D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Apr 2015

05

BRUNEI OH BRUNEI… NEGARA KAYA YANG MISKIN TRANSPORTASI UMUM

mesjid omar ali saefuddien

Jujur aja nih, aku ke Brunei itu cuma karena mau mengkhatamkan destinasi Asia Tenggara :D. Penasaran dikit sih ama negara kaya minyak yang Rajanya termasuk  terkaya nomor 1 di dunia. Sebagus apa sih negaranya? Banyak tempat wisata ga? Trus pake hukum Islam, orang-orang yang belum menggunakan Jilbab seperti aku bakal masalah ga ya? Kulinernya ntar enak ato ga? Orang-orangnya sombong ato ramah? Karena negara kaya, jangan-jangan semua serba mahal di sana… Itu beberapa yang sempet aku  pertanyakan. Tapi setelah melihat sendiri negaranya, semua kekuatiran tadi langsung ilang. Walo pake hukum Islam, buktinya aku yang ga memakai jilbab ga ngalamin  masalah apa-apa di sana. Ga keliatan juga tuh  polisi Syari’ah  yang biasa ada di kota-kota ato negara penganut hukum Islam seperti  Aceh. Masyarakatnya sendiri, ramah banget. Bahasa yang mereka gunakan tetep bahasa Melayu seperti Malaysia, tapi sebagai orang yang pernah tinggal 4 tahun di Penang, aku mendengar sedikit perbedaan kosa kata dengan negara serumpunnya itu ;p.

Bicara tentang kuliner, makanan  Brunei samasekali  ga mengecewakan. Enak-enak, walo kebanyakan bukan asli berasal dari negara itu sendiri. Sayangnya aku ga ngerasain nasi Katong yang merupakan makanan khas dari Brunei. Karena dari apa yang aku denger dan baca, itu semacam nasi dengan lauk ikan. Sementara aku…. ga doyan ikan :D. Tapi tentang  kuliner, ntar  aja  ditulis terpisah di postingan berikut 😉

Jadi, kemana aja dong selama 3 hari 2 malam di Brunei?

Oke, malam pertama, kita hanya menjelajah daerah seputaran hotel yang ternyata banyak tempat makan dan belanja :D.

Jalanan kota yang sepiiii

jalanan brunei DSC06136

1. Mesjid-ke-Mesjid

Baru di hari kedua, kita sepakat untuk  menyewa mobil hotel plus supirnya, yang akan  membawa kita jalan-jalan keliling kota :D. Oh ya, FYI aja, transportasi di Brunei rada susah. Cuma ada taxi, yang mahal banget, dan bis, yang munculnya kurang lebih 1 jam sekali -_-. Seriously, selama aku di sana, ga ada SEKALIPUN aku ngeliat bis purple yang merupakan tranportasi umum Brunei itu lewat. Bis memang lebih murah biayanya. Sekali naik per orang cuma BND1. Tapi kalo munculnya ntah kapan tau, ya aku ogah banget. Mana daerahnya panas beeuudd. Jadi, demi kenyamanan kita bertiga, aku prefer menyewa Alphard nya Hotel Badi’ah, untuk nganterin kita muter-muter kota 😀 hihihihii…Gaya ceritanya… ;p Tapi jangan salah, biayanya murah banget bok. Udahlah mobilnya bagus, pake supir, dianter PP lagi, dan kita cuma bayar BND 20 ONLY!!!  Ya mending naik inikan?? Daripada bis yang ga jelas rute dan jam nya ;p

Sewa mobil selama di Brunei

DSC06301

Supir hotelnya  ramah, nganterin kita ke tempat-tempat turis biasa datang kalo ke Brunei. Kita ngelewatin Mesjid Jame’ asr Hassanil Bolkiah, yang memang cantik dan megah..Juga ada museum Regalia, tapi ga tertarik masuk karena toh bagian dalamnya ga bisa difoto. Lalu berhenti di mesjid Omar Ali Saifuddien yang fotonya paling sering aku liat karena bayangan kapal yang memantul di airnya itu. Turun dari mobil yang adem, whooaaa, panasnya langsung bikin aku kliyengan. Tapi ditahan-tahanin, mumpung lagi di Brunei ;p Mesjid Omar Ali Saifuddien ini memang cantik. Kubahnya 100% dilapisi emas! Saat masuk ke dalam mesjid, karena memakai celana selutut saat itu, aku diwajibkan memakai jubah panjang hitam untuk masuk ke dalam. OMG, ruangan dalamnya ternyata luar biasa dingin ^o^..Aghhhh, aku pasti betah sholat di sini… Ga bakal kepanasan ;)! Sayangnya foto hanya boleh diambil di bagian luar mesjid, dan tidak di dalam.

mesjid jame’ asr hassanil bolkiah

mesjid jame asr hassanil bolkiah

Mesjid Omar Ali Saefuddien
DSC06153 omar ali saefuddien

2. Kampong Ayer

Keluar dari mesjid, kita jalan kaki sedikit ke arah dermaga kampung Ayer. Ini perkampungan air terbesar di dunia! Meski disebut kampung, jangan bayangin tempat ini kumuh dan ga terurus ya.. Justru rumah-rumahnya terawat, dan layaknya kampung, fasilitasnya komplit. Ada sekolah, pemadam kebakaran, dan kantor polisi. Semua di atas air! Transportasi mereka sehari-hari, ya menggunakan boat. Dan itu yang kita sekeluarga lakukan. Keliling kampung ayer menggunakan boat. Biayanya ga mahal, hanya BND 25 menggunakan kapal boat orang lokal… Karena ada 2 jenis kapal boat untuk keliling kp Ayer,  1 untuk turis, dan lainnya  biasa digunakan orang lokal. Kapal boat turis jelas mematok harga lebih mahal. Kalo ga salah BND40an hanya untuk keliling kp Ayer.

DSC06160 DSC06174 DSC06177 DSC06178 DSC06179

Boat yang kita tumpangi melewati banyak tempat. Cuaca terik membakar saat itu, ditemani tiupan angin sungai yang sukses mengacak  helai-helai rambut. Dari kejauhan, terpandang Istana Raja yang hanya terlihat atap emas nya. Supir perahu menunjukkan  beberapa bangunan sekolah, dermaga-dermaga tempat orang lokal menunggu boat, bengkel kapal, dan semakin masuk ke arah hutan, rumah-rumah kampung ayer juga semakin jarang. Kita melewati hutan lebat, untuk melihat Bekantan ato monyet berhidung panjang. Nemu sih beberapa ekor, tapi mereka hinggap di pohon-pohon tinggi sehingga ga ketangkap kamera. Tapi yang bikin jiper, pas supir perahu bilang di daerah itu banyak banget buaya-buaya besar dan ular!! Whooaa jari-jari tangan yang tadinya masuk ke air, langsung sigap aku tarik kembali ;p

Atap Istana Raja

istana raja brunei

Masuk ke daerah hutan

DSC06210

Perahu kita lalu  sampai di suatu batu besar, yang konon merupakan legenda Nahkoda manis. Agak-agak mirip  cerita Malin Kundang anak durhaka..Inipun pelaut yang durhaka ama ibunya juga, sehingga kapalnya bisa curam begitu 😀 Ntah bener ntah ga, tapi bentuk batunya diliat dari samping memang seperti kapal yang karam sebagian.

Legenda kapal nahkoda manis yang karam sebagian

DSC06190

Ga sampe 1 jam kita keliling sungai Demuan untuk melihat kehidupan kampung Ayer. Merapat kembali ke dermaga sambil mengucapkan terimakasih ke bapak perahunya yang ramah banget 😉

Supir perahu kita yang super duper baik

DSC06244

3.Pasar Kianggeh

 Dari Kampung Ayer, hanya perlu jalan kaki sekitar 15 menit ke arah Pasar Kianggeh. Ini beneran pasar tradisional  yang menjual ikan, hasil laut, dan sayur-sayuran.. Jadi  ga mau terlalu lama di sini, aku dan suami hanya membeli 2 gelas minuman, lalu langsung keluar . Kelebihan pasar ini,  bersih dan ga berbau 😉

DSC06250 pasar kianggeh

4. THE MALL

Saking panasnya Brunei, akupun menyerah dan minta supir hotel untuk membawa kita ke mall 😀 Pengen ngadem bok. THE MALL, yang merupakan mall TERBESAR di Brunei Darussalam, tapi begitu masuk kedalam, hufftt… ga mungkin aku bandingin ama Pacific Place ato Grand Indonesia di Jakarta. Lebih cocok kalo perbandingannya…………. ITC Cempaka Mas, bedanya hanya, yang di Brunei ini luar biasa sepi 😀

THE MALL, mall terbesar di Bandar seri begawan  😀

THE MALL BRUNEI

Barang-barang yang dijual juga barang biasa. Bukan branded luar seperti LV, Burberry ato merk-merk lain yang banyak dijumpai di MALL megah  Jakarta, which makes me astounded honestly. Negara ini kaya, tapi ga konsumtif. Orang-orangnya sederhana, pakaian mereka sederhana, tapi tetep terlihat negara ini makmur dengan segala keterbatasan wisata dan transportasinya 🙂

Ingin belanja souvenirs?  Lebih bagus belinya di bagian luar THE MALL. Ada beberapa toko yang memang menjual aneka souvenirs khas Brunei.  Harga standard lah..Sayangnyaaaa..aku ga nemuin T-shirt kualitas bagus dengan kata-kata Brunei. Semuanya jelek tapi mahal. Jadinya kita hanya membeli magnet, kartupos, lonceng dan hiasan kayu khas Brunei.

5. Berenang di Hotel

Capek dan gosong akibat kepanggang matahari khatulistiwa,  kita balik ke hotel dan menikmati waktu leyeh-leyeh sambil berenang di kolam renang Badi’ah hotel. Hari udah ga panas, dan kolam renang yang terletak di lantai 4  sedang sepi. Lumayan asyik untuk mendinginkan badan dan menghabiskan  waktu 😉

kolam renang badi'ah hotel

Things to know in Brunei:

a. Peraturan di sini ketat. Jangan coba-coba ngerokok di Brunei, ato kalian bakal didenda BND300.

b. Mata uang SGD bisa dipakai di Brunei. Karena nilainya sama. Tapi kalo kalian bayar dengan SGD, kembaliannya bakal dalam BND.

c. Walo mata uang SGD bisa dipakai, tapi mata uang ini ga bisa dituker di Brunei. Jadi mending bawa SGD nya dari Indonesia sejak awal. Tapi dipikir ngapain juga nuker SGD di Brunei?

d. Petugas bandaranya ketat banget -__-. Bagasi kabin ditimbangin loh. Kalo lebih dari 7kg (aturan Airasia), siap-siap bayar excess nya aja. Untungnya nih, kita selamaaaat ^o^.Aku juga ga ngerti kenapa kita bisa kelewat ditimbang, karena smua orang pada ditimbang cabin bagnya..Thank God…Koper kabin kita berdua jelas-jelas 12 kg beratnya untuk masing-masing koper ;p Pahala anak sholeh, masih dilindungi Tuhan 😀

e.Bagi yang mau traveling secara hemat, dan ga mau naik taxi ato sewa mobil hotel, siapin aja tingkat kesabaran maksimal untuk nungguin bus di sana. Sumpah aku malah ga yakin bus di sana exist saking jarangnya ;p Kalo  ada kenalan yang punya kendaraan di Brunei, mending dikontak aja untuk  minta bantuan  kliling kota 😀

f. Bicara cuaca, Brunei is totally DAMN HOT!!!Bagi yang ga kuat panas, mending pakai baju tertutup dan sunblock super kuat. Kulitku sukses berubah warna ke arah gelap hanya dalam 1 jam keliling sungai Kp Ayer. Dan butuh waktu 4 bulan untuk balikin ke warna asal 😀

 

118 tanggapan untuk “BRUNEI OH BRUNEI… NEGARA KAYA YANG MISKIN TRANSPORTASI UMUM”

  1. damarojat mengatakan:

    panas ya? saya kira enggak lho. tfs ya. semoga saya bisa juga ke sana. pakai hukum Islam tapi ga galak ya. keren.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bangeeetttt mas… plagi aku ga kuat bgt ama panas..jkt aja pusing panasnya…brunei lbh panas lg -__-. bedanya udaranya bersih 😀 G ada polusi

  2. Murti mengatakan:

    Brunei salah satu destinasi impianku. Dekat dan kesannya anggun

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo mba suka wisata religi ato ngeliat bangunana2, Brunei pas bgt…tapi krn aku dasarnya lbh suka wisata extreme, kyknya Brunei cndrung bosenin buatku 🙂 Ini didatangin supaya dapat chop negara brunei aja di psport ;p

  3. Hidayah Sulistyowati mengatakan:

    Bersih di mana-mana ya, mupeng jalan-jalan kemari

  4. mawi wijna mengatakan:

    Wew… nggak ada angkutan umum. Gimana nasibku kalao mau blusukan ke air terjun mbak Fan? Eh, di Brunei ada air terjunnya nggak sih? Hahaha. 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahahah…ga tau mas….sepertinya sih ada..tapi kalo aku liat di luar kotanya gitu…. smntara krn waktu kita sempit bgt, keluar kota ga kita jabanin… krn jauh juga

  5. molly mengatakan:

    Ternyata Brunei segitunya ya… hehehe. Padahal pernah bercita2 mau kesana, tapiii… entahlah… hahahaha.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Iya mba….kalo ditanya, mau lg kesana ga? jawabnya, engga :D.. Bosen bgt mbaaa… -__-

  6. Yoga Akbar Sholihin mengatakan:

    Bersyukur banget, Mbak. Itu 2 koper 12 kg nggak kena charge. 😀 Rezeki anak sholehah. :))
    Gue baru tau, SGD sama Brunei itu nilai tukarnya sama. 😀

    Huwaaaahhh, mupeng banget pengin ke sanaaaaa.. 🙁
    Apalagi ke masjid bagus seperti itu. :’)

    Lah, kok perbandingannya sama mal begitu, Mbak? Bener-bener sepi? :/

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Iya Yog, ampir semahal singapur nih negara -_-. maklumlah ya, kaya raya gitu…

      eh serius loh, mallnya itu amat sangat sederhana sekali 😀 Ga kliatan mewah2nya… hebat ya pemerintahnya ga tergiur ama mal2 mewah gitu 🙂

      kalo bangunan mesjid2 di sana, aku akuin cakep2 bgt..dan dinginnnn..asik deh solat di sana

  7. rahmiaziza mengatakan:

    Liat potonya kayaknya bersih banget ya kotanya. Tapiii lebih panas dari Jakarta?? OMG!!!

  8. Goiq mengatakan:

    Jadi lebih enak sewa mobil yah jalan-jalannya. Noted

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      tp pastiin hotelnya nyediain fasilitas itu ya mas 🙂 Hotel tempat aku nginep lumayan asik tuh..ntr reviewnya ku tulis

  9. Efenerr mengatakan:

    Gokil sudah sampai Brunei. haha.
    Aturannya ketat ya, mungkin itu konsekuensi negara kaya raya. 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      he eh mas… ketat bgt aturannya… temen papaku yg diplomat di sana cerita, kalo dia mw ngerokok itu hrs di kantor kbri, ato di rumah 😀

  10. Fahmi Anhar mengatakan:

    ahh jadi kangen brunei mbak. tapi jadi tau ada sewa alphard keliling kota cuma 20 BND haha, tips bagus tuh buat yang mau jalan kesana 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      eh, tp ini yg dr hotel ya mas :D..Kalo sewa lepasan dr rental mobilnya aku ga tau deh apa bisa segitu jg ato ga 😀

    • Amirah Faris mengatakan:

      Hi. kalau mau sewa kereta, kebetulan saya bekerja di perusahaan swasta car rental. 😀
      yes true, Brunei panas, tengahari boleh mencecah 33 to 35 degree celsius.

      • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

        hai.. oke noted.. kalo saya ke brunei lagi, ntr saya cari tau ttg car rental di sana.. 🙂

  11. winda puspita mengatakan:

    gitu-gitu aja yaa brunei… kayaknya panasnya gak nahan ya mba..hihihi

  12. winda puspita mengatakan:

    kayaknyaa panas banget yaa brunei…kok bosenin yaa keliatannyah hehehhe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itu diaaa, tempat wisatanya ga bnyk mba :D.. Kalo mw agak extreme ada tur trekking ke hutan gitu sih…cm aku bawa anak kecil, ogah bgt msk2 hutan 😀

  13. ohandrian mengatakan:

    kalau dilihat dari foto,cuacanya sangat panas.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Buangeettt 😀 Kalo cuaca ga sepanas ini, mungkin aku ga bkl cepet capek jln2 kliling nya

  14. Beby mengatakan:

    Kak, aku tes pakek email lain yah, soalnya komen di WP pada ngga muncul..

    Piginya sekeluarga ya? Aku kira sama Kak Winda.. 😀 Itu Fylly tetep setia sama kain jarik kesayangannya. Wkwkwk.. Tapi begitu sederhananya kah mereka, Kak?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ini muncul semua bebe komenmu… kan aku moderasi dulu …

      nah jd kmrn itu, aku ke thailand ama winda…trus kita pisah di KL, dan aku ketemuan ama Raka dan Fylly ;)… baru deh lanjut ke Brunei dan balik lg liburan bntar di KL.. 😉 Gituuuu 😀

      Orang2 brunei yg aku liat sih beneran deh sederhana bngt… model jilbab aja msih yg segiempat biasa tnpa hiasan apa2… Malaysia aja model jilbabnya udh rada modern kan… Brunei ga samasekali… baju masih yg panjang2 kyk baju kurung… tapi jadi salut gitu beb… 😀 hebat mereka…

      • Beby mengatakan:

        Iya tapi kemaren pakek email ini trus komen di blog wp pada ngga mau muncul.. Wkwkwk 😀

        Iiiiiis.. Ku kira yaaaa.. Patut lah lama kali ngga keliatan, asik liburan rupanya.. Bahahah!

        Hebat ya.. Padahal istilahnya orang itu bisa belik yang modis, secara duit melimpah.. Rakyatnya kan makmur semuanya.. Mueheheh..

        • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

          Tapi kayaknya kalo dibandingin ama rajanya kliatan jomplang…baru2 ini abis nikahin anak kan tuh si raja..gila ya, kayak nikahan putri dongeng deh..perhiasannya luar biasa semua… pdhl kalo rakyatnya sendiri ga seheboh itu kehidupannya 😀

          • Beby mengatakan:

            Kebiasaan dia yang sukak menunjukkan kemewahan kali, Kaaak.. 😀 Dulu kabarnya kan sang pangeran sukak ngundang diva sekelas Mariah Carey di pesta ulang tahunnya 😛

          • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

            iya…. raja dan keturunannya hedon bgt kehidupannya ;p

          • Beby mengatakan:

            Baju pernikahan anak-anaknya aja bertahtakan berlian, ruby, lalalaaa~ Hahah.. 😀

          • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

            Itulah… tapi krn rakyatnya jg makmur, ya sudlah ya… beda ama Indonesia dulu, ga merata.. yg kaya, kaya bangeett, yg miskin ya miskin bgt -_- jd pd demo deh

  15. Keke Naima mengatakan:

    kalau panas banget cuacanya memang asiknya ngadem di ruang berAC atau berenang hihihi

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mba, panasnya ampun deh… Tapi asiknya, di brunei itu ruangan, hotel, ato tempat perbelanjaan dibikin sedingin mungkin…Kaca depan hotel tempat aku nginep ampe berembun saking dinginnya.,,

  16. Hendi mengatakan:

    btw disitu nggak ada sepeda motor gitu? secara garis besar sesuai dengan apa yang aku lihat di RTB (televisinya brunei)suasana negara itu.

  17. Renggo Starr mengatakan:

    Jadi setelah ke Brunei ini, udah katham destinasi Asia Tenggaranya, mbak? Hehe.
    Masih heran kenapa angkutan umumnya begitu sulit. Ini kan ngeribetin wisatawan macam mbak Fanny ini.

    Eh iya, tiap harga mbok dikasih koversinya ke rupiah, mbak. Jadi yang baca (terutama aku) ga bertanya2 “segitu berapa rupiah, ya?”

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Sebenernya blm mas 😀 Hahahaha, tp sengaja mw seleseiin brunei krn ini negara mahal…jd sebelum mata uangnya naik lg, didatangin skr ;p… masih ada 3 yg blm aku dtgin…. Laos, Myanmar, dan timor leste…

      Aku sih yg ptg di sana ada sewa mobil, ga bkl ribet ;p… kec kalo sewa mobil jg ga ada, baru deh itu super ribet..

      Ok deh, ntr aku tulisin konversinya 😉 Kalo brunei BND ini, kmrn pas kita dtg ratenya 1 BND= Rp 9400 .. 🙂

  18. Febri Dwi Cahya mengatakan:

    Brunei itu negara kaya ya mbak ._. kayaknya keren. Makmur nggak mbak disana?

    Eng, nggak beda sama Indo ah kayaknya alamnya mbak.

    Tapi, mau dong kesana?

    panas banget ya? ._. 1 jam aja jadi item, aku disana jadi apa coba. udah item, tambah item wkwkw

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Termasuk yang kaya 🙂 Karena cadangan minyak mrk lumayan gede… Kalo soal alamnya, bagusan Indo kemana2 lah, yg beda tingkat pendapatan perkapita masyarakatnya aja 😀 Cuacanya aku memang ga kuat mas… Panasnya nyengat -__- lgs belang deh bdn …Ajak Bebi tuh kesana 😀

      • Febri Dwi Cahya mengatakan:

        Iya mbak, katanya brunei cadangan minyaknya gede. Makmur juga deh kayaknya 😀

        Hihi Jadi masih lebih bagus indo 😀 kereeen 😀

        Eng, panas ya -_- Beby mana kuat panas mbak -_-

        • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

          Hahahaha, aku jg ga tahan panas Feb… Kalo mw milih sih , bakalan k tempat2 dingin drpd yg bikin gosong gini ;p.. Tapi ceritanya kan mw khatamin asia tenggara ;p hahahah makanya hrs kesana

  19. Dewi mengatakan:

    Brunai cantik sekali mak, padahal dekat Indonesia, suasananya sepi dan teratur seperti Eropa 🙂

  20. ijeverson.com mengatakan:

    wah, mungkin sangking terlalu kayanya sampai lupa sama kendaraan umum.
    brunei bersih juga ya ternyata…..

    mantap mbak, sukses selalu trevelling nya!!

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Hahahaha…bisa jadi bisa jadi mas :D.. Semuanya udh pada kaya dan punya mobil, jd kendaraan umum ga perlu ;p

  21. fandhy mengatakan:

    wahhh jadi udah negara mana aja yang udah kamu kunjungin mbak? kayaknya asik tuh jadi traveller, bisa jalan jalan :3

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      belum banyak kok mas 😉 Baru 12 negara..masih kalah dibandingin suamiku yg udah puluhan, secara dia traveling dr umur 3 bulan 😀 Traveling itu ngilangin stress, cobain deh… ga usah jauh2 dulu… trs baru naik kelas ke tempat2 yg jauh 😉

  22. hanif mengatakan:

    masih dekat dengan khatulistiwa jadi masih terasa panasnya mbak. hehe, apa disana tidak ada bukit/gunung yg sudah dihuni ya, jadi bisa jalan2 kyk ke puncak gitu ngadem 😀

  23. Wilma mengatakan:

    Hallo mba salam kenal!
    Baca ini jadi nostalgia Brunei 😉
    2tahun lalu sempat ksana nyusul suami kerja. Emang bener bis tuh juarang banget. Apalagi kami dulu di Kuala Belait, jauh dr BSB, harus cari tebengan kalo mw ke airport 😉
    Tapi betah kok disana, damai jarang mal, kantong aman 😉

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mba, bagusnya sih, kantong aman ;p palingan kalo di sana saya kalap kuliner aja nih,,,

  24. Wida Zee mengatakan:

    Berarti rata-rata memiliki kendaraan pribadi dong ya hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya :D.. Ada yg bilang nih, kalo org kaya di sana mobilnya keluaran eropa… yg menengah ke bawah keluaran jepang paling murah. hahaha nth benr nth ga ;p.. tapi yg pasti aku jaraaangggggg bgttttt liat motor… jgn2 emg g ada ;p

  25. cumilebay.com mengatakan:

    Aku blm kepikir ke brunai, kata temen ku yg perna kesana kalo wisata nya mesjid dan istana doang hahahaha

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo kamu mw cari wisata kancut, kyknya susah mas di sana ;p hahaha… mending wisata kuliner deh.. bagi yg ga suka liat istana, museum ato mesjid, bakalan bnr2 bosen sih 😀

  26. Indra Kusuma Sejati mengatakan:

    Wah, kalau ingat Brunai kayanya ampun banget Mba, panasnya jadi seperti di tampol habis. Lumayan juga keliling di sana, perjuangan nunggunya itu loh yang pakai sabar plus banget. Namun negeri ini buat kangenin juga dengan kebersihan dan tertibnya. Kalau tempat destinasinya di sana tidak ada yang baru ya Mba ?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      spertinya ga ada mas :D.. Lah wong aku pusing udh nanyain ke org2 di sana mw kemana lagi, mrk sendiri bingung ;p

      • Zaki mengatakan:

        hi Fanny, sorry u didn’t enjoy ur stay in brunei, but thank u for saying good things about brunei too hahaha u asked the question that most bruneians wish didnt comes out frm a tourist mouth

        • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

          Hi zaki… tx for reading too ;).. I enjoyed my stay in Brunei, but just couldn’t stand with the heat hahahaha… but for sure, I love the culinary 😉

          • Zaki mengatakan:

            i love to read travel blogs frm japan, korea *if it’s written in english* philippines, n indonesia bcoz they r not biased on their opinions… 45% or more cooks/chefs in brunei r frm indonesia actually ? thats something ur country should be proud of, apart frm the two mosques n the water village, our food gets lots of praise frm tourists, which were cooked by indonesians ☺️ it is actually surprising to us bruneians that indonesians, japanese, singaporeans etc. said that they loved the food in brunei, even some said they missed it…. thank u so much fanny

          • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

            Hahaha… you’re welcome Zak. I don’t write my blog in english just because having no time to translate it. As most of my readers prefer reading my blog when it’s written in Indonesian ;). But I presume you can understand Indonesian since you understand the content of my blog ;)..

            Ah, Maybe I’ll be back to Brunei some day just to taste other culinary there ^o^ .. Btw, do you have your own blog?

          • Zaki mengatakan:

            oh finally i found your blog again ? sorry I don’t have any blogs, bruneians love to read, but hates writing ? there aren’t many blogs that belings to bruneians, we r a lazy bunch hehehe… can u please share with any frens, families or anyones reading ur blog that’s planning to go to beunei, if they r having problems with transportation or any sort of difficulties, don’t be afraid or shy to ask the locals or expats, locals, filipinos, indonesians or indians, they will never let anyone be left alone there, bcoz we know brunei is not ‘tourists friendly’ *if u know what i mean* especially when it comes to public transport, better yet, most workers in shops n restaurants around bandar are indonesians, they can help find ‘private’ taxi or guide, they’ll be happy to help, lots of indonesians there have their own car, maybe this helps… n if u decide to come to brunei again, if u r into sushi, try kaizen sushi, or escapade sushi, malaysians say we have the best sushi after japan hahaha, or maybe sushi in malaysia aren’t that good, just write sushi in brunei, brunei sushi or whatever, u’ll find many malaysians blogs talking about our sushi, n korean food in brunei is not that bad either… I’ve read ur article on foods u have eaten in brunei too, good response from ur viewers hehehe, n I’ve also read most of the countries u’ve been to, the way u write any ‘negative’ or something yg gak cocok for u doesnt offend the people frm the country u r writing about *if they can read in bahasa* n u still encouraged whoever wants to go there, unlike bule, some of their blogs not only discourage people who wanted to go there, they humiliate the country n the people too, thats y i only read japanese, filipinos n indonesians blogs, n im 100% sure ur followers agree with me too judging by the followers u have ? good work n happy travelling fanny…

          • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

            ah, I don’t like to write something humiliating about the countries I’ve been to. Because for me, all the countries are fascinating.. Eventhough we find some bad things or experience when being there, but still, I find more the interesting one ;).. And you know Zak, this good response from you makes me interested to come again to your country ;).. Could you be my guide if I visit Brunei again ;)?

          • Zaki mengatakan:

            wah panjang banget comment ku, one more thing, there r some indonesians n tourists asking where to get t-shirts with brunei written in arabic they saw some bruneians wear, search for Lagenda Clothings at FB, n Lagenda_Clothings in instagram, its the brunei version of Damn I Love Indonesia ? but unfortunately we don’t have Slank to promote our brand ? *i wish* the price is similar to Damn ILI, n the fabrics n prints are excellent, so are the hats, i hope indonesians love it, thnx fanny, bye…

          • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

            Ah, when in Brunei I tried to search some good quality t-shirt with BRUNEI or I LOVE BRUNEI written on it, but unfortunately couldn’t find one. Most of the tshirt I found just the one with a so-so picture stamped on the cloth..:( I have some collection of t-shirts from other countries that I’ve visited …And just because couldn’t find the t-shirt that I wanted, I just bought some souvenirs like key chain and magnet fridge with a pic of Brunei 😀

  27. desinamora mengatakan:

    huwaaa, aq baru nemu postingan ttg travel ke brunei ni mba 🙂 ternyt seru jg ya disana 🙂

  28. Putri Mirana mengatakan:

    aku nggak pernah ke mana-mana. garink, banget. nggak apa2lah, lihat2 postingan Mbak Fanny, jadi bisa sedikit ngebayangin seperti apa negeri di luar indonesia… : )

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      wah, seneng kalo postinganku bisa berguna.. 🙂 Tulis ttg tempat2 wisata daerah rumahmu aja mba 😉 kdg kita ga sadar kalo deket rumah kita sendiri ada bnyk tempat wisata

  29. Beautyasti1 mengatakan:

    Salut sama peraturan Brunei yang melarang rokok. Tapi sepertinya panas sekali cuacanya >~<

    http://beautyasti1.blogspot.com

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bangeettttt…. aku bnr2 kliyengan di sana… dan kulit dijamin cepet gosong mba 😀

  30. Amri Evianti mengatakan:

    Mbaaaaakkk keren bin beken sih? sejak kapan mbak mulai keliling dunia? apa kudu banyak duwit? kwkwkw habis sekitar berapa juta tuh? jadi kepooooo kan

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku tuh trmasuk yg telat mulai travelingnya mba.. suami yg udh mulai jalan dari umur 3 bulan 😀 kalo dia mah udh melanglang buana pindah2 tempat tinggal… dari dia lah aku jd cinta traveling

      sebenrnya kalo soal budget tergantunglah. Caraku nabung itu nabung 11 bulan, lalu diabisin di bulan ke12 ;p yg ptg itu niat mw nabung utk jalan2 😉 Kalo bisa spy tabungannya ga ditarik2, masukin ke tabungan yg bisa dikunci..ada bnyk kok produk bgitu di bank2 ;)..jd baru bisa kita tarik saat jatuh tempo

  31. jalan2liburan mengatakan:

    suami aku nih kepengen bgt ke Brunei, tiap mudik ke Indonesia ngajakkin kesana terus…aku nya masih nahan2 :))

    * * *

    New Blog : Tentang Pantai Gunung Payung di Bali Selatan

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bolehlah mba didatangin kalo blm prnh.. tapi kalo aku sih udh cukup sekali itu aja 😀 Ga kuat ya bok ama panasnya -__-

  32. mutia mengatakan:

    Harga mobil di negeri kita terlalu tinggi pajaknya ya,Mbak .. jadi mobil Alphard serasa mewaaah banget! Jadi pengen ngerasain keliling pakek mobil itu, hihihi…bingung, saya nabung buat jalan atau nyobain alpard?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hihihihi… utk 2-2 nya aja mba :D.. abisnya g ada transportasi lain sih ;p… apa yg ada ajalah yg dicoba

  33. Hamid Anwar mengatakan:

    aaakkk.. Nggak kebayang nunggu bis dateng disana. 😀 Btw, baru ini saya baca cerita traveling ke Brunei, extreme enough lah ya 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo diinget2 ya, aku tuh g ada ketemu bis dan motor selama di brunei.. jd ragu, itu 2 kendaraan ada ato ga ya sbnrnya

  34. Hamid Anwar mengatakan:

    aak.. nggak kebayang nunggu bis disana :D. btw baru ini baca kisah traveling di Brunei. Cukup ekstrim yaak. nice post 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, aku aja g ngeliat itu bis samasekali selama di sana loh .. makanya lgs ragu, sbnrnya ada ga sih bisnya ;p

  35. Cicha mengatakan:

    Ooh memilih ke Brunei karena pengen nge-khatamin destinasi asia tenggara ya. Kalo gitu aku khatamin yang lain dulu deh hihi.. maklum traveler gadungan, pergi kalo ada duit gabrukan dong bwahaha.
    Asik banget bisa jalan2 naik alphard dgn harga murah. Pikirku mungkin pihak hotel / penyewaan mobil ngerti ya, karena brunei susah kendaraan umum makanya sewa mobil + driver dibikin murah. Fair sih menurutku 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bener mba… jd kalo k Brunei mending cari hotel yg ada sewain transportnya jg…jd kita ga susah kemana2…

  36. faaan, naik AA berapa ke Bruneinyaaa?

    lumayan kayaknya ya buat over the weekend or long weekend aja cukup yah?

    Just posted: Asyiknya naik Uber Taxi gratis | The Traveling Cows

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku kesana pas ga promo Var…jd rada mihil -__-… Mending cari pas promo deh… rugii..mana negaranya bgitu aja ternyata :D.. amat sangat cukuplah utk weekend doang ;p

  37. evrinasp mengatakan:

    pengen deh suatu hari bisa ke negara tetangga kita, biar tau seperti apa negara yng mirip sama indonesia

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      airasia klo lg promo murah bgt kesana mba ;).. cobain deh.. jauh2 hari gitu planningnya..

  38. Pengen juga jalan-jalan keliling Asia Tenggara versi budget minim… itu mesjid boleh buat numpang nginep gak ya, lumayan tuh buat menghemat budget hehehe..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Ada penjaganya di dalam ;p.. ga bisa buat tidur jdnya.. pdhl di dlmnya adeeeemmm bgttttt. ac nya dingin bnr2… ^o^… dijamin ngantuk aku kalo solat di sana -_-

  39. btw tentang panasnya kayaknya di NTT boleh diadu tuh dengan panasnya Brunei

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Hhahaha… aku blm prnh ke NTT mas.. ntr ya, kalo udh kesana, aku tulis lg mana yg lbh panas 😀

  40. khairiah mengatakan:

    Wah, enaknya jalan-jalan, bc postingannya kebayang lg dibrunei…he..3x,lanjut mana postingan lainnya

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      monggo dibaca yg lain mba ;).. ada bnyk kok postingan jalan2 dan kuliner yg aku bikin :D.. Emg hobi traveling soalnya

  41. Alfa Kurnia mengatakan:

    wah, senengnya ada yang mengkhususkan diri wisata ke Brunei. Kalau ada waktu main ke Brunei lagi coba deh ke Seria kota minyak dan Kuala Belait yang hampir 60% populasinya adalah orang asing. Kebetulan saya tinggal di sana. Bisa lihat oil field dengan banyak nodding donkey, monyet dan hornbill bebas berkelana di sepanjang jalan.

    Brunei memang jarang ada angkutan umum tapi ada kereta sapu atau di Indonesia biasa dikenal dengan istilah omprengan ilegal hehehe. Kebanyakan penduduknya pasti punya mobil pribadi. Soal mall memang sih nggak semewah Jakarta, barang-barangnya juga nggak banyak yang branded tapiiii penduduk Brunei lebih suka shopping di Jakarta atau Surabaya lho. Kalau lagi musim liburan pasti suka ketemu rombongan keluarga Brunei di bandara dengan berkoper-koper belanjaannya. Atau ya sekalian ke KL atau Singapore. Jadi nampak sederhana ya di negara sendiri, giliran jalan-jalan konsumtif juga hihihi.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Iya mba.. kmrn itu kita diajak ama diplomat di sana kenalan papa pas tugas di Finland dulu… dia cerita kok, brunei itu terlihat sederhana, tp sbnrnya org2nya hobi bgt shopping di negara lain 😀 Aku memang rada bosen di sana, jujurnya..tp untngnya makanan di sana enak2 sih..

  42. as mengatakan:

    Itu panas banget dong, dan mallnya sepi begitu bikin malas hangout dong. Kerennya brunei enggak ngajakin warganya konsumtif

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      banget dah kalo panasnya -__-… eh tp dgr2, org2 kaya sana kalo mw shopping mah di negara tetangga ;p

  43. dumasari mengatakan:

    halo mba salam kenal…tgl 19 ini kami ibu ibu rempong 6 org sekitar umur 40 th sd 55 th akan ke brunai kami memakai pswt royal brunai dr klia 2 pk 9 tiba di brunai…dan esok sore nya langsung terbang ke kinibalu..kira kira apakah cukup waktunya untuk berkeliling? oh ya apakah 6 org bisa naik alphard hotel? terima kasih mbaaaaaa big hug 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      cukup mba..brunei kecil aja kok.. jd begitu tiba, lgs jalan aja :).. hrsnya bisa ya kalo 6 org…asal ga gemuk2 semua 😀

  44. Gena Lysistrata mengatakan:

    Wiiiihhh! asiknyaaa…bisa jadi referensi banget nih kalo nanti aku berkunjung ke Brunei..Seneng baca tulisannya Mba Fanny..btw, brunei ketat juga ya soal rokok..apa kabar suamiku kalo berkunjung ke sana.haha

  45. andinormas mengatakan:

    Iya betul, susah cari transportasi umum… waktu itu aja aku sampe sewa mobil buat muter2.. padahal cuma sendiri.. -_-

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sayaaang, pdhl sbnrnya kota nya itu bgs yaa :).. teratur, sepiii :D.. makanan di luar dugaan juga enak 😉

  46. Rosanna Simanjuntak mengatakan:

    Aku malah senang bebas asap rokok. Tempat-tempat seperti air terjun gak ada ya Sis? Maklum senangnya adventure 😉

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bagi yg perokok susah nih mbak ;p.. ada kok tempat2 berbau naturenya, tp agak jauh.. makanya kmrn kita ga kesana mbak.. apalagi krn bawa si kecil ini …

  47. peebee mengatakan:

    Alhamdullilah ketemu blog mba fanny pas lg googling tips traveling ke brunei.

    Minggu depan inshallah terbang kesana. Kamis sore tiba sana minggu pulang. Niat memang mau ngunjungin pacar, cuma masalahnya dia baru bisa nemenin aku jalan2 full day di weekend jumat sabtu minggu. Dan ini sudah bingung sekali disana mau kill time ngapain sambil nungguin dia hahahah!

    Any tips how to spend off the day without wasting that much of money? Aku kira disana ada taman atau apa gitu yg kita bisa sit around and read a book, tp berhubung menurut mba fanny disana panas nya luar biasa kayaknya gak bakal tahan juga aku duduk outdoor hahaha.

    Oh btw, untuk hotel yg mba fanny stay itu downtown central ya? Maksudku banyak yg bisa di liat2 kah di seputaran hotel situ?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha iya mba, aku mah ga mau deh kalo disuruh milih duduk di taman ato outdoor gitu, bisa gosong :D.. mending milih ngadem di mall :D.. kalo ga mau ngabisin terlalu banyak uang, sbnrnya kliling dari 1 mesjid ke mesjid yg lain itu gratis masuknya, palingan kalo kita pake mobil hotel, bayar ke supirnya itu aja… kyk yg aku lakuin ;)itu kita seharian kok.. mesjid2 di sana bagus2… dan adeeeemm puuooolll… trs di sana ada juga museum2 gitu, ttg kota brunei lah.. bgs juga.. tp kmrn aku g kesana sih..

      hotelku iya di kota juga, tp ga bnyk yg bisa diliat..palingan ada toko2 dan resto gt mbak…

  48. turiscantik mengatakan:

    saya belum pernah satu kali pun ke brunai krn kok kayk ngak ada yang bisa dilihat disana. ehhh ternyata banyak juga yaaa objek wisatanya mbakkk

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Banyak sih mba… tapi ya itu, kalo untuk aku yg penyuka wisata adrenalin, agak ga cocok ;p.. bisa dibilang bosen 😀

  49. imel mengatakan:

    keren keren fotonya juga view nya..apalkagi mesjidnya bersihhhh sekali

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      mesjid di sana harus aku akuin memang bgs2 mbak… dan dalamnya itu loooh, dingiiiiin bangetttt .. sholat khusyuk kalo di sana 😀

  50. asri mengatakan:

    main ke temburong ga mba ? biasanya setiap hotel pasti menyediakan fasilitas sewa mobil ga sih di brunei ?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ga mbaaa, ga sempet ke temburong :D.. wah kalo semua hotel ada fasilitas ini ato ga, aku kurang tau :).. tp harusnya ada kali ya, apalagi hotel yg bsar.. lagian transportasi di sanakan susah gitu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.