D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Agu 2015

23

AYO VISIT TARUTUNG ^O^

air soda

Selama ini kota Tarurung hanya sekedar dilewati tiap kali mudik ke kampung halaman Sibolga. Ga banyak ato mungkin ga ada satupun yang bisa aku inget kalo ditanya, ada wisata apa sih di Tarutung? Maklum aja, perjalanan berat Medan-Sibolga membuat kita para penumpang, biasanya teler dan lebih sering tiduran untuk mencegah mabok darat ;p

 Jadi, kebetulan bisa  mudik tahun ini, aku sengaja mencari tau objek wisata yang bisa disinggahi saat harus melewati Tarutung. Tarutung sendiri dalam bahasa Batak artinya buah durian.. Tapi kemarin kita samasekali ga nyobain durian saat di Tarutung sih ;p.. Soalnya di kebun sendiri juga lagi panen dan jelas jauh lebih murah ;p

 Ada beberapa tempat wisata yang lumayan layak dikunjungi saat sedang berlibur ke Tarutung. Ini 3 di antaranya ;):

Pemandian air soda

INI! Objek wisata  yang  aku bela-belain harus dilihat walo hanya  sebentar saat di Tarutung. Hanya karena pemandian air soda ini cuma ada 2 di dunia! 1 nya lagi di Venezuela ;), dan Indonesia lumayan beruntung karena di salah satu kotanya nun jauh di sana, air soda ini rela memancarkan sumber, sehingga bisa dibuat untuk pemandian . Tempatnya ga susah ditemukan. Ada plang yang jelas hingga para turis ga mungkin nyasar menemukannya. Melewati jalanan yang sempit tapi diapit rumah-rumah kecil penduduk lokal nan apik , pemandian ini terdapat di kiri jalan masuk.. Aku masih mengira tempatnya berada jauh di atas.. Tapi ternyata tukang parkir malah menyuruh kita untuk masuk ke sebuah warung kecil. Berpikir dia salah mengartikan yang kita maksud, Raka langsung bertanya sekali lagi, tapi lagi-lagi kita tetep diarahkan ke warung kecil itu.. Ternyata eh ternyataaaa…. Pemandian air sodanya tepat berada di bawah warung…. Hihihihi… jadi dari warung itu sendiri, kita langsung bisa melihat pemandian yang ga terlalu besar, tapi juga ga kecil-kecil banget, menghadap ke arah pegunungan hijau dan sudah disemen pinggirannya supaya mempermudah orang-orang yang akan mandi di sana.

DSC_0270 - Copy air soda

Gelembung-gelembung soda

pemandian alam air soda

Tiket masuknya, gratis!! Palingan kita hanya membayar untuk ban pelampung kalo ada yang mau memakai.. Tapi kolam ini sendiri ga terlalu dalam kok..Hanya setinggi dada orang dewasa. Gelembung-gelembung soda jelas terlihat dari pinggiran kolam. Airnya sejuk tapi aku ga tau apa air ini akan membuat badan lengkat sehabis bermain di airnya? Secara kita smua ga ada yang tertarik untuk berenang  :D. Setidaknya, udah terpuaskanlah bisa melihat objek wisata langka ini.

Kelihatan Objek wisata Salib Kasih di Puncak Gunung

DSC_0285 - Copy DSC_0282 - Copy

 

  • Salib kasih

 Selain wisata alam, Tarutung juga memiliki objek wisata religi yang terletak di atas perbukitan tinggi, Salib Kasih namanya. Warga Nasrani, biasanya datang kemari untuk beribadah dan berdoa secara khusyuk.

Jalan menuju Salib Kasih

salib kasih

 Jalur menuju salib kasih bisa dilalui mobil , hanya saja jalannya sempit, berkelok2, jurang di satu sisi, dan kondisi jalan seadanya pula. Sesampainya di pelataran parkir, para penziarah masih harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki untuk menuju salib. Ditempuh dengan jalan santai mungkin memakan waktu sekitar 30 menit. Jalanannya sendiri dibuat dengan rute khusus, mengikuti 10 perintah Tuhan yang ada di kitab suci. Bagi penganut Nasrani mungkin paham dengan yang kumaksud.

Pemandangan sekitar. Foto by Krisnawati Oktara

IMG-20150811-WA0008 IMG-20150811-WA0009

 Walo capek sehabis mendaki, tapi pemandangan di puncak mampu menghilangkan smua rasa capek barusan. Terlihat kota Tarutung yang sejuk dari ketinggian. Ada sebuah mimbar dengan tempat duduk melingkar untuk para jemaat. Di atasnya, sebuah salib tinggi besar yang mengingatkanku dengan patung Jesus di Brazil, seolah memberkati semua jemaat yang datang. Ah bayangin aja menghadiri misa di tengah alam sejuk begini, wangi pohon pinus, angin sepoi-sepoi, dan pemandangan ciamik sekitar, kalo ga makin khusyuk, bisa ketiduran jangan-jangan :D, dan tempat ini terbuka untuk umum ya…Muslim, Hindu ato non Christian lainnya bebas untuk datang walo hanya sekedar melihat-lihat . Asal ingat untuk tidak mengganggu, menghormati yang sedang beribadah dan tidak merusak fasilitas yang ada.

All Photos from Krisnawati Oktara

IMG-20150811-WA0004 IMG-20150811-WA0007 - Copy IMG-20150811-WA0012

 Batu lobang dan air terjun

 Bagi yang sering bolak balik Tarutung-Sibolga, pasti udah ga asing dengan nama Batu Lobang, yang selalu dilewati saat akan ke/dari Sibolga. Dibuat dari jaman penjajajahan Belanda, batu ini terbentuk dari hasil keringat darah orang-orang Indonesia yang dijajah dahulu. Ntah berapa nyawa yang harus melayang ketika proses pembuatannya.

batu lobang

 Melubangi 3 buah gunung, jelas bukan perkara yang gampang. Salah perhitungan, bisa-bisa tebing di atasnya akan ikut ambrol. Dinding batu lobang ini lembab.. Mungkin karena di atas gunungnya, ada banyak sekali mata air dan air terjun tersembunyi.. Ga heran, batu-batu ini juga ikut meneteskan air sehingga membuat dindingnya lembab sepanjang hari.

dinding goanya keliatan lembab

DSC_0242 - Copy DSC_0241 - Copy

 Ga jauh dari Batu Lobang (lupa persisnya yang ke 1,2 ato 3), sebuah pemandangan air terjun yang ntah apa namanya, terpancar tinggi, memancarkan debit air yang ga terlalu deras. Sayangnya untuk melihat air terjun ini, rada susah berlama-lama, di karenakan posisinya yang hanya bisa diliat dari pinggir jalan yang slalu dilewati kendaraan. Tapi berhenti sejenak untuk mengabadikan foto di depan air terjun, ga ada salahnya kan 😉

 air terjun batu lobang

Itu 3 objek wisata yang bisa didatangi dalam sehari di Tarutung.  Jangan lupa, kalo mau membeli oleh-oleh  kacang Tarutung Sihobuk yang melegenda itu, ada banyak dijumpai di pinggiran jalan sepanjang Tarutung. Tapi favorit kita sekeluarga tetep yang kertas logonya berwarna hijau dengan tulisan K Sigalingging,  rasanya lebih gurih menurutku. Belinya langsung di rumah sekaligus workshop untuk memproduksi kacang Sihobuk. Kalo kita berangkat dari arah Sibolga, rumah ini ada di sebelah kiri jalan. Dari sana kita bisa melihat cara pembuatan kacang, yang dimasukkan ke dalam mesin pembakar yang trus berputar konstan. Harganyapun samasekali ga mahal 😉 . Kalo disimpen dalam wadah kedap udara, kacang ini juga bisa bertahan beberapa bulan. Dijamin rasanya ga berubah.

Kacang sihobuk bungkus hijau dan mesin pengolah

kacang sihobuk

Rumah tempat menjual kacang sihobuk

DSC_0265 - Copy DSC_0264 - Copy DSC_0263 - Copy

Ayo visit Tarutung ;)!

79 Tanggapan untuk “AYO VISIT TARUTUNG ^O^”

  1. Susan mengatakan:

    Eiiyy…Salam kenal ya Mak.
    Saya tahun lalu baru pertama kali ke Tarutung, kampung halaman mertua alm. Dan emang bikin pingin balik lagi kesanaaa…

  2. Hastira mengatakan:

    wah bagus juga ya alamnya

  3. walidin mengatakan:

    baru tahu nih mesin pembakar kacang… jadi begitu ya.. ternyata. kaya molen buat ngaduk semen

  4. della mengatakan:

    Makin sering baca posting travelling gini, jadi makin sadar kalo aku masih kurang jalan-jalan, hehehe..
    Duh penasaran kolam sodanya, kayak apa ya tekstur airnya? :)

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      biasa aja teksturnya mba… tapi ada gelembung2 gitu… ada yg bilang rasanya kyk soda kalo dicicip.. tp aku g berani icipin, krn bayangin dr sekian bnyk org yg mandi itu ada yg pipis di dalam kolam ga ya hahahahah ;p

  5. gustyanita pratiwi mengatakan:

    Waaaa soda buat mandi,
    Pesti raka puas bgt main di sini y mb fanny

  6. Adie Riyanto mengatakan:

    Wah mbak, orang Sumatera Utara tho ternyata. Ini aku penasaran banget sama pemandian air sodanya. Pas ke sana cuma punya libur 3 hari aja, jadi cuma muter2 kota Medan sama ke Toba aja. Sepertinya menarik mandi2 di situ. Bentuknya sih kayak Umbul di Semarang. Tp bedanya ada gelembung2 itu.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      medan ke tarutung sih lumayan jauh memang mas ;p… sktr 6-7 jam lah :D.. tp kalo bosen ke danau toba, tarutung itu recommended bgt wisata alamnya ;).. Malah nih temenku bilang di sana jg ada danau yg miriiip bgt ama raja ampat.. tp syangnya akses kesana susah bukan main.. temenku sndiri udh ga inget lokasinya, krn saat ksana dia ama sodaranya yg memang tinggal di sana… sayang bgt itu…

      • Adie Riyanto mengatakan:

        Kudu cuti minimal seminggu kayaknya kalau mau ke tempat2 seperti ini. Aku pengen ke air soda ini sama naik gajah di Tangkahan mbak sebenere hehehe. Biasa, anak muda banyak maunya wkwkwk 😀

        • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

          bener mas… kalo sumatra harus rada lamaan…soalnya transportasi yg ga selengkap di jawa, blm lagi jalannya, dan banyak bgt yg blm terjamah tempat2 wisatanya… jd butuh waktu lebih 😉

  7. TITIS AYUNINGSIH mengatakan:

    Saya belum pernah kesana…aaaaakh menggoda sekali pemandangannya

  8. Yoga Akbar S mengatakan:

    Baru tahu kalo ada kolam air soda gini di Indonesia. Hahaha. Norak sekali gue.
    Meskipun itu untuk kaum Nasrani, tapi view-nya bagus buat jepret-jepret. Hoho.

    Sedih juga, ya. Untuk membuat lubang begitu harus merelakan nyawa orang. :(

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      dimaklumi kok Yog.. secara ya ini tempat emg jauh bgttt ;p aku aja bisa kesana krn kebetulan kampungku ngelewatin Tarutung.. kalo ga, sprtinya ga kepikiran jg utk dtg ;p

  9. Gianti mengatakan:

    WIh cantiknya. Kapan-kapan main ah kesana. Keren-keren ya, jadi teringat waktu ke Brastagi dulu. Oiya salam kenal mba..

  10. ijeverson.com mengatakan:

    sepertinya mantab juga wisata airnya sama yang lainnya. mungkin kurang di explore, makanya banyak yang gak tau termasuk saya nih… tapi mantap lah, lanjutkan perjalannya, wahai sesepuh traveller sejati :)

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha…ini penyakit indonesia bgt kan.. ;p.. Kurang diexplore tempat wisata.. sekalinya ke exposed, malah ga dirawat ;( Ujung2nya jd jorok deh :(

  11. tesyasblog mengatakan:

    Aku pengen nyobain air kolam sodanya! Etapi aku ke Danau Toba aja belum pernah (:

  12. Goiq mengatakan:

    aku pernah nonton di Tv tentang wisata air soda ini. aku penasaran, apa yah manfaat berendam di air soda ini bagi tubuh ?

  13. Keke Naima mengatakan:

    keren! Pariwisata Indonesia itu lengkap, ya :)

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bangetttt mba… sbnrnya kita ga kalah ama LN sana… sayangnya kurang terawat aja… tp mungkin ada bgsnya jg kalo tempat2 ini ga terjamah..biar ga kotor ;p

  14. cumilebay.com mengatakan:

    Aku belum pernah ke tapanuli ihik ihik ihik, samosir aja aku juga belum pernah hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itu artinya msh hrs balik lg mas ;)..

      • bunda raka-alya mengatakan:

        Mksdnya air soda mbak..? Itu gelembung2 dari bawah…semacam mata air atau gmn?

        • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

          kalo kata org yg prnh nyicipin airnya, rasa air soda ini bener2 mirip ama air soda yg srg dijual mba… sama persis.. tapi aku ogah nyicipin sendiri, secara yaa, yg mandi di sana bapak2 buncit dengan dada berbulu.. ;p.. blm lagi kita ga tau sapa aja yg pipis di dalam kolam, hehehe ;p .tp sumber air ini memang muncul dr bawah tanah ..

  15. resep masakan mengatakan:

    bagus deh pemandangannya, apalagi bersama dengan keluarga tercinta ya, pasti so sweet deh, hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mba…. aku aja baru sadar kmrn itu, tapanuli trnyata indah… pdhl slama ini bolak balik mudik kesana -__-.. ga prnh mw perhatiin..

  16. Fahmi Anhar mengatakan:

    kalau di Magelang, ada pemandian candi umbul namanya. bekas kolam pemandian kerajaan jaman mataram hindu. tapi sayang, kondisinya kini kurang terawat.

    btw itu keren banget terowongannya! nggak rapuh tuh? padahal kan diatas banyak mata airnya mbak. pas kalau buat bertapa kayanya haha

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      prnh dgrtuh mas… tp aku jg blm prnh dtgin sih yg di magelang itu..soalnya yg didenger iya tempatnya kurang terawat…jd suamiku juga ga tertarik -__-..sayang bgt pdhl ya…

  17. Ria mengatakan:

    Wah, rugi akuuuh…. pas ke sana 10 tahun lalu belum tahu tentang permandian air sodaaa

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itulah mba….bnyk org indo yg belum tau kalo Indonesia jg punya kolam soda…ga cuma venezuela 😉

  18. Rullah mengatakan:

    Baru dengar namanya aku. Semoga bisa menjejakkan kaki di tempat ini.

  19. Grace Melia mengatakan:

    Wuihh baru denger ada pemandian air soda. Aku langsung bayangin berenang di air kola. Hahaha. Enak banget Mak bisa jalan-jalan. Iri :(

  20. Diarysivika mengatakan:

    mba fanny, aq selalu suka baca postinganmu. Iri banget bacanya, banyak banget destinasi di Indonesia yg sudah dikunjungi. Flashpacker sejati nih hihihi

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      soalnya aku bisa stress kalo ga jalan2 mba…buatku, traveling itu kebutuhan primer 😉 ..Wajib bgt dilakuin 😀

  21. evisrirezeki mengatakan:

    Pemandian air soda ini menarik! Semoga suatu saat bisa ke sana ^_^

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Ayo mba… banyak yang bgs2 kok di tarutung sana ;)… makanannya juga, walopun kebanyakan ga halal -__-..jd bagi yg muslim rada susah

  22. yati rachmat mengatakan:

    Indahnyaaa… Air soda? Bunda baru dengar nih tentang pemandian/kolam air soda. Gak kebayang sih! Yang kebayang ketika menuangkan ke dalam gelas, susu kental manis,es batu,trus tuangin deh air-soda dari botol, serusup selagi berbuih, hhhmmm…segarnya. Eh, salah ya,itu sih airsoda botolan. Wah, apa rasanya ya mandi di airsoda.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo airnya sendiri sih sejuk mba… ga lengket juga pas nyelupin tangan ke dalam.. tapi aku ga nyoba mandi di sana memang 😀

  23. yati rachmat mengatakan:

    Wah, kereen ya Indonesia punya kolam airsoda nomor 2 di dunia. Mudah-mudahan suatu saat bunda bisa nyemplung dan berendem di kolam itu.

  24. indah primadona mengatakan:

    semoga ada kesempatan ke sana, penasaran dengan pemandian air soda, jadi rasa airnya kayak soda?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      katanya sih begitu mba :D… monggo kalo ga jijik an bisa diicip :D.. aku masalahnya udh mikir duluan, nih org2 yg mandi ada yg pipis sembarangan dlm kolam ga yaa ;p

  25. Beautyasti1 mengatakan:

    mba, itu pemandian air soda nya SODA beneran gitu ya? apakah ada rasanya? apakah itu murni dari alam atau buatan? apakah bagus untuk kulit atau hanya temoat wisata saja? hehehe nanya nya kayak wartawan. aku penasaran sama pemandian air soda ini..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      katanya sih soda beneran mba…kalo dicicip jg kayak air soda gitu… tp aku ga mw nyicipin secara bnyk bgt yg berendam… ;pga tau deh kalo soal manfaat ya.. tp airnya sih seger2 aja pas kita celupin tangan

  26. Uniek Kaswarganti mengatakan:

    Wow, baru tau lho mba ada pemandian air soda, kereeennn nih. Hanya ada 2 di dunia dan salah satunya ada di negeri kita. Kapan yaaa aku bisa liburan ke arah sana, jauh bingiittss dari Semarang :) Semoga ada rejeki dan umur ya mba aku bisa ke sana.

  27. Zizy Damanik mengatakan:

    Aku bahkan belum explore semua Sumatera…. :(
    Penasaran dengan pemandian itu, kok bisa ya air soda begitu..

  28. game pc mengatakan:

    Bneran itu pemandaian air soda ? Bisa diminum airnya ??

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beneran dunk…. bisa aja kalo mw ;p..tp diinget2 dulu, itu yg mandi di sana bnyk bgt.. g ada jaminan kalo ada yg pipis di kolamnya ya ;p

  29. cumilebay.com mengatakan:

    Aku blm pernah ke tarutung, sumatera hanya sebagian aja yg mainstream2 doang hehehe

  30. duduul mengatakan:

    whaaa di sumbar yaa.. beuuhh jauhnya, tapi keliahatannya menarik, bisa jadi tujuan wisata selanjutnya nih hehe tks infonya :)

  31. Vari | Traveling Cow mengatakan:

    Gw penasaran sama pemandian air soda itu..jd guggling gegara ini…hahaha

  32. nelson wisatania mengatakan:

    Wuiihhh kampung halamanku yang sudah puluhan tahun tidak dikunjungi ternyata keren juga ya?? Tugu sitompul di tarutung masih adakah??

  33. liza mengatakan:

    waah, seru banget ya mak, kalau ke Medan harus kesana nih

  34. Yuki mengatakan:

    wah asyiknyaaa, gue aja belum pernah ke Tarutung padahal orang Medan.
    nyokap dah pernah ke sini, pamer melulu dia hehee..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      akupun walo srg ke sibolga dan srg ngelewatin tarutung, tapi baru kali ini Ki, bnr2 singgah ;p..biasa cuma lewat doang

  35. bersapedahan mengatakan:

    air soda … kirai karena gelembung air panas … tapi airya sejuk .. heran ya .. mungkin seperti aik oksi … he he

    tapi yang paling menarik bagi saya sih batu lobang …. pengen bangetttt foto disana …

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itulah mas, aku pun ampe skr bingung apa yg bikin air soda bisa kluar dr tanah ya… airnya sejuk bgt loh…

  36. Jadi kangen pengen ke Tarutung lagi deh 😀 . Khusus ke air soda belum pernah, klo ke salib kasih ngos2an jalannya, ketauan ga pernah olahraga hehe.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      mba dr tarutung juga??? aku slalu suka tarutung…. udaranya ga sepanas sibolga ;p… ke air soda wajib mba… Ben pasti histeris pgn mandi hihihi 😀

  37. D Sukmana Adi mengatakan:

    asiknya bisa renang di tengah sawah gitu ya..

  38. Mikael mengatakan:

    Lumayan menantang juga.. tapi pengen nyebur ke kolamnya ngeliat gitu

Tinggalkan Balasan

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Visitor Counter

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Visitor Counter

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.