D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Sep 2017

24

ICIP-ICIP KULINER ACEH, DARI NASI GURIH SAMPAI IKAN KAYU DAN SAMBAL GANJA

nasi gurih bu ros

Hampir 15 tahun meninggalkan Aceh,  aku ga pernah lupa akan rasa kulinernya yang serba enak,  bersantan,  gurih dan kaya rempah.  Besar di sana,  menghabiskan waktu sampai kuliah semester 3 di Aceh (lalu DO :p) ,  tiap saat dicekoki makanannya, jadi wajar kalo lidahku sangat terbiasa dengan macam masakannya yang sangat menggoyang indera perasa :D.

 

Sayangnya,  liburan Agustus kemarin,  kita sekeluarga ga bisa lama-lama di Aceh, mengingat keterbatasan cuti dan sesungguhnya ini bener-bener unplanned,  karena awalnya kita hanya mau mudik ke Medan.  Tapi okelah..  Bisa menghabiskan 2 malam di Banda Aceh dan singgah sebentar di Lhokseumawe,   sudah sedikit mengobati kangen akan tanah Rencong.

Terlalu terpana karena Banda Aceh bener-bener berubah sejak tsunami,  aku sampe ga inget tempat-tempat yang dulu jadi favoritku hangout bareng temen-temen kuliah. Ujug-ujug udah pasti  bertanya dengan Google si master maha tahu,  dan juga beberapa teman yang masih tinggal di Banda. Hasil dari bertanya sana sini,  kita pun jatuh cinta dengan 3 warung kecil,  yang sanggub membuatku bertekad,  untuk  balik lagi kesana dan menikmati kuliner-kuliner lainnya.

 

 

Nasi Gurih Pak Rasyid

Seorang teman menyarankan untuk makan pagi di sana.  Tempatnya memang kecil,  tapi suasana pagi terasa ramai dengan orang-orang yang ingin mengisi tenaga sambil ngopi dan bercengkrama dengan teman kerabat.  Semua profesi, mulai dari tentara,  polisi,  warga sipil atopun turis,  ramai makan di warung ini.  Sesuai nama,  yang dijual pasti nasi gurih.

Jangan underestimate dengan tempatnya yang kecil begini

nasi gurih pak rasyid

Seporsi nasi yang tidak terlalu banyak,  disajikan dengan gulai daging,  dendeng manis,  tumis sayur,  dan ditaburi kerupuk, sambal, bawang goreng dan kacang, rasa makanannya sungguh bikin pagi jadi bahagia :p.  Gurih nasinya,  lembut daging gulai dan manis  pas dari dendeng yang ga keras,  aku cuma menyesalkan 1 hal, kenapa porsinya sedikit banget,  hahahaha..

Ini enak banget, tapi sayang sedikit ;p

nasi gurih pak rasyid

Sarapan kita di sana,  ditutup dengan secangkir kopi susu khas Aceh yang aromanya wangi semerbak,  pahit dan manis yang berpadu satu, menyihir lidahku yang ga biasa minum kopi di pagi hari,  jadi ketagihan dan hanya mau kopi Aceh seperti ini 😀

Kopi Aceh itu yang paling enak!! ^o^

kopi aceh

 

Alamat: Sebrang Menara mesjid Raya Baiturrahman. Jl Tgk Cik Di Tiro no 13. Banda Aceh

 

 

Nasi Gurih Bu Ros

Tempat kedua nasi gurih yang kita datangi esoknya,  nasi gurih Bu Ros deket RS Fakinah.  Sempet bingung pas mencari tempatnya, apalagi karena kita melihat 1 warung nasi yang menjual menu sama,  tapi herannya ga ada pembeli.  Karena menurut temanku, warung yang akan kita tuju ini selalu rame sampai tutup.  Ternyataaaa,  warung nasi gurih yang dimaksud,  ada di dekat situ..  Agak sedikit berjalan kaki ke samping,  lalu terlihat warung kecil,  sempit, dengan kursi meja terbatas,  tanpa plang nama apapun,  namun pengunjungnya memang membludak.

Tempat tanpa plang nama, tapi sangat terkenal

nasi gurih bu ros

Asiknya lagi,  warung ini tidak hanya menjual nasi gurih,  tapi juga lontong pecel,  lontong sayur Aceh dan mie kuning sambel kacang :D.  Omg,  itu semua menu sarapan  favoritku waktu masih di Aceh.

nasi gurih bu ros

Supaya bisa saling mencicip,  kita sengaja pesan aneka macem. Dua  Baby sitterku memesan lontong pecel.  Lontong yang lembut,  kehijauan karena dibungkus daun pisang, disiram kuah pecel, kerupuk merah putih  dan aneka sayur . Porsinya gede,  dan sangat-sangat mengenyangkan. Rasa kuah pecel yang sedikit pedas tapi juga gurih dengan semburat rasa manis.

Lontong pecel bu Ros

lontong pecel, kuliner aceh

Mama mertua dan suami memesan lontong sayur khas Aceh.  Bedanya dengan Jakarta,  lontong di aceh lebih banyak toppingnya. Semua  dicampur menjadi  satu.  Kuahnya kental dan sungguh umami,  lalu potongan telur sebagai tambahan gizi, diberi sedikit mie kuning ato bihun, kentang kering kacang, serundeng kelapa,   kerupuk merah putih , kuah kari,  dan yang bikin unik,  sambel tauco yang membuat rasanya beda!

Lontong Aceh yang ga pernah bikin bosan

lontong bu ros, nasi gurih bu ros

Aku sendiri memesan seporsi nasi gurih dengan lauk dendeng manis.  Di banding nasi gurih pak Rasyid,  harus diakui,  nasi gurih bu Ros lebih enak,  juga lebih banyak menurutku :D.  Toppingnya hampir sama,  serundang kelapa,  sambel tauco,  kuah kari,  kacang tanah yang digoreng dengan teri,  menambah sedap rasa kuliner ini.  Wajib,  wajib,  wajib,  banget coba kalo sedang ada di banda Aceh!!

Nasi gurihnya lebih enak daripada pak Rasyid 😀

nasi gurih bu ros

Alamat: Jl Jend Sudirman no 35. Geuceu, Banda Aceh.  Dekat RS Fakinah

 

Warung Aceh Rayeuk

Hari terakhir di Aceh,  kita sebenernya pengen mencari kari aceh yang sangat fenomenal.  Tapi ntah kenapa alamat yang dicari melalui waze,  ga ada yang ketemu.  Sampe akhirnya,  kita kesasar di salah satu warung kecil,  bisa dibilang tidak meyakinkan rasanya kalo melihat tempatnya   ‘jelek’  begitu :p.  Daaaan, walo nama gerobaknya tertulis Aceh Rayeuk, ini bukan restoran yang lebih terkenal di Aceh dengan nama yang sama. Jujurnya, kita juga ga tau alamat pasti warung makan ini. Ketemunya aja ga sengaja.

Warung Aceh Rayeuk yang ga sengaja ketemu

warung aceh rayeuk

Ntah staff ato pemilik,  kita dilayani oleh abang Aceh bermuka India.  Kulitnya legam tapi senyumnya cukup ramah dan bersahabat. Si abang menyajikan semua menu khas Aceh ke meja kita.  Hampir sama dengan penyajian restoran Padang,  kita bayar apa yang kita makan saja.  Menunya ternyata cukup membuat mulut kita semua mendadak penuh dengan liur :p

Makanan Khas Aceh ^o^!

warung aceh rayeuk

Gulai ikan kayu kuah merah, gulai ikan kayu kuah kuning,  kari bebek,  kari ayam,  sambel ganja,  lalu ada semacam gulai kerang,  juga ikan goreng , tempe,  perkedal dan bakwan.

 

Serasa kalap memilih lauk.  Aku tau semua menu ini.  Mama dulu sering membuatnya di rumah waktu kita masih di Aceh. Tumis ikan kayu nya pedas dengan campuran rasa asam dari bumbu khas Aceh.  Ikan kayu di saat mentah bener-bener keras seperti kayu.  Harus direndam sampai lunak,  baru bisa dimasak

Gulai ikan kayu, yang mantap jiwa ! 😀

warung aceh rayeuk

Kari bebek yang aku pengenin dari awal,  ternyata sangat juara.  Kaldu kental dengan aroma rempah kari yang wangi,  ditambah daging bebeknya empuk dan samasekali ga susah dimakan.  Heaven!

Kari bebeknya, empuk dan full kolest hahaha ;p

warung aceh rayeuk

Gulai kerang aku ga nyobain,  karena ga terlalu suka dengan kerang,  jadi seporsinya aku serahkan ke suami :p.

 

Trakhir,  menu yang juga bikin ketagihan,  itu sambel ganja.  Jangan terperdaya dengan namanya.  Samasekali ga ada ganja yang dimasukkan ke dalam.  Ini hanya sambal dengan inti utama ebi dan belimbing wuluh :D.  Kenapa dibilang ganja,  karena sekali mencicip,  tangan susah untuk berhenti menyuap.  Rasanya itu nano-nano, mulai dari manis,  gurih dari ebi, pedas dari cabe, dan asam dari belimbing. Harus coba, kalo kalian sedang di Aceh :).

Sambal ganja, tanpa ganja ;p

warung aceh rayeuk

Pastinya,  waktu 2 malam tidak akan cukup untuk sekedar kulineran di Aceh.  Dan kenapa aku ga mencoba mie Aceh selama di sana,  karena mamaku sendiri amat sangat jago dan sering membuatnya di rumah :).

 

 

Aceh lon sayang…  Doain tahun depan aku bisa balik kesana 🙂

121 tanggapan untuk “ICIP-ICIP KULINER ACEH, DARI NASI GURIH SAMPAI IKAN KAYU DAN SAMBAL GANJA”

  1. sulis mengatakan:

    Ya ampun mbak fann..makan terus..tapi langsing😀

    Nasi gurih aceh sama nasi gurih di Jawa sama apa beda mb? Klo disini kan nasi gurih nasi yang masaknya pke santan+garam+daun salam.

    Penasaran sama sambel ganja.. Tak pikir td gambar terakhir, gambar mie kuah.soalnya putih2nya kayak telur

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      KLo nasinya sendiri sama Mb. Pake santan jg. Yg beda cm topping lauknya :p. Kalo aceh lebih rame 😀

      Hahahah itulah sambel ganja. Sepintas ga nyangka rasanya bakal nano2 😀

  2. Indira mengatakan:

    Enaaakk semuanyaa kak fanny hehehe..paling kangen lontong sayur rendang aduh aduh..

  3. lindaleenk mengatakan:

    Jadi sambel ganja itu ga ada ganjanya? Kirain selama ini pake :))

  4. Meriskapw mengatakan:

    Mbak udah cek kesehatan belom? Wkwk,

    Ternyata Aceh juga kaya ya kulinernya, bikin ngiler semua lagi. Tipe-tipe makanan yang gak cukup nasi sepiring 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Hahahahah, belum cek lg mba :p. Tp biasanya kalo udh sampe jkt, aku puasa lagi :p. Utk ngedetox bdn sebelum dibombardir makanan enak lain :p

  5. Ika Hardiyan Aksari mengatakan:

    Hahaha…aku penasaran sama sambal ganja. Aku pikir ganja beneran, mbak. Dah gitu nemunya di bagian bawah pula. Sukses bikin penasaran. Xixixi. Tapi, aki baru tahu ada sambal pakai belimbing wuluh. Suegernya kayak apa itu? Pake perasan air jeruk aja udah ajib banget. Lah ini pake belimbing wuluh.

  6. Elisabeth Murni mengatakan:

    Waaaa, baca artikel ini langsung ngiler mbak. Gulai, kari, itu favorit aku semua. Lupakan diet, lupakan kolesterol pokoknya, yg penting lidh bahagia dulu hihihi.

  7. lianny hendrawati mengatakan:

    Wah sedapnyaaa bikin ngiler nih, rata-rata masakannya bersantan dan pedes ya. Aku baru tau namanya ikan kayu, sekilas mirip dengan ikan tongkol. Sambal ganjanya wajib dicicip, sepertinya segeer ada belimbing wuluhnya.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Iya mba, rata2 makanan aceh santan :D. Eh sbnrnya ikan kayu itu nama si ikan saat udh dikerasin sih.. Kalo ikannya sendiri bisa apa aja. Tp diolah sedemikian rupa supaya tahan lama dan jd sekeras kayu, baru disebut ikan kayu 🙂

  8. Chandra mengatakan:

    Saya kira sambel ganja itu ada daun ganja nya, kayanya segar bgt ya sambalnya.

  9. Anis Hidayah mengatakan:

    Ingin coba Kari bebeknya mbak Fanny, biasanya ya yang full kolest ya memang enak di santap,,, nggak ragu ah, hahaha. Lho kok bisa bermuka india ya mbak ya yang melayani di Warung Aceh Rayeuk? mungkin orang tuanya ya keturunan dari India kali, jadi ya begitu

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Banyak banget orang aceh itu yg mirip2 india mas :D. Kayaknya turunan dr nenek moyangnya yg berbaur ama orang aceh asli, jd keturunannya rada india 😀

  10. Hastira mengatakan:

    makanan sumatera kebanyakan banyak rempahnya ya, sering gak sesaui dengan lidah aku

  11. Latifika Sumanti mengatakan:

    Ah iya sambal ganja. Kapan waktu pernah viral di facebook sambal Aceh atau sambal ganja. Koq ganja sih kataku, ternyata karena efeknya yang bikin nagih ya. Hehehe… Kalo saya suka mie aceh mba, karena kuliner Aceh di kalimantan masih terbatas, jadi pengen icip nasi gurih dweh

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Tp kalo mau coba yg rasanya otentik, memang harus ke aceh mba :D. Aku nyobain mie aceh di jkt aja rasanya ga begitu pas kayak di aceh

  12. Ami Hamni mengatakan:

    aku ngerasa asing sama ikan kayu, baru denger soalnya
    tak kira ikan2an dari kayu, tapi ikan beneran toh hehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Hahahah, adaa ikan kayu. Sbnrnya ini ikan yg dikeringkan mba. Supaya awet lama. Sampe sekeras kayu. Dgr2 ada sejarahnya dulu. Jaman perang lah, utk stok makanan para pejuang. Tp enak rasanya 🙂

  13. herva yulyanti mengatakan:

    Ngomongin kuliner Aceh aku cuma baru cobain mie Aceh doank mba Fan itupun beli di kedai Cibubur haahaha karena emang belum pernah ke Aceh..
    Liat penampakannya terutama gulainya itu onde mandeh ngeceeees liatnya dan semakin penasaran sama si sambel ganja padahal fotonya klo aku liatnya biasa aja y mba kek bukan sambel kayak kuah gitu putih lagi nelen ludah deh ngetiknya, disni belum ada ni yang jualan smabel ganja jadi pengen ke Aceh smeoga aku juga bisa kesana lagi mba :p

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Itulaaah.. Sambel ganjanya terlihat biasa kan.. Tp rasanya sumpah unik banget :p. Tapi mungkin bagi yg pertama nyoba, agak aneh sih mba.. Udang dicampur asam gitu 😀

  14. Jalan-Jalan KeNai mengatakan:

    Inilah yang saya suka dari makanan khas Sumatera. Gak pelit bumbu 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Beneeeer. Makanan sumatra mah jor jor an kalo ksh bumbu ke masakan mba :D. Makanya lidahku dr kecil udh terbiasa ama rasa begitu. Jd sempet kaget pas ke jkt kok makanannya light banget hahahah

  15. Mira Kaizen mengatakan:

    Jadi ngiler mbk liat gambar masakannya.. Enak banget kyknya…

  16. SuikaLova mengatakan:

    masih jam 11.. dan mendadak pingin lontong sayur :9 aku belum pernah coba makanan khas Aceh mba, sekarang jadi pingin hunting deh apalagi kopinya hhi

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Kopi aceh yg beneran aku suka bangetttt mba. Rasanya memang beda, krn ada aroma khasnya itu loh. Trs rasa kopi aceh ga terlalu pahit :D. Aku ga doyan kopi pahit soalnya hahahah

  17. Nathalia DP mengatakan:

    Seru bgt ya menu makanan aceh, saya cuma tau mi aceh & roti cane 😀

  18. Gillllls santan mua
    #klo aku yg mamam di situ bisa mlempung kalik hihi
    Fix ni dikau pecinta dendeng
    Yg kuheran itu tiap krupuk fi aceh diremesinnya agak menghsncur gitukah, maksudnys ngremuk gitu, soalnya klo yg di jkt ksn biasanya krupuknya ga diremuk

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Hahahaha.. Ada2 aja sih nit. Perasaan ya kalo difoto bdnmu mah blm bisa dibilang ndut 😀

      Bangeeettt. Aku suka dendeng aceh. Manis gurih gitu soalnya.

      Kalo kerupuk, orang aceh memang suka makan dengan kerupuk. Dan mereka suka nyampur semua makanannya.. Makanya kerupuknya diancurin, biar nge mix nya gampang :p. Jd tangan kita ga ush kotor utk hancurin kerupuknya :p

  19. Mba Fan semua gambar makanannya bikin ngiler 😀 .Kalau anak2mu ikutan makan juga atau beli menu khusus anak?. Kirain beneran ada sambel ganja mba 😀 . Semoga tahun depan bisa jalan2 ke Aceh lagi yaa 😉 .

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      anakku yg kedua gampang makannya.. dia suka kari2an begini… tp yg pertama ga bisa… untungnya ada sedia lele goreng ato sop2 gitu ;p.. jadilah dia aku pesenin begitu 😀

  20. Akbar S. Yoga mengatakan:

    Kenapa namanya Nasi Gurih, ya? Kupikir, kalau dilihat-lihat itu sama aja kayak nasi rames, Mbak. Hahaha.
    Kalau nemu tempat makan pas lagi nyasar gitu, sejauh ini pengalamanku biasanya selalu dapet yang enak, sih. 😀

    Kupikir betulan ada campuran ganjanya itu sambel. Ternyata kayak istilah aja toh. Soalnya waktu itu pernah selalu ketagihan sama Mie Aceh di suatu tempat. Eh, kata temenku jangan-jangan ada campuran ganjanya.

    Wah, ibunya jago bikin Mie Aceh. Pantesan nggak coba satu pun. Enak sekali~ Pengin minta bikinin ibuku, tapi beliau aja kayaknya belum pernah makan dan juga orang Jawa. Wqwq. XD

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      eh tp nasi rames kan nasinya putih biasa :D.. kalo ini nasinya sama dengan nasi uduk, pake santan masaknya ;p.. makanya dinamain nasi gurih yog 😀 .

      tp denger2 yaaa, dulu katanya sih pake ganja beneran ;p.. tau deh mitos ato bukan.. ama kari di aceh katanya juga suka dipakein bumbu itu… aku mah bismillah ajalah makannya ;p

  21. Andi Nugraha mengatakan:

    Nama sambalnya bikin penasaran, pengen..hehe
    Aku belum pernah makan kuliner Aceh, penasaran gimana rasanya..

    Aku pengen banget tuh lontong Acehnya, penasaran..
    Memang gitu sih ya, Teh, hanya waktu 2 malam aja rasanya kurang. Belum lagi wisatanya ya, Teh.. Tapi bener aku penasaran sama lontongnya..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      harus cobaa ;).. kalo kamu suka makanan bersantan, rempah dan pedas, kuliner aceh pasti cocok ;)… lontongnya juaraaaak mas 😀

  22. Dewi Rieka mengatakan:

    Pengen ke Aceeeh…

  23. Yessi Greena mengatakan:

    hmmmm…aku kok jadi penasaran banget sama kopi susunya ya. tapi kopi susu di kede-kede di aceh dan medan emang enak-enak ya…makanannya juga jangan kau ragukan lagi…hehehe…aku pas awal-awal pindah ke Jawa semua makanan kayanya kurang bumbu, karena udah biasa kan di Medan bumbunya pasti terasa kali 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      akupuuuun hahahha.. pas pindah ke jkt, lgs ga puas ama makanannya… kurang santan juga hahahaha… untungnya banyak resto aceh di jakarta ;p

  24. Mugniar mengatakan:

    Ih, saya membacanya terbawa suasana. Semacam terharu. Rasanya kayak saya yang pulang ke daerah yang dikangenin hahaha.

    Saya penasaran dengan makanan ikan di Aceh, Mbak. Secara saya suka makan ikan. Kalo lihat blogger-blogger posting tentang makanan ikan dari Aceh, selalu saja ngiler 😀

  25. deddyhuang.com mengatakan:

    sedapnyaa… apalagi itu ada kerupuk merah yang biasa di gado-gado.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa kerupuk merah itu paling sering jg aku cemilin hahahah … ada 1 temennya yg warnanya merah putih.. rasanya sama 😀

  26. sari widiarti mengatakan:

    sambal ganja tanpa ganja, bikin parno duluan yang baca judul ini 😀
    tapi itu pecelnya sampai berkuah gitu ya sambalnya.

  27. Vika mengatakan:

    Wah mantap tu mbaaa.. sayangnya aku belum pernah ke aceh hijs2 btw itu kopi aceh mantap banget jadi pengen kesana nihh

  28. Sandra Nova mengatakan:

    Ku belum pernah ke Aceh, tapi suka beli makanannya di Benhil 😀 yang paling suka sih ayam daun pandan apalah itu hahah (standaaar). Kirain sambal ganja beneran ada ganjanya faaan 😀 ternyata cuman nama doang yaks..
    Btw tante, mamahnya fanny.. mau duooong dibikinin mie aceeeh hahahah #ngarep 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      yg di benhil seulawah yaaaaa??? itu langganan ku jg kalo kangen banget ama aceh :D… tp percayalah san, nyobain lgs di acehnya, rasanya berkali2 lbh nikmat hahahaha :D… jd kalo ke medan, kamu jg hrs ke aceh nya… udh deket 😀

  29. nur rochma mengatakan:

    Di Aceh, menu sea foodnya banyak sekali. Semuanya menggoda. Trus, kalau bawa anak-anak dikasih menu apa ya yang nggak pedas?
    Aku kadang suka bingung kalau jalan-jalan sama anak2. Kita sudah pengen makan kuliner khasnya, eh anak2 apa kabar? Muter lagi nyari makan. Eh, malah curhat.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      anakku yg pertama picky banget… tp untungnya di manapun kita kuliner , selalu ada kok mba menu yg ga begitu pedesnya… kyk kmrn, anak2 makan ama sop.. trs ada jg lele goreng… anakku pertama mah ikan2 goreng ato telue ceplok bgitu doyan.. jadi ga susah juga… untuk jaga2 aku jg slalu bawa abon

  30. mei wulandari mengatakan:

    Mbak Fanny itu makanannya enak-enak semuaaa tapi banyakan bersantan huaaaa, ku kurang suka. Tapi kalau masakan Aceh at least dari Sumatera biasanya emang nendang sih, soalnya budeku orang Medan enak bgt masakannya

  31. Sarah Yasmin mengatakan:

    Semenjak tsunami, memang banyak perubahan disaya ya mbak. 🙁

    Waaah, lagi hamil gini kalau baca tentang makanan bawaannya pengenn mba 😀
    Itu nasi gurih sama dengan nasi uduk gitu kali ya mbak kalau di Bali sini.

  32. Sandra mengatakan:

    Duh pengen sambel ganja^^ saya taunya Mie Aceh mba hehehe seru deh baca ceeitanya jadi pengen kesana heheh

  33. Lusi mengatakan:

    Di Sumatra. Cuma Aceh aja yg blm kami datangi. Masakan & minumannya hampir sama ya dengan propinsi lain di Sumatra. Tapi yg pernah aku cicipi diluar Aceh, masakan Aceh itu lebih pedas.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bener mba.. makanan aceh itu lbh pedes sih… dan bumbunya juga lbh berasa rempahnya :).. enak lah pokoknya

  34. Ratna Dewi mengatakan:

    Wah salah banget baca ini pas malam-malam hujan dan lapar, hahaha. Tapi aku penasaran sama sayuran yang kayak pecel itu, kari bebek, dan sambel ganjanya. Moga-moga bisa icip-icip juga ah tahun depan di Aceh-nya langsung.

  35. Bener, walaupun kecil, warung makan kayak gini biasanya menang di rasa, makanya rame terus. Aku penasaran sama yang pertama. Dan setuju (keliatannya) porsinya emang mini, apalagi buatku yang raksasa ini hahahaha

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, berasa ga puas ya mas kalo makan porsi kecil gini :D.. aku mah mau tempatnya jelek, yg ptg rasanya harus juara 😀

  36. Emakmbolang mengatakan:

    Kari Bebek terlihat seperti butter chicken India. waktubada teman dari aceh datang ke India dia meminta saya mencoba kuliner, lupa namanya, katanya mirip butter chicken

  37. jefferson mengatakan:

    kulineran di aceh memang pasti ada “khas” nya ya… Hampir banget terpedaya sama si ganja, ternyata cuma nanya. Sama kayak saya, kalau ke palembang ogah nyoba pempek.. karena mama saya jago bikin pempek, ehehehe..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaaaa, pokoknya makanan yg mamaku jago bikinnya, aku maes nyobain lg jev ;p.. mending yg punya mama deh 😀

  38. Liswanti mengatakan:

    Nasi gurihnya sepertinya enak ya mba, aku baru icip kuliner aceh ya mie aceh saja.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      di bandingin mie aceh, kuliner aceh lainnya jaaauuuhh lbh mantap mba ;).. harus coba kalo ke aceh

  39. antung apriana mengatakan:

    wah nasi gurih bu ros itu benar-benar biasa ya tampilannya. apa nggak pengen pindah ke tempat yang lebih besar yaa

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo pindah ke tempat lbh besar, mungkin ntr hrgnya jd lbh mahal mba ;p.. mndingan di situ aja… udh banyak yg tau, dan pasti sewa tempatnya ga mahal2 banget 😀

  40. Ira Duniabiza mengatakan:

    Kalau di Banda Aceh suka dengan Ayam Lepas dan Rujak Bank Jali…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ayam lepas aku jg sukaaaak.. tp kemarin memang ga mau ke bang jali krn dulu udh sering mba ;p.. makanya aku mau nyobain yg lainnya

  41. Wian mengatakan:

    Baru kmrn nih aku makan di resto aceh di scbd. Ada menu sambal ganja juga. Tp aku gak mesen. Jadi nyesel deh kmrn gak mesen. Liat review kamu, bikin aku ngiler mba…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ga tau deh sama ato ga rasanya ama yg aceh asli… tp awal2 nyobain sambal ganja ini memang aneh mba… lama2 baru berasa enak dan nagih ;p

  42. Pritahw mengatakan:

    wah mbak, ngiler. Kayknya selera Aceh lbh ke gurih dan santan ya, mirip Padang yahh

  43. Ranny mengatakan:

    Nasi gurih ini duhhhh bikin ngiler Fan. Biasanya di kota Sumatera lain ada nggak ya?
    Selama ini taunya Mi Aceh saja, dan di sini Mi Acehnya nggak enak ih huhuhuh

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beda topping kalo nasi gurih aceh dan kota lainnya… di medan aja nasi gurihnya beda ran :D.. jd memang hrs coba di acehnya 😉

  44. ami hamni mengatakan:

    hoalaaaah ami lebih ngiler sama nasi gurih pak rasyid

  45. Amanda mengatakan:

    Hastagah sambel ganjah…
    waktu ke Aceh, aku nggak kuat makan disana, karena menunya santeeeen, kolesterol meeen
    pulang2 gendut, padahal cuma 3 hari disana wkkw

  46. Dila Augusty mengatakan:

    Lontong Aceh sama tumis ikan kayu emang endeeeesss, mb. Jatuh cinta sejak pertama nyobain

    Sama nasi kuning yang pernah dibuat tetangga disini. Orang Aceh. Aduuuu itu meuni endeeeeessss. Aaaah, pengen lagi. Tapi gak ada yang jual kayak punya dia

  47. Witri Prasetyo Aji mengatakan:

    Siang-siang baca nih review, mendadak laper…
    aku ada saudara di Medan juga loh Mbak… tapi aku belum pernah ke sana…. waaaawww
    Kalau ada kesempatan ah…

  48. Yesi Intasari mengatakan:

    aku suka banget sama bebek, tapi belum pernah nyobain kari bebek khas aceh gitu, bikin laper liatnya aduuhh..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Waah hrs coba kalo gitu mba :D. Bebek di bikin kari makin mantap itu rasanya. Bumbunya rempah banget.. Dan pedaaas :p

  49. Vita Masli mengatakan:

    Duuhh tampak menggiurkan semua ih. Jadi laper. Penasaran pengen coba sambal ganja, mumpung masih legal. Hehehe

  50. Anisa Ae mengatakan:

    Aduuuh, masakannya menggugah selera semua. 😀

  51. Nita Lana Faera mengatakan:

    Dirimu DO karena pindah kuliah ke Penang bukan ya, Mba? Wadaww kuliner Aceh yang saya tau cuma mie Aceh, ternyata banyak ragamnya ya, haha… Nasi gurih ini semacam nasi lemak atau nasi uduk ya. The most penasaran yang bikin saya pingin coba masak itu sambal ganja, haha… Perpaduan ebi dan belimbing wuluh ya. Mantapp ini 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Yooi mba :p. Gini2 aku sempet DO hahaahah.. Krn pindah k penang sih itu.. Jd kalo ada nama siswi DO di unsyiah, namaku pasti kluar :p

  52. Zizy Damanik mengatakan:

    Makanan Aceh memang sedap-sedap ya. Sama kek makanan Sumatera, bumbunya itu nagih.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Krn lidahku memang terbiasa ama makanan aceh, ya buatku semuanya memang enak mba :p. Tp makanan sumatra utara pun ga kalah enaknya :p. Yg aku suka kalo makanan sumatra ini rata2 bersantan yaa.. Jd gurih. Beda ama maknan jawa yg cendrung bening dan simple

  53. IRZAN ZULMI mengatakan:

    wah jauh banget si di aceh ..

  54. Lanny mengatakan:

    Ih mantap ini… Semoga bisa ke Aceh suatu saat. Makanan sumatera tipikalnya sama ya…kaya bumbu hot:)

  55. evrinasp mengatakan:

    weekend ini aku mau ke aceh mbak, noted banget buat pilihan makanannya biar gak bingung selama di sana, mbak fanny malah udah duluaan

  56. duitptc mengatakan:

    kirain sambel ganja itu ada campuran ganjanya, karena gosipnya makanan aceh rasanya enak karena dicampuri sama ganja.

  57. Yasinta Astuti mengatakan:

    Uhhh seneng bisa icip – icip makanan Aceh langsung di sana hehe. Aku kira sambal ganja ada ganja nya loh mbak ^^

  58. Tuxlin mengatakan:

    Langsung fokus ke sambel ganja…. Ternyata gak ada ganjanya wkwkwkw… Bisa ngefly tar hihihihi… Kari bebek sama nasi gurih bikin penasaran pengen nyoba… Yang pernah saya coba cuma Mie Aceh doang hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ga adaaa..aku jg berharap ada ganja tadinya ;p.. nasi gurih aceh dan kari bebek nya, jauuuh lbh enak drpd mie aceh mas :D.. wajib cobalah kalo ksana

  59. Anis Lotus mengatakan:

    Tadinya penasaran apa itu ikan kayu? Dimasak di kayu atau gmn? Ternyata memang ada ya namanya ikan kayu 😁… Sambel ganja juga bikin penasaran mbaa 😁

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      disebut ikan kayu, krn ikannya keras mba.. jd ikan ini mmang dikeringin dulu, supaya tahan lama, trs sebelum dimasak, biasanya direndam, supaya empuk lagi :D.. itu kenapa disebut ikan kayu 😀

  60. Ade UFi mengatakan:

    Itu kopinya pakai skm ya? Duuuh muoeng. Apalagi sambal ganja. Mau tau rasanya yg bisa bikin orang ga mau berhenti makan. Hahaha..

  61. Ranselusang mengatakan:

    Aduh bikin laper ni kak
    Tapi yang bikin penassran kopi susu acehnya
    Berbuih gimana gitu. Apalagi pas tau pahit manis dan sepettinya wajid di cicip kalo ke main ke aceh

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.