungkin karena masih jam 10, tempatnya masih sepi, hanya ada beberapa pembeli yang sedang menikmati santapan. Kita memilih duduk dekat jendela.. Enam porsi sop buntut plus nasi, jadi pilihan semua. Sebenarnya sih, rumah makan ini juga terkenal akan pecelnya yang enak.. Tapi secara cuaca lagi mendung, makanan berkuah panas lebih cocok untuk mengganjal laper 😀

Rumah yang bercat abu-abu, itu RM Sop buntut Bu Ugi

sop buntut bu ugi

Tempatnya lumayan luas

sop buntut bu ugi

Servicenya ga pakai lama.. Begitu dihidang, aku takjub melihat seporsi sop buntut yang penuh, dengan potongan buntut yang banyak dan gede! Trus ada kentang dan wortel yang juga dipotong barbar ;p, alias godang-godang kalo orang Sibolga ngomong ;p . Kentang dipotong gede mah aku suka banget, tapi kalo wortel , jujurnya ga doyan ;p.. Biasanya aku selalu nyisihin wortel di setiap makanan, kecuali dimasak tercampur dengan  bahan-bahan lain ato dipotong seminim mungkin ;p.. . Nah yang di sini udah pasti wortelnya langsung aku hibahkan ke pak suami .

seporsi Sop buntut, yang dagingnya guedeee 😀

sop buntut bu ugi

 

Rasa kuah sop ini sedikit manis dengan balutan gurih.. Jujurnya aku ga terbiasa dengan rasa sop yang ada sentuhan manis kayak gini.. Bukannya ga enak, cuma ga terbiasa aja.. Mama selalu masak sop dengan rasa gurih. Tapi ternyata setelah dicampur dengan sambel, rasa manisnya toh ga terasa lagi, terganti dengan pedas gurih ;).. Buntutnya gede-gede, dan aku jadi ngebayangin segede apa sapinya kalo buntuntnya tebel  begitu ;p, dan ga ada lemak samasekali di dagingnya.. Untuk sebagian orang yang menerapkan gaya hidup sehat, pasti seneng dengan ini.. Tapi aku sebenarnya lebih suka dengan sop buntut yang masih ada sedikit lemak ;p.. Hihihihi… yang ga sehat itu selalu yang lebih enak ;p .

sop buntut bu ugi

Tapi ga papa, aku lumayan suka dan puas makan di sana.. Terlebih pas bayar.. Tau harga seporsi sop buntut segede itu? Hanya Rp 28,000 sajah!! Plus nasi tambah Rp 4,000!! OMG,, kalo dagingnya sebanyak itu, di Jakarta bisa-bisa abis Rp 70,000 ke atas ;p, tanpa nasi itupun.

Untuk penutup kita minta dikupasin manga yang disediakan di atas meja.. Sebijinya Rp 10,000 , dan rasanya super duper manis ^o^.. Ga kerasa aku sampe ngeborong mangga ;p. Buah-buahan di Tawamangu  memang murah-murah.. Mungkin karena daerah pegunungan kali ya.. Jadi sayur dan buah tumbuh baik dan subur 😉

So, kalo sedang wisata ke Tawangmangu, jangan lupa cobain sop buntut bu Ugi ini.. 😉

100 tanggapan untuk “PUAS MAKAN DI SOP BUNTUT BU UGI TAWANGMANGU”

  1. Neisia Larasati mengatakan:

    OMG.. Tengah malem BW kesini dan jadi laper lagi Mba.. Solo mah emang murah-murah ya, sempet deh dulu pengen pindah kesana gara-gara murah semua.. Tapi kayaknya timbanganku nambah banyak kalo tinggal disana hahaha

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku ama suami itu sampe udh planning kalo pensiun nanti, kita milih tinggal di solo aja mbak ;p.. enak, adem, lbh murah soal apapun :D..

  2. 4remaja mengatakan:

    sebaiknya jangan pos-post artikel kayak gini deh di blog , soalnya bikin aku ngiler liatnya,,,hahaha

  3. sulis mengatakan:

    Dagingnya gedee bnget yaa! Kuahnya juga kayaknya seger..

    Lama aku mb, nggak ke tawangmangu..terakhir kesana beli jeruk baby plus ubi ungu…pas musim dulu, jadi dapet murah

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mbak, dagingnya itu banyak dan gede2 ! 😉 buah2n untungnya pas aku kesana lg musim.. jd semuanya murah2 dijual.. alpukat menteganya enaaak bgt.. aku jg borong itu utk anakku 😉

  4. CatatanRia mengatakan:

    saya klo makan sop yg disuka sayurnya si wortel mba, tp liat potongannya gede gitu agak gimana hehehe. pas baca awal review aku nebak harganya diatas 30rb/mangkoknya eh ternyata gak sampai ya 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kaget yaa pas tau harganya.. aku aja lgs takjub…

      duuuh kalo wortel nth kenapa ya aku ga bisa makannya mbak ;p.. kecuali ya itu, hrs kecil2 bgt dipotong ato dicampur masaknya, jd bntuk wortelnya ga kliatan ;p.. makanya anakku jg ga kupaksa makan wortel, krn aku sndiri ga suka 😀

  5. Khairul fuad mengatakan:

    Penasaran pengen nyobainnya mbak

  6. ericka mengatakan:

    wahh murahnya itu sop buntut .. endess juga penampilannya jadi pengenn 😀

  7. Gustyanita mengatakan:

    Jujurannya aku blom pernah nyobain buntut hahahhaha #pooor me, tapi ngeliat review banyak orang bahwa buntut itu so juicy jadi pengen njajal jugaaakk
    Tapikir dulu buntut itu ada tulange
    Samaan aku jug nda tega mamam sate klinci, walo uda pernah nyobain sekali tapi abis itu kesian haahah

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      harus cobaaa! buntut emang ada tulangnya, tp ga gede kayak iga nit.. jd masih banyakan dagingnya gitu.. kalo di jkt kamu cobain sop buntut borobudur deh.. ato sop buntut cut mutia, ato sop buntut ibu henny :D.. ada aku tulis di blog juga.. kata mas cumi di senayan ada yg enak, tp aku blm tau kalo yg di sana

  8. Gustyanita mengatakan:

    Kok mangganya nda diphoto mb fan ahihi

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itulah nit, udh keburu kalap ama sop nya hahahaha ;p.. tapi sumpah mangganya itu gede2, dan super maniiis…

  9. Ilham mengatakan:

    belum sarapan ni , liat sop buntutnya jadi laper … 🙂

  10. Inna Riana mengatakan:

    dulu aku sering makan di situ waktu masih tinggal di solo. enak yaa

  11. herva yulyanti mengatakan:

    murah y mba padahal dagingnya banyak gitu 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      makanya mbak, aku aja g habis pikir ama murahnya dan porsi nya itu :D.. di mana coba ada yg semurah itu

  12. Sandra Nova mengatakan:

    Salaaaaah banget jam segini ngeliatin sop buntut gede2…Hahahha #deritagueh 😀
    Sebegai pengemar sop buntut, ini sepertinya enyaaak, dan harganya booo itu kenapa murah banget? Buntutnya disuntik biar gede kah? hahahhah #curigaan Kemaren aku makan sop buntut Bu Leman di Pekalongan, enak siiih tapi mehong, 70,000 semangkok #glegh udah brasa di Jakarta deeeeh

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      nah itu diaaa… semua sop buntut rata2 emg mahal.. cuma di tawangmangu ini murahnya ampun gilaa ;p.. mau suuzhon kok ga enak juga mbak ;p.. hihihi yg ptg rasanya okelah 😀

  13. ijeverson.com mengatakan:

    Solo memang gokil ya, mbak. Itu sop buntut dengan porsi yang “asik” itu harganya dibawah 30.000, dan cuma 30.000 lewat dikit kalau pake nasi. Bener banget tuh, kalau udah masuk jadi kuliner ibukota, mungkin harganya bisa nambah jadi 2 setengah kali lipat. wuhu..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itulaaah :D.. even dibanding jogja aja, hrs d solo itu masih kelewatn murah :D… jogja mungkin krn lbh bnyk turis kali ya, jd harag2 di sana udh mulai mahal 🙂

  14. Sie-thi Nurjanah mengatakan:

    Dari penampakannya aja udah lezat gimana dicicipi ya bisa habis berapa mangkok 😀

  15. Sri Mulyani mengatakan:

    Daging kelinci itu rasanya kek mana ya?
    Orang Medan mana sukak manis 😉

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha beneeeer… makanya aku tambahin sambel sop nya.. supaya manisnya ga terasa :D…

      aku g prnh coba daging kelinci mba :(.. ga tega mau makannya…kalo kata suami sih mirip2 daging ayam

  16. Ucig mengatakan:

    Aku pernah cuma sekali ke tawangmangu..Wuah manggaa nya udah dikupasin emang paling enak ya mba ^^

  17. Anis Hidayah mengatakan:

    Kenapa mbak kalau diajak makan daging kelinci nggak tega? 🙂
    Aku baru tahu juga dari blognya Mbak Fanny kalau di Tawangmangu ternyata ada juga tow tempat kuliner yang wajib buat dicoba,,,, nyesel dahulu nggak mampir kesini,,,,
    Harga Solo gituw mbak, jadi ya habisnya nggak buat kantong bolong kan? hehehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      krn aku pecinta kelinci juga mas :(.. jd ga prnh mau makan dagingnya.. kasian bgttt… suami selalu aku marahin kalo makan daging kelinci… itu buatku binatang pliaraan, bukan ternak 🙁

      makanya aku paling seneng kalo kulineran di solo ;p. harus diakuin, harga solo itu msh lbh murah drpd jogja 😀

  18. MeriskaPW mengatakan:

    Eh biasanya sop buntut paling murah yang tak temui harganya 50ribuan, murah banget ini.

    Mbak Fany sekali jalan banyak banget yang diampiri, aku kok kayaknya lelet banget ya.. ke satu tempat aja waktunya udah habis banyak, haha.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      makanyaaaa, dgn porsi segitu aku bnran takjub bgt pas bayar… beneran dagingnya tebel2 bgt Mba ^o^!!

      hihihihi, soalnya aku tuh udh bikin planning mau kemana aja kalo sdg liburan gitu.. jd udh diplot-in waktunya :D..

  19. lianny hendrawati mengatakan:

    Murah bener Fan, cuma 28 Rb? Aku yg tinggal di kota kecil aja, sop buntut rata-rata 35 rb ke atas deh harganya.
    Bisa dicoba deh klo ke Tawangmangu. Sudah puluhan tahun nggak ke Tawangmangu, terakhir smp deh. Januari 2016 lalu waktu aku ke solo, mau naik ke Tawangmangu nggak jadi karena macet banget.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      makanya aku ksana pas jumat sebelum weekend mbak… jd ga mcet ;p.. pokoknya jgn pas liburan deh.. beneraaaaan, hrgnya super duper murah byangeettt.. makanan di solo mah mana ada yg mahal sih ;p

  20. cumilebay.com mengatakan:

    Kamu makan sop buntut jauh banget sampai ke tawangmangun, di senayan ada yang enak lho kak hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      di manaaaaa???? ^o^… aku datangin deh ntr ;).. aku penggemar sop buntut mas.. jd kalo dgr adayg enak, harus dicari 😀

  21. starleery mengatakan:

    segeeerr banget liatnya. pas banget nih jam makan siang baca postingan yang ini. Jadi tambah laper :))

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hihihihi, sayangnya jauh aja dr tempatku mba.. jd g bisa srg2 dtg kesana , kecuali pas mudik k solo lagi 😀

  22. Yessi Greena mengatakan:

    boleh dicoba nih, aku juga penggemar sop buntut lho 😀

  23. Ratna Dewi mengatakan:

    Wiiihh murah banget sop buntutnya. Kalau baca yang kayak gini jadi pengen hidup di daerah soalnya harga-harga makanannya murah tapi dengan pendapatan sebanyak di Jakarta sekarang. Kayaknya asyik tuh, hihi.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beneeeeer :D.. makanya aku ama suami udh planning kalo pensiun nanti mau tinggal di solo aja mbak ;p… biar adem hidup 😀

  24. Dwi Wahyudi mengatakan:

    Jadi penasaran dengan rasanya, mana pas lagi laper tengah malam gini. Hadeuh…

  25. Yasinta Astuti mengatakan:

    Favorit aku ini mbak sop Buntut.
    Uh bacanya tengah malam tiap – tiap ke blog mba Fanny
    Ngiler terus 😀

  26. mayasitha arifin mengatakan:

    Potongan kentang sama wortelnya gede-gede yaaaa

  27. Keke Naima mengatakan:

    Keluarga saya penggemar sop buntut. Apalagi anak-anak. Kalau datang ke salah satu resto dan ada sop buntut, pasti pesan, Tapi kalau saya kayaknya harus disingkirkan seledrinya 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahahaha… kalo seledri aku msih demen mbak, tapi daun sop kurang suka, kecuali di iris setipis2nya ;p

  28. bundasaladin mengatakan:

    wiih kentangnya gede banget..
    murah banget ya

    menu lain selain sop dan pecel apa aja?

  29. Riska Ngilan Haryono mengatakan:

    Sampai sekarang aku masih saja penasaran enaknya Sop Buntut itu sebelah mananya ya mbak? dagingnya kenyel gimana gitu. hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      selera sih mbak… kalo memang udh ga suka, ya aku mau bilang enak nya di mana juga ga bakal doyan :)..

  30. Liswanti Pertiwi mengatakan:

    Waaah itu sop buntut bikin ngiler aja, apalagi malam ini belum makan apa-apa neh hehe

  31. Nefertite Fatriyanti mengatakan:

    Wiih aku udah lama banget belum ke Solo, apalagi Tawangmangu.
    Tapi kuliner Solo dan sekitarnya memang sip, murmer dan enak

  32. Fubuki Aida mengatakan:

    wow, mosok di jakarta sampe segitu mbak? sop buntut 70 ribu? mahalnya

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo mau yg murah sbnrnya ada mbak.. tapiiii jgn harap buntutnya banyak dan berdaging ;p.. biasa tulang tok.. kalo yg enak , udh pasti harganya 70an ke atas..

  33. Nasirullah Sitam mengatakan:

    Mbak, enak lagi di Tawangmangu itu sate kelincinya ahhahahah

  34. Dedew mengatakan:

    Menggiurkan sangat, sayang aku puasa daging huhu piluu

  35. Indonesia Corners mengatakan:

    artikelnya cakep. Sop buntut selalu jadi favorit mimin Indonesia Corners 🙂

  36. Annisa mengatakan:

    Tiap mudik aku lewat Tawangmangu tapi aku gak tau rumah makan inii :(( Wajib mampir nih kalo mudik lagi, thanks mba rekomendasinya! 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sama2 mbak ;)… ini gampang banget ditemuin… pake aplikasi waze juga ada.. apalagi pinggir jalan persis kok…

  37. Alma Wahdie mengatakan:

    Wuihh, aku paling doyan sop-sopan gini. Jadi laper nih bacanya siang-siang ahhaa

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo solo kejauhan, coba dibikin sendiri mbak :D. kalo aku mah pasti gagal biasanya hihihihi

  38. nur rochma mengatakan:

    Sekali-sekalinya aku makan sate kelinci (patungan) sama sopir ketika di Batu. Suami dan anak-anak gak ada yang mau. Geli.

    Baca review mba Fanny, jadi ngiler. Murah banget. Secara aku gak makan lemak, sop buntut bu Ugi ini bisa jadi pilihan yang cocok.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo sate kelinci, biar dipaksa aku g bakal mau mbak :(.. beneran ga tega kalo itu… iya tuh, kalo memang ga suka yg lemak2, sop bu ugi ini cocok, krn menurutku lemaknya udh dibuangin .. 🙂

  39. Wian mengatakan:

    Tawamangu!!!! Udah lama banget aku gak kesana. Terakhir jaman aku smp, yg berarti kira2 udah 10th yg lalu. Mudah2an bisa balik kesana lagi dan nyobain sup buntut ini.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      waaah udh lama banget ;p… harus balik lg mbak berarti.. udah berubah banget kayaknya dibandingin 10 thn lalu 😀

  40. Lia Harahap mengatakan:

    Aku suka sup buntut buatan mamaku, warnanya agak lebih kuning. Tapi kok ini murah ya, kayaknya menarik dicoba 🙂

  41. Rudi Chandra mengatakan:

    Jadi laper tengah malam pas baca cerita dan liat fotonya.

  42. Irwin Andriyanto mengatakan:

    pagi pagi udah liat beginian,,,, bikin cacing menabuh genderang perut aja nih

  43. Elang Wicakso mengatakan:

    Yaelah, siang siang gini belum makan liat postingan ini berasa pengen buru buru nyari yang beginian.. 🙂

    Tawangmangu, masuk ceklist buat next destinastion deh 🙂

  44. Ranny mengatakan:

    Udah murah meriah, enak pun! Tempatnya asik banget. Pas naik ke Tawangmangu udah laper, cucookkk nyantap iniii

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa, akhirnya ya ran, aku bisa nicipin sop iniii ^o^.. enak, murahnya itu jg bikin happy.. dan aku suka buah2an yg dijual. seger2 dan manis semua

  45. Sandra mengatakan:

    Foto Sop Buntutnya sumpah bikin lapeeerrrrr tfs ya Mbak^^

  46. nitalanaf mengatakan:

    Sup buntut di sini dua potong kecil aja mahal ya 😂 wortel kentangnya menyeramkan amat 😁

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha iyaa, potongannya gede2 banget… :D.. tapi buntutnya juga banyaak dan gede mbak… jd puas deh makan di sana

  47. De Pita mengatakan:

    duh…duh…duh…jahat banget ini postingan. Bikin Bumil+Busui lapaaaaar kwkwkwk

  48. Emakmbolang mengatakan:

    Sama mbak fanny, aku juga nggak terbiasa dengan Sop dengan sentusan rasa manis, aku suka yang full gurih gitu. sekalian sama ngereketin daginng dari tulangnya 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, tapi untungnya yg ini pas dikasih sambel, manisnya ilang mbak.. ada tuh kuliner yg aku coba, manisnya ga ilang2 walo cabenya udh ampir aku tuang ke mangkok hihihihi…

  49. Ilham mengatakan:

    wah … harganya kok murah bgt ya … patut dicoba juga ni

  50. studioznak mengatakan:

    tawangmangu tempat yang dinginya ga ketulungan tapi makanannya sedap sedap… jos gan

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo dingin bgt sih ga yaa ;p.. aku prnh ngerasain yg lbh dingin lg soalnya :D… tp makanannya lumayan lah… dan tempatnya juga nyaman di sana

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.